Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
495
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52b85b91be29a0790a8b45c0/mulai-januari-kemasan-rokok-akan-diberi-gambar-menyeramkan
Pemerintah menerapkan peraturan pencantuman bahaya merokok berbentuk gambar pada kemasan mulai Januari 2014 mendatang. Hal ini menyusul ditandatanganinya Peraturan Pemerintah (PP) No 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan. "Industri rokok harus mulai menerapkan peringatan kesehatan berbentuk gambar pada kemasan rokok mulai Jan
Lapor Hansip
23-12-2013 22:49

Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan

Pemerintah menerapkan peraturan pencantuman bahaya merokok berbentuk gambar pada kemasan mulai Januari 2014 mendatang. Hal ini menyusul ditandatanganinya Peraturan Pemerintah (PP) No 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan.
ROKOK

"Industri rokok harus mulai menerapkan peringatan kesehatan berbentuk gambar pada kemasan rokok mulai Januari 2014 dan paling lambat Juni 2014," ujar Koordinator Pengembangan Peringatan Kesehatan di Kemasan Rokok FKM-UI, Widyastuti Soerajo seperti dikutip dari Antara, Senin (23/12).

Widyastuti mengatakan, PP mengenai kemasan rokok yang diberlakukan paling lambat 18 bulan setelah PP tersebut ditandatangani oleh Presiden SBY bisa membantu industri rokok untuk mempersiapkan diri mematuhi peraturan tersebut.

"Ini memberi kesempatan bagi industri rokok melakukan persiapan dan penyesuaian, sehingga semua industri rokok harus sudah melaksanakannya pada Juni 2014," ujar Widyastuti.

PP yang ditandatangani Presiden pada 24 Desember 2012 tersebut, salah satu poin mengharuskan setiap kemasan rokok memasang gambar bahaya merokok sebesar 40 persen dari keseluruhan kemasan.

Ketua Pusat Pengawas dan Pengendali Tembakau (TCSC), Kartono Muhammad, memaparkan data yang mencantumkan tenggat waktu 18 bulan serta luas gambar 40 persen yang diterapkan pemerintah Indonesia untuk industri rokok terbilang tidak memberatkan produsen rokok di Indonesia.

Data yang dipaparkannya mencantumkan beberapa negara di Asia memberlakukan aturan yang lebih ketat seperti, pemerintah Singapura memberi tenggat waktu lima bulan dengan presentase gambar 50 persen, Thailand memberi waktu enam bulan dengan presentase gambar 55 persen, Srilangka memberi tenggat waktu tiga bulan dengan presentase gambar 80 persen, Malaysia memberi tenggat waktu sembilan bulan dengan presentase gambar 60 persen.

Kartono mengatakan setiap industri rokok yang tidak mematuhi peraturan tersebut hingga tenggat waktu 24 Juni 2014 akan dikenakan sanksi secara bertahap.

"Bila melanggar akan dikenakan sanksi secara bertahap, pertama berupa peringatan, lalu pencabutan izin sementara, dan terakhir pencabutan izin selamanya," ujar Kartono.

Keberhasilan peraturan ini menurut Kartono, memerlukan kerja sama dan pengawasan ketat dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perindustrian, Kementerian Kesehatan serta Presiden selaku pembuat peraturan.

"Sulitnya mengatur industri rokok di negara kita, karena industri ini dilindungi oleh para politisi korup," ujar Kartono.

Sebagai salah satu industri penghasil devisa terbesar, rokok memang sulit ditekan peredarannya. Data yang dihimpun TCSC menyebutkan jumlah perokok pemula saja di Indonesia dalam 10 tahun terakhir bertambah hingga dua kali lipat.

"Hal ini jelas sangat mengkhawatirkan dan memprihatinkan, karena bukan hanya merusak kesehatan pemuda itu tapi juga merusak masa depan bangsa Indonesia," ujarnya.

Kartono menambahkan, 40 persen remaja laki-laki usia SMP adalah perokok aktif. Menurut dia pada usia pemula mereka belum mengetahui bahaya merokok.

Oleh karena itu, pencantuman bahaya merokok berupa gambar bertujuan untuk memberikan edukasi kepada perokok pemula secara nyata.

"Peringatan Kesehatan bentuk gambar utamanya ditujukan untuk mencegah perokok pemula menjadi korban industri rokok, dan industri rokok wajib mematuhinya," ucap Kartono.


SUMBER :
Diubah oleh g2reload
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 26
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 22:50
masak sih gan,.. baru denger ane.. thxs sharingnya..
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 22:52

Awal

PERTAMAX sendiri


kalah cepat emoticon-Bingung (S)


Wedew ane juga perokok berat

asbak bakal istri marah
Diubah oleh g2reload
1 0
1
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 22:53
gambarnya yg serem serem deh emoticon-Ngakak (S)
biar yg mau nyoba mikir dua kali emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 22:55
kaya diluar luar gitu ya gan ??
ane yakin gak berpengaruh bagi para perokok,
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 22:56
no pict = emoticon-Hoax
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 22:56
ya bagus gan. busa ngebantu yang pengen berhenti merokok.
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 22:57
tetep aja pecandu berat mah ga mempan di takut2in
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 22:59
Kalo yg prinsipnya makan ga makan asal ngerokok kyk nya ga ngaruh gan
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 23:00
Telat kali ya Indonesia gan...dari ane kuliah dulu di Mal*ysia taon 2007 silam...bungkus2 rokok nya semua uda ada pic mengerikan+harga rokok di sana include tax 150%...emoticon-Ngakak
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 23:00
Quote:Original Posted By bangbreng86
tetep aja pecandu berat mah ga mempan di takut2in


apalagi yang beli eceran emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 23:00
yang boneng nih gan emoticon-Bingung (S) , tapi bagus deh biar generasi selanjut nya gak kena ama rokok emoticon-Big Grin
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 23:00
ya elah mao d kasi gambar jga ga akan ada pengaruhnya kalo udah nyandu mah
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 23:01
menurut ane, tergantung daya tahan tubuh sm kekebalan tubuh individu perokok sih gan emoticon-Cool
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 23:02
moga aja perokok semakin berkurang gara" kebijakan ini .. haha
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 23:02
dah bysa gan...di thailand di malaysia rokok ny semua kaya gt..keep roko gan Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 23:02
semoga perokok jd berkurang..
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 23:03
mau di ksh gambar apaan jg pst rokok di indonesia sih tetep laku....emoticon-Matabelo
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 23:04
Beh itu gambar nya bikin ngilu emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 23:04
ywdh ane mau beli batangan aja, jadi ga akan lihat bungkusnya emoticon-Ngakak
0 0
0
Mulai Januari, kemasan rokok akan diberi gambar menyeramkan
23-12-2013 23:04
Ane setuju tuh gan.. Biar para perokok pada ngeri liat gambar di bungkus rokoknya. Syukur2 mereka pada ngga jadi beli rokoknya.
0 0
0
Halaman 1 dari 26
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia