alexa-tracking
Kembali ke Versi Lama
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.83 stars - based on 40 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/547bd1a8138b46cc408b4578/drone-photography-masa-depan-travel-foto-2015
01-12-2014 09:25
Drone Photography, Masa Depan Travel Foto 2015.
Past Hot Thread
Drone Photography, Masa Depan Travel Foto 2015.

Perkembangan Travel Photography saat ini semakin pesat, dahulu kita selalu membawa DSLR dan lensa – lensa besar jika mau Traveling. Tetapi saat ini kita cukup membawa kamera mirrorless yang kecil dan ringan tetapi kualitas foto sama dengan DSLR, belum lama kita dimanjakan dengan teknologi Mirrorless tetapi sekarang sudah ada perkembangan Drone Photography, yang sangat memanjakan para Travel Photographer.

Drone Photography, Masa Depan Travel Foto 2015.



Video inilah Indonesia dari Aceh Sampai Papua, Video by Barry Kusuma.

Aerial Video juga dapat dilihat di video diatas gan.


Seorang Travel Photographer banyak memanfaatkan teknologi untuk menunjang kariernya, karena Travel Photographer diharapkan bisa membuat foto wisata yang baik dan bagus. Tujuan utama seorang Travel Photographer membuat karya foto yang baik adalah agar orang yang melihat foto travel tersebut menjadi tertarik dan ingin ketempat tersebut. Objek utama memotret traveling adalah dokumentasi alam, budaya, arsitektur dan kuliner. Untuk membuat foto yang berkualitas dibutuhkan lensa yang bervariasi seperti tele, wide dan lensa lensa fix. Permasalahan yang banyak timbul ketika memotret pada saat traveling ketika kita berhadapan dengan lokasi yang susah dijangkau, tidak adanya bukit untuk memotret dari ketinggian membuat fotografer banyak menyewa heli atau pesawat udara untuk memotret aerial. Namun jika harus menyewa pesawat untuk kebutuhan aerial foto sangatlah mahal, misalkan untuk perjam menyewa heli saja bisa mencapai $3000. Jika anda tidak sedang assignment dan dibayari jelas uang segitu sangatlah mahal.

Drone Photography, Masa Depan Travel Foto 2015.

Berkat perkembangan teknologi yang kian pesat, dalam waktu satu tahun ini banyak bermunculan drone photography. Pada awalnya yang memanfaatkan teknologi drone untuk pengambilan aerial view ini adalah para videographer, tetapi lambat laun para Travel Photographer juga ikut memanfaatkan drone ini untuk kebutuhan fotografi travelnya. Untuk saat ini penggunaan drone untuk Travel Photography memang masih belum cukup popular, karena memang membawa peralatan menjadi lebih banyak dan ribet. Dan juga perkembangan kamera untuk Drone bertipe Quadchopter (baling baling 4) masih belum sebagus kamera DSLR maupun Mirrorless, sedangkan Drone Hexachopter (baling baling 6) sebenarnya paling ideal untuk memotret aerial karena drone tipe ini bisa mengangkat kamera DSLR dan Mirrorless dengan mudahnya, kendalanya adalah beratnya dan ribetnya peralatan. Sehingga tidak banyak travel photographer yang mau menggunakan drone.

Drone Photography, Masa Depan Travel Foto 2015.

Saat ini ada berbagai tipe dan jenis drone yang beredar dipasaran, ada istilah Hexachopter yang mempunyai baling baling sampai 6 dan drone tipe ini biasanya digunakan oleh videographer untuk membuat film dengan menerbangkan kamera DSLRnya. Tipe Hexachopter ini kekurangannya adalah sangat besar dan ribet, selain itu baterenya juga tidak bertahan lama (paling lama 10 menit). Tipe lainnya adalah Quadchopter, merk yang popular adalah DJI Phantom. Merk ini paling banyak digunakan oleh videographer dan fotografer karena ukurannya tidak terlalu besar, bisa menggunakan Go Pro sebagai kameranya dan baterenya pun bisa bertahan sampai 20 menit.

Objek Menarik untuk Fotografi Aerial.

Drone Photography, Masa Depan Travel Foto 2015.
Saat ini yang saya perhatikan ketika Fotografer memotret dengan Drone, mereka berlomba lomba untuk mengambil foto aerial setinggi mungkin. Semakin tinggi sehingga objek dibawah terlihat seperti google maps semakin bangga dengan hasil karyanya, padahal esensi dari aerial fotografi bukan dari semakin tinggi semakin bagus foto tersebut. Tetapi drone dan aerial foto membantu fotografer menentukan dan mencari angle yang pas objek tersebut untuk difoto. Dan drone ini berperan mencari angle yang pas untuk fotografer agar menemukan komposisi yang tepat, jadi memotret menggunakan drone tidak harus tinggi tapi sesuaikanlah dengan objek yang akan mau difoto.

Drone Photography, Masa Depan Travel Foto 2015.

1. Arsitektur yang besar dan megah sangat cocok untuk difoto menggunakan drone, begitupun sebaliknya jika arsitektur tersebut tidak besar dan berhimpit dengan bangunan lain tidak cocok difoto memakai drone. Dalam travel fotografi memotret arsitektur adalah hal yang gampang gampang susah, karena besarnya bangunan membuat lensa standar tidak cukup memotret bangunan tersebut, tetapi memakai lensa wide yang terlalu lebar juga membuat distorsi parah bangunan tersebut. Memang yang paling pas memotret bangunan megah adalah menggunakan drone.

Drone Photography, Masa Depan Travel Foto 2015.

2. Gunung dan bukit, pemandangan Gunung jika diambil dari bawah pasti akan biasa saja. Tetapi akan sangat berbeda jika kita mengambil view dari udara, contohnya foto Bromo yang saya tampilkan disini, kita bisa melihat jelas keseluruhan kawah dan bibir kawah yang sangat eksotis. Tetapi anda harus berhati hati memotret di daerah pegunungan, karena susahnya mencari signal GPS dan angin pegunungan yang sangat kencang membuat banyak drone bisa hilang karena force major alam yang tidak diduga.

Drone Photography, Masa Depan Travel Foto 2015.

3. Pantai juga sangat bagus difoto memakai drone, karena jika cuaca sedang terik dan cerah kita bisa melihat dengan jelas terumbu karang dari atas. Garis pantai dan iringan kapal atau perahu yang berjajar ditepi pantai atau yang sedang berada ditengah laut.

Membawa Drone saat Traveling.

Drone Photography, Masa Depan Travel Foto 2015.
Drone yang biasa saya gunakan untuk Traveling adalah tipe DJI Phantom, kenapa saya memilih tipe ini karena tidak terlalu besar, ringan, dan tidak terlalu ribet membawanya ketika traveling. Tetapi Drone merupakan alat elektronik yang juga ringkih jika kita tidak apik membawanya bisa membuat rusak barang tersebut. Saran saya untuk membawa bawa drone ini pakailah hardcase, sehingga jika tertindih tidak rusak. Dan carilah hardcase yang bisa dimasukkan kedalam kabin pesawat, jangan sekali kali untuk memasukkan drone ini kebagasi. Kecuali jika anda punya tas hardcase yang super safety seperti pelican dan punya busa yang banyak, karena banyak komponen elektronik yang sangat rentan rusak jika terbanting. Memang tampak luar tidak akan rusak, tetapi siapa tahu komponen dalamnya ada yang terlepas.

Yang harus dipahami tentang Fotografi Drone.

Drone Photography, Masa Depan Travel Foto 2015.

Drone merupakan hobi aerial modeling yang saat ini semakin banyak peminatnya, harganya yang terjangkau membuat banyak orang bisa membelinya. Tetapi saat ini yang saya lihat banyak orang membeli drone karena gengsinya tapi bukan kebutuhannya, kenapa saya bilang gengsi. Karena banyak sekali aksesoris yang sebenarnya tidak dibutuhkan dibeli oleh para penggemar drone, dan banyak yang mengupgrade dronenya agar bisa terbang setinggi tingginya.

Drone Photography, Masa Depan Travel Foto 2015.

Padahal essensi dari Fotografi drone bukan dari tingginya drone itu digunakan, tetapi karena fleksibilitas manuver dan angle yang tidak terbatas yang bisa diabadikan melalui drone. Tidak perlu tinggi tingi untuk mengambil angle yang bagus, disesuaikan dengan kebutuhan. Dari Photography Drone kita bisa mengexplore angle yang sangat terbatas, misalnya ketika kita ingin memotret Gedung bertingkat. Begitu susahnya akses banyaknya pepohonan dan lokasi tempat yang menyusahkan kita untuk mengambil foto bagus. Tetapi itu bisa dipecahkan oleh drone fotografi melalui aerial viewnya. Jadi gunakanlah drone untuk mengambil angle yang susah dijangkau dan manfaatkanlah fleksibilitas dari drone tersebut untuk mengambil angle yang kreatif yang tidak terpikirkan oleh orang lain.


Video inilah Indonesia dari Aceh Sampai Papua, Video by Barry Kusuma.

Aerial Video juga dapat dilihat diatas gan.


Text & Photography oleh Barry Kusuma (Travel Photographer).
www.alambudaya.com (Travel and Photography, Travel Journey from Barry Kusuma.)
http://instagram.com/barrykusuma (Inspiring Photos through the Lens)
www.barrykusuma.com (Gallery Foto, dari Sabang sampai Merauke)
https://plus.google.com/+BarryKusuma/ (Google Plus Social Network #IndonesiaOnly).
Follow my Twitter for Free Travel Tips @BarryKusuma

"Traveling Indonesia is like a box of chocolates, you never know what you're gonna get”
Diubah oleh bheka
0
Kutip
Balas
Halaman 1 dari 42
01-12-2014 09:25
reserved for update..

Quote:
Video Video Keren tentang keindahan alam dan Budaya Indonesia.


Quote:
1. Video Festival Danau Sentani Papua



Video Footage by Barry Kusuma

Festival Danau Sentani Papua adalah salah satu dari 3 festival besar yang diadakan di Papua, Festival ini begitu epic karena dimeriahkan lebih dari 500 peserta yang memperkenalkan Suku Papua. tidak hanya itu keunikan Festival ini adalah adanya Tari Perang Isolo yang diadakan diatas Danau Sentani dengan menggunakan kapal kayu. mereka berteriak dan loncat loncat diatas kapal ini. epic banget deh pokoknya.


Quote:
2. Video Desa Tradisional Tololela di Bajawa Flores.



Video Footage by Barry Kusuma.

Desa Tradisional Tololela ini tidak jauh dari Kampung Bena di Flores, tapi Desa ini adalah desa Tradisional favorite saya di Indonesia. karena para penduduk desa yang sangat ramah dan mereka masih menjunjung tinggi dan menjaga budaya mereka. beruntung sekali pada saat saya kesini dan menginap mereka sedang mengadakan ritual adat dan tari tarian tradisional yang sangat cantik untuk dinikmati. silahkan dilihat videonya.


Quote:
3. Video Dieng Plateu dan Telaga Dringo yang mempesona.



Video Footage by Barry Kusuma.

Dieng adalah Destinasi terindah di Pulau Jawa, Dieng juga desa kedua tertinggi didunia setelah Nepal. banyak sekali destinasi wisata di Dieng yang begitu mempesona, pada saat saya ke Dieng saya menemukan Destinasi wisata yang sangat indah dan belum banyak orang tahu. yaitu telaga Dringo yang mempesona, letaknya setelah kawah candradimuka.


Quote:
4. Video Kepulauan Banyak di Aceh Singkil, Kepulauan perawan di Indonesia Barat.



Video Footage by Barry Kusuma.

Kepulauan Banyak di Aceh Singkil merupakan Kepulauan yang masih belum banyak orang tahu, Kepulauan Banyak ini tersebar 70 pulau. sebagian besar pulau yang tak berpenghuni dan sebagian adalah resort resort sederhana yang langsung menghadap ke pantai. ketika datang kesini memang saya tidak banyak mengexplore yang jumlahnya lebih dari 60 pulau tersebut, saya mengexplore ke beberapa pulau yang katanya dibilang bagus. Saya mengunjungi Pulau Tailana, pulau ini sangat asyik untuk snorkling. ada beberapa gubuk ato resort sederhana disini yang dipunyai orang lokal.


Quote:
5.Video Pulau Menjangan, Sekeping Surga di Pulau Dewata Bali.



Video Footage by Barry Kusuma

KALAU ditanya tempat terindah dan yang ingin terus saya datangi di Bali, jawabannya adalah Taman Nasional Bali Barat dan Pulau Menjangan. Kenapa tempat ini begitu spesial bagi saya? Karena di sini lah alam Bali masih terjaga dengan baik dan saya jatuh hati dengan keindahan bawah lautnya.


Quote:
6. Video keindahan alam dan budaya Pulau Sumbawa.



Video Footage by Barry Kusuma.

Rumah bagi tempat surfing terkenal, pulau Sumbawa di Nusa Tenggara Barat adalah tempat yang terpencil namun indah. Terletak di sebelah timur pulau Lombok yang lebih terkenal, Sumbawa menunggu untuk ditemukan oleh Anda. Mungkin akan memakan waktu lebih lama untuk mencapai pulau ini tetapi ketika Anda menapakan kaki di Sumbawa, keletihan Anda akan dihargai dengan surfing dan pemandangan yang luar biasa.


Quote:
7. Video Cirebon, Where Two Kingdom Meets.



Video Footage by Barry Kusuma.

Kota Cirebon sesungguhnya bukan kota persinggahan semata. Di kota yang dijuluki “Kota Udang” ini tersimpan keunikan serta keindahaan yang tersebar di sejumlah sudut kota. Kota ini pun makin menarik karena menggambarkan percampuran dua budaya, yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah. Cirebon dikenal sebagai kota yang punya banyak keraton, selain beragam kuliner tentunya.


Video Footage by Rendy, Mowsky and Barry Kusuma.


Quote:
8. Video Bintan, Destinasi Wisatanya orang Singapore dan Malaysia kalau weekend.



Video Footage by Barry Kusuma.

Tujuan wisata teratas di sini adalah Bintan Resort, destinasi wisata berupa pantai yang spektakuler di utara pulau dengan luas 23.000 hektar di atas pasir putih yang menghadap ke Laut Cina Selatan. Pulau ini juga memiliki jejak sejarah yang memukau di Tanjung Pinang dan Penyengat. Ada pula lokasi untuk surfing, ekowisata dan berbagai event internasional.


Quote:
9. Video Semarang Witness Religious Harmony.



Video Footage by Barry Kusuma.

Sebagai kota terbesar sekaligus ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Semarang adalah kota yang ramah bagi wisatawan. Kota yang terletak di pesisir utara ini menawarkan sejumlah destinasi wisata menarik dan mengagumkan. Bagi saya Semarang merupakan kota kedua selain Jakarta, karena Kota Semarang merupakan tempat lahir ayah saya dan beberapa tahun yang lalu kita selalu mudik ke Kota Semarang ini.


Video Footage by Rendy, Mowsky and Barry Kusuma.


Quote:
10. Video Pagoda Lumbini Berastagi, Pagoda termegah dan terbesar di Indonesia.



Video Footage by Barry Kusuma.

Taman ini merupakan Pagoda tertinggi dan terindah di Indonesia. Kenapa saya bilang terindah, karena letaknya di atas bukit di daerah Brastagi Sumatera Utara. Kemegahan Pagoda di Taman Alam Lumbini ini terlihat karena megahnya bangunan yang diselimuti cat berwarna emas yang sangat cerah. Luas bangunannya juga sangat besar sehingga kita bisa mengitari setiap sudut Pagoda ini dengan terkagum-kagum.


Quote:
11. Video Jogja Never Ending Asia.



Video footage by Barry Kusuma.

Deretan eksotis pantai pasir putih, batuan andesit raksasa di gunung api purba, dan gelapnya lorong-lorong gua adalah sebagian dari pesona Gunungkidul yang mulai terkuak, memperlihatkan surganya yang tersembunyi.


Quote:
12. Video Pulau Ayam di Belitung Timur.



Video Footage by Barry Kusuma.

Pulau Ayam adalah salah satu pulau yang terletak di bagian Timur pulau belitung dengan luas daratan mencapai ± 1 Hektar di wilayah Kabupaten Belitung Timur ( Gantung ). Pulau Ayam adalah pantai Exotic yang masih alami karena hamparan butir pasir putihnya dengan air laut yang jernih. Beberapa aktifitas yang dapat dilakukan dipulau Ayam ini diantaranya yaitu, snorkling, memancing, mengelilingi pulau, mencari kerang kecil dan ber-foto ria. Anda bisa juga melakukan Camping De Island karena Sunset dan Sunrise pun bisa anda nikmati dari pulau ini, karena letaknya yang memang sedikit keluar, kearah laut Cina Selatan. Sehingga Sunset dan Sunrise tidak terhalangi oleh pulau-pulau lainnya.


Quote:
13. Video Festival Tabalong di Borneo



Video footage by Barry Kusuma

Tabalong Ethnic Festival IV merupakan festival budaya lokal Banjar dan Dayak tahunan yang diselenggarakan pada 11-14 Februari 2015 di Kabupaten Tabalong. Festival ini didukung penuh oleh Adaro agar kebudayaan Dayak tidak lekang oleh perkembangan zaman.
Diubah oleh bheka
0
Kutip
Balas
01-12-2014 09:39
*brb nabung* tapi emang sih kalo pake drone kita bisa hasilin foto dengan dimensi yang beda dari yang udah-udah, semoga harganya makin terjangkau deh ntar hehe
0
Kutip
Balas
01-12-2014 09:55
Wahhh...racuuuunnnn....
emoticon-Matabelo
Gw nunggu next technology nya aja deh...mungkin nanti dji phantom ada keluar buat underwater seriesnya...

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

sukses terus yg lg di macau..bikin buku lagi lah bro...
0
Kutip
Balas
01-12-2014 10:41
keren yak kalo ngambil gambar dari atasemoticon-Matabelo
0
Kutip
Balas
01-12-2014 13:33
emoticon-Matabelo mantab om bk.. emoticon-thumbsup
0
Kutip
Balas
01-12-2014 13:42
Om, mungkin bisa ditambahkan informasi mengenai aturan menerbangkan drone karena mungkin berkaitan dengan aturan wilayah udara penerbangan domestik / militer. Demikian juga dgn remote yg menggunakan frekuensi tertentu harus sesuai dng aturan penggunaan pita frekuensi yang sdh ada.
0
Kutip
Balas
01-12-2014 13:52
Keren om emoticon-Matabelo
Kalo saya masih tetep setia dengan DSLR , yang tak cari itu sensasinya bagaimana berusaha cari foto dengan hasil yang memuaskan emoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
01-12-2014 14:39
Quote:Original Posted By debianist
Om, mungkin bisa ditambahkan informasi mengenai aturan menerbangkan drone karena mungkin berkaitan dengan aturan wilayah udara penerbangan domestik / militer. Demikian juga dgn remote yg menggunakan frekuensi tertentu harus sesuai dng aturan penggunaan pita frekuensi yang sdh ada.


oiya memang di Indonesia aturan menerbangkan drone masih digodok dan abu2..tapi katanya nanti akan ada regulasinya untuk menerbangkan drone ini.. yang engga boleh setahu saya di Indonesia baru 2 tempat.. yaitu di Bandara dan kedua di Pangkalan2 TNI atau markas besar..mungkin gedung2 istana negara jg ga boleh..

jadi inget ada teman nerbangin drone di pangkalan TNI AU di Surabaya dronenya ditembak jatuh emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By divergirl
Wahhh...racuuuunnnn....
emoticon-Matabelo
Gw nunggu next technology nya aja deh...mungkin nanti dji phantom ada keluar buat underwater seriesnya...

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

sukses terus yg lg di macau..bikin buku lagi lah bro...


sis divergirl boleh tau twittermu dan sosmed yg km punya? kali2 ada referensi ane bisa referensiin situ..
0
Kutip
Balas
01-12-2014 15:30
Quote:Original Posted By bheka


oiya memang di Indonesia aturan menerbangkan drone masih digodok dan abu2..tapi katanya nanti akan ada regulasinya untuk menerbangkan drone ini.. yang engga boleh setahu saya di Indonesia baru 2 tempat.. yaitu di Bandara dan kedua di Pangkalan2 TNI atau markas besar..mungkin gedung2 istana negara jg ga boleh..

jadi inget ada teman nerbangin drone di pangkalan TNI AU di Surabaya dronenya ditembak jatuh emoticon-Ngakak



sis divergirl boleh tau twittermu dan sosmed yg km punya? kali2 ada referensi ane bisa referensiin situ..



Oke om..udah gw PM yaa..
0
Kutip
Balas
01-12-2014 15:57
mahal (kalau untuk perorangan yak), kalo untuk bisnis, EO, stasiun TV pastinya lebih murah.

dulu malah gw kira kalo suting tv gitu ambil pake helikopter emoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
01-12-2014 16:10
ane kok jadi inget film "national treasure 2" yang si riley habis nerbangin helidronenya waktu muterin patung liberty di paris terus kena tilang ama polisinya emoticon-Ngakak (S)
btw fotonya keren keren yak kalo dari atas emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh stigiaja
0
Kutip
Balas
02-12-2014 09:11
permisi om tante mau nanyaa doong om,kalau vision+ ver 3.0 RTH nya lebih akurat balik ketempat landing saat take off ga pas lost signal.
mau nerbangin jauh takut ilang emoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
02-12-2014 10:18
wah ada beberapa photo Destinasi Wisata Banyuwangi yg diambil pake drone ma Oms Bheka emoticon-Belo

keren dan bikin mupeng Oms emoticon-Matabelo

kira' brapa duit itu Oms sebijinya,sdh lengkap ma asesoris standarnya emoticon-Malu (S)
0
Kutip
Balas
02-12-2014 10:44
mantep Bang, pantas awak pikir ngapain lah si kawan itu maen maen RC, padahal ga pernah pernah. Ini rupanya hobby baru photograper.
0
Kutip
Balas
02-12-2014 18:28
pernah liat temen masang kamera mirrorles ke RC helli., gagal landing trus ancur RC n kameranyaemoticon-Sorry
0
Kutip
Balas
03-12-2014 05:39
Harga drone DJI Phantom Vision 2 itu berapa yah gan?
0
Kutip
Balas
03-12-2014 09:26
manteppp emoticon-thumbsup:

Oms Barry sudah mulai share/unjuk hasil jepretannya pake drone tentang indahnya Indonesia di kaskus niye... emoticon-Big Grin

Lanjutken Oms emoticon-Cendol (S)
0
Kutip
Balas
03-12-2014 11:05
tob markotob om bheka emoticon-2 Jempol

DJI bakal dapet saingan nih tahun 2015 emoticon-Big Grin
Code:
http://gearjunkie.com/gopro-drone-coming-2015


emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh fakesil
0
Kutip
Balas
03-12-2014 12:29
Jadi mau beli drone nih ane gann emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Belomatabeloemoticon-Matabelo
0
Kutip
Balas
05-12-2014 08:36
beli drone ah. kali aja bisa disewain emoticon-Big Grin emoticon-Ngakak
0
Kutip
Balas
Halaman 1 dari 42
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 Kaskus – The Largest Indonesian Community