alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.76 stars - based on 41 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/529152a51f0bc3772f000007/share-amp-diskusi-dunia-semut-rangrang-amp-budidayanya
Lapor Hansip
24-11-2013 08:13
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
Ane bukan "expert" bidang per-semut-an gan. Namun ane akan share pengetahuan yang ane punya tentang Dunia Semut Rangrang dan Budidaya-nya. Ane harap dengan men-share pengetahuan yang ane punya, kita bisa bersama-sama menambah pengetahuan tentang budidaya-nya. Paling tidak, sedikit pengetahuan ini mampu meminimalisir kegagalan dalam berbudidaya Semut Rangrang.

Langsung aja ya gan ...

A. Dunia Semut Rangrang

"Peta Sebaran Semut Rangrang"


(Semut) Rangrang atau kerangga (Oecophylla) adalah semut berukuran agak besar yang dikenal memiliki kemampuan tinggi dalam membentuk anyaman untuk sarangnya. Karena hal inilah maka ia disebut sebagai weaver ant atau "semut penganyam". Di dunia dikenal dua jenis rangrang yang pertama adalah Rangrang Asia (O. smaragdina) yang tersebar luas dari Pakistan sampai Australia bagian utara dan Rangrang Afrika (O. longinoda) yang menghuni kawasan tropis di Afrika.

Sebagaimana banyak semut lainnya, semut rangrang adalah serangga sosial dan membentuk koloni. Dalam kelompok sosial tersebut, pekerjaan dibagi sesuai dengan tipe individunya (kasta). Populasi dalam satu koloni semut rangrang bisa sangat banyak sekali. Semut Rangrang juga bersifat teritorial (menjaga tempat hidupnya) dan bertemperamen "galak". Rangrang tidak segan-segan menyerang apa pun yang mendekati kawasan aktivitasnya.

B. Struktur Sosial Semut Rangrang

"Struktur Sosial Semut Rangrang"


1. Ratu Semut
Ratu semut mudah dikenali karena tubuhnya lebih besar, berwarna hijau hingga coklat dengan perut yang besar dan menghasilkan banyak telur. Ratu semut ini pada mulanya mempunyai sayap seperti halnya semut jantan, tetapi setelah kimpoi sayapnya lepas.
Ratu semut banyak ditemukan pada tempat-tempat yang tidak terganggu. Mereka menyukai tempat yang aman untuk meletakkan telur. Jika merasa terganggu, mereka akan berpindah ke tempat lain yang lebih aman.
Ratu semut umumnya berada pada sarang yang tidak terlalu kecil, dengan daun-daun yang masih segar dan hijau. Apabila daun-daun pembentuk sarangnya mengering, sebagian semut bahkan ratunya akan meninggalkannya dan berpindah ke sarang baru

2. Semut Jantan
Semut jantan lebih kecil daripada ratu semut, berwarna kehitam-hitaman dan hidupnya singkat. Setelah mengawini ratu ia mati.

3. Semut Pekerja
Semut pekerja adalah semut betina yang mandul. Mereka tinggal di dalam sarang dan merawat semut-semut muda. Namun pada kondisi dimana satu koloni Semut Rangrang tidak memiliki Ratu Semut, maka semut pekerja akan bertelur.

4. Semut Prajurit
SSemut prajurit merupakan anggota yang paling banyak jumlahnya dalam koloni dan bertanggung jawab untuk semua aktivitas dalam koloninya. Mereka menjaga sarang dari serangan pengacau, mengumpulkan dan membawa makanan untuk semua anggota koloninya serta membangun sarang. Ketika sarangnya terganggu ? Mereka membawa semut-semut muda dengan giginya yang kuat dan memindahkannya ke tempat aman. Pada kondisi tertentu mereka juga dapat meletakkan telur ke tempat yang lebih aman, seperti ratu semut.

C. Siklus Perkembangbiakan Semut Rangrang

"Larva & Pupa"


Tahap pertumbuhan semut dimulai dari telur menjadi larva, pupa, kemudian semut dewasa. Telur berukuran sangat kecil, kira-kira 0.5 mm x 1 mm dan berbentuk elips, berwarna putih.. Sedang Larva mempunyai kulit yang halus, putih seperti susu, tidak berkaki dan tidak bersayap, sudah terbentuk mata dan mulut. Selanjutnya Pupa menyerupai semut dewasa namun tidak aktif dan berwarna putih. Selanjutnya Pupa akan menjadi semut yang berubah warna sesuai dengan kastanya.

Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah berapa lama siklus perkembangbiakan semut rangrang tersebut? Berapa umur semut rangrang?

Dari sejak Ratu Semut kimpoi, sayap Ratu Semut akan gugur dan setelah sayap Ratu Semut gugur, selama 5-10 hari, Ratu semut akan bertelur. Perkembangan telur selanjutnya sangat tergantung dari suhu lingkungan. Pada suhu 30°C, telur akan berubah menjadi Larva dalam jangka waktu sekitar 8 hari. Selanjutnya Pupa setelah hari ke-17 dan semut pekerja dewasa pertama muncul setelah 28 hari.

Berapa lama umur semut ratu?
Berikut data dari http://en.wikipedia.org/wiki/Queen_ant
Quote:Original Posted By ""

A queen ant is an adult, reproducing female ant in an ant
colony; generally she will be the mother of all the other
ants in that colony. Some female ants do not need to
mate to produce offspring, reproducing through asexual parthenogenesis or cloning, and all of those offspring will be female. Others, like those in the genus Crematogaster, undergo mating in a nuptial flight. Ant offspring develop from larvae specially fed in order to become sexually mature among most species.
Depending on the species, there can be either a single mother queen, or potentially, hundreds of fertile queens in some species. Queen ants have one of the longest life-spans of any known insect – up to 30 years.[1] A queen of Lasius niger was held in captivity by German Entomologist Hermann Appel for 28¾ years; also a a Pogonomyrmex owyheei has a maximum estimated longevity of 30 years in the field.[1]


D. Cara Membangun Sarang

Prajurit semut menarik daun-daun secara bersama-sama, sementara semut lainnya merajut daun-daun tersebut dari dalam dengan menggunakan larva dan giginya sebagai pemintal benang. Larva semut menghasilkan benang-benang sutera halus untuk merajut daun.

E. Makanan Semut Rangrang

"Makanan Semut"

Makanan semut sangat beragam, namun dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok besar, yaitu protein dan gula. Tidak seperti semut lainnya, semut rangrang lebih menyukai protein daripada gula. Protein dapat ditemukan pada daging, ikan, ayam, tikus dan serangga.

F. Tempat Ideal Untuk Bersarang

Semut Rangrang mempunyai kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan kondisi lingkungannya. Mereka selalu berusaha mendapatkan makanan dan tempat tinggal dalam kondisi optimal.

Lalu apa kondisi ideal bagi Semut Rangrang untuk bersarang?
1. Sedikit gangguan dari manusia,
2. Cukup Makanan,
3. Tersedia daun cukup lebar namun lentur atau daun kecil tapi banyak,
4. menyukai lingkungan dengan suhu antara 26-34°C dan kelembaban relatif antara 62 sampai 92%.

Di alam sekitar, Semut Rangrang menyukai pohon-pohon yang tinggi seperti pohon kedondong (Spondias dulcis) atau pohon mangga (Mangiferasp.).

G. Manfaat Semut Rangrang

Kajian mengenai peran semut rangrang sebagai pengendali hama telah dimulai pada tahun 304 Masehi di Cina. Pada waktu itu, semut rangrang terbukti mampu mengendalikan hama kutu-kutuan pada tanaman jeruk. Di Indonesia, semut rangrang juga diketahui memangsa beberapa jenis hama, misalnya larva lalat buah dan ulat bulu. Disamping itu, Larva Semut Rangrang (biasa disebut Kroto di Indonesia) juga dijadikan konsumsi manusia dan burung kicauan.



Nah sekarang agan & aganwati semua sudah mempunyai sedikit dasar tentang dunia semut rangrang. Beberapa catatan tentang dunia semut rangrang di atas, mampu menjawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dalam hal budidaya semut rangrang. Contohnya : berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk panen kroto?

Selanjutnya akan ane update tentang Budidaya Semut Rangrang. Tungguin ya gan ...

"Klik"
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 222
24-11-2013 08:15
BUDIDAYA SEMUT RANGRANG
Budidaya Semut Rangrang


Apa sebenarnya Tujuan Budidaya Semut Rangrang itu?
1. Pest Control Alami
Di beberapa negara (Vietnam, Filipina), Semut Rangrang dibudidaya dengan tujuan sebagai Pest Control alam terhadap tanaman Jeruk, Mangga dll. Dalam hal ini Semut Rangrang akan memangsa segala jenis penyakit dan hama tanaman. Dengan adanya Semut Rangrang, berhasil dibuktikan bahwa hasil buah-buahan tersebut memiliki kualitas yang bagus dan jumlah panennya meningkat.
2. Larva/Kroto
Salah satu tujuan budidaya Semut Rangrang adalah untuk memanen Larva/Kroto Semut Rangrang. Larva/Kroto ini bisa diolah menjadi makanan/camilan bagi manusia dan juga terkenal sebagai makanan untuk burung kicau.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum kita memulai budidaya semut rangrang, yaitu :
1. Media Sarang dan Penempatan Sarang,
2. Semut Rangrang,
3. Pemindahan Semut Rangrang dari Alam ke Media Budidaya atau dari Media Budidaya satu ke Media Budidaya lainnya.
4. Ketersediaan Makanan dan Minuman
5. Suhu dan Kelembapan Lingkungan Sarang
6. Perawatan
7. Pemanenan Hasil

Sekarang kita kupas satu per satu yah ...

"Pertama"


Silahkan anda cermati contoh gambar media sarang maupun media penempatan sarang (rak) diatas. Terapkan mana yang sesuai dengan kebutuhan lahan, ruang dan biaya agan.


"Kedua"


Fuih ... banyak bener ternyata yah ... masih ada point 3 sampai point 7 nih yang belum. Akses inet di daerah ane lemot banget gan. Untuk sementara ini dulu ya gan. Update lanjutannya besok lagi deh. emoticon-Big Grin

Semangat!!!

Diubah oleh akuq
0
24-11-2013 08:42
Reserved for update Q & A
"Q&A Seputar pembuatan media sarang dan media penempatan sarang (rak)"



~~~ UPDATE Q & A ~~~


"Mengapa Semut Rangrang Lebih Menyukai Makanan Berprotein"


1. perkiraan modal awal by agan putrahumas

2. Langkah Awal trus panennya gimana by agan dolaarmen

3. Umur Semut Ratu dan Masa Siap kimpoi Setelah Terakhir Bertelur

4. panen pupanya berapa bulan sekali gan? ~ by Agan 6oogle

5. Rasa tidak nyaman memicu stress semut, semut ngeluarin gas lalu ujung2nya mati

6. Jangan panik pada awal pemindahan sarang dari alam ke media buatan

7. ane kan kendala d tmpt, kalau ane miara di dalam rumah itu serem gak ya ? Meskipun kita masang ember air d tiap kaki rak biar semut nya gk kemana2 ~ by Agan h.Rz

8. Tips buat agan yang beli bibit semut rangrang dalam wadah toples

9. Wadah air diberi ikan cupang ~ by Agan ArdherA

10. Desain Rak Susun Anti perang koloni

11. Btw hrg jual kroto normal nya di berapa ya per kilo ? Emank bener bisa sampe 160rb per kilo ? ~ by Agan h.Rz

12. Wadah air diganti kain yg telah dicelupin oli/solar ~ by Agan helpdesk

13. Seru gan ternak kroto!! ~ by Agan ArdherA

14. Otomatis ke isi ato gak yah? & kalo da keisi, tetep perang gak? ~ by Agan shilumans

15. Kendala Budidaya Semut Rangrang

16. Foto Ternak Rangrang media Toples Fresco, 10L & Botol

17. Foto Ternak Rangrang media Toples Sosis ~ by Agan kacungkantor

18. Menyatukan koloni Semut Rangrang & Tips Beli Bibit Media Toples ~ by Agan kacungkantor
Diubah oleh akuq
0
24-11-2013 13:16
lanjutkan gan ... nyimak ane ... ane juga lagi nyari2 thread yang berkenaan dengan ini . . ane tertqrik gan bisnis rangrang ... emoticon-Big Grinemoticon-Toastemoticon-Sundulemoticon-Sundul
0
24-11-2013 14:47
Quote:Original Posted By androids5360
lanjutkan gan ... nyimak ane ... ane juga lagi nyari2 thread yang berkenaan dengan ini . . ane tertqrik gan bisnis rangrang ... emoticon-Big Grinemoticon-Toastemoticon-Sundulemoticon-Sundul


Thank's gan ... Insya allah bsok sudah bisa tayang lagi update-nya. emoticon-Shakehand2: emoticon-Toast:
Diubah oleh akuq
0
24-11-2013 14:59
Quote:Original Posted By akuq


Thank's gan ... Insya allah bsok sudah bisa tayang lagi update-nya. emoticon-Shakehand2: emoticon-Toast:


agan sendiri beternak rangrang gan ?? ane masih takut akan prospek pasarnya gan ... apa memang banyak yang membutuhkan ??? dan lagi untuk satu kilo kroto bukannya banyak banget ya gan ?? dan masih banyak pertanyaan lainnya ...
emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Diubah oleh androids5360
0
24-11-2013 15:40
Mantap. Ini yang ditunggu-tunggu. Mumpung penggemar burung lagi banyak gan....
Ane juga pengen ternak, kalo udah ada ilmunya. hehehe
0
24-11-2013 15:53
Quote:Original Posted By androids5360


agan sendiri beternak rangrang gan ?? ane masih takut akan prospek pasarnya gan ... apa memang banyak yang membutuhkan ??? dan lagi untuk satu kilo kroto bukannya banyak banget ya gan ?? dan masih banyak pertanyaan lainnya ...
emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo


Yup, ane peternak rangrang gan. Masih baru juga kok. Tapi karena Ilmu Budidaya-nya hanya sedikit yang share secara gratis, akhirnya ane cari tahu sendiri dan berniat buat share secara gratis.
Biasanya Ilmu Budidaya-nya dibuat pelatihan gitu gan. Kita harus bayar sekian ribu dulu baru dapat ilmu-nya. padahal menurut ane, dengan ngelakuin sendiri di back-up sama pengetahuan dasar dunia semut, udah bisa jalan gan. Memang pengalaman itu mahal gan, tapi pelatihan yang cuma 1-3 hari, apakah sudah bisa kepegang tuh pengalamannya? Ane gak yakin kalo bisa kepegang pengalaman budidayanya.

Tentang prospeknya, ane yakin gan, mengingat Kroto banyak dibutuhkan oleh pemilik burung kicau dan kolam pemancingan sedang ketersediaan di alam semakin menipis karena lahan banyak yang berubah jadi area pemukiman.

Cara pemasarannya gimana? Nanti ane bahas di bagian Budidaya Semut Rangrang. emoticon-Big Grin

Sekilo bukannya banyak banget? Gak juga kok gan. Soalnya Kroto itu berat juga gan walao kecil-kecil gitu. Jangan salah ... emoticon-Big Grin

Berapa sarang yang dibutuhkan untuk bisa menghasilkan 1 kilo? Yang ini juga nanti ane bahas di bagian Budidaya Semut Rangrang. emoticon-Big Grin. Mohon sabar dulu ya gan.

emoticon-Sundul Gan (S): emoticon-Sundul Gan (S):
0
24-11-2013 17:09
Ane juga budidaya semut rang rang gan,,nanti saya lihatin foto peternakan ane,,baru 15 toples sich gan,,kendala yang saya alami,,susah sekali cari semut di alam gan.

0
24-11-2013 19:33
Quote:Original Posted By awagan
Mantap. Ini yang ditunggu-tunggu. Mumpung penggemar burung lagi banyak gan....
Ane juga pengen ternak, kalo udah ada ilmunya. hehehe


Iya gan, ane cuma pingin kita share bareng2. Kalo ada masalah kita share di mari, biar di bahas bareng2. Dikaji secara ilmiah. Karena menurut ane, ilmu yang dibagi bisa lebih terasa manfaatnya daripada didiemin dan diorientasikan ke uang.

emoticon-Ngakak:

Quote:Original Posted By arioc21
Ane juga budidaya semut rang rang gan,,nanti saya lihatin foto peternakan ane,,baru 15 toples sich gan,,kendala yang saya alami,,susah sekali cari semut di alam gan.



Kalo susah nyari di alam, di banyakin semut rangrang yang ada di toples aja dulu gan. Jangan dipanen dulu krotonya.

Cepat berkembang kok kalo kita sabar barang 1-3 bulan aja. Toh biaya pakannya murah banget.

emoticon-thumbsup: thumbup: thumbup:
Diubah oleh akuq
0
24-11-2013 19:36
Nih da mulai banyak yang baca thread ane ... Semangat yah ...
Diubah oleh akuq
0
24-11-2013 20:18
idenya simpel n kreatif... semut di alam -> dibudidaya (modal sedikit lahan n ketelatenen)...

sedikit share... q penah buat gan (bwt percobaan), sayangnya gerombolan koloni semut (diambil dari daun mangga yang udah dijahit n dijadikan rumah) udah g ada ratunya... pantes g berkembang2 tapi malah bekurang (gr2 mati)... sekarang lagi mencari sarang bru dr alam (sebenere ada yg jual, tp mahal :-D)... sukses dah bwt yg mw n berani mencoba...
0
24-11-2013 22:18
Quote:Original Posted By akuq


Yup, ane peternak rangrang gan. Masih baru juga kok. Tapi karena Ilmu Budidaya-nya hanya sedikit yang share secara gratis, akhirnya ane cari tahu sendiri dan berniat buat share secara gratis.
Biasanya Ilmu Budidaya-nya dibuat pelatihan gitu gan. Kita harus bayar sekian ribu dulu baru dapat ilmu-nya. padahal menurut ane, dengan ngelakuin sendiri di back-up sama pengetahuan dasar dunia semut, udah bisa jalan gan. Memang pengalaman itu mahal gan, tapi pelatihan yang cuma 1-3 hari, apakah sudah bisa kepegang tuh pengalamannya? Ane gak yakin kalo bisa kepegang pengalaman budidayanya.

Tentang prospeknya, ane yakin gan, mengingat Kroto banyak dibutuhkan oleh pemilik burung kicau dan kolam pemancingan sedang ketersediaan di alam semakin menipis karena lahan banyak yang berubah jadi area pemukiman.

Cara pemasarannya gimana? Nanti ane bahas di bagian Budidaya Semut Rangrang. emoticon-Big Grin

Sekilo bukannya banyak banget? Gak juga kok gan. Soalnya Kroto itu berat juga gan walao kecil-kecil gitu. Jangan salah ... emoticon-Big Grin

Berapa sarang yang dibutuhkan untuk bisa menghasilkan 1 kilo? Yang ini juga nanti ane bahas di bagian Budidaya Semut Rangrang. emoticon-Big Grin. Mohon sabar dulu ya gan.

emoticon-Sundul Gan (S): emoticon-Sundul Gan (S):


mantap gan...udah ane.bookmark.neh...semoga tuhan membalas niat baik agan yang rela meluangkan waktunya buat ilmunya..hhe.. emoticon-Big Grin :thumbsup
0
24-11-2013 23:53
Quote:Original Posted By exze
idenya simpel n kreatif... semut di alam -> dibudidaya (modal sedikit lahan n ketelatenen)...

sedikit share... q penah buat gan (bwt percobaan), sayangnya gerombolan koloni semut (diambil dari daun mangga yang udah dijahit n dijadikan rumah) udah g ada ratunya... pantes g berkembang2 tapi malah bekurang (gr2 mati)... sekarang lagi mencari sarang bru dr alam (sebenere ada yg jual, tp mahal :-D)... sukses dah bwt yg mw n berani mencoba...


Yup ... Emang sesimpel itu kok ide usahanya gan.

Tapi rata-rata orang yang mulai atau berkeinginan ternak semut rangrang memiliki kekurangan yaitu 1. Kurang memahami habitat dan dunia semut rangrang dan 2. Sudah membayangkan hasil besar dahulu secara instan.

Kalau istilah ane gan, apapun bentuk usahanya, jika pengetahuan dasar tentang usaha tersebut dipegang, lalu kita jalankan usahanya, maka akan meminimalisir kerugian usaha.

Boleh dishare penyebab kematiannya gan?

Quote:Original Posted By androids5360


mantap gan...udah ane.bookmark.neh...semoga tuhan membalas niat baik agan yang rela meluangkan waktunya buat ilmunya..hhe.. emoticon-Big Grin :thumbsup


Hedeh ... Terlalu jauh gan kalo urusan dibalas ama Tuhan mah. emoticon-Ngakak:

Ane lebih milih "dibales apa tidak, itu urusan Tuhan" gan. Yang penting sekarang, kita share dulu. Tentang waktu, asal kita bisa me-manage-nya, ane yakin mesti bisa kok kita meluangkan waktu buat nge-share ilmu apa aja. Tinggal kita-nya aja gan, mau nge-share apa tidak.

emoticon-Shakehand2: emoticon-Shakehand2:
0
25-11-2013 14:33
haha, jurnal ane hilang gan (kebiasaan kalo mulai percobaan selalu ada jurnal, bwt pelajaran n analisa)... next time dah, kalo udah dapet koloni baru qt share bareng...
0
25-11-2013 15:25
Quote:Original Posted By exze
haha, jurnal ane hilang gan (kebiasaan kalo mulai percobaan selalu ada jurnal, bwt pelajaran n analisa)... next time dah, kalo udah dapet koloni baru qt share bareng...


Tuh yang di Bold, sama kayak ane gan. Apa2 yang baru mulai dilakukan, mesti ditulis dulu. Biasanya ane tulis lewat "pesan disimpan" di hp. Lebih praktis aja. Baru setelah itu ane salin deh di Notepad. emoticon-Big Grin

Ok gan ... Ditunggu share-nya di mari yak. Biar semua pada belajar.

emoticon-Sundul Gan (S): emoticon-Sundul Gan (S):
0
25-11-2013 23:48
maaf kalo oot nih gan . . kalo.ada kendala di inet lemot ane.bisa bantu agan nih...mayan gratisan ..hhe...cuma modal modem ma kartu *m3 ... kecepatan boleh lagh... emoticon-Big Grin kalo trtarik pm ane aja.gan...itung2 balas jasa gan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

maksut nya biar agan update threadnya bisa cepet aja...wkwkwkwk ...
sekali lagi maaf kalo OOT gan...
emoticon-Malu (S)
Diubah oleh androids5360
0
26-11-2013 07:23
Quote:Original Posted By androids5360
maaf kalo oot nih gan . . kalo.ada kendala di inet lemot ane.bisa bantu agan nih...mayan gratisan ..hhe...cuma modal modem ma kartu *m3 ... kecepatan boleh lagh... emoticon-Big Grin kalo trtarik pm ane aja.gan...itung2 balas jasa gan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

maksut nya biar agan update threadnya bisa cepet aja...wkwkwkwk ...
sekali lagi maaf kalo OOT gan...
emoticon-Malu (S)


Haduh ... Jadi ngrepotin nih ... Makasih sebelumnya deh gan. Bukannya ane gak mau gan. Tapi di tempat ane ini, jaringan yang ke detect hanya milik Tel*oms*l aja, itu pun cuma maks 3 bar gan. Lainnya gak ada. Dan kayak e hanya ane deh yang mainan inet di tempat ane. emoticon-Ngakak: emoticon-Ngakak: emoticon-Ngakak:

Indonesia yang kata e adil makmur pembangunan merata, realitanya jauh gan. Buktinya, hampir 75% wilayah di tempat ane tinggal, listrik belum masuk. Jalan aspal jarang. Kalau di Jawa, kesatuan polsek membawahi 1 kecamatan, di tempat ane, kesatuan polsek membawahi 18 kecamatan.

Ane berdomisili di wilayah Sumatera gan ... Jadi harap maklum.
0
26-11-2013 13:11
Quote:Original Posted By akuq


Haduh ... Jadi ngrepotin nih ... Makasih sebelumnya deh gan. Bukannya ane gak mau gan. Tapi di tempat ane ini, jaringan yang ke detect hanya milik Tel*oms*l aja, itu pun cuma maks 3 bar gan. Lainnya gak ada. Dan kayak e hanya ane deh yang mainan inet di tempat ane. emoticon-Ngakak: emoticon-Ngakak: emoticon-Ngakak:

Indonesia yang kata e adil makmur pembangunan merata, realitanya jauh gan. Buktinya, hampir 75% wilayah di tempat ane tinggal, listrik belum masuk. Jalan aspal jarang. Kalau di Jawa, kesatuan polsek membawahi 1 kecamatan, di tempat ane, kesatuan polsek membawahi 18 kecamatan.

Ane berdomisili di wilayah Sumatera gan ... Jadi harap maklum.


disyukuri aj dah gan, lumayan, dr pada g ada sama sekali... dtgu sharing dari agan2 yang udah pernah panen krotonya, hehe...
0
26-11-2013 14:10
akhirnya nemu jg trit yg slama ini ane cari2..

btw ane pernah coba,, tp pada mati.. cos gak mau makan,, kira@ knp yah gan??

emoticon-Bingung
0
26-11-2013 17:46
ikut nyimak gan...threadnya mantap, ane cendolin biar agan semangat emoticon-Cendol (S)
0
Halaman 1 dari 222
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.