Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
3
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53226d401e0bc3c3028b458c/3-sifat-negatif-yang-harus-kaskuser-hindari
Beberapa tahun ngaskus, join di 2007 --> Lupa password Lalu bikin ID lagi di 2009. Sering baca-baca thread / hot thread.. dan sering sekali gemes sama konten thread-nya dan komentar-komentar-nya. Dari Thread dan komentar yang ada di Kaskus, ane melihat setidaknya ada 3 sifat negatif yang harus kaskuser hindari. Yuk kita bahas ketiga sifat tersebut 1. Hanya melihat dari 1 segi/sudut pandang Misa
Lapor Hansip
14-03-2014 09:45

3 Sifat Negatif yang harus Kaskuser hindari

Beberapa tahun ngaskus, join di 2007 --> Lupa password
Lalu bikin ID lagi di 2009.

Sering baca-baca thread / hot thread.. dan sering sekali gemes sama konten thread-nya dan komentar-komentar-nya.

Dari Thread dan komentar yang ada di Kaskus, ane melihat setidaknya ada 3 sifat negatif yang harus kaskuser hindari. Yuk kita bahas ketiga sifat tersebut


1. Hanya melihat dari 1 segi/sudut pandang
Quote:
3 Sifat Negatif yang harus Kaskuser hindari

Misal, ada sebuah thread yg membahas sesuatu kemudian TS nya menyudutkan pihak tertentu dengan mengedepankan fakta-fakta sepihak. Contoh: Thread tentang mahasiswa di-skors karena kritik kampus. Pada awalnya, content thread isinya menyudutkan kampus. Banyak sekali thread-thread serupa seperti ini seperti thread yang membahas buruknya layanan kesehatan, dll.

Kita harus melihat dari sudut pandang lain. Baca kisahnya lebih dalam dan lebih seksama. Kalo agan males baca, tidak perlu ikut-ikutan memperkeruh keadaan.

Kaskuser yg baik, akan meminta TS agar mengedepankan fakta-fakta dari pihak yang disudutkan juga, agar para pembaca bisa melihat dari berbagai sudut pandang.



2. Men-generalisasi-kan sesuatu
Quote:Buat yang tidak tahu Generalisasi, perhatikan gambar dalam spoiler.

dari bawah ke atas


Dari gambar yg di-spoiler, jika dilihat dari bawah ke atas, semakin general (umum).
Hubungan sama sifat negatif?
Misal ada satu oknum polisi yang ketahuan nerima sogokann dari bule, dan menjadi hot news di media massa, bahkan ada thread nya ada di kaskus dan rame sekali. Banyak kaskuser yg memberi komentar negatif kepada polisi, seperti: polisi di negara kita jelek lah, gampang disogok lah, dll.
Contoh lain, ada oknum rumah sakit yang membuang pasien. Semakin banyak yg beranggapan bahwa layanan kesehatan di negeri ini makin bobrok

Itu adalah oknum gan. Bukan membela diri yah. Ane bukan dari keluarga polisi / dokter hehe.

Coba putar balikan posisinya. Tapi ganti kasusnya dengan pembunuhan (biar agak kejam dikit hehe). Misal di salah satu anggota keluarga agan ada yg melakukan (amit-amit, maaf ya) tindak pidana pembunuhan. Apakah lantas keluarga agan bisa disebut keluarga pembunuh? Tentu tidak bukan?

Ada peribahasa : Karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Manusia tidak sama dengan air susu. Jika ada satu orang oknum polisi atau satu orang oknum rumah sakit, maka tidak semua orang di lembaga hukum / badan kesehatan tersebut sama jeleknya.


3. Mudah terpancing
Quote:
3 Sifat Negatif yang harus Kaskuser hindari

Contohnya, ada thread yg membahas mahasiswa kena skors karena kritik kampus. Banyak kaskuser yg langsung ikut panas, dan bela mahasiswa. Tapi tidak melihat dari sudut pandang si kampusnya dulu. Wah ini ada kaitan sama sifat negatif nomor 1 di atas nih.. hehe

Kaskuser yg baik, akan membaca kisahnya dulu lebih dalam, dan berusaha memahami titik permasalahan. baru berkomentar emoticon-Smilie


Ane tidak beranggapan semua kaskuser memiliki sifat di atas. Tapi ada beberapa kaskuser yg memiliki salah satu bahkan mungkin ketiga sifat negatif di atas. Semoga agan bukan salah satunya. Mari interospeksi diri kita masing-masing

Ane tidak menuntut kaskuser agar menjadi orang yg berkemampuan soft skill yang baik. Tentu para kaskuser disini memiliki latar belakang pendidikan / lingkunan yg berbeda-beda. Tetapi mari kita sama-sama belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik, karena kita adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan dan berinteraksi satu sama lain.
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
3 Sifat Negatif yang harus Kaskuser hindari
14-03-2014 09:46
Komentar

Quote:Original Posted By smurjianto


Setuju... emoticon-Shakehand2

Kalau boleh ane ambil point'nya...
Memandang suatu masalah dari 2 sudut pandang yg berbeda agar lebih berimbang, tdk memukul rata suatu masalah dan bersikap arif menghadapi atau mengomentari suatu masalah..
betul. emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup untuk agan

Diubah oleh BudakBaru
0 0
0
3 Sifat Negatif yang harus Kaskuser hindari
14-03-2014 11:12
Quote:Tetapi mari kita sama-sama belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik, karena kita adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan dan berinteraksi satu sama lain.


Setuju... emoticon-Shakehand2

Kalau boleh ane ambil point'nya...
Memandang suatu masalah dari 2 sudut pandang yg berbeda agar lebih berimbang, tdk memukul rata suatu masalah dan bersikap arif menghadapi atau mengomentari suatu masalah..
0 0
0
3 Sifat Negatif yang harus Kaskuser hindari
18-07-2014 01:05
Setuju gan, kita harus melihat dari sudut pandang lain dan hasilnya pasti akan berbeda
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia