alexa-tracking
Kembali ke Versi Lama
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.77 stars - based on 134 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/550e83e99e7404e6668b4567/inilah-yang-terjadi-jika-kita-bergerak-dalam-kecepatan-cahaya
22-03-2015 15:57
Inilah yang Terjadi Jika Kita Bergerak dalam Kecepatan Cahaya
Past Hot Thread
Inilah yang Terjadi Jika Kita Bergerak dalam Kecepatan Cahaya


Thx momod udah bikin thread ane jadi HT emoticon-Matabelo
Hot Thread


Inilah yang Terjadi Jika Kita Bergerak dalam Kecepatan Cahaya (Teori Relativitas)



Inilah yang Terjadi Jika Kita Bergerak dalam Kecepatan Cahaya



Sebenarnya ada banyak yang harus dipelajari. Tapi kita langsung saja melihat apa yang terjadi pada suatu benda saat kita membuatnya bergerak mendekati kecepatan cahaya. Ada tiga hal penting:


Quote:
1. Kontraksi

Ini akan terjadi pada semua orang. Jika kita bergerak mendekati kecepatan cahaya, lalu seseorang yang melihat kita, akan melihat kita mengecil. Tapi dari sisi kita, segala sesuatu yang kita lihat akan terlihat bergerak ke arah belakang kita mendekati kecepatan cahaya, dan juga seperti memiliki dimensi yang mengecil.


Quote:
2. Melambatnya Waktu.

Fenomena ini disebut dilasi (dilation), dan lagi, ini terjadi pada semua orang. Artinya bahwa jika kita bergerak mendekati kecepatan cahaya, semua orang yang melihat kita akan melihat bahwa waktu akan berjalan lebih lambat untuk kita: arloji kita berjalan lebih lambat, umur kita melambat, detak jantung kita melambat, dst. Tapi kita juga melihat hal yang sama, umur orang-orang itu melambat, dst.


Tapi jika kita pergi dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya dan lalu kita kembali ke bumi pada kecepatan bumi, kita akan menemukan fakta bahwa selama perjalanan kita, meski umur kita berjalan normal seperti biasa, yang terjadi di bumi lebih lama waktu yang telah terlewati.


Inilah yang Terjadi Jika Kita Bergerak dalam Kecepatan Cahaya



Mari kita lihat bagaimana ini terjadi. Lihat video ini:





Quote:
3. Lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk menambah kecepatan.

Beberapa dari Anda yang tahu sedikit fisika tahu bahwa besarnya energi dari suatu partikel adalah E=mc2. Beberapa dari Anda juga tahu bahwa Energi Kinetik = 1/2 mv2. Tapi saat Anda bergerak mendekati kecepatan cahaya, hal itu butuh dan butuh lagi lebih energi untuk bergerak lebih cepat. Pada grafik di bawah ini, garis ungu adalah formula lama untuk energi kinetik, tapi garis merah merupakan energi yang sebenarnya (relativistic). Catat bahwa Anda tidak akan pernah benar-benar sanggup mencapai kecepatan cahaya, tapi bahwa energi itu mendekati tak terbatas (infinity).


Inilah yang Terjadi Jika Kita Bergerak dalam Kecepatan Cahaya

Quote:
Jadi itulah yang terjadi saat suatu benda biasa mendekati kecepatan cahaya: terlihat mengalami kontraksi, waktu melambat, dan kebutuhan akan energi yang lebih besar untuk menambah kecepatannya. Atau misalnya, sesuatu yang tidak memiliki massa (seperti foton, atau mengkin gravitasi), harus bergerak pada kecepatan cahaya.



Inilah yang Terjadi Jika Kita Bergerak dalam Kecepatan Cahaya


Quote:Ok, jika Anda menggunakan seluruh energi di jagat raya untuk pesawat ruang angkasa Anda, Anda mungkin bisa mendekati kecepatan cahaya. Seberapa dekat? Kecepatan cahaya tepatnya 299,792,458 meter/detik. Dan Anda bisa mencapai antara kira-kira 1 x 10-30 meter/detik dari angka itu - udah bagus banget. Taruhlah Anda mencapai kecepatan itu, apa yang akan terjadi?

Quote:Pertama, Seluruh jagat raya akan berkontraksi menjelma menjadi hanya beberapa milyar kilometer - kurang dari satu tahun cahaya!
Kedua, waktu akan melambat begitu hebat, hingga umur Anda akan hanya beberapa detik sementara jagat raya pada kenyataannya telah bertambah umur trilyunan tahun!

Quote:Galaksi akan berfusi, bintang-bintang akan lahir dan meledak dalam sekejap mata. Dan akhirnya, Anda mungkin akan menjadi yang pertama kali melihat takdir dari jagat raya; jika jagat raya punya akhir, Anda bisa melambatkan waktu begitu hebat untuk Anda sendiri sehingga mungkin Anda tidak hanya melihatnya, Anda mungkin melakukannya hanya dalam hitungan detik.


Jadi masalahnya bukan hanya bagaimana mencapai kecepatan cahaya,
tapi ada alasan lain kenapa mending kita tidak usah mencoba melakukannya.



Beberapa Komentar Kaskuser


Inilah yang Terjadi Jika Kita Bergerak dalam Kecepatan Cahaya

Diubah oleh Desfirenze
0
Kutip
Balas
Urutan
Terlama
Halaman 1 dari 63
22-03-2015 16:05
Thread yg bginian yg ane demen emoticon-thumbsup
ijin nyimak sampe bawah dulu gan, btw ane pertamax ya emoticon-Bingung (S)
0
Kutip
Balas
22-03-2015 16:12
Quote:Original Posted By costanzza
Thread yg bginian yg ane demen emoticon-thumbsup
ijin nyimak sampe bawah dulu gan, btw ane pertamax ya emoticon-Bingung (S)



ok sis sebelumnya tolong di emoticon-Rate 5 Star
0
Kutip
Balas
22-03-2015 17:06
baca dulu
0
Kutip
Balas
22-03-2015 17:46
bingung gan, knp lebih baik tidak melakukan?? kan bagus tuh kalo ada pesawat yg hampir sama speednya sm cahaya emoticon-Bingung
alasannya apa tuh??
0
Kutip
Balas
22-03-2015 18:05
Quote:Original Posted By biannt
bingung gan, knp lebih baik tidak melakukan?? kan bagus tuh kalo ada pesawat yg hampir sama speednya sm cahaya emoticon-Bingung
alasannya apa tuh??


kalaupun ada yg bs melakukannya, itu akan sia2 krn begitu pesawat yg berkecepatan cahaya pergi beberapa detik saja maka yg berada di bumi akan merasakan pesawat itu pergi bertahun2 bahkan bisa ratusan tahun. padahal yg berada di dalam pesawat merasa dia pergi hanya sebentar. itulah teori relativitas emoticon-Cendol (S)
0
Kutip
Balas
22-03-2015 19:27
Quote:Original Posted By devata87


kalaupun ada yg bs melakukannya, itu akan sia2 krn begitu pesawat yg berkecepatan cahaya pergi beberapa detik saja maka yg berada di bumi akan merasakan pesawat itu pergi bertahun2 bahkan bisa ratusan tahun. padahal yg berada di dalam pesawat merasa dia pergi hanya sebentar. itulah teori relativitas emoticon-Cendol (S)


Setubuh gan emoticon-Smilie kalo pun misal agan bisa pergi, tim agan yg dibumi pada udh tua emoticon-Ngakak (S)...

0
Kutip
Balas
22-03-2015 19:34
Trus kalo kecepatan suara itu berapa kalinya kecepatan cahaya ya gan ?emoticon-Confused
0
Kutip
Balas
22-03-2015 20:13
Quote:Original Posted By sharkfacegang
Trus kalo kecepatan suara itu berapa kalinya kecepatan cahaya ya gan ?emoticon-Confused


Kecepatan cahaya ( kira-kira ) = 299.792.458 m/det.
Kecepatan suara ( kira-kira ) = 344 m/det.

Ente itung aja sndiri emoticon-Big Grin
0
Kutip
Balas
22-03-2015 20:48
berarti kalau kita bisa mendekati kecepatan cahaya sama aja kita pergi ke masa depan dong ya? kita pulang yang kita kenal udah ilang mungkin pas balik keadaan dan tren udah beda emoticon-Big Grin
kayanya sih time travel yang paling alami ini jadi astronot ya? walau keliatannya deket tapi tetep aja pas pulang mungkin temennya yang di bumi udah lebih tua dikit emoticon-Ngakak (S)
0
Kutip
Balas
22-03-2015 20:48
waw keren ya gan, suka banget sama trit beginian terimakasih gan pengetahuan ane jd nambah
0
Kutip
Balas
22-03-2015 23:14
paling demen sama trit beginian nih. oia gan dosen fisika ane juga pernah ngjelasin masalah klo pergi dengan kecepatan cahaya, maka org yg tinggal d bumi bakalan lebih tua dibanding yg sedang melakukan perjalalan. dan ane baru ngrrti pas baca trit nte gan. tks gan
0
Kutip
Balas
22-03-2015 23:20
Apa udah ada yang mencoba kecepatan cahaya ?dikehidupan ini
-1
Kutip
Balas
22-03-2015 23:57
CTRL + D dulu gan emoticon-Cendol (S)

••••••••••

Pekiwan ker emoticon-Cool
Diubah oleh aanblast
0
Kutip
Balas
23-03-2015 00:32
Akankah dimasa depan bkal ada pesawat
yg bisa mnyamai kcepatan cahaya? emoticon-Belo
0
Kutip
Balas
23-03-2015 07:15
Menarik ini gan, kira2 setiap detik seseorang bergerak dengan kecepatan cahaya, berapa selisih umurnya dibanding keadaan normal ya?
0
Kutip
Balas
23-03-2015 08:05
kcpatn suara ga ad apa2 nya
dibandingin kcpatn cahaya,,

itulah sbabnya knapa saat kita ngeliat petir, suaranya bbrapa detik kemudian bru kdengeran,,
0
Kutip
Balas
23-03-2015 09:05
Quote:Original Posted By s4njie
Menarik ini gan, kira2 setiap detik seseorang bergerak dengan kecepatan cahaya, berapa selisih umurnya dibanding keadaan normal ya?

kalo kyak gitu itu ane kurang tau gan emoticon-Malu
mungkin mastah dimari ada yg mau mnjelaskan emoticon-Malu (S)
0
Kutip
Balas
23-03-2015 09:32
beh,
ttp aja pengen jadi flash whaha
0
Kutip
Balas
23-03-2015 10:06
mulut jadi lower mungkin gan
-1
Kutip
Balas
23-03-2015 10:21
Quote:Original Posted By Vegzz
Akankah dimasa depan bkal ada pesawat
yg bisa mnyamai kcepatan cahaya? emoticon-Belo


Pertanyaan agan ane jabarin seperti ini :
Pertanyaan yg lebih tepat itu "Dapatkah manusia dikemudian hari menghasilkan energi yg mendekati tak terhingga untuk mendorong sebuah benda yg bermassa agar dapat mendekati kecepatan cahaya ?" Kita ulas balik rumus nya "E= m.c²" ....
Dari rumus itu agan pasti tau kesimpulannya kok emoticon-Smilie ...
0
Kutip
Balas
Halaman 1 dari 63
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 Kaskus – The Largest Indonesian Community