others
Batal
link has been copied
280
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58003ab6c2cb17b1438b4569/apa-aja-mitos-mitos-seru-soal-pekerja-kantoran-salary-man-di-jepang
Sambil menikmati musim gugur di Jepang yang udah mulai dateng, plus cuaca dingin yang udah mulai bikin mengigil, Karaksa balik lagi buat ngeshare hal-hal yang menurut kita unik di Jepang.
Lapor Hansip
14-10-2016 08:53

APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?

Past Hot Thread

MAIDO!


Halo Agan & Aganwati!
Udah kangen belom? Hehehe..emoticon-Peluk

Sambil menikmati musim gugur di Jepang yang udah mulai dateng, plus cuaca dingin yang udah mulai bikin mengigil,
Karaksa balik lagi buat ngeshare hal-hal yang menurut kita unik di Jepang. Setelah beberapa artikel yang kita tulis dan dapet tanggapan menarik dari Agan & Aganwati, kita jadi pengen ngelanjutin berbagi info soal Jepang. Terutama soal budaya Jepang yang mungkin jarang dibahas atau masih asing di kuping orang Indonesiaemoticon-Betty (S)

Untuk Thread kali ini, kita mau ngebahas seputar pekerja kantoran di Jepang yang udah terkenal banget sama label "Workaholic", alias pekerja (terlalu) keras. Hahaha. Siap-siap ya! emoticon-Ngacir2

Pekerja kantoran, yang dalam bahasa inggris biasa disebut Office Wokers" punya istilah sendiri dalam bahasa Jepang. Di sini, mereka disebut sebagai “Sararii-man”, yang diambil dari bahasa Inggris “Salary Man”, karena mereka menerima upah tiap bulan. *jadi mulai dari sini ane sebut Sarariman ye, Gan..

Para Sarariman ini mempunyai keunikan tersendiri buat orang-orang asing, baik yang ke sini cuma jalan-jalan atau memang baru mulai tinggal di Jepang dan kebetulan ketemu mereka di jalan-jalan Jepang. Saking banyak kesamaan dari kekhasan mereka, kita-kita sebagai orang asing malah sering ngerasa lucu sendiri, bahkan bertanya-tanya atau bikin analisa sendiri yang macem-macem dalam kepala.

Terus, apa aja sih kekhasannya pekerja kantoran di Jepang?

1. UNIKNYA BAJU KERJA YANG KITA PIKIR ITU SEBAGAI SERAGAM

>>> Pemandangan sejumlah karyawan kantoran berjas rapi, kemeja, dan dasi ngga aneh tiap pagi atau sore hari waktu berangkat dan pulang kerja di dalam kereta. Kayak udah jadi seragam, para pekerja kantoran ini kayak ngerasa pake baju ke kantor harus kayak gitu. Kalo perempuan biasanya minus dasi. Yang wajib dipakai untuk perempuan adalah stoking minimal senada dengan warna kulit. Dan percayalah, Gan, bahwa pake stoking buat perempuan itu WAJIB! Walaupun bukan peraturan kantor, kalo ngga pake bakalan dianggap ga tau manner. Nah, kalo kebetulan pake celana panjang, perempuan harus pake kaos kaki kecil khusus sepatu kerja.

Walaupun pemandangan ini banyak di tahun 90an, di tahun 2000an juga masih banyak yang pake "seragam" ini, sementara peraturan stoking dan kaos kaki kecil khusus sepatu kerja perempuan masih bertahan sampe sekarang.

Setelah isu pemanasan global meningkat dan Jepang mau ikutan kontribusi di dalamnya, pakaian kerja dengan konsep “Cool-biz” mulai diterapkan di kantor-kantor (baik pemerintahan maupun swasta). Selain itu juga buat hemat listrik, Gan, karena di Jepang nggak pernah pake AC kayak di Indonesia yang sampe 18 derajat Celsius, kebiasaan pake jas dan dasi jadi bikin gerah dan ga nyaman selama kerja. Di kantor Jepang itu standar setting pendingin atau pemanas pas musim panas atau dingin adalah 28 derajat Celsius.

Btw, budaya “Cool-Biz” itu apa sih?
Ini adalah system baru yang memperbolehkan setiap karyawan pake kemeja lengan pendek atau kaos polo shirt ke kantor supaya di musim panas si pekerja ngga kegerahan. Apalagi kalo harus keluar kantor. Ga mau dong ya ketemu client tapi basah gobyosss. Hehehe. emoticon-Hammer (S)

Foto Sarariman
*source: https://introvertjapan.com/2014/01/1...anese-culture/

2. NOMIKAI DAN “(N)OMMUNICATION”

>>>Orang Jepang itu hobi minum-minum, terutama di malam hari. Dan itu bukan mitos. Agan & Aganwati sih udah pasti taulah ya. Mau sama temen atau sama client, mereka sering banget ngadain makan bareng atau minum bareng. Dalam bahasa Jepang, kebiasaan ini disebut “Nomikai”.

Pada saat minum bareng sama client, biasanya sambil ngelobi dan ngobrolin bisnis juga. Jadi urusan bisnis bisa jadi lebih lancar dan jarak yang tadinya jauh akan jadi lebih dekat. Tempat diadain Nomikai itu juga ngga selalu di karaoke atau di restoran mahal, Gan. Kadang di kedai minuman kecil yang hangat dan akrab.

Foto Nomikai
*source: https://www.emaze.com/@AIQTCTII/ABSOLUT
Karena pada saat minum dan ngobrol ini urusan bisnis jadi lancar dan jadi deal yang bagus, makanya disebutlah kegiatan ini jadi “NOMMU-NICATION”, ya asalnya dari kata “Nomu” yang artinya minum, “communication” yang artinya komunikasi. Jadi kalo dijadiin satu sih komunikasi sambil “Nomikai”. Hahaha, ribet. Untuk lebiasaan yang satun ini, selama ngga ujung-ujungnya korupsi sih, gapapa ya ^^ Namanya juga bisnis, harus banyak modalnya. Hihihihi.

3. AKRABNYA JUNIOR & SENIOR (BOS) BEDA ANTARA SIANG & MALAM?

>>>Maksudnya?
Menyambung topik di atas, pekerja kantoran itu sering banget jalan minum bareng sama senior dan bosnya setelah pulang kerja. Jadi nggak sama client aja, mereka juga sesama temen kantor biasanya ngelepasin penat setelah seharian kerja atau kalo diadain pas hari Jumat sih biar plong aja gitu setelah seminggu penat banget sama urusan kerjaan.

Kalo Agan & Aganwati nanti maen ke Jepang dan masuk ke kedai minuman, pemandangan sekelompok orang yang rame itu bisa jadi salah satu cirinya. Biasanya di saat kumpul barengan, ga ada lagi tuh batesan antara atasan atau senior-junior. Mereka semua bisa lepas bercanda sampe cekakakan.

Tapi uniknya, besoknya waktu mereka ketemu di kantor, KAYAK UDAH NGGA ADA APA-APA! Tiba-tiba semua jadi dingin lagi. Hahaha. Maksudnya bukan dingin marah apa gimana, tapi kayak semalem ga ada kejadian apa-apa. Pernah nih, Gan, temen ane pas lagi nomikai ama temen kantor dan si bos rame-rame heboh banget dan si bos juga ngebuka diri dan ga galak sama sekali. Bahkan becandanya udah kayak temen aja gitu. Tapi besokannya pas temen ane cekikikan setengah becanda negor si bos, si bosnya ngga gubris sama sekali bahkan agak judes mukanya. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Foto Nomikai dengan Bos
*source: https://en.wikipedia.org/wiki/Nomikai

Temen ane panik dong ya, kirain dia marah atau gimana. Nanyalah ama Manager ane. Ternyata kata dia, “Di Jepang itu harus bisa nempatin diri. Bukan berarti kalo kita udah deket pas lagi nomikai bareng, terus besokannya bisa semena-mena. Jadi bukannya dia marah, tapi emang itu udah biasa di sini”, gitu katanya. emoticon-Hammer (S)
Wiihh, serem juga ya. Tapi semenjak itulah temen ane mulai kebiasa dan nempatin diri sesuai dengan waktu dan tempatnya. Pelajaran yang berharga banget jadinya!

Kalo di Indonesia gimana ya? ……Ah, ane ga mau jawab ah. Hahaha.

4.PULANG KERJA HARUS MALEM?

>>>Duh udah gak zaman kayaknya ya?
Emang sih, dulu itu banyak banget karyawan yang nerapin begitu. Itung-itung sekalian lembur nunggu bos pulang. Tapi sekarang udah nggak lagi, Gan. Cuma perusahaan Jepang kolot aja yang masih begitu. Makin kesini perusahaan Jepang udah mulai kebuka. Mungkin karena udah mulai banyak pengaruh dari budaya luar termasuk Amerika kali ya.

Apalagi sekarang ada penghematan listrik. Makin banyak yang lembur, artinya daya listrik akan dibuang percuma. Jadi semua karyawan bahkan diimbau untuk pulang tepat waktu supaya hemat energi.

Tapi ya untuk anak-anak baru yang baru aja kerja di perusahaan, otomatis pulangnya agak belakangan sih, Gan. Malu ama senior juga hihihihi..

5. MENGANUT KEPERCAYAAN “BEKERJA SEUMUR HIDUP DI SATU PERUSAHAAN”

>>>Kayaknya hal ini yang paling disalutin sama negara-negara yang tau sama pandangan dan cara hidup dari orang Jepang. Ya ga semuanya salut sih. Ada beberapa yang beranggapan itu ga masuk akal, dan lain-lain. Tapi sebenernya itu sebagai salah satu bukti aja kalo orang Jepang itu ngga gampang menyerah dan lari dari masalah. Atau misalnya udah "stuck" sama kerjaan. Biasanya mereka bisa kasih proposal untuk proyek-proyek baru ke kantor supaya nggak bosen. Karena orang-orang yang punya banyak ide dan kontribusi besar ke perusahaan itulah biasanya yang bakalan gampang naik jabatan atau gede bonusnyaemoticon-Kiss

6. BANYAK POTONGAN GAJINYA?

>>>Nah, kalo yang ini bener banget, Gan. Tapi potongannya itu bukan buat yang aneh-aneh kok. Dan potongannya itu bukan buat kantor juga, melainkan buat tabungan masa tua atau asuransi kesehatan dari pemerintah. Besarnya potongan biasanya bisa sekitar 20-30% dari gaji (NANGIS GA???). Jadi itu termasuk pajak penghasilan, asuransi kesehatan dari pemerintah, asuransi jaminan kecelakaan dari kantor (kalo kenapa-kenapa pas lagi ke kantor misalnya), dan uang jaminan masa tua. Jadi kalo nanti pada pensiun, tiap bulan mereka bisa dapet uang tunjangan, Gan. Makin besar potongan (atau makin besar gaji), makin besar juga tunjangan bulanan pas udah pensiun nantinya.

Tapi yang jadi masalah sekarang adalah, jumlah anak-anak yang makin dikit sementara orang tua lebih dominan. Ini dikhawatirin sistem kesejahteraan masa tua bakal berenti di suatu titik karena emang udah ga ada lagi yang biayain. Jadi ada kemungkinan generasi muda yang sekarang mati-matian bayar tunjangan masa tua, ga bakalan dapet pas mereka udah tua karena udah diberentiin dari pemerintah.

*source: http://vip.blomaga.jp/articles/43984.html

7. GAMPANG DEPRESI DAN MUTUSIN BUNUH DIRI KARENA GA KUAT?

>>>Wah, bunuh diri emang jadi masalah yang paling berat di Jepang selain berkurangnya generasi penerus, alias populasi menurun. Tapi ada kecenderungan stress di tempat kerja karena tekanan dari berbagai pihak menjadi pemicu para Workaholic ini buat mengakhiri hidupnya dengan cara yang paling cepat. Apalagi kalau ternyata berhutang banyak, Gan. Jadilah masalahnya bertumpuk-tumpuk.

Nah, buat yang punya hutang banyak, biasanya orang Jepang yang berpikiran pendek bakalan jadiin cara ini buat "ngebantu keluarga".Maksudnya? Jadi orang Jepang yang punya asuransi jiwa biasanya memilih untuk bunuh diri karena beranggapan dengan kepergiannya, si keluarga bakal ngedapetin hak asuransi yang lumayan dan bisa bayar hutang. Tapi kenyataannya ngga selalu gitu, Gan. Sekarang perusahaan asuransi juga makin ketat. Ada yang ga bakal cair uangnya kalo alasan kematiannya adalah bunuh diri.

Btw, tau ga, cara paling favorit buat bunuh diri di Jepang selain minum racun atau gantung diri? Cara lainnya adalah loncat ke rel kereta api! Tapi, karena sering banget dan bisa menyebabkan kerugian, sekarang peraturannya adalah keluarga yang ditinggalkan akan dikenakan biaya perbaikan dan denda.
Duh…… emoticon-Mewek

Kayaknya udah panjang nih cerita ane. Segini aja dulu ya, Gan. Mudah-mudahan informatif dan bisa jadi pengetahuan dikit-dikit aja buat yang belum tau. Mungkin ada hal lainnya, tapi ini sih yang Ane perhatiin banyak selama Ane ada di sini.
Silakan kalo ada masukan yang membangun, diinfoin aja ke Ane yaa.

Sampe ketemu lagi di Thread berikutnya! emoticon-Ngacir Tubrukan

OOKINI!


Lebih dekat dengan karaksa yuk!
Facebook http://www.facebook.com/karaksatours.id
Twitter http://www.twitter.com/karaksatours_id
Instagram http://www.instagram.com/karaksatours.id
Website https://www.karaksahotels.com/ & https://www.karaksatours.com/

Diubah oleh karaksa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arisentris. dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 15
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
14-10-2016 15:44
ane pernah baca katanya diwaktu musim panas pernah beberapa orang Jepang pilih batik sebagai pakaian kerja ...dan bedanya di Indo di negeri tropis nan panas banyak juga yang maksain pake jas dan seragam lengkap padahal musim kemarau...emoticon-Traveller
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 01:13
sepi bener ni thread emoticon-Takut (S)
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 01:25
gila kerja klo dsana emoticon-Matabelo
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 01:34
baru tau ane bree
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 02:05
poin ke 2 bener bgt gan dulu waktu masih disana sering bgt diajak
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 03:07
Baru tau ane gannnn
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 03:40
Quote:Original Posted By StevenBonny
sepi bener ni thread emoticon-Takut (S)


Iya sepi ni gan . . . .
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 03:53
jumlah org tua makin banyak smentara anak² berbanding terbalik #miris
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 04:32
kumaha atuh , kimpoi aja males d sana , jd kekurangan generasi muda.
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 04:46
malem minum bareng, pagi udah gk kenal
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 05:38
"ngoyo" ya gan orang2 disane emoticon-Traveller
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 06:19
kalo kata arb48 : usaha keras itu tak akan mengkhianati emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh hasyashin
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 07:16
oh jadi gitu
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 07:24
Kanpai!! !


sarary man yak? ?
a. k. a pekerja kantoran. dimari jg sama, cuman budaya sno emang lebih membuat sarary man nya terkena tekanan bathin emoticon-Malu (S)


oya, soal black company ,bgmana pula tuh ts?
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 09:04
baru 2 page loe dah HT gan... triit guea udah ratusan kommeng ga pernah HT... MEWEKKKKS
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 09:04
oh begitu....emoticon-Malu (S)
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 09:05
gitu yaa baru tau ane emoticon-Matabelo
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 09:05
ngeliat mereka kerja tuh kayak di film2 Jepang gan, mnurut ane gayanya hampir sama.. jas, kacamata, koper
Diubah oleh adit236
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 09:05
gembok
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
Diubah oleh anggargc
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2016 09:06
Quote:Original Posted By boyst
baru 2 page loe dah HT gan... triit guea udah ratusan kommeng ga pernah HT... MEWEKKKKS


ini contributor gan, beda soal kalau ama kaskuser biasa..
Diubah oleh adit236
0 0
0
Halaman 1 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia