Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
4999
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5296e530c3cb17e35e000103/maba-itn-2013-tewas-karena-ospek
Sebelumnya Terimakasih buat warga Kaskus dan momod sudah menjadikan Thread ini HT PETISI buat kejelasan Hukum ! Cek dimari gan ! Link Update News 9-12-2013 Berita 1 Berita 2 Berita 3 foto2 Ospe
Lapor Hansip
28-11-2013 13:39

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

Past Hot Thread
Sebelumnya Terimakasih buat warga Kaskus dan momod sudah menjadikan Thread ini HT
HT


PETISI buat kejelasan Hukum ! Cek dimari gan ! Link

Update News 9-12-2013

Berita 1
Berita 2
Berita 3
foto2 Ospek ITN NO SENSOR GAN
Video :


MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

Malang – SeputarMalang.com, Misteri kematian Mahasiswa Baru Jurusan Planologi Institut Tehnologi Nasional Malang (ITN), berasal dari Mataram Lombok NTB yang bernama Fikri, saat Orentasi Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab di Kawasan Pantai Goa China di desa Sitiarjo Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang pada hari Sabtu tgl (13/10/13) banyak ditemukan kejanggalan. Dari hasil investigasi di lapangan dan dari beberapa penuturan narasumber kepada Tim SeputarMalang.Com, sangat bertolak belakang dengan yang disampaikan oleh pihak Kampus ITN melalui Kepala Jurusan (Kajur) Planologi Ibnu Sasongko dan Hutomo selaku bagian Dosen Pembina Mahasiswa pada kamis (14/11/13) , Ibnu Sasongko menceritakan ”Kalau kegiatan KBD (Kemah Bakti Desa) dan Temu Akrab sudah tradisi Maba ITN Jurusan Planologi, adapun tentang adanya kematian Maba Fikri dianggap sebagai musibah yg bisa terjadi pada setiap orang,Ujarnya tanpa beban.

Kajur tersebut menuturkan dari uraian cerita para panitia, tanpa tahu persisnya kejadian di TKP yang disampaikan kepada Tim SeputarMalang.Com. Sasongko, mengatakan si korban yang bernama Fikri tersebut saat kegiatan berlangsung banyak mendapatkan perlakuan khusus,dikarenakan postur tubuhnya yang gemuk,sehingga dikhwatirkan akan mudah terkena dehidrasi. Seperti waktu acara pembersihan pantai dan juga naik bukit,si korban mendapatkan perlakuan khusus dengan naik sepeda motor menuju lokasi. Dan Tiba-tiba saat sampai di lokasi, almarhum sudah tidak sadarkan diri sambil mendengkur (ngorok). Akhirnya oleh pihak panitia dibawa ke Pos terdekat. Hingga dibawa ke RSU Saiful Anwar Malang. Namun nyawanya sudah tidak tertolong lagi.

Saat ditanya oleh Tim SeputarMalang.Com tentang peran Kajur dan Pembina Mahasiswa,apakah ada di tempat saat peristiwa kematian Fikri ??? Sasongko dan Hutomo menjawab, bahwa akan menuju ke lokasi berdasarkan informasi dari mobile phonenya. Sehari sebelumnya, pagi hingga sore masih ada di lokasi perkemahan Mahasiswa, jam 4 sore sudah kembali ke malang. Sehingga tidak tau persisnya tentang penyebab peristiwa kematiaanya, saat didesak pertanyaan oleh Tim SeputarMalang.Com.

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Kajur Planologi ITN dan Dosen Pembimbing Saat dikonfirmasi

Sementara Hutomo selaku Pembina Mahasiswa menuturkan bahwa kita selaku Dosen dan Pembina tidak terlalu mencampuri aktifitas para Mahasiswa. Beda dengan OSIS baik Sekolah Dasar,Menengah maupun lanjutan Atas. Mahasiswa dianggap lebih dewasa.” kelitnya.

Dari penuturan para narasumber (red. Teman-teman korban), pemberian air mineral hanya dua botol untuk seluruh Maba (114 orang) sebagai peserta KBD (Kemah Bakti Desa).

Jangankan Almarhum Fikri yang tidak akan mengalami dehidrasi. Kami banyak yang menahan haus, karena satu orang hanya bisa meneguk satu sendok air mineral. Dan pada hari Jum’at malamnya (11/10/13) pada saat acara “take me out” terjadi skenario kekerasan terencana yang dilakukan oleh Fendem (senior keamanan) Alm. Fikri disuruh menyampaikan ungkapan keinginannya atas perlakuan Fendem kepada temen-temannya, “Saya akan melindungi kalian teman-teman ,dari kekerasan Fendem !”

Masih menurut narasumber yang sama, hal tersebut dikarenakan sebelumnya Alm.Fikri melihat perlakuan Fendem yang tidak manusiawi seperti sebuah pisang yang harus digunakan untuk gosok gigi secara bergilir,dan bagi yang terakhir harus memakan pisang tersebut yang ternyata jatuh pada diri Almarhum. Lebih Gila lagi, pada jam dua dini hari saat dimana para Maba istirahat tidur di kemah,dibangunkan dengan paksa sambil ditendang dan di injak oleh Fendem. Bahkan bagi Maba Putri, mengalami pelecehan seksual (Singkong dibentuk seperti alat kelamin laki-laki lalu disuruh mengelus dan harus di oral).

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Dokumentasi Bentuk-bentuk Anarkisme Fendem Terhadap Maba Planologi ITN 2013

Rekan narasumber yang sama menambahkan, pernyataan Alm.Fikri (Red. akan melindungi teman-temannya dari kekerasan Fendem) itulah yang membuat Fendem semakin brutal dan naik pitam. Saat itu juga Para Fendem mengamankan Fikri kebalik tenda. Para Mahasiswa peserta KBD (Kemah Bakti Desa) dipaksa untuk membelakangi para Fendem dan hanya terdengar suara erangan kesakitan Fikri . Saat terjadinya penyiksaan para Fendem berteriak keras dan lantang “Kalau kau mau mati.! Mati aja kau..!! Biar dikubur disini !! ” Setelah itu para Maba disuruh masuk kembali ke kemah.

Sabtu setelah olah raga dan makan siang ,dipilih tiga puluh orang oleh Ketua Pelaksana Kegiatan .Untuk meratakan lahan di Penanaman Mangrove disekitar lokasi. Saat perjalanan naik bukit. Alm. Fikri sudah kehabisan nafas (fisik melemah). Namun oleh Panitia justru Fikri dianggap pura-pura . Yang akhirnya, korban ternyata sudah tidak sadarkan diri. Bergegas tim Panitia Kesehatan membawa korban yang sudah sekarat dinaikkan pickup menuju Pos Kesehatan terdekat dan ditengarai meninggal dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.

Dengan adanya berita meninggalnya Fikri, maka acara Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab dihentikan pada saat itu juga, tanpa ada acara seremonial penutupan .

Kasus meninggalnya Maba ITN asal Mataram NTB ini tidak ada proses hukum sama sekali ! Padahal menurut hukum adanya kejadian tindakan kekerasan secara fisik sudah masuk pada ranah Pidana. Apalagi jika itu dilakukan dengan terencana, Bisa diancam dengan hukuman penjara 9 tahun ( KUHP psl 353 ayat 3) Ironisnya etik di internal civitas akademika ITN Malang terlihat hanya Normatif dan terkesan menutupi kejadian yang sebenarnya . Tidak berdasarkan fakta di lapangan.

Kejadian serupa seperti ini kerap terjadi pada acara seremonial yang dikemas orientasi mahasiswa baru, dan ini bukan yang pertama. Kita semua berharap kejadian meninggalnya Fikri pada acara orientasi mahasiswa baru ITN Malang adalah yang terakhir kali!

Tentunya harus ada ketegasan dari semua pihak dalam konteks tindakan preventif dan korektif, karena pada hakekatnya ajang tersebut adalah sebagai moment kawah candra dimuka menuju budaya akademis intelektualis, bukan anarkis dan ajang balas dendam senior belaka.

Sumber Berita

Update Info Tambahan dari Agan2 Kaskus
Quote:Original Posted By greynet
Update

Quote:Original Posted By sori.klonengan
Ternyata sama pihak kampus ditutup-tutupin gan, ini ada skrinsyutnya

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

diambil dari sini sumber

Kalo liat himpunan mahasiswanya cuma sekumpulan anak alay emoticon-Najis (S)

http://hmpwk-itn-malang.blogspot.com...nisasi_25.html
Quote:Original Posted By lolite
update efek kekerasan dan pelecehan terhadap Ospek Maba ITN MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK





jalan lupa di rate emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Marah biarkan keadilan bicara !

"Kita bukan bodoh, tapi dibodohkan. Kita tidak miskin, tapi dimiskinkan. Oleh sebuah sistem." (Ir. Soekarno)
Termasuk SISTEM ini kah yang dimaksud Bung Karno ?!



TS sebagai mahasiswa dan warga Malang jg prihatin dengan kejadian ini emoticon-Marah
HIDUP MAHASISWA !! Hancurkan ketidak adilan dan kebodohan !

Note : TS akan selalu update INFO tentang kejelasan kasus ini sampai benar-benar jelas. Tentu membutuhkan bantuan para kaskuser smua emoticon-Smilie
Sebelumnya TS berterimakasih kepada Kaskuser yg sangat berpartisipasi usut tuntas kasus ini dalam bentuk apapun emoticon-thumbsup emoticon-Smilie

Req pejwan silahkan PM, TS ga bs baca komen agan2 1-1 karena komen membludak byk skali emoticon-Big Grin

Komen2 dari rekan/keluarga korban


Komen-komen dr agan2 Mahasiswa/Alumni

komen ngebela ospek tsb
Diubah oleh Kacank87
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 40 dari 275
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 16:44
emang orang orang tolol itu smeua , gak usah ikut ajalah ospeknya gak ada gunanya juga. nanti jikalau dipanggil ma senior nya pura pura gak tau aja atau kabur aja sekalian . emang mereka itu siapa :fuck
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 16:44
Oia baru2 ini jg ada calon anggota ukm bramatala (pencinta alam katanya) universitas widyatama yg meninggal (entah setelah atau saat) akibat ujian masuk ukm tsb.
Denger2 tidak ada anggota ukm tsb yg meminta maaf kepada keluarga korban (saking kuat kali y mentalnya dan saking cintanya dg alam).
Sifat brtanggung jawab saja lbh pantas daripada bermental baja tapi tdk brtanggung jawab.
Opini ini buat para oknum bukan keseluruhan pengospek atau "tukang penguat mental" peserta didik.
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 16:45
Sepertinya kalau cerita itu beneran, darah mahasiswa sudah hilang sama sekali, yang ada darah setan, tidak terkecuali dosen dan atasan yang bertanggung jawab terhadap acara tersebut.

OSPEK = Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus

Nggak ada disitu istilah perpeloncoan. Saya juga mantan panitia OSPEK salah satu kampus di kota Malang selama dua tahun. Nggak pake tuhh yg namanya praktek "pembunuhan perlahan".

Dan kalaupun mau, menteri pendidikan mengatur tata cara ospek yg bener, dengan dosen sebagai penanggung jawabnya...
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 16:45

BIAD*P !

STOP bullying!
emoticon-Marah
Perilaku manusia tapi kayak hewan...
pak u
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 16:46
semoga jadi HT nih trit,
kalo perlu Depdiknas tau,
dan harus bertindak biar nggak ada lagi Ospek atau Mos semacam ini..
gw bner" prihatin banget emoticon-Turut Berduka
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 16:47
turut berduka cita buat korban emoticon-Turut Berduka
ane yg warga malang sendiri baru tau ada berita kyk gini emoticon-Sorry
kpn ya senioritas di indonesia gak ada? emoticon-No Hope
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 16:47
jangankan ospek, kemarin aja ane kemah pramuka (masih SMA) disuruh bangun tengah malam, dibentak, nunduk dikira nahan ketawa, ngak nunduk dikira nantang, padahal senior beda 1 th
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 16:51
emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)
Bukannya membentuk mental tapi malah merusak mental...
WTF
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 16:51
ospek mesti dihapuskan
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 16:52
ijin shared pengalaman,

ane salah satu mahasiswa di universitas lampung, ane angkatan 2010 gan.

waktu itu bulan juni di adakan makrab (malam keakraban) di jurusan ane, itu konsep nya sama kayak ospek, cuma nginep atau kemah.

ane yang waktu makrab 2011 juga ikut, bahkan jadi panitia. disana terjadi prilaku seperti kekerasan dan pelecehan. bahkan semua maba harus cukur plontos, waktu itu ane cuma diam aja gan, ngeliat maba di gituuin. emoticon-Matabelo

tapi baru kemaren ane berani berontak, emoticon-Marah

karena ane juga di pilih jadi panitia. waktu itu ane usulin saat rapat sebelum makrab, kalau maba gak usah di plontos, maba gak usah di siksa, di ajak ngobrol ajaa di sana, kita kasih tau kuliah itu gimana gimana.

ehh tau tau nya ketua himpunan mahasiswa gak setuju gan,

sumpah gan, ane ajak berantem itu anak,.
ane bilang , kalau lo mau jagoan gak usah ama maba, yok sengle aja ama gua, gak usah keroyokan. sumpah gan ane emosi, ane emosi bukan karena mereka beda pemikiran ama ane, ane cuma emosi kalau liat laki laki kayak banci gitu, berani keroyokan,.. dan karena kejadian itu, ane di kucilkan gan. emoticon-Matabelo
sukur gan, temen2 seangkatan ane, pada ngertiin ane. jjadi mereka gak ngucilin ane,

sekian gan.

ijin page one. yaaa
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 16:52
ane ospek aja gan begitu2 amt gan emoticon-Big Grin
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 16:53
tutup aja ni kampus..!!! emoticon-Mad (S)
emang udah kelewatan ni kampus,dosennya juga banyak yang gak beres apalagi mahasiswanya.di ospek sampe mati juga percuma mental lulusannya juga gak bener. semoga dengan adanya kejadian gini pemerintah bisa bertindak dan gak seenaknya lagi diadain ospek kayak begini yg gak jelas tujuannya apa.....
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 16:57

kalo ini ospek model di teknik UB

http://www.kaskus.co.id/thread/00000...-ptn-di-malang

saya pernah posting model ospek di teknik UB taun 2013, banyak senior pro ospek yang membela dan tetap mempertahankan kalo ospek itu berguna untuk di kemudian hari ....
tapi kalo kenyataan nya tewas mengenaskan ??? emoticon-Sorry emoticon-Sorry
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 17:03
emoticon-Mad (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Mad (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Mad (S)

stop ospek kalau cuma sekedar jadi aksi bullying
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 17:03

eek tu seniornya

eek tu senioornya kurang ajar bener .. !!!
Diubah oleh arif4cing
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 17:06
sampah mahasiswa, dari dulu ane ga demen ma yang beginian...emoticon-Najis
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 17:06

baikTTT!!!

Quote:Original Posted By Kacank87
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Malang – , Misteri kematian Mahasiswa Baru Jurusan Planologi Institut Tehnologi Nasional Malang (ITN), berasal dari Mataram Lombok NTB yang bernama Fikri, saat Orentasi Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab di Kawasan Pantai Goa China di desa Sitiarjo Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang pada hari Sabtu tgl (13/10/13) banyak ditemukan kejanggalan. Dari hasil investigasi di lapangan dan dari beberapa penuturan narasumber kepada Tim SeputarMalang.Com, sangat bertolak belakang dengan yang disampaikan oleh pihak Kampus ITN melalui Kepala Jurusan (Kajur) Planologi Ibnu Sasongko dan Hutomo selaku bagian Dosen Pembina Mahasiswa pada kamis (14/11/13) , Ibnu Sasongko menceritakan ”Kalau kegiatan KBD (Kemah Bakti Desa) dan Temu Akrab sudah tradisi Maba ITN Jurusan Planologi, adapun tentang adanya kematian Maba Fikri dianggap sebagai musibah yg bisa terjadi pada setiap orang,Ujarnya tanpa beban.

Kajur tersebut menuturkan dari uraian cerita para panitia, tanpa tahu persisnya kejadian di TKP yang disampaikan kepada Tim SeputarMalang.Com. Sasongko, mengatakan si korban yang bernama Fikri tersebut saat kegiatan berlangsung banyak mendapatkan perlakuan khusus,dikarenakan postur tubuhnya yang gemuk,sehingga dikhwatirkan akan mudah terkena dehidrasi. Seperti waktu acara pembersihan pantai dan juga naik bukit,si korban mendapatkan perlakuan khusus dengan naik sepeda motor menuju lokasi. Dan Tiba-tiba saat sampai di lokasi, almarhum sudah tidak sadarkan diri sambil mendengkur (ngorok). Akhirnya oleh pihak panitia dibawa ke Pos terdekat. Hingga dibawa ke RSU Saiful Anwar Malang. Namun nyawanya sudah tidak tertolong lagi.

Saat ditanya oleh Tim SeputarMalang.Com tentang peran Kajur dan Pembina Mahasiswa,apakah ada di tempat saat peristiwa kematian Fikri ??? Sasongko dan Hutomo menjawab, bahwa akan menuju ke lokasi berdasarkan informasi dari mobile phonenya. Sehari sebelumnya, pagi hingga sore masih ada di lokasi perkemahan Mahasiswa, jam 4 sore sudah kembali ke malang. Sehingga tidak tau persisnya tentang penyebab peristiwa kematiaanya, saat didesak pertanyaan oleh Tim SeputarMalang.Com.

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Kajur Planologi ITN dan Dosen Pembimbing Saat dikonfirmasi

Sementara Hutomo selaku Pembina Mahasiswa menuturkan bahwa kita selaku Dosen dan Pembina tidak terlalu mencampuri aktifitas para Mahasiswa. Beda dengan OSIS baik Sekolah Dasar,Menengah maupun lanjutan Atas. Mahasiswa dianggap lebih dewasa.” kelitnya.

Dari penuturan para narasumber (red. Teman-teman korban), pemberian air mineral hanya dua botol untuk seluruh Maba (114 orang) sebagai peserta KBD (Kemah Bakti Desa).

Jangankan Almarhum Fikri yang tidak akan mengalami dehidrasi. Kami banyak yang menahan haus, karena satu orang hanya bisa meneguk satu sendok air mineral. Dan pada hari Jum’at malamnya (11/10/13) pada saat acara “take me out” terjadi skenario kekerasan terencana yang dilakukan oleh Fendem (senior keamanan) Alm. Fikri disuruh menyampaikan ungkapan keinginannya atas perlakuan Fendem kepada temen-temannya, “Saya akan melindungi kalian teman-teman ,dari kekerasan Fendem !”

Masih menurut narasumber yang sama, hal tersebut dikarenakan sebelumnya Alm.Fikri melihat perlakuan Fendem yang tidak manusiawi seperti sebuah pisang yang harus digunakan untuk gosok gigi secara bergilir,dan bagi yang terakhir harus memakan pisang tersebut yang ternyata jatuh pada diri Almarhum. Lebih Gila lagi, pada jam dua dini hari saat dimana para Maba istirahat tidur di kemah,dibangunkan dengan paksa sambil ditendang dan di injak oleh Fendem. Bahkan bagi Maba Putri, mengalami pelecehan seksual (Singkong dibentuk seperti alat kelamin laki-laki lalu disuruh mengelus dan harus di oral).

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Dokumentasi Bentuk-bentuk Anarkisme Fendem Terhadap Maba Planologi ITN 2013

Rekan narasumber yang sama menambahkan, pernyataan Alm.Fikri (Red. akan melindungi teman-temannya dari kekerasan Fendem) itulah yang membuat Fendem semakin brutal dan naik pitam. Saat itu juga Para Fendem mengamankan Fikri kebalik tenda. Para Mahasiswa peserta KBD (Kemah Bakti Desa) dipaksa untuk membelakangi para Fendem dan hanya terdengar suara erangan kesakitan Fikri . Saat terjadinya penyiksaan para Fendem berteriak keras dan lantang “Kalau kau mau mati.! Mati aja kau..!! Biar dikubur disini !! ” Setelah itu para Maba disuruh masuk kembali ke kemah.

Sabtu setelah olah raga dan makan siang ,dipilih tiga puluh orang oleh Ketua Pelaksana Kegiatan .Untuk meratakan lahan di Penanaman Mangrove disekitar lokasi. Saat perjalanan naik bukit. Alm. Fikri sudah kehabisan nafas (fisik melemah). Namun oleh Panitia justru Fikri dianggap pura-pura . Yang akhirnya, korban ternyata sudah tidak sadarkan diri. Bergegas tim Panitia Kesehatan membawa korban yang sudah sekarat dinaikkan pickup menuju Pos Kesehatan terdekat dan ditengarai meninggal dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.

Dengan adanya berita meninggalnya Fikri, maka acara Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab dihentikan pada saat itu juga, tanpa ada acara seremonial penutupan .

Kasus meninggalnya Maba ITN asal Mataram NTB ini tidak ada proses hukum sama sekali ! Padahal menurut hukum adanya kejadian tindakan kekerasan secara fisik sudah masuk pada ranah Pidana. Apalagi jika itu dilakukan dengan terencana, Bisa diancam dengan hukuman penjara 9 tahun ( KUHP psl 353 ayat 3) Ironisnya etik di internal civitas akademika ITN Malang terlihat hanya Normatif dan terkesan menutupi kejadian yang sebenarnya . Tidak berdasarkan fakta di lapangan.

Kejadian serupa seperti ini kerap terjadi pada acara seremonial yang dikemas orientasi mahasiswa baru, dan ini bukan yang pertama. Kita semua berharap kejadian meninggalnya Fikri pada acara orientasi mahasiswa baru ITN Malang adalah yang terakhir kali!

Tentunya harus ada ketegasan dari semua pihak dalam konteks tindakan preventif dan korektif, karena pada hakekatnya ajang tersebut adalah sebagai moment kawah candra dimuka menuju budaya akademis intelektualis, bukan anarkis dan ajang balas dendam senior belaka.

Sumber

jalan lupa di rate emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Marah biarkan keadilan bicara !

TS sebagai mahasiswa dan warga Malang jg prihatin dengan kejadian ini emoticon-Marah
HIDUP MAHASISWA !! Hancurkan ketidak adilan dan kebodohan !

Komen-komen dr agan2 Mahasiswa/Alumni

KOMEN NGEBELA OSPEK

Yang minta jadi HT



JANGAN DENGAN DALIH MELATIH MENTAL KALIAN MEMBUNUH ORANG !!!!!

LUAR NEGRI GA PERLU NGELAKUIN HAL2 SEPERTI INI UNTUK MEMBINA MENTAL PELAJARNYA,, KALO NGELATIH MENTAL TU RIBUT SATU2 !!!!



0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 17:06
kebangetan emang neh...ospek sampai gitu emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S)
ane bantu rate biar diusut....kalau bisa ditambahin gan berita lanjutannya...
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 17:06
saatnya sistem dirubah, jangan hapuskan ospek karena sebenarnya ini bukan ospek. Saarnya merevolusi meskipun menyakitkan dan melelahkan. Hidup Mahasiswa
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 17:07
Quote:Original Posted By 02bayu
perspektif orang berbeda2 tentang ospek + makrab ini ..

Oke emang kita ingin jadi orang yang intelektual .. Heloo bung, ini indonesia. Kalau kita hanya punya OTAK doang tapi MENTAL ga punya untuk menahan pengaruh negatif yang datang ke kita " PERCUMA ! ". Buka mata kalian semua, yang di lihat esensi (pesan) yang di sampaikan, bukan negthink disetiap perilakunya

Kedepankan positif thinking, jangan di tanam terus negatif thinking kalian.

eh goblok
trus emang dengan cara ospek yang begini mental lu bisa kebentuk gitu?
ketauan banget tololnya lu.
apagunanya ospek yang sampe membunuh mahasiswa barunya gini?
selain menimbulkan dendam dan benci?
banyak cara ospek yang baik dan bisa mendidik mental tanpa harus ngegebukin. apa esensi nya digebukin sampe mati?
plis deh. lu kira jaman perang apa.
0 0
0
Halaman 40 dari 275
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia