others
Batal
link has been copied
466
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ce931e1a997552218b4567/ini-dia-hal-hal-yang-ga-disukai-orang-jepang-dari-turis-asing
MAIDO! Halo lagi Agan & Aganwati semuanya. Makasih banget ya artikel soal Yukata & Kyoto yang kemarin kita angkat banyak yang seneng (dan kasih komen menarik juga), misalnya soal Nasionalisme sama saran pake kebaya. Ane mau bilang kalo rasa cinta kita ke Indonesia masih kuat kok. Hahaha, serius ini! Bukan karena kita ngereview soal yukata terus jadinya kita ga suka kebaya..:bettys Eh tapi ide buat
Lapor Hansip
06-09-2016 16:57

INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING

Past Hot Thread


MAIDO!


Halo lagi Agan & Aganwati semuanya.

Makasih banget ya artikel soal Yukata & Kyoto yang kemarin kita angkat banyak yang seneng (dan kasih komen menarik juga),
misalnya soal Nasionalisme sama saran pake kebaya.
Ane mau bilang kalo rasa cinta kita ke Indonesia masih kuat kok. Hahaha, serius ini!
Bukan karena kita ngereview soal yukata terus jadinya kita ga suka kebaya..emoticon-Betty (S)
Eh tapi ide buat pake kebaya di Jepang lucu juga sih.
Siapa tau bisa jadi input buat Agan & Aganwati pas jalan-jalan ke Jepang nantinya. Mantep! emoticon-Malu (S)

Btw, buat ngelanjutin tema Jejepangan, ane mau nulis tema yang menarik dan bisa dijadiin panduan pas jalan-jalan ke Nippon nih!

Buat yang mau pertama kali jalan-jalan ke Jepang atau udah sering mondar-mandir Jepang,
mungkin bakalan “ngeh” sama kebiasaan orang Jepang yang ga ada di Indonesia.
Bahkan kita malah ngga mikir itu salah satu etika yang emang dijaga di Jepang, jadi kelewat aja sama kita buat ngelakuin kebiasaan-kebiasaan itu.
Hasilnya, kadang mereka suka sebel deh kalo ngeliat orang asing ngelakuin beberapa hal di bawah ini,
dan cuma komen, "Dasar orang asing!" emoticon-Hammer (S)

Makanya yuk kita hati-hati sama hal-hal yang jelas-jelas ga disukain sama orang Jepang dari turis;

1. Buang sampah sih di tempat sampah, tapi ngga sesuai pengelompokannya

>>> Hayo ngaku, kalo pas di Indonesia sering banget diantara kita yang buang sampah sembarangan. Hehehe, Atau sempilin sana-sini.
Tapi begitu jalan-jalan keluar negeri tiba-tiba jadi orang paling bersih sedunia dan taat peraturan sampe bisa jadi Duta Lingkungan Hidup. Hahaha. emoticon-Ngacir2

Tapi ternyata usaha ini masih kurang kalo di Jepang, Gan.
Seperti yang pernah kita tulis di artikel kita sebelumnya, di Jepang itu diberlakuin sistem pembedaan cara membuang sampah.
Mulai dari sampah rumah tangga (sisa makanan rumah), plastik, kertas, kaleng, dan lain-lain.

Jadi kalo misalnya kita mau buang sampah kotak minuman dan kita buangnya di tempat sampah botol, yang ngebersihin biasanya kesel banget. Ini biasanya banyak terjadi di Airport yang notabene banyak turis asing lalu-lalang setiap harinya.
Makanya pas ditanya apa yang bikin kesel dari turis, salah satunya ya gimana cara mereka bedain jenis sampah dan tempat sampahnya.

2. Antara budaya antri toilet di Jepang dan Indonesia

>>>Satu ketika ada orang berantem pas lagi antri di dalam toilet. “Eh saya antri duluan, kenapa situ nyelonong tiba-tiba!?”. Si orang yang satunya juga ngotot kalo dia ngga salah. “Lha kan itu depan toiletnya kosong! Kok situ marah-marah sih?”. Nah lho, salahnya di mana? Ternyata yang jadi penyebabnya adalah “CARA KITA NGELIAT CARA ORANG JEPANG NGANTRI” yang disalahartikan.

Kalo di toilet umum yang ada di Indonesia (toiletnya ada banyak dalam satu ruangan besar),
biasanya kita akan antri di depan pintu toilet yang kita mauin. Dan biasanya kita antri di depan toilet yang orangnya ngga banyak antri. Iya kan?
Nah, kekurangan orang Indonesia yang kurang bisa membaca “pola” antri orang Jepang, kita nyelonong aja kalo misalnya ada ruangan kosong di depan pintu toilet yang lagi diisi.
Antri di Toilet Indonesia


Terus orang Jepang itu kayak gimana sih antrinya?
Nah kalo orang Jepang tuh beda, Gan.
Cara mereka antri ngga kaya gitu dan cara mereka itu lebih pinter. Jadi mereka ngga antri di depan toilet

Antri di Toilet Jepang


Coba deh Agan perhatiin, kalo diliat-liat enakan mana cara antrinya? Indonesia apa Jepang?
Kalo dipikir-pikir cara antri begini paling adil ya, ga bakal ada yang berasa “ih, udah antri duluan, tapi malah lama dapetnya”
atau "Ihhh dia untung yaaa, yang di toilet itu ngga lama.." bla bla bla.
Ga heran sih kalo si orang yang udah antri di contoh kasus tadi kesel kalo udah antri bener-bener malah diserobot.

Kalo cara ini bisa diterapin di Indonesia, bahagia banget ane. Soalnya dulu pernah nyoba begitu di Indonesia tapi ujung-ujungnya nyolot gara-gara diselak. HAHAHHAA.emoticon-Mewek
Biasalah, kalo urusan toilet emang suka sensitippppp.

Btw, cara antri ini BERLAKU UNTUK SEMUA JENIS ANTRIAN lho, Gan.
Kayak misalnya lagi antri di kasir yang ruang antrinya kecil atau apa pun, cara antrian ini pasti yang dipake sama orang Jepang pada umunya. Jadi kalo ada rencana ke Jepang, pliss diinget-inget ya cara antrinya.


3. BUANG TISSUE KHUSUS TOILET di Tong Sampah atau di Lantai Kamar Mandi

>>>Sampe di Airport, kebelet buang air kecil. Setelah selesai dan pake tissue, celingak-celinguk kanan kiri kok ngga ada tong sampah yang besar. Adanya tong sampah super kecil. Bingung itu tissue mau diapain, akhirnya disumpal ke dalam tong sampah. Tapiii, kalo lagi apes, ada aja yang buang di sudut toilet. Kebayang nggak itu yang bersihin toilet perasaannya gimana?

Padahal ternyata eh ternyata, tissue toilet di Jepang itu SEMUANYA adalah tissue yang hancur di dalam air. Jadi HARUS DIBANJUR bersamaan ke toiletnya. Buat yang belum tau dan baru denger pertama kali, ini merupakan teknologi Jepang yang super keren. Di toilet mana pun di Indonesia DIWAJIBKAN buat ga buang tissue ke dalam toilet. Tapi ini malah diharuskan. Hahahaha.

4. Makan, Foto-foto, dan Berisik di Dalam Kereta

>>>Pergi ke Jepang bareng temen-temen, terus selfie plus wefie. Cekrak-cekrek. Abi situ bercanda berlebihan dan kasak-kusuk di dalem kereta. Ga berapa lama dikereta kelaperan, terus makan. Apalagi makannya makanan yang berbau. Menyebarlah itu ke satu gerbong.

Sebenernya kegiatan di atas kalo di Indonesia mungkin nggak terlalu bikin heboh. Tapi kalo di Jepang, etika naik kereta pun dijunjung tinggi, Gan. Mereka ngga diperbolehkan makan di dalam kereta. Makanya kalo bisa makan dulu sebelum naik kereta. Jangan sampe ngeganggu sekitar. Mending kalo makanannya baunya enak………emoticon-Thinking

Foto-foto juga gitu, karena ada masalah privasi yang emang ketat banget di Jepang, kadang mereka suka rishi kalo ada yang foto dan mereka mikirnya itu lagi motret mereka diam-diam. Apalagi kalo pake suara “CEKREK!” yang bikin semua orang nengok. Hahahhaa, heboh segerbong deh.
Jadi sebaiknya jangan berlaku yang aneh-aneh di dalam kereta.

5. Budaya Bersihin Sisa Makanan dan Nampan di Restoran Cepat Saji

>>>Yang ini juga menarik kalo menurut ane, Gan. Kalo di Indonesia, semua-semua serba dilayanin kan ya.
Padahal pelayanan di Indonesia itu banyak yang ngga “customer oriented”. Beda sama Jepang yang menomorsatukan Jepang atau malah tamu adalah Raja itu bener-bener berlaku di sini.

Tapi, untuk beberapa restoran cepat saji kayak Mc Donalds, KFC, Starcbucks, dll., justru mereka menerapkan sebaliknya. Bukan karena mereka restoran franchise ya makanya ngga mengadopsi budaya “tamu adalah Raja”. Tapi memang untuk yang satu ini jatuhnya jadi self-service.
beresin nampan 1


beresin nampan2

Jadi kenapa budaya beresin nampan atau buang sampah itu ada?
Nggak kayak restoran keluarga atau lainnya yang banyak staff, biasanya di restoran cepat saji itu karyawannya hanya ada di sekitar kasir tempat pesan makanan. Jadi jarang banget tuh karyawan restoran mondar-mandiri ngangkatin nampan kotor bekas kita makan.
Kalo dipikir-pikir lebih efektif sih, karena mereka ga pake piring juga (kecuali Starbucks, piring kotor ditaro di rak yang ditentuin), otomatis yang baru dateng bisa langsung duduk tanpa harus nungguin mejanya dibersihin dulu. Jadi efisiensi waktunya tetep kejaga. Mantep, Gan.

6. Berdiri di Tengah-tengah atau 2 Jalur Eskalator

>>>Kayak yang udah ane ceritain sebelumnya, kalo di Jepang itu ada budaya naik eskalator. Kalo di Indonesia mungkin ngeliat orang jalan buru-buru di eskalator bakal ngerasa “Ini orang ngapain sih pake acara buru-buru banget di eskalator, namanya juga tangga jalan” – hayooo ngga sedikit kan dari kita yang mikir gitu. HAHAHHAA.

Beberapa contoh image eskalator Jepang:
Eskalator di Jepang

Nah, kalo di Jepang, biasanya kalo naik Eskalator harus nyediain satu sisi buat orang yang buru-buru. Namanya juga negara yang menomorsatukan waktu, pasti adalah yang buru-buru. Karena mereka ga kenal budaya “maklum”. Katanya kalo ga bisa jaga ketepatan waktu, gimana mau bisnis bareng?
Hiii, serem kan, Gan! Bisa-bisa ga jadi bisnis bareng deh kalo pas telat dan orang ga kasih kita lewat di eskalator. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Nah sayangnya ngga semua orang asing tau soal ini, jadi mereka berdiri aja di sepanjang eskalator. Ujung-ujungnya pada kesel deh tuh orang Jepang.
Kalo bisa sih pas ke Jepang ngga begitu yaa emoticon-Ngacir Tubrukan


Kurang lebih sih itu beberapa hal yang dibenci sama orang Jepang dari turis asing, Gan.
Menurut Agan sama Aganwati gimana?
Masuk akal gak sih?

Kalo menurut Ane sih, Gan, yang bagus-bagus dari hal di atas dijalanin aja.
Misalnya yang antri di toilet. Itu bagus banget loh, Gan. Dan malah jadi lebih cepet aja dapet toiletnya.
Terus sama yang beberes nampan bekas kita makan.
Kalo dipikir-pikir ini bisa bantuin pegawai restorang supaya mereka bisa lebih efektif kerjanya buat fokus ngebersihin
yang lain atau ningkatin mutu pelayanan (asal piringnya jangan dibawa pulang ya. hahhaha).

Banyak hal yang bisa ditiru dari negara maju yang disiplin macam Jepang, gan.
Buka pikiran dan diserap menuruut etika dan norma yang berlaku di Indonesia itu ga ada jeleknya kook emoticon-shakehand

Oke deh, segini dulu tulisan Ane ya.
Next time dilanjut lagi cerita seputar Jepang yang kira-kira ada sisi positif yang bisa kita pelajarin.



OOKINI!


Untuk lebih dekat sama team Karaksa, klik yuk:
Facebook: www.facebook.com/karaksatours.id
Twitter: www.twitter.com/karaksatours_id
Instagram: www.instagram.com/karaksatours.id
Website: https://www.karaksatours.com/
https://karaksahotels.com/

Diubah oleh karaksa
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 24
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:07
gokil jepun
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:08
seneng liatnya.. rapih dan tertib bgt ya gan org jepang ini.. topemoticon-Jempol
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:09
sebenernya sih ini bukan hanya di jepang gan. banyak negara selain di indonesia yang emang sangat tertib
coba saja kalau orang indonesia mau terbuka pikirannya tidak kayak katak dalam tempurung dan mencontoh kebudayaan tertib dari luar negeri
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:10
hampir sama kaya korea selatan ya gan..
escalator, bersihin setelah makan di rumah makan, antri, bahkan antri bis juga tertib..
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:10
bener banget gan... ane udah ke jepang dan soal antri di toilet itu bener banget.

terus ane juga sempet bingung pas di wc, nyari tempat sampah... kok kecil amat... =_=;
ane ga tau kalau itu tissue bisa diflush. emang bentuk tissue nya agak beda sih sama disini.
itu tissue nya lebih mirip kayak kertas tapi tipis banget.
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:11
saya kalo makan di cepat saji ane selalu buang tuh sisa makanan ane dan taruh nampannya., gag kayak kebanyakan yang langsung cabut aja..,
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:11
Waah, ga heran dah kenapa jrpun orang2nya pada tertib banget. Ga kayak disini XD
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:11
ane pengen terapin ngantri toilet kayak orang jepang
tapi kalo ane sendirian diem ditengah,bakal dikira orang aneh kayak nya kalo disini
Diubah oleh kirashinigami
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:12
Yang naik eskalator itu kyanya disini harus diterapkan juga tuh
Paling sebel liat orang naik tangga atau tangga jalan, udahlah nutupin jalan, trus lambat, sambil maen hp lagi emoticon-Najis
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:12
Bener2 negara yg taat peraturan dan budaya nya slalu d jaga
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:12
unik dan bermanfaat, update terus ya emoticon-Jempol
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:13
enak yah disana tau aturan smua
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:15
jepang japan nipon emoticon-Cool
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:15
yg sy suka dr jepang cm videogamenya saja sama console sonynya,lainnya ngk minat,bahkan di bali banyak sekali turis jepang yg liburan tp merk rada2 tertutup sih,and terakhir ngk minat ke sana sama sekali
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:16
beda budaya n kebiasaan nya
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:21
ane mah mo pake kostum naruto aja gan emoticon-Hammer (S)
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:22
masalah toilet paling susah diterapin di indo kecuali bener-bener dibuat line antriannyaemoticon-Ngakak (S)

ane pas ke spore jg baru nyadar gan kalo di indo doang yang kalo naik eskalator berjejer, padahal yang satunya itu buat orang yang mau buru-buruemoticon-Big Grin
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:22
nambah nambahin dosa dia gan, ngomongin orang wkwk
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:23
Buang sampah makanan di fastfood, ane udah biasain gan akhir2 ini.
0 0
0
INI DIA HAL-HAL YANG GA DISUKAI ORANG JEPANG DARI TURIS ASING
08-09-2016 09:23
yg bisa sy lakukan hanya nomer 4, 5 dan 6 saja, yg 1 kadang belom ada kotak sampah nya, 2 antri kayak gitu ga bakal dapet wkwk, 3 kl ga ada tong sampah ya terpaksa males ngantongin apalagi tissue ny basah dan kotor.
0 0
0
Halaman 1 dari 24
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia