News
Batal
KATEGORI
link has been copied
30
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54d5d7b160e24b225e8b4572/300-teks-kuno-ri-dirawat-inggris-bila-dikembalikan-sanggupkah-merawatnya
From detiknews Jakarta - Ada sekitar 300-an teks kuno yang memiliki nilai bersejarah di RI kini tersebar di berbagai lembaga di Inggris. Bila teks itu dikembalikan ke Indonesia, sanggupkah merawatnya? Keraguan ini dilontarkan antropolog dan sosiolog dari Jerman, Werner Kraus, yang juga menjadi kurator di pameran 'Aku Diponegoro'. Werner pernah melihat manuskrip dan lukisan yang dikembalikan ke Ind
Lapor Hansip
07-02-2015 16:15

300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?

Quote:

From detiknews

Jakarta - Ada sekitar 300-an teks kuno yang memiliki nilai bersejarah di RI kini tersebar di berbagai lembaga di Inggris. Bila teks itu dikembalikan ke Indonesia, sanggupkah merawatnya?

Keraguan ini dilontarkan antropolog dan sosiolog dari Jerman, Werner Kraus, yang juga menjadi kurator di pameran 'Aku Diponegoro'. Werner pernah melihat manuskrip dan lukisan yang dikembalikan ke Indonesia, kondisinya sekarang sudah hampir hancur.

"Karena tidak dirawat dengan baik oleh pemerintah Indonesia. Padahal manuskrip ini sangat banyak di Inggris," ujar Werner yang juga Direktur Pusat Seni Asia Tenggara yang menangani arsip pada seni Indonesia modern ini, dalam Curator's Talk pameran 'Aku Diponegoro' di Galeri Nasional, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Jumat (6/2/2015).

Sedangkan sejarawan asal Inggris Peter BR Carey menambahkan, ada sekitar 300 teks kuno Indonesia yang ada di Inggris. Usaha untuk menginventarisasinya, diterbitkan katalog manuskrip teks kuno.

"Ada yang dari Banten, Aceh. Surat yang ditulis Sultan Iskandar Muda juga ada, macam-macam. Banyak hal yang luar biasa, itu tersimpan di Oxford, Cambridge, Dublin, London, British Museum," imbuhnya.

Namun, beberapa pihak yang berkepentingan pada teks kuno itu, seperti Keraton Yogyakarta malah menerima naskahnya dirawat di Inggris, dengan syarat mereka diberikan akses pada naskah itu. Mengenai perawatan naskah kuno ini, Peter mengatakan tahun 1989 pernah memberikan naskah tentang tari bedoyo dalam bentuk microfilm pada perpustakaan di Keraton.

"Sekarang microfilm itu sudah tak bisa dibaca lagi, sudah rusak berat. Tapi di sini, di Perpustakaan Nasional, bisa dibaca, karena dirawat," jelasnya.
Diubah oleh 9feet
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
07-02-2015 16:38
Sebentar lagi muncul e-teks kuno buatan kowi

0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
07-02-2015 17:30
Merawat barang kuno gitu memang perlu teknik dan pengetahuan yang tinggi akan material sih gan... Mohon bantuan dari Anis Baswedan
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
07-02-2015 17:33
lebih baik disimpan inggris aja emoticon-Smilie
bukti kecurangan pas pemilu aja bisa hilang kok emoticon-Ngakak
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
07-02-2015 21:34
Yaudah sih gpp biar dirawat orang aja, yg penting itu barang sah punya kita apa nggak?
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
07-02-2015 21:45
Sanggup gan
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
07-02-2015 22:40
Sanggup Gan! Kami para Filolog Indonesia siap merawat itu semua. O iya Gan, ane kuliah mengkaji manuskrip-manuskrip seperti itu.
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
07-02-2015 23:29
behhh emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
08-02-2015 11:58
mending dirawat sama orang inggris gan ... asal ada akses untuk melihatnya
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
08-02-2015 17:46
seharusnya indonesia bisa dan harus merawat hal-hal yang berbau sejarah.....karena itu adalah identitas bangsaemoticon-Cool
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
08-02-2015 19:57
gak bakal sanggup
gak bakal dirawat

udah dirawat disana aja

cuman dirawat kok
tapi itu udah jelas milik kita.
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
08-02-2015 20:34
pemerintah daerah banyak lho menyimpan teks2 kuno. tapi memang pemerintah belum sepenuhnya sadar pentingnya menjaga warisan kultural. banyak yang tidak terawat dan disimpan seadanya di ruangan tanpa pengatur kelembaban suhu. bahkan ada beberapa yang dijual ke pihak asing, tentu saja dengan sembunyi2. sisi lain, di beberapa daerah, bagi masyarakat lokal, teks2 kuno itu bukan hanya sekedar teks, tapi jadi rujukan kehidupan sehari2 dan bersifat sakral.
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
08-02-2015 22:06
mungkin lebih baik dirawat di negara sendiri gan,
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
09-02-2015 08:56
Quote:Original Posted By bang.roni
Sanggup Gan! Kami para Filolog Indonesia siap merawat itu semua. O iya Gan, ane kuliah mengkaji manuskrip-manuskrip seperti itu.


gan, kira2 untuk merawat barang2 bersejarah tersebut butuh berapa sih? sampe kok katanya kita gak bisa ngerawat
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
09-02-2015 12:34
taro dan rawat dsono aj
kalo dmari resiko ilang atawa dijual
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
10-02-2015 10:04
terimakasih sudah di rawat. tp pemerintah indonesia masih bisa mengakses naskah2 itu kan. jangan jangan ntar malah ke jual oleh pihak inggriss
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
10-02-2015 11:19
lama² bisa diklaim negara lain tuh...
btw tongkat pusaka pangeran diponegoro yang dikembalikan ke pemerintah RI kok publisitasnya dikit banget ya gan?
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
10-02-2015 13:59
bisa banged gan, ayo balikin......
asyiiik.... bakal ada dana perawatan yg bisa ane korup nih emoticon-Genit
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
10-02-2015 14:20
kalau dibalikin sih bakalan ada spik dana perawatan dah sama beliau beliau , indonesia gak duit gak jalan emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
10-02-2015 14:35
Benda2 dari emas saja gak mampu dijaga dengan baik disini. (kasus Sonobudoyo, Museum Nasional)
Arca2 dari batu saja gak mampu dijaga disini (kasus Museum Radyapustaka, Vandalisme candi2 nasional)
Apalagi mau dipercayakan manuskrip yang renta tak berdaya seperti itu...

Biarlah tetap disana gan.
Negara ini belum cukup bisa menghargai dirinya sendiri.
0 0
0
300 Teks Kuno RI Dirawat Inggris, Bila Dikembalikan Sanggupkah Merawatnya?
19-02-2015 20:36
gausah dibawa kesini secara fisik, cukup minta akses terbuka & bebas copyright lewat internet aja
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia