Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
32
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/560b8a691ee5dfd33c8b456c/kombat-diy---cooling-pad-yang-bikin-laptop-quotmasuk-anginquot
Pemilik laptop,khususnya para gamers dan pemilik laptop gamers,pasti sudah banyak yang mengalami permasalahan panas pada laptopnya saat digunakan. Nah berdasar pengalaman pribadi,gonta ganti cooling pad dari yang murah sampai yang ber merk,akhirnya mencoba untuk membuat cooling pad buatan sendiri yang anginnya kenceng dan praktis. Tentunya jangan lupa rajin membersihkan debu dan mengganti pasta pr
Lapor Hansip
30-09-2015 14:08

[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"

[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"

Quote:Pemilik laptop,khususnya para gamers dan pemilik laptop gamers,pasti sudah banyak yang mengalami permasalahan panas pada laptopnya saat digunakan.
Nah berdasar pengalaman pribadi,gonta ganti cooling pad dari yang murah sampai yang ber merk,akhirnya mencoba untuk membuat cooling pad buatan sendiri yang anginnya kenceng dan praktis.
Tentunya jangan lupa rajin membersihkan debu dan mengganti pasta proc + vga.
Dan modal yang dikeluarkan minim banget dengan hasil maksimal emoticon-Malu (S)
Mau tahu gimana bikinnya?,check it out ....


BAHAN YANG DIBUTUHKAN
Quote:Kipas portable yang ukurannya kecil tapi kenceng,saya memakai merk Sunon,untuk merk sih macam2,sesuai selera saja,dan ukurannya juga ada besar dan kecil,mau beli 1 atau 2 atau berapapun bebas,sesuai selera.
BWK


Rak lemari es,ini berawal iseng2 masukin laptop ke dalam lemari es biar dingin,gara2 laptopnya kepanasan molo,eh akhirnya kepikir untuk memakai raknya dan dipasang kipas (kalo ga ada gpp,bisa lsg memakai keranjang saja)
BWK


Keranjang,terserah deh mau modelnya gimana atau warna apa,yang penting fungsinya.
BWK


Tali krek,terserah mau diganti tali rafia,benang,atau apapun yang penting bisa mengikat
BWK


PROSES PEMBUATAN
Quote:Gampang banget bikinnya,kipasnya tinggal diikat ke rak lemari es atau bisa langsung di keranjangnya (posisi keranjang dibalik supaya kipas bisa di ikatkan).
Posisikan kipas sesuai lubang pembuangan bagian bawah laptop,pastikan apakah laptopnya membutuhkan angin yang menuju laptop atau sebaliknya,jadi tinggal balik saja pemasangan kipasnya sesuai laptopnya.
Beres deh,tinggal letakkan laptop diatasnya dan angin akan menyembur / menyedot udara ke laptop.
Yang pasti cooling pad DIY ini bisa menurunkan suhu di laptop lebih banyak daripada cooling pad pada umumnya,karena kipas portable tersebut memakai listrik langsung,bukan lewat USB.


SELESAI DIRAKIT
Quote:
BWK


TIPS
Quote:Pastikan pemasangan kipas berada di lubang ventilasi bagian bawah laptop,agar aliran udara yang disemburkan / disedot dari laptop bisa maksimal.
Pilih keranjang yang memiliki jarak ketinggian yang cukup,jangan terlalu rendah karena udara yang disedot oleh kipas tidak bisa maksimal.
Keranjang bisa juga diganti dengan kotak atau apapun yang fungsinya memberikan jarak antara laptop dan kipas ke lantai.
Cooling pad DIY ini agak susah kalo dibawa bepergian,karena gede ukurannya emoticon-Ngakak (S) , jadi kalo mau bepergian tetap pakai cooling pad yang praktis.
BWK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tata604 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
30-09-2015 15:38
rangkaian listriknya gimana tuh????? kan pln ac sedangkan fan dc
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
30-09-2015 16:11
Quote:Original Posted By ikanasem3
rangkaian listriknya gimana tuh????? kan pln ac sedangkan fan dc


Nggak perlu rangkaian listrik,sebab fan tersebut listriknya AC,tinggal colok aja stop kontaknya ke listrik rumah
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 18:48
Suhu penurunannya dari berapa (sebelum pake) ke berapa (setelah pake), boss?
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 18:51
ane pikir laptopnya beneran masuk angin emoticon-Hammer2
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 18:53
biar hemat batre laptop mungkin jadi lappie gak panas
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 19:11
Sederhana banget ya. Kalo buat praktek atau dipakai di rumah boleh lah dicoba, tapi kalau dipakai di tempat umum bikin malu juga ya.
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 19:46
Ane nah pake kipas meja aja gan, sampe bener2 dingin dah tangan ane emoticon-Takut
Diubah oleh lnnocent
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 19:53
Kalo ane nyolokin cooling pad ke ac adapter yg buat hp gan hehe. Kalo keseringan pake port usb nya malah cepet rusak emoticon-Hammer2
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 19:57
Ane bikin cooler isi air[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
Diubah oleh mas.mujur
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 20:17
Quote:Original Posted By mas.mujur
Ane bikin cooler isi air[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"


gimana tuh gan caranya ? tutorialnya dong gan emoticon-Smilie
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 20:20
Quote:Original Posted By pahabau


gimana tuh gan caranya ? tutorialnya dong gan emoticon-Smilie


Talam di isi air, lalu dikasih rak dengan posisi terbalik. Udah jadi. Laptop tinggal ditaruh di atasnya, dingin emoticon-Embarrassment
Diubah oleh mas.mujur
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 20:34
Quote:Original Posted By mas.mujur


Talam di isi air, lalu dikasih rak dengan posisi terbalik. Udah jadi. Laptop tinggal ditaruh di atasnya, dingin emoticon-Embarrassment


oh ga dikasih kipas ya gan ??
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 20:35
Quote:Original Posted By pahabau


oh ga dikasih kipas ya gan ??


Nggak gan. Udah dingin. Mungkin karena air ya.
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 20:40
wah patut dicoba nih. makasih gan emoticon-Big Grin
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 20:43
patut di coba gan emoticon-Cool
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 21:03
nice thread and share ya ^_^
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 21:11
nice tips gan. tapi kalo laptopnya dari dulu udah dalemnya berdebu + thermalpaste nya minta ganti sih ya sama aja emoticon-Hammer (S) cek kesehatan laptop dulu emoticon-Big Grin
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 21:12
Quote:Original Posted By mas.mujur
Ane bikin cooler isi air[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"


TSnya pake "angin"
ente pake "air"
ntar ane mau pake "api"
biar kayak avatar emoticon-Cool
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 21:13
Quote:Original Posted By adly.rs


TSnya pake "angin"
ente pake "air"se
ntar ane mau pake "api"
biar kayak avatar emoticon-Cool


Ditunggu picnya gan emoticon-Cool
0 0
0
[KOMBAT] DIY - Cooling pad yang bikin laptop "masuk angin"
25-11-2015 21:14
ngaruh banget kah gan? diy ini?
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia