Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
44
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56821c3cd675d422288b4569/harga-diri
harga diri seringkali menjadi alasan seseorang dari menghalangi dirinya dari melakukan sesuatu. beberapa alasan memang logis, tapi beberapa lainnya terkesan mengada2, dan tidak pada tempatnya. jadi memang ada baiknya kita beri kejelasan tentang apa itu harga diri, apa keutamaannya, kapan harus menggunakannya dan melindunginya dari hal2 negatif. saya sendiri menganggap harga diri adalah "harga
Lapor Hansip
29-12-2015 12:38

Harga diri?

harga diri seringkali menjadi alasan seseorang dari menghalangi dirinya dari melakukan sesuatu. beberapa alasan memang logis, tapi beberapa lainnya terkesan mengada2, dan tidak pada tempatnya. jadi memang ada baiknya kita beri kejelasan tentang apa itu harga diri, apa keutamaannya, kapan harus menggunakannya dan melindunginya dari hal2 negatif.

saya sendiri menganggap harga diri adalah "harga dari diri". benar2 secara kata2nya, seberapa berharga kita sebagai manusia. orang yang punya harga diri tinggi semestinya adalah orang yang memiliki manfaat yang besar bagi lingkungannya, pekerjaannya, pergaulannya dan lainnya. pengertian yang terkesan naif tapi menurut saya lebih baik begitu, ketimbang penuh kiasan dan subjektivitas. apalagi jika dijadikan alasan untuk tidak menerima sebuah kebaikan.

harga diri secara literal ini menurut saya lebih bisa dipegang ketimbang secara kiasan. jika memang seseorang bermanfaat pada lingkungannya, maka harga dirinya tidak akan bisa diinjak2 orang lain hanya dengan hinaan. tidak ada rasa ketakutan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat, karena itu justru meningkatkan harga diri kita. mungkin kita akan merasa tertekan saat kita dihina orang lain, tapi percayalah bahwa hinaan itu tidak akan mengurangi manfaat itu.

begitu juga saat beban hidup kita diambil alih orang lain. hanya karena pekerjaan ataupun tugas kita diambil alih orang lain, tidak berarti manfaat kita berkurang. karena sifat pengambilalihan ini bisa jadi hanya bantuan, supaya beban kita berkurang, dan kita bisa fokus memberi manfaat sesuai yang kita mampu. bukankah kita dianjurkan saling bantu membantu? apakah membantu meringankan beban seseorang adalah menghinanya, sementara bantuan juga merupakan manfaat ubtuk orang lain? bukankah membiarkan seseorang membantu kita juga berarti kita memberi jalan bagi seseorang untuk mengangkat harga dirinya? bukankah menerima bantuan juga berarti kita membantu seseorang supaya bisa membantu kita?

maka penolakan tethadap niat baik seseorang dengan dasar "harga diri" sepertinya menjadi tidak relevan. itu bukan lagi harga diri, itu adalah produk ego yang mengatakan bahwa kita bisa menyelesaikannya tanpa bantuan orang lain sama sekali, yang mana bertentangan dengan sifat sosialnya manusia. penolakan itu adalah kesombongan tanpa dasar, hanyalah keengganan kita untuk menerima kebaikan orang lain.

maka janganlah kita menolak kebaikan orang lain dengan alasan yang lemah seperti harga diri. memang ada kekuatiran bahwa kita akan berhutang budi atau apalah, tapi bukanlah kita selalu berhutang budi pada setiap pihak yang menyalurkan sebutir nasi ke mulut kita? bantuan adalah kemudahan bagi kita, supaya kita bisa memenuhi hal2 yang sebelumnya tidak bisa kita penuhi, sehingga kita bisa fokus pada tugas lainnya.

jadi janganlah utarakan alasan harga diri saat kita merasa enggan menerima sebuah kebaikan, karena sesungguhnya saat itu kita sedang berperilaku sombong. janganlah kita berpikir harga diri kita terinjak2 saat kita dihina, karena manfaat kita tidak akan berkurang karena hinaan itu.



mohom maaf atas thread kilatnya, insyaallah nanti malam diperbaiki lagi..
profile-picture
anasabila memberi reputasi
1
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Harga diri?
29-12-2015 12:48
Sudut pandang yang menarik. emoticon-Matabelo

Aku sering menolak dengan alasan "harga diri" karena alasan yang sama, yaitu menghargai diri sendiri.

Apakah itu satu hal yang bodoh?
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 13:12
ane sering menolak bantuan karena ane merasa gak enak sama mereka. Kek berasa ngrepotin dia emoticon-Hammer

0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 13:24
harga diri dan gengsi itu sama atau enggak sih om?
btw gw suka dengan tulisan hubungan antara harga diri dengan kemanfaatan.
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 13:38
Hmmmm... cara pandang yg menarik

Kl menolak bantuan yg diberikan cuma2... tp bantuan akan diterima dengan syarat tidak cuma2 artinya bs dengan balas dengan tenaga atau pikiran..... itu masuk harga diri bukan yah...??

Contoh di atas termasuk harga diri atau ego yah..? Atau hanya bentuk kesombongan belaka..??
Diubah oleh desmodesci
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 14:06
sepuh emoticon-Frown
iya om kta shrsny brsha jgn sok2an pda apapun emoticon-Smilie
btw hrga dri ane jga mw trima cndol kok dn gk nolak emoticon-Big Grin
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 14:16
ciee pengantin baru langsung dapet inspirasi cieeee
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

selamat yah emoticon-Kimpoi
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 14:18
Quote:Original Posted By sella91
ciee pengantin baru langsung dapet inspirasi cieeee
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

selamat yah emoticon-Kimpoi



ente kpn mod ? emoticon-Betty (S)
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 14:33
Quote:Original Posted By causechooser



ente kpn mod ? emoticon-Betty (S)


cariin bray emoticon-Betty (S)
ntar ane kasih cendol segerobak emoticon-Betty (S) emoticon-Ngakak (S)

0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 14:36





... membuatku terdiam ._.
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 15:49
langsung melek mata ane gan emoticon-Mewek
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 15:50
lebih mengarah k gengsi ya
biasa lah orang jaman skg apalagi yg medium-high emoticon-Big Grin
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 15:50
Quote:Original Posted By desmodesci
Hmmmm... cara pandang yg menarik

Kl menolak bantuan yg diberikan cuma2... tp bantuan akan diterima dengan syarat tidak cuma2 artinya bs dengan balas dengan tenaga atau pikiran..... itu masuk harga diri bukan yah...??

Contoh di atas termasuk harga diri atau ego yah..? Atau hanya bentuk kesombongan belaka..??


Itu namanya balas budi emoticon-Big Grin
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 15:50
Selalu bagus thread-nya om ini. Selamat atas pernikahannya ya Om emoticon-Big Grin
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 16:02
Quote:Original Posted By archaengela


Itu namanya balas budi emoticon-Big Grin


Hmmm... konteksnya kan menolak bantuan kl secara cuma2.... harus ada timbal balik baik berupa tenaga atau pemikiran atau bantuan tersebut akan ditolak.

Nah itu termasuk kesombongan atau harga diri yah..??

Kl balas budi kan apabila kita mengembalikan pertolongan org lain di waktu yg berbeda. Contoh : hari ini si A membantu si B yg sedang kesulitan finasial. 1 tahun kemudian si B ganti membantu si A saat keluarga si A sedang dalam kesulitan. Itu balas budi.

Ditunggu pemikiran dan jawaban dr sepuh nih emoticon-Smilie
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 16:14
oh begitu ya gan Harga diri?
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 16:19
Quote:Original Posted By rorrie
ane sering menolak bantuan karena ane merasa gak enak sama mereka. Kek berasa ngrepotin dia emoticon-Hammer



ane kadang juga gitu gan emoticon-Malu tapi emang udah kepepet mau gimana lagi?? emoticon-Ngakak
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 16:21
Quote:Original Posted By desmodesci


Hmmm... konteksnya kan menolak bantuan kl secara cuma2.... harus ada timbal balik baik berupa tenaga atau pemikiran atau bantuan tersebut akan ditolak.

Nah itu termasuk kesombongan atau harga diri yah..??

Kl balas budi kan apabila kita mengembalikan pertolongan org lain di waktu yg berbeda. Contoh : hari ini si A membantu si B yg sedang kesulitan finasial. 1 tahun kemudian si B ganti membantu si A saat keluarga si A sedang dalam kesulitan. Itu balas budi.

Ditunggu pemikiran dan jawaban dr sepuh nih emoticon-Smilie

apa bedanya? sama2 ada nilai tukar... soal waktu atau kesepadanan itu lain cerita...intinya sama2 ada nilai tukar.
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 16:27
Quote:Original Posted By sturmgewerh44

apa bedanya? sama2 ada nilai tukar... soal waktu atau kesepadanan itu lain cerita...intinya sama2 ada nilai tukar.


Kan intinya menolak karena tidak mau menerima bantuan secara cuma2 om...

Itu masuk harga diri atau kesombongan yah..?
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 16:30
keren nih artikelnya emoticon-Wow

boleh ane print gak om? emoticon-Add Friend (S)
0 0
0
Harga diri?
29-12-2015 16:33
Quote:Original Posted By desmodesci
Hmmm... konteksnya kan menolak bantuan kl secara cuma2.... harus ada timbal balik baik berupa tenaga atau pemikiran atau bantuan tersebut akan ditolak.

Nah itu termasuk kesombongan atau harga diri yah..??

Kl balas budi kan apabila kita mengembalikan pertolongan org lain di waktu yg berbeda. Contoh : hari ini si A membantu si B yg sedang kesulitan finasial. 1 tahun kemudian si B ganti membantu si A saat keluarga si A sedang dalam kesulitan. Itu balas budi.

Ditunggu pemikiran dan jawaban dr sepuh nih emoticon-Smilie



Kalo gue bilang sih harga diri ya. bukan balas budi... though emang sama2 ada nilau tukar.
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
denting-waktu-dalam-ruang-sepi
Stories from the Heart
tenung-based-on-true-story
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Poetry
Heart to Heart
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia