alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Isi survey KASKUS TV ini dan dapatkan pulsa Rp 100 ribu! Minat? Klik di sini!
1024
1024
KASKUS
51
244
4.54 stars - based on 13 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5537b1b6947868ea2f8b456a/ask--answer-about-gemstone
Lapor Hansip
22-04-2015 21:35
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ [ASK & ANSWER] ABOUT GEMSTONE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~
~๑ஜ★۞★ஜ๑~ [ASK & ANSWER] ABOUT GEMSTONE ~๑ஜ★۞★ஜ๑~[/center]

Trit ini ditujukan sebagai wadah untuk kaskuser bertanya segala hal yg berhubungan dengan perbatuan, dan belum ada trit yang membahasnya

Rules :
No flame
No debat
No junk
Dilarang post "ijin nyimak, mantau, dkk"
postingan gambar/video WAJIB menggunakan spoiler

cara bikin spoiler
[/QUOTE]
Quote:
koleksi yang ingin ditanyakan agar difoto sesuai dengan cara dibawah ini untuk memudahkan identifikasi :
1. foto dari atas dengan disenter dari atas
2. foto dari atas dengan di senter dari bawah
3. foto outdor
4. pastikan fokus kamera ke batunya yaw

*contoh foto menyusul

Mohon sesepuh2 yg memiliki pengetahuan berkenan untuk membantu menjawab

Quote:

klo sekiranya ada yg perlu di taro di pejwan tolong kabarin yaw emoticon-Smilie

[QUOTE][CENTER]Rules & Disclaimer
  1. apa yang ada didalam trit ini hanya untuk konsumsi pribadi kaskuser yang membaca trit ini
  2. untuk yang bertanya/minta di identifikasi batu miliknya, identifikasi tersebut didasarkan kepada pengalaman kaskuser yang menjawabnya, Identifikasi yang dilakukan tidak akan 100% benar...Lab aja pake alat2 mahal..lah ini lewat poto seadanya doank emoticon-Hammer
  3. postingan identifikasi batu, WAJIB batu tersebut milik sendiri, dan bukan sedang dalam proses tawar menawar/ proses jual beli. KARENA TRIT INI BUKAN TEMPAT QUALITY CONTROL MAUPUN QUALITY CHECK
  4. segala macam penyimpangan dari rules trit adalah tanggung jawab individu masing-masing
  5. segala hal yang belum diatur, dapat ditambahkan sewaktu-waktu
Diubah oleh gepek.ajah
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 96
Lapor Hansip
22-04-2015 22:04
Mbah tanya donk mbah
Cara ngerawat batu bacan gimana ya? Ane rendemin terus kok gak tembus2 jugaemoticon-Bingung (S)
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:11
mau ikutan nanya nih om..emoticon-Embarrassment

kalo di daerah jakarta dan sekitarnya tempat buat moles / mengasah batu dimana yang bagus ya..emoticon-Malu

maksudnya dengan ramainya orang jualan batu dan makin banyaknya orang yang buka tempat buat mengasah batu,
kebanyakan gak terlalu pandai dalam mengasah sehingga hasilnya pun kurang mantep..

nah ane pengen nanya dimari, kira2 dimana tempat yang kualitas asahannya mantep ya..emoticon-Embarrassment

thx om..emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By srahayudes
Mbah tanya donk mbah
Cara ngerawat batu bacan gimana ya? Ane rendemin terus kok gak tembus2 jugaemoticon-Bingung (S)


biasanya ane ngerawat batu cuma direndam dalam air aja sih kak..

kalo soal tembus ato gaknya gak tau lah tuh ya kak..

kalo mau cepat sih konon kabarnya caranya direndam dalam air panas,,

cuma hasilnya beda dengan batu yang direndam secara alami..

CMIIW..emoticon-Embarrassment
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:14
Quote:Original Posted By kodratzikri
mau ikutan nanya nih om..emoticon-Embarrassment

kalo di daerah jakarta dan sekitarnya tempat buat moles / mengasah batu dimana yang bagus ya..emoticon-Malu

maksudnya dengan ramainya orang jualan batu dan makin banyaknya orang yang buka tempat buat mengasah batu,
kebanyakan gak terlalu pandai dalam mengasah sehingga hasilnya pun kurang mantep..

nah ane pengen nanya dimari, kira2 dimana tempat yang kualitas asahannya mantep ya..emoticon-Embarrassment

thx om..emoticon-Embarrassment



biasanya ane ngerawat batu cuma direndam dalam air aja sih kak..

kalo soal tembus ato gaknya gak tau lah tuh ya kak..

kalo mau cepat sih konon kabarnya caranya direndam dalam air panas,,

cuma hasilnya beda dengan batu yang direndam secara alami..e

CMIIW..emoticon-Embarrassment

Iya ni ane rendem cm blom tembus2 apa lama kali ya...
Btw tmpat gemstone banyak loh.. Di rawabening ada, cakung di grand cakung ada.. Bekasi di grand mall ada, cibubur jg ada blom lg yg pinggiran jalanemoticon-Hammer (S)
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:14
Quote:Original Posted By srahayudes
Mbah tanya donk mbah
Cara ngerawat batu bacan gimana ya? Ane rendemin terus kok gak tembus2 jugaemoticon-Bingung (S)


Udah coba proses - proses ini gan?

Soaking
Soaking adalah peroses perendaman batu dalam sebuah wadah yang berisi air dingin atau hujan atau air yang tidak mengandung zat kapur. Proses ini bisa memakan waktu 24 jam (sehari semalam) untuk memastikan air menyerap dengan sempurna ke dalam batu. Fungsi perendaman ini untuk mengangkat zat non alam yang ada dalam batu seperti minyak atau cairan kimia. Kerena kemungkinan saat peroses pembentukan atau threatmen dari pengrajin pernah direndam dengan ciran kimia.

Drying
Drying adalah proses pengeringan. Caranya angkat dari dalam rendaman untuk selanjutnya dilap dengan kain/bahan lembut sambil diangin-anginkan agar batu mongering secara alami dalam suhu normal (jangan dijemur) proses ini memakan waktu selama 2 hari

Heating
Proses pemanasan dengan suhu 70-80 derajat Celcius. Namun sebaiknya ambil langkah aman dengan menjemur pada terik matahari mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB. Proses ini akan mengubah warna batu yang semua gelap, hitam ata coklat akan terlihat mulai berubah menjadi hijau atau biru dan mulai merata dan terlihat agak jernih

Waktu proses pemanasan bisa memakan waktu beberapa hari tergantung berubahan yang terlihat sampai batu berwarna merata. Namun, hal yang perlu diingat saat melakukan penjemuran pastikan batu tidak mengandung air lagi didalamnya setelah melakukan proses perendaman dan pengeringan yang telah dilakukan sebelumnya.

Cooling
Proses pendinginan batu. Setelah dilakukan pemanasan atau penjemuran, jika batu sudah terlihat mulai jernih dengan warna merata maka langkah terakhir adalah pendinginan (cooling) dengan cara merendam pada air hujan atau bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kayu putih. Setelah proses ini batu bacan akan terlihat mengkilap dan mengkistal.

langkah 1 sampai 4 bisa dilakukan berulang gan emoticon-Big Grin
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:15
Quote:Original Posted By srahayudes

Iya ni ane rendem cm blom tembus2 apa lama kali ya...
Btw tmpat gemstone banyak loh.. Di rawabening ada, cakung di grand cakung ada.. Bekasi di grand mall ada, cibubur jg ada blom lg yg pinggiran jalanemoticon-Hammer (S)


ya itu kak
coba aja rendam di air rebusan,, katanya lebih cepat..
cuma ya itu kualitasnya beda dengan yang alami..emoticon-Hammer
CMIIW emoticon-Embarrassment

ya tau sih banyak tempatnya,,
cuma takutnya kualitas asahannya gak mantep aja kak,,
mau nyari yang mantepp..emoticon-Malu
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:16
Quote:Original Posted By Mr.Big


Udah coba proses - proses ini gan?

Soaking
Soaking adalah peroses perendaman batu dalam sebuah wadah yang berisi air dingin atau hujan atau air yang tidak mengandung zat kapur. Proses ini bisa memakan waktu 24 jam (sehari semalam) untuk memastikan air menyerap dengan sempurna ke dalam batu. Fungsi perendaman ini untuk mengangkat zat non alam yang ada dalam batu seperti minyak atau cairan kimia. Kerena kemungkinan saat peroses pembentukan atau threatmen dari pengrajin pernah direndam dengan ciran kimia.

Drying
Drying adalah proses pengeringan. Caranya angkat dari dalam rendaman untuk selanjutnya dilap dengan kain/bahan lembut sambil diangin-anginkan agar batu mongering secara alami dalam suhu normal (jangan dijemur) proses ini memakan waktu selama 2 hari

Heating
Proses pemanasan dengan suhu 70-80 derajat Celcius. Namun sebaiknya ambil langkah aman dengan menjemur pada terik matahari mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB. Proses ini akan mengubah warna batu yang semua gelap, hitam ata coklat akan terlihat mulai berubah menjadi hijau atau biru dan mulai merata dan terlihat agak jernih

Waktu proses pemanasan bisa memakan waktu beberapa hari tergantung berubahan yang terlihat sampai batu berwarna merata. Namun, hal yang perlu diingat saat melakukan penjemuran pastikan batu tidak mengandung air lagi didalamnya setelah melakukan proses perendaman dan pengeringan yang telah dilakukan sebelumnya.

Cooling
Proses pendinginan batu. Setelah dilakukan pemanasan atau penjemuran, jika batu sudah terlihat mulai jernih dengan warna merata maka langkah terakhir adalah pendinginan (cooling) dengan cara merendam pada air hujan atau bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kayu putih. Setelah proses ini batu bacan akan terlihat mengkilap dan mengkistal.

langkah 1 sampai 4 bisa dilakukan berulang gan emoticon-Big Grin

Nah.. Kalo ane sih rendem pake air biasa duamalem trus keringin trus rendem lagi pake zaitun tp blom tembus jugaemoticon-Frownemoticon-Frown
Sedikit prustasi ya ngurus bacan ini mesti sabaremoticon-Embarrassment
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:18
Quote:Original Posted By srahayudes

Nah.. Kalo ane sih rendem pake air biasa duamalem trus keringin trus rendem lagi pake zaitun tp blom tembus jugaemoticon-Frownemoticon-Frown
Sedikit prustasi ya ngurus bacan ini mesti sabaremoticon-Embarrassment


kalo minyak zaitun kagak mempan juga udah coba pake air enau om?
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:20
Quote:Original Posted By Mr.Big


kalo minyak zaitun kagak mempan juga udah coba pake air enau om?


Air enau itu apa ya ???

---

@ qodrat : di rb ada tuh tukang potong langganan ane emoticon-thumbsup
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:22
nanya sih nih dpt info jdri temen kalau lumut suliki ijo atau yg merah direndem pake air ujan bisa munculin warna baru atau bikin lebih bagus katanya?

kandungan air hujan disetiap daerah beda-beda kan ya? apa sama? yg saya tahu air ujan itu bukanya mengandung sedikit asam ya makanya besi bisa karatan, mohin pencerahannya
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:22
asik nih nimbrung dsini emoticon-Toast
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:25
Quote:Original Posted By srahayudes


Air enau itu apa ya ???

---

@ qodrat : di rb ada tuh tukang potong langganan ane emoticon-thumbsup


bahan dasar buat gula merah om

Enau
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:26
Quote:Original Posted By deadmanksih
asik nih nimbrung dsini emoticon-Toast


eiiit om puh ada lagi dimari emoticon-Salaman lagi ah emoticon-Big Grin
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:30
mau tanya donk duhu.

biaya threadmen dyed brp yak? dmn? emoticon-Malu
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:30
Quote:Original Posted By Mr.Big


eiiit om puh ada lagi dimari emoticon-Salaman lagi ah emoticon-Big Grin


iya nih bang, mumpung masih anget2nya nih forum emoticon-Salaman
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:38
Quote:Original Posted By srahayudes

Nah.. Kalo ane sih rendem pake air biasa duamalem trus keringin trus rendem lagi pake zaitun tp blom tembus jugaemoticon-Frownemoticon-Frown
Sedikit prustasi ya ngurus bacan ini mesti sabaremoticon-Embarrassment

semua butuh proses... klo mau cpt treatment aja di lab.

aq nyoba pake air hujan 2 bln ga ada perubahan.
pake air garem 1bln ga ada perubahan.
pokarswet 2bln lbih jg ga ada perubahan.

kmren sempet nyoba tak masukin ke dalam magicjar kapur sedikit ke angkat....
pernah tak rebus malah jadi ada creknya emoticon-Ngakak




#saran aja.
sebaiknya klo mau ngobrol dan bertegur sapa di sebelah aja, disini khusus tanya jawab biar lebih rapi
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:40
Quote:Original Posted By ringgaUNDIL
mau tanya donk duhu.

biaya threadmen dyed brp yak? dmn? emoticon-Malu


treatment DYE atau pewarnaan biasanya di salon salon akik ada puh, biaya kalo ga salah kisaran 50-70rb tergantung jumlah warna

Quote:Original Posted By deadmanksih


iya nih bang, mumpung masih anget2nya nih forum emoticon-Salaman


iya juga yak, sembari silaturahmi bang hehehe
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:41
Gan,tanya donk. Bedanya kalimaya/BO asal banten sama afrika n aussie tuh apa yah?terus kenapa relatif lebih mahal punyanya banten yah?soalnya ane naksir bgt sama kalimaya apalagi kalimaya teh.
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:47
Quote:Original Posted By G.E.L.O
Gan,tanya donk. Bedanya kalimaya/BO asal banten sama afrika n aussie tuh apa yah?terus kenapa relatif lebih mahal punyanya banten yah?soalnya ane naksir bgt sama kalimaya apalagi kalimaya teh.


setau nubie.... klo banten itu permainan warnanya itu hidup brooh..... berbeda dengan atrika... klo d sorot lampu senter pasti perubahan colour nya d tempat yg sama

berbeda dengan banten jika di sorot maka akan berubah2

itu klo pandangan nubie
0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:52
Quote:Original Posted By demonbless


setau nubie.... klo banten itu permainan warnanya itu hidup brooh..... berbeda dengan atrika... klo d sorot lampu senter pasti perubahan colour nya d tempat yg sama

berbeda dengan banten jika di sorot maka akan berubah2

itu klo pandangan nubie

Oh gitu...jadi punya banten lebih hidup yah colournya. Trs kalo roughnya gimana gan sama atau ga?ane puny kenalan katanya bahan bo punya banten tuh fosil kayu gitu,nah kalo yg dr luar murni batu.

0
Lapor Hansip
22-04-2015 22:56
Quote:Original Posted By G.E.L.O

Oh gitu...jadi punya banten lebih hidup yah colournya. Trs kalo roughnya gimana gan sama atau ga?ane puny kenalan katanya bahan bo punya banten tuh fosil kayu gitu,nah kalo yg dr luar murni batu.



banten harus dibedakan antara sempur dan opal....

sempur itu berupa fosil kayu... masih ada urat kayu... klo anak2 KGC bilangnya kek areng lah kasarnya emoticon-Ngakak

tetapi terkadang ada kembangnya... ini cuma di permukaan saja

klo d gospol ilang biasanya

Opal itu udah berbentuk batu... sepeerti batu2 kalimaya yg ada... jd d poles pun kembangnya tergantung baawaan lahir si batunya

jika memang bagus ya bagus.... klo segitu ya segt ajjh

0
Halaman 1 dari 96
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.