News
Batal
KATEGORI
link has been copied
136
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53aa8f2bdc06bd1c6a8b4609/kampret-penculikeks-danpuspom-tim-mawar-akui-diperintah-prabowo-culik-aktivis
Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis Merdeka.com - Mayjen (TNI) Syamsu Djalal angkat bicara soal kasus penculikan aktivis pada 1997. Mantan Danpuspom TNI yang mengusut kasus penculikan aktivis itu mengatakan Tim Mawar Kopassus mengakui telah menculik sejumlah orang. Mereka juga mengaku melakukan penculikan karena diperintah oleh Danjen Kopassus saat itu yakni Prabowo Subi
Lapor Hansip
25-06-2014 15:58

[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis

Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis

[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis

Merdeka.com - Mayjen (TNI) Syamsu Djalal angkat bicara soal kasus penculikan aktivis pada 1997. Mantan Danpuspom TNI yang mengusut kasus penculikan aktivis itu mengatakan Tim Mawar Kopassus mengakui telah menculik sejumlah orang.

Mereka juga mengaku melakukan penculikan karena diperintah oleh Danjen Kopassus saat itu yakni Prabowo Subianto.


"Komandan Tim Mawar (Mayor Bambang Kristono) mengaku kalau melakukan penculikan atas perintah komandannya yakni Danjen Kopassus," kata Syamsu di depan 'Konsolidasi Korban Pelanggaran HAM' di Gedung Joeang '45, Jakarta, Rabu (25/6).

Saat itu, Syamsu merasa aneh lantaran yang diculik tidak membahayakan negara. Dia lantas memanggil semua korban yang selamat untuk meminta keterangan.

"Dan yang saya heran kenapa Pius (korban penculikan selamat) gabung ke Gerindra (ikut Prabowo). Kenapa gerangan?" katanya dia.

Sebelumnya, hal berbeda disampaikan oleh manntan Danpuspom TNI Mayjen (Purn) Djasri Marin. Djasri yang menjabat Danpuspom menggantikan Mayjen (Purn) Syamsu Djalal itu menyatakan Prabowo tak terlibat dalam penculikan aktivis 1997.

Menurut Djasri, penyelidikan yang dilakukan pihaknya saat itu hanya menemukan kesalahan Tim Mawar bergerak sendiri atau dengan kata lain tidak diperintahkan Prabowo yang saat itu menjabat Komandan Jenderal Kopassus.

"Bukan inisiator. Kalau seandainya pemberi perintah dalam hukum itu adalah orang yang turut serta, orang yang memerintahkan atau orang yang melakukan. Tiga-tiganya itu tentu dia (Prabowo) tidak ada. Peran Prabowo pada saat itu tidak ada peran apa-apa," ujar Djasri sesaat hendak memberikan keterangan kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Jakarta, beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, Letjen Prabowo Subianto diberhentikan dari dinas militer karena diduga terlibat penculikan 13 aktivis yang hingga kini masih hilang. Prabowo sempat tinggal di Yordania dan kembali ke Indonesia lalu terjun ke dunia politik.
Sumber

Soal Penculikan dan Kerusuhan, Nomer 1 Ahlinya

Soal Pilih Presiden, Nomer 2 Pilihannya

emoticon-I Love Indonesia (S)

[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis

[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis

0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 7
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 16:44
wahhhhhhhh ngeriii ahhhh kalo dipimpin sama seperti ini
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 16:48

Harus bicara secara langsung di televisi jadi ada bukti yang jelas

0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 16:48

sebagai buruh kami kecewa sama prabowo

belum masalah buruh pt.bubur kertas. yg belum di bayar..

sebaiknya prabowo amanah di pt.bubur kertas dulu.. urusan negara biar jokowi-jk yg urus mereka ahli di bidangnya..
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 16:49
masih aja ada yg mau dipimpin oleh penculik ini yah? Apa gak takut keluarganya diculik jg? emoticon-Matabelo

Mana dia Banyak utang juga lho

[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis

[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis

0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 16:53
biar jelas dan terang benderang bawa Prabowo ke Mahkamah Militer emoticon-Ngacir2
Diubah oleh monliner
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 16:53
smakin gede aja nih hidung wowo
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 16:55
gw paling jijik ama berita kriminal penculikan emoticon-Najis
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 16:57
serem emoticon-Takut
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 16:58
Dongok kuadrad dan bener2 miskin moral sampe mau pili si Wowo. Sekalian aja suruh Iblis memimpin negri ini, karena memang tidak ada bedanya!
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 17:00
Zonk, kiplan, suryo.... Ayo rame2 bilang Syamsu Djalal blek kempein...
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 17:01
Cihuy, Trit kyk gini yg paling disukai Panastak, Goreng Terus Mas emoticon-Ngakak
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 17:01
dah pada bubar, posko pdip kosong noh emoticon-Ngakak

jangan lupa loreng ama baretnya dipake yg bener, biar kliatan serem
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 17:02
Wah toko karung ane bakal laris neh...

Pancen kampret...
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 17:10
ngeri ngeri sedap juga ni berita. Hati2 nentukan pilihan. Yg bersih cuma no 2
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 17:20
Kaset rusak diputer2 terus gak ada isu laen emoticon-Ngakak



Andi Arief : Soal Prabowo, Saya Tidak Percaya Pernyataan Wiranto

sekaligus korban penculikan mulai buka suara soal penculikan yang terjadi pada tahun 1998. Setelah Pius Lustrilanang, kini giliran Andi Arief bereaksi soal penculikan aktivis 16 tahun lalu.

Apalagi ketika Wiranto sampai menggelar konferensi pers dan mengatakan bahwa Prabowo diberhentikan Presiden Habibie karena penculikan yang dilakukannya.

“Kasus penculikan ini harusnya selesai jaman Wiranto jadi Panglima ABRI (Pangab). Tapi Wiranto sengaja menyimpannya untuk memukul Prabowo jika sewaktu-waktu terjadi rivalitas kembali, “ kata staf khusus Presiden bidang Kebencanaan Andi Arief dihubungi di Jakarta, Selasa (24/6/2014) malam.

“Saya sendiri tidak percaya ada inisiatif pribadi dari Prabowo seperti yang dinyatakan Wiranto soal penculikan, “ kata Andi Arief sambil melampirkan beberapa artikel tentang penculikan itu.

Antara lain artikel Panji Masyarakat tertanggal 27 Oktober 1999. “Di artikel ini Prabowo seperti menutup sesuatu, memasang badan atas penculikan ini, “kata Andi.

Menurut dia, kesalahan teknis penyelidikan atas beberapa orang, termasuk dirinya berubah istilah menjadi penculikan. Perubahan istilah itu dipolitisasi oleh orang yang mengambil keuntungan atas pengkambinghitaman Prabowo.

Andi juga menegaskan bahwa pimpinan ABRI saat itu juga mengetahui daftar pencarian 28 orang aktivis radikal. Selanjutnya Prabowo mengaku hanya bertanggungjawab atas sembilan aktivis dan semuanya sudah dilepaskan. Andi menganjurkan agar Prabowo berterus terang kepada publik atas keterlibatan pihak lain dalam penculikan ini.

“Kalau Prabowo berterus terang, saya juga akan berterus terang tentang hal-hal lain yang mungkin membuat peristiwa penculikan ini clear. Ini saatnya buat saya dan kawan-kawan lainnya sudah harus mengatakan yang sebenar-benarnya. Kejujuran akan dibalas lebih dari kejujuran,” kata Andi Arief.

Dia mengatakan ada pihak lain yang tak ingin tersentuh soal tuduhan pelanggaran HAM tersebut.(Miradin Syahbana Rizky/A-89)

http://www.pikiran-rakyat.com/node/286719


Kesaksian Pius sbg korban penculikan emoticon-army:


Pada April 1999, Tim Mawar diadili oleh Mahkamah Militer. Saya menolak memberikan kesaksian karena saya yakin yang harus diseret ke pengadilan untuk dimintai pertanggungjawaban adalah Soeharto, sebagai Panglima tertinggi ABRI. Saya menganggap Tim Mawar hanyalah eksekutor di lapangan. Dari data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa penculikan didukung dan dikoordinasikan oleh berbagai instansi dalam tubuh ABRI: Kepolisian, Komando Teritorial (Mabes, Kodam, Korem, Kodim, hingga Koramil), serta aparat intelijen (Bakin, BIA). Jadi, penculikan adalah produk dari kebijakan politik rezim Soeharto.

Prabowo yang saat itu menjadi Panglima Kostrad menyatakan mengambilalih semua tanggung jawab. Mungkin sepanjang sejarah TNI, hanya Prabowo, seorang jenderal bintang tiga, yang berani memikul tanggung jawab komando. Jenderal lain biasanya memilih lepas tanggung jawab dan membebankan kesalahan pada bawahan atas nama kesalahan prosedur. Lewat keputusan Dewan Kehormatan Perwira, Prabowo pun dibebastugaskan. Tidak lama kemudian, Prabowo memilih untuk mengasingkan diri ke Yordania.

Setelah Tim Mawar menjalani hukuman atas penculikan sembilan orang aktivis, Bambang Kristiono, sang komandan, mengambil inisiatif untuk bertemu dengan saya. Dalam pertemuan tersebut, Bambang menyampaikan permintaan maafnya. “Saya melakukan hal tersebut karena tugas,” katanya. Dalam kesempatan tersebut, Bambang Kristiono juga menyatakan bahwa dia dan timnya tidak membunuh aktivis yang belum kembali. Saya ingat kata-katanya: “Pius, lihat mata saya. Saya tidak berbohong. Demi Allah, saya tidak membunuh mereka”. Jika bukan Tim Mawar, lalu siapa? Terhadap pertanyaan ini sampai sekarang tidak ada jawabannya.

Setelah pertemuan itu, kami kemudian bertemu kembali. Kali ini masing-masing membawa istri. Dalam kesempatan itu, BK kembali menyatakan permohonan maafnya atas nama keluarga. Saya dan istri menerima permohonan maafnya. Kami semua adalah korban; korban dari sebuah sistem yang otoriter.

http://www.tempo.co/read/news/2013/1...o-Subianto/1/2



Saya dan Prabowo sekarang berdiri pada titik yang sama dalam setting politik yang sama sekali berbeda dengan 10 tahun yang lalu. Saya telah membayar keyakinan saya meskipun dengan risiko mati. Sejarah membuktikan pada akhirnya keyakinan saya yang menang. Prabowo pun telah membayar kesalahannya dengan kehilangan jabatan strategis sebagai Pangkostrad dan cita-citanya untuk memperoleh posisi tertinggi dalam karier militernya.

Saya tetap dengan keyakinan saya, sama seperti dulu. Ketika saya memilih menjadi aktivis dan matang, saya berkeyakinan bahwa Soeharto adalah penghalang bagi demokratisasi. Ketika Soeharto lengser, seluruh tatanan Orba pun runtuh, ibarati kartu domino. Kasus penghilangan orang adalah sebuah kejahatan rezim (Soeharto) bukan tindakan koboi para petinggi militer. Jika ada yang salah, maka yang salah adalah doktrin. Kesalahan doktrin adalah kesalahan institusi. Kalaupun Prabowo harus dihukum, dia telah menjalani hukuman itu.

Terus terang saya sekarang mengagumi mantan musuh saya. Setelah kalah dan dikorbankan, Prabowo memilih mengasingkan diri keluar negeri. Dia sempat menjadi kambing hitam dari berbagai kerusuhan dan aksi teror. Tapi sejarah membuktikan bahwa dia tidak terlibat. Dia kembali dari pengasingannya dan memulai dari bawah lagi sebagai pengusaha dan memimpin sejumlah ormas. Saya pikir Prabowo sudah menunjukkan karakter kepemimpinannya yang tak mudah menyerah. Kecintaannya yang begitu besar terhadap Tanah Air yang memanggilnya untuk kembali berkiprah.

http://www.tempo.co/read/news/2013/1...o-Subianto/1/8


Ini kata Andi Arief emoticon-Big Grin

Penculikan ini tidak mungkin salah prosedur. Jika salah prosedur, kok
operasi sampai setahun, bahkan sampai ada pergantian Pangab. Seperti
diketahui, Pius dan beberapa kawan yang lain diculik waktu Pangabnya Feisal
Tanjung, sementara ketika saya, Pangabnya sudah ganti Wiranto. Juga bukan
oknum. Kalau dilihat dari materi interogasi, mereka mewakili sebuah rejim,
bukan mewakili faksi tertentu dalam tentara. Karena mereka tanyakan semua,
mereka mewakili rejim lama, rejim Soeharto.

http://www.minihub.org/siarlist/msg00378.html


Siapa pelaku? Saya memang sempat mengidentifikasi bahwa, bagian yang
menculik saya lain, bagian yang menginterogasi, bagian yang menjaga saya ,
memberikan makanan, mengoper dan menyerahkan ke Mabes Polri orang yang
lain-lain. Banyak orang terlibat dalam kasus ini, tidak hanya satu kesatuan.
Saya sempat mendengar nama sebuah kesatuan, karena keteledoran petugas yang
menjaga, petugas itu sempat berkata "kalau di tempat X ini tidak pernah
pulang. Saya sudah empat tahun tidak pulang kampung". Ketika di jalan, dari
Merak-Kebon Jeruk, sebelah saya bertanya kepada temannya yang ada di depan
ketika menerima telepon. "Dari siapa, Bang?" "Dari Mayor X".

http://www.minihub.org/siarlist/msg00377.html
Diubah oleh besok.ngecorr
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 17:23
Goyaaang teruuus...
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 17:23
Quote:Original Posted By lukmanewe
belum masalah buruh pt.bubur kertas. yg belum di bayar..

sebaiknya prabowo amanah di pt.bubur kertas dulu.. urusan negara biar jokowi-jk yg urus mereka ahli di bidangnya..


setuju ama ente
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 17:26
Quote:Original Posted By lukmanewe
belum masalah buruh pt.bubur kertas. yg belum di bayar..

sebaiknya prabowo amanah di pt.bubur kertas dulu.. urusan negara biar jokowi-jk yg urus mereka ahli di bidangnya..


Ane setuju ama komentar quote agan di atas ane emoticon-Big Grin
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 17:26
Quote:Original Posted By besok.ngecorr
Kaset rusak diputer2 terus gak ada isu laen emoticon-Ngakak


isu???
ini fakta bukan fitnah...[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
0 0
0
[KAMPRET PENCULIK]Eks Danpuspom: Tim Mawar akui diperintah Prabowo culik aktivis
25-06-2014 17:28
Quote:Djasri Marin: Tak Ada Peran Prabowo dalam Penculikan

Senin, 23 Juni 2014 20:08 WIBShareTweetTribunnews.com/Eri Komar SinagaKomandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI AD 1998-2002, MayorJenderal (Purn) Djasri Marin memberikanketerangan soal keterlibatan Tim Mawar dalam penculikan aktivis 1997-1998 di Badan Pengawas Pemilihan Umum, Jakarta, Senin (23/6/2014). Kehadiran Djasri di Bawaslu atas permintaan Tim Kampanye Prabowo-Hatta. Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eri Komar SinagaTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -Mantan Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI Mayor Jenderal (Purn)Djasri Marinmenegaskan, nama PrabowoSubianto tak disebut dalam penculikan aktivis medio 1997-1998 yang dilakukan Tim Mawar dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus).Danpuspom yang melakukan penyelidikan kasus tersebut, hanya menemukan kesalahan bahwa Tim Mawar bergerak sendiri, alias tidak diperintahkan Prabowo yang saat itu menjabat Komandan Jenderal Kopassus. Ia menegaskan bahwa Prabowo bukan lah inisiator."Pemberi perintah dalam hukum adalah orang yang turut serta, orang yang memerintahkan atau orang yang melakukan. Tiga-tiganya itu tentu dia (Prabowo) tidak ada. Prabowo saat itu tidak ada peran apa-apa," ujar Djasri sebelum memberikan keterangan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Jakarta, Senin (23/6/2014).Menurut Djasri, Puspom TNI AD yang melakukan pemeriksaan saat itu menemukan dua kesalahan yang dilakukan Tim Mawar. Perintah kepada Tim Mawar adalah mencari fakta, dan melakukan penyelidikan."Cuma pelaksananya melakukan tindakan-tindakan penculikan, terus penahanan. Maka dari itu, tuduhan yang saya sampaikan kepada mereka antara lain melampaui kewenangan tugasnya, terus menghilangkan kemerdekaan oranglain," terang Djasri.Djasri menambahkan, dirinya saat itu bukan yang memulai penyidikan, melainkan meneruskan apa yang sudah dilakukan Mayjen TNI (Purn) Syamsu Djalal, Danpuspom sebelumnya. Syamsu kemudian diangkat menjadi Jaksa Agung Muda Intelijen di Mahkamah Agung, dan Djasri meneruskannya.Polemik pemberhentian Prabowo dari militer memanas. Setelah mantan Panglima ABRI Jenderal (Purn) Wiranto mengatakan Prabowo lah inisiator penculikan aktivis. Pernyataan Wiranto tersebut menanggapi beredarnya dokumen pemberhentian Prabowo oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara.

http://m.tribunnews.com/pemilu-2014/2014/06/23/djasri-marin-tak-ada-peran-prabowo-dalam-penculikan-aktivis
Diubah oleh greenheart
0 0
0
Halaman 1 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia