Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
17
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/526f6671c1cb17f951000009/menengok-sejarah-tionghoa--asal-usul-hari-cengbeng
Cheng Beng, Hari Penghormatan Leluhur Setiap tanggal 4 atau 5 April, menurut tradisi Tionghoa, adalah hari Cheng Beng (Mandarin: Qingming). Di mana menurut tradisi Tionghoa, orang akan beramai-ramai pergi ke tempat pemakaman orang tua atau para leluhurnya untuk melakukan upacara penghormatan. Biasanya upacara penghormatan ini dilakukan dengan berbagai jenis, misalnya saja membersihkan kuburan, men
Lapor Hansip
29-10-2013 14:40

[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG

Quote:Original Posted By warasbae
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG

[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG


Cheng Beng, Hari Penghormatan Leluhur

Setiap tanggal 4 atau 5 April, menurut tradisi Tionghoa, adalah hari Cheng Beng (Mandarin: Qingming). Di mana menurut tradisi Tionghoa, orang akan beramai-ramai pergi ke tempat pemakaman orang tua atau para leluhurnya untuk melakukan upacara penghormatan. Biasanya upacara penghormatan ini dilakukan dengan berbagai jenis, misalnya saja membersihkan kuburan, menebarkan kertas sampai dengan membakar kertas yang sering dikenal dengan Gincua (mandarin: Yinzhi=kertas perak).

Cheng beng adalah salah satu dari 24 Jieqi yang ditentukan berdasarkan posisi bumi terhadap matahari. Pada Kalender Gregorian AWAL (bukan akhir!) Cheng beng jatuh pada tanggal 5 April atau 4 April. Bila kita artikan kata Cheng beng, maka Cheng berarti cerah dan Beng artinya terang sehingga bila digabungkan maka Chengbeng berarti terang dan cerah.

Saat Chengbeng ideal untuk berziarah dan membersihkan makam karena cuaca yang bagus (cuaca cerah, langit terang). Apalagi pada jaman dahulu lokasi pemakaman cukup jauh dari tempat pemukiman. Bahkan bila ada orang yang tinggal jauh dari kampung halamannya, mereka akan berusaha untuk pulang ke kampung halamannya, khusus untuk melakukan upacara penghormatan para luluhur.

Sejarah Cheng Beng

Sejarah Cheng beng dimulai sejak dulu kala dan sulit dilacak kapan dimulainya.

Pada dinasti Zhou, awalnya tradisi ini merupakan suatu upacara yang berhubungan dengan musim dan pertanian serta pertanda berakhirnya hawa dingin (bukan cuaca)

sumber sejarah tionghoa

[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG

[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG


Diubah oleh warasbae
0
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
60K Anggota • 916.4K Threads
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
29-10-2013 14:41
wah ijin baca dulu gan..
panjang nih kyknya ceritanya.... emoticon-Big Grin
0 0
0
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
29-10-2013 14:45
Quote:Original Posted By aditjackson
wah ijin baca dulu gan..
panjang nih kyknya ceritanya.... emoticon-Big Grin


sialakan gan nambah pengetahuan
0 0
0
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
29-10-2013 16:31
baru tau ane ada tradisi hari cengbeng
nice infoh gan emoticon-2 Jempol












btw ane nitip lapak gan
Quote:
MAU INTERNETAN GRATIS DAN UNLIMITED VIA PC/LAPTOP?? KLIK DISINI!!
0 0
0
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
29-10-2013 17:35
sepi amat gan emoticon-Sundul Gan (S)
0 0
0
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
29-10-2013 18:32
emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)
0 0
0
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
29-10-2013 18:44
nice info gan..

ane sering ngelakuin tradisi cengbeng ini..
emang sih kalau pas hari H, tuh matahari terik banget, kayaknya ada awan dikit aja langsung nguap lagi kali.. makanya langitnya cerah banget..

ternyata itu artidari kata cengbeng yah..
0 0
0
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
29-10-2013 19:04
Quote:Original Posted By xny
nice info gan..

ane sering ngelakuin tradisi cengbeng ini..
emang sih kalau pas hari H, tuh matahari terik banget, kayaknya ada awan dikit aja langsung nguap lagi kali.. makanya langitnya cerah banget..

ternyata itu artidari kata cengbeng yah..


ia gan hal kecil yang kita jalani tapi kadang kita tidak tau maknanya semoga tred bisa menjelaskan buat yang belum tau emoticon-Request
0 0
0
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
29-10-2013 19:09
Quote:Original Posted By warasbae
sepi amat gan emoticon-Sundul Gan (S)

ane ikut ramein gan..oo,asal usulnya acara buat pertanian yak..
0 0
0
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
29-10-2013 19:20
Quote:Original Posted By nanoedlova

ane ikut ramein gan..oo,asal usulnya acara buat pertanian yak..


maksih gan tapi agan OOT
0 0
0
Post ini telah dihapus
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
30-10-2013 20:16
emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
0 0
0
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
31-10-2013 16:44
bgitu ya sejarah asal usulnya gan emoticon-Belo
0 0
0
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
31-10-2013 16:47
nice gan, bisa nambah ilmu sejrah
0 0
0
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
31-10-2013 18:29
infonya bagus nih gan nambah pengetahuan nice inpohh y agan
0 0
0
Post ini telah dihapus
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
02-11-2013 21:20
Sepi amat gan emoticon-Sundul
0 0
0
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
31-01-2014 17:46
Selamat hari raya imlek buata yang merayakan
0 0
0
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
17-11-2016 13:41
Cheng berarti cerah dan Beng artinya terang sehingga bila digabungkan maka Chengbeng berarti terang dan cerah.


Masih adakah yang masih melakukan Cheng Beng ???
0 0
0
[MENENGOK SEJARAH TIONGHOA ] ASAL USUL HARI CENGBENG
17-11-2016 13:45
nice inpo ganemoticon-Jempol baru tau ane
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia