News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
0
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/585c0fc1c1cb17d3338b4567/secuil-sejarah-cina-kalimantan-barat
KISAH PERISTIWA MANGKOK MERAH NgartoTV Channel: Kota Singkawang, terletak di Provinsi Kalimantan Barat, merupakan kota di Indonesia yang mayoritas penduduknya, lebih dari 60 persen, adalah Tionghoa dari subetnis Hakka atau Khek, yang kemudian dikenal dengan sebutan orang Hakka. Tak heran, jika di banyak tempat di Kota Singkawang, mudah kita jumpai warga etnis Tionghoa dari subetnis Hakka atau Khek
Lapor Hansip
23-12-2016 00:39

Secuil Sejarah Cina Kalimantan Barat

KISAH PERISTIWA MANGKOK MERAH



NgartoTV Channel: Kota Singkawang, terletak di Provinsi Kalimantan Barat, merupakan kota di Indonesia yang mayoritas penduduknya, lebih dari 60 persen, adalah Tionghoa dari subetnis Hakka atau Khek, yang kemudian dikenal dengan sebutan orang Hakka.

Tak heran, jika di banyak tempat di Kota Singkawang, mudah kita jumpai warga etnis Tionghoa dari subetnis Hakka atau Khek. Masyarakat Tionghoa paling banyak bisa kita dijumpai di kawasan kota tua atau dikenal sebagai pasar hongkong. Di sini, banyak terdapat bangunan tua dengan arsitektur Cina, tak terkecuali kuil. Mayoritas etnis Tionghoa di Kota Singkawang memeluk agama Kong Hu Chu dan Buddha, karena itulah tempat peribadatan berupa kuil atau kelenteng banyak dibangun di kota ini sehingga Singkawang mendapat sebutan Kota Seribu Kuil.
Selain kelenteng, bangunan toko dan rumah berarsitektur budaya negeri Tiongkok juga banyak terdapat di sini, baik bangunan tua maupun bangunan baru. Arsitektur tersebut berupa ornamen khas negeri Tiongkok, seperti Naga, juga huruf dengan bahasa Mandarin atau bahasa Khek.

Ini adalah salah satu bangunan tua milik salah keluarga kaya Tionghoa di Singkawang, yang kini menjadi tempat wisata sejarah.
Berbeda dengan kota-kota lain di Indonesia, etnis Tionghoa di Singkawang menempati seluruh lapisan masyarakat, baik kelompok masyarakat kaya, kelas menengah, maupun masyarakat miskin. Bahkan di antara mereka ada yang hidup di bawah garis kemiskinan.
Mata pencaharian warga Tionghoa di Singkawang beragam. Sebagian dari mereka bekerja di sektor jasa seperti perhotelan. Sementara itu di bidang pendidikan, antara lain mereka berprofesi sebagai guru dengan mengajar di sekolah-sekolah baik sekolah negeri maupun swasta.
Jika Anda pergi ke pasar tradisional, Anda akan menjumpai masyarakat Tionghoa bekerja sebagai pedagang. Mereka menjual hasil pertanian seperti sayur-sayuran, ikan, dan lain-lain. Mereka juga membuka warung makan yang menyediakan makanan khas Tionghoa, seperti bubur babi.

Tahukah Anda bahwa sebagian masyarakat Tionghoa di Singkawang adalah bekas pengungsi korban konflik tahun 1966-1967 yang melanda wilayah pedalaman Kalimantan Barat?

Videografer dan Editor: Ngarto Februana

Salam,
Ngarto Februana

Facebook: https://www.facebook.com/ngartofebruana
Twitter: https://twitter.com/ngartof

profile-picture
anasabila memberi reputasi
1
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dunia-hiburan
Berita Dunia Hiburan
757 Anggota • 22.9K Threads
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia