Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1102
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51e51dc9be29a0527e000013/reborn-oscar-forum-tempat-kumpul-oscar-lovers
Oscar Rules about Posting: Mind The Language: harap menggunakan kata-kata yg sopan dan tidak memancing keributan. Postingan Provokator dan yg Terprovokasi akan di delete. No More Junks: PERTAMAXX ... KEDUAXX ... ,"Selamat pagi, siang, malam", "Ko Thread ini sepi yah", "apa kabar semua", "angkat dulu ah Thread nya", dll. Ngobrol ngalur-ngidul harap di minimal
Lapor Hansip
16-07-2013 17:17

[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers

[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
Oscar
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers


Rules about Posting:

Quote:
  • Mind The Language: harap menggunakan kata-kata yg sopan dan tidak memancing keributan. Postingan Provokator dan yg Terprovokasi akan di delete.
  • No More Junks: PERTAMAXX ... KEDUAXX ... ,"Selamat pagi, siang, malam", "Ko Thread ini sepi yah", "apa kabar semua", "angkat dulu ah Thread nya", dll.
  • Ngobrol ngalur-ngidul harap di minimal kan di Thread selain di Fresh Water Fish LOUNGE. Silahkan chit chat di lounge, tapi selalu gunakan PRIME ID. Lounge FF bukan tempat buat cari ISO ato ngumpulin BRP.
  • Gunakan Fasilitas Multi Quote.
  • Posting Foto harap di edit Size Pic nya agar tidak Bandwith Killer
  • spamming, flooding, bombing* => postingan yg isinya sama di banyak trit, apalagi klo isinya LINK promosi barang dagangan dari/ke website luar, sama sekali kaga diizinkan.
  • Segala bentuk transaksi, barter, jual-beli GRP (cendol) - BRP (bata) tidak diizinkan.

Sanksi Atas Pelanggaran

Quote:
  • Postingan yg dianggap tidak sesuai dgn aturan dan/atau bermasalah akan didelete tanpa pemberitahuan sebelum ato sesudahnya.
  • Thread yg dianggap tidak sesuai aturan dan/atau bermasalah akan didelete tanpa pemberitahuan sebelum ato sesudahnya.
  • Bagi yang melakukan pelanggaran sejenis dan berulang akan di kasih bonus yg setimpal ... penyesalan umumnya terlambat ... dalam keadaan normal biasanya masih dikasih kesempatan buat ngucapin kata" perpisahan yang terakhir.

[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
Thread ini pembaharuan dari thread oscar sebelumnya, karna ts udah ga aktif, dan kurangnya info tentang thread nya yang membahas ikan oscar ini, ane selaku ts ijin buka thread ini dengan pm moderator setempat, kalo ga berkenan silakan di apus mod emoticon-Big Grin
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers

Welcome
All about oscar

Quote:
Quote:
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers

Ikan Oscar atau nama latin Astronotus adalah sebuah genus ikan dari familia Cichlidae. Ada dua spesies dalam genus ini, keduanya ditemukan di Amerika Selatan. Mereka adalah omnivora dan memakan ikan kecil, moluska, dan binatang tidak bertulang belakang. Salah satu spesies, Astronotus ocellatus, terkenal sebagai ikan hias dan sering dipelihara di aquarium, dan dikenal dengan nama ikan Oscar. A. crassipinnis jarang diekspor dan dijual sebagai ikan hias.
Oscar (Astronotus ocellatus) merupakan salah satu jenis cichlid yang telah relatif lama akrab dengan manusia. Ikan ini sudah kurang lebih 50 tahun akrab dengan manusia. Oscar adalah ikan yang berasal dari Amerika Selatan, S. Amazon, Parana, Rio Paraguay, dan Rio Negro. Hampir semua Oscar yang beredar saat ini adalah hasil dari pembudidayaan, jarang yang merupakan tangkapan asli dari habitatnya. Ikan Oscar mempunyai bentuk dan warna yang menarik. Warna badannya kehitam-hitaman dengan batikan berwarna kuning kemerah-merahan. Tidak seperti ikan hias lain, ikan oscar memerlukan perlakuan sedikit khusus pada cara perkembangbiakannya, sehingga ikan Oscar ini termasuk ikan yang mahal.
Ada juga jenis albino yang warna dasar tubuhnya putih. jantannya dicirikan dari warna merah pada tutup insang dekat perut dan mempunyai tiga buah lingkaran hitam pada sirip punggung. Sementara pada betina, warna tersebut kabur dan tidak ada tanda lain. Oscar dapat mencapai ukuran 35 cm, akan tetapi rata-rata ikan ini berukuran maksimal 30 cm. Oscar termasuk ikan cerdas dan memiliki kepribadian. Mereka dapat belajar dengan cepat mengenai jadwal makannya. Hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan makanannya dapat direkam dengan baik oleh ikan ini. Apabila dilatih, Oscar dapat menerima pakan langsung dari tangan pemiliknya. Mereka dapat melompat hingga ketinggian 15 cm agar dapat meraih pakan dari tangan si pemilik.
Oskar (Astronotus ocellatus) berasal dari Venezuela Timur, Guyana, dan Paraguay (Sungai Amazon). Sifatnya karnivora dan merupakan ikan yang cukup besar untuk ukuran akuarium karena panjangnya dapat mencapai 25 cm. Oscar berasal dari sungai dengan kesadahan rendah dan bersifat masam. Meskipun demikian, ikan ini diketahui toleran pada hampir segala kondisi air. Meskipun toleran pada berbagai kondis air, Oscar perlu dipelihara pada kondisi suhu 26°-30° C. Setting akuarium yang dikehendaki adalah dengan dasar pasir yang dalam dan beberapa butir batu besar.
Banyak varian Oscar yang telah dikembangkan selama ini, diantaranya adalah :
Tiger Oscar
Red Tiger Oscar
Albino Tiger Oscar
Albino Red Oscar
Gold Oscar
Half Back Oscar
Long Fin Oscar

Oscar merupakan ikan predator. Mereka akan memangsa ikan lain yang ukurannya lebih kecil dari setengah ukuran badannya. Meskipun demikian Oscar dapat menerima hampir semua jenis pakan seperti flake, pellet, cacing, jangkrik, ikan mas kecil dan lain-lain. Pakan yang disukai oskar berupa pakan hidup karena sifatnya sangat karnivorus. Anak ikan dan udang disenangi oskar dewasa, sedangkan benih dan remajanya dapat diberi cacing sutera atau kutu air.
Perbedaan jantan pada Oscar relatif sulit dilakukan, meskipun demikian terdapat tanda umum yaitu jantan memiliki tubuh lebih panjang, sedangkan betina lebih membulat. Pada masa kimpoi betina akan menunjukan perut yang gendut. Cara lain adalah dengan memberi pakan pada ikan yang bersangkutan dengan jumlah banyak. Pada kondisi demikian makanan yang terdapat dalam perut ikan akan menekan organ kelamin ikan sehingga mudah diamati. Apabila tabung kelamin sempit dan mengarah kebelakang maka ikan tersebut adalah jantan, sedangkan bila lebar dan mengarah kedepan betina.

[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
Merawat ikan oscar

Quote:
Quote:
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers

Ikan ini bukan asli ikan Indonesia melainkan dari Rio Grande, Amerika Selatan. Selain warna corak ikan yang indah ini ikan ini jinak. Ia akan mendekat setiap tuannya mendekati aquarium. Ia selalu mengikuti tangan tuannya. Ia mungkin ingin meminta makan pada si majikan. Pakan ikan ini bisa berupa pellet. Pellet merupakan campuran pakan ikan seperti daging ikan, udang, cumi, dan tepung yang dibuat menjadi bulatan-bulatan kecil. Pemberian Pelet dapat dilakukan setiap hari sekali. Jangan berlebih sebab akan membuat ikan mati. Kadang pelet mengandung alga yang jika dimakan berlebih akan membuat si ikan kembung. Ikan Oscar juga dapat makan pakan hidup seperti ikan kecil, udang kecil,
Untuk memelihara Oscar dibutuhkan aquarium yang cukup besar. Oscar sangat membutuhkan sirkulasi udara yang bagus. Jangan sampai aerator mati dalam waktu yang lama yang membuat ikan mati. Untuk menjamin kebersihan air, pemilik dapat menggunakan filter penyaring air. Air juga dapat diganti seminggu sekali. Air yang bagus adalah air sumur bersih yang diendapkan. Jangan gunakan air berkaporit yang dapat membunuh ikan.
Ikan Oscar lebih baik dipelihara dalam kelompok. Ia akan sedang hidup berkelompok daripada hidup sendirian. Ikan ini juga dapat berkembang biak jika hidup dalam pasangan dan berkelompok. Untuk memijahkan ikan ini maka diperlukan tempat yang lebih besar atau aquarium yang lebih besar.
Diubah oleh doni brasco
profile-picture
nona212 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 54
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
16-07-2013 17:18
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
Memilih Pakan Pembentuk Warna dan Batikan Ikan Oskar

Quote:
Quote:
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers

Pakan bagi ikan hias selain untuk memenuhi kebutuhan gizi untuk hidup dan tumbuh, juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan "pigmen" (zat warna), Menurut National Research Council, pigmen inilah yang digunakan ikan hias untuk membentuk dan mempercantik warna tubuhnya. Dan masing-masing ikan hias ternyata memerlukan pigmen tertentu untuk memperanggun penampilannya, tak terkecuali ikan oskar. Dibalik penampilan wajahnya yang seram, bentuk mulutnya yang menakutkan, ikan oskar ( Astronotus ocellatus cuvier) memiliki daya pikat tersendiri. Daya pikatnya terletak pada keindahan bercak-bercak kuning, jingga atau merah yang tersusun begitu indah dan membentuk semacam batikan pada tubuhnya. Karena nilai seni batikannya itu, oskar banyak digemari. Kemolekannya ditentukan oleh ukuran luasan batik dan intensitas (kecerahan) warna batikannya. Oskar mengalami perubahan dan perkembangan warna yang dipengaruhi oleh ketersediaan pigmen di dalam tubuhnya sejalan dengan perubahan umurnya. Ikan oskar yang berumur 2 bulan warnanya masih buram. Bertambahnya umur satu bulan kemudian, baru-lah timbul warna cerah dibagian leher. dan 2 bulan berikutnya, selain dibagian leher, pada bagian tubuh lainnya juga mulai berwarna cerah. Perkembangan warna pada ikan oskar dapat dirangsang dengan pemberian pakan yang banyak mengandung pigmen. Hal ini memberikan kemungkinan ditemukannya pakan yang dapat memacu perkembangan warna tersebut.

MACAM DAN SUMBER PIGMEN
Pigment adalah zat yang memberikan kualitas warna tertentu pada suatu bahan (ikan), sehingga tampak oleh mata bahwa benda (ikan) tersebut berwarna. Pigmen pada ikan tersimpan dalam tubuhnya dengan jumlah yang relatif tetap, dan lebih banyak tersimpan pada sisik, kulit/kerangka luar, bulu dan bagian lain dari tubuh sebelah luar. Ada 2 jenis pigment yang sangat berperan pada pewarnaan ikan, yakni " Karotenoid dan Melanin". Karotenoid, inilah yang menimbulkan warna kuning, jingga tua/orange dan merah pada sisik, kulit/rangka luar pada hewan-hewan aquatic termasuk ikan. Sedangkan Melanin, adalah pigmen yang menimbulkan warna coklat sampai hitam. Terkadang, melanin juga dapat menimbulkan warna kuning atau merah. Pigmen melanin terutama berperan dalam perubahan warna ikan karena pengaruh lingkungan atau internal dari dalam tubuh ikan sendiri. Untuk keadaan normal ( tidak ada gangguan lingkungan luar dan internal ) pigmen karotenoid-lah yang paling menentukan mutu warna ikan. Namun sayangnya ikan tidak bisa men-sintesa (menyusun) jenis pigmen ini. Sehingga kebutuhannya harus dipenuhi dari luar yakni dari pakan yang diberikan. Sumber pigmen yang baik adalah pakan yang mengandung karetenoid jenis " xanthophyll". Berdasarkan penelitian National Research Council pada tahun 1983, pakan yang mengandung 20 - 25 mg xanthophyll per kilogram bobot kering pakan sudah dapat memberikan pewarnaan (pigmentasi) yang baik bagi ikan-ikan hias. Mutu pewarnaan akan menjadi lebih indah lagi bila pakannya mengandung 50 -60 mg xanthophyll per kilogram bobot kering pakan.
Xanthophyll jenisnya bermacam-macam. Xanthopyll yang paling berperan dalam pewarnaan ikan adalah pigmen kuning lutein, zeaxanthin dan xanthin. Jenis xanthopyll yang dibutuhkan ikan tergantung dari spesies ikan dan mutu pewarnaan yang diinginkan manusia. Karena masing-masing ikan memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengubah jenis karotenoid yang dicerna menjadi jenis karotenoid yang diperlukan.

PAKAN
Oskar tergolong ikan karnivora (pemakan daging). Banyak jenis jasad pakan yang bisa dimakan oskar, antara lain , cacing-cacingan, udang-udangan, berbagai macam serangga, dan ikan-ikan kecil. Hobbies biasa memberi makan oskar dengan apa saja. Bertemu kecoak di kamar mandi, dikejar, ditangkap dan dijadikan pakan untuk oskar. Asal ikan itu mau makan dan hobies dapat menikmati keindahan cara oskar melahap mangsanya yang begitu enak ditonton.
Namun untuk memperoleh kualitas warna dan batikan oskar yang baik tidak cukup hanya asal kenyang. Melainkan yang lebih utama adalah memperhatikan kandungan pigmen pakan yang diberikan.
Pakan yang mudah diperoleh di pasaran atau di toko-toko akuarium disamping pakan buatan, adalah udang rebon dan cacing rambut. Ternyata udang rebon dan cacing rambut lebih bisa memenuhi keperluan pigmen bagi ikan hias, termasuk oskar. Namun kandungan pigmen pada udang rebon jauh lebih tinggi dibanding cacing rambut. Hasil perbandingan pengaruh pakan udang rebon (Acetes. sp.), cacing rambut (Tubifex), dan campuran keduanya membuktikan bahwa pemberian pakan udang rebon-lah yang menghasilkan warna batikan maksimal yang cenderung lebih jingga atau merah.

Kandungan pigmen xanthophyll udang rebon dan cacing rambut :
______________________________________________________
Pakan Kandungan
(mg/kg pakan )
______________________________________________________
Udang rebon 78,72
Cacing rambut sedikit/tidak
______________________________________________________

Dan berdasarkan hasil uji pengamatan mata (organoleptik) dengan udang rebon mutu warna batikan dan batikan oskar mendapat nilai 8,1. Sedangkan pemberian pakan campuran udang rebon dan cacing rambut kepada ikan oskar hanya mampu mendapat nilai organoleptik 4,3 ( Pengujian dilakukan oleh : Ester Nuki URS, tahun 1992 ).
Kelebihan lain pemberian pakan udang rebon untuk oskar adalah mampu menghasilkan luasan batikan yang berwarna jingga muda kemerah-merahan relatif lebih luas dibandingkan pemberian makanan pakan campuran.
Diubah oleh doni brasco
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
16-07-2013 17:18
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
Breeding

Quote:
Quote:
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers

Pemijahan Oscar dapat dilakukan pada indukan yang telah berumur 1.5 tahun, atau panjang tubuh sekitar 15 cm. Dalam memijah, Oscar berperilaku mirip dengan Discus, yaitu ikan ini akan membentuk pasangan sendiri-sendiri. Oleh karena itu seleksi, pasangan Oscar dianjurkan untuk dilakukan sejak Oscar berumur 5-6 bulan, dengan cara mencampurkan 10 ekor atau lebih Oscar dengan jenis kelamin berbeda.
Pembedaan jantan pada Oscar relatif sulit dilakukan, meskipun demikian terdapat tanda umum yaitu jantan memiliki tubuh lebih panjang, sedangkan betina lebih membulat. Pada masa kimpoi betina akan menunjukan perut yang gendut. Cara lain adalah dengan memberi pakan pada ikan yang bersangkutan dengan jumlah banyak. Pada kondisi demikian makanan yang terdapat dalam perut ikan akan menekan organ kelamin ikan sehingga mudah diamati. Apabila tabung kelamin sempit dan mengarah kebelakang maka ikan tersebut adalah jantan, sedangkan bila lebar dan mengarah kedepan betina.
Pemijahan dapat dilakukan pada bak semen berukuran 150 x 100 x 50 cm dengan ketinggian air 30 cm. Kedalamnya masukan lempengan batu bersih sebagai tempat untuk melekatkan telur. Selanjutnya ikan yang telah membentuk pasangan dan matang telur dimasukkan kedalamnya. Bak ini hendaknya ditutup sedemikian rupa sehingga menciptakan suasana teduh. Pemijahan biasanya akan terjadi pada siang dan sore hari. Apabila telur telah tampak menempel pada media, maka pindahkan media tersebut ke akuarium penetasan. Akuarium penetasan bisa berupa akuarium dengan ukuran 70 x 40 x 40 cm yang diisi air setinggi 10 cm. Beri aerasi dengan kekuatan lemah. Dalam waktu 3 hari telur pada umumnya sudah akan menetas.
Sampai dengan umur 4 hari burayak Oscar tidak perlu diberi pakan. Pada periode ini mereka akan memakan cadangan pakan yang ada pada kantung telurnya. Pada hari ke-5 burayak mulai diberi rotifera atau cyclops sebagai pakan. Hari ke-10 sudah dapat diberi kutu air saring, dan hari ke 14 sudah dapat diberikan kutu air normal. Selanjutnya dapat diberi cacing rambut.
Dalam sekali memijah Oscar dapat melepaskan 1000 - 4000 butir telur.

[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
Penyakit pada ikan oscar

Quote:
Quote:
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers

Yang paling umum ini adalah lubang di kepala, atau HITH. HITH dapat berkembang cepat jika tidak diobati, dan sering fatal jika mencapai tahap akhir tanpa tindakan.

Gejala
HITH ditandai oleh awal yang kecil, lesi bulat di wajah ikan, yang terkena dampak biasanya, pada bagian insang dan mulut. Sebagai perkembangan penyakit, lesi menjadi lebih besar dan menyatu, akhirnya berkembang menjadi lubang menganga di kepala ikan dan garis lateral. Ikan juga bisa menjadi lesu dan tidak nafsu makan.

Penyebab
Penyakit ini hampir selalu disebabkan oleh kondisi air standar atau kualitas makanan. Beberapa studi menunjukkan itu adalah mirip dengan penyakit kudis pada manusia, suatu kondisi yang berkembang setelah kekurangan vitamin berkepanjangan, namun kemungkinan kombinasi dari faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit, dan terdapat pengaruh pada jumlah ikan yang ada dalam satu wadah (bila terlalu banyak menyebabkan kualitas air rendah dan stres tinggi).

Pengobatan
Pengobatan HITH harus dimulai dengan perubahan 30 persen air dilakukan setiap tiga hari, dalam kombinasi dengan kualitas makanan yang meningkat, seperti pengenalan pelet Cichlid seimbang. Jika penyakit telah berkembang ke stadium lanjut, metronidazol dapat membantu mengobati infeksi sekunder.

Pencegahan
HITH mudah dicegah dengan menjaga kualitas air yang baik dan menawarkan diet yang seimbang, terdiri dari kedua pelet atau makanan beku atau hidup. sering uji parameter air untuk memastikan bahwa amonia, nitrat dan nitrit semua tinggal 0 ppm. Berikan banyak ikan anda ruang untuk berenang dan banyak tempat persembunyian untuk mematahkan garis pandang antara ikan di dalam tangki.

Kondisi lain
Penyakit yang sering di jumpai seperti infeksi jamur. Ikan dengan infeksi jamur harus segera dikarantina untuk menghindari penyebaran penyakit antara ikan.
Diubah oleh doni brasco
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
16-07-2013 17:18
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
Jenis - Jeni Ikan Oscar
Quote:
Quote:
oscar

Albino Oscar

oscar

Oscar Albino Red

oscar

Oscar Albino Tiger

oscar

Oscar Gold

oscar

Oscar Red

oscar

Oscar Red Tail Bahia

oscar

Oscar Red Tiger

oscar

Oscar Speckled Red

oscar

Oscar Tiger

oscar

Oscar Wild Amazon

oscar

Oscar Wild Argentina

oscar

Oscar Wild Brazil

oscar

Oscar Wild Crassipinnis

oscar

Oscar Wild Florida

oscar

Oscar Wild Orbicularis

oscar

Oscar Wild

oscar

Oscar Wild Venezuela
Diubah oleh doni brasco
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
16-07-2013 17:18
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
Penghuni yang udah mejeng di sini

Bro kokibelang
Quote:Original Posted By KokiBelang


aku cuman punya 1 aja emoticon-Malu (S)

lagi latihan disiplin


pas masih di aqua



Bro anjaultras
Quote:Original Posted By anjaultras
mejeng 2 oscar ane dulu nih gan emoticon-Malu (S)
setelah pindah rumah malah mati, mungkin kaget sama air ledeng, biasanya sumur.

akua 1


akua 2


Bro anxiousyads
Quote:Original Posted By anxiousyads
Nih 2 oscar ane size hampir segede layar hp 4" , ane onlen pake hp jd link gambar doang nih....TS tolong tongolin ye gambarnya emoticon-Smilie

oscar


si bino


Bro 72pandu
Quote:Original Posted By 72pandu
newbie coba bikin spoiler gaisa"

emoticon-Malu (S)



Diubah oleh doni brasco
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
16-07-2013 17:19
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
Toko - Toko Penjualan Oscar

Dari bro anxiousyads
Quote:Original Posted By anxiousyads

Share Info:
Yang jual oscar di kawasan sekitar cisalak, cimanggis:
-Toko PinPin (di Jl. Raya Bogor Sebelum pasar Cisalak)
Kisaran Harga : 15.000-25.000/pair, size 8cm+, 10.000/trio, size segede jempol kaki (kudu nawar sadis biar dapet murah). Yang available tiger item, tiger albino, red albino (kudu teliti milihnya, soalnya di situ grosiran)

- Toko Aquarium & Ikan Jl. Radar Auri , 200m Setelah Giant Cimanggis, jl. raya bogor kalo dari arah pasar rebo sebelah kiri ada pertigaan ke kiri, dari situ ada pertigaan lagi ke kiri, 50 m dari situ tokonya ada di sebelah kiri.
Kisaran Harga: 25.000-30.000/pair, size 5cm-8cm, cuma ada oscar tiger yg item

-Toko aquarium & Ikan di Pondok Duta, kira2 400m setelah Giant Cimanggis jl. raya bogor dari arah pasar rebo ntar ada puteran yang ada polisi cepek nya ente puter balik trus nanti ada pertigaan masuk ke kiri....luruuuuuus sampe ngelewatin jembatan, ntar sebelah kiri ada ATM center, gak jauh dari situ tokonya ada di sebelah kanan.
Harganya: 20.000-30.000/pair, disini oscar nya menurut ane ok, sizenya 8-10cm, ada tiger item N albino, cuma yang abino kurang cihuy.

- sebenernya ada 2 toko lagi, cuman jelasinnya ribet, masuk2 gang kecil


semoga bermanfaat emoticon-Shakehand2

Diubah oleh doni brasco
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
17-07-2013 06:15
ada threadnya lengkap, ijin pertamaxin emoticon-Belo
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
17-07-2013 06:41
home baru..mejeng di pekiwan emoticon-Angkat Beer
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
17-07-2013 06:44
Quote:Original Posted By arko66
ada threadnya lengkap, ijin pertamaxin emoticon-Belo


Quote:Original Posted By Windows.7
home baru..mejeng di pekiwan emoticon-Angkat Beer


monggo yang mau mejeng di pekiwan emoticon-Ngakak
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
17-07-2013 07:10
wah ini lebih lengkap ya
sip dah buat TS

btw, itu oscarnya TS semua ya emoticon-Matabelo
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
17-07-2013 07:36
Quote:Original Posted By KokiBelang
wah ini lebih lengkap ya
sip dah buat TS

btw, itu oscarnya TS semua ya emoticon-Matabelo


yang lama ts nya ane pm ga reply reply, emoticon-Frown
bukan, ane ccuma punya beberapa jenis aja emoticon-Malu (S)
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
17-07-2013 08:28
Quote:Original Posted By doni brasco


yang lama ts nya ane pm ga reply reply, emoticon-Frown
bukan, ane ccuma punya beberapa jenis aja emoticon-Malu (S)


aku cuman punya 1 aja emoticon-Malu (S)

lagi latihan disiplin


pas masih di aqua

0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
17-07-2013 08:37
Quote:Original Posted By KokiBelang


aku cuman punya 1 aja emoticon-Malu (S)

lagi latihan disiplin


pas masih di aqua



jenis albino tiger ya, bagus tuh besarnya, batiknya
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
17-07-2013 08:49
Quote:Original Posted By doni brasco


jenis albino tiger ya, bagus tuh besarnya, batiknya


untuk jenisnya ngikut kata TS aja, ga tau soalnya emoticon-Malu (S)

thanks, moga bisa bagus bener emoticon-Malu (S)
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
17-07-2013 08:54
Quote:Original Posted By KokiBelang


untuk jenisnya ngikut kata TS aja, ga tau soalnya emoticon-Malu (S)

thanks, moga bisa bagus bener emoticon-Malu (S)


itu di campur sama yang lain gpp tuh?
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
17-07-2013 08:56
Quote:Original Posted By doni brasco


itu di campur sama yang lain gpp tuh?


gpp aman² aja emoticon-Big Grin,
masalahnya aquanya sekarang lagi dipake buat yg kecil²,
jadi oscarnya latihan disiplin sama spatula emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
17-07-2013 08:58
Quote:Original Posted By KokiBelang


gpp aman² aja emoticon-Big Grin,
masalahnya aquanya sekarang lagi dipake buat yg kecil²,
jadi oscarnya latihan disiplin sama spatula emoticon-Ngakak (S)


emoticon-Ngakak masuk kolam semua udah berapa lama tuh oscar di adop?
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
17-07-2013 09:00
puh oscar ane ke hith, full mateng badannya kaya orang kena kurap, efektif nya diapain ya? sayan udah dede emoticon-Frown
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
17-07-2013 09:02
Quote:Original Posted By davidian
puh oscar ane ke hith, full mateng badannya kaya orang kena kurap, efektif nya diapain ya? sayan udah dede emoticon-Frown


efektifnya bisa langsung operasi kecil, tapi kasian, coba di pindah di air baru dan kasih metronidazol
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
17-07-2013 09:09
Quote:Original Posted By doni brasco


emoticon-Ngakak masuk kolam semua udah berapa lama tuh oscar di adop?


Setahunan rasanya, adop dr ukuran sekelingking, sekarang uk ±25cm up


sekalian samlam emoticon-Cendol (S) emoticon-Big Grin
Diubah oleh KokiBelang
0 0
0
[Reborn] Oscar forum, tempat kumpul oscar lovers
17-07-2013 09:22
oscar ane dihajar green terror, padahal badan oscarnya lebih gede. emoticon-Frown
masih bocah aja udah ada bakat preman. emoticon-Mad

BTW gambar jenis2 oscarnya dispoiler aja donk om TS, inet ane nggak kuat load BWK gitu. emoticon-Thinking
0 0
0
Halaman 1 dari 54
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia