Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
5615
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5225bb7dbccb17611a00000a/sugar-gliderlanjut---part-3
CAUTION!!! WELCOME HOME SG MANIA WARNING : Forum SG Mania tidak bertanggung jawab apabila ada yang menggunakan nama SG Mania pada dagangannya baik di FJB kaskus ataupun diluar kaskus. Beberapa konten pada page 1 ada yang sudah tidak relevan, karena tulisan tersebut dibuat dengan keterbatasan info saat itu. Nama Latin: Petaurus Breviceps Asal lokasi : Indonesia, Australia, Papua. Badan:12.7cm Ekor:
Lapor Hansip
03-09-2013 17:35

Forum SG Mania Kaskus

CAUTION!!!
WELCOME HOME SG MANIA

SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3


WARNING :
  • Forum SG Mania tidak bertanggung jawab apabila ada yang menggunakan nama SG Mania pada dagangannya baik di FJB kaskus ataupun diluar kaskus.
  • Beberapa konten pada page 1 ada yang sudah tidak relevan, karena tulisan tersebut dibuat dengan keterbatasan info saat itu.


Sugar Glider


Makanan untuk Sugar Glider
makanan bayi (bubur susu), madu, yogurt, sayuran / buah-buahan seperti apel, wortel, ubi, pisang dll
boleh telur rebus, keju, dog/cat food

SG butuh makanan yg high protein, high kalsium, low phospor, low fat, etc

karena SG itu termasuk pemilih dalam hal makanan (un-balanced diet), harap bersabar dalam menyusun menu...sebab bisa saja hari ini dia doyan apel..tapi belum tentu besok dia doyan, juga berbeda setiap binatangnya


Jenis-jenis Warna Sugar Glider
Untuk di Indonesia, jenis warna Sugar Glider hanya terdiri dari Abu-abu (Black beuty/Grey),Cinnamons, dan Lions.
Jenis warna Sugar Glider



Prilaku Sugar Glider
Untuk pemula lebih baik beli dari breeder.karena lebih gampang dijinakkan dan lebih cepat untuk bonding.bila anda punya jiwa petualangan boleh2 coba menjinakkan SG liar.
SG termasuk binatang nocturnal.artinya aktif dimalam hari, jadi kalau anda mau menjinakkan SG.disarankan mengajak main disiang hari.tapi ingat SG tidak bisa melihat langsung ke sinar matahari,bisa terancam buta.
agar SG jinak, kita harus sering 'bermain' dengan mereka. proses ini disebut bonding yaitu proses pengenalan SG kepada pemiliknya. proses bonding bisa bermacam-2, seperti sering mengajak SG bermain dengan kita, proses handfeed (memberikan makanan kepada SG langsung dengan tangan kita), meletakkan baju kedalam kandang (yang berguna agar SG mengenali bau tubuh kita).

Apabila SG merasa terganggu atau terancam..dia akan mengeluarkan bunyi seperti mendengung..jangan dipaksa..
disarankan untuk menghabiskan waktu minimum 2 jam/hari..dan siap2 tangan anda bocel2 atau gores2 sewaktu SG mencoba menjelajah anda.

para pemilik sg disini rata-2 memberikan 'anak-2' nya dengan bubur beras merah untuk bayi kepada SG dengan dicampur racikan yang dibuat oleh sis julylie yang kadang-2 juga dicampur dengan madu atau yoghurt. SG juga membutuhkan minuman. Air bersih harus disediakan sepanjang hari, (disarankan air mineral/yang telah melalui proses penyulingan) atau juice buah, dan bisa diletakkan di dalam tempat minum untuk hamster (disarankan juga yang ada bola nya agar air tidak mengotori kandang)atau bisa diletakkan dalam wadah kecil yang berat sehingga tidak mudah tumpah pada saat sugar glider bermain2. selain itu makanan yang diberikan bisa berupa buah2an dan serangga. Sugar glider setiap hari membutuhkan protein dalam jumlah yang cukup besar (mencapai 40%). Oleh karena itu jika memberikan buah2an bisa diberi tambahan berupa serangga (jangkrik, belalang) dan ulat untuk memenuhi kebutuhan proteiinnya. Jenis makanan yang diberikan sebaiknya bervariasi. Misalnya di lakukan rotasi setiap 3 hari, yaitu buah2 dengan serangga, sayur dengan ulat, dan jangkrik. Jenis2 ini selalu diberikan secara bergilir untuk memenuhi kebutuhannya. Jika mendapatkan diet yang benar sugar glider akan hidup dengan sehat .

sebelum membeli sugar glider, harus dipertimbangkan akan membelinya berupa apa ? maksudnya adalah apakah akan membeli liar(wild captive/wc) atau yang sudah diternakkan (captive breed/cb). sugar glider wc dapat ditemui di pasar-2 burung atau di pet shop di kota anda ataupun juga di forum fjb kaskus.
perbedaan yang mendasar dari wc dan cb adalah jinak/liarnya serta kondisinya, karena didapat dari liar, maka sg wc cenderung akan susah untuk menjinakkannya dan kondisinya kadang tidak terurus karena sang penjual hanya mempertimbangkan keuntungan saja tanpa peduli kondisi mereka.


kandang



Mainan Sg
Diubah oleh Arsata
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tata604 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 281
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 17:35

Autolock Thread by Hansip

Thread ini adalah thread lanjutan dari http://www.kaskus.co.id/thread/00000...00000010662143 yang sudah melebihi batas reply.

Terima kasih.
0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 17:35

Lanjutan

Perbedaan

SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
Perbedaan antara jantan dan betina
- Pada jantan terdapat scrotum diluar tubuh yang disebut 'ball'. Pada betina terdapat pouch yang berfungsi untuk membesarkan anak(joey) yang baru saja lahir.
- Pada jantan terdapat celah kelenjar bau dileher yang berfungsi untuk menandakan wilayah teritorinya selain air seni.



SG bisa mengeluarkan beberapa macam suara.setiap suara memiliki arti sndiri2
ada banyak suara yang di keluarin:

1. Barking

Belum ada yang tau pasti kenapa SG ngeluarin suara ini... tapi bisa coba dipahami dengan melihat keadaan sekitar, seperti suara bising, udara, dsb... ada beberapa kasus yang mengartikan suara ini adalah panggilan untuk pasangan, ato bahkan untuk mencari perhatian majikannya...
ada juga yang mengartikan kalo suara ini dikeluarin oleh Glider dominan di kelompoknya, sebagai tanda peringatan bahaya...


2.Purr
bunyinya seperti dengkuran kucing... dan ini jarang bisa didengar karena sangat pelan sekali... biasanya karena dia merasa nyaman (khusus untuk glider yang udah bonding ma majikannya)
***menurut video yg paling bawah (dan pengalaman+pengamatan pribadi) purring bis didengar ketika Sg menyukai makanan tertentu,tapi suaranya tidak terlalu kencang
3.Crab

ini adalah bunyi defensive.. satu2nya pertahanan glider ketika dia merasa terancam...

****menurut pengalaman pribadi n ajaran yg ane terima lgsung dari breeder,ada baiknya crab ini diacuhkan saja.tujannya agar SG tersebut bisa kita dekati (menyentuh) untuk mempermudah proses bonding SG tersebut.
setelah Sg tersebut berhasil kita sentuh/pegang, usap/belai2 Sg tersebut (Sg sangat suka dibelai terutama dibagian leher).setelah itu berikan makan dgn cara disuapkan dgn jari. dgn cara seperti ini,SG tersebut mulai belajar mengenal majikan baru nya.
CAUTION:
Sg merupakan mamalia yg cerdas, usahakan agan2 sekalian jgn takut ketika Sg ny crabing.apabila agan takut (menarik tangan ketika ingin menyentuh) Sg tersebut akan belajar klo dgn cara seperti itu agan akan takut dan SG tersebut akan semakin sering melakukan hal itu.

4.Hissing
bunyinya mirip desisan ular... hal ini dikarenakan bermacam2 kondisi.. ada yang bilang ini karena dia susah buang air besar..
kalo bunyinya agak panjang, ini menunjukkan bahwa dia sedang tidak menyukai sesuatu...

5.Chattering
bunyinya seperti tupai, biasanya didengar tiap pagi... ada yang menyebutnya sebagai ucapan "selamat pagi" hehehe

6.Crying

bunyi ini biasanya dikeluarkan joey (baby glider) ato SG yang baru menempati kandang baru... seperti menangisi keluarganya/ibunya

7.Singing

ibu SG biasanya mengeluarkan bunyi seperti nyanyian untuk bayi2nya ketika masih di kantung...

8.Fighting/Mating

ini video pribadi ane,dimana bisa didengar suara mating plus fighting soalnya kimpoi nya secara paksa emoticon-Hammer2
*mating: bunyi ini dikeluarkan ketika SG sedang kimpoi... ini semacam bunyi ritual, dan berlangsung agak lama... kadang2 orang menganggap ini sebuah perkelahian.. tapi, tinggal menunggu waktu saja.... setelah mendengar suara ini, tunggu 16 hari, dan agan akan punya bayi glider di dalam kantung ibunya..
*fighting: bunyinya mirip ketika kimpoi, tapi perhatikan lagi lebih dekat, karena jika tidak berlangsung terlalu lama, bisa jadi ini adalah sebuah pertengkaran.. kemungkinan akan berakhir pada kematian salah satu glider
0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 17:35

Dokumentasi Gathering

ini dokumentasi dari gath kita

first gath: Selasa 7 Desember 2010 @Ring Master, Gajah Mada Plaza
1st gath



Second gath: Sabtu, 5 Maret 2011 @Ring Master, Gajah Mada Plaza
2nd gath


Third gath: Minggu, 3 April 2011 @rumahnya om henry
3rd gath
0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 17:35

Jenis makanan yang bisa diberikan dan tidak boleh diberikan

Berikut ini ada beberapa makanan atau selingan yang boleh diberikan kepada Sugar Glider :

Buah-buahan

* Apple (Dengan atau Tanpa kulit)
* aprikot
* pisang
* blackberry
* bluberi
* belewah
* Ceri (Manis)
* kelapa
* cranberry
* ara
* anggur (lihat pembahasan tentang kontroversi anggur )
* madu
* nangka
* Kiwi
* jeruk (tidak memberi makan setiap hari)
* mangga
* melon
* pepaya
* Markisa
* persik
* pir
* nanas
* raspberi
* stroberi
* jeruk keprok
* semangka

Sayur-sayuran

* asparagus
* rebung
* Brokoli
* Kubis (Hijau & Merah)
* wortel
* kol bunga
* seledri
* Jagung (yang berwarna kuning) (jangan diberi makan setiap hari)
* Mentimun (Dengan atau Tanpa kulit)
* dandelion Hijau
* Kacang Hijau
* jamur (hati-hati dengan jamur yang beracun)
* Peterseli (tidak memberi makan setiap hari)
* lobak
* Kacang polong (warna hijau) (tidak memberi makan setiap hari)
* labu kuning
* lobak
* Bayam (tidak memberi makan setiap hari)
* ubi jalar
* Tomat (Hijau & Merah)
* Lobak Hijau (tidak memberi makan setiap hari)
* selada air
* ubi

Jenis makanan lain yang SG suka

* ayam (pastikan tanpa tulang dan dimasak) direbus dengan air.
* Telur (orak arik dan yg telah direbus)
* Serangga (yang telah diternakkan, jangan mengambil dr alam liar) jangkrik, mealworm, belalang
* Yogurt (jangan diberi makan setiap hari)

Makanan yang berbahaya - Makanan untuk dihindari

* Makanan bayi (yang mengandung bawang atau bawang putih untuk bumbu )
* kafein (kopi, teh, soda, coklat dll)
* makanan kaleng atau daging (mengandung sebagian yang biasanya ditambahkan garam dan gula)
* buah di dalam makanan kaleng (mengandung sebagian yang biasanya ditambahkan garam dan gula)
* keju (bisa menyebabkan penyumbatan usus yang mengarah ke sembelit)
* coklat (Hal ini menyebabkan reaksi kimia beracun di banyak hewan)
* makanan anjing dan kucing. (lihat pebahasannya di post yang tersedia)
* lemak (semua makanan yang mengandung lemak tinggi atau ditambahkan dengan lemak)
* makanan yang digoreng
* bawang putih
* serangga yang liar tertangkap
* millet (atau biji yang sangat kecil lainnya)
* kacang
* bawang
* biji dari buah
* daging olahan
* zat kapur (Gunakan kalsium yang tidak mengandung fosfor)
* telur mentah.
* daging mentah (kecuali serangga hidup)
* garam (makanan yang telah ditambahkan dengan garam)
* gula (gula halus)
* makanan dengan tambahan gula

sumber : disarikan dari berbagai sumber



Seperti biasa saya mohon maaf apabila ada keterangan yang salah.

Karena tulisan ini di ambil dari berbagai situs luar negeri

ditambahkan

Sugar Glider cenderung untuk memakan apa saja disekitarnya yang dia temui. Karena mereka kita pelihara dalam arti kita menyediakan makanan dan minuman untuk mereka. Tentu saja kesehatan mereka kita yang tentukan. Apabila kita memberikan makanan yang bergizi dan bermutu akan mengakibatkan mereka sehat dan sebaliknya apabila kita memberikan makanan yang tidak sehat akan mengakibatkan SG sakit bahkan mengalami kematian. Namun makanan yang seimbang juga sangat dibutuhkan. Kita tidak ingin SG kita mengalami obesitas atau kegemukan bukan???

Saran terbaik yang bisa saya berikan adalah, Jika ingin memberikan suatu makanan bagi SG. Apabila anda merasa itu adalah baik, BERIKAN SAJA !!!. Tapi JIKA ADA KERAGUAN... JANGAN BERIKAN !!!

Sekali lagi harap di ingat. Kita yang menentukan yang terbaik untuk SG kita. Apa yang kita berikan dan apa yang mereka makan, akan menentukan kesehatan mereka.

Berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang tidak boleh dimakan oleh Sugar Glider :

* Jangan memberikan biji-2 an seperti biji kacang, biji2an dari buah dll. ini adalah berbahaya dan dapat menyebabkan penyumbatan usus.

* Jangan pernah memberikan SG anda telur mentah atau daging. Jika ingin memberikan telur sebaiknya di rebus dahulu.

* Coklat, kopi, teh dan soda sangat beracun untuk Sugar Glider, seperti dilarang untuk hewan peliharaan yang lain.

* Hindari bawang dan makanan yang mengandung bubuk bawang, hal ini diyakini menjadi racun bagi SG serta hampir semua hewan-hewan kecil lainnya. Periksa daftar bahan makanan bayi yang diberikan untuk SG, karena beberapa dari mereka mengandung bubuk bawang. Bawang diketahui menyebabkan masalah kesehatan, yang dikenal sebagai Heinz-body hemolytic anemia, pada hewan. Bawang mengandung disulfida dipropyl, yang dapat menghancurkan sel-sel darah merah.

* Hindari memberikan meski hanya sedikit, makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi seperti kacang.


* Jangan memberikan serangga yang telah tertangkap di luar rumah, mereka mungkin telah kontak dengan pupuk atau insektisida. Belum lagi apabila serangga itu memakan atau mengandung parasit yang ada di luar rumah.

* Jangan memberikan SG anda junk food, seperti keripik, permen dll. Karena mengandung bahan pengawet dan zat kimia yang berbahaya.

* Hindari makanan-makanan kaleng, karena mengandung terlalu banyak gula, garam, dan pengawet.
* Hindari memberikan SG anda dahan atau cabang-cabang pohon yang berbahaya dan beracun.

Beberapa kontroversi yang terjadi di luar negeri tentang makanan yang dilarang untuk Sugar Glider

* Anggur dan Kismis

Beberapa pihak percaya bahwa memberikan anggur dan kismis sangat berbahaya untuk SG, karena dapat mengakibatkan gagal ginjal.

Referensi bisa di baca di link berikut ini http://www.sugar-gliders.com/glidervet-53.htm

* Cat food dan Dog Food

Pemberian Cat food dan Dog food untuk SG telah lama menjadi perdebatan yang menarik. Beberapa pihak percaya bahwa di dalam makanan kucing dan anjing yang berkualitas tinggi ini terdapat protein yang tinggi. Namun ada juga yang percaya termasuk saya, bahwa Cat food dan Dog food tidak boleh diberikan untuk SG.

Untuk alasan apapun, menurut saya Cat food dan Dog food janganlah terlalu sering diberikan untuk SG. Banyak masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh pemberian ini, seperti penyumbatan usus, sindrom rahang kental (lumpy jaw syndrome- saya kurang mengerti arti dari kata tersebut), dan bahkan kematian dari keseimbangan gizi yang tidak tepat.

Pendapat saya pribadi tentang kontroversi ini adalah : tidak akan memberikan makanan tersebut untuk SG kesayangan saya. Selagi perdebatan itu masih berlangsung tentang benar atau tidaknya. Saya ingin memberikan makanan yang terbaik dan aman untuk SG saya.

Ini hanya beberapa daftar makanan yang tidak boleh diberikan untuk Sugar Glider. Sebenarnya banyak lagi makanan yang tidak boleh diberikan untuk SG. Jika Anda tidak yakin apakah aman atau tidak makanan itu, pemikiran yang baik adalah JANGAN DIBERIKAN JIKA TIDAK YAKIN.

Maaf sekali lagi apabila tulisan ini banyak kesalahan.

Hasil penulisan ini adalah dari berbagai macam sumber di situs luar negeri.

Sumber referensi :

http://www.sweet-sugar-gliders.com/u...r-gliders.html
0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 17:35

Agar Sugar Glider anda Bonding

Padahal menurut saya proses bonding sunguh mudah dan benar-benar mengasyikkan

Seperti kita ketahui bahwa SG adalah makhluk sosial.
Dari situ bisa kita cari cara agar SG kita bonding.
Proses bonding untuk SG sebenarnya sama, baik itu dari joey ataupun yang telah dewasa atau biasanya di dapat dari tangkapan liar dari pedagang hewan ataupun yang lain.

Tidak perlu seorang ahli atau yang telah berpengalaman ratusan tahun untuk bisa menjinakkan SG.

Banyak yang berkata, “TUNJUKKAN SIAPA YANG BOSS KEPADA SG ANDA.”

Hal ini akan sangat saya bantah !!!

Bukanlah pilihan yang harus dipilih oleh SG untuk menjadi jongos anda (bila konotasi majikan itu digunakan)

Jika sugesti tentang boss atau majikan masih ditanamkan ke diri anda, tidak akan mudah nantinya proses ini.

Lantas bagaimana cara agar SG itu bonding ???

Sugar glider memerlukan latihan dan pengenalan agar mereka bisa jinak kepada kita. Hal ini berlaku bagi semua umur SG, baik Joey ataupun yang telah dewasa. Juga berlaku bagi SG yang oleh owner sebelumnya juga jinak.

Yang termudah untuk menjinakkan atau proses bonding adalah tentu saja dari joey. Apabila anda mendapatkan Sugar glider yang remaja akan sangat sulit dan paling sulit lagi adalah yang dewasa yang didapat fresh dari tangkapan liar, tapi semua itu bukanlah tidak mungkin untuk Sugar glider anda.

Cara ataupun proses ini tentu saja bisa berbeda untuk tiap SG. Tetapi secara garis besar sama. Ketika anda mendapatkan SG untuk pertama kali. Sangatlah penting bagi SG untuk membiarkan mereka 1 atau 2 hari di dalam kandang tanpa diganggu ketika pertama kali SG tersebut sampai ketempat anda, hal ini berlaku bagi SG umur berapa saja dari joey atau bahkan telah dewasa. Proses ini akan memudahkan SG untuk mengenal lingkungan barunya. Tentu saja jangan lupa menyediakan makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh mereka didalam kandang

Khusus untuk SG yang telah remaja atau dewasa, penting sekali menanyakan makanan yang biasa diberikan kepada mereka di tempat lamanya. Bagi yang membeli di pasar hewan biasanya hanya diberikan buah-buahan saja. Untuk yang membeli di pasar hewan, sediakan buah-buahan yang biasa mereka makan tapi dengan porsi yang kecil diselingi makanan yang baru yang nantinya ingin kita berikan.

Setelah beberapa hari terlewati, selanjutnya bisa kita biasakan dengan diri kita. Akan sering ditemui bahwa SG akan selalu berada di dalam pouch yang kita sediakan. Hal ini adalah wajar, karena selain mereka binatang nocturnal, hal ini juga membuat mereka merasa nyaman dan aman di dalam pouch. Tapi apabila kita biarkan mereka selalu di dalam pouch, kapan kita bisa memulai proses bondingnya???

Hal pertama yang dilakukan adalah memancing mereka keluar dari dalam pouch mereka. Cara ini bisa dilakukan dengan mengoleskan jari kita dengan makanan dan disodorkan pelan-pelan ke wajah mereka. Jangan heran atau kaget terlebih lagi takut dengan crabbing mereka. Harap di ingat !!! Kita ingin agar SG kita mengenali kita dan lantas nanti jinak bukan??? Sugar Glider dapat merasakan dan bahkan menghapal dalam memori mereka apabila kita takut kepada mereka.Suara crabbing itu adalah normal. Karena sistem pertahanan mereka di alam liar terhadap musuh, pertama kali adalah crabbing untuk mengelabui musuh dengan suara yang terdengar seperti menakutkan untuk menutupi kelemahan dari tubuh mereka yang kecil. Sistem defensif berikutnya adalah mengigit. Tapi apabila kita telah mengoleskan makanan di ujung jari kita, mereka bahkan nantinya akan lebih menjilati ujung jari kita daripada menggigitnya. Lakukan proses ini selama beberapa hari kedepan.

Proses selanjutnya adalah mencoba menjamah atau mengelus mereka meski hanya didalam kandang. Hal ini sebagai cara untuk mengenalkan SG bahwa kita menyayangi mereka. Sebaiknya hal ini dilakukan dengan menyingkirkan terlebih dahulu pouch yang ada di kandang, gunanya agar ketika kita berusaha memegang mereka, mereka tidak masuk kedalam pouch. Coba juga dengan masih mengoleskan sedikit makanan mereka di ujung jari kita. Lakukan dengan lembut dan jangan membuat gerakan yang tiba-tiba untuk menghindari mereka kaget dan akan menyebabkan mereka takut kepada kita. Setelah itu coba lakukan di luar kandang. Sebaiknya lakukan di ruangan yang tertutup dengan memastikan lubang-lubang yang bisa membuat mereka kabur telah ditutup.

Hindari memegang mereka dengan meraihnya dengan cara memegang ekor mereka. Dikhawatirkan ekor mereka bisa putus nantinya. Apabila SG menggigit. JANGAN MELEPASKAN MEREKA !!! Hal ini malah akan mengajarkan kepada mereka untuk semakin berani kepada kita. Harap di ingat. Kita ingin menunjukkan kepada mereka bahwa kita ingin menjadi sahabat mereka. Bila ingin melatih SG agar berhenti untuk menggigit kita. Kita dapat menjejalkan jempol kita ke mulut mereka tetapi dengan posisi jempol dibalik. Karena gigi yang tajam adalah gigi bawah mereka, jadi letakkan jempol kita di mulut mereka dengan kuku menghadap ke gigi bawah mereka. Tahan selama 5 menit dan lakukan hal ini sesering mungkin sampai mereka bosan.

Selanjutnya agar mereka tenang. Kita bisa melakukan cara dengan meng kekep kedua tangan kita ke mereka. Hal ini agar nantinya mereka tidak kabur, dan membuat mereka nyaman karena gelap, juga membiasakan mereka dengan bau tangan kita. Setelah mereka tenang, coba lagi dengan mengajak mereka keluar dr tangan tersebut. lakukan hal ini secara berkala, agar mereka terbiasa dengan kita. Usahakan selalu bisa kita pegang dan mainkan jangan sampai terlepas. Karena kita menginginkan SG yang jinak bahkan bonded kepada kita kan???. Dimana nantinya SG tersebut akan selalu ada di dekat kita.

Proses selanjutnya dimana proses ini bisa saya sebut dengan proses setengah bonded, karena SG telah bisa kita handle sedikit dengan bisa kita kendalikan apabila dia kabur. Dengan cara meletakkan mereka didalam kantung baju atau pouch yang bisa kita gantung di dada kita. Bila memakai baju yang ada kantongnya, disarankan yang mempunyai kancing yang tertutup, jangan khawatir dari mana mereka akan mendapatkan udara. Asalkan kantong baju itu tidak ber ritsleting dan ritsleting itu tidak tertutup secara utuh, mereka masih dapat udara kok. Yang perlu di khawatirkan malah mereka akan kabur bila kita meletakkan dalam kantong baju untuk SG yang telah remaja atau dewasa dan kita dapatkan dalam kondisi masih liar. Meletakkan SG di kantong baju disarankan untuk joey saja. Lakukan hal ini di siang hari disaat mereka sedang tertidur, karena bila kita melakukannya pada malam hari, akan makin susah menghandle mereka disaat mereka aktif. Hal ini agar mereka bisa terbiasa mendengarkan detak jantung kita dan bau tubuh kita disaat mereka tertidur sehingga nantinya mereka semakin terbiasa dengan kita. Jangan heran apabila mereka masih saja terus crabbing setiap kali kita bergerak, hal ini adalah wajar dan hal ini nanti akan berhenti jika mereka telah percaya dan nyaman kepada kita.

Sugar Glider pada dasarnya mengenali kita melalui bau. Jadi kita bisa meletakkan saputangan atau handuk kecil yang belum kita cuci setelah mengusapkan saputangan atau handuk kecil itu ke badan kita yang berkeringat. Atau bahkan kita bisa menutup atau melampirkan baju kita yang belum kita cuci yang sangat berbau keringat di kandang mereka. (tapi tentu saja kain ini telah kering)

Kalo mau meletakkan kolor di dalam kandang juga tidak dilarang. Asalkan mesti siap apabila nanti SG kita pingsan dengan bau kolor kita.

Setelah mereka merasa mulai nyaman kepada kita. Kita juga bisa meletakkan SG kita didalam baju kita agar bersentuhan langsung dengan kulit kita dan bau kita. Untuk hal ini sebaiknya menggunting kuku mereka terlebih dahulu. Karena kuku mereka yang tajam bisa mengakibatkan badan kita baret-baret dan akan terasa sekali sakitnya bagi yang mempunyai kulit yang sensitif seperti saya.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah melepaskan SG didalam suatu tempat yang tertutup yang sangat kecil seperti tenda kamping bersama kita. Lakukan kegiatan di dalam tempat itu/tenda itu secara bersama. Gunanya agar SG terbiasa dengan kita dan lebih mengenal kita. Hal ini pernah saya lakukan, dengan bersama-sama di dalam tenda itu selama seminggu penuh selama beberapa jam dalam sehari. saya mengetik postingan atau ngejunk di forum dengan laptop, makan dan minum didalam tenda bersama aimee Sugar Glider yang saya adopt setelah kehilangan (bukan RIP) temannya sesama joey yang saya adopt bersamaan dari july.

Mungkin beberapa tips diatas bisa membantu calon adopter atau new adopter dalam proses menjinakkan atau proses bondingnya. Proses ini adalah berdasarkan pengalaman adopt beberapa SG hasil pembelian dari pasar hewan yang pernah saya perjual belikan.

Satu hal lagi yang mungkin bisa diterapkan.

Ajak selalu SG anda berinteraksi melalui komunikasi. Bisa dengan berbincang-bincang dengan suara pelan tidak membentak. Hal ini mungkin akan terdengar aneh dan gila. Meskipun semua tau bahwa SG tidak akan mengerti bahasa manusia, tapi saya yakin bahwa SG saya tau apa yang saya maksudkan melalui perkataan-perkataan saya

Seberapa sering kita berinteraksi dengan Sugar Glider kita, menentukan seberapa cepatnya Sugar Glider kita jinak atau bonded kepada kita.

Harap selalu di ingat. Lakukan dengan penuh perhatian dan kasih sayang. Jangan lakukan dengan kekerasan. Senantiasa mereka akan membalas perhatian dan kasih sayang yang telah kita berikan.

So???

Mulailah dengan proses bonding anda sendiri.....

note : apabila ingin meng copy paste tulisan ini. saya sangat menghargai apabila dicantumkan nama dan sumbernya.
karena keterbatasan jumlah kata dikaskus, ada beberapa kalimat yang saya hilangkan

regard : sonny catro
www.sonntro.blogspot.com


thx
0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 17:35

Persiapan Sebelum adopt Sugar Glider

Apakah yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan untuk adopt sugar glider ???

1. komitmen.

Berulang kali dan tiada bosan saya selalu mengatakan :

Adopt sugar glider itu membutuhkan komitmen.

Lakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan adopt sugar glider.

Sugar glider adalah hewan social yang membutuhkan teman.

Adopt sugar glider bukanlah hanya menyediakan makanan dan minuman dalam kandang lantas bisa anda tinggalkan begitu saja.

2. Berapa ekor yang mau di adopt ??? Dan apakah betina atau jantan???

Disarankan untuk adopt minimal sepasang.
Tapi apabila keuangan tidak mencukupi ato pas-2 an, adopt 1 ekor juga tidak apa2.
Asalkan sering mengajak interaksi ato handle sugar glidernya

Dan apabila di kemudian hari mempunyai rezeki lagi, segera berikan pasangan bagi SG anda.
karena sebagai makhluk hidup, mereka tetap membutuhkan pasangan untuk berinteraksi sesama jenis mereka dan berkembang biak

Untuk pemula sangat disarankan adopt SG dari joey.
Karena akan lebih mudah nantinya dalam proses bonding.
Karena joey masih membutuhkan bantuan kita.
Selain itu joey lebih mudah dalam perawatannya dan lebih mudah proses bondingnya.

Bagi saya pribadi.
Jantan atau Betina tidaklah masalah.

3. Usia berapa yang pas buat adopt sugar glider???

Minimal usia adalah 1.5 bulan sampai 2 bulan oop/out of pouch atau keluar dari kantung ibunya.
Di usia ini, proses bonding akan lebih mudah dibandingkan dengan yang sudah dewasa.

Namun adopt yang sudah dewasa juga bukan dosa atau dilarang.

Keuntungan adopt yang sudah dewasa adalah, mereka sudah siap kimpoi, dibanding adopt yang masih joey yang tentu saja masih butuh waktu lama untuk mengasilkan keturunan yang baru.

4. Dimana saya bisa mendapatkannya ???

Sebelumnya saya ingin menjelaskan tentang istilah wc/wild caught dan cb/captive breed.

Wc adalah hewan yang didapatkan dari alam liar dengan menangkapnya dari hutan.

Cb adalah hewan hasil perkimpoian induk yang sudah dijinakkn oleh adopternya ataupun breeder yang sudah berhasil membiakkannya.

Sugar glider wc bisa didapatkan di pasar hewan tradisional.

Sedangkan sugar glider cb bisa didapatkan melalui breeder melalui informasi yang telah dipercaya.

Apa keuntungan dan kerugian dari wc atau cb ???

* Keuntungan wc terutama adalah harga yang murah. Biasanya sudah dewasa jarang yang dapet joey. Joey biasa didapat karena factor keberuntungan semata, seperti kita adopt yang betina sedang melahirkan.

Banyak kerugiannya adopt hasil wc, seperti sugar glider dalam kondisi yang memprihatinkan seperti cacat, luka dll. Sugar glider wc juga cenderung sudah susah untuk menjinakkannya. Butuh perhatian extra dalam proses bondingnya.

Karena banyak di jual oleh pedagang yang hanya mempunyai pengetahuan yang sedikit tentang sugar glider, bisa menjadi boomerang bagi calon adopter yang belum mengetahui tentang cara perawatan dan penanganan sugar glider itu.

Belilah Sugar Glider WC pada seller yang telah terpercaya.

* Berbanding kebalikan dari sugar glider wc, kondisi sugar glider cb sangat terawat, sudah terbiasa dengan manusia hingga memudahkan dalam proses bondingnya. Kerugiannya mungkin hanya dari harga saja yang berbeda hampir 2x lipatnya. Karena kita adopt/beli dari breeder yang telah berhasil menternakkannya, kita bisa bertanya lebih lanjut disertai penjelasan yang benar dan jelas tentang cara perawatan dan penanganan sugar glider secara tepat dan benar.

5. Kandang

Setelah 4 poin diatas terpenuhi, dan kita memutuskan siap untuk adopt sugar glider, hal pertama yang harus kita sediakan sebelum mengambil sugar glider dr pedagang ataupun breeder adalah kandang dan aksesoris.

Karena setelah kita mengambilnya, pasti akan kita letakkan dalam kandang bukan ?

Kandang yang ideal adalah kandang yang tinggi dan luas. Gunanya untuk sugar glider itu melayang (sesuai namanya glider) dari atas kebawah.

Tetapi apabila dana juga tidak memugkinkan, bisa kita beli minimal kandang hamster 3 lantai.

Apa saja aksesoris didalam kandang ???

* Yang pasti adalah tempat makan dan minum.

Tempat makan bisa yang untuk burung ataupun yang mangkok seperti untuk hamster. Begitu pula tempat minum, tapi sangat disarankan tempat minum untuk hamster yang ada bola2nya agar tidak becek dikandang.

* Mainan.

Mainan pada dasarnya antara perlu dan tidak perlu. Tapi apabila kita ingin memberikan mainan agar sugar glider kita sehat dan tidak gemuk karena jarang olahraga, kita bisa berikan wheel untuk hamster, tali2 yang dibentuk seperti jembatan, aksesoris atau pernak-pernik yang kita buat mengelantung dsb. Disarankan jangan berikan mainan sekaligus dalam satu waktu agar mainan/acc itu tidak hanya menjadi hiasan saja. Karena sugar glider anda bosan atau bingung karena kebanyakan. Masukan satu persatu mainan itu, biarkan sugar glider anda penasaran dan mencobanya.

* Hidey ataupun pouch

Hidey atau pouch gunanya untuk sugar glider anda bersembunyi dari terangnya sinar matahari. Bentuknya bisa bermacam2 seperti dari tempurung kelapa yang biasa untuk burung, kaus kaki, bekas tempat parfum, rumah2an hamster, rumah2an burung, dll.

Ataupun bisa anda buat sendiri dengan kain yang lembut.

Mungkin ini merupakan dasar yang harus dipersiapkan sebelum adopt sugar glider.

Terima kasih.

Happy adopting.

Enjoy bonding process.

Dan ingat

SUGAR GLIDER MENCINTAI ANDA.



diambil dari http://sonntro.blogspot.com/

Berikut ini ada fenomena baru di dunia jual beli sugar glider, yaitu sugar glider golden.

Waspadai ‘Warna Palsu’

Harap Anda perhatikan baik-baik jika ada yang menawarkan variasi warna dari sugar glider.
Pasalnya, banyak oknum pedagang ‘memodifikasi’ warna bulu sugar glider yang dijual. Maksud dari modifikasi adalah mengecatnya menggunakan cat
rambut atau zat pewarna lainnya sehingga warnanya sudah berubah dari aslinya. Para oknum pedagang ini melakukannya semata untuk mengecoh para adopter pemula yang masih belum mengerti banyak.
Karena itu, perhatikan bentuk dan warna bulu SG sebelum membelinya.
Contoh kasus pernah terjadi adalah kasus sugar glider golden. Perlu ditekankan bahwa tidak ada variasi sugar glider golden.
Jika diperhatikan dengan seksama, akan jelas terlihat bahwa bulu sugar glider
tersebut telah ‘dimodifikasi’ menggunakan cat rambu untuk memutihkan rambut oleh oknum pedagang.
Karena itu, bulu sugar glider tersebut akan terasa kasar saat diraba, Sementara itu, bulu sugar glider dengan warna asli senantiasa halus ketika diraba atau dibelai.
Oknum pedagang biasanya membandingkan sugar glider ‘golden’ tersebut dengan sugar glider creamino.
Padahal, jika diperhatikan dengan seksama, sugar glider creamino berbeda dengan ‘golden’. Mata sugar glider creamino berwarna merah dan kulit telinga
berwarna cream.
Kasus lainnya adalah sugar glider dengan ujung ekor yang dicat pula. Tujuannya, untuk mengecoh bahwa sugar glider tersebut merupakan
white tail.
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
Jika Anda ragu akan variasi warna sugar glider yang ditemui, tanyakan kepada orang-orang yang mengerti tentang sugar glider dan variasinya. Untuk
langkah pencegahan, sebaiknya Anda mempelajari sugar glider terlebih dahulu dengan banyak bertanya kepada hobiis yang lebih mengerti dan mencari tahu dari sumber informasi lainnya, seperti dari media
cetak atau internet.
Hal bisa dilakukan untuk mengidentifikasinya, cek kehalusan bulu yang berada di bagian ekor tersebut, apakah kasar atau halus. Jika kasar, biasanya bulunya tersebut hasil dari bleaching. Selain itu, warna ‘palsu’
tersebut lama-kelamaan akan memudar, biasanya dalam jangka waktu enam bulan.

oleh Sonny 'sonntro' Catro
0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 17:35

Fakta yang salah tentang Sugar Glider

Ada beberapa anggapan yang berkembang tentang SG yang terjadi di masyarakat. Ada anggapan itu adalah benar dan ada pula yang salah.

Berikut ini akan coba saya rangkum tentang anggapan - anggapan yang beredar di masyarakat itu beserta penjelasan tentang benar atau tidaknya anggapan itu.

Sugar Glider menyukai hal-hal yang manis sesuai dengan namannya Sugar (gula/manis) Glider

Sugar Glider memang menyukai makanan yang manis-manis. Tetapi Janganlah memberikan makanan yang mengandung terlalu banyak gula kepada SG. Hal ini sangat tidak menyehatkan bagi SG tersebut. Di alam liar, SG dapat memilih makanan yang baik untuk diri mereka sendiri. Tetapi di tempat kita dimana kita yang menyediakan makanan untuk mereka, mereka akan selalu memakan makanan yang kita berikan. Makanan yang kita berikan akan menentukan kesehatan SG tersebut.

Memelihara Sugar Glider boleh satu ekor saja

Sugar Glider adalah makhluk yang sosial. Mereka perlu ber koloni atau berteman dengan sesama jenisnya. Bahkan apabila kita sering meluangkan waktu bersama SG kita, tetap saja tidak bisa menggantikan atau memenuhi kebutuhan mereka untuk berkoloni dan berkembang biak. Kebutuhan untuk berkembang biak adalah hak mendasar dari makhluk hidup.

Hal yang membenarkan adalah, apabila dana terbatas dan saat ini tidak ada breeder yang dapat menyediakan joey. Mungkin hal ini bisa membenarkan untuk adopt 1 ekor dahulu. Dengan catatan, apabila mempunyai dana di kemudian hari dan terdapat SG yang lain. Sangat dianjurkan bahkan harus untuk memberikan teman bagi SG sebelumnya.

khusus untuk poin ini.
banyak sekali perdebatan tentang boleh memelihara 1 ekor atau harus sepasang.
bagi saya pribadi.
hal ini janganlah terlalu diperdebatkan sehingga menyebabkan perselisihan karena perbedaan pendapat.
bagi saya pribadi.
sangat dipersilahkan untuk memelihara 1 ekor SG saja.
akan tetapi sebagai makhluk hidup.
SG juga memerlukan teman sesama jenis untuk saling berinteraksi dan berkembang biak sebagai salah satu dasar kebutuhan mereka sebagai makhluk hidup.

Apakah semua joey berasal dari hasil ternakan???

Ada beberapa anggapan bahwa semua Joey atau SG anakan adalah hasil dari breed atau penangkaran. Saya sering menemui kasus bahwa joey tersebut berasal dari tangkapan liar. Joey adalah SG yang masih berumur sampai dengan 3 bulanan ketika OOP (Out Of Pouch). diatas umur 3 bulan tidaklah bisa disebut lagi sebagai Joey atau baby sugar glider.
Banyak sekali para penangkap SG di alam liar yang berhasil mendapatkan Joey ketika mereka sedang memburunya. Sugar Glider yang penampilan fisiknya masih kecil pun bisa saja saya bilang itu adalah Joey. Kenapa tidak ??? Secara (maaf saya sedikit membanggakan diri) saya telah mempunyai reputasi yang cukup untuk mengatakan kepada calon adopter/buyer bahwa itu adalah Joey. Meskipun Hal ini belum pernah saya lakukan.


Yang terpenting adalah Bonding bukan dietnya

Bonding memang penting. Tidak bisa dipungkiri bahwa keinginan calon adopter untuk mempunyai SG adalah agar SG tersebut agar bonding. Bisa dibawa kemana-mana, dan nurut kepada ownernya yaitu kita.

Tapi mereka melupakan satu hal yang teramat penting dari semua hal tentang perawatan SG.

Yaitu Makanannya.

Pemberian makanan yang sehat dan seimbang sangat dibutuhkan oleh Sugar Glider. Apabila SG sehat dan aktif tanpa sakit, proses bonding dapat dilakukan daripada melakukan proses bonding kepada SG yang sakit bukan???

Saya telah mendapatkan formula / racikan makanan yang sehat untuk Sugar Glider saya, dan saya akan terus memberikan racikan itu tidak mau memberikan makanan yang lain.

Apabila anda telah menemukan racikan atau formula yang tepat untuk SG anda, sebaiknya juga diberikan variasi makanan yang lain yang dibutuhkan oleh SG.

Asumsinya adalah begini : Anda tidak ingin memakan kangkung setiap hari selama hidup anda bukan???

Variasi makanan yang seimbang sangat dibutuhkan oleh SG. Selingi pemberian racikan atau formula makanan anda dengan yang lain seperti pemberian ulet hongkong atau jangkrik atau sayuran dan buah-buahan. Dimana kebutuhan nutrisi mereka dipenuhi dari variasi makanan itu.

Kenapa saya angkat topik ini ??? Karena banyak owner SG yang hanya memberikan SG mereka dengan bubur SUN saja sepanjang hari tanpa diselingi pemberian makanan yang lain.

Sugar Glider adalah Karnivora

Di alam liar, sumber makanan mereka adalah serangga seperti jangkrik dll yang tinggi akan protein. Tetapi di alam liar mereka juga menyukai getah tumbuh-tumbuhan, madu dan sari bunga. Jadi mereka tidaklah benar-benar karnivora. Di alam liar mereka mempunyai variasi diet untuk kebutuhan hidupnya
jadi sugar glider adalah omnivora atau pemakan segala.

Semua sayuran dan buah-buahan sama baiknya untuk Sugar Glider

Kebanyakan sayuran dan buah-buahan memang baik untuk kita manusia tetapi tidak bagi SG kita. Hindari pemberian makanan yang tidak bagus untuk SG kita. Seperti pembahasan di post sebelumnya, kitalah yang menentukan apa yang terbaik untuk SG kita. Apa yang kita berikan sangat menentukan kesehatan SG kita sendiri.

Pemberian Suplemen atau Vitamin tidaklah bagus

Diet anda mungkin sudah mempunyai kandungan vitamin dan mineral. Tetapi pemberian suplemen dan vitamin juga dibutuhkan untuk melengkapi diet anda. Akan tetapi sebaiknya pemberian suplemen atau vitamin janganlah berlebihan dan sebaiknya mengkonsultasikan hal ini kepada beberapa orang yang ahli akan hal ini, dan tentu saja bukanlah saya. Apabila anda ngotot bertanya kepada saya, bisa saja akan saya jawab sekenanya dan bahkan akan saya acuhkan.

SG tidak butuh minum

Banyak yang beranggapan bahwa SG cukup minum dari makanan yang kita berikan dengan membuat agak encer makanan tersebut.

Hal ini adalah SALAH BESAR !!!

Semua makhluk hidup butuh minum selain makanan. Sediakan selalu minuman meski itu hanya air putih di kandang mereka. Gunakan hanya air yang telah melalui proses penyulingan bukan air mentah atau air keran.

SG bisa dilepas tanpa kandang

Banyak kasus yang mengakibatkan kematian bagi SG akibat SG dilepas begitu saja di kamar atau dirumah. Antara lain SG tersebut ketindihan sewaktu ownernya sedang tidur karena kelelahan. Melepaskan SG begitu saja di kamar atau dirumah tanpa pengawasan juga berbahaya bagi SG. Kita tidak pernah tau apa yang akan dimakan oleh SG kita. Entah itu hanya gigitan karena iseng atau penasaran atau memang dia lapar dan masuk ke pencernaannya. Bisa saja mereka akan memakan makanan yang berbahaya yang mengandung bahan kimia yang terdapat dari benda yang di gigit oleh SG tersebut.

Oleh karena itu saya sangat menyarankan menyediakan kandang bagi SG. Dan apabila hendak melepas SG sebaiknya bisa diawasi segala gerak-geriknya.

SG bisa akrab dengan hewan lain

Di internet dapat ditemui bahwa SG bisa berteman baik dengan hewan lain. Hal ini lebih diperjelas dengan adanya gambar SG bergaul akrab dengan hewan lain tersebut.

Memang SG adalah makhluk sosial. Tapi harap di ingat !!! Di alam liar, SG cenderung dalam posisi sebagai mangsa bagi hewan lain. Oleh karena itu SG seharusnya di jauhkan dari hewan lain yang cenderung akan memangsanya dan membuatnya stress. Burung-burung biasanya akan membuat SG takut dan dapat menyebabkan stress bagi SG. Kucing dan Anjing cenderung melihat SG sebagai mangsanya dan secara insting kucing atau anjing tersebut akan memangsa SG kita. Sebaliknya bagi hewan lain yang lebih kecil dari mereka. SG cenderung akan melukai hewan yang lebih kecil dari mereka seperti hamster atau tikus kecil.

Tapi tidak dipungkiri bahwa SG juga bisa berteman baik dengan hewan lain seperti kucing atau anjing. Tapi kemungkinan itu sangat kecil bahkan bisa disebut keajaiban yang diberikan oleh ALLAH SWT kepada makhluknya. Bukan hanya SG. Sering di publikasikan di media tentang keakraban hewan yang berbeda jenis, seperti kucing menyusui monyet dll. Tp seperti pendapat saya, hal itu adalah suatu keajabian dan kebesaran ALLAH SWT.

SG cocok untuk anak kecil

Anak kecil terutama balita cenderung belum mengerti apa2 tentang cara penanganan hewan. Anak kecil atau balita cenderung akan meremas sekuat tenaga hewan yang mereka temui. Seperti kita ketahui, SG bertubuh sangat kecil dan ringkih. Bayangkan apabila SG anda diremas oleh balita anda. SG bisa tercekik dan bahkan bisa menyebabkan kematian apabila tidak kita awasi.

Terlebih, SG dapat glide ke wajah balita kita. Apabila SG glide ke wajah balita kita dan melukai mata balita kita, bayangkan apa yang bisa terjadi dengan balita kita nantinya.

sumber www.sonntro.blogspot.com
0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 17:35

Fakta yang salah tentang Sugar Glider 2

Tanpa basa basi, berikut ini lanjutan beberapa fakta yang salah yang berkembang di masyarakat.

Apakah Sugar Glider memerlukan pemanas /Heatpad ???

Tidak !!! Sugar Glider tidak memerlukan pemanas. Tubuhnya telah mempunyai bulu yang cukup tebal untuk melindungi dari hawa dingin. Penggunaan heatpad dapat menyebabkan hal yang berbahaya bagi SG tersebut. Apabila SG terkena heatpad, SG dapat terluka serius. Saya tidak mau membayangkan akibat yang bisa di timbulkan bila SG terkena heatpad.

Saya pernah menemui adopter yang tinggal di daerah puncak dan batu, malang yang merawat SG nya tanpa heatpad. Apabila daerah anda dingin, cukup sediakan bedding pouch yang hangat di dalam kandang SG anda. Hal ini agar SG dapat melindungi diri mereka dari dingin di sekitar lingkungan mereka.

Apakah Sugar Glider tidak boleh di tempatkan di ruangan yang ber ac ???

Menjawab hal ini, sama saja dengan menjawab pertanyaan yang telah disebutkan diatas. Tapi yang perlu dipertimbangkan mungkin adalah baunya. SG mengeluarkan bau yang sangat khas kalo tidak mau disebut berbau yang kuat. Apabila kandang jarang dibersihkan, aroma khas SG tersebut akan sangat santer tercium oleh kita yang ada di ruangan tersebut. Oleh karena itu, membersihkan kandang secara teratur dan berkala sangat dianjurkan. Terlebih dengan adanya SG jantan yang sangat mengeluarkan bau yang sangat khas dan kuat ketika SG jantan itu menandai area sekitar kandangnya untuk menandai area kekuasaannya atau teritorinya

Apakah boleh menggunakan obat semprot pengusir serangga atau pengharum ruangan???

Menjawab hal ini sama saja ketika saya menanyakan kepada anda. Apakah anda mau menyemprotkan pengusir serangga di ruangan yang ada bayi anda??? Tentu saja tidak bukan??? Sebaiknya meletakkan dahulu SG anda di ruangan yang lain yang segar udaranya sebelum anda menyemportkan pengusir serangga itu di ruangan tersebut. Bagaimana dengan pengharum ruangan ??? Mungkin hal ini bisa menjadi bahan pengecualian. Tentu saja dengan pengecualian juga. Semprotkan pengharum ruangan itu agak jauh dari Sugar Glider anda. seperti yang tertera di penjelasan di botol pengharum ruangan itu untuk tidak menyemprotkan secara langsung ke arah makhluk hidup.

Apakah Sugar Glider perlu atau boleh dimandikan ???

Untuk menjawab ini sudah diberikan postingan tersendiri. Sugar Glider anda bisa anda usapkan dengan memakai tissu basah untuk bayi yang bebas alkohol, atau bisa juga dengan menyemprotkan secara merata dan halus (jangan terlalu basah) dengan memakai semprotan untuk burung.

JANGAN SEKALI-SEKALI MERENDAM SUGAR GLIDER ANDA. SUGAR GLIDER TIDAK BISA BERENANG !!!


Apakah Sugar Glider harus selalu di gunting kukunya ???

Ada beberapa orang termasuk saya yang alergi atau sensitif kulitnya. Kuku SG sangat tajam membentuk seprti mata kail pancing. Oleh karena itu saya sering memotong kuku SG saya apabila dirasa sudah terlalu tajam. Apabila di kandang anda memakai pouch yang terbuat dari kain. Saran saya pribadi, lebih baik lakukan secara rutin memotong kuku SG anda. Hal ini untuk menghindarkan kaki SG anda tersangkut di pouch dari kain tersebut. Apabila SG tersangkut di pouch itu, SG cenderung akan meronta dan berbanding terbalik dengan menggigit kain tersebut, SG akan mengigit kaki/tanganya sendiri. Dan apabila pouch anda terletak di tempat yg tinggi di kandang, SG akan menggantung dengan posisi terbalik kebawah (apabila ia telah putus asa). Telah banyak kasus kaki SG yang bengkak karena penggunaan pouch dr kain ini dan kuku SG tersebut jarang dipotong.

Penggunaan pouch dr kain sangatlah tidak dilarang. Saya sendiri memakai hidey pouch dr kain. Karena apabila mereka pee disana langsung terserap oleh kain dari pouch tersebut. Berbeda dengan memakai hidey pouch dari batok kelapa atau yg lainnya, yang apabila mereka pee akan menggenang di hidey pouch tsb, karena tidak semua SG saya terbiasa untuk pup dan pee di luar pouch mereka.

Mohon maaf apabila tulisan saya ada salah dan kekurangannya.
hanya sekedar ingin berbagi...
0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 17:35

cara gunting kuku sugar glider dan tentang Sugar Glider Hamil

cara gunting kuku sg



SG betinaku memiliki Joey IP (in Pouch) / didalam kantung !!! What should i do???


Banyak sekali yang bertanya dan mempunyai pengalaman baru ketika SG betinanya IP lantas kebingungan apa yang sebaiknya dilakukan menyingkapi keadaan ini.

Berikut ini akan saya coba share berdasarkan pengalaman saya selama ini.

Mohon dipahami bahwa ini hanyalah share saja, jika ada yang salah dalam tulisan ini mohon di maklumi dan berikan saran lebih lanjut.

Sedangkan untuk mengetahui bahwa Sg anda IP atau tidak sedikit susah mengetahuinya coba lah raba perut SG anda, apabila ada benjolan terasa seperti biji kacang hijau atau beras, mungkin dia sedang IP.

tapi kadang kita suka terkecoh dengan hal ini, benjolan yg kita rasakan itu mungkin hanya benjolan sendi kakinya. oleh karena itu coba berulang kali dan pastikan dengan seksama.

Banyak sekali pertanyaan yang bertanya apakah harus memisahkan sang jantan dengan betina ketika sang betina IP.

Jawabannya adalah JANGAN DIPISAH !!!

Sang jantan nanti akan ikut merawat joey tersebut ketika joey sudah out of pouch !!!

Sang betina biasanya akan sedikit kelelahan merawat joey tersebut, disinilah peranan sang jantan dalam proses pertumbuhan joey tersebut.

Sang Joey nantinya akan terlihat gelantungan di punggung sang jantan atau betina tersebut.

Selanjutnya tentang asupan gizi buat sang betina.


Berikanlah seperti biasa yang anda berikan selama ini.

Akan tetapi lebih baik berikan tambahan asupan gizi untuk sang induk dengan memberikan tambahan makanan berupa ulat hongkong atau jangkrik dan lain-lain yang anda anggap terbaik untuk sg anda.

Sama seperti manusia yang sedang hamil, ibu membutuhkan asupan gizi yang berlebih untuk produksi air susu bagi anaknya. Sebaiknya berikan makanan yang tinggi kalsium dan protein.

Saya sendiri tidak pernah membatasi jumlah porsi untuk induk saya.

Karena saya berfikir, selagi mereka suka pasti akan dimakan oleh mereka dan ketika mereka kenyang atau cukup mereka akan berhenti memakannya.

Bolehkah saya memegang joey tsb ketika sudah keluar dari kantung ibunya ???

Saya sendiri merekomendasikan agar menahan diri anda selama sekitar 3 sampai 4 minggu untuk tidak memegang joey tersebut.

alasan saya adalah agar joey tersebut tidak kaget dengan suasana yg baru.

Akan tetapi apabila ada teman2 yang berpendapat beda dengan saya, silahkan sama2 kita share disini.

Apa yang harus kita perhatikan selama proses pertumbuhan joey tersebut ???

Apabila SG anda cukup bonding, lakukan bermain2 dengan SG anda seperti biasa, akan tetapi sebaiknya menghindari kegiatan yang terlalu extreme yang dapat mengakibatkan sesuatu yang tidak kita inginkan bagi SG yang sedang IP tersebut.

Setelah OOP apa yang mesti kita perhatikan untuk joey tersebut ???

Perhatikan selalu SG anda baik pagi siang sore atau malam. Apabila joey terlihat didasar kandang tanpa di urusi oleh sang induk selama beberapa saat sekitar 1 jam lebih, dan telah anda coba untuk menggabungkan kembali dengan induknya tetapi kejadian ini berulang kembali, mungkin ini adalah tanda2 bahwa joey tersebut ditolak oleh induknya.

Apabila anda merasa yakin bahwa joey itu ditolak oleh induknya, mungkin anda harus membesarkan sendiri (hand raised) joey tersebut.

Jika terjadi sang jantan tersebut dipisah dalam masa IP ini dan lantas anda menggabungkan kembali. Sang jantan bisa saja menyerang hingga mengakibatkan kematian bagi joey tersebut. Oleh karena itu janganlah memisah sang jantan meski hanya sebentar dengan anggapan nanti akan di gabung kembali dengan betinanya/pasangannya.

Karena sang jantan akan menganggap bahwa joey yang ada di dalam kantung sang betina adalah bukan bagian dari koloninya atau dianggap sebagai saingannya. Oleh sebab itu tetap biarkan sang jantan bersama betina sampai dengan joey bisa hidup sendiri.

Upsss ada yang lupa.

sebaiknya berikan bubur bayi anda agak encer sedikit, hal ini gunanya agar membiasakan joey (ketika dia sudah bisa makan ya....) untuk terbiasa dengan makanan pemberian kita.

Untuk sementara ini sekian dulu sharing saya.

semoga hal ini membantu teman-2 semuanya.

maafkan apabila ada kekurangannya

silahkan koreksi apabila ada kekurangannya.

Untuk gambar proses pertumbuhannnya bisa di lihat album yang telah saya share di album pertumbuhan joey.

yang telah saya translate dari :

http://petpawz.blogspot.com/search/l...sugar%20glider

regard

Sonny "sonntro" Catro

note : apabila ingin meng copy paste tulisan ini. saya sangat menghargai apabila dicantumkan nama dan sumbernya.

thx
0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 17:35
laporan hasil gathering ke 6 Pencinta Sugar Glider Indonesia


acara berlangsung meriah dengan kehadiran teman-teman
di ikuti oleh lomba-lomba yang telah diselenggarakan oleh para panitia.

berikut ini hasil dari gathering itu, berupa foto-fotonya

biar gak dimarahin momod, gw spoiler ya....
foto gath and lomba2
0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 19:56
Pengiriman SG via Udara
Diubah oleh Arsata
0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 19:57
Quote:Original Posted By Arsata
Reserved


0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 19:58
Quote:Original Posted By Arsata
Reserved


0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 19:59
Quote:Original Posted By Arsata
Reserved


0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 20:00
Quote:Original Posted By Arsata
Reserved


0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 20:01
Quote:Original Posted By Arsata
Reserved


0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 20:01
Quote:Original Posted By Arsata
Reserved


0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 20:02
Quote:Original Posted By Arsata
Reserved


0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 20:03
Quote:Original Posted By Arsata
Reserved


0 0
0
SUGAR GLIDER...lanjut - Part 3
03-09-2013 20:07
Reserve 1 postingan om buat di pekiwan nih *msih dpet g y emoticon-Hammer (S) emoticon-Ngacir2

emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Halaman 1 dari 281
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia