Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
3089
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5551fe2e128b46bf058b456a/komunitas-karimun-kaskus-part-5
Tempat Silaturahmi &Komunikasi "Komunitas Karimun Kaskus" Tips, Cit Chat, Problem Solves, Modifikasi, Reference Bengkel & Spareparts, Bincang Bebas, dll.. Link Komunitas Karimun Kaskus Part Sebelumnya: Parkiran by myangels Part 1 by MaxxPart Part 2 by MaxxPart Part 3 by yanbudiman Part 4 by tamulilingan Part 5 by alv.kw Untuk teman-teman baru yang mau ikutan daftar member, silakan membuk
Lapor Hansip
12-05-2015 20:20

Komunitas Karimun Kaskus Part 5

Tempat Silaturahmi &Komunikasi
"Komunitas Karimun Kaskus"

Komunitas Karimun Kaskus Part 5

Tips, Cit Chat, Problem Solves, Modifikasi, Reference Bengkel & Spareparts, Bincang Bebas, dll..


Link Komunitas Karimun Kaskus Part Sebelumnya:
Parkiran by myangels
[klik di sini]

Part 1 by MaxxPart
[klik di sini]

Part 2 by MaxxPart
[klik di sini]

Part 3 by yanbudiman
[klik di sini]

Part 4 by tamulilingan
[klik di sini]

Part 5 by alv.kw
[klik di sini]


Komunitas Karimun Kaskus Part 5


Untuk teman-teman baru yang mau ikutan daftar member, silakan membuka spoiler di bawah ini, kalo hanya mau ikut baca-baca dan ikut posting juga silakan..

Registrasi Member Komunitas Karimun Kaskus (K3)


Nah untuk para member terdaftar wajib menempelkan stiker "Komunitas Karimun Kaskus" di kaca depan dan belakang di mobilnya.

Cara Pemasangan Stiker Member K3


ATURAN DALAM POSTING
1.Dilarang Junk, flamming, insulting, sara, caci maki, spam
2.Semua gambar harus dispoiler
3.Gunakan Multi Quote
4.PM TS link postingan Jika ingin postingannya diarsipkan atau ditaruh di page 1
Diubah oleh alv.kw
2
Halaman 1 dari 156
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:07

HOT NEWS

Quote:Original Posted By edoar
Dear all om dan tante pecinta karimun,
Bersama ini saya pribadi mengundang om dan tante sekalian pengguna dan pecinta karimun tanpa membedakan bendera untuk ikut dalam acara
_From Zero To Unity_ _*K3* ( *K*omunitas *K*arimun *K*askus )_

Agenda Acara _From Zero To Unity_ *K3* :
- Coaching Clinic & Ngoprek Bareng
1. Carbon Cleaner 250K (Harga Normal >350K)
2. Cuci AC 280K (Harga Normal 330K)
3. Service Umum&Sparepart diskon 15% (Khusus Oli diskon 20%)
4. GO Klean
*_Pricelist_*
#SUPER KLEEN WASH: Rp 150,000
Exterior wash and wax + interior + vacuum + engine bay + steam ac

#KLEEN WASH : Rp 75,000
Exterior wash + interior + vacuum

#FRESH WASH : Rp 50,000
Exterior wash

#ADDITIONAL SERVICE:
Steam Interior only : Rp 50,000
Engine Bay Dressing : Rp 50,000
Steam AC : Rp 25.000
Kleen Motorcycle : Rp 150,000
Steam Stroller/Baby Car Seat : Rp 50,000

*Smua harga GoKleen diatas discount 10% untuk event*

_nb: yg datang akan dapat voucher cuci AC 280K_

Tempat di SBT Puri ( _*First In First Out*_ )
Hari Minggu Tanggal 27 November 2016
Jam 09.00 s/d Letih Lemas Lesu Lunglai

List Pendaftaran Peserta (Ditutup tgl 10 November 2016 jam 23:59)
Acara terbuka tuk semua pemilik suzuki karimun (member maupun non member)

​Format : Nama#Nopung K3(kalau ada)#No. pilihan agenda​
1. Chairull#826#1&4
2. Ciprat#826#1
3. Rudi Jarwo#926#1
4. Achmad Nur#940#1&2
5. Zico #217 #1, 2, 4. 3 (tentative)
6. Hendri #900#4
7. Bemz #760#
8. Kubil #907 #4
9. Agung#NB#1
10. Bagus#801#1, 3
11. Agha #808#
12. Hendar #920#1
13. Kholik #908#
14. Bagas Amrel #917#1&2
15. Bobby #871 # 1,2
16. Lulus #691 #4.
17. Rino #768#
18. Erik##4
19. Aqup #947# 1, 4
20. Andree 1, 4-all in
21. Ivan #743
22.
23.

Di lanjut om 😁 biar gak nyilem





Quote:Original Posted By hung tjoen
Om-om numpang nginfo yah,
Akhirnya barang yg ditunggu tunggu hadir juga,
READY STOCK, 25 pcs Pulley Karimun Wagon R,
harga 475.000 include Vbelt, monggo yang minat ke FB K3..


Akhirnya barang yg ditunggu tunggu hadir juga,
READY STOCK, 25 pcs Pulley Karimun Wagon R, harga 475.000 include Vbelt, belum termasuk ongkir 2 kg, yang mau pesan silakan post disini seperti Contoh di FB K3

Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:07

INDEX

1.DATA MEMBER (post 33 - 41) page 2 & 3

2.FAQ [klik di sini]

3.HOT NEWS [klik di sini]

4.Baru Beli Karimun??? so What To Do??? [klik di sini]

5.Spesifikasi karimun [klik di sini]

6.upgrade [klik di sini]& optional part [klik di sini]

7.Bengkel & toko rekanan K3 [klik di sini]

8.TIPS & TRICK (post 14-29) page 1 & 2

9.FUEL CONSUMPTION [klik di sini]

10. GALERI [klik di sini]
Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:08

FAQ

Komunitas Karimun Kaskus Part 5

1.Varian Karimun yang beredar tuh apa aja sih gan?
ada 4 varian yang umumnya beredar karimun kotak (MM), karimun estilo (ME), new karimun estilo (NKE), karimun wagon r (KWR)

2.Baru beli karimun nih, apa aja yang harus ane lakuin gan?
coba baca2 ini gan [klik di sini]

3.Kapasitas oli karimun berapa gan? dan oli yang digunakan kekentalan berapa?
MM 3L kalau ganti filter 3,5L 10w-40, ME 3,5L kalau ganti filter 3,8L 10w-30,NKE 2,9L 0w-30,KWR 2,9L 0w-30

4.Karimun ane bunyi "klutuk klutuk" gan gimana nih?
baca disini [klik di sini]

5.Karimun ane lemot dan boros nih gan,gimana?
coba di carbon clean lalu lakukan tune up [klik di sini]

5.Kelebihan karimun apa gan?
irit,kabin lega,tenaga cukup bagus dikelasnya

6.Karimun ane rusak nih gan bengkel yang recomended dimana ya gan?
baca disini [klik di sini]

7.Kalo beli sparepart dimana gan?
baca disini [klik di sini]
Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:08

Baru Beli Karimun??? so What To Do???

Bedanya type GX dan DX
Type GX

Exterior:
roofrail
handle bagasi belakang
foglamp
spion luar posisi tidur/melintang
grill cover krom
velg palang 5
wiper belakang
Interior:
Handle/pengangan penumpang belakang model panjang
ada laci dibawah kursi penumpang depan

Type DX
Semua yg ada di Type GX ga ada di Type DX kecuali Velg palang 3 dan spion luar posisi berdiri/tegak.

Om2 yg lain mungkin bisa koreksi bila ada kesalahan dan mungkin juga ada tambahan2 yg belum/kelupaan

Tips Baru Beli Mumun Secondhand
Karimun type GX mulai keluar 2002-2006 (tahun terakhir karimun kotak).
Karimun lama (banyak orang ngomong karimun kotak) keluaran pertama kali (1999) sampai 2002 semua sama, ga ada type GX ato DX (cuma ada perbedaan edisi milenium th 2000).

Jika service record tidak terlacak:
1. Ganti semua Oli, (oli mesin Pake SAE10w/40, Oli transmisi pake Shell Spirax 75w/90.)
2. Ganti timing belt set, periksa waterpump sekalian.
3. Service karburator (semprot pake carbjet atau sejenisnya), setel timing 8-10 derajat.
4. Setel klep in 15 - out 20, kalo yg seneng ngebut silakan coba di setelan in 20 dan out 25..
5. Kalo mobil kurang sehat alias knalpot ngebul silakan beli Nano Energizer cemplungin ke Oli, ini akan sangat mambantu...
6. Lainnya tergantung keluhan masing-masing penyakit...

Jadwal Service Maintenance untuk MM By Unggul
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=1995
Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:09
Kelebihan dan Kekurangan Karimun Klasik dan Estillo
Karimun Kotak:
Kelebihannya:
+ kabin lega.
+ anti banjir sampai bemper
+ spare part murah dan mudah didapat karena mesinnya sama dengan carry/jimny/forsa.
+ perawatan mudah
+ lumayan irit.
+ optional part banyak
+ upgrade tersedia.
+ Electronic power steering yang bebas perawatan
+ Stabil. lari 140 gak goyang.

Kekurangannya:
- kaki2 perlu upgrade shock Kayaba Excel G depan belakang kalo mau enak.
- plunger dan tambahan bushing kanan kadang rewel.

Karimun Estilo:
Kelebihan:
+ Uiriiiiiit Tenan
+ gesit
+ lebih senyap dari pada Karimun Kotak
+ Audio std sudah CD
+ tenaga lebih besar dari pada karimun Kotak.

Kekurangan;
- Kurang stabil kudu tambah VSD atau lebarin Tapak Ban
Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:09
Suzuki Karimun
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
DIMENSIONS
Overall length mm 3.410
Overall width mm 1.575
Overall height mm 1.705
Wheelbase mm 2.335
Front tread mm 1.360
Rear tread mm 1.355
Minimum turning radius m 4.8

WEIGHT
Curb weight 865 kg
Gross weight 1.325 kg

ENGINE
Type F 10 A (SOHC)
Displacement 4 in-line
Number of valves 8
Piston displacement cc 970
Bore x Stroke mm 65.5 x 72
Compression ratio 8.8 : 1
Maximum output ps/rpm 55/5.500
Maximum Torque kgm/rpm 10.2/4.000
Fuel distribution Carburetor

TRANSMISSION
Type 5 M/T
Gear ratio
1 3.818
2 2.277
3 1.521
4 1.030
5 0.783
Reverse 3.583
Final gear ratio 4.705

CHASSIS
Steering Rack & Pinion, electric power steering
Brakes Front Ventilated disc
Rear Leading & trailing drums
Suspension Front McPherson strut, with coil spring, stabilizer
Rear isolated trailing link & coil spring
Tires 165/65-R13

CAPACITY
Seating Persons 5
Fuel tank Liters 42


Suzuki Karimun Estilo

Komunitas Karimun Kaskus Part 5

DIMENSIONS
Overall Length mm 3.495
Overall Width mm 1.475
Overall Height mm 1.610
Wheelbase mm 2.360
Front Tread mm 1.235
Rear Tread mm 1.230
Ground Clearance mm 165
Minimum Turning Radius m 4.6

WEIGHT
Curb Weight kg 855
Gross Vehicle Weight kg 1.275

ENGINE
Type F 10 D, SOHC
Number of Cylinders Inline 4
Number of Valves 16
Displacement cm3 1.061
Bore x Stroke mm 68.5 x 72.0
Compression Ratio ps/rpm 9.2 : 1
Max. Output nm/rpm 65/6.200
Max. Torque 84/3.500
Fuel Distribution Injection

TRANSMISSIONS
Type
Gear Ratio 1st 3.416
2nd 1.894
3rd 1.280
4th 0.914
5th 0.757
Reverse 3.583
Final Gear Ratio 4.388

CHASSIS
Steering EPS
Brakes Front Ventilated Disc
Rear Drum
Suspension Front McPherson Strut w/ Torsion
Type Roll Control Device
Rear Coil Spring, Gas Filled Shock
Absorbers w/ 3 Links
Tires 155/65 R13

CAPACITY
Fuel Tank Cap. Liters 35
Seating Cap. 5


Suzuki New Karimun Estilo

Komunitas Karimun Kaskus Part 5

DIMENSIONS
Overall length mm 3.600
Overall width mm 1.475
Overall height mm 1.595
Wheelbase mm 2.360
Front tread mm 1.295
Rear tread mm 1.290
Ground Clearance mm 165
Minimum turning radius m 4.6

WEIGHT
Curb weight kg 850
Gross weight kg 1275

ENGINE
Type K 10 B, DOHC
Displacement 3 in-line
Number of valves 12
Piston displacement cc 996
Bore x Stroke mm 73.0 x 79.5
Compression ratio 10.0:1
Maximum output ps/rpm 68/6,200
Maximum Torque kgm/rpm 90/3,500
Fuel distribution Injection

TRANSMISSION
Type 5 Speed M/T
Gear ratio
1 3.545
2 1.904
3 1.280
4 0.966
5 0.783
Reverse 3.272
Final gear ratio 4.105

CHASSIS
Steering Rack & Pinion, electric power steering
Brakes Front Ventilated disc
Rear Leading & trailing drums
Suspension Front McPherson strut + Torsion
Rear Coil Spring
Tires 155/65 R13

CAPACITY
Seating Persons 5
Fuel tank Liters 35


WIKIPEDIA
Suzuki Wagon R
Suzuki MR Wagon


Quote:Original Posted By hung tjoen

Inilah tampang Suzuki Wagon R 2009 Jepang dalam bentuk brochure original
https://docs.google.com/file/d/0B89H...it?usp=sharing

Owner Manual Suzuki Karimun Estilo
Special thanks to om Dika.
https://docs.google.com/file/d/0B89H...it?usp=sharing

Yang ini Suzuki Wagon R FX Limited II
https://docs.google.com/file/d/0B89H...it?usp=sharing

Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:11
Upgrade Suzuki Karimun Classic:
1. Pulley Custom Versi 2.
2. Peringan kopeling.
3. Exhaust set by Kota Mas Knalpot.
4. Jacobs Ultra Coil.
5. Kabel Busi MSD.
6. Custom Open Air Filter.
7. Speedspark9R atau MSD6AL + Tachometer Adapter.
8. Vacuum advancer / Delco Daihatsu Espass.
9. Valen Sport Damper.
10. Ground Maxx - Gmaxx.
11. EXR Volt stabilizer.
12. Relay lampu Mx11 + Lampu Osram All Season 55/60 watt.
13. Busi NGK BP6EGP platinum, Bosch Ir Fusion.
14. Shock Absorber Kayaba Excel G Depan + Belakang.
15. Kaca spion samping Toyota Kijang Kapsul SX Original.
16. Sepatu Rem Bendix General Ceramic Technologies, Metal King Titanium.
17. Oli mesin SAE 10/40 (Castrol, Shell, Agip, Sainz) (yang penting oli aseli).
18. Oli transmisi Sainz SAE 75/90 (yang penting oli aseli).

Upgrade Suzuki Karimun Estilo & New Karimun Estilo:
1. Replacement Air Filter Simota / JFC / K&N.
2. Exhaust Set by Kota Mas Knalpot.
3. Piggyback.
4. Ground Maxx.
5. Exr Volt Stabilizer.
6. Valen Sport Damper.
7. Anti karat Rust Evader.
8. Ban 165/65/13 (1 ukuran lebih lebar).
9. Relay lampu Mx11 + Lampu Osram All Season 55/60 watt.
10. Busi NGK DCPR6EIX (iridium).
11. Sepatu Rem Bendix General Ceramic Technologies, Metal King Titanium.
12. Oli Mesin Castrol Edge SAE 5/30 (yang penting oli aseli).
13. Oli transmisi Sainz 75/90 (yang penting oli aseli).
14. Fog lamp SGA / fog lamp aftermarket.
15. Spion elektrik dengan lampu sein.
Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:12
Optional Part

1. Peringan kopling - Rp. 225.000,- andriwhiteman.
2. Pulley Crankshaft Custom V2 - Rp. 375.000,- (incl. V-belt) - edoar.
3. EXR Volt Stabilizer - Rp. 475.000,- edoar.
4. Ground Maxx - Rp. 150.000,- edoar.
5. Custom Open Air Filter.
6. Valen Sport Damper - edoar - Ready Stock:
a. 1 cm = Rp. 400.000,-
b. 2 cm = Rp. 400.000,- (ME depan, belakang & MM depan)
c. 3 cm = Rp. 410.000,- (MM belakang)
d. 4 cm = Rp. 430.000,-
e. 5 cm = Rp. 440.000,-
f. 6 cm = Rp. 480.000,-
7. Koil aftermarket + kabel busi MSD - edoar.
8. Stiker "Komunitas Karimun Kaskus".
9. Bendix Brake Pad - edoar.
Estilo:
General CT - Rp. 225.000,-
Metal King Titanium - Rp. 300.000,-
Classic:
General CT - Rp. 125.000,-
Metal King Titanium - Rp. 185.000,-
10. Busi Bosch Ir Fusion - Rp. 350.000,- edoar.
11. Bohlam Headlamp: Osram Night Breaker, Osram All Season, Phillip Xtreme - edoar.
12. Relay lampu Mx11 - Rp. 110.000,- edoar.
13. Pemasangan rack plunger sgp dan rack bushing berbahan teflon hanya diperuntukkan untuk member K3 saja.
14. Jam Karimun Classic - Rp. 225.000,- die_audie.
15. Alternator option Bosch 70 Ampere, baru, made in Indonesia - Rp. 850.000,- edoar.
16. Vacuum Advancer - andriwhiteman.
Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:13
Busi Karimun:
a. NGK : BP 5 ES
b. NGK G-Power : BPR 6 EGP
c. NGK Iridium : BPR 6 EIX
d. ND : W 16 EX-U
e. ND Iridium : IW 20
f. Nology Silverstone : L 7 YS atau L 4 YS
g. Autolite : 64
h. Autolite Xtrem Performance : XP63
i. Autolite Xtrem Sport : XS 63 DP
j. Bosch Super + : WR 8 DC+
k. Bosch Ir Fusion : WGR 7 DQI
l. Accel : 0114
m. Champion : 2320 / 2415
n. Split Fire : SF 425 C atau SF 426 C
o. Brisk Premium ZC (Fire tower)

Aki Karimun:
Karimun Kotak (MM):
NS 40 ZL 35Ah (standard), NS 60 L 45Ah, NX100-S6L 55Ah
Karimun Estilo (ME) dan New Karimun Estilo (NKE):
NS 40 ZL 35Ah (standard), NT60-S4L 45Ah

Sekering Karimun:
10, 15, 20, 30 Ah

Type Oli Karimun:
Oli Mesin :
Karimun Kotak (MM): SAE 10W40
Karimun Estilo (ME) dan New karimun Estilo (NKE): SAE 5W30, SAE 10W30

Ukuran Wiper Karimun:
Depan Kanan : 20".
Depan Kiri : 18”
Belakang : 13” (standard) s/d 16” (alternatif)

Shock Absorber untuk Karimun
1. Monroe Gas Matic
2. Kayaba Excel G.
3. SBM.
4. Kayaba Lokal std
5. HRC
Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:13
Rekanan Toko Accessories dan Bengkel

http://eparts.suzuki.co.id/

Kencana AC (Herman) - Cideng Barat 4 - 0216345113.
Sentral Mas Oli (Ayung) - Kebon Jeruk III - 0216594921.
Start Tire - Pecenongan - 0213813065.
Bursa Aki - Steven/Susan - Atrium - 0213523672.
Toko "74" - Iwan - Atrium - 0213846956, 02168888118.
Panca Cutting Sticker - Suhardi - 02193758885.
SPEED TIRE SHOP - Wuwuh Nugroho - 021-7350291, 0812-80191612.
Aneka Jaya Motor (Cik Ahun) (audio & accessories) - Atrium - 0213846808/12.
Garuda Shock - Darwin - Atrium - 0213846264.
Sinar Mas (Spesialis Shock Breaker, Coil Spring, As Roda, Ball Joint, Tie Rod, Bushing, dll) - Akhiong - Jl. KH. Noer Alie No 1E, Bekasi Barat, Bekasi, Jawa Barat 17145, Indonesia +62 21 70609865
SO Teknik - Freedy - Batu Ceper - 0213501048.
Serikat Ban - Pecenongan - 0213451218.
SKM - Pecenongan - 0213447306.
Moro Seneng - Bungur - 0213803797.
Kota Mas Knalpot - Batu Tulis Raya 41 - 3846417 / 08161492255.
Montir kaki-kaki karimun Klasik Pak Sunar - 0816 143 2304
Toko Jaya Abadi Motor - Jony - lantai dasar No.29 - 021 72793713.
Jayapura Motor (Olie) - DTMF lantai 1 no 6 - Yayan - 021 72793675.
Timur Jaya - Mimin - Spare Part Suzuki - 3507685 (Sawah Besar)
WW AUTOCARZ - GUNUNG SAHARI RAYA NO.2 - 6299111 - 6390281 - Bp. Tambayong.
KUDA MAS AUTOINDO - Jalan Danau Sunter Barat Nomor 5/Blok A3, Jakarta 14350 - Telepon 6409928-6409929.

Bengkel di Bandung
Spartan Accessories - Om Tjandra - Jl A. Yani 334, Bandung - windows film / audio / accessories.
SS performance - Om Ronny - WR. Supratman, Bandung
PD. Spartac Battery - Ngecek aki & kelistrikan (Wan Ie Gunawan – 022. 91988398)
Jl. Ibu Inggit Ganarsih No. 114 Bandung (022)5200697, 5205981
CV. Inter Mobil
Jl. Moh. Toha no.77 022-5204672 Spesialis Mobil Suzuki, Perawatan & Sparepart SGP

Montir
Pa Dedi - Mekanik CV. Inter Motor - 081395024442
Pa Yanto - Mekanik Kelistrikan Jl. Pungkur - Bandung - 081320220393
Mamay - Radiator (bisa servis di rumah) - 02292873194

Bengkel Suzuki Satria Bali Perkasa - Jln. Gunung Tangkuban Perahu No.161, Br. Tegal Lantang Kaja, Padang Sambian Kelod, Denpasar Barat. Tlp. (0361) 8446679, 9101616

Rev Engineering
Jl. Arteri No.70, Kedoya Selatan, Jakarta
Telp: 021-56964612, 021-68741533

AMS (Amiau Motor Sport)
Jl. Lapangan Bola No.33A, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Phone : 021-5324084 / 5362783

Jakarta Barat Kosambi:
Komunitas Karimun Kaskus Part 5

Solo:
GBT Laras Imbang - Jl. Adisutcipto 122, telp 0271 710 384.


Komunitas Karimun Kaskus Part 5
Untuk yang di luar kota, coba ajah telpon kalo butuh part semoga mereka bisa kirimkan...
Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:14
Beberapa Kesan Member K3 :

Quote:Original Posted By McDonaldz
(http://old.kaskus.co.id/showthread.p...#post578805606)
Mo kasih review nih, review sebagai salah satu member k3...

heheheheee...
Terima kasih atas bantuan para rekan K3 selama ini.
tanya-tanya, selalu dibantuin.
walau pertanyaannya kadang rada lugu en oon, tetap dilayani dengan sabar.. hehehehe...
yang paling sering sy repotin adalah om Max.
dari awal beli bohlam sampe masalah kemarin yg bikin sy keringatan.
alhamdullilah... stelah mendengar suara keren om max di seberang, sy langsung lega... MASALAH pun TERSELESAIKAN... hehehehee..

Seneng banget bisa kenal-kenal kalian semua... hehehehehehe....
thanks yahhh....


Kelebihan-kelebihan jadi anggota member k3 :
1. Belanja diskon, service diskon.
2. Dibantu berikan solusi terbaik untuk segala masalah.
3. Bisa kenal anggota K3 - Koko Koko Keren.
4. Ada masalah apapun terpecahkan.
5. Beli parts apapun lewat sini, mutu pasti terjamin dan terseleksi.
6. K3 - Kesatuan Kemerdekaan yg Kuat.
7. Kalo Gatheringnya pasti seru, rame, heboh... Dijamin puas dan pulang dgn mbawa kenangan indah
8. Kemanapun jadi perhatian, Langsung jadi artis, (buktinya kemarin sy dikejar2 dan ditangkap paparazi edoar) heheheheeee...
9. Sekian dulu review dari saya yang bangga, senang dan puas jadi bagian dari K3.

Thanks yah buat om Max pahlawan tanpa tanda Jasa.


Quote:Original Posted By Bonie10
(http://old.kaskus.co.id/showthread.p...#post627020699)
Memang om. Sangat beruntung skali. Kasian yg pd pny karimun, ga ikut member K3... Hehehee


Quote:Original Posted By Kesyara
(http://old.kaskus.co.id/showthread.p...#post641688286)
Happy Anniversary K3


Jika boleh share sedikit testi gabung dangan K3, rasanya emang di forum ini saya bisa merasakan kehangatan, keramahan, dan ketulusan para sesepuh2 nya dan juga semua membernya. Keinginan saling membantu, saling mengingatkan sudah menjadi ciri khas di K3, yang mungkin belum pernah saya temui di forum yang lain. Ada rasa kangen dan merasa merugi, jika saya beberapa hari gak sempat baca page2 di K3, gak tahu kenapa tuh... Mungkin karena banyak sekali ilmu yang bisa didapat di sini. Dari yang semula sama sekali gak mudeng tentang mobil, sampai sekarang saya udah berani menjelaskan ke orang2 lain tentang tips merawat mesin dan pernak perniknya terutama MM, itu semua karena gabung di K3.
Kalo menurut saya, adanya komporan di K3 bukan sekedar aset jual-beli semata, bukan juga hanya sebagai part2 optional utk membuat mumun kita lebih ngacir, ganteng, keren, dsb.Komporan di K3, bagi saya jjustru bisa menjadi alat utk lebih mengakrabkan antara sesama member dan sesepuh di sini.berkat komporan itu, saya jadi kenal om HT, om thedy, om die, om edo, om unggul, om andri dan semua member yg saling berbagi dan kasih testi di K3 ini (gak apal satu2, hihihi....). Berkat komporan dan K3 juga, saya jadi bisa sms an dan bahkan telpon2 an ama para sesepuh di sini, meski kadang terkesan merepotkan beliau2 dan mungkin kagak sopan dan gak tepat waktu sms dan telponnya, hihihi..maaf ya om HT, om edo, om tedy, dan om audie. Terimakasih utk segala pengorbanan dan kerelaannya buat balesin pertanyaan2 bego saya di forum, sms dan telpon saya, semua dukungan, bimbingan, arahan, dimana semua itu semakin menambah keakraban di antara kita.Ingin rasanya bisa ikut Gath, namun persoalan demografis yang menghalangi niat itu.Moga aja suatu saat nanti ada kesempatan utk bisa kopdar dengan semua member K3.

Benar kata om Maxx, bahwa Tuhan telah menganugerahkan om TAMULILINGAN bagi K3 utk membuat para member menjadi lebih mudah membuka kembali dokumen2 penting di tiap2 page, orangnya rendah hati banget, dan suka menolong. Mungkin ini terdorong dengan profesi asli beliau.... (maaf om tamu, tenang gak bakal saya bocorkan di sini kok, promise is promise, oke..??).

Pada akhirnya THANKS to ALL MEMBER K3. Maturnuwun kagem sedaya kaluarga K3.KIta semua teman, bahkan saudara.Seandainya suatu ketika nanti saya terpaksa harus kehilangan MM saya, yang jelas saya gak mau kehilangan persahabatan dengan K3. K3 forever..maju terus K3... Sukses utk semua member yg ada di sini. Salam kenal buat semua member yg baru (maaf gak apal buat nyapa satu2)... Salam dan maaf jika kepanjangan sharenya...
emoticon-Selamat emoticon-Selamat emoticon-Selamat
emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol




NEWBIE IN KASKUS? emoticon-Bingung (S)

"Kami tuntun deh.. Yuk Kita belajar sama-sama.. " emoticon-shakehand
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
(click here)


emoticon-Cendol (S) MARI KITA BUDAYAKAN SUASANA RAMAH & TETAP RENDAH HATI DI FORUM KASKUS.. emoticon-Kiss (S)

"Smile.." emoticon-Kimpoi
Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:14
PENGUMUMAN

Arsip 1


Arsip 2

Arsip 3


Arsip 4

Arsip 5

Arsip 6




Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:14

TIPS & TRICK

TIPS & TRICK


Komunitas Karimun Kaskus Part 5
Quote:Original Posted By agusbobos
untuk buku manual mm bisa download di sini om
[url]http://www.4*shared.com/office/L_iwvGn8ba/bukumumun.html[/url]
4*shared tanpa bintang ya om
(Part 4 Page 375)


SISTEM PENGATUR UDARA (VENTILASI & AIR CONDITIONING)

DIY Cara Memperbaiki Kisi2 AC yang Sudah Longgar by om Huronman.
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=7777

DIY: Cuci Evaporator AC Karimun Kotak
Quote:Original Posted By edoar
1. Lepaskan laci dashboard sebelah kiri, colok klip sperti pada gambar 1 dengan benda tumpul. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai patah klipnya.
2. Lepaskan pengait setelan selector intake udara (gambar 2). Tidak ada yang perlu dikuatirkan pada tahap ini.
3. Lepaskan baut box air intake evaporator AC, ada 2 baut (gambar 3 & 4).
4. Setelah baut terlepas, tinggal cabut box air intake evaporator dengan cara menarik ke bawah dan sambil menekan box ke kiri (lakukan dgn kesabaran).
5. Selanjutnya setelah box air intake terlepas (gambar 5), siapkan selang air bertekanan cukup kuat, lap/kain yg mempunyai daya serap air baik cukup banyak dan letakan sebagian besar di bawah box evaporator. Semprotkan air bertekanan ke evaporator, lakukan secara bertahap karena saluran pembuangan AC tidakcukup besar untuk menampung dan menyalurkan air keluar melalui saluran pembuangan air AC. Resiko banjir sangat tinggi.

PERINGATAN: SAAT MELAKUKAN TAHAP PENYEMPROTAN, LAKUKAN MINIMAL BERDUA. 1 ORANG YG MENYEMPROT, 1 ORANG JAGA KRAN AIR UNTUK BUKA TUTUP..


membersihkan blower AC karimun (MM) by supriyadi
tutorial membersihkan blower AC
Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:15
STEERING, SUSPENSI

Cara pemasangan Valen Sport Damper
1. Mobil didongkrak, per dibersihkan dahulu dengan air dan dilumasi dengan sabun colek.
2. Karet sport damper dilumasi juga dengan sabun colek dan air dibagian atas dan bawah.
3. Masukkan dulu sebagian (atas) diikuti dengan bagian bawah kemudian sambil ditekan karet diulir mengikuti per mobil.
4. Setelah terpasang, pastikan setiap bagian sudah mengikuti bentuk per dan pemasangan di kiri kanan harus diulir yang sama.

Cara Mudah Deteksi Kerusakan/Keausan Kaki-kaki
Quote:Original Posted By unggulpribadi
Yg belum tahu cara mendeteksi keausan/kerusakan kaki-kaki, berikut info seputar cara deteksi keausan/kerusakan kaki-kaki disamping pengecheckan/deteksi secara VISUAL
1. Balljoint


2. Tie-rod/Long Tie-rod


3. Karet Support S/A : lakukan dengan membuka kap mesin


Semoga bermanfaat
(Part 2 Page 80)


Quote:Original Posted By unggulpribadi
Walaupun pernah saya sharing penyebab suara gludukan di kaki-kaki depan karimun kotak (bisa dari roda kanan, roda kiri atau kedu-duanya), nggak ada salahnya saya sharing lagi untuk mengingatkan.

Penyebab timbulnya suara gludugan di kaki-kaki depan Karimun kotak (bisa kanan saja, atau kiri saja atau malah kedua-duanya) sering disebabkan karena sudah ausnya Karet Support S/A terutama untuk Karet supoort S/A bawah (ada 2 karet atas dan bawah), seperti tampak dalam gambar :

Sebelah kiri adalah karet support S/A bagian bawah yg sudah aus (gepeng) dan sebelah kanan adalah karet support SGP yang baru.

Jika masih terdengar suara gludugan/klutukan di bagian tengah antara roda kiri dan roda kanan, bisa dipastikan ada masalah dengan steering rack dan solusinya adalah dengan mengganti plunger dan menambah bushing yg terbuat dari teflon agar kaki-kaki kembali senyap

Hal yang paling mudah untuk mendeteksinya hanyalah dengan melihat secara visual adanya celah/gap antara karet support S/A bagian atas dengan mangkok diatasnya dengan hanya membuka kap mesin saja, seperti terlihat dalam gambar :


Jika teman-teman mengalami hal tersebut diatas, yg perlu dilakukan adalah dengan mengganti karet support S/A tersebut agar kaki-kaki kembali senyap dan sebaiknya ganti Karet supoort S/A atas bawah kanan dan kiri sekaliagus agar hasilnya optimal.

Gap antara karet support S/A dengan mangkok seperti terlihat dalam gambar bisa juga terjadi karena ketidak tahuan kita dengan mengganti S/A Karimun kotak dengan S/A milik Karimun Estilo yg mempunyai panjang ulir/drat lebih banyak/panjang dibanding milik Karimun kotak, sehingga nantinya akan menimbulkan gap seperti diatas dan efek selanjutnya kaki-kaki akan sulit (malah nggak bisa) di spooring.


Perbedaan panjang ulir/drat antara Karimun estilo (sebelah kiri) dengan karimun kotak (sebelah kanan)

Semoga bermanfaat
(Part 3 Page 65)


Quote:Original Posted By unggulpribadi
Seperti yang sudah saya jelaskan dipostingan saya terdahulu penyebab timbulnya suara gludukan di kaki-kaki Karimun karena ausnya karet support shockbreaker dan sudah saya jelaskan juga cara mendeteksinya.
Cara simpel lainnya bisa kita check sendiri secara visual jika ada celah antara karet support bagian atas dengan mangkok shockbreaker, semakin lebar/besar celah/gap...semakin kencang suara gludukan yang
ditimbulkan, seperti tampak dalam foto di bawah ini :

Celah antara Karet support S/A bagian atas dgn mangkok atas S/A

Nah yang kita bahas disini adalah sering kali teman2 mengeluh bahwa walaupun karet support sudah diganti baru (SGP) tapi suara gludukan masih saja timbul kadang masih adanya gap/celah antara mangkok S/A dengan karet support atas... kenapa ini bisa terjadi?
Berdasarkan pengamatan di lapangan diketemukan bahwa pemasangan karet S/A bagian bawah ternyata terbalik..padahal sudah jelas terpampang tanda panah yang mengindikasikan bagian tersebut haruslah
menghadap keatas, bukan kebawah

Sebelah kiri karet support S/A Karimun Estilo (ME/NKE) dan yg kanan Karimun Kotak (MM)

Yang tampak dalam gambar, pemasangan karet support ini sudah diberi tanda bagian mana yang menghadap keatas dan bagian mana yang menghadap ke bawah.
Sebagai info, untuk Karimun Kotak (MM) jangan menggunakan karet support S/A milik Karimun Estilo/New karimun estilo karena bahannya yang terlalu empuk shg bisa menyebabkan ketidak-stabilan (S/A kurang rigid).
Pada beberapa kasus yang terjadi di NSS, setelah kita check memang ternyata pemasangan karet support ini "terbalik", kesalahan pemasangan ini sebetulnya bisa dgn mudah diketahui dengan meraba karet tsb melalui lubang diatas per lewat roda depan bagian dalam. Kesalahan ini dapat dengan jelas terlihat jika kita melepas shockbreaker depan, seperti terlihat dalam gambar di bawah ini :

Tanda panah mengindikasikan harus menghadap keatas, bukan ke bawah.

Mudah-mudahan kedepannya tidak terjadi kesalahan pemasangan pada karet support S/A ini sehingga tidak ada lagi waktu dan biaya terbuang percuma.
Salam.


Share: Waspada Ball-Joint Lepas @ Part 3 Page 39

Front Suspension

Steering Unit

Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:15
RODA, BAN
Masalah Ban: http://old.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=5510

Quote:Original Posted By MaxxPart
Dear all,Karena gue lagi cari ban maka sekalian pengetahuan ini di sharing di K3 ini,dimana ban ukuran 165/65/13 dan 195/45/15 adalah patokan yang telah diterima dan dicoba di karimun classic tanpa ngesrot atau pun mentok menggunakan Velg ukuran 15 inci, lebar 5,5J, Ofset ET 45.
So ini kira2 ukuran Ban-ban yang bisa digunakan di Mobil Karimun Classic, yang mau ganti ban silakan hunting ban ukuran2 dibawah:

Originally Posted @ part 2 page 13


Front Wheel Hub



VELG
Quote:Original Posted By tamulilingan
Velg 16 masih bisa digunakan, profile 16X6 ET45, ban 165/45/16 ato 175/50/16.

Mau dimuatin full juga nggak gesrot, jarak fender ke ban belakang cuma 2 jari sempit.

Quote:Original Posted By WeweGombelL
Untuk masalah gesrot dijamin tidak gesrot, saya pake per custom yang empuk cuma soknya yang agak keras, jadi tendangan baliknya enak banget jauh lebih nyaman dibandingkan duo kembar

Velg 16 bisa pake apa aja asal profilenya maksimal yang disebutkan diatas, klo mau plug n Play tanpa tambahan center ring bisa pake punya suzuki Swift GT Build Up ato yang non sebelum VIN 2013

Profile Velg 16 GT, 16x6 ET50 pake ban 164/45/16 Kumho Ecsta, itu juga lumayan mantep cakep jatuhnya, klo saya pake punya Altis Malaysia profilenya 16x6 ET45, sebelumnya saya juga pernah pake Altis Indo yang 16

Selama berat tertimbang velg + Ban beda 2-3kg/velg dari velg std tidak akan merusak kaki2, toh maksimum penggunaan ban untuk karimun dengan velg R13 menggunakan profile ban 165/80/13 ini klo ditimbang beratnya hanya beda 0.4kg dengan menggunakan velg 16 dengan profile ban diatas.

Jadi jika ingin menggunakan Velg besar tanpa merusak kaki2 usahakan berat tertimbang Velg + Ban (Terpasang) tidak lebih dari 3kg dengan Berat Velg+Ban Std, jadi kudu pinter2 pilih profile velg + ban, nggak sembarangan main ganti2 velg gede untuk rubah penampilan.

Ini foto lebih dekatnya


Per Std jangan di Potong, kalo pun di potong jatuhnya terlalu keras dan rawan copot sendiri apalagi klo nyuci di gantung pasti tuh per copot, ganti per yang murah aja tanpa merk tapi yang diameter batang ulirnya lebih kecil dari std, nanti jatuhnya enak & dan per nggak akan copot walaupun digantung saat nyuci,

Kalo mau pake per std dipotong harus ganti shock, yang lebih pendek, dari Std klo yang bawaan mobil saya pake mitsu hijet

Cocok Pake splash, pas banget nggak terlalu lebar juga tuh velg, klo nggak salah profilenya 15x5.5 ET45, klo dibalut pake 175/55/15 nggak terlalu ceper mobilnya pas...

Just Info, klo mau di pendekin, tidak boleh Ground Clereance dibawah 14.5cm, karena batas polisi tidur tertinggi itu 14 cm, itu klo orang yang buat nekat banget & nggak tau aturan, ato maksimal 2 batu bata posisi tidur,

Klo mau nekat silahkan nanti resiko ditanggung sendiri ya...selama bukan buat race nggak usah terlalu ceper, klo mobilnya kenceng + turbo sih nggak pa2 hi...hi...

untuk penjelasan mengenai modif kaki2 sepertinya sudah lengkap ya, yang saya sebutkan diatas modif tanpa mengurangi kenyamanan pengendara


Quote:Original Posted By andriwhiteman
Center-caps / dop logo Suzuki dengan Honda besarnya beda, paling mudah ngakalinnya dengan menutup logo Hondanya dengan stiker polos (bisa beli di pinggir jalan) sesuai dengan kesukaan warna dan dimal sendiri sesuai dengan besar logonya lalu beli stiker S (Suzuki, bukan Superman) dan templokin stikernya.

Berikut contoh penampakannya..


Contoh lain..

(Part 3 Page 135)

Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:16
SISTEM KELISTRIKAN

Quote:Original Posted By hung tjoen
Karena diskontinuednya kabel ground ME, saya sharing sedikit cara pembuatannya dan titik-titik yang perlu untuk diberikan tambahan ground;
Titik-titik yang perlu ditambah ground adalah:
A. Baut di bawah ujung lubang masuk saringan udara.
B. Baut 10 mm di ujung cylinder head.
C. Baut shock breaker di belakang aki.
D. Dipasang di dudukan setelan alternator menggunakan tambahan baut dan mur 12 mm.
E & F Dipasang ke baut 10 mm di 2 baut dudukan fuel rail. Masing-masing 1 buah.

Semua titik di atas (A, B, C, D, E, F) dihubungkan ke aki negatif menggunakan 10 cm bahan tembaga yang diberi lubang-lubang.

Kabelnya silakan ukur sendiri sesuai kebutuhan mau lewat mana?
Kabel minimal yang dibutuhkan sebesar 4 mm (lebih besar lebih baik). Sekun yang dibutuhkan:
A, B, E, F dibutuhkan sekun lubang 6 mm.
C, D dibutuhkan sekun lubang 8 mm.
Untuk ujung lainnya yang dipasang ke aki pakai sekun lubang 6 mm.
Kuningan biasanya dilubangi dengan mata bor 7 mm.

Pemasangan kabel ke sekun sebaiknya menggunakan crimping tools yang baik setelah itu disolder mateng minimal menggunakan solder 60 watt.
(kalo 40 watt agak sulit nyoldernya, dan kurang panas).

Setelah semua sekun disolder tinggal pasang sesuai gambar dibawah ini.

Do It Yourself with Your Own Risk....


Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:16
SISTEM REM

Quote:Original Posted By hung tjoen
Untuk sistem rem Karimun Classic jarang ada masalah, kecuali untuk yg speed freak silakan mengganti sepatu remnya dengan merek Bendix atau Trestor.
Namun ada beberapa Karimun yang kadang sesudah menerjang banjir atau dicuci semprot bagian rem belakangnya, lalu pada saat parkir direm tangan, nah pada saat kering akan nge-lock itu rem belakang, pada saat rem tangan diturunkan, rem tidak mau balik dan ketika dijalankan ban sampai terseret, kadang ada yang dipaksa sampai bunyi KRAAK keras sekali bersamaan dengan lepasnya posisi rem dari keadaan mengunci, namun ada juga yang tidak mau kembali, sehingga ban terseret-seret , tidak mau berputar.

Tipnya adalah:
1. Dongkrak dan buka ban belakang.
2. Copotin bannya, terlihat teromol remnya atau drum.
3. Ambil palu yang agak besar ketok-ketok sekeliling drumnya sambil coba diputar, jika tidak bisa coba dipukul agak keras, sambil sesekali dicoba diputar, setelah mau berputar silakan pasang kembali bannya.

Kadang terjadi 1 ban saja, kadang terjadi keduanya, jika sudah pernah kejadian begitu coba ingat-ingat kapan terakhir ganti sepatu rem belakang, kalo dah lama atau pada saat buka lihat dan amplas brake shoenya, saran saya sebaiknya ganti saja sepatu remnya, karena kemarin juga di WR begitu, setelah ganti, penyakit tersebut hilang...

Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:17
MEKANISME MESIN

Cara Pengunaan Engine Conditioner / Carbon Clean Sendiri.
Ritual SELF CARBON Clean ini sebaiknya dilakukan dibarengi dengan ganti oli, namun cukup dilakukan setiap 15.000-20.000 km, jangan terlalu sering....
bahan2 yang dipakai :
1. Soff99 carbjet,
2. Soff 99 gzoxx,
3. DCS
4. Threebond
5. Redex
6. Taiho Kohzai
7. Nulon.
CARANYA
1. Panaskan mesin sampai kipas radiator hidup (suhu normal mesin), kemudian matikan mesin.
2. Buka filter udara berikut rumahnya,
3. Semprotkan foam ke mulut karburator sampai penuh,
4. Cabut kabel koil yang ke busi (supaya saat distart mesin tidak hidup).
5. Start mesin sampai foamnya tersedot semua ke dalam intake dan ruang bakar.
ulangi no 3-4-5 sebanyak 3 kali.
6. Diamkan selama 10 -15 menit,
7. Pasang kembali kabel koil ke busi.
8. Hidupkan mesin sampai hidup, digas gas sampai RPM 6000-7000, supaya semua kotoran keluar, dan asap menjadi bening, biasanya asap tebal akan keluar dari knalpot, jadi jangan lakukan di pemukiman padat tar dikira ada kebakaran..
9. Jika sudah bening biarkan mesin hidup idle selama 2 menit lalu proses selesai .
10. Pasang lagi saringan udara dengan rumahnya.
11. Lanjutkan dengan ganti oli..
Saya tidak menyarankan memasukkan foam langsung ke busi, alasannya karena setelam mesin dalam keadaan panas kalo kita paksa buka busi ada kemungkinan dratnya akan menempel di busi (drat mesin rusak , nah urusannya akan menjadi runyam, tapi kalo mau nekat, silakan saja masukan foam ke lubang busi pada saat selesai dengan nomor 3...
do it with your own risk..
salammmmm
semoga berhasil...

Pulley Custom
Pulley Custom 1 dan 2
Pulley Custom 2 is coming…..By K3.

Untuk temen2 yang punya masalah dengan sendatan mesin sewaktu kompresor AC aktif, dan tarikan lemot, dan kurang puas dengan Pulley Custom 1, maka dengan ini saya tawarkan Pulley Custom 2 yang sudah ditest dan direstui oleh Pakde Ronny Gunawan, Kelapa Bengkel Suzuki Pekanbaru, dan dicoba oleh beberapa teman di K3 seperti om Darksknight, om Edoar, Om Cihuyy, dan saya sendiri,

Berat dari pulley adalah:
Pulley Original Suzuki Karimun Classic = 1,5 kg.
Pulley Custom 1 KArimun Classic = 2 kg kurang dikit.
Pulley Custom 2 Karimun Classic = 1,7 kg. (lebih mendekati original).

Waktu melihat Pulley AC KIA Picanxx menggunakan pulley mesin yg untuk AC dengan ukuran sama sehingga saya yang sudah pake ngetest selama 3 bulan semakin yakin, bahwa RPM AC dapat dicapai dengan pulley sebesar itu, dengan menggunakan pulley custom 2 ini saya yakin dan merasakan sendiri tarikan seperti tidak ada putusnya, dan tenaga pada saat menggunakan AC lebih dekat dengan tanpa menggunakan AC,

Untuk suhu AC saya rasakan dingin yg sama, dan AC tidak bekerja terus menerus seperti yang dikhawatirkan semula tapi tetap ac ada istirahatnya, kadang on dan kadang off..

SO tidak perlu ragu lagi dengan pulley yang satu ini, segera pesan ……




Ganti Timing Belt, Water Pump, dkk & Paking Karter @ part 3 page 9 & Page 214
Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:18
SISTEM PENDINGIN

MESIN PANAS / OVERHEAT??? by Unggul.
Pada umumnya overheat yg sering terjadi di karimun bisa dikategorikan menjadi :
1. Jika mengalami overheat ketika sedang mengalami kemacetan, biasanya masalah overheat disebabkan oleh dinamo extra fan yg tidak menyala, socket dinamo extra fan yg terletak diatas radiator, meleleh (korslet)
2. Jika mengalami overheat ketika mobil sedang berjalan normal sampai kencang, biasanya masalah terjadi pada radiator tersumbat, thermoswitch/thermostat.


WARNING : Ganti Carbon Brush (Arang) Dinamo Extra Fan
Quote:Original Posted By unggulpribadi
Seperti postingan2 saya sebelumnya tentang masalah overhaet, jika mengalami masalah overheat yg disebabkan oleh sudah melemahnya putaran extra fan yg disebabkan oleh habisnya arang (carbon brush), carbon brush (arang) bisa diisi ulang kembali agar dinamo extra fan bisa berputar normal kembali dan biayanyapun hanya sekitar 100 rb-an (tergantung bahan) seperti contoh dalam gambar

Yang perlu diingat disini adalah : sebelum memasang/mengganti arang (carbon brush) pada dinamo extra fan periksa dahulu ketebalan tembaga pada batang as dinamo, jika ketebalan tembaga tersebut sudah tergerus sedemikian dalam, jangan dipaksakan untuk mengganti arangnya saja, karena bisa dipastikan bahwa umur dinamo extra fan tersebut tidak akan lama bertahan dan akibatnya bisa ditebak....mengalami overheat kembali ditengah jalan.
Ketebalan tembaga bisa dilihat disini :

Semoga bermanfaat!
(Part 2 Page 323)

Quote:Original Posted By rafifhamizan057
Carbon Brush Extra Fan MM Kotak

(Part 4 Page 452)

Quote:Original Posted By er.collection

Batre ABC yang Gede,

Radiator Coolant Berkurang
Quote:Original Posted by botaxbyadab
Om... mu nanya tentang air radiator (coolant) dong, ane make coolant warna ijo, nah abis jalan tiap pagi dicek coolant tu berkurang kira2 300 ml, sekitas 1/8 tabung coolant, kira2 normal g ya?
Nah kalo mo ditambah lagi coolant tapi dengan merk yang beda dg coolant yang udah ada kira2 ada efek negatifnya g ya?

Quote:Original Posted By MaxxPart
kalo berkurang 1-2 hari pertama sejak kuras masih normal om asal jangan tiap hari..
nambah air pam ok kok gak usah beli lagi...

Quote:Original Posted By unggulpribadi
Betul yang dibilang MaxxPart, jika air berkurang sehabis mengganti coolant masih bisa dimaklumi, tetapi setelah itu tiap hari air selalu berkurang patut diwaspadai.
Sebaiknya check adanya kebocoran-kebocoran, seperti :
1. Radiator bocor halus, jika sepertinya tidak ada air menetes di lantai tepat dibawah radiator maka perlu dipastikan tidak ada kebocoran halus di radiator menggunakan Radiator cup tester, bengkel besar atau BERES pasti punya

2. Lihat juga adanya tetesan air di lantai tepat di bawah waterpump, jika ada tetesan air sekecil apapaun tepat di bawah waterpump sebaiknya segera ganti waterpump jangan sampai mengakibatkan kerusakan part2 lain yang akan menelan biaya lebih besar
3. Check juga tutup radiator/radiator cup, bisa pinjem temen dulu barang 1 hari (pinjem saya juga boleh kok)
4. Check juga selang radiator atas dan bawah, terutama sambungan2an
Jika semua penyebab berkurangnya air radiator sudah dicheck ternyata tidak terjadi kerusakan, langkah terakhir bisa coba lihat warna oli, apakah ada yang aneh pada warna oli melalui dipstick, misalnya ada warna putih pada campuran oli, jika ya maka bisa dipastikan ada kebocoran pada packing silinder head, jika sudah begitu kudu segera diganti sebelum terlambat.
Sebaiknya gunakan coolant satu merk untuk mengisi radiator, karena setiap pabrikan mempunyai racikan/komposisi bahan yang berbeda, ditakutkan adanya ketidakcocokan/ketidakserasian antar bahan di setiap pabrikan yang bisa saja malah berakibat buruk, seperti yang dibilang MaxxPart... bisa ditambahkan air aquades (air aki tutup biru) atau air ledeng saja malah lebih aman
CMIIW ya...



Thermostat
Quote:Original Posted By unggulpribadi
Saya sharing akibat melepas thermostat yang berfungsi mengatur kerja mesin agar selalu bekerja pada suhu optimal.
Yang belum tahu seperti apa bentuk thermostat, saya share fotonya :

Jika thermostat dilepas, akibatnya air akan selalu berputar di water jacket yang lama-kelamaan akan menyebabkan korosi. Korosi ini lambat laut akan menyebabkan jebolnya coin plug dan air akan menembus ruang mesin dan air tersebut akan bercampur dengan oli.... akibatnya silahkan dikira-kira sendiri ya
Thermostat yang dilepas

Coin plug yang jebol karena korosi

Air yang bercampur oli >Capuchino

Yang dapat diambil hikmahnya adalah :
1. Jangan sekali-sekali melepas thermostat kecuali memang dalam keadaan darurat yg nantinya akan dipasang kembali. Semoga dengan sharing saya ini tidak ada lagi diskusi tentang efek melepas thermostat
2. Jangan sepelekan masalah air yang berkurang di reservoir, jika air selalu mengalami pengurangan yg signifikan, segera ke bengkel untuk pengecheckan
Semoga bermanfaat

Quote:Original Posted By MaxxPart
Tambahin ahh, secara niubee fungsi thermostat itu sebagai pintu air, yg tugasnya membuka pintu jika air sudah mencapai suhu tertentu air di mesin akan diganikan dengan air yg udah didinginkan di radiator, nah yg panas pindah ke radiator untuk didinginkan.
Nah jika thermostat dicabut maka air akan berputar terus sehingga sulit mencapai suhu ideal yang dibutuhkan mesin, tapi jika ada masalah, dan air menjadi panas semua maka air tersebut akan sulit menjadi dingin lagi.
Air yg lebih dingin itu juga tidak baik untuk mesin contohnya kalo mesin
baru dihidupkan untuk mobil2 kecil akan terasa bedanya, tenaga tidak maksimal, selain itu seperti yang dijelaskan om Unggul aliran mesin yg deras akan menyebabkan korosi.
Namun kada jika thermostat rusak boleh dicabut untuk jangka pendek, dan segera dipasang jika sudah sempat dibelikan...



Socket Dinamo Extra Fan
Quote:Original Posted By unggulpribadi
Penyebab mesin Overheat yang sering terlupakan
Mesin overheat bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain :
1. Masalah thermostat
2. Radiator mampat/bocor
3. Waterpunp bocor/rembes
4. Dinamo extra fan yg tidak berputar
5. Tutup radiator (radiator cap) aus
6. dll

Salah satu penyebab mesin overheating yg sering terjadi pada Karimun Kotak yang kadang sering diabaikan/terlupakan adalah rusaknya Socket Dinamo Extra Fan (meleleh karena panas mesin dan terlalu dekat dengan radiator). Jika terjadi kerusakan/masalah pada socket tsb. selama ini tindakan emergency yg bisa kita lakukan adalah dengan men"jumper" dinamo extra fan tsb menggunakan kabel tambahan.
Nah..alangkah baiknya sebelum masalah tsb kita alami, sebaiknya kita lakukan tindakan preventif terlebih dahulu dengan biaya yang sangat2 murah bahkan gratis selama kita mempunyai bahan2nya dan tentunya bisa kita kerjakan sendiri serta hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit saja.

Yg belum tahu dimana letak socket dinamo extra fan, bisa lihat foto di bawah ini


Bahan-bahan yg diperlukan hanyalah :
1. Peredam aluminium foil ukuran 10 x 10 cm (1 lembar aluminium foil, bisa digunakan untuk lebih dari 50 mobil)
2. cable ties ukuran kecil (5cm) 2 buah

Dan alat yg dibutuhkan hanyalah sebuah cutter

Caranya :
1. Potong aluminium foil dengan ukuran 10 x 10 cm saja


2. Iris/potong busa aluminium agar lebih tipis u/ mempermudah pemasangan


3. Bungkus dinamo extra fan menggunakan aluminium foil dan ikat kedua sisi menggunakan cable ties dengan sebelumnya memeriksa sambungan2 dan mengencangkannya


Sekarang anda sudah terbebas dari salah satu penyebab mesin overheating dengan biaya sangat-sangat murah atau bahkan tidak mengeluarkan biaya sepeserpun jika mempunyai bahan2nya. Mudah2an tidak ada lagi diantara kita (terutama pengguna Karimun Kotak) yang mengalami overheating karena disebabkan oleh ausnya socket dinamo extra fan.

Semoga bermanfaat
(Part 2 Page 181)

Quote:Original Posted By edoar

kondisi pipa inlet waterpump & waterpump pd 100.000 Km dengan penggunaan radiator coolant dari baru (fresh from showroom)..
(Part 4 Page 374)

Water Hose


Komunitas Karimun Kaskus Part 5

TIPS & TRIK SEPUTAR KARIMUN, LANJUT KE PAGE 2 YA.. emoticon-Peace
Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Komunitas Karimun Kaskus Part 5
13-05-2015 13:19
SISTEM BAHAN BAKAR (CARBURETOR)

Tips Setelan Karburator
1. Setel campuran angin dan bensin, putar setelan angin di belakang karbu bentuknya sekrup pake obeng min, setelan suhu mesin normal, silakan putar baut tersebut sampai didapat RPM tertinggi.
2. Setel timing di 8 - 10 derajat.
3. Setel idle tanpa beban di RPM 800-850 rpm.
4. Setel idle + kipas raditor menyala di 850 rpm.
5. Setel idle kelistrikan (nyalakan headlamp) di 850 rpm.
6. Setel idle AC (nyalakan AC) di 900 rpm.
selalu check ulang sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.


Pemasangan CAI by Eko P
http://old.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=8006
Quote:Original Posted By die_audie
1. Lepas semua selang-selang ( selang pembuangan uap oli menuju filter udara, selang input dibawah karburator).
2. Selang yg ke input karburator diganti selang bensin (ujung selang A - yang tidak ada inner pipenya) pasang kembali clamp original nya.
3. Pasang selang bensin ujung B (yang ada inner pipe) ke filter CAI, kencangkan clamp-nya (pastikan benar-benar kencang agar filter CAI tidak mudah lepas).
4. Posisikan filter CAI sampai deket headlamp sebelah kanan agar udara yang terhirup bebas dari panas mesin tapi tetap terlindung air hujan.
5. pasang Selang L untuk pembuangan uap oli dari tutup silinder head ke filter udara (gunakan kembali clamp original bawaan Mumun).
Untuk yang masih menggunakan filter standar Selang L bisa dipotong terlebih dahulu..
Hasilnya.., cobaiin sendiri apalagi kalo udah pakai OAF (Terima kasih untuk Om Eko.P yang sudah meriset CAI untuk K3 ).


Untuk yang masih pakai Filter Standar

(Part 2 Page 179)


Cara Pasang VA Sendiri


Quote:Original Posted By tamulilingan
emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
siLebah coba berbagi arsipnya ya oom.. emoticon-Peace




Mudah2an bermanfaat ya..emoticon-Cendol (S)
(Part 3 Page 202)


Fuel Pump
Quote:Original Posted By eko.p
Untuk mencegah terjadinya mogok yg dikarenakan fuelpump tiba-tiba tewas alangkah baiknya kita sediakan fuelpump cadangan. Sediakan saja yg murah meriah toh hanya digunakan sebagai cadangan saja.

Sediakan Fuelpump model begini berikut selangnya +/- 50cm

Kelebihan fuelpump cadangan model ini bisa dipakai sampai kita punya dana untuk mengganti yg didalam tangki(originalnya) jd ga perlu buru-buru ganti, atau klo kebetulan kita dalam pejalanan ke luar kota bisa sampai kembali ke kota asal dan ditangani oleh mekanik kepercayaan kita sendiri khanemoticon-Big Grin

Berikutnya sediakan soket/jalur perkabelan.Bisa menggunakan saklar khusus atau diikutkan kabel kunci kontak. Kalau di mm saya menggunakan kelistrikan koil supaya lebih simpel dan ga panjang2 amat kabelnya, tuk setrum positifnya saya ambilkan dari setrum positif kabel koil(kabel warna hitam) sedang setrum negatif/groundnya ke firewall. Tuk soketnya pergunakan yg seperti gambar, jd nanti tinggal colokin aja soketnya ke soket fuelpump cadangan

Untuk peletakannya berhubung hanya untuk sementara saya posisikan seperti gambar berikut supaya tidak terlalu jauh dari selang bbm berikut kabel kelistrikannya dan juga dapat mempermudah dan mempersingkat waktu bongkar pasangnya.

Setelah fuelpump cadangan terpasang berikut soket kelistrikannya sekarang tinggal memasang selang-selangnya seperti gambar berikut.saya buat seperti ini juga supaya kita tidak perlu melepas semua selang, cukup ujung selang yg didekat firewall(selang yg dr tangki bbm ke karbu) lalu kita tancapkan ke bagian out fuelpump cadangan sedang selang tambahan tinggal tancapkan ke pipa yg di firewall tadi.

Berikut posisi-posisi peletakan sambungan selang bbm untuk fuelpump cadangan

Beres dah langsung emoticon-Ngacir

Semoga membantuemoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By hung tjoen
untuk lebih simple dan efisien bisa juga menggunakan pumpa espass ini om gak lebih dari 175.000.

(Part 4 Page 11)

Quote:Original Posted By hung tjoen
Vacuum Chamber

(Part 4 Page 375)

Quote:Original Posted By edoar
Cara Pasang Vacuum Chamber

Part 4 Page 380

Diubah oleh alv.kw
0 0
0
Halaman 1 dari 156
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia