Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
126
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53a6ae4fc1cb179f218b45bd/pengalaman-servis-ac
Cuaca panas, ac udah gak dingin, dagh lama gak diservis. Cari info di media cetak, datanglah tkg servis ac ke rumah, dgn bermodalkan tabung 3 kg isi freon, alat2 perkakas dan steam air. Ac di dlm kamar pun dicuci sampe bersih, tiba mau cuci kipas yg di luar kamar, di sini nih permainan nakal tkg servis ac. Selang2 dibersihi, trus selang ke kipas (yg berisi kompressor dll) diisi freon, tanpa babibu
Lapor Hansip
22-06-2014 17:22

Pengalaman servis AC

Cuaca panas, ac udah gak dingin, dagh lama gak diservis. Cari info di media cetak, datanglah tkg servis ac ke rumah, dgn bermodalkan tabung 3 kg isi freon, alat2 perkakas dan steam air.

Ac di dlm kamar pun dicuci sampe bersih, tiba mau cuci kipas yg di luar kamar, di sini nih permainan nakal tkg servis ac. Selang2 dibersihi, trus selang ke kipas (yg berisi kompressor dll) diisi freon, tanpa babibu lgs aja dikerjakannya. Trus stlh diisi, si tkg servis kasitau, kalo freonnya apalah istilah mereka jd gak bisa dingin ac nya, dicek kapasitornya rusaklah jd disarankn beli baru. Setelah dibeli yg baru, tuh ac tetap gak dingin, eh dy cek, kompressornya rusak. Gila aja udah abis 500rb, eh ada tambahan lg, yg harus diganti 1 set dgn harga 1 jt, buuseett. Terakhir ane usir tuh tkg servis. Besoknya telp tkg servis lain, ternyata akal2an tkg ac yg pertama. Sialan!

Ane mau kasih info berdasarkn saran dr tkg servis ane :
1. Lakukan perawatan 3 bln sekali (cuci filter).
2. Freon tidak perlu diisi jika tidak ada kebocoran pada selang di kipas (outdoor), di sinilah permainan nakal tkg servis ac, dgn alasan ac krg dingin hrs diisi freon. Atau bisa aja, dy membuang freon ac kita trus dy isi dgn yg baru.
3. Berdasarkn info dr tkg servis yg kedua, yg sering bermasalah itu adalah kualitas kompressornya gan selain itu tdk ada). Harga kompressor itu mahal gan, tidak bisa dibeli cuma kompressor aja tp lengkap 1 set.
4. Beli ac jgn nanggung brp pk nya, lgs beli 1 pk, karena menyangkut biaya listrik, belum lg kekuatan utk mdinginkan ruangan membebankn listrik so ambil yg 1 pk.
5. ac punya waktu istrirahat gan, maksimal pemakaian 5 jam. Hal ini disebabkn komponen di dalam kompressornya terbuat dari bhn aluminium yg sifatnya mudah meleleh (produksi thn sekarang, beberapa merek) sedangkan ac jadul malah lebih awet krn pake tembaga.

Gimana pengalaman agan bro dan sis?
profile-picture
profile-picture
hoodieabu dan zharki memberi reputasi
0
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Pengalaman servis AC
22-06-2014 17:35
wah sama gan, ane juga sering dikibulin ama tukang servis AC, masa tiap 3 bln nambah freon pas dia cek freonnya kurang, mungkin udah dikurangin. Terus nyari lagi deh tukang servis AC lain, kebetulan ada rekomendasi dari ipar, servisnya top abis, tukang servisnya di tangerang mau naik motor ke jakarta barat gan, bayangin aje tekadnya.

Biaya servis sama pula ama yg kacangan, tapi ane lebihin karena servisnya lama karena mesin indoornya dibersihin lama banget ama doi. ampe hampir 1 tahun ac dingin terus, tinggal cuci filternya aja.

eh sekalinya mau panggil dia lagi buat servis, taunya dpt kabar beliau baru meninggal karena tabrakan...ane sedih banget gan. orang jujur, kerja keras......malah nasibnya.

Sekarang balik lagi ama tukang servis abal-abal ga jelas.emoticon-Mad (S)
Sekian pengalaman ane gan

Kali aja bawah ane tukang servis AC jujur emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
peppermintla955 dan zharki memberi reputasi
1 1
0
Pengalaman servis AC
23-07-2014 21:58


sama gan emoticon-Mewek
dulu sering dikibulin, tp untung skrg udh g lagi krn udh pengalaman emoticon-thumbsup


Best Regards,
Wsschanger
0 0
0
Pengalaman servis AC
24-07-2014 15:40
untung gue dah punya langganan tukang serpis ac emoticon-Big Grin



Flintz*forbidden*
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Pengalaman servis AC
24-07-2014 16:03
Sorry gan, tukang AC ikutan nimbrung. Thread agan banyak yg ngawur.
1. Cuci AC cukup 6 bulan sekali. Kecuali rumah agan pinggir jalan raya yg selalu ngebul, atau sebelah rumah ada yg lagi renov. Bisa 3 bulan sekali. Kalo filter mah bisa cuci sendiri sebulan sekali. Yg perlu tukang servis itu untuk nyuci coil evaporator (indoor) dan coil condensor (outdoor).
2. Tidak ada istilah Freon basi atau rusak. Selama tidak ada kebocoran, freon gak perlu diganti/ditambah seumur dunia.
3. Tidak ada kompresor dari almunium atau tembaga. Semua kompresor itu dari besi. Kumparannya yg dari tembaga. Dudukannya babet. Kerusakan kompresor cuma ada 2. Oli kompresor habis, jadi piston jamned. (oli bisa habis karena ikut freon yg bocor). Kedua, kumparan kompressor putus.
4. Untuk ruangan max 3x4 tinggi 3 meter, 1/2 PK udah cukup banget. Buat apa 1 pk ? memang lebih cepet dingin. Tapi boros listrik banget.
5. Gak ada kompressor 1 set. 1 set sama apa ? Komponen kompressor cuma 3. Rotary piston, kumparan/gulungan motor dan thermal protector. Semua berada dalam 1 unit.
6. tidak ada jam operasional maximum dari AC. Di rumah ane, AC dimatikan cuma kalo mau dibersihkan atau PLN mati. Selain itu 24 jam nonstop. Bila kompressor terlalu panas, akan otomatis mati karena ada thermal protector. Kalo sudah dingin, otomatis juga hidup lagi.

Taro page one kalo berkenan.
Diubah oleh a_dewa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mblaemkece727 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 26 balasan
Pengalaman servis AC
24-07-2014 16:04
bantuin ane isi survey tugas akir gan
https://docs.google.com/forms/d/13or...FPZOg/viewform
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Pengalaman servis AC
24-07-2014 16:39
nice share gan...
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Pengalaman servis AC
24-07-2014 16:49
Bokap ane tukang servive ac dan ane juga sering ikut bantu, kata bokap ane kalo ac sering digunakan / digunakan setiap hari idealnya di service 3bulan sekali, kalau cuma dipakai malam hari bisa 5 atau 6 bulan, kalo masalah ac kurang dingin bisa banyak faktor yang mempengaruhi, bisa filternya banyak debu atau angin freonnya kurang, isi angin freon tuh lama, kecuali pipa selang ente bocor, di las abis itu diisi freon, biasanya juga bokap ane delalu nanya ke yang punya, "pak ini freonnya kurang makanya gak dingin, harga segini bla bla bla" gak langsung inisiatif sendiri isi freon.. Mungkin yang service ac ente oknum yang nakal
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Pengalaman servis AC
24-07-2014 16:53
wiih ane jadi banyak tau gara2 mampir dimarih, kebetulan banget abis lebaran rencananya ane mau servis nih. thanks agan2 buat ilmunya.
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Pengalaman servis AC
24-07-2014 17:19
Quote:Original Posted By JoyBuLL
wah sama gan, ane juga sering dikibulin ama tukang servis AC, masa tiap 3 bln nambah freon pas dia cek freonnya kurang, mungkin udah dikurangin. Terus nyari lagi deh tukang servis AC lain, kebetulan ada rekomendasi dari ipar, servisnya top abis, tukang servisnya di tangerang mau naik motor ke jakarta barat gan, bayangin aje tekadnya.

Biaya servis sama pula ama yg kacangan, tapi ane lebihin karena servisnya lama karena mesin indoornya dibersihin lama banget ama doi. ampe hampir 1 tahun ac dingin terus, tinggal cuci filternya aja.

eh sekalinya mau panggil dia lagi buat servis, taunya dpt kabar beliau baru meninggal karena tabrakan...ane sedih banget gan. orang jujur, kerja keras......malah nasibnya.

Sekarang balik lagi ama tukang servis abal-abal ga jelas.emoticon-Mad (S)
Sekian pengalaman ane gan

Kali aja bawah ane tukang servis AC jujur emoticon-Ngakak



Kata boss ane...org baek cepat matinya..

emoticon-Bingung
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Pengalaman servis AC
24-07-2014 17:22
Baca komeng para agan jadi nambah info...

Mantap gan
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Pengalaman servis AC
24-07-2014 17:30
nice inpohh gan emoticon-Kiss
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Pengalaman servis AC
24-07-2014 17:47
Wah ac dikamar belom pernah diservice nih karna thread ini jadi tau ane gan haha thanks lah emoticon-Ngakak
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Pengalaman servis AC
24-07-2014 18:06
pilih ac yang gold fin, pipa tebal lama korosinya. tapi kalau rajin service sih ac bakalan awet kok gan.

ac 1 pk itu untuk ruang tamu, kalau kamar pilih yang 320 watt aja, set temperatur 26, jadi begitu mencapai 26 derajat otomatis berhenti, nanti jalan lagi pas suhu naik...lebih hemat listrik....

rata2 perbulan ane bayar 1 ac sekitar 100rb-an....
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengalaman servis AC
24-07-2014 18:07
untung aku ra nganggo AC , nang purbalingga hawane wis adem koh ra perlu AC.


profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Pengalaman servis AC
24-07-2014 18:12
seumur2, bokap ane belum pernah beli AC gan emoticon-Berduka (S)
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Pengalaman servis AC
20-06-2016 11:35
Ane pengalaman di kibulin tukang AC. AC ane diinfoin kurang Freon, ga dingin. Terus bayar lah isi Freon.
Abis itu AC dibersihin eh makin rusak dan katanya ntar mau datang lagi buat benerin.

Tapi di telp dah diangkat, kadang dimatiin. Lagi apes ini
Diubah oleh 0pt1mu5
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Pengalaman servis AC
22-06-2016 12:42
mantap gan biar yg lain ga ketipu
emoticon-Traveller
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Pengalaman servis AC
22-06-2016 12:44
nais share gan emoticon-Leh Uga
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Pengalaman servis AC
22-06-2016 13:56
gembok bray,
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Pengalaman servis AC
22-06-2016 14:18
ac ane aja dh lama ngga dipake..
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia