Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
13
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52ce10e838cb17c9478b47fe/kontroversi-minum-susu-murni
Setelah Membaca Trit sebelah... akhirnya ane mencoba berpikir ulang mengenai Manfaat susu binatang/hewan bagi manusia. Pernah ada riwayat dari sahabat Rasulullah yaitu Ibnu Abbas ra, “Aku bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Khalid bin al Walid masuk ke rumah Maimunah. Maimunah menyuguhkan kepada kami satu wadah berisi susu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mem
Lapor Hansip
09-01-2014 10:00

KONTROVERSI MINUM SUSU MURNI

Setelah Membaca Trit sebelah... akhirnya ane mencoba berpikir ulang mengenai Manfaat susu binatang/hewan bagi manusia.

Pernah ada riwayat dari sahabat Rasulullah yaitu Ibnu Abbas ra, “Aku bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Khalid bin al Walid masuk ke rumah Maimunah.

Maimunah menyuguhkan kepada kami satu wadah berisi susu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas meminumnya. Aku berada di sebelah kanan Rasulullah sedangkan Khalid ada di
sebelah kiri Rasulullah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jika minum susu maka
ucapkanlah, ‘Allahumma barik lana fihi wa zidna minhu’

(Ya Allah berkahilah kami pada
susu ini dan tambahkanlah untuk kami lebih dari itu) karena tidak ada makanan dan minuman yang setara dengan susu.”
(HR.Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman (5957), dinilai hasan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Jami’(381))

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidak ada satupun makanan yang bisa menggantikan makanan dan minuman melebihi
susu”.

Hadits di atas diriwayatkan oleh Ahmad 3/302 dengan sanad yang sahih.

Kisah di atas asalnya ada di Muwatha’ dan Sahih Bukhari Muslim. Juga tercantum dalam Sahih Tirmidzi no 3455 dan dinilai oleh al Albani sebagai hadits yang berkualitas hasan.

Kontroversi Susu Sapi yang saat ini banyak di konsumsi Pada umumnya konsumsi susu ternak dianjurkan
karena potensinya sebagai sumber protein dan kalsium yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Bahkan sebagai sumber kalsium –
dengan pola makan masyarakat yang umumnya sangat kurang konsumsi sayur segarnya – nyaris susu tak bisa digantikan dengan bahan makanan
lainnya. Oleh karena itu, pada umumnya ahli pangan dan gizi sangat menganjurkan untuk
minum susu setiap hari. Namun, seorang ahli pangan yang sangat memperhatikan pengaruh pola makan terhadap kesehatan dan proses timbul dan sembuhnya berbagai macam penyakit, Norman W. Walker telah membuktikan
bahwa susu (kecuali susu kambing segar) adalah bahan makanan yang paling banyak menimbulkan lendir di dalam tubuh manusia.

Beliau juga mengamati bahwa susu yang paling cocok untuk dikonsumsi manusia (selain bayi yang belum lepas dari air susu ibu) adalah susu
kambing segar. Dinyatakannya pula bahwa pemanasan di atas suhu 48°C justru merusak nilai fisiologis susu kambing dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan karena merangsang timbulnya lendir yang berlebihan

( ini suatu pendapat yang sangat kontroversial bagi pendapat pada umumnya)


Dalam Al Quran, susu disebutkan dalam 2 Surat
An Nahl dan Al Mu'minun :

Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada
apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya
(QS An Nahl : 66)


Dan sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum
kamu dari air susu yang ada dalam
perutnya, dan (juga) pada binatang-
binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan (QS Al Mu'minum : 21)


Tidak mungkin Allah menjerumuskan hamba-hamba-Nya dengan menunjukkan sumber minuman yang justru menimbulkan berbagai macam penyakit. Sehingga, jangan pulalah kita cepat-cepat mengambil kesimpulan ketika kita
membaca pernyataan :

“Prof Dr Hiromi Shinya, penulis buku yang sangat laris: The Miracle of Enzyme (Keajaiban Enzim) yang sudah terbit dalam bahasa Indonesia dengan judul yang sama.

Katanya, susu sapi adalah makanan/
minuman paling buruk untuk manusia. Manusia seharusnya hanya minum susu manusia. Sebagaimana anak sapi yang juga hanya minum susu sapi. Mana ada anak sapi minum susu manusia, katanya.
Maka dalam kontroversi manfaat ataukah kerugian yang akan kita rasakan sesudah mengkonsumsi susu sapi perlu dikaji secara
menyeluruh, bukan hanya untuk satu jenis gangguan kesehatan semata. Kalau dikatakan susu sapi bisa menjadi sumber antibodi untuk
melawan penyakit tertentu, sedangkan di sisi lain
status kesehatan orang yang bersangkutan tidak
dimonitor secara menyeluruh (misal alergi tetap ada dan berat badan semakin bertambah tanpa
bisa dikontrol), maka boleh jadi memang ada manfaat dari susu sapi bagi kesehatan manusia
di samping banyak mudhorot yang
ditimbulkannya. Di antara gangguan kesehatan yang ditimbulkan dari mengkonsumsi susu sapi
adalah kegemukan, asma, infeksi paru-paru,
pilek alergi (misal alergi serbuk sari) dan
tuberkulosis, meskipun pada umumnya ahli gizi
dan dokter berpendapat bahwa susu sapi dapat
menjadi bahan makanan sumber berbagai
macam antibodi untuk melawan penyakit.
Bagaimana dengan susu Kambing?
Susu kambing dilaporkan telah banyak
digunakan sebagai susu pengganti ataupun
bahan pembuatan makanan bagi bayi bayi yang
alergi terhadap susu sapi. Alergi pada saluran
pencernaan bayi dilaporkan dapat berangsur
angsur disembuhkan setelah minum susu
kambing.
Dilaporkan bahwa sekitar 40% pasien yang alergi
terhadap protein susu sapi memiliki toleransi
yang baik terhadap susu kambing.pasien
tersebut kemungkinan besar sensitif terhadap
lactoglubolin yang terkandung pada susu sapi.
Diduga protein susu (lactoglubolin) yang paling
bertanggung jawab terhadap kejadian alergi
protein susu.
Ukuran butiran lemak susu kambing lebih kecil
jika dibandingkan dengan susu sapi/susu
lainnyasebagai gambar ukuran butiran lemak
susu kambing, sapi, kerbau, dan domba berturut
turut adalah 3,49mm, 4.55mm, 5.92 dan
3.30mm.
Kalau dengan susu kedelai?
Susu kedelai sering pula digunakan sebagai salah
satu alternatif pengganti susu pada bayi yang
alergi terhadap susu sapi,walaupun
demikian,masih terdapat sekitar 20-50% dari
bayi yang diteliti memperlihatkan gejala tidak
toleran terhadap susu kedelai, oleh sebab itu
susu kambing bubuk lebih direkomendasikan
untuk bayi dan balita anda.
Dari hasil penelitian sekelompok anak yang diberi
susu kambing memiliki bobot badan, mineralisasi
kerangka, kepadatan tulang, vitamin A, plasma
darah, kalsium, tiamin, riboflavin, niacin,d an
konsentrasi hemogloninya serta kekerasan dan
bobot pukulan lebih tinggi jika dibandingkan
dengan kelompok anak yang diberi susu sapi.disamping itu susu kambing juga kaya
kandungan mineral, kalsium, pottasium, magnesium, fosfor, klorin dan mangan. Menurut peneliti pangan IPB yang sangat memperhatikan pengaruh pola makan terhadap kesehatan serta tumbuh kembang bayi dan
balita serta orang tua dan proses timbul dan sembuhya penyakit, telah membuktikan bahwa susu kambing tidak mengandung bakteri enterosakazaki yang terbukti merupakan sebab
dari banyak balita dan anak-anak medapatkan penyakit mencret dan diare. Susu kambing juga
terbukti tidak menyebabkan timbulnya kelebihan lendir seperti diketemukan pada susu jenis lain.
Tidak mungkin Allah menjerumuskan hamba-hamba-Nya dengan menunjukkan sumber minuman yang mulia namun justru menimbulkan berbagai macam penyakit, dan Nabi kita Nabi Muhammad SAW telah menuntun kita dengan sunnahnya sehingga apa yang kita lakukan penuh dengan kebaikan. Biar sesuai
sunnah jangan lupa, minum susu ada doanya khusus loh !! dan tentu gunakanlah tangan kanan dan tidak sambil berdiri emoticon-Smilie

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

“Jika minum susu maka ucapkanlah,
‘Allahumma barik lana fihi wa zidna
minhu’ (Ya Allah berkahilah kami pada susu ini
dan tambahkanlah untuk kami lebih dari itu)
karena tidak ada makanan dan minuman yang setara dengan susu.” (HR. Al-Baihaqi dalam
Syu’abul Iman (5957), dinilai hasan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Jami’(381))
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila kalian minum susu maka berkumur-kumurlah, karena sesungguhnya susu meninggalkan rasa masam pada mulut.” (HR.
Ibnu Majah (499))

Maaf ane bukan bermaksud bawa-bawa Agama, namun Al-Quran banyak pembuktian kebenarannya setelah berabad-abad diturunkan, selain masalah susu silahkan kaskus (kasak-kusuk maksudnya) di gugel

Mulai dari Astronomi, Fisika, Bumi, Biologi, Informasi Persistiwa masa depan.

Tidaklah mungkin Al Quran ini dibuat oleh selain Allah; akan tetapi (Al Quran itu) membenarkan
kitab-kitab yang sebelumnya dan menjelaskan
hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak
ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam.

Jadi Kembali pada susu...
Susu tentu sangat permanfaat bagi manusia. Suka atau tidak suka susu bukan suatu kewajiban meminum susu setiap hari bagi kita yg telah dewasa...

maka dari itu.. berfikir dewasa untuk komeng trit ane mudah-mudahan ada pencerahan bagi agan-agan yang sudah tau/pernah menerima teori bahwa susu (susu sapi) tidak ada manfaatnya bagi tubuh kita.

Kaskuser yang baik hati selalu mengerti apa yg harus diberikan pada trit ane...

Komeng yang manfaat
emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (S)

emoticon-Blue Guy Cendol (S)

emoticon-I Love Indonesia (S)

maaf tritnya acak-acakan...

Quote:Original Posted By simpananfatanah
panjang kak, ijin mendalami dulu


ga usah ijin sis, ane bukan dinas perijinan emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By uris
emoticon-Thinking
ane masih suka minum susu gan tiap pagi emoticon-Big Grin


emoticon-Toast mantap gan...

Quote:Original Posted By eLQee
setelah heboh YKS......sekarang heboh Susu emoticon-Ngakak (S)
lanjut terus emoticon-Malu (S) biar ane bisa cepet ISO emoticon-Ngakak (S)


ane udah ISO
Iso menulis dan membaca, dan ane juga ISO minum susu sapi murni emoticon-Toast

Quote:Original Posted By chabbiedutz
emoticon-Kiss

keren nih agan..

nandingin thread sebelah. emoticon-Kiss


untuk kebaikan umat manusia ga ada salahnya dong.. emoticon-Ngakak
Diubah oleh jajanawet
profile-picture
nona212 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
KONTROVERSI MINUM SUSU MURNI
09-01-2014 10:01
panjang kak, ijin mendalami dulu
0 0
0
KONTROVERSI MINUM SUSU MURNI
09-01-2014 10:05
emoticon-Thinking
ane masih suka minum susu gan tiap pagi emoticon-Big Grin
0 0
0
KONTROVERSI MINUM SUSU MURNI
09-01-2014 11:25
setelah heboh YKS......sekarang heboh Susu emoticon-Ngakak (S)
lanjut terus emoticon-Malu (S) biar ane bisa cepet ISO emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
KONTROVERSI MINUM SUSU MURNI
09-01-2014 11:33
emoticon-Kiss

keren nih agan..

nandingin thread sebelah. emoticon-Kiss
0 0
0
KONTROVERSI MINUM SUSU MURNI
30-01-2014 19:43
nyimak + save as dlo gan mo tak dalami emoticon-Big Grin
0 0
0
KONTROVERSI MINUM SUSU MURNI
30-01-2014 19:44
rapiin gan biar enak bacanya emoticon-Big Grin
0 0
0
KONTROVERSI MINUM SUSU MURNI
30-01-2014 19:50
ane sampe sekarang masih suka minum susu gan kalo pagi..emoticon-Jempol
0 0
0
KONTROVERSI MINUM SUSU MURNI
17-02-2014 04:15

emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)

for :
setidaknya berkampanye untuk kesehatan pada saat maraknya kampanye parpol dan Caleg...
0 0
0
KONTROVERSI MINUM SUSU MURNI
17-02-2014 04:19
Quote:Original Posted By starssurfer12
ane sampe sekarang masih suka minum susu gan kalo pagi..emoticon-Jempol


emoticon-Berduka (S) emoticon-Malu (S)

maaf gan.. dari bebe langsung ketik dan copas beberapa materinya..

masukan buat mimin dan momod ga ada "auto paragraf" atau ane yg blm tau.. emoticon-Ngakak (S)

thanks ya gan masukannya..
0 0
0
KONTROVERSI MINUM SUSU MURNI
17-02-2014 04:20
keren gan, cuman ane masih newbie
0 0
0
KONTROVERSI MINUM SUSU MURNI
17-02-2014 04:23
Quote:Original Posted By starssurfer12
ane sampe sekarang masih suka minum susu gan kalo pagi..emoticon-Jempol


gimana gan ada keluhan ?

katanya sering mules buat yg ga terbiasa minum cucu... ane jg sama pagi" selalu minum cucu cegar.. dan ga ada efect samphing..
0 0
0
KONTROVERSI MINUM SUSU MURNI
17-02-2014 04:26
panjanggg kali kakak..
tapi ane nangkep apa maksud ente kok...
0 0
0
KONTROVERSI MINUM SUSU MURNI
17-02-2014 04:34
lah kadang orang sakit batuk aja minum susunya susu kambing gan emoticon-Malu (S)

kalo susu beruang itu susu sapi ya gan emoticon-Malu (S)
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia