Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
45
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53057f1441cb178d178b4670/inilah-jawaban-kenapa-kursor-mouse-miring
Pernahkah terpikirkan oleh agan, mengapa desain kursor mouse di buat miring? Saking seringnya kita melihat kursor, mungkin pertanyaan itu tak pernah terlintas di benak kita. Kursor mouse yang kita kenal selama ini umumnya berupa tanda panah tersebut dan ditampilkan miring sekitar 45derajat Mengapa Kursor Mouse Miring? KOMPAS.com — Pernahkah terpikir oleh kita, mengapa desain kursor mouse di komp
Lapor Hansip
20-02-2014 11:05

Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring

Pernahkah terpikirkan oleh agan, mengapa desain kursor mouse di buat miring? Saking seringnya kita melihat kursor, mungkin pertanyaan itu tak pernah terlintas di benak kita. Kursor mouse yang kita kenal selama ini umumnya berupa tanda panah tersebut dan ditampilkan miring sekitar 45derajat

Quote:
Mengapa Kursor Mouse Miring?

kursor

KOMPAS.com — Pernahkah terpikir oleh kita, mengapa desain kursor mouse di komputer dibuat miring? Saking seringnya kita melihat kursor, mungkin pertanyaan itu tak pernah terlintas di benak kita.

Kursor mouse yang kita kenal selama ini umumnya berupa tanda panah tersebut dan ditampilkan miring sekitar 45 derajat ke kiri. Namun, tahukah bahwa sebelumnya kursor dibuat tegak? Lalu mengapa dibuat miring?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus kembali ke masa pada awal mula mouse dibuat, di era tampilan komputer masih berupa susunan piksel resolusi rendah.

Menurut penjelasan di situs Stack Exchange, mouse dan kursor pertama kali dibuat oleh Douglas Englebart pada tahun 1968. Awalnya, kursor memang dibuat tegak lurus ke atas.

Namun, saat komputer Xerox PARC dibuat sekitar tahun 1970-an, kursor kemudian dibuat miring. Alasannya, dengan layar resolusi rendah pada zaman itu, kursor mouse yang tegak lurus susah dicari di layar.

Dengan piksel resolusi rendah, tampilan kursor sulit dibedakan dengan obyek-obyek lain yang ditampilkan layar komputer, apalagi saat itu tampilan layar masih monokrom.

Karena itu, dengan membuat kursor yang melintang 45 derajat, itu akan mempermudah pengguna mencari kursor di layar.

Setelah itu, kursor miring ke kiri temuan Englebart tersebut kemudian diadopsi oleh pembuat-pembuat software komputer hingga kini. Hal tersebut termasuk dilakukan oleh pencipta Apple, Steve Jobs, yang meminjam kursor tersebut untuk Mac OS-nya, dan kemudian Bill Gates dengan Windows-nya.
mouse pointer




tolong emoticon-Rate 5 Star


0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:07
ternyata begitu toh sebabnya gan emoticon-Matabelo
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:08
bener gan nanti malah nyaru sama yg lain kalo ga miring emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:08
baru tau ane gan ternyata alesanya gitu emoticon-Ngakak (S)




PENJAWAN
emoticon-Kaskus Lovers
*******empat
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:08
wah ane baru sadar klo dlu ternyata kursor ada yang tegak lurus... emoticon-Ngakak
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:12
ohh gitu toh emoticon-Matabelo
lucu banget dlu cursornya tegak emoticon-Ngakak
jadi suka kamuflase kalo lagi ngetik emoticon-Hammer2
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:20
iya juga ya gan, pantesan miring...
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:23
ane baru tau gan...nice info emoticon-Jempol
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:23
jadi gitu yah
jadi pengen nyobain yg tegak nih
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:25
baru tau ane gan emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:27
wah pnya ane kok ngga miring gitu ya gan
bentuknya dinosaurus emoticon-Hammer2
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:28
tepatnya tegak tp sedikit miring
btw ada ga ya kursor klo pas standby tegak ke bawah emoticon-Ngakak
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:29
coba dielus2 gan biar tegak lagi emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:31
sangka ane biar gaol gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:34
wah terima kasih gan infonya

ane pikir dia miring karna mabok gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:38
emoticon-Berduka (S) belum minum miz++e emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:43
Gan, terus kenapa ya bentuknya panah ???
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:45
nice inpoh gan..
ane uda pegang komputer 12 tahunan baru sadar gan..
wkkwkwkwkemoticon-Ngakak
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:47
baru tau ane gan. rupanya karena resolusi kompi jadul yang buat kursor nya di buat miring. emoticon-Belomatabelo
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:49
Nice inpoh Gan emoticon-Toast
0 0
0
Inilah jawaban kenapa kursor mouse miring
20-02-2014 11:54
oh gitu toh emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia