News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
6
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/572dcb5e54c07a945d8b4568/kemenyan-dan-dupa-sebagai-bentuk-keprihatinan-robohnya-rumah-radio-bung-tomo
Surabaya - Sebuah tungku kecil diletakkan di depan rumah radio Bung Tomo di Jalan Mawar 10. Di dalam tungku itu ada arang. Di sampingnya ada dupa berbau harum. Dan bau tungku tiba-tiba menyeruak karena seseorang membakar kemenyan di atasnya. Dan bau harum makin mewangi karena di dekat tungku juga ditaburkan bunga. Tungku, kemenyan, bunga, dan dupa tersebut merupakan wujud keprihatinan komunitas pe
Lapor Hansip
07-05-2016 18:02

Kemenyan dan Dupa sebagai Bentuk Keprihatinan Robohnya Rumah Radio Bung Tomo


Kemenyan dan Dupa sebagai Bentuk Keprihatinan Robohnya Rumah Radio Bung Tomo

Surabaya - Sebuah tungku kecil diletakkan di depan rumah radio Bung Tomo di Jalan Mawar 10. Di dalam tungku itu ada arang. Di sampingnya ada dupa berbau harum. Dan bau tungku tiba-tiba menyeruak karena seseorang membakar kemenyan di atasnya. Dan bau harum makin mewangi karena di dekat tungku juga ditaburkan bunga.

Tungku, kemenyan, bunga, dan dupa tersebut merupakan wujud keprihatinan komunitas pecinta sejarah yang ada di Surabaya. Sekali lagi bangunan bersejarah di Surabaya menjadi korban kepentingan orang yang tak peduli sama sekali dengan masa lalu yang membentuk Surabaya dan bahkan Indonesia.

"Ini adalah bentuk keprihatinan kami dengan hilangnya satu lagi bangunan cagar budaya di Surabaya," ujar Krisyandi, salah satu pecinta sejarah kepada wartawan, Kamis (5/5/2016).

Freddy H Istanto yang juga turut hadir mengatakan bahwa rumah radio Bung Tomo di Jalan Mawar 10 merupakan bangunan cagar budaya tipe B. Status itu sudah ada dan termaktub dalam buku 'Profil Cagar Budaya 2009' yang dibuat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya.

Bangunan Cagar Budaya tipe B, kata Freddy, memang boleh direnovasi namun tak boleh dihancurkan. Dan bangunan cagar budaya yang merupakan milik pribadi boleh dipindahkan statusnya dalam arti boleh diperjual belikan tetapi tak boleh merobohkan bangunannya.

"Tetapi apa yang terjadi ini sudah di luar batas. Ini sudah menlanggar hukum," kata Freddy.

Sebuah bangunan cagar budaya, kata Freddy, sudah bermuatan hukum sejak bangunan itu ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya. Dan menurut Freddy polisi seharusnya sudah bisa menyelidiki siapa yang merobohkan bangunan tersebut.

"Harus dicari siapa yang merobohkan. Ini bukan delik aduan," lanjut Freddy.

Dengan adanya kasus ini, Freddy khawatir kasus pembongkaran dan perobohan bangunan cagar budaya yang lain akan terus ada. Freddy menduga kuat bahwa modus ekonomi lah yang membuat rumah radio Bung Tomo ini rata dengan tanah.

"Kami khawatir ini akan jadi modus untuk pelenyapan bangunan cagar budaya yang lain," tandas Freddy. (fat/iwd)




https://m.detik.com/news/jawatimur/3204421/kemenyan-dan-dupa-sebagai-bentuk-keprihatinan-robohnya-rumah-radio-bung-tomo



Indonesia bukan hanya jakarta
cagar budaya bukan hanya luar batang
penjabat bukan hanya ahok

ayo ramaikan emoticon-Big Grin
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kemenyan dan Dupa sebagai Bentuk Keprihatinan Robohnya Rumah Radio Bung Tomo
07-05-2016 18:36
mo cagar budaya sehebat apapun
kalo bisa dibeli ma duit y ttp ilang
emoticon-Cape d...
0 0
0
Kemenyan dan Dupa sebagai Bentuk Keprihatinan Robohnya Rumah Radio Bung Tomo
07-05-2016 19:22
udah hilang bangunannya baru prihatin.
telat tapi ya mau gimana lagi.
kalo emang peduli, ya pemerintah ambil alih aja.
0 0
0
Kemenyan dan Dupa sebagai Bentuk Keprihatinan Robohnya Rumah Radio Bung Tomo
07-05-2016 19:39
ho oh gan, udah rata bangunannya ama tanah.
0 0
0
Kemenyan dan Dupa sebagai Bentuk Keprihatinan Robohnya Rumah Radio Bung Tomo
07-05-2016 19:42
menunggu komen yang mau maki2 Risma,

jangan cuma ahok aja yang dibully....emoticon-Traveller
0 0
0
Kemenyan dan Dupa sebagai Bentuk Keprihatinan Robohnya Rumah Radio Bung Tomo
07-05-2016 19:43
Bener tuh katanya ujung2nya duit
0 0
0
Kemenyan dan Dupa sebagai Bentuk Keprihatinan Robohnya Rumah Radio Bung Tomo
07-05-2016 22:54
emane rek
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia