adityas
TS
adityas
Prodil Montir Kesayangan - Jimny Katana Lovers Masuk
Pak Barjo, dia kukenal sejak 2 tahun lalu. Mekanik senior yang buka praktek di kawasan Sepanjang Sidoarjo dekat jembatan besi.
Bengkelnya kecil dan terkesan kumuh. Karena lebih rendah daripada jalan bila hujan deras air masuk sampai lutut. Statusnya montir kaki lima, alat yang digunakan sekedarnya, kerjanya terkesan lamban. Tapi jangan salah, Pak Barjo dikenal luas di kalangan pengemudi angkot lyn H1, H2, G, dan pencinta motuba (mobil tua bangka). Gayanya yang terkesan lamban merupakan ketelatenan dan kehati-hatian dalam bekerja. Dia cukup cerdas untuk menyerap hal-hal baru dan enak untuk diajak konsultasi. Mengenai ongkos, bisa dinego di muka tapi biasanya kita justru ingin memberi lebih jika pekerjaan sudah selesai. Biarpun bengkelnya kumuh namun pekerjaannya rapi. Lagipula lokasinya dekat dengan toko spare parts yang pemiliknya punya komitmen sejak dulu dengan hanya menyediakan parts asli.

Ganti timing belt dan lain-lain

Dulu tahun 2012 aku pernah minta jasa Pak Barjo untuk penggantian timing belt, fan belt, ac belt, tensioner, cross joint gardan belakang, dan kampas rem belakang. Ongkos murah sekali, cuma Rp 50.000,- karena ditemani kakak ipar yang juga sahabat Pak Barjo. Hasil pekerjaannya rapi jali.

Ganti bearing roda belakang Katana (Mbak Katsy)

Mbak Katsy sudah lama menderita sakit di kaki belakang. Keluhannya setiap kali dipakai jalan berbunyi gluduk-gluduk. Biarpun tidak seperti palu dipukulkan ke tiang listrik tapi cukup membuat sumpek dada. Setelah tanya kesana kemari terkumpullah informasi sebagai berikut:
  • Bengkel Koh Tik di kawasan Tambakrejo Jombang. Ongkos Rp 250.000,- per roda & parts dari sana. Total 2 roda Rp 500.000,-. Karena bengkel ini bengkel besar, ongkos dikenakan per kasus. Rp 500.000,- hanya ganti bearing tanpa ekstra perbaikan kasus yang lain.
  • Bengkel mobil di kawasan Kejambon Dapurkejambon Jombang. Ongkos Rp 150.000,- untuk ganti bearing roda belakang sepasang (kanan kiri). Parts aku yang beli.
  • Bengkel Om Rhofik Irama, Skinner Mojokerto. Karena merupakan teman satu group pencinta Jimny Katana dia nggak mau terus terang berapa ongkosnya. Awalnya pingin ganti bearing disana, tapi karena jadwalnya masih penuh jadinya batal.
  • Bengkel panggilan di kawasan Peterongan Jombang yang direferensi seorang teman. Katanya ganti bearing sepasang hanya Rp 100.000,-. Tapi ditunggu-tunggu selama beberapa hari tidak kunjung datang ke rumah.
  • Bengkel Pak Barjo di kawasan Sepanjang Sidoarjo yang direferensikan oleh kakak ipar. Awalnya ragu untuk berangkat kesana karena takut rodanya ambrol di tengah jalan. Tapi setelah dipersuasi bahwa kondisi seperti ini masih bisa dibawa jarak jauh akhirnya berangkat kesana. Misinya bukan semata untuk reparasi tapi sekalian berkunjung ke rumah mertua di Sidoarjo.


Dan, ditanganilah Mbak Katsy. Ini dokumentasinya.


Mulai action

Spoiler for Mulai action:



Berjuang selama setengah jam & terlepaslah piringan roda belakang sebelah kiri.

Spoiler for Berjuang selama setengah jam & terlepaslah piringan roda belakang sebelah kiri:


Penampakan setelah tutup bearing dilepas.

Spoiler for Penampakan setelah tutup bearing dilepas:



Penampakan setelah ring luar bearing dilepas.

Spoiler for Penampakan setelah ring luar bearing dilepas:



Penampakan bearing berpenyakit yang telah diangkat.

Spoiler for Penampakan bearing berpenyakit yang telah diangkat:



Pemasangan kembali bearing plus bushingnya.

Spoiler for Pemasangan kembali bearing plus bushingnya:



Tidak lupa mengecek bearing roda depan.

Spoiler for Tidak lupa mengecek bearing roda depan:



Parts bearing roda belakang orisinil Suzuki Katana memakai merk Koyo. Awas hati-hati dengan Koyo yang palsu! Toko spare parts di Sepanjang tempat aku biasa belanja kebutuhan Mbak Katsy sudah terbukti hanya menjual parts orisinil. Dia punya komitmen untuk tidak menjual parts KW & sekarang diwariskan kepada anaknya yang punya komitmen sama.

Bearing roda belakang merk Koyo untuk Suzuki Katana.

Spoiler for Bearing roda belakang merk Koyo untuk Suzuki Katana:



Parts yang diganti & dipasangkan adalah:
Bearing roda belakang Suzuki Katana - Koyo DG357222DWC4 Rp 85.000,- x 2
Oil seal - Corteco 48.62.9 Rp 16.5000,- x 2
Bushing/kancing - Koyo C0-32 Rp 15.000,- x 2
Vet/stempet - Top One heavy duty Rp 42.500,-
Total bahan Rp 275.000,-

Ongkos yang dikenakan Rp 150.000,-
Bensin transport PP Rp 80.000,-
Gorengan 10 biji Rp 7.500,-
Nasi pecel 2 bungkus Rp 6.000,-
Total biaya + bahan Rp 513.100,-

Ada bermacam-macam merk bearing roda belakang untuk Suzuki Katana. Salah satu alternatifnya adalah merk Timken made in USA. Tapi karena saat itu sudah tidak sempat lagi belanja parts ke Jalan Raden Saleh Surabaya jadinya cukup pakai Koyo. Sudah mencukupi kualitasnya.

Akhir kata Mbak Katsy sembuh dari sakit di kakinya. Mondar-mandir Sidoarjo-Surabaya-Jombang dilalui dengan suasana kabin yang lebih senyap dan yang paling penting nyaman di hati juga.


Lokasi bengkel Pak Barjo

Spoiler for Lokasi bengkel Pak Barjo:
Diubah oleh adityas 17-09-2015 01:18
0
8.6K
18
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.