Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
85
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/540bd1c0d44f9f1d108b456e/merasa-orang-indonesia-udah-kenal-belum-saya-yang-namanya-batik-gan
:cendolbig :cendolbig Batik mungkin orang/ warga indonesia sebagian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya batik, :malus batik adalah salah satu dari ribuan ciri khas budaya yang ada di negara kita, Kata "batik" berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa: "amba", yang bermakna "menulis" dan "titik" yang bermakna "titik" biasanya batik kita paka
Lapor Hansip
07-09-2014 10:32

Merasa orang indonesia? udah kenal belum sama yang namanya batik gan?

Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?

emoticon-Blue Guy Cendol (L) Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan? emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?

Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?


Batik mungkin orang/ warga indonesia sebagian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya batik, emoticon-Malu (S) batik adalah salah satu dari ribuan ciri khas budaya yang ada di negara kita, Kata "batik" berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa: "amba", yang bermakna "menulis" dan "titik" yang bermakna "titik" biasanya batik kita pakai sebagai baju untuk berpergian atau beraktifitas, paling sering sih buat keondangan gan, tapi makin kesini penggunan batik tidak hanya sekedar untuk pakain saja. dan yang lebih bangga lagi batik ini sudah di kenal di mancanegara dulu pertama kali sama presiden kita yang di kenal dengan slogan "PIYE KABARE ISEH PENAK JAMAN KU TO?" yak sapalagi kalau bukan bapak presiden Soeharto penguasa Orde baru, dulu beliau mengenakan batik pada Konferensi PBB yang sekaligus mengenalkan batik kepada dunia internasional.[

Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?


Quote:
Quote:Budaya batik emoticon-Bingung (S)

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya "Batik Cap" yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.
Quote:
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?

*bule aja belajar ngebatik gan~

Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.


Quote:Corak batik
Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga memopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat kepada batik, dan hasilnya adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing. tetapi seiring dengan perkembangan zaman motif motif di modi fikasi sedimikan rupa agar terlihat lebih menarik tapi tidak menghilankan sisi culturenya gan emoticon-Malu (S)

Nih gan beberapa batik berdasarkan coraknya


Buka sini gan


Quote:Penggunanan batik,
Dulu kala memang batik di pakai kalau ada upacara adat doang kan gan, tetapi sekarang penggunannya sudah multifungsi liat nih gan buka satu-satu hehe emoticon-Malu (S)

igo gan


seragam sekolah gan


pramugari aja pakai batik


dan masih banyak lagi


nah banyak kan gan penggunannya, ga cuma buat upacara adat apa lagi cuma buat keondangan doang jadi kurang"in deh gan kalau ada yang make batik ke kampus ke kantor atau lagi jalan" biasa malah di celetukin "mau pergi keondagan mana bro?" << ya kan ga biasanya nyeletuk gitu emoticon-Malu (S), giliran budaya di ambil sama negara lain aja baru koar-koar ga jelas emoticon-Ngakak (S)make aja ga mau malah cenderung malu kan gan? emoticon-Malu (S), maka dari itu sempetin dong gan seminggu sekali make batik. nah segini aja dah gan ya klo merasa kurang cari sendiri dah di mbah google haha lengkap banget dsana, di sini cuma buat intronya aja gan hhe emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)


Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?


Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?


Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?


Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?


Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?


Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?

Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?

Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?


Quote:
Coba intip thread yang lain gan, ngintip ini ga bikin lu bintitan gan !! hha



Diubah oleh YogaAlif
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 10:36
keren gan

ane bantu emoticon-Rate 5 Star gan hehe

btw, ane baru tau kalo ada batik sepatu.
kalo dipake pas sekolah sma, keknya ga boleh gan coz sma ane ga ngebolehin sepatu yang bergaya

cuma boleh sepatu warna item doang emoticon-Berduka (S)
Diubah oleh gigihrizqi
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 10:36
ane kenal banget dah kalau batik mah
itu thread nya bagusss tapi sedikit berantakan
emoticon-Matabelo
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 10:47
~ngebatik tu g gampang gan,
Orang dulu kalo mau bikin btik tulis kudu puasa dulu, g boleh ngmong yg buruk2, dan ada itungan hari pembuatan dan jenis batik apa yg akan dibuat,
#buset ribetnya
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 10:51
corak batiknya sih keren. tapi kombinasi warna dan design bajunya norak norak. makanya bikin illfeel pakek baju batik berasa kampungan. sumpah gemes banget sama designernya selera sampah. gak ngerti ilmu Harmoni Warna.
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 10:51
bule aja dah mulai belajar ngebatik, masa kita nggak emoticon-Matabelo
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 10:53
gan batik itu bukannya nama teknik ya? hehe. batik itu teknik memberi pola atau corak menggunakan canting dan lilin. ini pengertian batik yg sebenarnya.

jadi kain yang "motifnya batik" tapi cara bikinnya pake printing atau tidak dibatik nggak bisa disebut batik lho

Quote:mampir thread ane pengalaman konyol saat praktikum biologi
Diubah oleh pisangkaramel
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 10:56
BATIK SD GAN , hehehe
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 10:59
Batik harus dijaga dan dilestarikan ya gan, jgn mpe tersisihkan
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 11:36
ane pernah belajar ngebatik tapi di kanvas waktu di SMP
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 11:49
tidak suka batik, apalagi yang motif bola emoticon-Big Grin

ampun jangan dibully emoticon-Takut (S)emoticon-Ngacir
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 12:01
Quote:Original Posted By z-0o-m
tidak suka batik, apalagi yang motif bola emoticon-Big Grin

ampun jangan dibully emoticon-Takut (S)emoticon-Ngacir


hehe selera masing-masing sih gan hehe tapi klo di colong sama negara lain jng koar" deh hha
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 12:02
Quote:Original Posted By imran5
ane pernah belajar ngebatik tapi di kanvas waktu di SMP


lumayan gan udh pernah belajar jadi makin tau deng tentang batiknya hehe
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 12:05
Quote:Original Posted By gigihrizqi
keren gan

ane bantu emoticon-Rate 5 Star gan hehe

btw, ane baru tau kalo ada batik sepatu.
kalo dipake pas sekolah sma, keknya ga boleh gan coz sma ane ga ngebolehin sepatu yang bergaya

cuma boleh sepatu warna item doang emoticon-Berduka (S)


makasih gan atas rate5nya hehe

nah iya gan keren juga gan klo di pake sepatu kan ya~ wah masih sma toh ya di pakenya klo lagi eskul aja gan hehe emoticon-Malu (S)
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 12:08
Quote:Original Posted By haraldhardradaa
Batik harus dijaga dan dilestarikan ya gan, jgn mpe tersisihkan


BETUL GAN kita generasi muda harus melestarikannya
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 12:08
emoticon-Matabelo keren gan emoticon-Matabelo emoticon-Kiss emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 12:10
Quote:Original Posted By virtual2reality
~ngebatik tu g gampang gan,
Orang dulu kalo mau bikin btik tulis kudu puasa dulu, g boleh ngmong yg buruk2, dan ada itungan hari pembuatan dan jenis batik apa yg akan dibuat,
#buset ribetnya


wuih gitu ya gan emoticon-Matabelo sekarang mah tinggal di cap cap aja ya gan hele"
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 12:16
Quote:Original Posted By pisangkaramel
gan batik itu bukannya nama teknik ya? hehe. batik itu teknik memberi pola atau corak menggunakan canting dan lilin. ini pengertian batik yg sebenarnya.

jadi kain yang "motifnya batik" tapi cara bikinnya pake printing atau tidak dibatik nggak bisa disebut batik lho



lebih tepatnya batik itu titik gan~
nah iya bener gan kan klo jaman sekarang udh pake print sama tinggal cap aja
tp gpp gan yang penting kan motifnya batik hehe
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 12:18
apanya yang keren?
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 12:21
ane suka sih gan pake batik cuma satu kendalanya pake batik "gerah" sangat gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Merasa orang indonesia? udah kenal belum saya yang namanya batik gan?
07-09-2014 12:24
salah satu kebanggan indonesia gan, nice share deh semoga hot thread
0 0
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia