alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/528ad32641cb17d25e000000/batalion-kala-hitam-divisi-siliwangi-pahlawan-kemerdekaan-nasibmu-kini
Lapor Hansip
19-11-2013 09:55
Batalion Kala Hitam Divisi Siliwangi, Pahlawan Kemerdekaan... Nasibmu Kini
Batalion Kala Hitam Divisi Siliwangi, Pahlawan Kemerdekaan... Nasibmu Kini

BADGE LAWAS MILIK SEORANG PETARUNG 45.
Ini adalah badge Bataliyon Kala Hitam Divisi Siliwangi milik Prajurit Yusuf Supardi (90), seorang mantan petarung 45 yang masih hidup hingga kini. Dulu badge ini tersemat di topinya dan selalu menyertai dia kala hari-hari penuh pertempuran. Yon Kala Hitam adalah bagian dari Divisi Siliwangi yang dipimpin oleh Major Kemal Idris. Bataliyon inilah yang dulu menjadi "hantu" buat para serdadu KNIL-KL yang bertugas di Sukabumi dan Cianjur. Letnan JC. Princen (serdadu Belanda yang membelot ke pihak Indonesia) adalah salah satu komandan kompi di bataliyon ini. (hendijo)

Batalion Kala Hitam Divisi Siliwangi, Pahlawan Kemerdekaan... Nasibmu Kini

PETARUNG DARI KALA HITAM. Namanya Yusup Supardi (90). Kala Indonesia ada dalam kecamuk perang melawan Belanda (1945-1949) ia tergabung dalam Yon Kala Hitam Divisi Siliwangi dengan pangkat prajurit. Di wilayah Gandasoli pada 1949 (masuk dalam wilayah Cianjur), ia nyaris bersua dengan maut saat dirinya menerjunkan diri masuk jurang saat dikepung para serdadu KNIL. Dua tahun sebelumnya, satu gigi sebelah atasnya rontok saat sepatu militer seorang serdadu KNIL berbangsa Sunda menghantam wajahnya dalam suatu interogasi di wilayah Gekbrong. Tahun 1950, Yusup keluar dari dinas tentara dan menghidupi dirinya dari kerja-kerja serabutan. Tahun 1980-an, ia sempat menjadi kuli panggul di Pasar Induk Cianjur dan menjadi pedagang barang-barang bekas. "Baru beberapa tahun ini saya berhenti karena tidak kuat lagi,"ujarnya. Bisa dikatakan hidup Yusup hari ini agak lumayan dibanding rekan sejawatnya Kopral Ido yang jadi pengemis.Selain mendapat uang tunjangan (bukan uang pensiunan), hidupnya juga tertolong oleh salah seorang putrinya yang menjadi tenaga kerja wanita di Saudi Arabia. "Saya sedih kalau menyaksikan situasi di negeri ini seperti ini:korupsi merajalela dan para pejabat hidup senang di atas penderitaan rakyat. Mereka tidak tau "ceritanya" bagaimana negeri ini dipertahankan saat dulu," katanya kepada saya tiga hari yang lalu.

Ini adalah foto Yusup dengan sebilah golok Jepang yang dirampas dari seorang serdadu Nippon tersebut lewat suatu perkelahian dalam gerbong kereta api jurusan Cianjur-Sukabumi yang juga melibatkan Onin (sahabatnya seperjuangan). "Pemilik golok ini tewas karena dijeujeuk (ditendang) hingga keluar saat kereta api masih melaju,"ujarnya. (hendijo)


Batalion Kala Hitam Divisi Siliwangi, Pahlawan Kemerdekaan... Nasibmu Kini

GERILYAWAN TUA. Gerilyawan tua itu hanya termangu saja saat kami datang dan menyampaikan sejumlah sumbangan dari kawan-kawan Fesbuk pada hari Minggu kemarin (17 November 2013). Ia kini sudah bertambah sepuh, pendengarannya sudah lamur, pendengarannya agak tuli dan ingatannya sudah mulai melemah (karena kepikunan). Tapi satu yang saya tetap kagumi dari lelaki yang sehari-hari pekerjaannya menjadi pengemis ini: semangatnya yang berapi-api jika bicara tentang perjuangan zaman dulu.
" Kami tentara! Kami akan melakukan apapun yang diperintahkan Bung Karno, termasuk melepaskan nyawa kami demi negeri ini!" ujarnya.

Ya, Kopral Ido dulu memang seorang tentara, ia adalah anggota Yon Kala Hitam Divisi Siliwangi yang dulu aktiv berjuang di hutan-hutan Sukabumi dan Cianjur. Sayang hari ini, negara yang dibelanya seolah sudah melupakannya. (hendijo)

sumur
Hendi Jo's

buka
Diubah oleh couldjibril
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
19-11-2013 09:56
Batalion Kala Hitam Divisi Siliwangi, Pahlawan Kemerdekaan... Nasibmu Kini

5 Ekspresi Orang No-1 Indonesia saat dinasehati Presiden Sukarno agar bener ngurusin rakyat:

Megawati----Bete, bete, beteeeeeeeeee
SBY: Iya Pak, Iya Pak, Iya Pak (sambil mau nangisss)
Habibie: Entah di mana pikirannya (lagi mikirin bikin pesawat lagi)
Soeharto: Ah tau ah, ga terima gw
Gus Dur: Pura-pura doa (supaya dibilang kiyai)
0
19-11-2013 09:56
wah masih ada aja badgenya emoticon-Matabelo

kasihan emang pahlawan2 di mari gan emoticon-Turut Berduka
0
19-11-2013 09:58
Quote:Original Posted By couldjibril
Batalion Kala Hitam Divisi Siliwangi, Pahlawan Kemerdekaan... Nasibmu Kini

5 Ekspresi Orang No-1 Indonesia saat dinasehati Presiden Sukarno agar bener ngurusin rakyat:

Megawati----Bete, bete, beteeeeeeeeee
SBY: Iya Pak, Iya Pak, Iya Pak (sambil mau nangisss)
Habibie: Entah di mana pikirannya (lagi mikirin bikin pesawat lagi)
Soeharto: Ah tau ah, ga terima gw
Gus Dur: Pura-pura doa (supaya dibilang kiyai)


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
19-11-2013 10:00
Sekitar 26 Serdadu Belanda membelot ke Pihak Indonesia

emoticon-I Love Indonesia

Sementara setengah dari 150.000 serdadu KL-KNIL orang endonesia

emoticon-Hammer2
0
19-11-2013 10:00

waw keren nih batalion kala hitam emoticon-Wowcantik
0
19-11-2013 10:01
mantep
yg kaya begini harus dkasih apresiasi



brianisaYEAH!!!

MERASA GANTENG MASUK
KAPAL DI BAJAK TERORIS
0
19-11-2013 10:04
yaelah... mereka ini ada jasa apa bbuat negara? kalo cuma perang dan perang sih gw rasa gak begitu bagus

lagian kalao mau skill skillan msh kalah sm tentara belanda atau jepang kok emoticon-Cape deeehh
0
19-11-2013 10:07
Quote:Original Posted By platkuning.6th
yaelah... mereka ini ada jasa apa bbuat negara? kalo cuma perang dan perang sih gw rasa gak begitu bagus

lagian kalao mau skill skillan msh kalah sm tentara belanda atau jepang kok emoticon-Cape deeehh


Bener banget gan emoticon-Ngakak (S) emoticon-Bata (S)
0
19-11-2013 10:09
Quote:Original Posted By couldjibril
Batalion Kala Hitam Divisi Siliwangi, Pahlawan Kemerdekaan... Nasibmu Kini

5 Ekspresi Orang No-1 Indonesia saat dinasehati Presiden Sukarno agar bener ngurusin rakyat:

Megawati----Bete, bete, beteeeeeeeeee
SBY: Iya Pak, Iya Pak, Iya Pak (sambil mau nangisss)
Habibie: Entah di mana pikirannya (lagi mikirin bikin pesawat lagi)
Soeharto: Ah tau ah, ga terima gw
Gus Dur: Pura-pura doa (supaya dibilang kiyai)


emoticon-Ngakak ngelawak aja TS ini, yang Gus Dur bukan pura-pura doa tapi lagi ketakutan, Soekarno keluar dari kuburnya emoticon-Ngakak
0
19-11-2013 10:11
" Kami pernah tinggalkan kampung halaman lalu berjalan ratusan kilometer: menyebrang Sungai Serayu dengan sambungan kain sarung dan ditembaki Mustang Belanda. Kami juga pernah terluka dan kehilangan anak-anak kami dalam perang demi merawat bangsa ini. Hari ini, rasanya sangat kecewa dan sedih saja melihat orang-orang itu korupsi dan menafikan rakyat yang kami bela saat dulu..." (Letnan Purnawirawan Aleh, petarung Siliwangi yang pernah long march dan terluka parah ditembak militer Belanda) Foto: Deddi Rustandi

Batalion Kala Hitam Divisi Siliwangi, Pahlawan Kemerdekaan... Nasibmu Kini
0
19-11-2013 10:11
Quote:Original Posted By MichaelQiu


emoticon-Ngakak ngelawak aja TS ini, yang Gus Dur bukan pura-pura doa tapi lagi ketakutan, Soekarno keluar dari kuburnya emoticon-Ngakak


agan ini ngelawaknya ditambah tambah

jadi tambah ngakak ane emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
19-11-2013 10:11
kok ga pernah dgr ya batalyon ini sblmnya emoticon-Hammer (S)





emoticon-roseemoticon-rose emoticon-rose
0
19-11-2013 10:14
banyak pejuang yg hidupnya menderita d masa tuanya gan.sedikit emang perhatian pemerintah kpada mereka,walaupun ad tunjangan tp mungkin nominalnya dak seberapa.yg ane pikir,kemana anak² n keluarganya ya?orang tua sudah selayaknya dpt perhatian dr anak mereka.yg ad dberita sekarang para pejuang yg hidup sendiri menderita,sementara anaknya jg tdk memperhatikan emoticon-No Hope
0
19-11-2013 10:16
miris emang kalo ngeliat nasip para pejuang sekarang... wakil rakyat cuma mikirin perutnya sendiri...
0
19-11-2013 10:22
Kasihan Gan... Pemerintah Sudah Lupa Atas Jasa Para Pejuangnya... emoticon-Berduka (S)
0
19-11-2013 10:33
miris liat nasibnya sang prajurit bp. yusup ni..kayak kaga dihargai ma negara..emoticon-Turut Berduka
0
19-11-2013 10:35
Quote:Original Posted By MichaelQiu


emoticon-Ngakak ngelawak aja TS ini, yang Gus Dur bukan pura-pura doa tapi lagi ketakutan, Soekarno keluar dari kuburnya emoticon-Ngakak


serem juga gan zombie mantan RI 1 emoticon-Takut (S)
0
19-11-2013 10:41
Quote:Original Posted By couldjibril
Batalion Kala Hitam Divisi Siliwangi, Pahlawan Kemerdekaan... Nasibmu Kini

5 Ekspresi Orang No-1 Indonesia saat dinasehati Presiden Sukarno agar bener ngurusin rakyat:

Megawati----Bete, bete, beteeeeeeeeee
SBY: Iya Pak, Iya Pak, Iya Pak (sambil mau nangisss)
Habibie: Entah di mana pikirannya (lagi mikirin bikin pesawat lagi)
Soeharto: Ah tau ah, ga terima gw
Gus Dur: Pura-pura doa (supaya dibilang kiyai)



Wakakak ngakak gulung2 ane gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0
19-11-2013 10:43
salam hormat dan terima kasih buat pejuang veteran...
0
19-11-2013 10:45
hmm kasian gan ya emoticon-Turut Berduka
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.