News
Batal
KATEGORI
link has been copied
26
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53dde606bccb17c3498b4588/peran-candu-dalam-perjuangan-mempertahankan-kemerdekaan-indonesia
Candu adalah getah bahan baku narkotika yang diperoleh dari buah tanaman Papaver somniferum L. atau P. paeoniflorum yang belum matang. Candu dlm istilah umum disebut sbg opium yg berasal dr bahasa latin apion. Orang Jawa menyebutnya apyun apabila masih mentah dan candu atau madat apabila sudah matang. Bila candu diracik dan dicampur bahan lain seperti daun awar-awar, kecubung atau lengkeng disebut
Lapor Hansip
03-08-2014 14:34

Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Quote:
Candu adalah getah bahan baku narkotika yang diperoleh dari buah tanaman Papaver somniferum L. atau P. paeoniflorum yang belum matang. Candu dlm istilah umum disebut sbg opium yg berasal dr bahasa latin apion. Orang Jawa menyebutnya apyun apabila masih mentah dan candu atau madat apabila sudah matang. Bila candu diracik dan dicampur bahan lain seperti daun awar-awar, kecubung atau lengkeng disebut dengan tike. Candu berasal dari Asia Barat dan penyebarannya dilakukan oleh orang Arab sejak sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW. Candu jg mjd komoditas unggulan masa kolonial. Umumnya orang Tionghoa yg memegang peranan penting dlm perdagangan candu di Hindia Belanda.
Pecandu Masa Kolonial
Sumber Gambar: wikipedia
Pada masa revolusi, Indonesia mengalami blokade ekonomi dr sekutu yg membuat pemerintah RI tdk dpt melakukan kegiatan perdagangan internasional dan menghancurkan perekonomian di Indonesia. Blokade ini memaksa pemerintah republik melakukan penyelundupan hasil-hasil perkebunan ke luar negri terutama Singapura. Hasil-hasil perkebunan yg diselundupkan tentu kurang mencukupi kebutuhan dana perjuangan, sehingga pemerintah republik pun harus menyelundupkan candu di antara hasil” perkebunan. Candu dianggap sebagai komoditas yg dpt memberi dana segar yg besar dan cepat. Menteri Keuangan Mr. A.A. Maramis meminta kepolisian utk membantu memperdagangkan candu yg akan digunakan utk membiayai delegasi Indonesia ke luar negri, membiayai delegasi Indonesia di Jakarta, dan memberi gaji pegawai” RI. Selain itu, candu jg digunakan utk membeli peralatan senjata yg diharapkan dpt menambal kekuarangan senjata yg hanya berasal dr rampasan persenjataan tentara Jepang.

Utk itu pemerintah membentuk kantor” regi candu di beberapa kota, diantaranya Kantor Regi Candu dan Garam di Kediri, Kantor Besar Regi Candu dan Garam di Surakarta, dan Kantor Depot Regi Candu serta Obat di Yogyakarta. Kantor” ini mulai aktif di akhir tahun 1947. Kedudukan Kantor Regi Candi dan Garam di Surakarta lebih tinggi dibandingkan dengan Kantor Regi Candu dan Garam Kediri dan Kantor Depot Regi Candu dan Obat Yogyakarta. Jadi, dalam kelembagaan pengelolaan candu di Indonesia berada di bawah koordinasi kantor Wakil Presiden Republik Indonesia dibantu Kementrian Keuangan dan Kementrian Pertahanan bagian Intendence.

Kantor Regi Candu dan Garam Surakarta menangani segala permintaan candu dari badan” perjuangan utk ditukar dengan senjata, bahan pakaian, mata uang asing, dan utk diselundupkan ke luar negri terutama Singapura. Pemerintah bahkan berhasil menyelundupkan candu hingga lebih dr 2,5 juta kg ke Singapura hanya dalam waktu tiga bulan saja pada tahun 1948, yakni Maret, April, dan Mei. Hal yg unik di sini adalah pemerintah republik menerapkan standar ganda dlm penangan perdagangan candu. Di satu sisi pemerintah mengizinkan badan” perjuangan memperdagangkan dan menyelundupkan candu utk dana perjuangan, tetapi di sisi lain pemerintah melarang masyarakat sipil memiliki candu tanpa izin dan melebihi besarnya candu yg dimiliki yaitu 1 tube.

Sumber: Julianto Ibrahim, Opium dan Revolusi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013

Barang memabukkan dan yg kita anggap sebagai barang haram ternyata pernah mjd komoditi penting dan penyumbang dana terbesar bagi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.





Diubah oleh arunasuta
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
03-08-2014 14:45
reserved
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
03-08-2014 16:23
hidup TANAMAN..!! yeahh emoticon-Cool
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
03-08-2014 16:24
hidup TANAMAN..!! yeahh emoticon-Cool
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
05-08-2014 11:24
Quote:Original Posted By zedtyoo
hidup TANAMAN..!! yeahh emoticon-Cool


+2 ye? hehehehe....
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
05-08-2014 12:38
sejak kapan candu mulai hilang dari peredaran di Indonesia? apakah sejak munculnya narkotika generasi baru kayak sabu heroin dll?
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
05-08-2014 18:45
Quote:Original Posted By topx666
sejak kapan candu mulai hilang dari peredaran di Indonesia? apakah sejak munculnya narkotika generasi baru kayak sabu heroin dll?


Peredaran candu di Indonesia setahu ane sebenarnya tdk benar” menghilang hingga sekarang. Pelarangan yg dilakukan pemerintah Indonesia membuat peredaran candu seakan telah menghilang. Hanya penggunaan candu dg cara dihisap memang sudah mulai jarang ditemui sejak tahun 1970-an ketika sdh banyak ditemukan tekhnologi yg dpt membuat candu dlm btk obat dan ditemukannya varian baru pembuatan narkotika spt yg agan katakan. Kontrol ketat OrBa jg membuat peredaran candu tidak semasif masa sebelumnya.
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
06-08-2014 17:22
Quote:
Kedudukan Kantor Besar Regi Candu dan Garam memiliki otoritas yg besar dlm masalah distribusi dan pengelolaan Candu di seluruh daerah Republik. Bahkan, Mentri Muda Pertahanan, Aroedji Kartawinata meminta Kantor Besar Regi Candu dan Garam Surakarta untuk menyediakan candu untuk seluruh pejuang di Jawa Timur. Komandan Teritorial Komando Jawa Timur, Jendral Mayor Dr. Moestopo mendapat kewenangan penuh untuk mengambil candu di Surakarta. Candu tersebut dimaksudkan agar pejuang” di Jawa Timur memiliki bekal dan dana dlm menyusup di daerah pertahanan Belanda.
Aroedji Kartawinata

Jendral Mayor Dr. Moestopo

Mekanisme permintaan candu oleh badan-badan perjuangan dapat dilakukan dengan pengiriman surat permintaan yg dilakukan oleh badan-badan perjuangan yg ditujukan kepada Kementrian Keuangan atau Kementrian Pertahanan bagian Intendance atau Kantor Wakil Presiden untuk selanjutnya kementrian” tersebut meneruskan permintaan kepada Kantor Besar Regi Candu dan Garam di Surakarta.

Barisan Banteng yg berkedudukan di Surakarta pernah mengajuan permintaan kepada Wakil Presiden (Bung Hatta) untuk selanjutnya melalui Sekretaris Wakil Presiden (Iding Wangsawidjaja) mengirimkan surat kepada Kantor Besar Regi Candu dan Garam Surakarta dengan tembusan Kementrian Keuangan. Permintaan candu dpt pula melalui permintaan langsung ke Kantor Besar Regi Candu dan Garam Surakarta. Pemerintah juga memiliki pabrik pengolahan Candu di daerah Wonosari, Gunung Kidul dan Beji, Klaten.
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
07-08-2014 01:08
tuh kan bener...
gw berpikir kalo peran candu itu sangat penting
bahkan saat jaman hindia belanda pun merupakan komoditi dan "alat perang" yang sangat penting.
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
07-08-2014 02:20
long live grass!! emoticon-Big Grin
bisnis opium memang menggiurkan, tapi kalo sekarang justru narkotika yang menggiurkan. kalo cimeng nyari bd bd pinggiran juga banyak yg murah.
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
07-08-2014 09:26
Quote:Original Posted By mixolydianum
long live grass!! emoticon-Big Grin
bisnis opium memang menggiurkan, tapi kalo sekarang justru narkotika yang menggiurkan. kalo cimeng nyari bd bd pinggiran juga banyak yg murah.


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak ane ikut ngakak aja dah.....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
07-08-2014 11:06
wow. ternyata opium merupakan penyumbang dana bagi pejuang2 kita ya...tapi setelah kita merdeka, sebaiknya jgn digunakan lagi yaa emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
07-08-2014 13:10
Salah baca, kirain candi emoticon-Hammer (S)

Wew, kalo memang candu ikut berperan dalam perjuangan, status negara kita ini apa yah? halal apa haram emoticon-Ngakak (S) , bercanda ding.
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
07-08-2014 15:10
Quote:Original Posted By badrudubradu
Salah baca, kirain candi emoticon-Hammer (S)

Wew, kalo memang candu ikut berperan dalam perjuangan, status negara kita ini apa yah? halal apa haram emoticon-Ngakak (S) , bercanda ding.


nah itulah guna sejarah, supaya kita bisa lebih arif lagi menyikapi peristiwa masa lalu........
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
08-08-2014 09:52
wah darurat bgt kayaknya sampe2 jualan gituan..
terus berhentinya kapan gan? Apa setelah blokadenya dicabut atau gimana ?
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
08-08-2014 11:03
Quote:Original Posted By arunasuta

Barang memabukkan dan yg kita anggap sebagai barang haram ternyata pernah mjd komoditi penting dan penyumbang dana terbesar bagi perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.


legalize marijuana ... oh .. mmmm .. mbuh .................................. emoticon-Ngacir

0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
08-08-2014 17:49
Quote:Original Posted By aizashiteru
wah darurat bgt kayaknya sampe2 jualan gituan..
terus berhentinya kapan gan? Apa setelah blokadenya dicabut atau gimana ?


memang kondisi perekonomian Indonesia pd saat itu sdh hancur akibat peperangan, aktivitas pertanian yg terganggu krn dlm suasan perang, pemerintah tdk memilki sumber keuangan atau pun kas krn negara ini baru saja terbentuk. Sekutu jg melakukan blokade ekonomi shg kita tdk dpt melakukan keg perdagangan internasional, sedangkan pemerintah membutuhkan dana utk membayar gaji pegawai, ongkos delegasi, menyediakan logistik, dan membeli persenjataan dlm jumlah besar.

mengenai kapan pemerintah menghentikan perdagangan candu atau menutup Kantor Regi Candu dan Garam tdk diketahui scr pasti krn minimnya arsip" pemerintah mengenai perdagangan candu mengingat sifatnya yg rahasia. Selain itu, birokrasi kita yg kurang tertib dlm pendokumentasian (dr pengalaman ane nyari arsip" pemerintah kebanyakan tdk terlalu terurus, hilang, rusak, atau agak semrawut) membuat arsip" mengenai candu sangat sedikit (yg dipakek penulis buku ini kebanyakan berasal dr laporan mata" Belanda yg disimpan ANRI). Apalagi negara kita belum lama terbentuk. Dimungkinkan kantor" regi candu ditutup setelah pengakuan kedaulatan RI th 1949 atau kalau ada agan" yg tau bisa dishare di sini.

Yg pasti pemerintah melarang peredaran candu di masyarakat tanpa izin, sehingga candu yg beredar di masyarakat bersifat ilegal. Pemerintah agaknya sdh tdk lagi memperdagangkan candu setelah pengakuan kedaulatan RI. Pemerintah melakukan kontrol peredaran candu secara lebih ketat shg pemilik dan pengedar candu dpt dipidanakan. Peredaran candu oleh masyarakat pun setelah itu dilakukan dg diam" atau ilegal.
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
09-08-2014 10:46

Penggunaan Candu Masa Revolusi

Quote:Penggunaan Candu telah menjadi gaya hidup hedonisme yg bermuara pd pencapaian kesenangan. Pengguna terbesar candu ada mereka yg memiliki banyak uang dan kedudukan seperti para priyayi dan orang” Tionghoa. Candu dianggap sebagai sebuah barang yg bisa menghilangkan beban pikiran dan kenikmatan. Candu dianggap dapat membuat orang tambah kuat, menghilangkan rasa sakit, menimbulkan fantasi” seksual tanpa batas melebihi aktivitas seksual yg sebenarnya, dan menambah rasa kegembiraan.

Pemakai candu dapat berimajinasi sesuai selera seks yg mereka inginkan, misalnya berimajinasi dengan wanita” pujaan hatinya yang mungkin belum pernah nikmati permainan seksnya. Meski peredaran candu tak sebebas masa kolonial, tetapi aktivitas prostitusi tak dpt dilepaskan dr penggunaan candu. Bagi laki-laki, menghisap candu menjadi sebuah unsur sosial penting. Mereka dpt berkumpul di warung”, rumah” bordil, berbagi sebatang pipa dengan tetangga (kalau sekarang seperti join-an), sanak saudara, teman sejawat, ditemani juga dg rokok dan berjudi sampai pagi.

Selain berdampak negatif candu jg dianggap memiliki beberapa manfaat:
  1. Mengurangi rasa sakit terutama dlm pengobatan dalam aktivitas perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

  1. Sebagai obat diare dan muntaber dg cara diusap di pusar atau perut. Klelet (bekas pembakaran candu) digunakan utk mengobati cacingan, masuk angin, dan badan loyo.

  1. Sarana menenangkan atau menyembuhkan penyakit pada bayi atau anak kecil. Candu jg dipercaya memperlancar susu ibu dg cara memakan candu dicampur dg pisang. Candu jg dpt meyembuhkan bayi yg terkena sawan dengan menempelkan candu di perut bayi.

  1. Candu dapat meningkatkan aktivitas dan sensasi seksual, sehingga banyak wanita atau para istri yg mengizinkan suaminya mengkonsumsi candu. Bahkan beberapa wanita atau para istri jg mengkonsumsi candu karena mereka percaya bahwa candu dpt memulihkan keperawanan mereka.

  1. Candu dpt mengurangi atau menyembuhkan sakit pd hewan.

  1. Candu dpt membantu dlm melakukan upacara atau ritual magis. Biasa digunakan paranormal atau dukun dlm berhubungan dg arwah, jin, atau makhluk gaib lainnya. Efek candu dpt mempercepat kondisi “trans” atau dpt bertemu makhluk gaib yg diinginkan. Candu jg digunakan sbg sarana penarik atau memperolah benda pusaka.

  1. Candu membantu memperlancar pementasan seni pertunjukan terutama yg berhubungan dg hal” gaib seperti reog/ kuda lumping/ jathilan krn dpt mempercepat kondisi trans.

Diubah oleh arunasuta
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
16-08-2014 18:18

Pemakai Candu Masa Revolusi

Pada masa revolusi, pemerintah sebenarnya melarang pemakaian candu tanpa izin di masayarakat meskipun pemerintah jg menggunakan candu untuk kepentingan perjuangan. Oleh sebab itu, pemakaian candu di masyarakat sebenarnya ilegal. Mereka yang menggunakan candu adalah:
  1. Orang" Tionghoa, merekalah yg paling banyak mengkonsumsi candu karena sudah mjd kebiasaan sejak masa kolonial.

  1. Para priyayi dan Pribumi Kaya, bagi mereka candu jg merupakan bagian dari gaya hidup. Kebiasaan ini sudah ada sejak masa kolonial dan biasa digunakan pada saat upacara" dan pesta". Candu merupakan simbol status kebangsawanan. Terjadinya revolusi membuat mereka tak lagi leluasa mengkonsumsi candu, meski mereka tetap berusaha mencari candu dengan berbagai cara.

  1. Paranormal atau Dukun, candu biasa digunakan untuk mempercepat kondisi trance sehingga cepat dapat berhubungan dengan makhluk gaib seperti kanjeng ratu kidul. Candu juga dapat digunakan untuk aktivitas supranatural lainnya seperti mendapatkan pusaka atau keris.

  1. Praktisi Seni Pertunjukan Rakyat, candu biasa digunakan oleh warok atau ledek dalam setiap pementasan mereka, meski mereka jg mengkonsumsinya dalam kehidupan sehari-hari.


Meski pemerintah melarang pemakaian candu di tengah masyarakat, namun para pemakai candu tetap meneruskan kebiasaan mereka. Bahkan kepolisian terus melakukan penangkapan terhadaporang" yg menggunakan atau memperdagangkan candu tanpa izin.
Diubah oleh arunasuta
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
09-09-2014 11:20
Ndak bolehemoticon-Malu (S), itu pitenah !
Jaman dahulu indonesia tidak me'makai candu saat ber'juang mem'per'tahan'kan ke'merdeka'an'nya. Ter'bukti para pejuang tidak ada yang men'jadi bintang iklan candu pada masa2 tsb. Rakyat yang me'makai candu saat itu me'manfaat'kan ke'sempat'an yang ada.. dan me'nikmat'i ke'indah'an di sela2 per'tempur'an.
emoticon-Ngakak
0 0
0
Peran Candu dalam Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
09-09-2014 16:08
candu memang mengalihkan perhatian. perasaan candu juga berperan di perang vietnam.. daon memang de bestemoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia