consultantmrajaAvatar border
TS
consultantmraja
Jumlah Kendaraan Bertambah Pesat (Ini Plus Minusnya)
Berlatar belakang hebohnya mobil murah yang banyak menuai pro dan kontra dari masyarakat, saya tertarik untuk melakukan kajian empiris sederhana dampak positif dan negatif dari hadirnya mobil murah itu.

Pemerintah mengklaim bahwa perkembangan industri Kendaraan Bermotor di Indonesia berkembang sangat pesat hingga para produsen berbondong-bondong untuk membuka pabrik di Indonesia, begitu juga dengan para investor tertarik untuk menanamkan modalnya pada industri Kendaraan Bermotor di indonesia....

Masalahnya banyak kontroversi dari masyarakat yang mengatakan bahwa perkembangan Industri Kendaraan bermotor ini hanya akan menambah semerawut jalanan di Indonesia konsumsi BBM yang meningkat,dll. Sementara pihak yang pro mengatakan bahwa perkembangan Industri Kendaraan Bermotor ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja...

MANA YANG BENAR????
POSITIF ATAU NEGATIF ya dampak dari pesatnya perkembangan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia ini...

"Biasakan berpendapat berdasarkan fakta" Oleh karena itu, saya akan mencoba memberi sedikit komentar terkait hal ini berdasarkan data..

Cekidot...

Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor di Indonesia
Spoiler for Gambar 1:


Data ini menunjukkan memang terjadi peningkatan pesat secara tiba-tiba pada sekitar tahun 2002/2003, gan. Berarti memang benar terjadi perkembangan pesat gan...

Perkembangan Panjang Jalan
Spoiler for Gambar 2:


Trus ane coba bandingkan dengan perkembangan panjang jalan di Indonesia. Seharusnya kan kalo jumlah kendaraan berkembang pesat, panjang jalan juga harus bertambah pesat mengikuti pesatnya jumlah kendaraan. Iya donk, kalo ga, mau jalan di mana tuh kendaraan. wkwkwkwk emoticon-Ngakakemoticon-Hammer2.
Sekarang coba agan bandingkan perkembangan panjang jalan dari gambar di atas dengan perkembangan jumlah kendaraan gan!

Ternyata perkembangan jumlah kendaraan yang tiba-tiba melejit naik ga mampu diimbangi dengan penambahan panjang jalan yang naiknya sedikit doank gan...
Artinya, siap-siap aja jalanan akan semakin padat. emoticon-Sorry emoticon-Sorry

Yang ditakutkan, kalo jalanan makin padat itu adalah peluang untuk terjadi kecelakaan akan semakin meningkat gan. Kan justru akan merugikan banyak pihak, khususnya kalangan menengah ke bawah, karena jika keluarganya yang kecelakaan, akan mngeluarkan biaya untuk rumah sakit dan biaya sosial lain apalagi kalo sampai merenggut nyawa. emoticon-Sorry emoticon-Sorry

DAN KETAKUTAN ITU TERBUKTI...!!!! emoticon-Takut

Grafik Perkembangan Jumlah Kecelakaan dan Korban Meninggal di Jalan
Spoiler for Gambar 3:


Tiba-tiba saja sejak tahun 2005, jumlah kecelakaan meningkat pesat, memang terjadi penurunan sedikit pada tahun 2006-2007, tapi habis itu "naik-naik ke puncak gunung" lagi...

Pendapat saya, MUNGKIN sudah jadi hal yang biasa bahwasannya orang Indonesia itu bisa bertindak/berpikir pintar, tetapi selalu lemah dalam hal "berkelanjutan". Maksudnya mungkin saja sudah ada tindakan untuk mengurangi tingkat kecelakaan itu, tapi sementara doank, habis itu dilupakan. emoticon-No Hope

Pernah ga ya, para penguasa memikirkan dampak ini, ini bukan cuma ketakutan lho, tapi memang sudah terjadi. Ada datanya... emoticon-Sorry
Tapi yang sedikit menghibur, walaupun jumlah kecelakaan meningkat pesat, tapi korban meninggal sepertinya mampu di tahan sehingga tidak melonjak.. emoticon-Shakehand2

Bukan cuma kerugian sosial lho yang ditimbulkan oleh meningkatnya kecelakaan ini, dari setiap kecelakaan bisa dihitung kerugian materi yang terjadi.

Kerugian Materi Akibat kecelakaan di Jalan
Spoiler for Gambar 4:

Sejalan dengan meningkatnya kecelakaan, kerugian yang ditimbulkan juga meningkat pesat lho...
Hayo, ada uang yang hilang juga kan.... emoticon-Matabeloemoticon-Matabelo

Dari tadi ngomongin yang negatifnya aja neh. Tapi kan meningkatnya industri Kendaraan Bermotor ini, bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan Tenaga Kerja. Ujung-ujungnya rakyat juga yang menikmati....

Bisa Jadi......... Bisa Jadi...... Bisa Jadi.............. emoticon-Ngakak
Biar adil, saya juga mencoba melihat pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja di indonesia, tapi saya khususkan ke sektor yang terkait, karena harusnya sektor ini yang mendapat efek langsung dan cepat. dan langsung dibandingkan dengan kerugian materi akibat kecelakaan. Jadi langsung dibandingkan Positif dan Negatifnya....

Spoiler for Gambar 5:


Bingung ya gan, lihatnya, Grafik terakhir itu memperlihatkan besar peningkatannya dalam persentase. Intinya seh dari data itu terbukti tiap tahunnya peningkatan "Kerugian Materi" selalu lebih besar dari pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja.
Artinya juga peningkatan sisi negatifnya, lebih besar dibandingkan peningkatan sisi positifnya....

Sekarang terserah agan mau pro atau kontra.

SARAN dari saya yg pemula ini seh, kalo perkembangan industri kendaraan bermotornya yah sudah cukuplah, jangan dikurangi, biarkan aja begitu adanya, tapi jangan fokus ke situ terus, mulailah untuk menganggarkan waktu, tenaga dan biaya untuk menambah jumlah jalan, memperbaiki yang rusak, memperketat tata tertib berlalu lintas dengan harapan jumlah KERUGIAN MATERI dan kecelakaan dapat dikurangi, yang berarti juga mengurangi kerugian pemerintah. emoticon-Cool

Sekian gan yg bisa saya paparkan, sekiranya ada yang kurang berkenan dari postingan ini, kasih tahu aja ya Bos, kalo ada yg salah, saya perbaiki, kalo ada yg ga jelas, sy jelaskan... Semoga bermanfaat utk kita semua.

0
2.1K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.