Quote:
Ada Puan di Iklan PDI-P, Inikah Alasannya?
JAKARTA, KOMPAS.com — Puan Maharani muncul dalam iklan politik PDI Perjuangan di media massa. Dalam iklan teranyarnya, Puan berbicara mengenai Indonesia seharusnya mencapai ketahanan pangan. Pengamat politik dari Charta Politika, Yunarto Wijaya, menilai ada tiga kemungkinan di balik kemunculan Puan ini.
Penilaian pertama, sosok Puan muncul dalam iklan tersebut karena Ketua Fraksi PDI-P itu menjabat Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu). Baginya, sangat wajar jika seorang Ketua Bappilu tampil dalam iklan politik partainya. "Argumentasinya jelas, Puan kan Ketua Bappilu," kata Yunarto saat dihubungi, Rabu (12/3/2014) malam.
Alasan kedua ditampilkannya Puan dalam iklan politik PDI-P, kata Yunarto, sangat mungkin dilakukan untuk menjaga trah Soekarno di PDI-P. Meski partai tersebut memiliki banyak kader muda yang populer dan dapat menjadi vote getter, alasan untuk menjaga regenerasi genetik Soekarno membuat sosok Puan harus ditampilkan.
Lalu alasan ketiga, Yunarto mencium kemungkinan Puan sengaja ditampilkan agar popularitas dan citranya terus meningkat. Pertimbangannya adalah karena beberapa hasil survei sempat menyebut nama Puan potensial dijadikan calon wakil presiden.
"Artinya, kemunculan Puan (dalam iklan) bisa menggapai itu semua sekaligus. Mencitrakan (Ketua) Bappilu, simbolisasi Soekarno, atau ada arah menuju calon RI 2. Mana yang paling benar? Hanya Mbak Puan yang tahu," ujar Yunarto.
Beberapa iklan PDI-P dengan tajuk "Indonesia Hebat" telah tayang di media massa dan tersebar di internet. Ada banyak isu yang diangkat menjadi tema iklan tersebut, antara lain mengenai ajakan untuk tak rasialis, menjaga keramahan Indonesia, dan terakhir semangat menjadikan Indonesia mewujudkan ketahanan pangan.
Dalam iklan mengenai ketahanan pangan, Puan tampil seorang diri, sementara sosok Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri selintas muncul menjadi latar. "Banyak yang kita miliki, tapi sedikit yang kita kuasai. Saatnya kita kembalikan kedaulatan pangan agar tercipta kesejahteraan, itulah Indonesia Hebat," kata Puan di dalam iklan tersebut.
kompas
jika memang joko widodo akan dicapreskan oleh PDIP, mengapa iklan politik PDIP di TV menggunakan Puan Maharani?
konsep iklan + syuting iklan berapa lama sih? paling 1 hari, dan langsung bisa tayang? mengapa puan yang dijual di iklan televisi?
serangan udara di televisi akan membentuk persepsi lebih melekat daripada berita media online..media online hanya mencakup kurang dari 20% penduduk indonesia (dan pasti terpecah ke beberapa kubu, dan jauh lebih banyak yang apatis)..tapi 80% penduduk indonesia lebih suka melihat televisi, radio, dan kampanye langsung di darat..juga petuah2 dari kepala desa, tokoh masyarakat, ulama, dll..
sangat bodoh bagi pendukung joko yang berpersepsi jika joko menang di media online (twitter, berita online, kaskus, dll) otomatis menang pemilu,.
jadi...jangan ngarep joko jadi presiden, klo gak bisa narik tokoh2 masyarakat, ulama, dan "kekuatan tidak terlihat"..