News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
8
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51f76eb86312434a47000000/untung-dan-rugi-menjadi-pns
Di tahun 2013 ini Pemerintah akan melakukan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai September mendatang untuk merekrut sekitar 60 ribu pegawai baru. Dari total 60 ribu CPNS baru itu :matabelo, sebanyak 20 ribu CPNS direkrut oleh instansi pusat dan 40 ribu CPNS akan direkrut oleh pemerintah daerah. nah bagi agan2 yang berminat menjadi abdi negara mungkin perlu tau apa saja untung
Lapor Hansip
30-07-2013 14:43

Untung dan Rugi Menjadi PNS

Untung dan Rugi Menjadi PNS


Di tahun 2013 ini Pemerintah akan melakukan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai September mendatang untuk merekrut sekitar 60 ribu pegawai baru. Dari total 60 ribu CPNS baru itu emoticon-Matabelo, sebanyak 20 ribu CPNS direkrut oleh instansi pusat dan 40 ribu CPNS akan direkrut oleh pemerintah daerah.
nah bagi agan2 yang berminat menjadi abdi negara mungkin perlu tau apa saja untung dan rugi nya jd PNS ...Cekidott gan...emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Keuntungan jadi PNSemoticon-Ngakak

1. Kemudahan Melanjutkan Sekolah

setelah resmi ditahbiskan menjadi PNS (setelah lulus prajab, dan biasanya disyaratkan minimal 2 tahun bekerja sejak CPNS), peluang untuk sekolah terbuka lebar melalui berbagai program baik yang ditawarkan oleh Pemerintah (biasanya Bappenas rutin tiap tahun melalui Badan Diklatnya, Departemen PU, Departemen Keuangan, dan lain-lain) maupun pihak swasta dan lembaga donor luar negeri. Syaratnya Anda harus memperoleh izin dari atasan (minimal setingkat eselon 2)

2. Waktu Luang Setelah Bekerja

jam kerja PNS untuk lima hari kerja (di Pusat dan beberapa Pemda) adalah jam 8.00 – 16.00, untuk Pemda dan Depdagri biasanya ada apel pagi jam 07.30 dan apel sore (tentatif) jam 16.00. Sementara untuk enam hari kerja (di sebagian besar Pemda) adalah jam 8.00 – 14.00. Di luar waktu tersebut bisa digunakan untuk nyambi atau melakukan aktivitas lain yang bermanfaat sekaligus nambah penghasilan yang halal tanpa harus korupsi.

3. Gaji Tetap dan Pensiun

Ada pemeo yang mengatakan ‘Rajin Malas Gaji Sama’. Memang begitulah kondisinya saat ini, tapi paling tidak menggambarkan bahwa gak perlu kuatir gaji dipotong karena susah mengurusnya. Di samping itu juga jaminan pensiun hingga meninggal dunia dan jandanya masih berlaku (denger2 sih mau diubah menjadi pesangon, tetapi belum ada aturan bakunya sampai hari ini), sehingga gak perlu memikirkan hari tua. Kalau sekedar makan sih cukuplah.

4. Membina relasi

Jadi PNS saat ini memudahkan kita membina relasi dengan siapapun, karena kita tetap dibutuhkan, walaupun terkadang dibenci masyarakat, terutama di bidang pelayanan publik dan administrasi. Manfaatkan relasi untuk menambah pendapatan dan meningkatkan karir Anda.

5. Mudah Berpindah Instansi

Tidak seperti di swasta yang harus melalui tes lagi kalau pindah kerja, di PNS selama sudah mengantongi NIP, Anda bisa pindah kemanapun dengan tetap membawa NIP asal Anda, yang penting ada yang mempromosikan Anda di tempat yang dituju dan dibutuhkan di tempat tersebut. Syaratnya hanya mengajukan surat permohonan pindah dari instansi asal ke BKN dan instansi tujuan.

Namun demikian, perlu dipertimbangkan kerugian jadi PNS, antara lain:

1. Gaji Pas-Pasanemoticon-Sorryemoticon-Matabelo

Sampai hari ini, upaya pemerintah menaikkan gaji selalu kalah dengan kenaikan harga barang, sehingga sulit untuk mengejar standar gaji yang sama dengan swasta. Makanya bagi mereka yang tidak mampu nyambi, kecenderungan untuk korupsi begitu kuat.

2. Bekerja seperti Mesin

Menjadi PNS berarti Anda harus siap menjadi mesin birokrasi. Semua ada aturannya dan tidak bisa kita bekerja di luar aturan, walaupun ide-ide kita bagus dan lebih mudah diterapkan ketimbang mengikuti aturan tersebut. Banyak kasus korupsi bukan karena mencuri, tetapi karena melanggar aturan administrasi tadi, oleh karena itu janganlah coba-coba melanggar aturan kalau tidak mau dituduh korupsi.

3. Kepercayaan lebih penting daripada Kemampuan

Dalam peningkatan karir, terutama promosi dan mutasi, kepentingan dan kepercayaan pimpinan lebih sering diutamakan daripada kemampuan. Ada istilah baku ‘loyalitas dan royalitas’ adalah mutlak, kalau tidak mau tersingkir dari percaturan karir. Memang ada sih yang mulus-mulus saja, tetapi presentasenya sedikit dibanding dengan ‘cara’ lain. Hal ini yang sering membuat kita frustasi, pengalaman dan kemampuan sudah maksimal, tetapi karir mentok begitu saja.

"Note : tapi jika pemimpin spt jokowi-ahok... mungkin faktor2 diatas sdh bnyak mengalami perubahan yg signifikanemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

sumber
Diubah oleh ardian1187
0
Masuk untuk memberikan balasan
dunia-kerja--profesi
Dunia Kerja & Profesi
2.7K Anggota • 35K Threads
Untung dan Rugi Menjadi PNS
30-07-2013 19:34
artikel yg bagus ni gan... ane sedang mpertimbangkana apa mau masuk pns atau tetap berusaha di luar pns emoticon-Malu (S)
0 0
0
Untung dan Rugi Menjadi PNS
30-07-2013 21:36
ya gan.. tp semua pekerjaan emg ada plus minusnya...ikut kata hati aja....emoticon-thumbsup
0 0
0
Untung dan Rugi Menjadi PNS
02-08-2013 13:17
emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
0 0
0
Untung dan Rugi Menjadi PNS
20-09-2013 19:49
nice share,,
0 0
0
Untung dan Rugi Menjadi PNS
20-09-2013 21:50
ambil baiknya aja gan ,,
pns bagus bgt, bnyak yg pengen jd pns gan
0 0
0
Untung dan Rugi Menjadi PNS
17-07-2016 06:25
lama donk jadi kayanya..[removed]void(0);
0 0
0
Untung dan Rugi Menjadi PNS
17-07-2016 06:27
Lama donk jadi orang kaya nya..heuheu
0 0
0
Untung dan Rugi Menjadi PNS
17-07-2016 13:50
gaji pns emang sedikit tapi sampingannya gede banget ,
perjalanan dinas itu uang sakunya gede banget apalagi kalo lo kerja di kementrian yg demen banget ada proyek
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia