alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/584113a51a99754b288b456d/menjawab-flat-earth-101-mengungkap-kebohongan-propaganda-bumi-datar---part-1
Lapor Hansip
02-12-2016 13:24
MENJAWAB FLAT EARTH 101, MENGUNGKAP KEBOHONGAN PROPAGANDA BUMI DATAR
MENJAWAB FLAT EARTH 101, MENGUNGKAP KEBOHONGAN PROPAGANDA BUMI DATAR.


Quote:
UPDATEI!!!!
THREAD INI SUDAH ADA VERSI YOUTUBE NYA. SILAHKAN DITONTON.


Jangan lupa, kalau setuju dan suka klik Like & Shareemoticon-2 Jempol
Kalau mau nonton bagian selanjtnya klik Subscribe emoticon-Shakehand2


VIDEO SAYA YANG LAIN
Episode Berikutnya


MENJAWAB FLAT EARTH 101, MENGUNGKAP KEBOHONGAN PROPAGANDA BUMI DATAR - Part 1


Quote:
PENDAHULUAN
Halo, selamat pagi, siang, sore, malam Gan, Bro, Sis, Bray dan apapun panggilannya. Belakangan ini muncul fenomena di Indonesia orang-orang yang meyakini bahwa bumi datarseperti piring. Dan orang-orang ini merasa bangga dan merasa dirinya sebagai orang yang tercerahkan. Orang yang lepas dari pembodohan sains modern yang didoktrin oleh guru-guru di sekolah. Mereka merasa dirinya bagian dari perjuangan melawan konspirasi besar para elit dunia yang disebut sebagai Globalist. Mereka adalah agen-agen yang menyebarkan kebangkitan kesadaran global atas dogma sains yang menyesatkan. Begitu pikirnya.

Kepercayaan bahwa bumi datar atau Flat Earth di era modern sudah ada sejak lama di Amerika dan Eropa dan booming sekitar tahun 2013 dengan banyaknya video di youtube yang dibuat oleh aktivis Flat Earth. Di Indonesia sendiri baru ramai belakangan ini. Dan yang mebuat banyak orang percaya adalah seri video Flat Earth101. Video berbahasa indonesia dan kemungkinan besar dibuat orang Indonesia. Yang membuat miris, banyak orang-orang bertitel sarjana ikut-ikutan percaya dan men-share video ataupun kepercayaan Flat Earth. Kemungkinan besar lebih banyak lagi orang yang terpengaruh dan percaya oleh video tersebut, hanya saja mereka tidak menunjukkannya karena takut dibully, dibilang goblok dll.
Saya tidak menyalahkan atau menganggap bodoh orang-orang yang menonton video tersebut lalu terpengaruh. Mungkin ilmu IPA yang didapat di sekolah tidak disertai pemahaman, hanya sekedar hafalan. Maka ketika menonton video tersebut yang seolah-olah menyajikan fakta-fakta dan logika-logika, dan disajikan secara menarik mereka menganggapnya lebih benar. Yang disayangkan adalah jika mereka berhenti disitu dan tidak mau melakukan cross check atau tabayyun dengan mencari informasi lebih lanjut.
Saya sendiri karena bacaan dan tayangan dokumenter konspirasi, terus terang dulu pernah mempercayai hal-hal ini : David Copperfield menggunakan bantuan Jin sehingga bisa terbang. Pendaratan Bulan adalah Palsu. Pelaku Bom Bali bukan Imam Samudera, tetapi Agen CIA dengan bom micronuklir. Itu adalah proses belajar yang harus kita lewati. Proses agar kita bisa berfikir secara ilmiah.
Namun bagi sebagian orang, ketika mereka mendapatkan suatu keyakinan, mereka tidak mau berubah. Meskipun ditunjukkkan fakta yang bertentangan dengan keyakinan itu. Bagi Flat Earther die hard saat ditunjukkan bukti-bukti bumi bulat kebanyakan jawabannya adalah :
- Tonton dulu videonya, jangan asal ngebacot
- Haha, pasti belum nonton videonya nih
- Belum nonton kok udah bilang hoax. Tonton dulu biar nyahok
Dan semacam itu.
Intinya mereka menganggap video itu adalah referensi maha benar. Kalau nonton itu pasti tersadarkan. Dan orang yang tidak ikut-ikutan percaya bumi datar pasti dituduh belum melihat video Flat Earth 101.
untuk itu, saya membuat thread ini khusus untuk menjawab seri video Flat Earth 101 secara runut dan menyeluruh.


Quote:
Thread ini saya buat khusus untuk menjawab argumen-argumen dan klaim serta kebohongan Flat Earth 101. Kadangkala berseliweran di media sosial orang yang men-share video Flat Earth 101 dengan salah satu kutipan argumennya. Cukup merepotkan jika mengomentari satu satu. Maka dengan thread ini mudah-mudahan dengan satu komentar berisi link ke Kaskus ada argumen pembanding yang menyeluruh terhadap pengaruh Video Flat Earth 101.
Jika anda menganggap isi thread ini bermanfaat dan sejalan dengan pandangan anda, Saya mempersilahkan untuk meng-copas sebagian atau seluruh isi thread ini ke media internet lain baik itu blog, facebook, dan lain-lain.


Quote:
Pada akhirnya, saya tetaplah manusia biasa. Bukan orang yang tahu segalanya. Mungkin ada beberapa data atau argumen yang saya kemukakan salah. Saya terbuka untuk kritik dan diskusi yang ilmiah.


Baiklah, mari kita tonton videonya bersama-sama lalu kita komentari klaim-klaimnya.

Video 1 : Bangkitnya Kesadaran


Quote:
Video pertama adalah pembuka, isinya rangkuman dari argumen-argumen yang akan dijabarkan pada video selanjutnya. Jadi tidak perlu banyak dikomentari pada video pertama ini karena belum terlalu detail.
Inti dari pendahuluan di video pertama adalah teori bumi berbentuk bulat adalah sebuah kebohongan. Tapi coba dipikir, jika memang bumi bulat adalah sebuah kebohongan, berapa ratus ribu orang yang harus berbohong? Seluruh 17 ribu pegawai NASA harus berbohong, juga lembaga antariksa seluruh dunia baik Rusia, China, Perancis, Jepang termasuk pegawai LAPAN di Indonesia. Seluruh kontraktor yang berhubungan dengan lembaga antariksa, pembuat roket dan satelit. Ribuan pilot di seluruh dunia. Tentara yang KATANYA bertugas menjaga Kutub Selatan, dan masih banyak lagi.
Mengapa tak satupun membocorkan rahasia? Bukankah mereka bisa dapat uang banyak dengan memeras pembuat kebohongan? Atau kalau takut diancam keselamatannya, mengapa tidak ada yang masih punya hati nurani dan membuat wasiat yang membongkar kebohongan bumi bulat lalu dipublikasikan setelah meninggal sebagai penebus “dosa” kebohongan?


Quote:
Menit 20:10
Klaim FE : Foto-foto bumi dari luar angkasa yang dirilis NASA yang menunjukkan bumi berbentuk bulat semuanya adalah hasil dari CGI. Kalau dikumpulkan foto-foto bumi yang dirilis NASA dari tahun 1975 sampai 2015 terlihat bahwa artist yang membuat CGI NASA tidak konsisten, karena warna bumi berbeda-beda. Juga terdapat foto bumi dimana beberapa bagian awan hasil copy paste. Ada juga video yang menunjukkan bayangan kamera, artinya video tersebut dibuat di studio dengan menggunakan maket. Pertanyaanya, adakah foto bumi yang bukan hasil CGI? Silahkan anda cek sendiri, jawabanya adalah : TIDAK ADA!

Jawaban : Kalau yang dimaksud adalah foto bumi ‘seluruh badan’ memang tidak banyak. Kenapa? Karena untuk bisa memotret bumi secara keseluruhan maka harus dari jarak yang sangat jauh. Rata-rata ketinggian orbit satelit tidak memungkinkan memfoto bumi secara keseluruhan, namun hanya sebagian seperti ini.
Foto bumi dari ISS
Foto bumi


Tapi bukan berarti foto bumi utuh yang asli tidak ada. Yang terkenal adalah foto bumi dari Apollo 17, juga ada beberapa foto dari lunar orbiter Kaguya milik jepang dan dari satelit Russia.
foto bumi


Lalu kalau dibilang foto bumi tidak konsisten warnanya, ya jelas lah beda-beda warnanya karena difoto oleh dengan kondisi pencahayaan yang berbeda, menggunakan kamera beda, settingan kamera juga beda, jarak juga berbeda beda. Tapi pasti secara umum warna foto bumi adalah kebiru-biruan, ada foto yang biru kusam, ada yang biru jernih. Tapi nggak ada foto bumi warna pink.
Beberapa elemen awan sama persis dan hasil copy paste? Sayangnya di video tidak ditunjukkan link foto tersebut sehingga tidak bisa kita analisa bersama-sama.
Ada bayangan kamera? Itu sih bukan bayangan kamera, tapi pantulan matahari. Kalau mau membuktikan, cobalah naik motor atau sepeda di pagi hari di pinggir sawah yang daunnya masih basah. Maka pantulan sinar matahari akan berada tepat di bayangan kepala kita di daun-daun padi yang basah tadi, dan selalu mengikuti kita saat bergerak.


Quote:
Menit 21.45
Klaim FE : Ada ribuan (tepatnya 2.271) satelit di angkasa, dan ada ribuan teleskop di bumi. Apakah kita bisa melihat ribuan satelit tersebut dengan teleskop? Jawabanya adalah : TIDAK!
Semua foto satelit adalah CGI.
Silahkan anda lihat publikasi video NASA, judulnya : NASA TV Video File 2015. (You*tube.com/watch?v=Q_1SvFPeW6U)
Silahkan anda cari, adakah foto satelit yang bukan CGI, tetapi foto dari teleskop? Jawabannya adalah : TIDAK ADA!

Jawaban : Foto satelit dari teleskop? Jawabannya ADA! Tapi memang tidak bagus untuk ditampilkan.
foto satelit


Saya kasih tau, nggak usah pake teleskop, beberapa satelit bisa dilihat dengan mata telanjang. Satelit low orbit yang orbitnya tidak geostasioner kadang bisa terlihat di malam hari. Sejak kecil tahun 90 an saya sudah sering melihatnya.
Bagaimana cara melihatnya? Pada malam hari yang cerah lihatlah ke langit. Jika beruntung anda akan melihat benda kecil bercahaya mirip seperti bintang. Bedanya kalau bintang diam, ini bergerak dengan kecepatan konstan. Tidak terlalu cepat, karena kalau sangat cepat dan membentuk garis itu berarti meteor. Juga tidak berkedip-kedip karena kalau berkedip-kedip berarti itu pesawat terbang dengan lampu navigasinya. Itu adalah satelit yang kebetulan terkena sinar matahari dan memantulkannya sehingga bisa terlihat dari bumi sebagai titik kecil bercahaya.

Perihal NASA TV Video File 2015, silahkan dilihat sendiri secara utuh. Memang ada banyak animasi terutama saat satelit berada di luar angkasa. Kenapa tidak video asli?
Lha kalo mau bikin video asli, terus siapa yang merekam? Agar bisa merekam maka harus meluncurkan satu roket lagi yang biayanya milliaran dollar. Atau satu roket diisi dua satelit dimana yang satu tugasnya merekam video satelit satunya. Biayanya juga milliaran. Padahal video itu juga nggak penting-penting amat. Maka animasi CGI dipakai sekedar untuk memberi gambaran yang terjadi disana.
Tetapi kalau kegiatan astronot dari pesawat ulang-alik sedang memperbaiki stasiun luar angkasa ISS atau teleskop Hubble maka videonya asli karena memungkinkan merekam dengan kamera asli. Masih tidak percaya? Kan itu bisa dipalsukan kayak di film Gravity atau Interstellar? Pesawat ulang-alik sudah ada sejak tahun 80an. Coba aja lihat kualitas film luar angkasa hollywood masa itu. Apakah sudah serealistis Gravity dan Interstellar?


Karena Video 1 hanya berisi pendahuluan, langsung saja kita lanjut ke Video 2.

Cek dibawah ya Gan.

UPDATE :
Bantahan Video 2 sampai 9 ada di Page One. Untuk Bantahan Video 10 dan seterusnya ada di halaman-halaman belakang. Untuk lebih mudahnya silahkan langsung klik link dibawah ini :
VIDEO 10 Ada di Page 45
VIDEO 10 : People Power VS Elit Global

Video Episode Bonus : Kubah Langit Selatan dan Tafsir Telur Burung Onta
Episode Bonus : Kubah Langit Selatan dan Tafsir Burung onta
Jawaban Episode 11, Part 1
Jawaban Episode 11, Part 2

FAQ (Frequently Asked Question)
FAQ 1 : Jika bumi berputar, mengapa pesawat ke barat dan ke timur waktu tempuhnya sama?
FAQ 2 : Kalau gravitasi ada, mengapa balon bisa terbang?
FAQ 3 : Mengapa tidak bisa melihat lengkungan horison di pantai?

Kelemahan Model Bumi Flat Earth
Kelemahan Model Bumi Flat Earth
Diubah oleh Lycma
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 90 dari 507
07-01-2017 01:08
jiaaaah... @mytson masih aja ada yg ladenin serius mode on....

bocah caper kena gangguan kejiwaan masih aja diladenin.....
di cuekin aja dia bakal caper sendiri.... apalagi diladenin... penyakit nya ya mangkinan kambuh..... emoticon-Ngacir
0
07-01-2017 01:19
Quote:Original Posted By mau.mau.lah



Saran sih utk pak djamal, sudahi saja. Mau apalg yg didebat. Ketika di undang kemaren juga cm manggut2 doang pada diem.

Terlalu banyak waktu yg dihabiskan cm utk membahas dongeng begini. Mereka mau dikasih tau bagaimana pun jg ga akan percaya. Tuh lihat aja kasus dhendy .

Percuma masukin air ke gelas yg ditutup. Ga akan masuk yg ada terbuang sia2.


yang pasti LAPAN ataupun pak Djamal sendiri dijamin bukan bocah kemaren sore yang masih mencari jati diri dan liar berkoar2 gak jelas.
Beliau dijamin sosok sesepuh, orang yang udah dewasa, berwawasan luas di bidang ilmu disiplin nya, dan pasti nya bijak bersikap dan berkata.
Jadi kaya nya pihak LAPAN atopun pak Djamal sendiri bakal ladenin kemauan orang2 muda yang lagi labil ttng bidang astronomi khusus nya bentuk bumi itu sendiri.

Klw sampe kejadian bener2 ada acara gelaran gede2an nampung aspirasi kaum FE, ane pikir nya pasti itu bagian dari bentuk tanggung jawab pihak LAPAN buat mengedukasi mereka2 (platers) dari korban cuci otak.
Meskipun itu acara debat bukan penting2 banget buat diladein pihak LAPAN, tp pasti mereka bakal selalu open house buat bocah2 mabes FE emoticon-Big Grin

Klw bener2 ampe kejadian ada acara nya... ane bakal luangin waktu buat hadir... dijamin seru nonton debat tema nya "Sekedar Asumsi vs Fakta Ilmiah" emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


Pengen liat semangat pencari fakta FE nyodorin debat jilid II apa masih sama kaya jilid I yg cuma manggut2 aja.
Pengen liat pakar2 FE beberin fakta2 langsung, biar gak dikata sekedar omdo dunia maya.
Pengen liat tingkat kejeniusan anak asuh bossdarling secara langsung.
dan yg pasti....Pengen liat jumlah skor skakmat nya pihak LAPAN ke FE. emoticon-Ngakak

Kira2 mereka (platers) sekalian buka stand both merchandise kaos, jam tangan gak ya... emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh boroboro
0
07-01-2017 06:31
Quote:Original Posted By boroboro
jiaaaah... @mytson masih aja ada yg ladenin serius mode on....

bocah caper kena gangguan kejiwaan masih aja diladenin.....
di cuekin aja dia bakal caper sendiri.... apalagi diladenin... penyakit nya ya mangkinan kambuh..... emoticon-Ngacir


udh oot bgt tuh lumba2...
ga bs jd anak band aja gitu? scra udh ngelanggar aturan forum. Saintek ko disamain dgn Deceh...
0
07-01-2017 08:22
Makin rame emoticon-Ngakak
0
Post ini telah dihapus oleh heane
07-01-2017 08:53
Quote:Original Posted By ammarashganteng


Ane jamin kalaupun digelar bakal ada jilid2 selanjutnya emoticon-Ngakak (S)
Daripada debat mending lihat matahari tenggelam aja atau sewa kapal lihat Jakarta tenggelam secara langsung.
Atau yang kermarin katanya mau bayarin pak djamal melintasi Antartica. Kesana aja sekalian. Kalau perlu ajak bossdarling emoticon-siul

Makin seru dah emoticon-siul
0
07-01-2017 09:08
Quote:Original Posted By Pathela
Lagi-lagi beberapa page sia-sia ga isi ilmu.


Dah cukup... Yang satu itu emang dah lain niatnya disini.


Diblok cukup gan, biar koa-koar sendiri emoticon-Big Grin
0
07-01-2017 09:58
Lah ni orang masih oot aja dari kemaren..emoticon-Hammer (S)
0
07-01-2017 10:16
sepi ,, ga ada satupun antek FE yang ada nyali disini.. emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0
Post ini telah dihapus oleh heane
07-01-2017 10:19
Quote:Original Posted By cilmon
Lah ni orang masih oot aja dari kemaren..emoticon-Hammer (S)


Ignore aja gan kalo merasa terganggu.
emoticon-Toast

FE itu kan jenius. Semua bidang ilmu mereka kuasai bahkan hanya perlu modal gugling dan membaca buku setengah2, Profesor maupun Sesepuh2 di masing2 bidang ilmu mah gak ada apa2nya dibandingkan dgn FE Wannabe.
emoticon-Traveller
0
07-01-2017 10:55
Apa FE uda pada TOBAT? emoticon-Bingung

kasian bangsa ini,, emoticon-Cool

satu2nya cara agar maju, ya ngembangin ilmu pengetahuan,, udah cukup banyak anak2 remaja pemalas yang ga mau belajar dan taunya cuman cinta monyet,
arahkan mereka menyukai sains, sains mendorong teknologi dan dengan teknologi kita bisa mengejar ketinggalan dari negara2 maju,

bukan sok2an ngancurin elite gombal, amatiran lokal aja yang nyatroni rumah polumas ga bisa dicegah
emoticon-Sorry emoticon-Sorry

0
07-01-2017 11:07
Saya melihat cahaya matahari yang merahap dari puncak gedung hingga akhirnya menyinari seluruh gedung sehingga saya yakin matahari mengelilingi bumi bukan berputar diatas bumi. kedua saya tinggal di pinggir pantai (waktu masih kecil), perahu yang datang dari laut akan kelihatan cerobongnya daripada badannya jadi saya yakin bumi itu globe
Diubah oleh gigantae
0
07-01-2017 11:13
MENJAWAB FLAT EARTH 101, MENGUNGKAP KEBOHONGAN PROPAGANDA BUMI DATAR - Part 1

pasang meme dulu emoticon-Smilie
0
07-01-2017 11:13


Quote:Original Posted By jamrudkhatulis
Apa FE uda pada TOBAT? emoticon-Bingung

kasian bangsa ini,, emoticon-Cool

satu2nya cara agar maju, ya ngembangin ilmu pengetahuan,, udah cukup banyak anak2 remaja pemalas yang ga mau belajar dan taunya cuman cinta monyet,
arahkan mereka menyukai sains, sains mendorong teknologi dan dengan teknologi kita bisa mengejar ketinggalan dari negara2 maju,

bukan sok2an ngancurin elite gombal, amatiran lokal aja yang nyatroni rumah polumas ga bisa dicegah
emoticon-Sorry emoticon-Sorry





Betul gan, sekarang India saja sudah lebih maju dr kita dalam hal science. Apalagi antariksa. Mereka udh dr kapan tahun ngirim mars orbiter (mom-1) sekarang lg rencana mau ngirim mom-2. Februari nanti mau ngirim 103 satelit sekaligus dlm 1 misi.
0
07-01-2017 11:22
Kaum FE gak konsisten nih emoticon-Ngakak

Awal2nya bahas astronomi agak jauhan dikit bahas elit global yg menguasai dunia emoticon-Gila

Jadi, mau bahas astronomi apa ekonomi? emoticon-Gila

Kalo ekonomi ente salah kamar emoticon-Cape d...

Btw,

Ane nemu foto CGI neh emoticon-Big Grin

CGI


0
07-01-2017 11:22
buat agan2 yang biasa mantau FB pak Djamal LAPAN buat gelar tawaran diskusi FE jilid II, bantu sharing2 dimari inpo nya yakkk....
siapa tau ane pas lag kelupaan...sayang kelewatan... soalnya ngebet banget mo nonton live nya... emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By tsukuyomi77


udh oot bgt tuh lumba2...
ga bs jd anak band aja gitu? scra udh ngelanggar aturan forum. Saintek ko disamain dgn Deceh...


@mtyson biasa mangkal di Deceh.... jadi wajar dia bakal begitu trus kelakuan nya, semua tempat disamain sama Deceh.... koar2 gak jelas gaya bahasa & kalimat nya gak bakal berubah, gak bakal nyambung.... emang udah doyanan & kebiasaan nya begitu.

Kebiasaan bocah Deceh, anak baru kemaren sore.... klw diladenin ya makin seneng, happy2 sendiri.
ya cuekin ajee....namanya jg bocah butuh caper. emoticon-Ngacir
0
07-01-2017 11:27
Quote:Original Posted By vecorp
MENJAWAB FLAT EARTH 101, MENGUNGKAP KEBOHONGAN PROPAGANDA BUMI DATAR - Part 1

pasang meme dulu emoticon-Smilie


Tambahin gan


MENJAWAB FLAT EARTH 101, MENGUNGKAP KEBOHONGAN PROPAGANDA BUMI DATAR - Part 1

emoticon-Ngacir
0
07-01-2017 11:39
Quote:Original Posted By boroboro
buat agan2 yang biasa mantau FB pak Djamal LAPAN buat gelar tawaran diskusi FE jilid II, bantu sharing2 dimari inpo nya yakkk....
siapa tau ane pas lag kelupaan...sayang kelewatan... soalnya ngebet banget mo nonton live nya... emoticon-Embarrassment




@mtyson biasa mangkal di Deceh.... jadi wajar dia bakal begitu trus kelakuan nya, semua tempat disamain sama Deceh.... koar2 gak jelas gaya bahasa & kalimat nya gak bakal berubah, gak bakal nyambung.... emang udah doyanan & kebiasaan nya begitu.

Kebiasaan bocah Deceh, anak baru kemaren sore.... klw diladenin ya makin seneng, happy2 sendiri.
ya cuekin ajee....namanya jg bocah butuh caper. emoticon-Ngacir



okeh deh gan...
btw di fb pa djamal msh blm ada info kpn jilid 2 nya jadi. blm dikonfirmasi sm Lapannya. lagian di fb pa djamal, si dhendi pembahasannya kmn2. dari ngomongin bentuk bumi, nyambung ke daun sirsak, nyambung ke BI dl emoticon-Cape d... kayanya dsna bentar lg bakal bahas harga pembalut

edit : kata si dhendy sih jilid 2 udh fix tglnya. nanti dikasih tau... silakan agan2 yg domisili jakarta bs ngikut ksna
Diubah oleh tsukuyomi77
0
07-01-2017 11:43
Kalau semakin banyak guru yg ngajarin muridnya kayak gini lama2 pemerintah bakal beraksi gak ya?
Heran ane, tu guru apa ya? Apa dia nggak tau vitalnya jadi seorang guru? Guru adalah pekerjaan yg mulia. Jika mengajari ilmu yg benar dan murid memanfatkan di kemudian hari, maka akan jadi amal jariyah bagi guru tersebut, tapi jika mengajarkan ilmu yg salah maka akan jadi bagaimana? bisa disimpulkan sendiri.

Pengalaman ane sendiri waktu ngajari murid les, dan ternyata ada materi yg salah saya sampaikan, malemnya susah tidur coy emoticon-Mewek
Tapi alhamdulillah bisa diluruskan di pertemuan selanjutnya. Semoga di kemudian hari ada guru yg meluruskan materi yg diterima murid2 yg diajarkan oleh guru di bawah ini.. emoticon-Toast
MENJAWAB FLAT EARTH 101, MENGUNGKAP KEBOHONGAN PROPAGANDA BUMI DATAR - Part 1
Diubah oleh rz47
0
Halaman 90 dari 507
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.