Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
33
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52fae2e70d8b46ed0a8b4574/tanaman-yang-beracun-di-dunia-pic
wah ternyata ada pohon dan bunga yang beracun di dunia loh gan tapi sebagian besar belum di temukan keberadaan nya gan :takut gak repost kok gan ane udah cek:malus langsung aja deh ya gan :kisss untuk pohon dulu gan: 1. English Yew English Yew (cemara Inggris) atau taxus baccata, adalah salah satu pohon mematikan di muka bumi. Pohon yang hijau rimbun ini umum ditemukan di Eropa. Oleh para ilmuwan
Lapor Hansip
12-02-2014 09:56

Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]

wah ternyata ada pohon dan bunga yang beracun di dunia loh gan tapi sebagian besar belum di temukan keberadaan nya gan emoticon-Takut



langsung aja deh ya gan emoticon-Kiss (S)

Quote:
untuk pohon dulu gan:

1. English Yew
pic

English Yew (cemara Inggris) atau taxus baccata, adalah salah satu pohon mematikan di muka bumi. Pohon yang hijau rimbun ini umum ditemukan di Eropa. Oleh para ilmuwan cemara ini dianggap sebagai pohon aneh, karena seluruh bagiannya sangat beracun kecuali kulit buahnya.

Karena racunnya memabukkan dan menyebabkan kelumpuhan, pernah digunakan untuk proses aborsi yang umumnya berakhir dengan kematian. Racun utamanya adalah taxine atau taxane dengan rumus molekul C20H36. Taxine merupakan suatu alkaloid pemicu terjadinya serangan jantung. Racun tumbuhan ini beraksi dengan cepat dan sampai saat ini belum ditemukan penawarnya. Struktur Taxane seperti pada Gambar.

Pada manusia dosis mematikan dilaporkan antara 50 dan 100 gram. Kayu tumbuhan ini juga beracun. Beberapa pembuat busur dianggap telah meninggal akibat penanganan kayu dalam kerajinan mereka.

2. Oleander
Oleander

Oleander dengan nama Latin Nerium oleander adalah salah satu tanaman yang juga mematikan. Tanaman ini juga diketahui populer sebagai tanaman semak untuk hiasan. Banyak nama diberikan kepada bunga yang satu ini seperti zakum (Turki), zaqqum (Arab), arali (Tamil), jia zhu tao (Cina), atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama bunga mentega.

Sebutan ini tampaknya berasal dari kata “Olea” yang dalam bahasa Latin bermakna oil atau berminyak. Mungkin agak kurang enak didengar jika namanya menjadi “bunga minyak”, makanya disebut dengan bunga mentega. Tanaman ini dikenal akan kemampuannya memproduksi minyak yang bisa memenuhi lahan sekitar tempatnya tumbuh. Orang Sunda sendiri menyebutnya kere atau jure.

Hanya satu daun dapat menyebabkan kematian pada orang dewasa dan keracunan yang fatal bisa diakibatkan oleh kontak dengan rantingnya, bunga, dan buahnya. Tanaman ini mengandung sejumlah jenis racun meskipun telah dikeringkan, termasuk nerioside, rosagenin, oleandroside, saponins, dan cardiac glycosides. zat-zat tersebut merupakan zat yang dapat menyebabkan perlambatan denyut jantung dan gagal jantung.

Racun-racun tersebut terdapat pada semua bagian tanaman, namun umumnya terkonsentrasi pada bagian getah yang tampilannya berwarna putih seperti susu. Jika memapar kulit manusia, getah ini bisa menghalangi reseptor luar kulit manusia sehingga menyebabkan kulit jadi kebas atau mati rasa.

Meski tanaman ini berasal dari daerah Mediterania dan Asia, tapi saat ini sudah menyebar ke seluruh dunia. Keracunan ini juga diketahui juga umum terjadi pada kuda dan hewan ternak lainnya. Sekali menginfeksi, oleander secara simultan menyerang sistem kesadaran, sistem syaraf jantung, dan sistem pencernaan.

Cara pengobatan akibat keracunan Oleander ini adalah dengan merangsang muntah (induced vomitting), pembilasan lambung (gastric lavage), dan pemberian norit (activated charcoal). Permberian norit ini dimaksudkan untuk mengikat zat beracun tersebut sehingga menjadi netral untuk dikeluarkan dari tubuh. Cara yang perlu segera ditempuh, apabila perangsangan muntah tidak berhasil dilakukan, adalah dengan pemberian digoxin immune fab, suatu obat produksi dari GlaxoSmithKline.

Walaupun demikian, racun oleander tak mempan terhadap beberapa jenis hewan invertebrata (hewan tak bertulang belakang). Hewan-hewan tersebut menjadikan tanaman oleander sebagai sumber pakan mereka. Sebut saja ulat bulu oranye oleander caterpillar dengan bulu-bulunya yang hitam dan tawon oleander (Syntomeida epilais).

Keduanya termasuk kebal terhadap oleander dan bertahan hidup dengan cara memakan bagian bubuk kayu di sekitar jaringan vena daun oleander dan menghindari seratnya. Sementara kupu-kupu gagak atau common crow butterfly (Euploea core) memodifikasi racun oleander untuk menjadikan tubuhnya tidak enak atau tidak menyenangkan bagi para pemangsa, khususnya kelompok burung. Oleh sebab itu perlu berhati-hati, dalam memilih madu, sebab madu lebah yang mengisap nektar dari bunga Oleander ini juga beracun untuk dikonsumsi.

3. Water hemlock
Water hemlock

Water hemlock atau cikuta maculata dikenal sebagai tanaman mematikan di Amerika Utara dan Eropa. Bunga, batang dan akar tanaman ini mengandung suatu senyawa yang beracun disebut cicutoxin dan sebagian besarnya terkonsentrasi diakar.

Walaupun dalam jumlah sedikit cicutoxin dapat menyebabkan kejang-kejang kemudian diikuti dengan kematian jika tubuh tidak mampu bertahan lagi. Kematian biasanya disebabkan oleh kegagalan pernafasan atau fibrilasi ventrikel dan dapat terjadi hanya beberapa jam setelah konsumsi.

Satu sampai dua gigitan akar tanaman sudah dapat menyebabkan kematian. Hal ini disebabkan akar tanaman ini menyerupai lobak atau termasuk tanaman jenis umbi-umbian sehingga sering salah dikonsumsi ole manusia. Tanaman ini, bukan hanya berbahaya bagi manusia tetapi pada hewan juga misalnya sapi.

Water hemblock adalah tanaman tahunan yang tumbuh didaerah berair dengan tinggi hingga 2,5 meter (8,2 kaki), memiliki bunga khas hijau atau putih kecil disusun dalam bentuk payung (umbel). Hingga saat ini belum ada obat penawar khusus untuk keracunan air hemlock dan pengobatan terutama terdiri dari perawatan suportif.

4. Manchineel
Manchineel

Mungkin inilah pohon yang paling beracun di dunia gan. Sebuah pohon bernama Manchineel diakui sebagai pohon paling beracun di dunia oleh Guiness Records. Saking berbahayanya, pohon ini diberi papan peringatan yang mencolok agar orang tidak mendekat.

Manchineel mengandung racun dalam berbagai level sehingga dihimbau untuk menjaga jarak degan pohon itu. Buahnya mirip apel kecil, tapi hanya menggigitnya satu kali Anda bisa masuk UGD. Tak heran buah itu dinamai manzanita de la muerte alias buah kematian oleh Christopher Columbus.

Nicola H Strickland, konsultan radiologi, pernah menjadi korban racun pada buahnya yang ternyata rasanya manis. "Lama-lama ada rasa pedas aneh di mulut yang berkembang menjadi terbakar seperti tenggorokan dirobek dan sesak nafas," tuturnya. Efeknya bertahan 2 jam yang membuatnya tidak bisa menelan apapun dan butuh 8 jam untuk reda kembali ke normal.

Tak hanya buah, getah putih susu pada batangnya juga sangat beracun yang setetesnya saja bisa menyebabkan kulit lecet, dermatitis, bengkak atau luka bakar. Banyak traveller yang mengalaminya saat berteduh dari hujan di bawah Manchineel karena tidak tahu bahayanya. Getah dari batang yang terbawa tetesan hujan pun juga menyebabkan luka.

Manchineel berwana hijau terang, daun oval dan dapat tumbuh setinggi 50 kaki serta menggunakan buah yang manis sebagai jebakan. Jenis ini biasanya tumbuh di Bahama, Florida dan Karibia. Asap dari bagian Manchineel yang terbakar bahkan juga bisa menyebabkan kebutaan sementara hingga permanen.


selanjut nya ane bahas untuk yang bunga gan, jangan sampe salah gan ngasih bunga ke pacar atau bini emoticon-Takut

Quote:bunga bunga ini emang cantik cantik di lihat gan tapi bunga bunga ini bisa menghilangkan nyawa seseorang

1. Daphne
Daphne

bunga daphne juga dikenal dengan nama lady laurel atau tanaman surga Seluruh bagian dari bunga ini beracun tapi bagian yang paling beracun terkonsentrasi pada getah dan buahnya. Daphne mengandung mezerine dan daphnin, merupakan racun kuat yang dapat menyebabkan sakit perut parah, sakit kepala,diarhea, kegilaan,dan sawan. jika buah daphne di konsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan koma bahkan kematian.

2. Lyly of the valley
Lyly of the valley

lyly of the valley terlihat sangat cantik dan tampak tidak berbahaya tapi jangan tertipu sama seperti daphne bunga ini sangat beracun mengkonsumsi satu atau dua dari bunganya yang berbentuk bell tidak terlalu menyakiti orang dewasa. apabila dimakan dalam jumlah cukup banyak bunga ini menyebabkan rasa sakit di mulut,muntah-muntah,keram di seluruh tubuh, dan diare. racun di bunga ini juga menyebabkan disfungsi jantung dan detak melemah.

3. Belladona
Belladona

Dikenal sebagai salah satu tumbuhan paling beracun di Barat Hemisphere, Belladona mengandung tropane alkoids yang berpotensi membahayakan. seluruh bagian tanaman ini berbahaya tapi bagian yang paling berbahaya adalah buah nya yang sepertinya enak dimakan, khususnya membahayakan anak2. gejala yang terjadi dari racun bunga ini adalah pupil mata membesar, penglihatan menjadi kabur, sakit kepala, berhalusinasi dan kegilaan. Atropine racun yang terkandung di dalam bunga ini mengganggu sistem saraf membuat gangguan pernapasan, berkeringat dan detak jantung.

4. Angel’s Trumpet
Angel’s Trumpet
jangan terkecoh dengan namanya gan, tanaman ini mengandung racun yang bisa sangat fatal untuk manusia maupun hewan.terkenal sebagai halusinogen yang sangat sangat kuat karena mengandung zat tropane alkaloids.

5. Autumn Crocus
Autumn Crocus
Juga merupakan salah satu tumbuhan paling beracun di dunia, mungkin ini yang paling beracun. mengandung colchicine, obat mematikan yang biasa digunakan untuk perawatan encok. racun yang terkandung di dalam bunga ini sejenis dengan arsenik yang tidak ada obatnya. keracunan tanaman ini menyebabkan hilangnya tekanan darah dan penyakit jantung.

6. Rhododendron
Rhododendron
tanaman ini apabila musim berbunga tampak sangat indah sekali dari rekaman sebuah xenophon menceritakan tingkah laku yang aneh pada sejumlah pasukan inggris saat memakan madu dari bunga ini. Rhododendron mengandung andromedatoxin yang menyebabkan muntah, rasa sakit yang hebat kejang-kejang hingga kematian.


UPDATE

Quote:
1. Daun Bahaghya
Daun Bahaghya

Tanaman Daun Bahagya (Dieffenbachia) banyak di tanam di rumah-rumah sebagai tanaman hias, biasa diletakkan didalam ruangan. Sangat berbahaya jika anak-anak yang baru belajar menggigit, mencoba apa saja yang terpegang kemudian dimasukkan kedalam mulut, bisa fatal akibatnya.

Racun dalam tanaman ini terdapat pada getah daun dan batangnya, menyebabkan gatal-gatal dan kejang, jika terkena kerongkongan bisa menyebabkan gangguan saluran pernafasan, yang lebih fatal adalah menyebabkan kematian.

Hal ini disebabkan karena kandungan Kristal Kalsium Oksalat di dalam sitoplasma sel disebut Rafida yang bentuknya seperti jarum.

Setelah anda tahu hal ini, apalagi mempunyai anak yang masih kecil, disarankan agar tanaman tersebut diletakkan diluar jangkauan anak-anak, itu lebih baik.

2. Tanaman Singkong Genderuwo

Pohon Singkong Gendruwo (Poisonous Manihot Esculenta) lebih besar dari singkong biasa, menyerupai pohon tetapi perdu. Umbi, daun, dan batang berukuran besar, serba besar bahkan sangat besar sehingga disebut Singkong Gendruwo. Tanaman singkong mempunyai aneka macam jenis, salah satunya adalah jenis Singkong Gendruwo, mempunyai rasa pahit/langu.

Bagi manusia seharusnya tidak usah terlalu khawatir, ada ciri-ciri untuk menandai perbedaan sinkong yang layak konsumsi atau tidak. Kalau mau tetap ingin mengkonsumsi harus di rendam selama tiga hari. Tapi kenapa mesti makan singkong gendruwo, singkong biasa yang lezat saja banyak tersedia dipasar, harganya cukup terjangkau.

Singkong gendrowo masih dapat digunakan sebagai pembuatan Pestisida Nabati (Pestisida Organik). Dapat juga sebagai bahan biogas.

3. Tanaman Jarak
Jarak

Tanaman Jarak Pagar (Jatropha Curcas) adalah salah satu jenis tumbuhan beracun yang bermanfaat. Dari akar, batang, daun hingga buah, tanaman jarak dapat di manfaatkan baik untuk obat tradisional ataupun sebagai bahan baku industri. Jarak mengandung zat ricin yaitu sejenis zat yang sangat berbahaya karena dapat menghambat sintesis protein, efek samping, nyeri pada perut, gatal-gatal seluruh tubuh, penglupasan kulit telapak tangan dan kaki, pembengkakan, gatal pada tenggorokan mengakibatkan suara serak, menggigil dan demam

Racun ricin yang paling banyak terkandung pada biji buah jarak yang biasanya di kenal dengan istilah castor bean.

Tanaman jarak berpotensi sebagai sumber energi nabati (biofuel) dikenal sebagai minyak jarak. Yang dirancang sebagai pengganti minyak bumi.

Tanaman ini di desa-desa biasa dijadikan tanaman pagar, banyak terlihat di pedesaan, juga sebagai penghijauan, kalau sudah mengetahui bagaimana tentang jarak tidak lagi mencoba untuk mengkonsumsinya.

4. Pohon bintaro
bintaro

Pohon Bintaro (Cerbera Manghas) yang cantik berbuah lebat tanpa musim bergelantungan menggemaskan, siapapun yang belum kenal akan membayangkan bahwa buah dengan warna hijau cerah pasti rasanya asam manis, warna merah tua ketika sudah masak terbayang rasanya yang menyegarkan lidah. Padahal justru sebaliknya, buah ini pembawa petaka, termasuk daun dan getahnya. Cukup mengantar pada kematian bagi yang mengkonsumsinya. Sebab pengaruhnya langsung terhadap jantung, zat Glikosida biasa disebut cerberin sangat beracun. Jika getahnya mengenai tangan, bereaksi menjadi gatal menyengat.

Apabila agan sudah terlanjur terkena atau terkonsumsi tanaman beracun tersebut, usahaklan untuk di muntahkan, langsung susu/fresh milk atau kelapa hijau, segera bawa ke rumah sakit terdekat.


gimana gan cantik cantik kan emoticon-Ngakak

agan berani dan berminat gak nanem nya? emoticon-Betty

tolong






sekian dari thread ane semoga bermanfaat gan emoticon-Kiss

Quote:tambahan dari agan
komeng


Diubah oleh Hexx
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]
12-02-2014 09:57
nama tanaman nomor 1 mirip nama gebetan ane gan, Daphne emoticon-Kiss emoticon-Kiss
ane kayanya pernah liat tanaman nomer 4 deh di bandung? tp ga yakin apa itu tanaman beracun ato bukan emoticon-Hammer2

bawah ane
Diubah oleh vhie.vengeance
0 0
0
Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]
12-02-2014 09:57
gagal pertamax emoticon-Sorry
Diubah oleh myusuf20
0 0
0
Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]
12-02-2014 10:15
kasih Rodondon ah bodo amat namanya pusing gw emoticon-Hammer2 ke mantan mantep tuh gan sebagai tanda cinta ye gak emoticon-Ngakak
apalagi valentine makin dekat nih emoticon-Matabelo
0 0
0
Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]
12-02-2014 10:27
ngeri emoticon-Takut
0 0
0
Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]
12-02-2014 10:33
emoticon-Matabelo, wah gawat yg tinggal dkat hutan gk tau tanaman beracunemoticon-Takut
0 0
0
Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]
12-02-2014 10:33
cocok nih gan buat kado hadiah valentine ke MANTAN emoticon-Ngakak
0 0
0
Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]
12-02-2014 10:34
kayaknya itu pohon jarang ada di Indonesia
0 0
0
Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]
12-02-2014 10:35
Duh serem amat itu gaan emoticon-Hammer2 :ngeri
0 0
0
Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]
12-02-2014 10:37
wah serem, btw ada yg di Indonesia g gan?
0 0
0
Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]
12-02-2014 10:39
Quote:Original Posted By drzero
kasih Rodondon ah bodo amat namanya pusing gw emoticon-Hammer2 ke mantan mantep tuh gan sebagai tanda cinta ye gak emoticon-Ngakak
apalagi valentine makin dekat nih emoticon-Matabelo


kejam gan ente emoticon-Ngakak

nanti mantan agan pada kabur semua emoticon-Ngakak
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]
12-02-2014 10:45
Perempuan juga beracun.
Bisa bikin mabuk kepayang emoticon-Malu (S)
0 0
0
Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]
12-02-2014 10:48
yg diindonesia mane gan? emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]
12-02-2014 10:59
cemaranya berbuah ky anggur.. seger gan.. emoticon-Shutup
0 0
0
Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]
12-02-2014 11:12
Ane ada tambahan gan, cuman lupa.ntar ane update,, nice trit btw emoticon-Shakehand2
0 0
0
Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]
12-02-2014 11:37
tambahan gan :
7. White Snakeroot
Umbi Ular Putih, juga dikenal sebagai White
Sanicle atau Boneset Tinggi, adalah
tanaman yang sangat beracun, asli
Amerika Utara.Bunga berwarna putih dan
setelah mekar, biji berbulu kecil yang
dihembuskan angin.Tanaman ini memiliki
prosentase tinggi tremetol toksin, yang
tidak membunuh manusia secara langsung,
namun tidak langsung.Ketika tanaman
dimakan oleh ternak, toksin diserap ke
dalam susu dan daging.
Ketika manusia kemudian, pada gilirannya,
makan daging sapi atau minum susu,
racun memasuki tubuh dan menyebabkan
sesuatu yang disebut penyakit susu, yang
sangat fatal. Ribuan pemukim Eropa
meninggal karena penyakit susu di Amerika
pada awal abad 19. Hal ini juga percaya
bahwa ibu Abraham Lincoln, Nancy Hanks,
meninggal karena penyakit susu.
8. Mata boneka
Mata boneka, juga dikenal sebagai
Baneberry Putih, adalah tanaman berbunga
asli Amerika Utara dan timur. Nama Mata
boneka berasal dari buah yang seperti
mata mendelik, diameter 1 cm warna putih
berry dengan gores stigma hitam,.
Meskipun seluruh tanaman telah
dinyatakan beracun untuk konsumsi
manusia, bagian paling beracun adalah
racun terkonsentrasi di buah, yang paling
dikhawatirkan adalah anak-anak, karena
buah ini juga manis rasanya. Buah
mengandung racun karsinogenik, yang
memiliki efek sebagai penghenti kerja otot
jantung manusia dan dapat dengan mudah
menyebabkan kematian yang cepat.

sori kalo ancur maklum dr hp ntar kalo lewat komputer ane kasih gamber deh emoticon-Salaman
Diubah oleh Kingsam99
0 0
0
Tanaman yang beracun di dunia [+Pic]
12-02-2014 11:40
bunganya kejam banget gan
makasih deh infonya emoticon-thumbsup
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia