Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
29
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5249226317cb17b115000005/hukum-menikah-tanpa-restu-orang-tua-help
Begini gan,. ane punya seorang calon istri,kita dah pacaran lebih dari 3tahun, tapi sama orang tua ane,. baik ibu or ayah ane g setuju ama calon istri ane,. alasan ortu ane g setuju katanya dia ga cocok buat ane,. dia agak jelek kata ortu ane dan orang tua calon istri ane g begitu mapan,. Walau ortu ane bilang cewek itu 10:1 ama cowok di dunia ini, yang cantik banyak, yang lebih baik mungkin banya
Lapor Hansip
30-09-2013 14:04

Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]

Begini gan,. ane punya seorang calon istri,kita dah pacaran lebih dari 3tahun, tapi sama orang tua ane,. baik ibu or ayah ane g setuju ama calon istri ane,. alasan ortu ane g setuju katanya dia ga cocok buat ane,. dia agak jelek kata ortu ane dan orang tua calon istri ane g begitu mapan,.

Walau ortu ane bilang cewek itu 10:1 ama cowok di dunia ini, yang cantik banyak, yang lebih baik mungkin banyak,. tapi ane dah cocok banget sama sifat dan sikapnya doi,. cewek emang banyak, tapi ga semua cewek bisa kayak cewek ane,. emoticon-Frown

ortu cewek ane setuju gan, tapi ortu ane g setuju,

Pertanyaan:

1. apa boleh kita nikah tanpa restu orang tua? apa hukumnya?
2. apa klo ane nikah tanpa restu orang tua ane bisa dibilang anak durhaka gan?

klo nomor 1 hukumnya ga boleh atau haram, dalilnya apa gan? dasar hukumnya? klo ente jadi ane apa yang akan ente lakukan? secara ane dah lama pacaran ama dia, dan dah cocok banget
trims, emoticon-Big Grin
Diubah oleh kogure100
0
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 14:09
1 Haram
2 Ya

sisany bwh ane yg jawab emoticon-Toast
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 14:11
Quote:Original Posted By kogure100
Begini gan,. ane punya seorang calon istri, tapi sama orang tua ane,. baik ibu or ayah ane g setuju ama calon istri ane,. alasan ortu ane g setuju katanya dia ga cocok buat ane,. dia agak jelek kata ortu ane dan orang tua calon istri ane g begitu mapan,.

Walau ortu ane bilang cewek itu 10:1 ama cowok di dunia ini, yang cantik banyak, yang lebih baik mungkin banyak,. tapi ane dah cocok banget sama sifat dan sikapnya doi,. cewek emang banyak, tapi ga semua cewek bisa kayak cewek ane,. emoticon-Frown

Pertanyaan:

1. apa boleh kita nikah tanpa restu orang tua? apa hukumnya?
2. apa klo ane nikah tanpa restu orang tua ane bisa dibilang anak durhaka gan?

trims, emoticon-Big Grin


1. bagi cowo restu bagaikan sebuah ijin, hukumanya penjara kalo ngambil barang orang lain tanpa ijin...emoticon-Hammer (S)

2. kalo ente melawan orang tua itu baru durhaka, pelajari dulu makna kata melawan dan tidak mengikuti kata orang tua....emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 14:15
1. Kalo dari pihak orang tua kamu (pria) tidak merestui tp dari pihak orang tua wanita merestui, nikahnya sendiri halal, karena halal-haram ditentukan oleh syarat2 nikah, serta rukun nikah itu sendiri
Tp masalah ke depan gimana,yg namanya kalo ortu gak merestui biasanya dalam hal apapun berjalan kurang mulus.

2. Mungkin
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 14:21
Quote:Original Posted By etra72
1 Haram
2 Ya

sisany bwh ane yg jawab emoticon-Toast

singkat jelas dan padat nie jawabannya,. klo haram apa dasar hukumnya ? ada dalilnya yang mengatakan klo itu haram gan?
Quote:Original Posted By bhethoro.kolo


1. bagi cowo restu bagaikan sebuah ijin, hukumanya penjara kalo ngambil barang orang lain tanpa ijin...emoticon-Hammer (S)

2. kalo ente melawan orang tua itu baru durhaka, pelajari dulu makna kata melawan dan tidak mengikuti kata orang tua....emoticon-Angkat Beer

ortu dia setuju, ortu ane yang g setuju, terus menurut ente apa yang harus ane lakukan?
Quote:Original Posted By d.lotus
1. Kalo dari pihak orang tua kamu (pria) tidak merestui tp dari pihak orang tua wanita merestui, nikahnya sendiri halal, karena halal-haram ditentukan oleh syarat2 nikah, serta rukun nikah itu sendiri
Tp masalah ke depan gimana,yg namanya kalo ortu gak merestui biasanya dalam hal apapun berjalan kurang mulus.

2. Mungkin


mungkin emoticon-Bingung (S)
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 14:26
1. Laki2 gak butuh restu karena di rukun nikah, yang butuh wali adalah wanita. Karena itu pernikahan tetap sah. Namun, agar mencegah percek cok an dikemudian hari lebih baik menikah dengan yg direstui ortu.
(gw orang sumatera, dan di adat laki2 gak butuh restu, kalo orang jawa, gak tau deh.)

2. Gak bisa dibilang seperti itu juga. Ortu seharusnya juga memahami agama. Jadi ortu yang baik seharusnya paham yang diperlukan oleh anaknya. Bukan yang diinginkan mereka. Dengan masalah kamu, saya gak melihat kalo ortu kamu memahami agama dengan baik.
Karena alasan penolakan sangat tidak etis, menilai wanita hanya dari kecantikan, dan kemapanan.

Wanita dilihat dari 4 hal, dan yang paling penting adalah agamanya (akhlaknya), jadi utamakan hal itu dari yang lainnya.

Kekayaan bisa dicari.. Kecantikan kelak akan pudar seiring waktu.

Cobalah belajar untuk mengambil hati ortumu. Ortu dasarnya ingin yang terbaik buat kamu. Jadi kalo kamu bisa tunjukkan kalo kamu semakin menjadi luar biasa sejak bersama wanita itu, gw rasa seiring waktu ortu akan luluh.
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 14:30
Quote:Original Posted By kogure100

ortu dia setuju, ortu ane yang g setuju, terus menurut ente apa yang harus ane lakukan?




Kalo ente emang yakin bahwa dia adalah wanita dambaan ente yang merupakan anugrah dari Tuhan yang diturunkan buat ente, lanjutkan rencana pernikahan....emoticon-Big Grin

Tapi mohon pertimbangkan keharmonisan hubungan antara mertua & menantu...gimana nantinya apabila suatu saat kumpul keluarga...emoticon-Big Grin ente juga harus pikirkan gimana mendamaikan mereka...emoticon-Big Grin

kalo ga mau ribet / ga yakin bahwa dia jodoh terbaik ente, ya tinggal aja..emoticon-Stick Out Tongue

pilihan ada ditanganmu wahai anakmuda....emoticon-Cool
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 14:38
Quote:Original Posted By bhethoro.kolo


Kalo ente emang yakin bahwa dia adalah wanita dambaan ente yang merupakan anugrah dari Tuhan yang diturunkan buat ente, lanjutkan rencana pernikahan....emoticon-Big Grin

Tapi mohon pertimbangkan keharmonisan hubungan antara mertua & menantu...gimana nantinya apabila suatu saat kumpul keluarga...emoticon-Big Grin ente juga harus pikirkan gimana mendamaikan mereka...emoticon-Big Grin

kalo ga mau ribet / ga yakin bahwa dia jodoh terbaik ente, ya tinggal aja..emoticon-Stick Out Tongue

pilihan ada ditanganmu wahai anakmuda....emoticon-Cool


Ini adalah pendapat paling mantab.. emoticon-Angkat Beer

"pilihan ada ditanganmu wahai anakmuda"

emoticon-Angkat Beer


Diubah oleh kaydoc
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 14:41
Dear TS,

Ane kasih haditsnya ya

Dari Aisyah berkata: Rasulullah bersabda: “Seorang wanita yang menikah tanpa izin walinya maka pernikahannya adalah batiil, batil, batil. Dan apabila mereka bersengketa maka pemerintah adalah wali bagi wanita yang tidak memiliki wali”.
■SHAHIH. Diriwayatkan Abu Dawud 2083, Tirmidzi 1102, Ibnu Majah 1879

Saran ane, perjuangkan terus, jangan menyerah.. Kamu ingin berbahagia? Maka kamu harus berjuang bro.

Good luck, semoga dapat restunya ya.
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 14:42
Quote:Original Posted By kaydoc
1. Laki2 gak butuh restu karena di rukun nikah, yang butuh wali adalah wanita. Karena itu pernikahan tetap sah. Namun, agar mencegah percek cok an dikemudian hari lebih baik menikah dengan yg direstui ortu.
(gw orang sumatera, dan di adat laki2 gak butuh restu, kalo orang jawa, gak tau deh.)

2. Gak bisa dibilang seperti itu juga. Ortu seharusnya juga memahami agama. Jadi ortu yang baik seharusnya paham yang diperlukan oleh anaknya. Bukan yang diinginkan mereka. Dengan masalah kamu, saya gak melihat kalo ortu kamu memahami agama dengan baik.
Karena alasan penolakan sangat tidak etis, menilai wanita hanya dari kecantikan, dan kemapanan.

Wanita dilihat dari 4 hal, dan yang paling penting adalah agamanya (akhlaknya), jadi utamakan hal itu dari yang lainnya.

Kekayaan bisa dicari.. Kecantikan kelak akan pudar seiring waktu.

Cobalah belajar untuk mengambil hati ortumu. Ortu dasarnya ingin yang terbaik buat kamu. Jadi kalo kamu bisa tunjukkan kalo kamu semakin menjadi luar biasa sejak bersama wanita itu, gw rasa seiring waktu ortu akan luluh.


jadi ane ga secara langsung disebut anak durhaka ya,. doakan aja bang,. ortu ane malah bilang kemarin, lu dah ngasih persekot ke cewek lu? ane bilang belum, klo dah kasih persekot mau g mau kita restuin, terus ane mikir,. masa harus dikasih persekot dulu biar bisa direstuin, tau kan bang apa itu persekot, hehe
Quote:Original Posted By bhethoro.kolo


Kalo ente emang yakin bahwa dia adalah wanita dambaan ente yang merupakan anugrah dari Tuhan yang diturunkan buat ente, lanjutkan rencana pernikahan....emoticon-Big Grin

Tapi mohon pertimbangkan keharmonisan hubungan antara mertua & menantu...gimana nantinya apabila suatu saat kumpul keluarga...emoticon-Big Grin ente juga harus pikirkan gimana mendamaikan mereka...emoticon-Big Grin

kalo ga mau ribet / ga yakin bahwa dia jodoh terbaik ente, ya tinggal aja..emoticon-Stick Out Tongue

pilihan ada ditanganmu wahai anakmuda....emoticon-Cool


hadeh, ane termasuk cowok yang males cari pacar bang, atau bisa dikata klo itu cukup ya itu terus, kecuali ceweknya yang bikin masalah baru ane tinggalin,.
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 14:43
Yg butuh wali pihak cewek. Tanpa persetujuan ortu pihak cowok benernya sah-sah aja.
Cuma cewek lu harus siap-siap tekanan batin andai keluarga lu tambah benci ama doi emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 14:46
Quote:Original Posted By kogure100


jadi ane ga secara langsung disebut anak durhaka ya,. doakan aja bang,. ortu ane malah bilang kemarin, lu dah ngasih persekot ke cewek lu? ane bilang belum, klo dah kasih persekot mau g mau kita restuin, terus ane mikir,. masa harus dikasih persekot dulu biar bisa direstuin, tau kan bang apa itu persekot, hehe


hadeh, ane termasuk cowok yang males cari pacar bang, atau bisa dikata klo itu cukup ya itu terus, kecuali ceweknya yang bikin masalah baru ane tinggalin,.


nah kalo gitu lanjutkan gan,....

tapi sebelumnya siap-siap aja apabila suatu saat nanti keluarga kecil ente dikucilkan sama saudara / keluarga besar ente sendiri...kecuali ente bisa merubah sudut pandang mereka terhadap calon bini / bini ente nantinya...emoticon-Big Grin
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 14:56
A. Syarat-Syarat Sah Perkimpoian/Pernikahan

1. Mempelai Laki-Laki / Pria
- Agama Islam
- Tidak dalam paksaan
- Pria / laki-laki normal
- Tidak punya empat atau lebih istri
- Tidak dalam ibadah ihram haji atau umroh
- Bukan mahram calon istri
- Yakin bahwa calon istri halal untuk dinikahi
- Cakap hukum dan layak berumah tangga
- Tidak ada halangan perkimpoian

2. Mempelai Perempuan / Wanita
- Beragama Islam
- Wanita / perempuan normal (bukan bencong/lesbian)
- Bukan mahram calon suami
- Mengizinkan wali untuk menikahkannya
- Tidak dalam masa iddah
- Tidak sedang bersuami
- Belum pernah li’an
- Tidak dalam ibadah ihram haji atau umrah

3. Syarat Wali Mempelai Perempuan
- Pria beragama islam
- Tidak ada halangan atas perwaliannya
- Punya hak atas perwaliannya

4. Syarat Bebas Halangan Perkimpoian Bagi Kedua Mempelai
- Tidak ada hubungan darah terdekat (nasab)
- Tidak ada hubungan persusuan (radla’ah)
- Tidak ada hubungan persemendaan (mushaharah)
- Tidak Li’an
- Si pria punya istri kurang dari 4 orang dan dapat izin istrinya
- Tidak dalam ihram haji atau umrah
- Tidak berbeda agama
- Tidak talak ba’in kubra
- Tidak permaduan
- Si wanita tidak dalam masa iddah
- Si wanita tidak punya suami

5. Syarat-Syarat Syah Bagi Saksi Pernikahan/Perkimpoian
- Pria / Laki-Laki
- Berjumlah dua orang
- Sudah dewasa / baligh
- Mengerti maksud dari akad nikah
- Hadir langsung pada acara akad nikah

6. Syarat-Syarat/Persyaratan Akad Nikah Yang Syah :
- Ada ijab (penyerahan wali)
- Ada qabul (penerimaan calon suami)
- Ijab memakai kata nikah atau sinonim yang setara.
- Ijab dan kabul jelas, saling berkaitan, satu majelis, tidak dalam ihrom haji/umroh.

B. Rukun-Rukun Pernikahan/Perkimpoian Sah
- Ada calon mempelai pengantin pria dan wanita
- Ada wali pengantin perempuan
- Ada dua orang saksi pria dewasa
- Ada ijab (penyerahan wali pengantin wanita) dan ada qabul (penerimaan dari pengantin pria)

C. Pantangan / Larangan-Larangan Dalam Pernikahan/Perkimpoian
- Ada hubungan mahram antara calon mempelai pria dan wanita
- Rukun nikah tidak terpenuhi
- Ada yang murtad keluar dari agama islam

D. Menurut Undang-Undang Perkimpoian
- Perkimpoian/pernikahan didasari persetujuan kedua calon mempelai
- Bagi calon yang berusia di bawah 21 tahun harus punya izin orang tua atau wali yang masih ada hubungan darah dalam garis keturunan lurus atau melalui putusan pengadilan
- Umur atau usia minimal untuk menikah untuk pria/laki-laki berusia 19 tahun dan untuk wanita/perempuan berumur paling tidak 16 tahun.

------

tapi ada satu hal yang jauh lebih penting lagi dari itu semua, yaitu : PERAWAN

lol emoticon-Ngakak
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 14:57
Quote:Original Posted By Tapiero
Dear TS,

Ane kasih haditsnya ya

Dari Aisyah berkata: Rasulullah bersabda: “Seorang wanita yang menikah tanpa izin walinya maka pernikahannya adalah batiil, batil, batil. Dan apabila mereka bersengketa maka pemerintah adalah wali bagi wanita yang tidak memiliki wali”.
■SHAHIH. Diriwayatkan Abu Dawud 2083, Tirmidzi 1102, Ibnu Majah 1879

Saran ane, perjuangkan terus, jangan menyerah.. Kamu ingin berbahagia? Maka kamu harus berjuang bro.

Good luck, semoga dapat restunya ya.


itu hadits berlaku buat wali dari wanita,. ini ortu ane dari pihak cowok, bukan dari pihak cewek,. dari ortu ane yg g setuju,. emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 15:07
lebih baik harus dapet restu dari ortu
jgn cari pembenaran atas apa yg kamu lakukan
meskipun itu benar emoticon-Malu (S)
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 15:09
Pihak laki2 kayaknya gpp pake wali, misal paman.
durhaka atau enggaknya gak tahu.
Yang penting bisa membawa diri
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 15:11
Quote:Original Posted By tristan97
Yg butuh wali pihak cewek. Tanpa persetujuan ortu pihak cowok benernya sah-sah aja.
Cuma cewek lu harus siap-siap tekanan batin andai keluarga lu tambah benci ama doi emoticon-Hammer (S)

semoga aja tidak gan, amin
Quote:Original Posted By bhethoro.kolo


nah kalo gitu lanjutkan gan,....

tapi sebelumnya siap-siap aja apabila suatu saat nanti keluarga kecil ente dikucilkan sama saudara / keluarga besar ente sendiri...kecuali ente bisa merubah sudut pandang mereka terhadap calon bini / bini ente nantinya...emoticon-Big Grin

semoga aja bisa ane rubah pandangan ortu ane ke calon bini ane,
Quote:Original Posted By Pasha.Ungu
A. Syarat-Syarat Sah Perkimpoian/Pernikahan

1. Mempelai Laki-Laki / Pria
- Agama Islam
- Tidak dalam paksaan
- Pria / laki-laki normal
- Tidak punya empat atau lebih istri
- Tidak dalam ibadah ihram haji atau umroh
- Bukan mahram calon istri
- Yakin bahwa calon istri halal untuk dinikahi
- Cakap hukum dan layak berumah tangga
- Tidak ada halangan perkimpoian

2. Mempelai Perempuan / Wanita
- Beragama Islam
- Wanita / perempuan normal (bukan bencong/lesbian)
- Bukan mahram calon suami
- Mengizinkan wali untuk menikahkannya
- Tidak dalam masa iddah
- Tidak sedang bersuami
- Belum pernah li’an
- Tidak dalam ibadah ihram haji atau umrah

3. Syarat Wali Mempelai Perempuan
- Pria beragama islam
- Tidak ada halangan atas perwaliannya
- Punya hak atas perwaliannya

4. Syarat Bebas Halangan Perkimpoian Bagi Kedua Mempelai
- Tidak ada hubungan darah terdekat (nasab)
- Tidak ada hubungan persusuan (radla’ah)
- Tidak ada hubungan persemendaan (mushaharah)
- Tidak Li’an
- Si pria punya istri kurang dari 4 orang dan dapat izin istrinya
- Tidak dalam ihram haji atau umrah
- Tidak berbeda agama
- Tidak talak ba’in kubra
- Tidak permaduan
- Si wanita tidak dalam masa iddah
- Si wanita tidak punya suami

5. Syarat-Syarat Syah Bagi Saksi Pernikahan/Perkimpoian
- Pria / Laki-Laki
- Berjumlah dua orang
- Sudah dewasa / baligh
- Mengerti maksud dari akad nikah
- Hadir langsung pada acara akad nikah

6. Syarat-Syarat/Persyaratan Akad Nikah Yang Syah :
- Ada ijab (penyerahan wali)
- Ada qabul (penerimaan calon suami)
- Ijab memakai kata nikah atau sinonim yang setara.
- Ijab dan kabul jelas, saling berkaitan, satu majelis, tidak dalam ihrom haji/umroh.

B. Rukun-Rukun Pernikahan/Perkimpoian Sah
- Ada calon mempelai pengantin pria dan wanita
- Ada wali pengantin perempuan
- Ada dua orang saksi pria dewasa
- Ada ijab (penyerahan wali pengantin wanita) dan ada qabul (penerimaan dari pengantin pria)

C. Pantangan / Larangan-Larangan Dalam Pernikahan/Perkimpoian
- Ada hubungan mahram antara calon mempelai pria dan wanita
- Rukun nikah tidak terpenuhi
- Ada yang murtad keluar dari agama islam

D. Menurut Undang-Undang Perkimpoian
- Perkimpoian/pernikahan didasari persetujuan kedua calon mempelai
- Bagi calon yang berusia di bawah 21 tahun harus punya izin orang tua atau wali yang masih ada hubungan darah dalam garis keturunan lurus atau melalui putusan pengadilan
- Umur atau usia minimal untuk menikah untuk pria/laki-laki berusia 19 tahun dan untuk wanita/perempuan berumur paling tidak 16 tahun.

------

tapi ada satu hal yang jauh lebih penting lagi dari itu semua, yaitu : PERAWAN

lol emoticon-Ngakak


insya Allah dia masih perawan,. anak pesantren dia,. klo pasha ungu mungkin harus cari yang perawan,. hehe
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 15:13
Quote:Original Posted By mauri_rooney
lebih baik harus dapet restu dari ortu
jgn cari pembenaran atas apa yg kamu lakukan
meskipun itu benar emoticon-Malu (S)

ya emang baiknya seperti itu, tapi susah ortu ane,.kayaknya hati mereka melebihi baja, jadi air pun tak bisa melubanginya
Quote:Original Posted By Pangoentji
Pihak laki2 kayaknya gpp pake wali, misal paman.
durhaka atau enggaknya gak tahu.
Yang penting bisa membawa diri

insya Allah bisa,.
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 15:24
Quote:Original Posted By kogure100

semoga aja tidak gan, amin

semoga aja bisa ane rubah pandangan ortu ane ke calon bini ane,


insya Allah dia masih perawan,. anak pesantren dia,. klo pasha ungu mungkin harus cari yang perawan,. hehe


Mudah mudahan diberikan petunjuk oleh-Nya dan diberikan jalan terbaik,...emoticon-Big Grin

kalo pasha yang ini, panti pijit juga doyan gan....emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 15:25
Quote:Original Posted By bhethoro.kolo


Mudah mudahan diberikan petunjuk oleh-Nya dan diberikan jalan terbaik,...emoticon-Big Grin

kalo pasha yang ini, panti pijit juga doyan gan....emoticon-Ngakak (S)


lol.. emoticon-Ngakak

abis bulan nih bro emoticon-Genit

mijit yuk emoticon-Wowcantik
0 0
0
Hukum Menikah tanpa restu orang tua [Help]
30-09-2013 15:31
Quote:Original Posted By Pasha.Ungu


lol.. emoticon-Ngakak

abis bulan nih bro emoticon-Genit

mijit yuk emoticon-Wowcantik


puasa dulu bro.....emoticon-Ngakak (S)
tagihan kk lagi bengkak..emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
a-road-to-be-me
Stories from the Heart
diary-wanita-lajang-perkotaan
Stories from the Heart
you-stole-my-heart-true-story
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
cara-sederhana-untuk-bahagia
Stories from the Heart
cerita-horor---penunggu-kampus
B-Log Collections
Heart to Heart
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia