Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
893
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/538604910f8b46117b8b46e4/ane-menyesal-kenapa-gaji-ane-cuman-20-juta
Hidup adalah pilihan, kadang tiap keputusan punya konsekuensi. Mumpung libur panjang mau bikin trit terakhir. Dulu ane demen ama teknik sipil, tp dilarang kakak katanya lulusannya banyak pengangguran. Akhirnya ane masuk IT. Untungnya ane cocok ama IT, bakat ane tersalurkan. Walau sepertinya lebih menantang di sipil tingkat keilmuannya. Ane lulus taun 2009. Masuk kerja, keterima di perusahaan negar
Lapor Hansip
28-05-2014 22:45

Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.

Hidup adalah pilihan, kadang tiap keputusan punya konsekuensi. Mumpung libur panjang mau bikin trit terakhir.

Dulu ane demen ama teknik sipil, tp dilarang kakak katanya lulusannya banyak pengangguran. Akhirnya ane masuk IT. Untungnya ane cocok ama IT, bakat ane tersalurkan. Walau sepertinya lebih menantang di sipil tingkat keilmuannya. Ane lulus taun 2009.

Masuk kerja, keterima di perusahaan negara yang jadi pintu ekspor impor via laut. Gajinya kecil 3 koma, trus kerjanya di pelabuhan gitu. Tapi ane bersabar, sampai akhirnya 2011, menterinya baik hati, gaji naik jadi 15 juta per bulan. Cuman sebentar ngerasakan makmur bingit, ane coba apply lowongan tugas belajar dari kantor, S2 bidang master IT, dan lolos. Wah, ternyata pas kuliah penghasilan berkurang drastis, hehe. Mau ga mau gaya hidup harus hemat. Sekalian bisnis juga biar ga drastis2 amat. Bisnis dibantu istri tercinta, dagang fashion sambil kuliah.

Untungnya ane kelar S2 dalam waktu relatif cepat 1 tahun 4 bulan, dan dapat predikat cumlaude. Pas balik ke kantor ane promosi jabatan. Gaji pun disesuaikan. Gaji per bulan xx juta. Sisanya ikut standar perusahaan, sebulan 2x gaji, bonus tahunan 8x gaji, dapat rumah dinas ama mobil (dipinjemi), tunjangan. Alhamdulillah.

Trus karena hobis bisnis dari kuliah S2, ane cari peluang di lingkungan kerja ane. Komoditas barang keluar masuk ane jadikan peluang. Ane buka toko, client perusahaan ane minta jadi supplier, akhirnya kebuka dah toko fashion ama elektronik. Keuntungan bersihnya kisaran xx juta per bulan (sehari rata2 dapat untung x juta). Trus gaji ane dan istri 5 juta per bulan. Jadi ane diajarin temen, kita sebagai manajer usaha harus digaji juga, keuntungan usaha baru dijadikan aset buat ngembangan usaha lagi. Ane pun ngembangin usaha, lembaga training ama konsultant. Yang jabanin temen2 ane dari S1. Baru jalan 3 bulan sih, belum kehitung keuntungan per bulannya. Kata teman ane yang jadi manager, harusnya bisa banyakan, apalagi kalau ikut proyek pemerintah bisa lebih gede lagi.

Trus ada satu lagi usaha yang menarik, apa coba? Developer properti atau jasa kontraktor sipil. Asem, dulu ane pengen banget kuliah sipil, noh sekarang kebukti kan. Temen ane yang jadi kontraktor bilang, sebulan bisa dapat proyek 2M rata2 keuntungannya 30% bersih. Wuahaha, makin ngiler aja nih buat fokus usaha.

bukan profesinya yang ngiler, tapi kebebasan waktu dan penghasilannya itu loh. makan sama2 3x sehari, waktu sama2 24 jam, tapi mereka bisa lebih produktif.
---

Ane sempet galau, tetep kerja di perusahaan ane atau fokus ke usaha saja. Kadang iri liat temen yang fokus di usaha, punya kebebasan waktu dan potensi penghasilan unlimited. Iri juga liat teman yang profesional di bidangnya, gaji gede ga perlu mikirin sampingan. kayak teman2 S2, padahal kuliahnya malesin nilainya rata2 pula, tapi kerja di luar negeri gajinya setaun 2M, mereka ga mikirin bisnis2 lagi, pulang ke rumah tinggal istirahat. Kalo ane biasanya kecapekan, habis ngantor perlu mikirin bisnis. Untung ada istri yang bantuin. Atau sistem ane belum bagus kali ya, hehe.

Btw, kebanyakan teman2 yang sukses di enterpreneur, dulunya S2 MBA trus kerja ama asing beberapa tahun, baru deh ngembangin usaha sendiri. pas banget ni ama skenario ane, hehe. Tapi....

Yang ane kurang demen ama beasiswa kantor adalah, ane saat itu tandatangan kontrak yang isinya adalah ane harus mengabdi selama 6 tahun. Jika melanggar akan kena denda sebesar 2x biaya selama ane kuliah, ane hitung total dendanya 1.5 M. Belakangan baru ane tau, ternyata beasiswa yang tidak mengikat itu banyak banget.
---

Kalo pesan ama adek2 sih :
1. Apapun jurusan S1nya, S2 nya cita2kan ambil MBA ya, yang terbaik sih di Harvard, di ITB dan UGM juga ada. MBA itu Master Business Administrasion, lulusannya paling dicari sama perusahaan internasional. Disana itu diajarin buat jadi top leader perusahaan, diajarin strategi perusahaan, ekonomi makro mikro, permodalan, manajemen perusahaan, dsb. Kalo kerjaan diarahkan jadi CEO, atau kalo dalam negeri jadi direksi BUMN. MBA menerima mahasiswa S1 lulusan apa saja, dari IT kek, mesin kek, kedokteran kek, akuntan kek. Di MBA diajarin cara menjadi top leader, biasanya diarahkan menjadi enterpreneur. Jadi kalo adik sarjana mesin, diharapkan nantinya jadi pengusaha bidang mesin. Jadi pengusaha bidang IT, jadi direktur rumah sakit, dsb. Masuknya relatif mudah, jauh lebih mudah dibanding S1. Biaya paling mahal, dalam negeri total spp 100 juta, luar negeri 1M. Tapi banyak beasiswa lo, bahkan dikasih biaya hidup. Kuliahnya gratis dapat biaya hidup pula. Mau?

2. Ambil beasiswa yang tidak mengikat. Dan ternyata banyak banget, bahkan yang memberi biaya hidup segala. Kenapa tidak mengikat, karena kadang wawasan kita disana nambah drastis. Siapa tau dari Perusahaan besar ngajak kerja dengan salary tinggi, apa ga ngiler tuh? Galau kan kalo terikat ama kontrak. Contoh yang tidak mengikat : beasiswa eremus, LPDP Kemenkeu, dsb (search ndiri ya ntar). Oh iya, sebenarnya beasiswa untuk S1 juga ada loh, sampai S3 juga ada. pokoknya gratis dari awal sampai akhir, rajin2 search ya.

3. Setelah MBA, niatkan bekerja di perusahaan internasional, makanya kalo bisa MBA internasional sekalian biar mudah aksesnya. Niatnya nyari ilmu, pengalaman, dan network. 3-5 tahun bekerja, segera terapkan ilmunya untuk membuat perusahaan sendiri. Jadi konsultan kek, backup perusahaan lama kek, dsb.

Jangan tiru abangmu ini ya, kalian harus lebih baik perencanaannya. Tapi mudah2an Allah kasih jalan buat abang, agar kita bisa jumpa di puncak mimpi bersama2 kalian emoticon-Smilie. Doakan ya

---
Oh iya, ada yang PM kantor ane sementara ini dimana. Ane kasih clue ya "SMA 10 juta, Sarjana 15 juta". Coba search di google

Nb :
- akhirnya plong juga setelah ditulis, ternyata ga seberat kalau dipikirkan
- tks masukan2 dari kaskuser, ane makin legowo dan tambah bersyukur
- strategi berikutnya adalah jalani dengan sebaiknya, namun semangat meraih mimpi harus tetap dikobarkan emoticon-Smilie


Update :
Terima kasih atas sharing kaskuser, ane dah nemu keywordnya :
Perbanyak syukur, sering2 liat orang lain dibawah, perbanyak sedekah, dan jalani pekerjaan dan bisnis yang ada dengan sebaik2nya, dan jangan terlalu ngejar dunia.

Terima kasih mau berbagi dan mengobati sedikit kegalauan di hati keluarga ane. Mohon maaf atas kekurangan kata. Kalo ada sedikit motivasi itu cuman kebetulan, kalau ada kesalahan itu pasti, wong nulisnya di hape pas lagi mumet-mumetnya, hehe. last word, tks yaa, sukses buat kalian semua emoticon-Smilie

*masih liburan 2 hari ke depan, bakalan ane pantengin ni thread, dan taruh pejone komentar2 kaskuser lainnya.
Diubah oleh Hansip.01
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 46
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 22:46
Eh, ada yang senasib

Quote:Original Posted By rajabanjar
Nice share gan. Kisahnya inspiratif

Ane juga mau share gan.
2011 ane lulus sma. Paling demem sama masalah politik dan ekonomi. Rencananya ane mau kuliah di psikologi, atau di Manajemen Bisnis. Alhamdulillah ane dapat kesempatan untuk ikut seleksi penerimaan Universitas dari Luar negeri. Waktu test ane ngambil jurusan manajemen bisnis. Seminggu setelah test ane dapat pengumunan dan ane dinyatakan lulus di salah satu perguruan tinggi di Malaysia. Rencananya 1.5 Tahun study di malaysia dan 2 tahunnya study di Belanda. Truss magangnya nanti bisa di perusahaan asing kelas dunia. Memang seh klo kuliah disana dengan urang pribadi a.k.a uang ortu. Dan ortu selalu support "jangan pikirkan duit, asal untuk pendidikan pasti ada jalannya". katanya klo udah kuliah disana bisa sambil kerja part time dan banyak penawaran beasiswa perusahaan. Segala keperluan udah disiapkan, segepok duit dari ortu juga udah siap untuk ngurua passport, visa, ini itu.

Tapi rencana ane kuliah di luar negeri sirna gan. Ortu sharing sama abang ane tentang rencana kuliah ane diluar negeri. Rencana kuliah diluar negeri dianggap gak bonafit, dianggap terlalu boros dan tidak menjanjikan karier di dalam negeri. Padahal ane dan keluarga udah siap lahir batin. Akhir ane gak jadi kuliah si univ internasional. Semua duit persiapan kuliah ane kembalian ke ortu.

Sama abang dan ortu, ane diminta untuk mendaftar kuliah di Kedokteran gan. Prodi Paling keren dan Prestisius bagi kebanyakan orang. Padahal ane basic minat di ekonomi gan. Seharusnya jiklau gagal masuk kul di Univ internasional, ane bakal ngambil ekonomi syariah, atau ekonomi manajemen gan.Namun demi ortu ane ngalah. toh ane juga lulusan dari ipa wakru sma. Truss ane belajar senampeteen jalur tulis gan coz gak dapat undangan.

Alhandulillah. Ane keterima di FK gan, setengah cita-cita ortu dan abang ane tercapai, setengahnya lagi klo ane sudah disumpah jadi dokter. Ane jadi mahasiswa kedokteran. Awal kuliah ane bangga banged gan. Berasa jadi anak pintar gitu. Namun sekarang ane di semester enam, berjuang keras walau terseok-seok, entah apa koq ane sulit bngedbdapat index prestasibyang bagus.

Sedikit banyaknya mulai sharing-sharing sama dokter yang baru selesai pendidikan. Ternyata jadi dokter gak seglamor yang dipikirkan orang gan. Banyak dokter dokter umum yang dari muda sampai tuanya mengabdi, menetap di daerah yang rada terpencil. syukur-syukur dapat di kabupaten.
....

Apa yang ane bayangin tentang kuliah FK ternyaya beda jauh dengan hasil outputnya nanti.
Jadi dokter biar bisa kaya, glamor dan dihormati masyarakat. Niat seperti itu harus dibuang jauh-jauh gan. Sekarang niat ane pengen jadi dokter untuk pengabdian, klo niatnya pengen jadi orang kaya maka salah jikalau masuk kedokteran. Coz nanti ane kariernya di fungsional, unit terkecil, sebagai pelayan masyarakat. Jauh dari jabatan struktural, jikalau pengen struktural-pun masuk saja ke dinas kesehatan atau manajemen rumah sakit. Toh gajihnya pun lebih tak lebih besar dari direktur atau manajer perusahaan BUMN atau Swasta.
.....

Andaikan ane ambil kuliah di luar negeri, ane mungkin nanti kerja di perusahaan internasiona.digaji pake dolla. tinggal di apartemen. Nyusun karier jadi direktur atau perwakilan pimpinan perusahaan asing di Indonesia, membawahi banyak pegawai.

Coz ane kuliah di FK, setelah lulus ane akan di kirim ke pelosok daerah terpencil. Diupah beras dan setandan pisang. Tinggal samping puskesmas, menyusun karier jadi dokter keluarga atau dokter spesialis atau jadi kepala puskesmas-direktur rumah sakit, jadi pelayan masyarakat.

Apapun nanti, ane ikhlas, ane gak bakal nyalahkan siapapun, gak bakal nyesal. Toh ane sendiri membiarkan diri ane mengambil pilihan itu.

Yang penting ikhlas dan syukur gan.



Lainnya :
Quote:Original Posted By qechu
harusnya agan disyukuri, mungkin itu yang bs saya katakan

ane baru saja resign dr perusahaan lama, sdh 3,5 tahun lah di pers. lama gaji udah lumayan, walau gak sebesar agan...jauh banget, cuma kalo seukuran sy yang masih blm berkeluarga hidup d jakarta, sdh alhamdulillah.

sdh jln 4 bulan ini ane kerja mandiri, krn rasa pengen tahu, gmn caranya berwiraswasta, tapi sayangnya sy belum menyiapkan matang2, kalo di total2, skr perbulan dptnya lbh kecil dibandingkan sewaktu masih kerja, walau kerja mandiri saya, bermodal kreativitas, krn ane kerja di bidang industri kreatif. Berat rasanya banyak yang dipikir kan, dan semunya hrs dipertimbangkan.skr masih nyari2 sembari menyelesaikan beberapa kerjaan yang kontraknya hampir selese.

Skr sy nyoba2 applly sana sini lagi berharap dpat salary yang minimal sama dgn yang lama, krn tetnyata sy belum siap utk kerja mandiri, sambil menyiapkan nantinya bekerja mandiri di bidang industri kreatif.

Kalo sy ngelihat agan sbg orang awam itu sdh alhamdulillah banget, dibandingkan beberapa yang lain, bisa dikatakn kesejahteraan agan sdh besar. Tapi sy apresiasi cerita agan setidaknya agan, memberikan gambaran2 yang sdh agan rasakan.



Quote:Original Posted By blackneck9999
mohon maaf agan ts,

menurut saya agan terlalu iri dengan orang lain, itu tidak baik. coba liat kebawah masih ada orang lain yg gajinya 1 juta rupiah, kredit motor cuman pas buat makan.

jangan lah liat teman teman lain yg gaji nya ber M-M an, tapi liat lah kondisi keluarga. kalau keluarga bahagia gaji 1 juta cukup.

mau kawan begok kek, tolol kek, malas waktu kuliah kah, itu nasib dia. gak ada gunanya kita membandingkan diri kita dengan orang lain. sekali kali boleh tapi digunakan sebagai parameter target. katakan dalam hati 1 tahun saya nanti mau bisa punya penghasilan 100 juta perbulan.

gimana caranya ya jalankan sesuai pengalamanmu, ilmu yg kamu dapatkan dari usaha istriku. fokus disitu, hajar kompetitornya. hidup ini seperti sebuah taruhan besar. kalau kamu gak sanggup atau gak ada mental kuat meletakkan betting nya ke situ ya jangan harap bisa dapat banyak.

menurut saya kalaupun gaji 2 m temanmu dia pasti ada skill khusus atau unik yg orang lain mungkin gak punya, atau pun punya tidak menemukan orang tepat yg mau menggaji dia 2m.

jadi kalau menurut saya, ada baiknya ya selain kerja dengan gaji 20 juta tadi, bisnis di full fokuskan. juga niscaya suatu saat nanti bisa mencapai penghasilan 200 juta perbulan dari bisnis anda, entah gimana caranya, triknya itu ya urusan abang sendiri.

semoga abagn selalu sukses


Quote:Original Posted By EclaireEscalius
inspiratif gan..
tp ane kuliah bukan untuk kerja gan.. tujuan akhirnya untuk buka lapangan pekerjaan, alias jadi bos dalam skala besar.. kerja buat ane cuma batu loncatan aja menuju kesana, ane mau jadi generasi enterpreneur.. sekarang sih masi setengah modar pegawai cuma 5 orang, gpp lah tapi, biar mandi keringet, tapi milik ane sndiri.. doain ane sukses ya gan ke depannya..
emoticon-Kiss emoticon-Kiss


Quote:Original Posted By ngantuk.brur
Kalo menurut ane, agan selalu ngerasa ga cukup karena agan selalu ngeliat orang lain yang berada "di atas" agan. Saran dari ane,

BERHENTI MENDONGAK KE ATAS

Jujur, ane kerja dan gaji ane ga ada setengahnya dari gaji agan. Tapi ane merasa tenang dan woles karena ane merasa cukup dengan apa yang ane milikin sekarang.

Salam super emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By armando0t1t
gan alhamdullilah ane udah resign kerja, sekarang ane buka usaha kecil-kecilan, alasan utama ane uang gak bisa membeli waktu, apalg waktu untuk kebersamaan dengan keluarga gan, gak usah disebutin nominal yah, gaji ane sebulan cukup lah beli motor sport sebiji emoticon-Malu (S), tp yang penting sekarang ane bahagia gan, idup santai, gak ada beban di hati, bisa maen kaskus seharian, soal rejeki biar Allah yg ngasihemoticon-Malu (S)

ttp semangat gan emoticon-Sundul Gan (S)


Quote:Original Posted By skyz_14
saran gw

maap nih komentar gw agak dikit berbeda dari kaskuser lain

gaji 20 jt buat bina kluarga masi tergolong pas..mungkin kurang malah iya

buat ts : liad temen gaji gede bagus koq emoticon-Stick Out Tongue jadi dorongan pacuan buat brani lebih maju

bingung napa temen ente otak pas2an kok bisa lebi sukses
karena mereka brani mengambil resiko yg lebi besar dari ente
dan brani kluar dari comfort zone

banyak orang cuman bisa mengikhlaskan diri dan bersyukur .. sudah cukup dhe sampe disini aja , liad kebawah ... scara tidak langsung anda mengontrol alam bawah sadar anda dan hasilna anda tidak akan bisa kluar dari zona nyaman ini
apalagi buat yg sudah berkeluarga .. contoh gampang
si A itu berpotensi besar jika berwirausaha tapi karena dia ponya anak dan istri
dia lebih menetap di perusahaan dia bekerja ... (berada dalam zona nyaman )


Quote:Original Posted By coxoncoumo
Emang, segede2 ny gaji karyawan yg kerja di perusahaan org, tetep ga ada yg bisa kaya bgt2 gan.. Mending bisnis lah, muterin duit sendiri, bukan duit orang lain..
Dan liat, jajaran 10 besar org terkaya di dunia emg ada yg profesinya karyawan/manager/staf dsb ato pekerja profesional(kyk dokter, guru, polisi, insinyur, dll)? Ga ada kan? Yg ada pengusaha dan business man kyk om bill gates, opa warren buffett, dkk emoticon-Smilie




Diubah oleh Hansip.01
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 22:49
gede amat gaji ya ..
mw dong..
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 22:49
Coba juga apply lagi, cari yg gedean. emoticon-Smilie
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 22:53
Quote:Original Posted By krnwn_indigo
Coba juga apply lagi, cari yg gedean. emoticon-Smilie


Harus ngabdi 6 taun gan. Kalo resign bakalan kena dendan 2x biaya selama S2. Itung2annya 1.5M penaltinya.
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 22:56
Ane dah yakin mau masuk teknik mesin mbah..
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 22:57
yaudah.. 20jeti tuh banyak tau
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 22:58
Quote:Original Posted By lutfitandus
Ane dah yakin mau masuk teknik mesin mbah..


Lanjutkan gan, nanti agan bakalan jadi inovator dan megang banyak patent. Jangan lupa aspek bisnisnya ya
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 22:59
Quote:Original Posted By Hansip.01


Harus ngabdi 6 taun gan. Kalo resign bakalan kena dendan 2x biaya selama S2. Itung2annya 1.5M penaltinya.


waduh
ya udah jalanin aje yg sekarang
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 23:00
Segitu udah gede banget gan buat ane emoticon-Mewek
Bersyukur gan masih ada yg kurang beruntungbdari agan...
btw jangan lupa beramal gan sodakoh dll buat kelancaran usaha agan dan bisnis nya biar maju amin emoticon-Shakehand2
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 23:00
Quote:Original Posted By .karliemontana.


waduh
ya udah jalanin aje yg sekarang


Siap sist. Konsekuensi atas keputusan yang ane ambil.
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 23:03
agan ngelawak apa gimana nih? Gaji segitu mah gede emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 23:04
waaaooowww,,,,ada bukti ga gan?slip gaji mungkin atau apalah yang bisa buktiin omongan ente?bukan iri atau gimana,yah sekali lagi di kaskus itu punya motto "no pic=hoax"

siapa setuju?
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 23:06
wah gan harusnya bersyukur gan ,coba tengok kebelakang masih banyak yang kekurangan emoticon-Smilie

Tetep semangat dan jalanin aja semampunya emoticon-Smilie
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 23:08
syukuri apa yang ada gan emoticon-Smilie
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 23:09
Quote:Original Posted By andromedafun
waaaooowww,,,,ada bukti ga gan?slip gaji mungkin atau apalah yang bisa buktiin omongan ente?bukan iri atau gimana,yah sekali lagi di kaskus itu punya motto "no pic=hoax"

siapa setuju?

aku sih yess! *ngomong ala anang emoticon-Hammer2*
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 23:11
Gaji segitu mah tergolong gede gan, kenyataannya banyak yg walau S1 tp nganggur atau gaji dibawah 4jeti...syukuri apa yg ada, hidup itu anugerah. Hidup ga melulu numpukin harta tp bgmn share hidup kita buat orang lain dengan apa yg kita miliki
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 23:11
mantep gan sharingnya buat pembelajaran yg baru mau kuliah
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 23:12
enak bgt lh gan
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 23:13
Wow inspiratif sekali
0 0
0
Ane menyesal, Kenapa Gaji ane cuman 20 Juta.
28-05-2014 23:15
Quote:Original Posted By tanemanidup
yaudah.. 20jeti tuh banyak tau


Kadang ane ngebandingin ama temen ane gan
Doi kuliahnya malas, nilainya dibawah ane.
Eh bisa kerja di luar negeri dengan gaji gede.
Itu kadang yang bikin hati gimana gitu.

0 0
0
Halaman 1 dari 46
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia