alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
1024
1024
KASKUS
51
244
4.52 stars - based on 73 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5441ba4adc06bd784d8b457a/6-buku-pelajaran-yang-pernah-bikin-geger-dunia-pendidikan-pict
Lapor Hansip
18-10-2014 07:54
6 Buku Pelajaran yang Pernah Bikin Geger Dunia Pendidikan (+PICT)
Past Hot Thread
Quote:
6 Buku Pelajaran yang Pernah Bikin Geger Dunia Pendidikan (+PICT)



Quote:
6 Buku Pelajaran yang Pernah Bikin Geger Dunia Pendidikan (+PICT)

Thanks to : Allah SWT, Mimin, KASKUS.Officer, Momod (all room), dan KASKUSer sedunia^^



Quote:
Pantesan makin kemari kok makin banyak MAHO-MAHO alay bermunculan.....Jangan jangan salah satu penyebabnya adalah buku pelajaran ini.....emoticon-Betty (S)


KASKUS sebagai forum lintas batas dan usia saja sudah menyensor kata kata yang berbau seks dan atau yang tidak sopan. Ini malah dimasukan ke buku buku pelajaran di sekolah. Makin edan aja dunia pendidikan Indonesia......emoticon-Cape d... (S)


Quote:
6 Buku Pelajaran yang Pernah Bikin Geger Dunia Pendidikan (+PICT)


Baru-baru ini di Jawa Barat beredar buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjaskes) untuk SMA berisi tips pacaran dan membahas seks bebas. Hal itu dinilai oleh banyak pihak sangat tidak mendidik siswa.

Bahkan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan langsung meminta buku tersebut ditarik dari peredaran. Menurut Aher, buku yang memuat tips pacaran dan membahas seks bebas sangat tidak mendidik.

"Saya kira ketika jadi perdebatan di masyarakat, membuat bingung para peserta didik itu lebih bagus ditarik," kata pria yang akrab disapa Aher itu di Gedung Sate Bandung, Jumat (17/10).

Kalau pun sulit ditarik dari peredaran, Aher meminta menghapuskan dua halaman yang kini diperdebatkan. Dalam buku tersebut di halaman 128 disebutkan soal bahaya melakukan seks bebas bagi wanita.

Sebenarnya kasus buku-buku pendidikan yang berisi materi-materi kontroversial bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya juga ada buku-buku yang dikecam publik karena dinilai tidak layak.

Berikut ini 6 buku pendidikan yang pernah dikecam publik:




Quote:
Buku anak-anak legalkan homo dan transeksual


6 Buku Pelajaran yang Pernah Bikin Geger Dunia Pendidikan (+PICT)


Pada Agustus 2014 lalu pernah ramai tentang materi dalam buku anak-anak berjudul Why: Pubertas. Buku itu sudah beredar di dan menuai kontroversi.Buku bergambar tersebut memuat dialog yang seolah melegalkan transeksual dan hubungan sejenis.

Beberapa dialog yang jadi masalah adalah seorang anak perempuan mengatakan "jika seorang transgender dengan jiwa perempuan mencintai seorang laki-laki, itu boleh saja bukan?"

Lalu ada dialog adegan anak perempuan yang memperhatikan dua orang pria berpegangan tangan menggambarkan kemesraan. "Setiap orang punya hak dicintai dan mencintai, dan bila mereka mencintai sesama jenis, itu adalah pilihan. Jika boleh memilih, mereka akan mencintai lawan jenis.

Ketua Yayasan Anak Bangsa Mandiri dan Berdaya Fahira Idris menilai ini bentuk propaganda gay, lesbian dan transgender.

"Yang dirusak bukanlah fisik, tetapi pikiran dan pemahaman pembaca. Kerusakannya tak terlihat secara langsung, tetapi menjalar secara perlahan. Tak terasa tapi akhirnya itu menjadi keburukan dan kebiasaan banyak orang," kata Fahira dalam rilisnya.




Quote:
Cerita porno di buku anak-anak SD


6 Buku Pelajaran yang Pernah Bikin Geger Dunia Pendidikan (+PICT)


Pada Juli 2013, dunia pendidikan pernah heboh lantaran muncul cerita porno yang diselipkan dalam buku pelajaran anak Sekolah Dasar (SD). Buku ini pertama diketahui di daerah Bogor, Jawa Barat.

Buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk anak SD itu ternyata meresahkan orangtua murid. Buku itu telah tersebar di dua sekolah, SDN Polisi dan SDN Gunung Gede.

Dalam buku itu, tepatnya di halaman 57-60 terdapat sebuah cerita dengan judul 'Anak Gembala dan Induk Srigala'. Cerita itu mengisahkan tentang seorang pria yang masuk ke sebuah warung remang-remang lengkap dengan kisah perjalanan seksnya dengan seorang perempuan.

Dalam naskah itu juga terdapat sejumlah kalimat yang tidak pantas dibaca oleh anak-anak usia 11-12 tahun.

Salah satu kutipan naskah dalam cerita tersebut antara lain, ".... Dari tempat hina di dunia ini, warung remang-remang tempat dia menjajakan badan ... Jakunnya bergerak turun naik melihat kemolekan perempuan itu. Akhirnya terjadilah peristiwa yang merenggut kegadisannya, sekaligus menimbulkan tumbuhnya janin di perutnya..."

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh menyalahkan sistem dan kurikulum lama sehingga cerita porno bisa masuk ke pelajaran SD. Menurut dia persoalan cerita porno yang sering terdapat di buku pelajaran anak sekolah karena sistem kurikulum lama menyatakan buku pelajaran bebas diperjualbelikan tanpa ada pengawasan dari pusat.




Quote:
Buku LKS SD berisi pelecehan seksual


6 Buku Pelajaran yang Pernah Bikin Geger Dunia Pendidikan (+PICT)


Kemudian pada November 2013, buku paket atau buku lembar kerja siswa berbau seks menyebar di Kabupaten Tangerang.Tepatnya, LKS untuk kelas 5 SD. Hal itu terungkap, setelah salah seorang wali murid dari SDN 2 Kampung Melayu, Kecamatan Teluknaga melaporkan ke Dewan Pendidikan Kabupaten (DPK) Tangerang.

LKS dengan 64 halaman yang dianggap porno tersebut yakni LKS Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk siswa kelas 5 SD/MI semester 1.

Di halaman 50 dan 53 pada bab 5 menjelaskan budaya hidup sehat. Pada pendalaman materi membahas materi menjaga kesehatan alat kelamin dan bentuk-bentuk pelecehan seksual.

Dalam pembahasan bentuk pelecehan seksual tersebut ada kata-kata menyebutkan alat kelamin dan bagian sensitif secara vulgar.

"Ini yang menjadi persoalan, maksudnya melakukan pendidikan kesehatan. Namun yang terjadi menginspirasi karakter destruktif," ujar Eny Suhaeni, Ketua DPK Tangerang, Senin (25/11).

Menurut Eny, semestinya buku tersebut tidak tersebar. Sebab pembahasannya terlalu vulgar. "Dinas Pendidikan harus menarik dan merevisinya, sebab ini menyangkut mutu pembuatan LKS. Sebab, jika referensinya saja sudah kacau, bagaimana mau bicara produk yang dihasilkan," katanya.




Quote:
Buku Bahasa Indonesia SMP berbau SARA


6 Buku Pelajaran yang Pernah Bikin Geger Dunia Pendidikan (+PICT)


Kemudian pada September 2014, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh (M Nuh) diadukan ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Mega Bintang. M Nuh dianggap telah lalai dengan mengeluarkan buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas IX yang dianggap melecehkan ras tertentu.

Arief Sahudi salah satu perwakilan dari LBH Mega Bintang kepada wartawan mengatakan, buku yang dipermasalahkan tersebut masuk kategori Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional pada tahun 2008. Hingga saat ini, kata Arief buku tersebut masih beredar di sekolah-sekolah.

"Hari ini kami sudah mengirim surat laporan serta somasi kepada menteri, melalui kantor pos," ujar Arief, Jumat (12/9).

Arief yang mengaku memegang kuasa penuh dari Muhsin Al Jufri, salah satu warga Solo yang merasa dilecehkan oleh isi buku pelajaran tersebut mengatakan, kliennya mempermasalahkan kutipan novel yang menjadi contoh bacaan dalam uji kompetensi yang berada di halaman 110.

Bacaan tersebut menceritakan situasi di mana seseorang yang bernama Midun merasa tertipu oleh lintah darat yang bernama Syekh Abdullah. "Dalam kutipan uji kompetisi tersebut tertulis jelas, bahwa Syech Abdullah merupakan orang yang memiliki ras Arab," tandasnya.

Isi dalam buku halaman 110 tersebut tertulis sebagai berikut

A. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !

Perhatikanlah kutipan novel berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
..
Terperanjat sungguh Midun mendengar perkataan Syekh Abdullah itu. Ia tahu uang yang dipinjamnya, cuma f250, tiba-tiba sekarang jadi f500. Maka ia pun berkata dengan cemasnya, katanya, "Berapa Tuan? f500? Mengapa jadi f500, padahal saya terima uang dari Tuan cuma f250?"

"Ya, f500!" ujar Syekh Abdullah pula. "Midun mesti bayar f500 sekarang, sebab sekian ditulis dalam surat utang."

Muka Midun jadi merah menahan marah, karena ia maklum, bahwa ia sudah tertipu. Amat sakit hatinya kepada orang Arab itu. Ia tidak dapat lagi menahan hati, karena sangat panas hatinya. Ketakutannya hilang, kehormatannya kepada orang Arab lenyap sama sekali

Arief menilai beberapa soal yang menyertai kutipan novel itu semakin melecehkan masyarakat keturunan Arab.




Quote:
Buku pelajaran SMA berisi tips pacaran


6 Buku Pelajaran yang Pernah Bikin Geger Dunia Pendidikan (+PICT)


Ini buku paling baru yang berbuah kecaman publik. Adalah buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjaskes) yang dibakar oleh sejumlah massa di kantor MUI Jawa Barat, Bandung, Kamis (16/10).Pembakaran itu dilakukan sebagai bentuk protes karena buku memuat tips pacaran dan menyudutkan kaum perempuan.

Sejumlah buku yang dibawa diperlihatkan kemudian digunting. Halaman yang memuat unsur-unsur negatif itu berada di halaman 128-129, kemudian dibakar. Buku itu dinilai tidak edukatif karena merendahkan martabat wanita.

Sebab disebutkan dalam buku itu seakan-akan hubungan seks kurang berisiko bagi pria dibanding wanita. Lainnya tips berpacaran bagi siswa ditampilkan. Hal ini dinilai sangat tidak pantas.

Koordinator aksi Iwan Herawan meminta agar Kemendikbud bisa menarik buku dari peredaran. "Buku ini jelas tidak baik. Sehingga kalau pun belum ditarik kami mengimbau agar semua guru SMA/SMK di Jawa Barat untuk segera memusnahkan halaman 128 dan 129," katanya di sela aksi.

Selain membakar, massa yang juga berasal dari kalangan guru dan orang tua siswa mengusung beberapa poster seperti 'Kurtilas, Kurikulum Tidak Jelas', 'Evaluasi Semua Buku Kurtilas', dan 'Tarik Buku Penjas Kls XI Kurtilas'.




Quote:
Ada buku pelajaran sebut makam wali berhala


6 Buku Pelajaran yang Pernah Bikin Geger Dunia Pendidikan (+PICT)


Pada September 2014 lalu juga muncul buku kontroversial di Jawa Timur. Kementerian Agama meminta maaf atas beredarnya buku guru tentang Sejarah Kebudayaan Islam (SKY) kelas VI SD yang tercantum kalau makam wali itu berhala.Pihak Kementerian Agama mengaku bertanggung jawab atas kelalaian tersebut.

"Kami tidak berniat menyinggung dan menyakiti siapapun. Kami berterima kasih sudah diberi masukan. Kami akui ini kelalaian ada pihak saya," ujar Direktur Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Nur Kholis Setiawan saat jumpa pers di kantornya, Rabu (17/9).

Nur Kholis menambahkan, pihaknya juga telah melakukan revisi-revisi terhadap kesalahan itu. Selanjutnya, buku yang salah dan telah beredar tersebut ditarik dari peredarannya. "Maksimal 10 hari sudah rampung semua," katanya.

Mengenai kata-kata berhala, akhirnya pihak Kementerian Agama mengganti dan menghapusnya. Dalam buku panduan guru itu, akan diubah arahan penjelasan berhala.

"Kita tidak mengeksplorasikan apa itu berhala. Jadi kita kasih contoh berhala menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jadi pengertian berhala dalam perluasan makna," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Irsyaduth Thullab, Faiq Aminuddin protes dengan isi buku guru tentang Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VII. Sebab, dalam buku tersebut menyebut makam wali sebagai berhala di era modern.

"Pemberian contoh yang menyebutkan berhala sekarang adalah kuburan para wali tentu tidak sesuai dengan ajaran yang anut oleh warga NU," tulis Faiq dalam suratnya, Selasa (16/9).



Quote:
** SENSOR **....KURANG AJAR.....








Quote:
Adalah kita selaku orangtua atau orang yang punya kepedulian untuk senantiasa memantau dan memeriksa setiap buku pelajaran yang dipakai oleh anak anak kita. Agar mereka tidak terjebak oleh konten yang sesungguhnya tidak layak untuk mereka baca dan mereka pelajari.......


Quote:





Quote:
Beberapa foto dan gambar diambil dan diolah dari berbagai macam sumber di internet. Dan dipergunakan sebatas untuk informasi belaka.
Diubah oleh davinof
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 64
18-10-2014 07:54
UPDATES BUKU PELAJARAN YANG BIKIN GEGER PENDIDIKAN INDONESIA


Quote:
6 Buku Pelajaran yang Pernah Bikin Geger Dunia Pendidikan (+PICT)


Kisah Bang Maman

Hana (8), siswa SD Angkasa IX, Halim, bertanya pada ibunya, Intan. "Bu, istri simpanan itu apa?" Hal itu membuat Intan terperanjat. Dia terpaksa harus sedikit berbohong untuk menjawab pertanyaan itu. Intan lantas mengalihkan perhatian anaknya.

Ternyata, pertanyaan Hana berasal dari buku LKS yang dia baca. Kisah tersebut ada di dalam lembar kerja siswa (LKS) tentang Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta. Meski dalam teks kisah ada istilah istri simpanan, namun istilah itu tak muncul dalam soal-soal yang ada.

Buku ini diterbitkan oleh CV Media Kreasi dan terletak pada bab 11. Sebagian artikelnya berisi: "... Akhirnya Bang Maman meminta bantuan kepada Patme supaya berpura-pura menjadi istri simpanan Salim ...”

Setelah ramai jadi perbincangan, buku tersebut langsung ditarik. Sekolah yang sudah memberikan buku ke siswa pun langsung bereaksi dengan mengambil buku.




Quote:
6 Buku Pelajaran yang Pernah Bikin Geger Dunia Pendidikan (+PICT)


Gambar Kartun Nabi Muhammad

Temuan buku yang memuat gambar Nabi Muhammad ini ditemukan salah satu siswa SD di Solo. Setelah melihat ada ilustrasi gambar Nabi Muhammad dalam buku yang dipinjamnya dari perpustakaan sekolahan, siswa tersebut lalu melaporkan kepada orangtuanya.

Buku kontroversial itu diterbitkan Nobel Edumedia dan berisi kehidupan masa kecil 11 nabi. Di bagian akhir yaitu halaman 43 hingga 48 mengisahkan kehidupan masa kecil Nabi Muhammad SAW. Pada bagian ini terdapat lima ilustrasi gambar yang menggambarkan kehidupan masa kecil hingga masa remaja Nabi Muhammad.

Dari lima gambar itu, terdapat empat gambar yang menunjukkan sosok Nabi Muhammad. Gambar di halaman 43 terdapat gambar bayi sedang digendong seorang perempuan, yang mengilustrasikan masa bayi Nabi Muhammad di gendongan ibunya. Di depan gambar bayi diberi tulisan 'Muhammad' dalam huruf Arab.

Di halaman 44 nampak gambar anak lelaki kecil menggembala kambing, yang menunjukkan masa kecil Nabi Muhammad ketika dalam asuhan Halimah Tusa'diyah. Gambar utuh itu lalu ditimpa tulisan 'Muhammad' dalam huruf Arab, namun masih kelihatan jelas bagian dari seluruh rambut, jidat, mata, hingga bagian hidung. Sedangkan di bagian bawah terlihat jelas jubahnya.

Gambar halaman 46, menunjukkan seorang lelaki kecil di antara dua lelaki dewasa yang merupakan ilustrasi peristiwa pembedahan dada Nabi Muhammad oleh dua malaikat di perkampungan Bani Sa'd. Dalam gambar itu gambar lelaki kecil ditimpa tulisan 'Muhammad' dalam huruf Arab ukuran besar di bagian atas namun masih terlihat jelas bagian kedua kakinya.

Gambar yang terdapat di halaman 48 adalah ilustrasi ketika Nabi Muhammad bertemu Buhairah, seorang pendeta ahli kitab yang sedang membuktikan tanda-tanda kenabian dalam diri Nabi Muhammad. Pada gambar itu di bagian kepala ditimpa tulisan 'Muhammad' dalam huruf Arab, sedangkan di bagian badan tetap terlihat utuh.

Kementerian Agama langsung bereaksi keras dan menarik buku dari peredaran. Menurut Menag Suryadharma Ali, Nabi Muhammad SAW tak bisa diilustrasikan dengan gambar apapun. Itu adalah materi sensitif yang bisa menimbulkan keresahan umat Islam.




Quote:
6 Buku Pelajaran yang Pernah Bikin Geger Dunia Pendidikan (+PICT)


Bintang Porno Miyabi

Buku Lembar Kerja Siswa (LKS) Bahasa Inggris kelas 3 SMP diselip foto Miyabi alias Maria Ozawa. Meski kondisi fotonya tak bugil, namun foto bintang porno asal Jepang ini ramai dibicarakan.

Foto Miyabi muncul di halaman 36 di antara beberapa foto artis Indonesia dan foto fauna. Pada sampul LKS, tim penyusun bernama Giyono, Sumantri dan Jalil. Sementara penerbitnya adalah CV Sinar Mulia Mojosari, Mojokerto.

Beberapa orangtua siswa kelas 3 SMP Islam Brawijaya yang menyayangkan buku LKS Bahasa Inggris terdapat foto bintang porno Maria Ozawa atau Miyabi. Mereka meminta Dinas Pendidikan untuk menarik peredaran buku tersebut.

Benar saja, buku itu langsung ditarik dan sebagian di antaranya dibakar.




Quote:
6 Buku Pelajaran yang Pernah Bikin Geger Dunia Pendidikan (+PICT)


Cerita Porno di SD Bogor

Sebuah buku mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa Kelas VI SD, yang di dalamnya terdapat cerita berbau porno, beredar di Kota Bogor. Orang tua murid pun resah dengan materi buku tersebut.

Di dalam buku itu, tepatnya di halaman 57-60 terdapat sebuah cerita dengan judul 'Anak Gembala dan Induk Serigala'. Cerita tersebut mengkisahkan tentang seorang pria yang masuk ke sebuah warung remang-remang lengkap dengan dengan kisah perjalanan seksnya dengan perempuan tersebut. Dalam naskah cerita tersebut, juga terdapat kalimat-kalimat yang tidak pantas dibaca oleh anak-anak usia 11-12 tahun.

Salah satu kutipan naskah dalam cerita tersebut antara lain, "...Dari tempat hina di dunia ini, warung remang-remang tempat dia menjajakan badan... Jakunnya bergerak turun naik melihat kemolekan perempuan itu. Akhirnya terjadilah peristiwa yang merenggut kegadisannya, sekaligus menimbulkan tumbuhnya janin di perutnya..."

Kutipan lain dalam cerita tersebut yakni, "Bergairahlah lelakiku. Aku ingin sekali menyempurnakan keinginanmu. Lelaki itu tersenyum lebar. Dia mengulurkan segelas minuman pada perempuan itu yang segera disambut dan dituntaskan dalam satu tegukan. Mereka tenggelam dalam pelukan dan ciuman."

Buku Pelajaran Bahasa Indonesia itu dibeli orangtua murid seharga Rp 31.500 dari salah satu toko yang sudah direkomendasikan pihak sekolah. Buku itu kini sudah beredar dan dimiliki oleh murid-murid SD di Kota Bogor. Penarikan pun segera dilakukan.


Quote:
Diubah oleh davinof
0
18-10-2014 07:55
Quote:
6 Buku Pelajaran yang Pernah Bikin Geger Dunia Pendidikan (+PICT)


Quote:Original Posted By kim.hyoyeon
Hmm, ane pribadi ga setuju kalo materi tentang pacaran itu dihapuskan dari buku anak SMA

OK, jadi gini gan

Saat ini yang namanya pacaran itu udah jadi fenomena yang biasa banget!, artinya fokusnya adalah bukan gimana lagi mencegah supaya anak ga pacaran, tapi gimana caranya membimbing mereka misalnya kalo pacaran ya pacaran lah yang bener, jangan melakukan tindakan seks bebas dan sebagainya, karena pada kenyataannya ga semua orang tua ngasih tau hal tentang pacaran dan si anak penasaran dan akhirnya terjadilah hal yang ga diinginkan.


Karena bagaimanapun toh tontonan kita juga mempertontonkan hal-hal pacaran dari pagi ketemu pagi lagi.

Ini sekedar pendapat ane aja gans, nice thread btw


Quote:Original Posted By fuadmubarok
menurut ane,mungkin (masih kemungkinan nih gan).. Ni orang2 mau masukin pendidikan seks di usia dini ke buku2 pelajaran.

Pendidikan seks usia dini emang penting gan,di negara2 maju,dunia pendidikan & orang tua di negara maju udah mengajarkan pendidikan seks kpd anak2 sejak masih kecil gan. Istilah penis / vagina mjd tdk tabu lagi bagi anak2 (lain halnya di Indonesia,yg masih mengajarkan dgn istilah 'burung' dll kpd anak2) tapi disana,dijelaskan dengan rinci arti & fungsinya (tetep sesuai dgn kapasitas umur anak).

Kembali ke konteks,tapi,orang2 tsb memasukkan kontens pendidikan seks usia dini dengan cara yg sedikit kurang pas..
Mungkin perlu pendekatan lain buat mengajarkan pendidikan seks usia dini ke masyarakat. Contoh yg gmpang,anak cowok diberi mainan cowok,anak cewek ya diberi mainan cewek. Ini juga sudah merupakan pendidikan seks usia dini gan,krn secara tersirat mengajarkan kalau mereka berbeda gender.

Mohon dikoreksi bila ane ada salah..emoticon-Smilie

(Ini berdasarkan pengalaman baca2 skripsi bini ane yg tak lain ttg pentingnya pendidikan seks di usia dini,& fyi,waktu bikin ni skripsi,buku2 ttg pendidikan usia dini masih sangat sedikit gan.susah buat cari referensi krn emang baru sedikit yg membahas hal ini)


Quote:Original Posted By bekicotman
Lah, emangnya kalau ada konten begituan, emang bakalan di baca sama siswanya? heheh emoticon-Ngakak (S) 80% siswa cuma liat cover, halaman daftar isi, sama halaman yang disuruh guru doang kali gan emoticon-Hammer emoticon-Peace

rajin bener masa' siswa sampe ngubek2 buku sedalem itu emoticon-Ngakak (S)

oh ya, btw. ini kan soal siswa males baca buku.
IMO, emang gan, bahasa yang diduduhkan buku sekolah emang rata-rata gak terlalu bagus gan. Gimana gak males coba? Ane biasanya bisa ngarti pelajaran biologi cuma baca sekali-dua kali aja. Nah sekarang? Kurikulum 2013 malah bikin ane harus baca bolak-balik. Bahasanya muter-muter; ada istilah baru gak dijelasin.. dan lebih parahnya : buku kurikulum 2013 malah nanya kekita; harusnya kan buku itu isinya pelajaran. Tapi malah jadi pertanyaan.
contohnya nih:
".. Nukleus merupakan inti dari sel...", tapi kemudian disebelahnya ada kalimat ".. Tahukah kamu apa fungsi dari Nukleus?" . emoticon-Cape d... (S) lah ini, bukunya malah tanya ke kita; padahal kita gak tau. Masa' kita harus nyari referensi lain? kelamaan lah. beli buku baru lagi cuma buat nerjemahin 1 kata doang. kalo internetan buat nyari informasi juga percuma gan, kebanyakan informasi cuma dari blog-blog doang; yang isinya gak 100% jelas dan sesuai sama yang dicari; kadangkala harus hati-hati buka blog, soalnya internet indonesia itu lamban; bisa ngabisin 10-15 menit cuma buka blog2 yang biasanya kebanyakan attribut java itu doang emoticon-Cape d... (S)

nah, gara2 itu gan; ane jadi males baca buku.. ngebaca buku juga percuma; bahasanya muluk2 muter doang kagak jelas. Alhasil, hasil ulangan biologi ane jadi jeblok. emoticon-Big Grin
______________________________________________________________________


Quote:Original Posted By ElectronGun
1. Maho ga maho sebenernya hak tiap orang sih. Banyak negara di luar sana yang melegalkan. Tapi berhubung reputasi maho di Indonesia rendah & pernikahan maho ga direstui hukum di sini, mending jangan dimasukin buku edukasi deh. emoticon-Betty (S)
2. Pendidikan bahaya seks bebas. Sepintas ane gatau salahnya apa. Kan yang ditekankan itu bahayanya, bukan nyuruh seks bebas emoticon-Bingung (S)
3. Kata2 kotor di buku pelajaran bahasa Indonesia? Ane kok malah rasanya udah kenyang baca kata2 kasar di pelajaran itu ya? Biasanya di cuplikan cerpen/novel/cerita lain. Jarang ada tapi sekalinya ada bakal membekas di pikiran sampe sekarang emoticon-Ngakak (S) NB: Ane lulus SMA tahun 2013


Quote:Original Posted By inayram
tau buku olahraga kelas 11 katanya ada tips berpacaran, ane langsung ambil buku ane dan ngecek halaman 128.. ternyata emang beneran ada tips pacarannya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
padahal itu buku BSE dari kemendikbudnya lho emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By adityamhndra
Itu yg seks bebas ada di buku ane emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By passtiga
biasa aja keles, di tv ama internet lebih parah....sifat manusia di cekokin terus malah bosan...di larang malah penasaran


Quote:Original Posted By aifc4
Setidaknya anak SD tahu mana yg baek and mana yg buruk untuk dibuat inspirasi pas mandi



emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By monsterbatu
Serem bener buku2 anak sekolah sekarang... Jaman ane dulu gak ada buku seperti begono..
Pihak2 yg meloloskan isi buku ini sebelom di cetak,sebenernya di baca dan di periksa dulu gak ya???biasa film yg akan tayang ke bioskop aja harus melewati lembaga lulus sensor
Kalo buku ane gak tau lembaga atau apalah..pasti juga ada kan?
Jangan2 cuman makan gaji buta.. Kalo ada buku mau terbit langsug di loloskan saja tanpa di liat dulu isinya capek dech.. Mending di pecat aja...


Quote:Original Posted By marinrinii
yang salah sih sebenarnya menurut ane, guru mata pelajaran yang mau menerima buku tanpa sebelumnya menyeleksinya, kepala sekolahnya jga salah karena gak minta gurunya memeriksa terlebih dahulu.
dan juga kementrian pendidikan dan kebudayaan yang meluluskan penerbitan ini buku buku sembrono emoticon-Nohope


Quote:Original Posted By JanJinJunJen
Tambahin gan, Buku paket Kurikulum 13 kelas 7 ( 1 smp )
penampakan


Buku resmi dari pemerintah loh emoticon-Big Grin

kur13


Quote:Original Posted By momodrese
Hanya di Era SBY buku pelajaran sekolah penuh dengan sesuatu yang tidak pantas dan kurang ajar. mulai dari konten porno, politik praktis, ngajarin mesum, sampe nyuruh jadi maho pun ada. di era soeharto hal seperti itu mustahil terjadi.emoticon-Berduka (S)


Quote:Original Posted By baikramerame
Kalo begini ceritanya lama lama di buku pelajaran sekolah bisa bermunculan gambar bokepemoticon-Big Grin

Seenggaknya gambar cangcut bertebaran dimana mana dengan dalih sebagai bekal untuk menjadi desainer cangcut dan daleman emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By cangcutmimin
Sengaja dimasukin hal hal kek gitu biar gaol ganemoticon-Cool



Ini kan jaman reformasi dan kebebasan berekspresi katanya. jadi hal hal yang awalnya dianggap tabu dan dianggap melanggar kaidah umum norma masyarakat sekarang dianggap biasa. makin bobrok aja moral anak anak jaman sekarangemoticon-Cape d... (S)


Quote:Original Posted By sidiq165
pantesan aja banyak org dikit2 sara

remaja hoby nya nnton yg nggak2. .

Remaja bnyak yg hamil

maho makin bnyak

penyebabnya yah salah satunya ini,,,

kementrian pendidikan ada gak sih. . ?



Diubah oleh davinof
0
18-10-2014 07:59
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
wah ane hampir masih inget semua tuh gan pas ngehitsnya nih kasus ..
emang parah bener blundernya dah
0
18-10-2014 08:00
Quote:
Pantesan makin kemari kok makin banyak MAHO-MAHO alay bermunculan.....Jangan jangan salah satu penyebabnya adalah buku pelajaran ini.....



emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Bisa jadi bisa jadi
0
18-10-2014 08:00
Wah buku penjas jangan jangan ane punya nih, kalo covernya biru muda bener ane punya emoticon-Ngakak
0
18-10-2014 08:04
greget juga ada porn story di buku bindo emoticon-Ngakak
-1
18-10-2014 08:04
Kalau gak salah pernah ada juga buku lks bahasa indonesia yang ceritanya tentang perselingkuhan ya, agak lupa juga sih
0
18-10-2014 08:06
Kalo begini ceritanya lama lama di buku pelajaran sekolah bisa bermunculan gambar bokepemoticon-Big Grin

Seenggaknya gambar cangcut bertebaran dimana mana dengan dalih sebagai bekal untuk menjadi desainer cangcut dan daleman emoticon-Ngakak
0
18-10-2014 08:08
Yg biologi bagian reproduksi manusia pasti keren emoticon-Betty
0
18-10-2014 08:09
Quote:Original Posted By baikramerame
Kalo begini ceritanya lama lama di buku pelajaran sekolah bisa bermunculan gambar bokepemoticon-Big Grin

Seenggaknya gambar cangcut bertebaran dimana mana dengan dalih sebagai bekal untuk menjadi desainer cangcut dan daleman emoticon-Ngakak


Bisa jadi, orang skg aja udah seperti itu gimana nantinya coba?emoticon-Ngakak
0
18-10-2014 08:10
Kita punya gk sih menteri yg ngurus pendidikan?
0
18-10-2014 08:10
mejeng pejwan dulu, baru baca emoticon-Cool
nanti diedit buat real comment

Update :
ternyata ada juga 'misionaris' yang menyusup di dunia pendidikan yang berniat merusak moral bangsa
Semoga kejadian yang seperti ini tidak terulang lagi emoticon-linux2
Diubah oleh reevRM
0
18-10-2014 08:11
emoticon-2 Jempol
0
18-10-2014 08:11
Hanya di Era SBY buku pelajaran sekolah penuh dengan sesuatu yang tidak pantas dan kurang ajar. mulai dari konten porno, politik praktis, ngajarin mesum, sampe nyuruh jadi maho pun ada. di era soeharto hal seperti itu mustahil terjadi.emoticon-Berduka (S)
0
18-10-2014 08:12
Bused itu yg bikin buku sd lagi sange kali ye emoticon-Cool
0
18-10-2014 08:13
Konspirasi terselubung untuk menghancurkan bangsa, perlahan dari yg kecil2.
0
18-10-2014 08:15
Sengaja dimasukin hal hal kek gitu biar gaol ganemoticon-Cool



Ini kan jaman reformasi dan kebebasan berekspresi katanya. jadi hal hal yang awalnya dianggap tabu dan dianggap melanggar kaidah umum norma masyarakat sekarang dianggap biasa. makin bobrok aja moral anak anak jaman sekarangemoticon-Cape d... (S)
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
18-10-2014 08:15
Wah kok jd makin ga bener gini yah, kurang selektif mungkin emoticon-Malu


DENGAN INI SAYA NYATAKAN BAHWA PEJWAN SAYA GEMBOK emoticon-army
Diubah oleh veelanova
0
18-10-2014 08:15
Quote:Original Posted By momodrese
Hanya di Era SBY buku pelajaran sekolah penuh dengan sesuatu yang tidak pantas dan kurang ajar. mulai dari konten porno, politik praktis, ngajarin mesum, sampe nyuruh jadi maho pun ada. di era soeharto hal seperti itu mustahil terjadi.emoticon-Berduka (S)

kelihatannya ada sesuatu yang terstruktur, masif dan sistemik.
Agak encer, kurang padat dan sedikit pedes emoticon-Cool
0
Halaman 1 dari 64
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.