others
Batal
link has been copied
10
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5677b875dc06bd58428b4568/share-kualitas-cs-management-go-jek
Permisi KASKUS, agan-agan sekalian, Min & Mod, hansip *sungkem*.. :Yb Baru ini bikin surat pembaca, niatnya ga pernah mau komplain jadi sekedar sharing pengalaman juga boleh ya. Intinya pengalaman ini kejadian ama ane sendiri, di mana perlakuan CS GO-JEK menurut ane sangat tidak profesional dalam menghadapi keluhan pelanggan. :hammers Kejelasannya bisa dibaca di mari: (di bawah ini ane sertakan qu
Lapor Hansip
21-12-2015 15:29

[SHARE] Kualitas CS Management GO-JEK

Permisi KASKUS, agan-agan sekalian, Min & Mod, hansip *sungkem*.. emoticon-Blue Guy Peace

Baru ini bikin surat pembaca, niatnya ga pernah mau komplain jadi sekedar sharing pengalaman juga boleh ya.
Intinya pengalaman ini kejadian ama ane sendiri, di mana perlakuan CS GO-JEK menurut ane sangat tidak profesional dalam menghadapi keluhan pelanggan. emoticon-Hammer (S)
Kejelasannya bisa dibaca di mari: (di bawah ini ane sertakan quote e-mail ane tanpa perubahan apa pun)

Kepada Yth,
Management GO-JEK
di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya insiden account saya yang terblacklist, saya ingin mengklarifikasi beberapa hal. Yaitu:

1. Pada hari ​Selasa malam, 8 Desember 2015, saya melakukan pemesanan layanan shopping melalui menu Go-Mart yang mana melayani pembelanjaan dengan dana talangan hingga maksimal Rp1.000.000,- (satu juta rupiah) setiap kali pemesanan. Saat itu saya melakukan pemesanan pembelanjaan terhadap perorangan dengan detil: 1 buah Blu-Ray Disc PS4 seharga Rp575.000,- (lima ratus tujuh puluh lima ribu rupiah) di luar ongkos kirim sebesar Rp36.000,- (tiga puluh enam ribu rupiah) dari daerah Bintaro menuju Graha Raya sejauh 14,2 KM.

2. Meskipun iklan dan ketentuan GO-JEK menyatakan bahwa setiap pembelanjaan dapat dibayarkan oleh rider terlebih dahulu, namun hal ini jauh berbeda dari kenyataan. Pembelanjaan saya yang tidak mencapai batas maksimal selalu ditolak oleh banyak rider, dalam kasus ini sebanyak 6 kali dengan alasan: Tidak adanya modal/dana yang cukup yang dipegang oleh rider.

3. Setiap pemesanan selalu berhasil namun berujung kepada rider yang memohon/merequest pembatalan/cancel dari pihak saya selaku pemesan. Hal ini terjadi selama 6 kali dengan 6 rider berbeda, sebelum akhirnya pemesanan terakhir saya dapat dipenuhi.

4. Pada hari Kamis, 10 Desember 2015, saya kembali melakukan pemesanan melalui menu Go-Ride namun mendapatkan info bahwa account saya terblacklist dengan alasan: Cancel pemesanan lebih dari 4 kali dalam sehari.

5. Saya segera menelepon Customer Service GO-JEK tanpa melakukan komplain dengan nomor antrian keluhan #769994, semata-mata untuk menanyakan perihal account saya dan merequest untuk pembukaan account kembali. Tidak lupa saya menjelaskan kejadian dan memberikan saran terhadap prosedur kerja pemesanan, karena hal ini dapat berimbas terhadap kebutuhan pemesanan yang berpotensi kerugian waktu bahkan uang.

6. Sore hari di hari yang sama, saya mendapat email konfirmasi pencabutan status blacklist account saya, namun dengan menggunakan himbauan menurut saya sangat tidak tepat dan tidak etis terhadap saya sebagai pemesanan. Dalam email yang dikirim oleh salah satu CS GO-JEK, Dedy Setiawan, tercantum "Kami sarankan untuk ke depannya tidak melakukan cancel order lebih dari 3 kali dalam satu hari untuk menghindari terblacklistnya kembali account saya." Seperti yang terkutip melalui email yang saya balas berikut ini.

7. Dari apa yang telah saya jelaskan kepada CS sebelumnya, saya merasa sangat tersinggung dengan jawaban CS dalam prosedur pembukaan account blacklist ini. Perlu diketahui bahwa saya tidak mempermasalahkan adanya ketentuan account saya dapat terblacklist, karena memang kondisinya tidak memungkinkan. Namun dengan jawaban yang diberikan tersebut, menunjukkan bahwa management tidak sepenuhnya mengerti permasalahan yang saya jelaskan dan cenderung menempatkan kesalahan di posisi saya sebagai penumpang, yang bisa saja menjadi permasalahan yang dihadapi penumpang lain, atau bahkan internal management sendiri dari segi ketentuan pemesanan.

8. Mengenai hal di atas, dapat saya disimpulkan bahwa: Customer Service tidak bersikap profesional menghadapi Customer dan berpotensi memperburuk citra GO-JEK di tengah masyarakat selagi meningkatnya pemberitaan negatif belakangan ini.

Demikian saya sampaikan keluhan saya melalui email ini, harap maklum. Atas perhatian dan responnya, saya ucapkan terima kasih.

Bukti

Bukti


Dan sampai saat ini, meski sudah di-cc & bcc ke beberapa account management GO-JEK, tanggapan dari e-mail ane sama sekali ga ada. Dipikir kalau sudah buka blacklist jadi masalah selesai, padahal bukan itu fokus sentilan ane. Miris sekali.. emoticon-Cape d... (S)

Kiranya segitu aja share dari ane, semoga ke depannya aplikasi dan usaha anak bangsa yang sama-sama kita banggakan ini makin maju dengan membawa perubahan yang lebih baik. emoticon-I Love Indonesia (S)
0
icon-close-thread
Thread sudah digembok
[SHARE] Kualitas CS Management GO-JEK
21-12-2015 16:24
Saya sering gan, belakangan ini order Gojek tapi susah dapetnya, saya pikir sinyalnya lagi jelek atau gimana.
Saya sering order-cancel-order karena saya pikir kalo udah 5 menitan, notif tanda saya pesen Gojek lama2 hilang.
Saya bisa order-cancel-order berkali, sampe sejam.
Saya engga diblokir tapi gan.

Apa khusus Go-Mart nya aja ya?
Semoga ada tanggapan baik dari Management Gojek ya gan emoticon-Toast
0 0
0
[SHARE] Kualitas CS Management GO-JEK
21-12-2015 19:35
Quote:Original Posted By ndarvianp
Permisi KASKUS, agan-agan sekalian, Min & Mod, hansip *sungkem*.. emoticon-Blue Guy Peace


Kalo ane coba simulasikan diri sebagai gojek dengan pesanan 500rb an apalagi pake dana talangan. Ane jg bakalan mikir 2x bro apalagi ga ada jaminannya. Walaupun ada alamat pengiriman... Kalo misal masih 100rban masih okelah.
Driver jg ga bisa disalahin kalo cancel karna ga ada dananya.

Nah sekarang ane posisiin diri sebagai pembeli yang pingin maka jasa gojek. Pingin beli barang minta talangin dulu ke driver ane jg mikir 2x karna ane yakin sebagian besar ga ada yang mau apalagi nilainya besar.

Sekarang posisi sebagai manajemen
Ni orang pesanan sehari ini udah 3x cancel jangan2 cuma main2 nih.. Blacklist dulu deh.

Nah kalo gini ceritanya berarti yang fail jasa go martnya ya.

Itu aja sih..hehe
Just my2cent ya bro jangan diseriusin...
Pendapat ane aja

Diubah oleh borielo01
0 0
0
[SHARE] Kualitas CS Management GO-JEK
21-12-2015 19:58
kalo dr ane sih dengan uang talangan sebesar 1juta
emang rada memberatkan gan
emoticon-Hammer2

btw bahasa email dr gojek sih menurut ane biasa aja kok
mungkin dr ente nya aja gan yg over expectation
emoticon-Hammer2

ane pernah complaint ke cs gojek juga
perihal keseuaian harga menu resto ane yg kudet
di tanggapi dengan nada santai
karena ane udah expek sukur di bales
lebih sukur di bales dan di tanggapi
eh beneran di bales dan di update juga menu nya emoticon-Big Grin

krn menurut ane
kalo ga di bls ya yg rugi gojek nya juga kok

0 0
0
[SHARE] Kualitas CS Management GO-JEK
22-12-2015 08:52
ini sudah ada solusi belum dari GoJek soal bahaya dana talangan?

Dana talangan bahaya bagi driver GoJek, marak penipuan.
Contoh si A order Belanja Barang dgn Dana talangan senilai 1 juta ke si B.
Padahal si B adalah si A itu sendiri.
Barang yg di order alias dia jual itu cuma seharga 10 ribu aslinya, tapi dia buat harganya 1juta.

abis di talangin gojek, hilang deh si A dan si B dengan bawa kabur duit 1 juta.
0 0
0
[SHARE] Kualitas CS Management GO-JEK
22-12-2015 09:18
Quote:Original Posted By abrakadabra24
Saya sering gan, belakangan ini order Gojek tapi susah dapetnya, saya pikir sinyalnya lagi jelek atau gimana.
Saya sering order-cancel-order karena saya pikir kalo udah 5 menitan, notif tanda saya pesen Gojek lama2 hilang.
Saya bisa order-cancel-order berkali, sampe sejam.
Saya engga diblokir tapi gan.

Apa khusus Go-Mart nya aja ya?
Semoga ada tanggapan baik dari Management Gojek ya gan emoticon-Toast

masalah blacklist sih gapapa gan, gampang bukanya lagi. karena kondisional juga sama kemampuan server GO-JEK berbanding demand yang rame banget.
mudah-mudahan ada perbaikan, sekedar e-mail balasa untuk meluruskan atau tanggapan untuk perbaikan juga sangat ane apresiasi.

Quote:Original Posted By borielo01


Kalo ane coba simulasikan diri sebagai gojek dengan pesanan 500rb an apalagi pake dana talangan. Ane jg bakalan mikir 2x bro apalagi ga ada jaminannya. Walaupun ada alamat pengiriman... Kalo misal masih 100rban masih okelah.
Driver jg ga bisa disalahin kalo cancel karna ga ada dananya.

Nah sekarang ane posisiin diri sebagai pembeli yang pingin maka jasa gojek. Pingin beli barang minta talangin dulu ke driver ane jg mikir 2x karna ane yakin sebagian besar ga ada yang mau apalagi nilainya besar.

Sekarang posisi sebagai manajemen
Ni orang pesanan sehari ini udah 3x cancel jangan2 cuma main2 nih.. Blacklist dulu deh.

Nah kalo gini ceritanya berarti yang fail jasa go martnya ya.

Itu aja sih..hehe
Just my2cent ya bro jangan diseriusin...
Pendapat ane aja


coba dibaca lagi gan, biar sesuai ama konteks permasalahannya.
dari apa yang udah ane jelaskan, jawaban dari CS justru cenderung menempatkan kesalahan di ane. masa udah dijelaskan dan iya-iya mulu cuma jadi pegel ngomong doang? wajar pelanggan tersinggung.
bicara dari segala sisi, apa yang ane lakukan udah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dong.
pelanggan berhak memesan dan bertanggung jawab untuk membayar sesuai dengan cost.
driver ditraining oleh management untuk memenuhi jasa yang ditawarkan oleh GO-JEK, di antaranya: GO-MART.
management menyanggupi jasa GO-MART dan di iklankan kepada seluruh pelanggan.
salahnya di mana?

Quote:Original Posted By LESCHESTERVOUS
kalo dr ane sih dengan uang talangan sebesar 1juta
emang rada memberatkan gan
emoticon-Hammer2

btw bahasa email dr gojek sih menurut ane biasa aja kok
mungkin dr ente nya aja gan yg over expectation
emoticon-Hammer2

ane pernah complaint ke cs gojek juga
perihal keseuaian harga menu resto ane yg kudet
di tanggapi dengan nada santai
karena ane udah expek sukur di bales
lebih sukur di bales dan di tanggapi
eh beneran di bales dan di update juga menu nya emoticon-Big Grin

krn menurut ane
kalo ga di bls ya yg rugi gojek nya juga kok


ane udah santai ko, bahkan dari pertama konfirmasi bentuknya request dan bukan komplain.
CS udah dijelasin panjang lebar kondisi dan alasannya, ujungnya kenapa malah pakai himbauan yang tidak sesuai. itu kan jadi menunjukkan kalo CS tidak menerima bahkan menanggapi pelanggan dengan baik.
e-mail ane pun sudah sedemikian formal, jadi bukan mencak-mencak dan tetep dari segi profesionalitas.

Quote:Original Posted By budim
ini sudah ada solusi belum dari GoJek soal bahaya dana talangan?

Dana talangan bahaya bagi driver GoJek, marak penipuan.
Contoh si A order Belanja Barang dgn Dana talangan senilai 1 juta ke si B.
Padahal si B adalah si A itu sendiri.
Barang yg di order alias dia jual itu cuma seharga 10 ribu aslinya, tapi dia buat harganya 1juta.

abis di talangin gojek, hilang deh si A dan si B dengan bawa kabur duit 1 juta.

kalo bahaya kenapa digemborkan dengan iklan "DID YOU KNOW: GO-JEK can buy you anything, and we will pay for it first?"
seharusnya sudah ada training yang jelas dong, kalo sampe ga terpenuhi juga artinya itu tanggung jawab management GO-JEK untuk memperbaiki apa yang jadi jualannya.
kalo soal celah main nakal, itu pembahasannya lain lagi.
selama masih ada, ane sebagai pelanggan masih berhak untuk mendapatkan layanan dan bertanggung jawab sesuai ketentuan yang berlaku. kurang apa lagi?
0 0
0
[SHARE] Kualitas CS Management GO-JEK
22-12-2015 09:31
Quote:Original Posted By ndarvianp
Permisi KASKUS, agan-agan sekalian, Min & Mod, hansip *sungkem*.. emoticon-Blue Guy Peace

Baru ini bikin surat pembaca, niatnya ga pernah mau komplain jadi sekedar sharing pengalaman juga boleh ya.
Intinya pengalaman ini kejadian ama ane sendiri, di mana perlakuan CS GO-JEK menurut ane sangat tidak profesional dalam menghadapi keluhan pelanggan. emoticon-Hammer (S)
Kejelasannya bisa dibaca di mari: (di bawah ini ane sertakan quote e-mail ane tanpa perubahan apa pun)

Kepada Yth,
Management GO-JEK
di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya insiden account saya yang terblacklist, saya ingin mengklarifikasi beberapa hal. Yaitu:

1. Pada hari ​Selasa malam, 8 Desember 2015, saya melakukan pemesanan layanan shopping melalui menu Go-Mart yang mana melayani pembelanjaan dengan dana talangan hingga maksimal Rp1.000.000,- (satu juta rupiah) setiap kali pemesanan. Saat itu saya melakukan pemesanan pembelanjaan terhadap perorangan dengan detil: 1 buah Blu-Ray Disc PS4 seharga Rp575.000,- (lima ratus tujuh puluh lima ribu rupiah) di luar ongkos kirim sebesar Rp36.000,- (tiga puluh enam ribu rupiah) dari daerah Bintaro menuju Graha Raya sejauh 14,2 KM.

2. Meskipun iklan dan ketentuan GO-JEK menyatakan bahwa setiap pembelanjaan dapat dibayarkan oleh rider terlebih dahulu, namun hal ini jauh berbeda dari kenyataan. Pembelanjaan saya yang tidak mencapai batas maksimal selalu ditolak oleh banyak rider, dalam kasus ini sebanyak 6 kali dengan alasan: Tidak adanya modal/dana yang cukup yang dipegang oleh rider.

3. Setiap pemesanan selalu berhasil namun berujung kepada rider yang memohon/merequest pembatalan/cancel dari pihak saya selaku pemesan. Hal ini terjadi selama 6 kali dengan 6 rider berbeda, sebelum akhirnya pemesanan terakhir saya dapat dipenuhi.

4. Pada hari Kamis, 10 Desember 2015, saya kembali melakukan pemesanan melalui menu Go-Ride namun mendapatkan info bahwa account saya terblacklist dengan alasan: Cancel pemesanan lebih dari 4 kali dalam sehari.

5. Saya segera menelepon Customer Service GO-JEK tanpa melakukan komplain dengan nomor antrian keluhan #769994, semata-mata untuk menanyakan perihal account saya dan merequest untuk pembukaan account kembali. Tidak lupa saya menjelaskan kejadian dan memberikan saran terhadap prosedur kerja pemesanan, karena hal ini dapat berimbas terhadap kebutuhan pemesanan yang berpotensi kerugian waktu bahkan uang.

6. Sore hari di hari yang sama, saya mendapat email konfirmasi pencabutan status blacklist account saya, namun dengan menggunakan himbauan menurut saya sangat tidak tepat dan tidak etis terhadap saya sebagai pemesanan. Dalam email yang dikirim oleh salah satu CS GO-JEK, Dedy Setiawan, tercantum "Kami sarankan untuk ke depannya tidak melakukan cancel order lebih dari 3 kali dalam satu hari untuk menghindari terblacklistnya kembali account saya." Seperti yang terkutip melalui email yang saya balas berikut ini.

7. Dari apa yang telah saya jelaskan kepada CS sebelumnya, saya merasa sangat tersinggung dengan jawaban CS dalam prosedur pembukaan account blacklist ini. Perlu diketahui bahwa saya tidak mempermasalahkan adanya ketentuan account saya dapat terblacklist, karena memang kondisinya tidak memungkinkan. Namun dengan jawaban yang diberikan tersebut, menunjukkan bahwa management tidak sepenuhnya mengerti permasalahan yang saya jelaskan dan cenderung menempatkan kesalahan di posisi saya sebagai penumpang, yang bisa saja menjadi permasalahan yang dihadapi penumpang lain, atau bahkan internal management sendiri dari segi ketentuan pemesanan.

8. Mengenai hal di atas, dapat saya disimpulkan bahwa: Customer Service tidak bersikap profesional menghadapi Customer dan berpotensi memperburuk citra GO-JEK di tengah masyarakat selagi meningkatnya pemberitaan negatif belakangan ini.

Demikian saya sampaikan keluhan saya melalui email ini, harap maklum. Atas perhatian dan responnya, saya ucapkan terima kasih.

Bukti

Bukti


Dan sampai saat ini, meski sudah di-cc & bcc ke beberapa account management GO-JEK, tanggapan dari e-mail ane sama sekali ga ada. Dipikir kalau sudah buka blacklist jadi masalah selesai, padahal bukan itu fokus sentilan ane. Miris sekali.. emoticon-Cape d... (S)

Kiranya segitu aja share dari ane, semoga ke depannya aplikasi dan usaha anak bangsa yang sama-sama kita banggakan ini makin maju dengan membawa perubahan yang lebih baik. emoticon-I Love Indonesia (S)


simple aja sih sebenernya menurut ane, kualitas SDM Gojek (baik management maupun mitra) sekarang sudah tidak sebagus dulu. nggak percaya? main aja ke salah satu thread di subfor dunia kerja emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Diubah oleh papa.jokowi
0 0
0
[SHARE] Kualitas CS Management GO-JEK
22-12-2015 09:37
Quote:Original Posted By papa.jokowi


simple aja sih sebenernya menurut ane, kualitas SDM Gojek (baik management maupun mitra) sekarang sudah tidak sebagus dulu. nggak percaya? main aja ke salah satu thread di subfor dunia kerja emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


biar bagaimana pun tetep ane dukung kreasi anak bangsa, khususnya yang bisa buka lapangan kerja kayak gini.
makanya biar masih banyak kekurangan di sana-sini, ane berdoa biar ada perbaikan buat ke depannya. emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
[SHARE] Kualitas CS Management GO-JEK
22-12-2015 18:11
iya, dulu jamannya free delivery go mart, emang ada hole buat GOMART seperti yang diceritakan dibawah ini

Quote:Original Posted By budim
ini sudah ada solusi belum dari GoJek soal bahaya dana talangan?

Dana talangan bahaya bagi driver GoJek, marak penipuan.
Contoh si A order Belanja Barang dgn Dana talangan senilai 1 juta ke si B.
Padahal si B adalah si A itu sendiri.
Barang yg di order alias dia jual itu cuma seharga 10 ribu aslinya, tapi dia buat harganya 1juta.

abis di talangin gojek, hilang deh si A dan si B dengan bawa kabur duit 1 juta.


dan waktu itu ane pikir, ini adalah kegagalan bisnisnya gojek, jadi apapun resiko, seharusnya tanggung jawab gojek.

tapi driver gojek sendiri resist terhadap hal ini,

otomatis, bisnis gojek gomart jadi terpenuhi dan harus ada solusi disini
0 0
0
[SHARE] Kualitas CS Management GO-JEK
22-12-2015 20:54
Quote:Original Posted By ndarvianp

masalah blacklist sih gapapa gan, gampang bukanya lagi. karena kondisional juga sama kemampuan server GO-JEK berbanding demand yang rame banget.
mudah-mudahan ada perbaikan, sekedar e-mail balasa untuk meluruskan atau tanggapan untuk perbaikan juga sangat ane apresiasi.


coba dibaca lagi gan, biar sesuai ama konteks permasalahannya.
dari apa yang udah ane jelaskan, jawaban dari CS justru cenderung menempatkan kesalahan di ane. masa udah dijelaskan dan iya-iya mulu cuma jadi pegel ngomong doang? wajar pelanggan tersinggung.
bicara dari segala sisi, apa yang ane lakukan udah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dong.
pelanggan berhak memesan dan bertanggung jawab untuk membayar sesuai dengan cost.
driver ditraining oleh management untuk memenuhi jasa yang ditawarkan oleh GO-JEK, di antaranya: GO-MART.
management menyanggupi jasa GO-MART dan di iklankan kepada seluruh pelanggan.
salahnya di mana?


ane udah santai ko, bahkan dari pertama konfirmasi bentuknya request dan bukan komplain.
CS udah dijelasin panjang lebar kondisi dan alasannya, ujungnya kenapa malah pakai himbauan yang tidak sesuai. itu kan jadi menunjukkan kalo CS tidak menerima bahkan menanggapi pelanggan dengan baik.
e-mail ane pun sudah sedemikian formal, jadi bukan mencak-mencak dan tetep dari segi profesionalitas.


kalo bahaya kenapa digemborkan dengan iklan "DID YOU KNOW: GO-JEK can buy you anything, and we will pay for it first?"
seharusnya sudah ada training yang jelas dong, kalo sampe ga terpenuhi juga artinya itu tanggung jawab management GO-JEK untuk memperbaiki apa yang jadi jualannya.
kalo soal celah main nakal, itu pembahasannya lain lagi.
selama masih ada, ane sebagai pelanggan masih berhak untuk mendapatkan layanan dan bertanggung jawab sesuai ketentuan yang berlaku. kurang apa lagi?

makanya saya tanya udah ada solusi belum bagi driver Gojek dari Gojeknya sendiri soal bahaya ini.

gak nanya ke anda doank, nanya ke semuanya, siapa tahu sudah ada tapi belum tersosialisasi dgn baik. jadi sekalian di sampaikan disini biar tambah tersosialisasi.
0 0
0
[SHARE] Kualitas CS Management GO-JEK
22-12-2015 23:12
Quote:Original Posted By budim
makanya saya tanya udah ada solusi belum bagi driver Gojek dari Gojeknya sendiri soal bahaya ini.

gak nanya ke anda doank, nanya ke semuanya, siapa tahu sudah ada tapi belum tersosialisasi dgn baik. jadi sekalian di sampaikan disini biar tambah tersosialisasi.


malah makin merembet ke mana2 gan kalo gitu, lagipula kan dari CS sendiri udah diinfo kalo ga ada tanggapan sampe sekarang.
intinya adalah gimana GO-JEK memperbaiki kebijakan dan juga manpower internalnya dari kasus ini. makanya ane share, kan jadi sosialisasi buat yang baca juga.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia