Ditengah situasi Kaskus yang sedang memanas, sebagai pembuka mari kita berdo'a agar chaos ini segera berakhir dengan Happy Ending
Kejadian ini terjadi tadi gan sekitar pukul 14:55
Pas ane mau menyegarkan dahaga di siang yang panas ini, ane jalan sama temen ane ke warung BurJo... sesampainya disana ane ngelihat ada keramaian dipinggir Rel KA,,, dari jauh sejak melihat keramaian dipinggir Rel ane udah firasat "ada yang ketabrak".
Dan setelah ane samperin ternyata bener gan ada kecelakaan, sebuah motor Ninja , kalau tidak salah seri Ninja 150r. Ketabrak kereta di perlintasan kereta yang sedang dalam penuntasan proyek jalur ganda. Perlintasan ini memang tanpa palang pintu dan penjaga, namun sudah dibuat semacam tanjakan jadi otomatis yang mau lewat pastinya pelan pelan dan tengok kanan kiri terlebih dahulu
Nah tapi untuk kejadian tadi . . . kata saksi mata yang detik itu juga melihat kejadian, beliau sudah berteriak kepada si pengendara motor yang berboncengan cowo cewe,,, " Woiiii ada Keretaaaa "namun si pengendara malah tancap Gas dan alhasil ketika bagian depan motor masuk ke jalur perlintasan KA motor mesinnya mati. Namun bagi si pengendara dan pembonceng mungkin cukup lega karena mereka di detik2 terakhir melompat dari sepeda motor yang beberapa detik kemudian sudah tersambar KA dan langsung ringsek gaaaan . . .
Nah dari hal tadi janganlah abaikan peringatan yang ada.... Toh apalagi berkendara disiang bolong yang mana kita masih bisa melihat kanan kiri apakah ada kereta tidak sebelum melintas . . .
Buat agan2 Hati hati ya gan kalau berkendara, apalagi kalau mau melintas di jalur KA tanpa palang pintu,,, dan lagi udah diperingatkan malah cuek dan terkesan nantangiiin.....
semoga tidak terjadi kasus kecelakaan lagi . . .
Semoga Thread ane berkenan dan bisa menjadi masukan dan pembelajaran bagi kita bersama.... Tak lupa harapan ane agar masalah di kaskus segera selesai . . .
Update
Spoiler for Kenapa kendaraan berhenti di atas Rel:
VIVAnews - Kasus kecelakaan di lintasan rel kereta api meningkat dari tahun ke tahun. Yang terbaru di Bintaro, Senin 9 Desember 2013. Insiden itu menewaskan tujuh orang dan puluhan lainnya luka-luka
Banyak faktor yang mengakibatkan kecelakaan terjadi, mulai dari nekat menerobos palang perlintasan kereta sampai akhirnya kendaraan khususnya roda empat mendadak mogok di lintasan rel.
Lantas kenapa bisa terjadi? Mogoknya mobil terjadi kemungkinan akibat daya magnetik yang terdapat pada rel kereta api. Daya tarik magnet timbul karena adanya gesekan antara roda kereta dan rel.
Roda kereta api umumnya dari baja berjenis ferritic. Baja jenis ini mempunyai medan magnet yang sangat kuat -- medan magnetnya terkuat ketimbang jenis baja lainnya. Pemilihan baja ini agar kereta melaju stabil.
Kendaraan yang rawan mogok, biasanya adalah kendaraan yang berbahan bakar bensin, sedangkan yang berbahan bakar solar, tidak akan berpengaruh.
Sebab, beberapa kendaraan berbahan bakar bensin masih menggunakan platina dan CDI. Saat terkena medan magnet besar, pengapian CDI ini akan terpengaruh, sehingga mesin bisa mati.
Namun menurut Kepala Bengkel Plaza Toyota, Parman Suhada, hal itu tidak sepenuhnya benar. Sebab, sistem kelistrikan mobil saat ini sudah sangat canggih.
"Mungkin ada pengaruh kelistrikan tapi boleh jadi hanya pada mobil lama. Untuk mobil sistem kelistrikan mobil zaman sekarang sudah sangat canggih," kata dia.
Dia mengingatkan, jika hal tersebut memang terjadi (mobil mogok di tengah perlintasan kereta), usahakan jangan panik dan segera keluar dari kendaraan sebelum kereta melintas. (umi)
VIVAnews - Kecelakaan kereta commuter line dengan truk tangki BBM di Bintaro Senin kemarin, yang menewaskan tujuh orang dan puluhan lainnya luka-luka, jadi pelajaran mahal bagi para pengendara kendaraan, terutama yang masih nekat menerobos palang pintu kereta.
Agar tidak terjadi kecelakaan yang sama di kemudian hari, Autonetmagz memberikan tips defensive driving ketika melintasi perlintasan rel kereta api.
Pertama, jangan terobos palang. Ketika palang perlintasan kereta api sudah tertutup, jangan pernah menerobos meskipun kereta terlihat masih jauh atau masih terlihat berhenti di stasiun.
Karena banyak kemungkinan yang dapat terjadi, seperti kereta muncul dari arah berlawanan atau kereta datang lebih cepat dari yang dibayangkan.
Kedua, matikan musik. Ketika melewati perlintasan kereta api usahakan untuk selalu mematikan musik di dalam mobil atau saat mengendarai kendaraan roda dua.
Karena suara musik terutama yang terlalu keras dapat membuat suara peringatan perlintasan rel kereta api tidak terdengar, terutama untuk yang menggunakan earphone ketika menggunakan kendaraan.
Ketiga, perhatikan lampu rambu perlintasan kereta api. Sama seperti suara, perlintasan kereta api juga memiliki sistem pemberitahuan menggunakan dua buah lampu berwarna kuning yang menyala bergantian ketika kereta akan melintas.
Jangan remehkan tanda ini, karena jika alarm suara tanda kereta api tidak berfungsi, lampu ini berfungsi untuk menggantikannya.
Keempat, jangan asal maju ketika macet. Ketika terjadi kemacetan di pintu perlintasan kereta, biasanya pengendara cenderung ingin maju jika ada celah sedikit.
Perhatikan ruang jalan di depan Anda. Jika yakin setelah perlintasan kereta terdapat ruang untuk kendaraan mengantre di kemacetan, barulah majukan mobil.
Namun jika masih padat, jangan sekali-kali mengambil resiko dengan maju ke tengah perlintasan rel kereta api dan berhenti di tengahnya. Ini sangat berbahaya mengingat tidak tahu seberapa lama kemacetan akan menahan kendaraan Anda di tengah perlintasan rel kereta api.
Kelima, perhatikan samping perlintasan kereta api.
Meskipun tidak ada tanda bahaya, tetap lihat samping kanan-kiri rel kereta api.
Jika perlintasan kereta api yang Anda lewati ternyata bukan jalur resmi dan tidak dilengkapi dengan rambu-rambu, pastikan Anda melihat samping kanan dan kiri lebih detail dan ketika melintas upayakan pacu kendaraan sedikit lebih cepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Aji Mumpung
Keenam, hindari kesempatan aji mumpung. Biasanya ketika suara peringatan perlintasan kereta api sudah berbunyi, tetapi palang pintu masih belum tertutup, banyak pengendara yang tak sabaran dan langsung buru-buru tancap gas.
Ini sangat berbahaya, sebab bisa saja jatuh dari motor karena ngebut atau atap mobil terbentur pintu palang kereta api yang sedang menutup.
Terakhir, jangan ikuti kata "Pak Ogah". Terkadang di perlintasan kereta api seringkali menemukan "Pak Ogah" yang ikut mengatur lalu lintas.
Namun ingat, jangan menyerahkan sepenuhnya nyawa kita di tangan mereka. Tetap waspada dan perhatikan lingkungan sekitar. Apalagi ketika macet, jangan pernah memaksa untuk maju mengantre di tengah rel kereta karena disuruh maju oleh mereka. (ren)
=========================================================================================== Update
Komen dari beberapa Kaskuser :
Spoiler for komen agan agan:
Quote:
Original Posted By izzatroxas►wah bersyukur banget itu masih di beri kehidupan
terlalu lalai, udah di bilangin "AWAS ADA KERETA !!" Masih aja tancap, eh taunya motornya mati
ini ni yang ane ngeri in kalau mau lewat jalan kereta, mening ane stop dulu dari pada langsung tancap
Quote:
Original Posted By Vengzhi►ane pernah baca jg di thread mana gt klo kreta ud mw deket mending jgn nyebrang, kdng jg mobil sring mogok di perlintasan, arus magnetnya kuat
Quote:
Original Posted By trisyan96►harus lebih hati-hati ane juga gan
Quote:
Original Posted By janganprotes►and pernah belajar tentang kereta gan
mengapa kadang mesin mati dan tidak begitu terdengar suara laen
- ketika kereta berjalan
terdapat energi dari gesekan reel dan ban kereta
energi itu bisa membuat mesin kendaraan kita mati dan sebagainya...
bisa juga membuat kita tak mendengarkan sesuatu...
Quote:
Original Posted By fsl.indrawan►kenapa pake loncat dari motor segala sih
Quote:
Original Posted By sanasiniseni►untung masih di kasih selamat itu gan...
makannya kaloo lewat perlintasan budayakan tengok kanan kiri....
Quote:
Original Posted By rindeju►masih sukur ya pengendara motornya selamat, lain kali hati2, ada penjaga atau engga ane tetep ngeri tiap lewat perlintasan kereta
Quote:
Original Posted By redika►sayang nyawa sayang nyawa... nyawa-nyawa sarebu tiga sarebu tiga
ngeri bener itu gan
yang bawa ninja slamet itu gan?
nambahin dikit: (ane pernah baca artikel tentang lewatin rel)
misal kita melintasi rel kereta api, pastikan dulu tidak ada kerata yang melintas pastinya tengok kanan kiri.
kereta hampir tiap beberapa menit melewati rel itu, dan gesekan yang terjadi mengakibatkan rel kereta memiliki medan magnet yang cukup kuat untuk mematikan mesin kendaraan kita
jadi disamping "mungkin kurang terampil" naik motor, bisa juga dari kemungkinan tersebut.
jadi tolong berhati2 para kaskuser terutama, jangan asal nyelonong aja
jangan buang nyawa sia2, lebih baik menunggu 5 menit di belakang palang perlintasan kereta, dari pada nyelonong dan akibatnya ketabrak
Quote:
Original Posted By PunyaSiBoss►tidak ada rasa kasihan sedikit pun kepada pengemudinya
pengemudi2 kaya begini nih layak mati
membahayakan orang lain
kalau mati , mati sendiri aja
kalau masih selamat dipidanakan saja
nih
Bahan yang pertama dapat kita rujuk adalah Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (“UU No. 22 Tahun 2009”). Disebutkan dalam Pasal 114 UU No. 22 Tahun 2009, Pada perlintasan sebidang antara jalur kereta api dan Jalan, Pengemudi Kendaraan wajib:
berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, dan/atau ada isyarat lain;
mendahulukan kereta api; dan
memberikan hak utama kepada Kendaraan yang lebih dahulu melintasi rel.
Substansi pengaturan Pasal 114 UU No. 22 Tahun 2009 tadi juga sejalan dengan isi pengaturan Pasal 110 Peraturan Pemerintah No. 72 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Kereta Api (“PP No. 72 Tahun 2009”) yang menyatakan:
Pada perpotongan sebidang antara jalur kereta api dengan jalan yang selanjutnya disebut dengan perpotongan sebidang yang digunakan untuk lalu lintas umum atau lalu lintas khusus, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api.
Pemakai jalan wajib mematuhi semua rambu-rambu jalan di perpotongan sebidang.
Dalam hal terjadi pelanggaran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) yang menyebabkan kecelakaan, maka hal ini bukan merupakan kecelakaan perkeretaapian.
Pintu perlintasan pada perpotongan sebidang berfungsi untuk mengamankan perjalanan kereta api.