others
Pencarian Tidak Ditemukan
link has been copied
19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57de31582e04c85e5f8b4572/sangat-kecewa-penetapan-kebijakan-bpjs-yang-sangat-merugikan
KECEWA DENGAN KEBIJAKAN BPJS Kesehatan Penetapan penggabungan tagihan untuk seluruh anggota keluarga yang terdaftar melalui KK sangat merugikan. Di dalam KK keluarga saya dengan saya sendiri memiliki 5 anggota keluarga. dalam hal ini saya mempunyai 2 ID BPJS untuk saya sendiri. Yang satu dari perusahaan. Yang satu adalah ketika mendaftar mandiri Niat mendaftar mandiri adalah hanya untuk mendaftar
Lapor Hansip
18-09-2016 13:16

SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan

KECEWA DENGAN KEBIJAKAN BPJS Kesehatan

Penetapan penggabungan tagihan untuk seluruh anggota keluarga yang terdaftar melalui KK sangat merugikan.
Di dalam KK keluarga saya dengan saya sendiri memiliki 5 anggota keluarga.
dalam hal ini saya mempunyai 2 ID BPJS untuk saya sendiri.
Yang satu dari perusahaan. Yang satu adalah ketika mendaftar mandiri

Niat mendaftar mandiri adalah hanya untuk mendaftar kan untuk kedua orang tua saya.
Yang pada saat saya mendaftar. di haruskan MENDAFTAR semua anggota keluarga dalam 1 KK.

Hal ini membuat saya mengalami 2 kasus yang sangat merugikan.

Quote:1. Karena saya sudah memiliki BPJS perusahaan. Jadi ketika saya upload dokument 1 KK> asumsi saya sistem akan mendeteksi bahwa saya sudah punya id. tapi ketika saya baru mau menggunakan beberapa minggu yang lalu. Ternyata saya baru menyadari bahwa saya mempunyai 2 ID BPJS. entah bagaimana caranya sistem bekerja yang mengakibatkan hal ini terjadi

jadi selama ini. saya melalkukan pembayaran. Ternyata hanya untuk BPJS yang terdaftar di perusahaan. Sedangkan karena sistemnya sangat "ANEH" menurut saya. Maka id bpjs saya yang terbuat ketika membuat melalui mandiri. TIDAK ADA PEMBAYARAN sama sekali.

Saya melaporkan hal ini kepada BPJS. lalu mereka dengan entengnya. menjawab : Bapak harus melunasi dulu semua tagihan di ID bapak *yang mandiri. baru bisa di gabungkan

Terlalu tidak masuk akal menurut saya. saya sudah membayar tagihan. Tapi karena kesalahan sistem bpjs saya harus membyara tagihan yang satu lagi. saya sudah lapor juga melalui Aplikasi LAPOR sampai sekarang belum ada tanggapan. Dan saya sudah melapor kepada perusahaan saya bekerja. Dan mereka sudah membantu melaporkan ke BPJS> tapi sampai sekarang belum ada jawabannya.


Quote:2. Kasusk ke dua.
Penetapan kebijakan september yang menggabungkan seluruh tagihan anggota keluarga dalam satu tagihan.
Beberapa minggu lalu. Saya ingin membayar tagihan untuk bapak saya dulu. Karena selama ini tagihan untuk bapak saa belum bayar. semua anggota belum bayar. Karena dari keluarga hanya saya satu2nya yang bekerja.

saya prioritaskan untuk bapajk saya yang karena usia sudah tua. Kebutuhan untuk medis lebih di butuhkan bapak saya ke depan. Niat saya adlaah membayar bapak saya dulu. Lalu bulan depan. Membayar tagihan ibu saya. lalu bulan depan membayar tagihan adik2 saya.

Tapi alangkah kagetnya ketika saya mengecek bahwa tagihan menjadi satu untuk seluruh anggota keluarga.
jadi kalau andaikan seseorang mau menggunakan BPJS dia akan bisa menggunakannya kalau SEMUA TAGIHAN anggota keluarga telah di bayar.

dalam HAL INI tagihan keluarga saya adalah. RP. 4.512.250 (Dalam Kasus ini saya empunyai ID bPJS mandiri juga. *karena saya Mempunyai 2 ID BPJS )

Ini SANGAT MEMBERATKAN saya. Saya harus menunggu BERBULAN2 untuk bisa membayarkan Tagihan ini. Dan juga. belu setiap bulan ada penambahan denda. Alhasil mau membayar lunas satu demi satu untuk anggota keluarga. Niat itu saya urungkan karena saya sudah tidak mempunyai uang. dan jika belum membayar semua tagihan. maka tidak ada satu anggota pun yang bisa menggunakan BPJS. Walaupun tagihan perorang sudah lunas. Dan juga. saya membaa katanya akan di susahkan layanan fasilitas dari negara lainnya. seperti SIM, stnk dan lain lain.


Saya tidak tahu lagi harus lapor kemana.
Menulis ke LAPOR tidak ada tanggapan.
DI bantu Perusahaan juga belu ada tanggapan
Lalu menelpon BPJS juga malah di suruh bayar tagihan.

Terima Kasih


Mohon kaskuser jika ada solusinya
0
icon-close-thread
Thread sudah digembok
surat-pembaca
Surat Pembaca
1.2K Anggota • 13.7K Threads
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
18-09-2016 15:49
tujuan agan bayar satu satu kenapa gan? biar ringan? bukankah aturan baru, begitu gak dibayar, coverage langsung suspended?

agan sudah koordinasi dengan BPJS setempat soal keanggotaan yang dobel?
0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
18-09-2016 17:39
Quote:Original Posted By daikitsu
tujuan agan bayar satu satu kenapa gan? biar ringan? bukankah aturan baru, begitu gak dibayar, coverage langsung suspended?

agan sudah koordinasi dengan BPJS setempat soal keanggotaan yang dobel?


karena tagihan per orang itu 950 an.
Jadi ane mau lunasin per orang 950 + tagihan bulan tersebut.
Begitu juga selanjutnya 950 + tagihan bulan tersebut (2 orang)

Sudah gan. Ane malah di suruh lunasin ID yang satu lagi

0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
18-09-2016 20:14
Aturannya kalo mau nutup 1 nya harua lunas dulu


Bukannya kartu bpjs pake nik.. Inikok bisa bikin 2?
Diubah oleh buatbarulagi
0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
18-09-2016 22:37
tagihannya banyak bener gan ...
ane pake bpjs, ortu cm bayar 450 sekian buat 5 anggota keluarga tuh tiap bulan. ada masalah kah sebelumnya ?
0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
19-09-2016 10:44
Aneh nih kasusnya TS.....tagihan per/org smp 950rban ??? Dah ga bayar brp bln gan??? Setahun ??? Ato jangan2 ga pernah bayar smskl ??? Giliran mau dipake kudu lunasin tunggakan dulu....itu yg ane baca sih
0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
19-09-2016 11:08
Quote:Original Posted By buatbarulagi
Aturannya kalo mau nutup 1 nya harua lunas dulu


Bukannya kartu bpjs pake nik.. Inikok bisa bikin 2?


pada wkatu daftar perusahaan saya pake nik ktp saya belakangnya 0005. Setelah diperpanjang ktp saya berubah menjadi 0002

Ane cek KK belakangmya 0002.

Ane sekarang heran. Kok nik ktp ane bisa gonta ganti

Dan jadi selama ini ane sudah bayar tpi bukan ke NIK yang sesuai KK
Kalau andaikan dilunasin. Duit ane selama ini kemana?
Diubah oleh Shonobi12
0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
19-09-2016 11:11
Quote:Original Posted By soldoiwakkrebo
Aneh nih kasusnya TS.....tagihan per/org smp 950rban ??? Dah ga bayar brp bln gan??? Setahun ??? Ato jangan2 ga pernah bayar smskl ??? Giliran mau dipake kudu lunasin tunggakan dulu....itu yg ane baca sih


Iya belum pada bayar.makannya. Ane niat mau lunasin

Sebelum september ane cek. Tagihan masih perorang. Jadi ane niatnya mau lunasin satu2

Tpi pas mau bayar. Tiba2 ada aturan digabungkan semua nya. Ini berat banget menurut ane.

Padahal bpjs belum pernah diake sama sekali.
0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
19-09-2016 12:05
Banyak yang kurang sadar diri, bikin BPJS minta buru2 untuk hal urgent..sekali udah dipake besoknya bertahun2 ngga bayar lagi. Giliran ada tagihan bengkak protes..

TS, BPJS itu udah longgar bgt dengan premi dibawah 70rb untuk kelas 1 (sblm naik), kenapa ente tunda2 trs ? yang susah kan diri sendiri. Sekarang BPJS memang pakai sistem baru dimana semua nunggak ya hrs semua dibayar. Kalo ngga otomatis kepesertaan suspen sampe dilunasi.

Soal NIK ganda, silahkan protes ke dukcapil. atau untuk alternatifnya ente mendingan ke HRD bagian asuransi deh, blg isi format 37 buat perubahan identitas. Jadi kartu lama di nonaktif untuk diganti pake kepesertaan yang baru. kalo blm ada jawaban tekan terus PIC BPJS untuk perusahaan ente, BPJS ada grup wa buat HRD yang ngurusin, atau telp BPJS Center minta dipandu pengurusan BPJS ganda.

Inget ya, BPJS itu ngga bs ditutup karena sekali aktif akan jalan terus tagihannya
Diubah oleh dr.anonymous
0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
19-09-2016 13:01
Quote:Original Posted By Shonobi12


pada wkatu daftar perusahaan saya pake nik ktp saya belakangnya 0005. Setelah diperpanjang ktp saya berubah menjadi 0002

Ane cek KK belakangmya 0002.

Ane sekarang heran. Kok nik ktp ane bisa gonta ganti

Dan jadi selama ini ane sudah bayar tpi bukan ke NIK yang sesuai KK
Kalau andaikan dilunasin. Duit ane selama ini kemana?

Cek dulu mana yang diantara 2 itu yg salah
Matikan yang tidak sesuai
Duitnya ya gak kemana mana, dipegang negara karena jadi milik , tidak bisa diambil dan dipakai ke orang yg membutuhkan


Quote:Original Posted By Shonobi12


Iya belum pada bayar.makannya. Ane niat mau lunasin

Sebelum september ane cek. Tagihan masih perorang. Jadi ane niatnya mau lunasin satu2

Tpi pas mau bayar. Tiba2 ada aturan digabungkan semua nya. Ini berat banget menurut ane.

Padahal bpjs belum pernah diake sama sekali.

Jangan mengeluh bayar tapi belun dipake

Karena sama saja kamu berharap sakit

Diubah oleh buatbarulagi
0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
19-09-2016 15:40
Ini yang digabung mulainya kapan sih , bulan ini bayar 3 biji bpjs lewat atm mandiri masih satu satu ,,

Btw numpang OOT ,, katanya kalok kena lakalantas bpjs gak bisa dipake ye ? Itu bpjs yang mandiri sm dibuatin kantor sama ? emoticon-Thinking
0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
19-09-2016 18:28
Quote:Original Posted By Alm. wOngilank
Ini yang digabung mulainya kapan sih , bulan ini bayar 3 biji bpjs lewat atm mandiri masih satu satu ,,

Btw numpang OOT ,, katanya kalok kena lakalantas bpjs gak bisa dipake ye ? Itu bpjs yang mandiri sm dibuatin kantor sama ? emoticon-Thinking


Kalo asuransi jasaraharga masih bisa menutup biaya, maka bjps tidak perlu dipakai
Diubah oleh buatbarulagi
0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
19-09-2016 20:31
Quote:Original Posted By Alm. wOngilank
Ini yang digabung mulainya kapan sih , bulan ini bayar 3 biji bpjs lewat atm mandiri masih satu satu ,,

Btw numpang OOT ,, katanya kalok kena lakalantas bpjs gak bisa dipake ye ? Itu bpjs yang mandiri sm dibuatin kantor sama ? emoticon-Thinking

yang digabung satu KK mulai september ini gan

klo lakalantas yang jamin jasa raharja, prosedurnya gampang kok gan, tinggal minta surat laporan kepolisian

bpjs mandiri iuran dibayar sendiri, bpjs kantor iuran dipotong dari gaji pokok, sama aja cuma beda sistem pembayaran

0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
20-09-2016 03:00
Ada yg bisa bantu jelasin ga ya, soalnya ane mau bayarin bpjs keluarga ane juga kena double gini, biasa perbulan bayar 25rb, bulan ini mau bayar tagihannya jadi 75rb, pas di cek di web bpjs 1 nama tagihannya buat 3 nama itu gmn ya, biasanya bayar per orang karna nomernya id nya kan beda2, kalo digabung gini berarti id yg lain gausah dibayar lagi gitu?
Oiya keluarga ane 4 orang, tapi kok itu tagihan cuma untuk 3 orang ya
Diubah oleh miftahgaje
0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
20-09-2016 03:05
Quote:Original Posted By miftahgaje
Ada yg bisa bantu jelasin ga ya, soalnya ane mau bayarin bpjs keluarga ane juga kena double gini, biasa perbulan bayar 25rb, bulan ini mau bayar tagihannya jadi 75rb, pas di cek di web bpjs 1 nama tagihannya buat 3 nama itu gmn ya, biasanya bayar per orang karna nomernya id nya kan beda2, kalo digabung gini berarti id yg lain gausah dibayar lagi gitu?
yo

0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
20-09-2016 06:43
Quote:Original Posted By miftahgaje
Ada yg bisa bantu jelasin ga ya, soalnya ane mau bayarin bpjs keluarga ane juga kena double gini, biasa perbulan bayar 25rb, bulan ini mau bayar tagihannya jadi 75rb, pas di cek di web bpjs 1 nama tagihannya buat 3 nama itu gmn ya, biasanya bayar per orang karna nomernya id nya kan beda2, kalo digabung gini berarti id yg lain gausah dibayar lagi gitu?
Oiya keluarga ane 4 orang, tapi kok itu tagihan cuma untuk 3 orang ya


Per September ini ada sistem pembayaran baru gan, sistem pembayaran satu keluarga.

Tagihan dari salah satu nomor VA dalam keluarga sudah mencakup tagihan seluruh anggota keluarga. Jadi, cukup transaksi satu kali tagihan seluruh anggota keluarga lunas.

Tapi dari sistem pembayaran yang begini malah muncul masalah2 baru, misalnya orang yang sudah meninggal bertahun2 lalu ikut ditagihkan karena belum dilaporkan ke BPJS, juga masalah seperti kasus agan.

Cek di sini infonya :

http://www.pasiensehat.com/2016/09/s...-va-kartu.html
0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
20-09-2016 07:17
coba dicek dibpjs online,apknya bs didownload diplaystore.benar apa gak nama2 yg dibayar sesuai dengan yg di kk,kpn hari sy pernah byrin pnya mertua sy tp byrnys di al****rt padahal sy byr 2 orang ternyata yg muncul 3 orng,lha disitu sy binggung kok bs ada 3 orng.trus sy lapor sj ke bpjs yg ada didaerah sy.
0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
24-09-2016 18:00
Aturan BPJS yang menngharuskan pesertanya mendaftarkan dan membayar iuran untuk seluruh anggota keluarganya sekaligus adalah agar para peserta BPJs bisa tertib membayar iurannya. Jangan sampai ketika sehat males bayar, tapi ketika sakit baru bayar. Itu sih mau enaknya sendiri. BPJS kan sistemnya gotong royong.
0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
26-09-2016 08:43
berani menabur berani menuai gan. banyak warga didaerah ane pake bpjg mau oprasi lahiran atau yg lain (ada jg jantung) selesai urusan ga mau bayar lg.. gimana ga bangkrut negara dikadalin org2 begitu? sistem itu untuk membuat jera org2 yg pikirannya nakal makanya hrs dilunasin tunggakannya.. masi bagus cuma lunasin iuran plus denda klo disuruh lunasin biaya operasi sekalian gimana???
0 0
0
SANGAT KECEWA Penetapan Kebijakan BPJS yang Sangat Merugikan
26-09-2016 11:24
buseeet agan punya 2 ID?? ane urus 1 ID buat diri sendiri aja buseet susaahh bener disini kab.bandung. mangkanya ane lari ke asuransi suasta.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia