Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
385
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56600f786208819c298b458f/masalah-yang-dihadapi-dunia-jika-setiap-negara-hanya-berbahasa-indonesia
Hello, gan! Apa kabarnya nih? Di tret kedelapan, ane mau bahas lagi tentang bahasa. Sebagaimana nte tahu, ane pernah membahas beberapa keuntungan yang bisa dirasakan jika di dunia ini hanya ada satu
Lapor Hansip
03-12-2015 16:46

Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia

Past Hot Thread
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
Quote:
Hello, gan! Apa kabarnya nih? Di tret kedelapan, ane mau bahas lagi tentang bahasa.

Sebagaimana nte tahu, ane pernah membahas beberapa keuntungan yang bisa dirasakan jika di dunia ini hanya ada satu bahasa. Saat itu ane membuat perumpamaan bahasa Inggris sebagai bahasa satu-satunya. Berbagai kecaman datang di tret tersebut. Meski ane sudah menjelaskan bahwa itu adalah tret terjemahan bebas, mereka yang kontra tetap tidak menerima alasan ane.

Ini merupakan tret lanjutan, sebut saja part 2, dari tret Ini Untungnya Jika di Dunia ini Cuma Ada Bahasa Inggris. Di sini, ane akan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa dunia sebagaimana keinginan mereka di tret pertama.

Kira-kira masalah apa saja yang akan terjadi jika di dunia ini hanya ada satu bahasa, bahasa Indonesia? Yuk kita simak penjelasannya yang merupakan terjemahan bebas dari sebuah artikel berbahasa Inggris milik seorang berkewarganegaraan Latvia:
emoticon-Traveller


HT #3


Quote:
Kompetisi yang ketat di dunia kerja

Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia

Jika di dunia ini hanya terdapat satu bahasa, bahasa Indonesia. Masalah pertama yang akan muncul datang dari dunia kerja. Jika seseorang berbicara dalam bahasa yang berbeda, kompetisi di dunia kerja akan berkurang karena faktor keterbatasan bahasa. Misal, suatu perusahaan hanya menerima pegawai yang mahir berbahasa Indonesia, maka orang Jepang yang tidak berbicara bahasa Indonesia akan kesulitan melamar kerja di perusahaan tersebut.

Tapi, jika seluruh dunia hanya mengenal bahasa Indonesia, maka penduduk lokal Indonesia harus bersaing dengan pendatang dari berbagai negara yang juga mahir berbahasa Indonesia. Hal ini akan menggilas mereka yang lemah dan malas meski mereka adalah penduduk asli suatu negeri.


Quote:
Pekerjaan yang bahkan tidak pernah ada di dunia

Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia

Sebagaimana kita tahu, ragam bahasa di dunia memberikan peluang bagi mereka yang memiliki keahlian di bidang ini. Di antara pekerjaan yang mengandalkan kemampuan bahasa antara lain penerjemah, pemandu wisata, lembaga kursus bahasa, penerbit kamus, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana jika di dunia ini hanya ada bahasa Indonesia? Tentunya kita tidak akan pernah mengenal istilah-istilah di atas. Semua orang dapat memahami apa yang dibicarakan orang lain dari negara manapun tanpa bantuan orang lain. Tentu hal ini menghilangkan peluang bisnis yang sekarang eksis.


Quote:
Sulit menjaga rahasia

Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia

Agan suka nonton film bernuansa perang atau mata-mata? Dalam film tersebut banyak sandi-sandi yang dibuat dengan bahasa yang berbeda. Orang Amerika akan kesulitan jika musuhnya berbicara dalam bahasa Rusia. Mereka memerlukan alat bantu untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris.

Namun hal itu tidaklah sulit jika di dunia ini hanya ada bahasa Indonesia. Orang-orang akan sulit menjaga rahasia. Seperti halnya komen beberapa Kaskuser, wah, gw nggak bisa ngatain atau ngomongin bule lagi deh kalo semua bisa bahasa Indonesia.


Quote:
Integritas negara kecil terancam

Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia

Jika agan mengintip tret sebelah yang membahas tentang negara-negara yang diprediksi bakal muncul di masa depan, ada satu bahasan tentang isu perpecahan di Belgia karena masyarakat Flander (salah nggak nih TS akunku.dibanned tulisan ane?) merasa memiliki bahasa dan kebudayaan yang berbeda dengan penduduk bagian lain di sebelahnya?

Dari situ dapat ditarik kesimpulan bahwa bahasa merupakan identitas penting suatu negara. Maka, jika di dunia ini seluruh negara berbicara dalam satu bahasa, bahasa Indonesia, dapat dipastikan bahwa negara kecil itu akan tergerus karena penduduknya meminta pemerintahnya bersatu dengan negara sebelahnya. Apalagi jika negara kecil tersebut tidak maju dari sisi ekonomi.


Quote:
Serangan negara adidaya

Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia

Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa negara besar akan berebut pengaruh terhadap negara kecil. Hal ini sudah terjadi berabad-abad lalu di mana negara adikuasa memperebutkan negara kecil untuk dijadikan koloninya. Hal ini juga akan terjadi jika di dunia ini hanya ada bahasa Indonesia. Boleh jadi Amerika akan turut campur dalam pemerintahan negara-negara kecil di Asia yang tidak memiliki identitas karena kesamaan bahasa.


Quote:
Membosankan

Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia

Poin terakhir dari tret ini akan membicarakan kehidupan individunya. Dengan adanya kesamaan bahasa, maka hidup akan terasa membosankan. Kita tidak bisa membuat perbandingan karena semua orang menggunakan bahasa yang sama.

Tentu akan berbeda sensasinya jika kita hidup di dunia yang penuh warna. Orang akan berkata, saya sedang belajar bahasa Korea. Hurufnya susah dibaca.




Quote:
Sekian dulu tret ane, gan. Kurang lebihnya ane mohon maaf. Jangan marah lagi karena ane sudah menjawab tantangan agan untuk menggunakan bahasa Indonesia sebagai perumpamaan!

emoticon-Ngacir

Sekali lagi, ane ucapin makasih buat agan yang sudah mampir di tret ini dan berkenan meninggalkan jejaknyaemoticon-Kiss
Diubah oleh iamfreakyguy
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 20
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 16:47
Entah kenapa komen ini berhasil mencuri perhatian TSemoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By inggridpratiwi8
Pastinya membosankan .. soalnya film film barat yang aktornya ganteng ganteng jadi speak indonesian ... terus lagu lagu barat akan jadi berbahasa indonesia ... sepertinya aneh banget emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh iamfreakyguy
0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 16:47
wah malah bagus lh gan emoticon-Cool
0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 16:48
dan musik adalah bahasa universal emoticon-Kaskus Radio
0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 16:49
masih bisa pake bahasa isyarat gan,., itu di atas segalanya,.,., emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 16:52
Mana yg teriak teriak b.indonesia mendunia emoticon-Mad
Ane aja kurang lancar berbahasa indonesia dgn baik dan benar

Kebayang kalo bahasa indo semuanya dah perih denger bahasa hewan dikeluarin
0 0
0
Post ini ditandai sebagai spam
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 16:54
Quote:Original Posted By kamujahat21
Mana yg teriak teriak b.indonesia mendunia emoticon-Mad
Ane aja kurang lancar berbahasa indonesia dgn baik dan benar

Kebayang kalo bahasa indo semuanya dah perih denger bahasa hewan dikeluarin

sabar gan sabar emoticon-Betty
cendolnya mana ni emoticon-Request

0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 16:55
Sektor pariwisara juga bakal lebih rame gan emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 16:57
Quote:Original Posted By kamujahat21
Mana yg teriak teriak b.indonesia mendunia emoticon-Mad
Ane aja kurang lancar berbahasa indonesia dgn baik dan benar

Kebayang kalo bahasa indo semuanya dah perih denger bahasa hewan dikeluarin


Haduh, komen nte bisa memicu perang dunia ke-7, gan!emoticon-Takut (S)
0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 17:00
Orang indonesia sendiri aja masih banyak yang masih belum bisa bahasa indonesia yang baik dan benar..
emoticon-Cool
Diubah oleh ularpiton
0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 17:02
"Berbahasa yang baik, menggunakan tata bahasa yang baik bisa membuka lebih banyak pintu dibandingkan dengan gelar sarjana. Berbahasa yang buruk, menggunakan tata bahasa yang buruk bisa menutup pintu yang tanpa kamu sadari pernah terbuka"

-William Raspberry-


Jadi mau pake bahasa apapun di dunia ini, itu aja sih intinya emoticon-Malu (S)
0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 17:03
dunia berasa monoton gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 17:06
Quote:Original Posted By iamfreakyguy


Haduh, komen nte bisa memicu perang dunia ke-7, gan!emoticon-Takut (S)


Perang dunia akhirat emoticon-MarahMasalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 17:08
Quote:Original Posted By uklunk
"Berbahasa yang baik, menggunakan tata bahasa yang baik bisa membuka lebih banyak pintu dibandingkan dengan gelar sarjana. Berbahasa yang buruk, menggunakan tata bahasa yang buruk bisa menutup pintu yang tanpa kamu sadari pernah terbuka"

-William Raspberry-


Jadi mau pake bahasa apapun di dunia ini, itu aja sih intinya emoticon-Malu (S)


Dan pula banyak mengatakan "perkataan kotor berasal dari org bodoh dan tak berpikir

Namun saya tak setuju
Karena
orang pintar pun jika marah dan murka serta kehilangan kendali bisa berkata kasar
Org sabat pun akan berkata kasar jika dia murka


intiya adalah berbahasa baiklah yg benar
0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 17:10
au ah emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 17:11
Quote:Original Posted By mutenroshi23

sabar gan sabar emoticon-Betty
cendolnya mana ni emoticon-Request



Nagih juga ente, nanti agak sorenMasalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia

Btw kasih rate 5 ama cendolbuat si Ts
0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 17:12
harapannya sih biar jadi ky' film2 yg didubing pake bhs indonesia emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 17:13
Quote:Original Posted By kamujahat21


Nagih juga ente, nanti agak sorenMasalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia

Btw kasih rate 5 ama cendolbuat si Ts

trit si ts udah ane rate 5 sebanyak 4 kali gan emoticon-Cool
0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 17:15
Quote:Original Posted By kamujahat21
Dan pula banyak mengatakan "perkataan kotor berasal dari org bodoh dan tak berpikir

Namun saya tak setuju
Karena
orang pintar pun jika marah dan murka serta kehilangan kendali bisa berkata kasar
Org sabar pun akan berkata kasar jika dia murka


intiya adalah berbahasa baiklah yg benar


Ane terharu baca komen nte yang ini. Bijak bangedemoticon-Malu (S)
0 0
0
Masalah yang Dihadapi Dunia Jika Setiap Negara Hanya Berbahasa Indonesia
03-12-2015 17:17
Quote:Original Posted By mutenroshi23
trit si ts udah ane rate 5 sebanyak 4 kali gan emoticon-Cool


Tengkyu, ganemoticon-Malu (S)
0 0
0
Halaman 1 dari 20
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia