others
Batal
link has been copied
455
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5710a53292523326288b456a/sebelum-jalan-jalan-ke-jepang-pelajari-dulu-kebiasaan-di-sana-yuk
Maido! Ga kerasa udah musim semi lagi, bahkan udah hampir selesai aja dan kita siap-siap masuk ke musim panca roba menuju musim panas. Seperti yang Agan & Aganwati tau, musim semi itu musimnya sakura, dan di musim ini wisatawan yang datang buat ngeliat sakura, buanyak banget. Dari yang ikut tour sampe yang backpacker-an. Bahkan pas peak-nya, bakal susah banget buat jalan di satu titik dan bisa ter
Lapor Hansip
15-04-2016 15:24

SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!

Past Hot Thread


Maido!

Ga kerasa udah musim semi lagi, bahkan udah hampir selesai aja dan kita siap-siap masuk ke musim panca roba menuju musim panas. Seperti yang Agan & Aganwati tau, musim semi itu musimnya sakura, dan di musim ini wisatawan yang datang buat ngeliat sakura, buanyak banget. Dari yang ikut tour sampe yang backpacker-an. Bahkan pas peak-nya, bakal susah banget buat jalan di satu titik dan bisa terjadi kemacetan luar biasa, Gan! *lebay tapi seriusan. Hahaha emoticon-Betty (S)

Buat Agan-agan yang bakal pergi ke Jepang buat nikmatin sakura atau liat-liat pemandangan di Jepang secara umum, ane mau nge-share beberapa kebiasaan unik orang Jepang kayak di bawah ini:

1. Waktu Makan Mie
Jepang punya banyak beberapa jenis mie gan. Mulai dari ga asing lagi kayak ramen dan udon, sampe dengan soba. Di Jepang ada aturan (baca: ga tertulis) pas makan mie. Yaitu: harus nyeruput sambil ngeluarin suara pas makanya, Gan. Suara ini konon merupakan bentuk terima kasih karena udah disediain makanan enak sama kokinya. Kalo di Indonesia kan beda ya, bisa-bisa dianggep nggak sopan kalo makannya bunyi. Tapi ini berlaku buat makan mie aja ya, kalo ngunyah sih wajib ga bunyi, samalah kayak di Indonesia.
ramen link


2. Di Dalam Kereta
Kereta itu transportasi yang paling sering dipake (atau bisa dibilang transportasi utama) sama orang Jepang. Kenapa? Karena kereta itu paling tepat waktu & murah kalau dibandingin sama alat transportasi lainnya (terutama taksi. Hiks!).

Peraturan yang umum kayak dahulukan yang turun, ga boleh angkat telepon sih sama ja kayak di Indonesia. Tapi, ada beberapa aturan unik nih. Douzo!
- Buat yang cowok, kalau kebetulan naik kereta yang penuh banget, ane saranin jangan simpen tangan di bawah, soalnya ga sengaja nyenggol cewe bisa dianggap pelecehan seksual. (Serem kan?)
- Larangan makan. Larangan ini berlaku ga di setiap kereta gan. Kalau agan naik kereta biasa atau kereta bawah tanah makan di dalam kereta mank dilarang, tapi kalau agan naik kereta super cepat—Shinkansen—larangan ini ga berlaku. Orang Jepang malah ada yang sengaja naik Shinkansen buat beli bentou—nasi box—khas yang cuma dijual di kereta itu.
- Terus buat cowok lagi nih, hati-hati juga jangan sampe salah naik gerbong cewe. Beberapa perusahaan kereta di sini punya aturan masing-masing buat gerbong cewe ini. Ada yang cuma ngeberlakuin di jam-jam berangkat kerja, misalnya jam 06:00-10:00. Selain itu, ada yang seharian penuh tapi cuma di hari kerja. Hati-hati ya, Gan!
women only


- Dilarang angkat telepon atau nelepon dalam kereta. Ini dianggep ganggu, Gan. Karena bakalan berisik dan bikin orang keganggu karena suara kita. Makanya selalu ada himbauan juga buat ganti General Mode hape jadi Silent Mode atau disuruh matiin sekalian hapenya! *hikkss, galak…….
- Ngobrol terlalu keras. Percaya nggak percaya, suasana kereta di Jepang itu sepi banget. Jarang banget ada yang berisik ngobrolin hal ga penting atau soal kerjaan. Mereka biasanya baca novel, buku, koran, atau mainan handphone (ga bunyi pasti ya).

3. Aturan Buang Sampah
Kalau di Indonesia sampah dibagi jadi organik sama non-organik, kalau di sini lebih detail lagi pembagiannya. Yaitu sampah yang bisa dibakar (Moeru-gomi) & sampah yang ga bisa dibakar (Moenai-gomi).
pembagian sampah

Kalo yang bisa dibakar (moeru-gomi) biasanya yang dibuang dari rumah (sampah harian, termasuk sayuran), kertas, dan plastic belanjaan. Sementara yang gak bisa dibakar (moenai-gomi) itu dibagi lagi jadi 3 gan, 1 buat sampah botol kaca sama kaleng (kadang ada yang dipisah lagi malah!), 1 buat botol plastic, & 1 buat sampah umum (kertas, kantong plastic, dsb.)

Jadi pas buangnya harus dibagi (dipisahin kantongnya) kayak di bawah ini.
1. Sampah basah (sayuran, dsb.),
2. Kertas, plastik (kantong plastik, dll),
3. Botol beling & kaleng,
4. Botol plastik.

Di tempat sampah biasa kadang pembagiannya juga sampe 4 atau 5. Jadi, buat yang nanti mau ke Jepang pas buang sampah jangan lupa liat gambarnya dan tetap jaga kebersihan ya. Semogaaa kebiasaan baik di Jepang bisa segera diterapin sama orang Indonesia juga. AMIN!



4. Negara Tanpa Uang Tips
Di Indonesia, kebiasaan yang udah biasa ada itu ngasih tips. Apa-apa yang berhubungan sama service, PASTI bakalan ngasih tips. Misalnya, naik taksi, makan di restoran, ke salon, dan maaasih banyak lagi. Ngga ada deh yang bisa luput dari tips kalo di Indonesia! Jumlah dan aturannya nggak tertulis, tapi biasanya beragam minimal 5-10% dari jumlah belanjaan kita.

Sementara kalo di Jepang, ngasih tips itu bukan kebudayaan mereka. Jadi kalo kita nggak ngasih tips, ga bakal ada karyawan yang manyun atau ngomel. Hahahhaa. Ane pernah nih, Gan, denger cerita dari temen yang ngga tau soal budaya tips dan pas keluar dari restoran, dia naro tips di atas meja. Ngga lama keluar dari restoran, dia dipanggil-panggil bahkan dikejar. Kaget karena takut ada yang kelupaan, dia buru-buru ngedeketin si karyawan. Ternyata eh ternyata, karyawan tadi malah ngebalikin uang yang tadi dia taro di atas meja. HAHHAHA.

5. Patuh Rambu-rambu di Jalan
Maksudnya apa? Nyeberang di jalanan besar, orang Jepang akan pake zebra cross, nunggu sampe lampu hijau untuk pejalan kaki nyala, baru deh mereka bakalan rame-rame nyeberang. Kalo ternyata di situ nggak ada zebra cross dan cuma ada jembatan penyebrangan, mereka pasti akan lewat situ (bukan nyeberang sembarangan lho yaa.. hehehhe). Naik bus pun pasti di halte bus. Jadi nggak bisa stop sembarangan di jalan atau pas mau turun bilang “kiri, Bang!”. Naik bus selalu dari tengah bus, dan turun dari depan sekalian bayar. Tapi ada beberapa wilayah yang memberlakukan sebaliknya. Apa pun itu, ikutin aja aturannya ya.

6. Bayar Pake Pecahan Uang Besar Nggak Masalah
Pernah nggak belanja di Indonesia, misalnya di pasar, seharga Rp. 2.000 dan kita bayar pake pecahan Rp. 100.000 (bahkan Rp. 50.000) terus sii penjualnya ngomel, “Besok-besok pecahin dulu dong uangnya!” (hahaha, yang jualan siapa yang sewot siapa). Walaupun sama-sama salah (karena si penjual WAJIB nyiapin kembalian, dan si pembeli juga harus tau dirilah…), di Jepang ngga ada protes tuh kalo kita kebetulan cuma punya pecahan uang besar. Misalnya, belanja air putih di convenience store seharga 128 yen dan kebetulan uang kita 5.000 yen atau 10.000 yen pun, mereka akan terima dengan senang hati. Ane suka sungkan sambil bilang, “maaf ya pecahan besar”, tapi mereka sambil senyum akan bilang “wah, nggak apa-apa kok!” ( padahal dalam hati manyun, hahhaa, becanda Gan).

Japanese bank notes

Tapi walaupun begitu bukan berarti kita bisa seenaknya ya, “ahh ga usah pake pecahanlah, toh mereka pasti nyediain”. Karena kita juga harus mikirin pengunjung lainnya juga. Kalo 10 orang kayak kita bisa repot itu staffnya kehabisan uang pecahan kecil.


…Sebenernya pasti masih banyak kebiasaan dan peraturan ngga tertulis yang ada di Jepang. Tapi mungkin ane belom pernah ngalamin atau ada yang kelewatan. Tapi ini beberapa yang paling awam sih. Jadi siapa tau bisa dijadiin referensi.

Kalo mau jalan-jalan ke Jepang dalam waktu dekat, ada baiknya nyiapin beberapa hal di bawah ini, Gan!

1. Uang saku
Siapin pecahan kecil dan besar. Jadi pas nuker uang di money changer, selalu biasain minta pecahan 1.000 yen beberapa lembar.

2. Portable Wi-Fi
Emang sih, di Jepang free Wi-Fi location udah banyak. Tapi buat waktu darurat, ada baiknya nyiapin buat pergi ke Jepang.
Sekarang udah banyak yang nyewain dari Jakarta, tapi kalo pake fasilitas rental WiFi di Jepang juga ada kok. Minta dikirim ke hotelnya langsung atau ambil di airport.
http://japan-wireless.com/Rent_Wifi....FUaWvQodCKEARA

3. Power Bank
Penting banget nih, Gan. Apalagi kalo pas ga bisa ngecas dimana-mana. Mendingan siapin deh.

4. Lipgloss atau lip cream
Kalo dateng pas musim-musim yang dingin, mendingan bawa daripada kering semua bibir dan pecah-pecah sampe berdarah. Di Jepang juga dijual sih, tapi kalo ada lip cream yang biasa dipake bisa dipake biar pas sampe di Jepang ga repot nyari-nyari lagi.

5. Body Lotion atau Baby Oil?
Saran aja nih, Gan, body lotion kadang ngga bisa berfungsi dengan baik! Jadi kulit tetep kering dan harus apply berkali-kali. Kalo ane sih lebih suka baby oil atau minyak zaitun. Kenapa? Karena lembabnya lebih lama dan dia lebih meresap jadi kulit ngga gampang kering.

6. Kartu Rechargeable untuk naik kereta
Kalo misalnya Agan nggak pake JR pass dan milih naik kereta “ketengan”, ada baiknya beli kartu semacam e-money buat naik kereta. Kenapa? Praktis banget, Gan! Awalnya diisi sekian yen, dan setelah itu bisa dipake naik SEMUA jenis kereta kecuali Shinkansen. Biasanya sih kalo di Jepangnya 5 hari, isi awalnya 10.000 yen juga pasti aman (atau kurang, hehehe). Tergantung rute kemana aja.
Jenis kartu ini bisa dibeli di stasiun JR atau subway. Kartu ini ga cuma buat naik kereta aja gan, tapi bisa juga dipake buat jajan di convenient store.

Mudah-mudahan dari tips-tips di atas pengalaman jalan-jalan ke Jepangnya jadi lebih menyenangkan yaa.
Pastinya ada aja yang kelewat sama team karaksa, jadi feel free-lah ditambahin siapa tau bisa bantu yang lain juga emoticon-Malu (S)

Kalo mau ke Kansai jangan lupa kontak kita ya, Gan!
Siapa tau bisa ketemuan juga kita ehhehe kopi darat gitu maksudnyahh..emoticon-Peluk

OOkini!

Jangan lupa like & follow SNS kita yaa;
Facebook : https://www.facebook.com/karaksatour...6876787479650/
Twitter : https://www.twitter.com/karaksatours_id/
Instagram : https://www.instagram/karaksatours.id/


0
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 23
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 01:56
Maidooooo. Pertamax sijahat emoticon-Betty (S).


Nganu gan karaksa itu kalo kena cewe gak sengaja saat dikereta dan kena tuduhan pelecehan, hukumanya apa sih???

Dideportasi, langsung dibanned drisana emoticon-Hammer, gak sengaja tapi bersalah nah gimana tuh
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 02:13
makan mie paling ditunggu
:hargapas
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 03:10




Wah, nais share gaan ...
emoticon-2 Jempol emoticon-Sundul

0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 06:50
Quote:Original Posted By lunaticfringe
makan mie paling ditunggu
:hargapas


Mie kaya gini enak banget gan emoticon-MatabeloSEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 07:06
belum ada keinginan jalan-jalan ke jepang emoticon-Malu
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 07:07
Quote:Original Posted By kamujahat21
Maidooooo. Pertamax sijahat emoticon-Betty (S).


Nganu gan karaksa itu kalo kena cewe gak sengaja saat dikereta dan kena tuduhan pelecehan, hukumanya apa sih???

Dideportasi, langsung dibanned drisana emoticon-Hammer, gak sengaja tapi bersalah nah gimana tuh


Laporin ke polisi, Gan.. Ngga sampe deportasi juga sih kayaknya, ada semacam denda sama peringatan (kalo beneran ga sengaja ya) hahaha

0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 07:17
emoticon-Matabelo kalo ada rejeki, langsung cuuuus deh
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 07:18
Pengen ketemu teteh tsubasa ozawa sama tsubasa amami deh
"Dame dame, amami-san ecchi!"
Wqwq
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 07:22
Makasih gan , ane jadi lebih ngerti negh gan
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 07:22
Lha ribet amat yak. Jadi males ke jepun gw jadinya. Mending jalan jalan ke bekasi dah
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 07:23
Nice Info gan.
Pingin bgt ke jepun
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 07:24
Quote:Original Posted By bramantyonagas
Lha ribet amat yak. Jadi males ke jepun gw jadinya. Mending jalan jalan ke bekasi dah


Keburu mati entar ente gans,jarak tempat ente ke bekasi itu 100 tahun cahaya emoticon-Kiss
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 07:29
Quote:Original Posted By dieyouqueen
Keburu mati entar ente gans,jarak tempat ente ke bekasi itu 100 tahun cahaya emoticon-Kiss

Tinggal bawa sendal jepit banyak banyak aja dah buat cadangan
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 07:31
ke jepang ikut tour berapa sih rata2 biayanya?? emoticon-Sundul
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 07:37
kalo ada rejeki ane taruh jepang di list no.1
wkwkkw
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 07:37
Quote:Original Posted By bramantyonagas

Tinggal bawa sendal jepit banyak banyak aja dah buat cadangan


Ente brati traveller sejati gans emoticon-Angkat Beer
Ente pasti titisan pangeran kegelapan yang mulia emperor hatabomba
Diubah oleh dieyouqueen
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 07:40
Quote:Original Posted By kalpanax
ke jepang ikut tour berapa sih rata2 biayanya?? emoticon-Sundul


Modal 10 jutaan aja gan,

Udah HT ternyata emoticon-Wow
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 07:43
Jepang emoticon-Matabelo
Inget wacana tiga tahun lalu tentang jepang. sedih dah kalo diceritain mah.
aelah. ngapa jadi curhat pagi-pagi gini emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh yendsss
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 07:44
Quote:Original Posted By bramantyonagas
Lha ribet amat yak. Jadi males ke jepun gw jadinya. Mending jalan jalan ke bekasi dah


emang punya duit buat kejepun ho? emoticon-Betty
0 0
0
SEBELUM JALAN-JALAN KE JEPANG, PELAJARI DULU KEBIASAAN DI SANA YUK!
16-04-2016 07:44
Quote:Original Posted By dieyouqueen
Pengen ketemu teteh tsubasa ozawa sama tsubasa amami deh
"Dame dame, amami-san ecchi!"
Wqwq


buset,,, kurang-kurangin gan nonton bok*pnya hahahahemoticon-Wkwkwk
0 0
0
Halaman 1 dari 23
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia