• Beranda
  • ...
  • Surat Pembaca
  • Bukadompet Dibekukan Karena Mengikuti Saran CS Bukalapak | billycare tolong masuk

Crank MasterAvatar border
TS
Crank Master
Bukadompet Dibekukan Karena Mengikuti Saran CS Bukalapak | billycare tolong masuk
Saya pemilik akun CrankShop di Bu*alapak (BL). Saya mempertanyakan kenapa bisa sesama tim dari BL (Customer Service dan fraud) tidak ada koordinasi, tidak satu pandangan, yang mengakibatkan bukadompet Saya dibekukan.

Kronologi

- 1 Juni 2016


Jam 1:53 AM, toko Saya dapat 3 order beruntun dari 3 user yang berbeda. Ketiga order tersebut pesan barang yang sama (sarung sepeda 1 buah), dan dengan nama penerima dan alamat kirim yang sama (lokasi tangerang). Identitas pembeli tidak Saya kenal, btw.

Menurut Saya ada yang aneh dari order-order tersebut. Kenapa orang dengan 3 akun itu pesan barang yang sama dengan dibagi 3 order? Bukannya lebih mudah pesan sekalian 3 items dalam 1 order?

Saya langsung ingat di BL sedang ada promo free ongkir. Mungkin orang ini mau mencoba 'abuse' promo BL. Saat itu Saya terbersit niat untuk tolak 3 order tersebut, tapi tidak jadi karena akan merusak reputasi toko Saya.

FYI, selama merintis berjualan di BL sejak 2013, tidak pernah Saya menolak order dari pembeli. Setiap ada barang stoknya kosong langsung dimasukkan ke gudang secepatnya. Kalopun pernah terpaksa tolak orderan, itu karena lambatnya proses verifikasi pembayaran BL, pembeli transfer pas barang masih ready, pas verifikasi pembayaran selesai barangnya sudah habis.

Untuk dapat kejelasan, Saya email ke cs@bu*ala*ak.com tanggal 1 juni jam 2:22 AM untuk minta pendapat dari BL, apa 3 order tersebut melanggar peraturan BL? Dan haruskah Saya melanjutkan order?
Bukti screenshot email di bawah.

Spoiler for email:


Karena Saya tahu respons dari BL kadang lama dan Saya menginginkan jawaban secepatnya, Saya juga 'open ticket' (1-6-2016 2:24 AM) ke bagian fraud di web BL untuk minta pendapat, berharap untuk direspon cepat.

Nah, paginya jam 10:53 AM mendapat balasan dari cs@bu*alapak.com yang isinya Saya kutip (screenshot juga terlampir)

Spoiler for email dari CS BL:


“ Hi Crank Shop,

Terima kasih telah menghubungi Bu*alapak.com

Terkait transaksi tersebut, silahkan lanjutkan saja untuk proses selanjutnya. Kami sarankan anda melakukan pengiriman dalam satu resi dan Tidak usah khawatir selama anda mengirimkan barang ke pembeli dengan baik, dana akan kami bantu teruskan ya. emoticon-Smilie

Jika ada pertanyaan lebih lanjut silakan hubungi Bu*alapak kembali. Terima kasih atas perhatiannya dan selamat beraktivitas. emoticon-Smilie



Puaskah Anda dengan pelayanan Customer Support kami?


Warm Regards,”


Mendapat JAWABAN RESMI DARI BLyang menyarankan untuk tetap mengirimkan barang dalam 1 resi tentunya bikin hati tenang. Saya packing ketiga items tersebut dalam satu paket dan kirim dihari yang sama (1-6-2016) via JNE YES nomer resi BKID401140276316.

Spoiler for resi jne:


- 2 Juni 2016

Menurut tracking JNE, paket sudah diterima yang bersangkutan tanggal 2 juni 2016 jam 17:00 PM. Dan malamnya jam 18:51 PM dan 19:01 PM pembeli sudah konfirmasi penerimaan barang untuk 2 order (1 order lagi belum konfirmasi, entah kenapa, mungkin lupa, padahal 3 order tersebut dikirim dalam 1 paket).

Petaka buat toko Saya datang jam 21:16 PM, Saya dapat email balasan dari fraud@bu*alapak.com dari laporan Saya tanggal 1-6-2016 2:24 AM.
Isinya sangat membuat terkejut, katanya toko Saya melanggar peraturan BL dan mengakibatkan akun bukadompet CrankShop dibekukan.

"Pelapak wajib mengirim barang dan mendaftarkan nomor resi pengiriman yang benar dan asli setelah status transaksi “Dibayar”. Satu nomor resi hanya berlaku untuk satu nomor transaksi di Bukalapak."

Spoiler for email fraud BL:


Saya akui memang benar sekarangitu jadi kesalahan toko Saya, tapi lucunya kan saran untuk menggabungkan 3 order jadi 1 paket itu datang dari tim CS BL di email pas paginya. Tim CS BL harusnya sudah mengerti peraturan yang dibuat perusahaannya sendiri, kenapa ini malah menyarankan untuk melanggar peraturan?

Intinya, Saya tanya ke CS karena ragu apakah bisa order-order tersebut dilanjutkan atau dibatalkan/ditolak? CS menjawab boleh dilanjut, disarankan digabung jadi satu paket. Saya ikuti saran tersebut, kirim barang, diterima pembeli, transaksi selesai.
Lalu tiba-tiba datang tim fraud BL yang memvonis bukadompet Saya dibekukan sementara.
Lah koq jadi begini akhirnya..Saya seperti dipandu ke jalan menuju jurang. emoticon-Turut Berduka
Mana kompetensi CS BL?


Tim fraud juga lambat sekali merespon laporan Saya, kenapa baru merespon (langsung dengan keputusan merugikan untuk pihak seller) ketika barang sudah dikirim dan diterima pembeli?

Saya merasa itikad baik Saya melaporkan transaksi mencurigakan sebelum terjadi ke BL tidak dihargai.
Ini malah kesannya menjebak, menunggu agar 3 order tersebut terjadi supaya bisa menjatuhkan hukuman.

Ini bisa jadi preseden buruk untuk agan2 yang membaca postingan ini, ketika mau melaporkan sesuatu hal ke pihak yang berwenang, takutnya malah yang melapor yang kena getahnya..."lebih baik ga usah lapor gan, contohnya ane gan, apes ga bisa jualan lagi. Orang baik dan jujur susah cari makan di Republik ini.." emoticon-Nohope

Saya sungguh kecewa. Selama ini Saya sudah anggap BL sebagai mitra berjualan online yang bisa diandalkan. Tim promo dari bagian aksesoris mobil (Bro Reza Saputra) dan bagian aksesoris komputer (Sis Tari) pernah membantu Saya untuk promosi di halaman depan BL (thanks to y'all, maaf jadi curcol..)

Tim fraud BL minta Saya konfirmasi mengenai 3 transaksi tersebut.
Mau konfirmasi seperti apa lagi? Sudah Saya jelaskan di email, foto/nomer resi juga valid bisa ditrack.
Belum ada balasan lagi dari BL, mungkin Saya harus nunggu lama seperti biasa.

Saya tahu bang billycare suka mampir ke kaskus, Saya tunggu solusinya.

Saya minta akun bukadompet saya diaktifkan lagi, karena ini bukan murni salah Saya. Jika BL mau memotong selisih ongkir dari yang dibayar ke JNE, silahkan dipotong, dan masalah ini bisa diselesaikan disini secepatnya.
0
9.4K
18
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat Pembaca
icon
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.