Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
21
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51e037b51f0bc3e207000004/perkembangan-motorik-dan-sosial-anak
permisi... :kisss mau share pengentahuan lagi nih buat agan dan sista :kisss :babyboy terutama para pendekar Anak semua :babygirl Perkembangan gerak fungsional tubuh manusia dapat di perhatikan atau di amati sejak lahir hingga meninggal Proses gerak mulai dapat diamati mulai dari tingkatan mikroskopik atau gerak yang terjadi pada tingkatan intra sel sampai gerak aktual yang setiap hari dilakukan o
Lapor Hansip
13-07-2013 00:07

Perkembangan Motorik dan Sosial Anak

permisi...
emoticon-Kiss (S) mau share pengentahuan lagi nih buat agan dan sista emoticon-Kiss (S)
emoticon-Baby Boy terutama para pendekar Anak semua emoticon-Baby Girl


Quote:
Quote:Perkembangan gerak fungsional tubuh manusia dapat di perhatikan atau di amati sejak lahir hingga meninggal

Quote:Proses gerak mulai dapat diamati mulai dari tingkatan mikroskopik atau gerak yang terjadi pada tingkatan intra sel sampai gerak aktual yang setiap hari dilakukan oleh manusia untuk beraktivitas

Quote:Kemampuan gerak dan keterampilan yang dimiliki merupakan hasil dari suatu proses pembelajaran atau adaptasi terhadap lingkungannya


Quote:Dalam lima tahun pertama yang disebut “The Golden Years”, seorang anak mempunyai potensi yang sangat besar untuk berkembang
Quote:
Pada usia ini 90% dari fisik otak anak sudah terbentuk. Karena itu, di masa-masa inilah anak-anak seyogyanya mulai diarahkan. Karena saat-saat keemasan ini tidak akan terjadi dua kali

sebagai orang tua yang proaktif Anda harus memperhatikan benar hal-hal yang berkenaan dengan perkembangan sang buah hati emoticon-Kiss (S)


Quote:
Fakta tentang otak

Quote:
Saat lahir, bayi punya 100 miliar sel otak yang belum tersambung
Pada usia 0-3 tahun terdapat 1000 triliun koneksi (sambungan antar sel)

Pada saat inilah anak-anak bisa mulai diperkenalkan berbagai hal dengan cara mengulang-ulang :
- memperdengarkan bacaan Al Qur' an emoticon-Kiss (S)
- Bahasa Asing seperti bahasa Inggris emoticon-thumbsup
- memperkenalkan nama-nama benda dengan cara bermain dan menunjukkan gambar emoticon-Smilie
- memperkenalkan warna dengan menunjukkan kepadanya dalam bentuk benda yang dia kenal, warna-warna cerah di kamarnya dan gambar emoticon-Kiss (S)
- memperkenalkan aroma buah melalui buku emoticon-thumbsup
- membacakan cerita atau dongeng emoticon-Cendol (S)

Quote:
Pada usia 6 tahun, koneksi yang terus diulang (mengalami pengulangan – pengulangan) akan menjadi permanen. Sedangkan koneksi yang tidak digunakan akan dipangkas alias dibuang

Quote:
Oleh karenanya, usia sebelum 6 tahun adalah saat yang tepat untuk mengoptimalkan daya serap otak anak agar tidak terpangkas percuma


Quote:
Otak yang belum matang rentan terhadap trauma

Quote:
Trauma yang di maksud baik terhadap ucapan yang keras maupun tindakan yang menyakitkan

Quote:
Susunan otak terbentuk dari pengalaman

Quote:
Jika pengalaman anak takut dan stress, maka respons otak terhadap dua hal itulah yang akan menjadi arsitek otak sehingga dapat merubah struktur fisik otak

Itulah mengapa kita harus menghindarkan diri dari memarahi anak atau memukulnya emoticon-Takut (S)
Jika anak kita melakukan kesalahan atau melakukan sesuatu yang tidak sopan, sebaiknyalah kita mulai mengajarkannya mana yang betul dan sopan santun dengan cara yang arif serta penuh kesabaran emoticon-Kiss (S)


Quote:
Bagian Otak

Quote:
Otak terdiri dari dua belahan
yaitu kanan dan kiri yang memiliki fungsi yang berbeda namun saling mendukung

Quote:
Pekerjaan otak kiri berhubungan dengan
fungsi verbal, temporal, logis, analitis, rasional serta kegiatan berpola

Quote:
Pekerjaan otak kanan berhubungan dengan
fungsi kreatif dan kemampuan bekerja dengan gambaran (visual) dan berfikir intuitif, abstrak dan non-verbal serta kemampuan taktil/motorik halus pada tangan, termasuk pembentukan akhlak dan moral

Sistem pendidikan di Indonesia maupun ilmu pengetahuan pada umumnya cenderung kurang memperhatikan kepandaian yang tak terucapkan

Quote:
masyarakat modern cenderung menganaktirikan belahan otak kanan

emoticon-thumbsupPrestasi pikiran manusia memerlukan kerja yang terpadu antara belahan otak kiri dan otak kanan emoticon-shakehand

Quote:
Kalau tujuan kita adalah mengembangkan pribadi yang sehat dan jika kita ingin menumbuhkan kreativitas secara penuh, maka diperlukan pengajaran untuk menuju keseimbangan antara fungsi kedua belahan otak tersebut


Semoga bermanfaat emoticon-shakehand
Tiada kado terindah, selain melihat anak tumbuh sehat dan cerdas emoticon-Kiss (S)


emoticon-Baby BoySalam Hangat Untuk Kalian Para Jagoan Anak emoticon-Baby Girl
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
13-07-2013 00:09
Quote:Fakta tentang stress
1. Anak yang mengalami stress pada usia kritis 0-3 tahun akan menjadi anak yang hiperaktif, cemas dan bertingkah laku seenaknya
2. Anak dari lingkungan stress tinggi mengalami kesulitan konsentrasi dan kendali diri
3. Cara orang tua berinteraksi dengan anak di awal kehidupan akan membuat dampak pada perkembangan emosional, kemampuan belajar dan bagaimana berfungsi di kehidupan yang akan datang


Quote:Ciri-ciri anak pada milenium kedua :
- mampu berpikir cepat
- mampu beradaptasi dengan cepat dan benar
- memiliki keimanan kuat sebagai filter
- menguasai bahasa dunia
- mampu menyelesaikan masalah dengan cepat


Quote:
Tambahan dari Kaskuser

Quote:Original Posted By Ramley

Judulnya kayaknya lebih tepatnya kayaknya Otak Anak dan Implikasinya atau Otak Anak dan Fungsinya.

Perkembangan Motorik dan Sosial Anak, ada 3 hal yang bisa dibreakdown nanti : (1) Perkembangan Motorik (2) Sosial Anak (3) Hubungan motorik dengan sosial anak. Perkembangan Motorik anak akan lebih tepat apabila diisi dengan perkembangan pertahapan gerak dan koordinasi fisik anak. Perkembangan Sosial Anak lebih tepat andaikata diisi dengan proses dan perilaku pertahapan yang muncul dari anak dalam usahanya sebagai makhluk sosial. Hubungan Perkembangan Motorik Anak dan Perkembangan Sosial Anak mungkin lebih tepat bila diisi dengan hubungan timbal balik motorik-sosial anak. Bisa saja motorik yang dirangsang dengan pola sosial anak, atau motorik anak yang menunjang sosial anak.

Untuk materi stress anak coba saya tambahkan materinya disini :

Pengertian
Stres anak adalah : gejala jiwa yang berupa respons tubuh yang menunjukkan suatu tekanan atau tuntutan atau ketegangan psikis yang dialami anak yang bersifat non spesifik terhadap setiap tuntutan beban atasnya dengan tujuan agar ia beradaptasi atau menyesuaikan diri.

Sumber stres anak adalah :
  • Faktor biologis yang meliputi : perubahan karena pertumbuhan, sakit, atau orang tua yang sakit, kerentanan biologis, jenis kelamin, dan usia.
  • Faktor psikologis yang meliputi : common fears (ketakutan secara umum), harapan orang tua yang berlebihan, kecemasan akademik, frustasi, pikiran-pikiran yang buruk tentang diri mereka sendiri, proses dan adaptasi pada tugas perkembangan, perbedaan temperamen, sifat dan konteks dari stres, dan faktor kognitif.
  • Faktor lingkungan sosial yang meliputi : masalah dengan teman atau orang tua, lingkungan yang tidak aman, sakitnya orang tua atau seseorang yang dianggap penting, dukungan dan bantuan interaksi emosional, status perkimpoian dan psikopatologi orang tua, interaksi dengan orang tua, pola asuh, dan status sosial yang rendah.
  • Faktor lingkungan fisik yang meliputi : perubahan yang terjadi di lingkungan sekolah, rumah dan tempat tinggal, lingkungan yang tidak aman, dan konflik di lingkungan.


Gejala dan bentuk stres anak dapat dilihat pada :
  • Gejala dan bentuk emosional yaitu : ketakutan, rasa malu, kesepian, agitasi, iritabilitas, kecemasan, hipersensitivitas, depresi, dan kesadaran diri.
  • Gejala dan bentuk perilaku yaitu : membantah guru, menyakiti orang lain, defisit atau kurang perhatian dan konsentrasi, perilaku impulsif, regresi terhadap perilaku tidak dewasa, penarikan sosial atau menyendiri atau isolasi, keterampilan sosial yang tidak memadai, dan bermasalah dalam akademik.
  • Gejala dan bentuk fisik yaitu : rentan terhadap flu dan pilek, sakit kepala, asma, masalah pencernaan dan nyeri perut, kondisi jantung, dan bahkan arthritis.

Diubah oleh kapuk10
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
13-07-2013 01:04
wah pak dok bikinnya malam bgt emoticon-Matabelo
ane baca dulu ya pak emoticon-cystg
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
13-07-2013 03:30
Quote:Original Posted By pedrosaa
wah pak dok bikinnya malam bgt emoticon-Matabelo
ane baca dulu ya pak emoticon-cystg

itung-itung nunggu sahur om emoticon-Big Grin
monggo di baca emoticon-shakehand
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
13-07-2013 12:44
Quote:Original Posted By kapuk10
permisi...
emoticon-Kiss (S) mau share pengentahuan lagi nih buat agan dan sista emoticon-Kiss (S)
emoticon-Baby Boy terutama para pendekar Anak semua emoticon-Baby Girl










Semoga bermanfaat emoticon-shakehand
Tiada kado terindah, selain melihat anak tumbuh sehat dan cerdas emoticon-Kiss (S)


emoticon-Baby BoySalam Hangat Untuk Kalian Para Jagoan Anak emoticon-Baby Girl


ane kenyot juga yang ini emoticon-Kiss
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
13-07-2013 16:00
Thanks info nya om reza emoticon-shakehand:

Mau cepet2 rasanyaa emoticon-Big Grin
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
13-07-2013 21:00
Numpang titip pesan kak seto di acara 2 Tamu Metro Tv malam ini:
"Jangan pernah berharap untuk punya anak penurut, tapi berharaplah untuk punya anak yang bisa diajak kerja sama". Karena di dalam keluarga diperlukan kerja sama di antara semua anggota keluarga.
"Biasakan punya sidang MPR di rumah pada akhir minggu untuk berdiskusi tentang kegiatan keluarga, tanyakan apa pendapat semua orang termasuk ide2 anak lalu didiskusikan dan diputuskan bersama". --> untuk anak yang udah agak besar kayaknya, minimal si anak udah bisa mengemukakan pendapatnya.

Kaitannya dgn thread ini, anak mulai bersosialisasi dari sejak masih dalam keluarga, belajar berdiskusi, mengemukakan pendapat, dan merasa dihargai bukannya dipaksa mengikuti keinginan orang tuanya.
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
13-07-2013 21:16
Quote:Original Posted By funnyfany
Thanks info nya om reza emoticon-shakehand:

Mau cepet2 rasanyaa emoticon-Big Grin

semoga menyusul deh tante emoticon-shakehand
Quote:Original Posted By TheLostSoul
Numpang titip pesan kak seto di acara 2 Tamu Metro Tv malam ini:
"Jangan pernah berharap untuk punya anak penurut, tapi berharaplah untuk punya anak yang bisa diajak kerja sama". Karena di dalam keluarga diperlukan kerja sama di antara semua anggota keluarga.
"Biasakan punya sidang MPR di rumah pada akhir minggu untuk berdiskusi tentang kegiatan keluarga, tanyakan apa pendapat semua orang termasuk ide2 anak lalu didiskusikan dan diputuskan bersama". --> untuk anak yang udah agak besar kayaknya, minimal si anak udah bisa mengemukakan pendapatnya.

Kaitannya dgn thread ini, anak mulai bersosialisasi dari sejak masih dalam keluarga, belajar berdiskusi, mengemukakan pendapat, dan merasa dihargai bukannya dipaksa mengikuti keinginan orang tuanya.

setuju... emoticon-shakehand
trims udah memberikan masukan emoticon-thumbsup
berbagi itu indah
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
14-07-2013 22:19
Bro.. Judulnya kayaknya lebih tepatnya kayaknya Otak Anak dan Implikasinya atau Otak Anak dan Fungsinya. Saya ngeliatnya dari contentnya seeh, hehehe.. Kecuali kalo memang nanti ada penambahan materi proses otak-motorik dan proses otak-sosial atau otak-motorik-sosial beserta proses integrasinya... Atau memang ada perspektif lain lagi versinya mas bro??

Karena kalo Perkembangan Motorik dan Sosial Anak, ada 3 hal yang bisa dibreakdown nanti : (1) Perkembangan Motorik (2) Sosial Anak (3) Hubungan motorik dengan sosial anak. Perkembangan Motorik anak akan lebih tepat apabila diisi dengan perkembangan pertahapan gerak dan koordinasi fisik anak. Perkembangan Sosial Anak lebih tepat andaikata diisi dengan proses dan perilaku pertahapan yang muncul dari anak dalam usahanya sebagai makhluk sosial. Hubungan Perkembangan Motorik Anak dan Perkembangan Sosial Anak mungkin lebih tepat bila diisi dengan hubungan timbal balik motorik-sosial anak. Bisa saja motorik yang dirangsang dengan pola sosial anak, atau motorik anak yang menunjang sosial anak. Tapi kalo memang ada perspektif lain dari sudut pandang dokter anak, kalo nggak salah, hehehe...emoticon-Peace dan masih ada lanjutan materinya, ya monggo wae...

Untuk materi stress anak coba saya tambahkan materinya disini :

Pengertian
Stres anak adalah : gejala jiwa yang berupa respons tubuh yang menunjukkan suatu tekanan atau tuntutan atau ketegangan psikis yang dialami anak yang bersifat non spesifik terhadap setiap tuntutan beban atasnya dengan tujuan agar ia beradaptasi atau menyesuaikan diri.

Sumber stres anak adalah :
  • Faktor biologis yang meliputi : perubahan karena pertumbuhan, sakit, atau orang tua yang sakit, kerentanan biologis, jenis kelamin, dan usia.
  • Faktor psikologis yang meliputi : common fears (ketakutan secara umum), harapan orang tua yang berlebihan, kecemasan akademik, frustasi, pikiran-pikiran yang buruk tentang diri mereka sendiri, proses dan adaptasi pada tugas perkembangan, perbedaan temperamen, sifat dan konteks dari stres, dan faktor kognitif.
  • Faktor lingkungan sosial yang meliputi : masalah dengan teman atau orang tua, lingkungan yang tidak aman, sakitnya orang tua atau seseorang yang dianggap penting, dukungan dan bantuan interaksi emosional, status perkimpoian dan psikopatologi orang tua, interaksi dengan orang tua, pola asuh, dan status sosial yang rendah.
  • Faktor lingkungan fisik yang meliputi : perubahan yang terjadi di lingkungan sekolah, rumah dan tempat tinggal, lingkungan yang tidak aman, dan konflik di lingkungan.


Gejala dan bentuk stres anak dapat dilihat pada :
  • Gejala dan bentuk emosional yaitu : ketakutan, rasa malu, kesepian, agitasi, iritabilitas, kecemasan, hipersensitivitas, depresi, dan kesadaran diri.
  • Gejala dan bentuk perilaku yaitu : membantah guru, menyakiti orang lain, defisit atau kurang perhatian dan konsentrasi, perilaku impulsif, regresi terhadap perilaku tidak dewasa, penarikan sosial atau menyendiri atau isolasi, keterampilan sosial yang tidak memadai, dan bermasalah dalam akademik.
  • Gejala dan bentuk fisik yaitu : rentan terhadap flu dan pilek, sakit kepala, asma, masalah pencernaan dan nyeri perut, kondisi jantung, dan bahkan arthritis.


Sumber :
  • Kenneth B. Matheny, David W. Aycock, dan Christopher J. McCarthy : Stress in School-Aged Children and Youth (Educational Psychology Review, Vol. 5, No. 2, 1993)
  • Helping Children Cope With Stress, North Carolina State University and North Carolina A&T State University
  • American Psychologist Association (APA) Online: Identifying Signs of Stress in Your Children and Teens
  • Gunarso, Singgih D. dan Y. Singgih D. Gunarso, Psikologi Praktis : Anak, Remaja, dan Keluarga, Yogyakarta: BPK Gunung Mulia, 2001
  • Diane E. Papalia and Sally Wendkos Olds, A Child’s World-Infancy Through Adolescence (New York: McGraw-Hill, 1990)
  • Department of Health and Ageing, Australian Government, et.al, Helpful Coping Skills for Common Fears and Worries
  • Johana E. Prawitasari, Psikologi Terapan – Melintas Batasan Disiplin Ilmu (Erlanga, Jakarta, 2012)
  • Nick Kowalenko, Department of Psychological Medicine, University of Sydney and Clinical Director, Department of Child and Adolescent Mental Health, Royal North Shore Hospital, Government of South Australia
  • Children Stress : Source, Reactions, and Interventions (Early Childhood Education Journal, Vol.11, September 1983 – June 1984
  • Reinhold G. Laessle dan Birgit Lindel, Stress Symptoms and Stress-Related Coping in Depressed Children (The German Journal of Psychiatry, ISSN 1433-1055, 2010)
  • Patsy Allen : Working With Parents : Get a Handle on Stres (Early Childhood Education Journal, Vol.20, September 1992 – June 1993)
  • Melvin Lewis, Child and Adolescent Psychiatry: A Comprehensive Textbook 3rd edition, (Lippincott Williams & Wilkins Publishers, Philadelphia, 2002)


Itu dulu...hehehehe...berbagi ilmu memang nggak boleh setengah-setengah..emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup
Diubah oleh Ramley
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
14-07-2013 22:24
Quote:Original Posted By Ramley
Bro.. Judulnya kayaknya lebih tepatnya kayaknya Otak Anak dan Implikasinya atau Otak Anak dan Fungsinya. Saya ngeliatnya dari contentnya seeh, hehehe.. Kecuali kalo memang nanti ada penambahan materi proses otak-motorik dan proses otak-sosial atau otak-motorik-sosial beserta proses integrasinya... Atau memang ada perspektif lain lagi versinya mas bro??

Karena kalo Perkembangan Motorik dan Sosial Anak, ada 3 hal yang bisa dibreakdown nanti : (1) Perkembangan Motorik (2) Sosial Anak (3) Hubungan motorik dengan sosial anak. Perkembangan Motorik anak akan lebih tepat apabila diisi dengan perkembangan pertahapan gerak dan koordinasi fisik anak. Perkembangan Sosial Anak lebih tepat andaikata diisi dengan proses dan perilaku pertahapan yang muncul dari anak dalam usahanya sebagai makhluk sosial. Hubungan Perkembangan Motorik Anak dan Perkembangan Sosial Anak mungkin lebih tepat bila diisi dengan hubungan timbal balik motorik-sosial anak. Bisa saja motorik yang dirangsang dengan pola sosial anak, atau motorik anak yang menunjang sosial anak. Tapi kalo memang ada perspektif lain dari sudut pandang dokter anak, kalo nggak salah, hehehe...emoticon-Peace dan masih ada lanjutan materinya, ya monggo wae...

Untuk materi stress anak coba saya tambahkan materinya disini :

Pengertian
Stres anak adalah : gejala jiwa yang berupa respons tubuh yang menunjukkan suatu tekanan atau tuntutan atau ketegangan psikis yang dialami anak yang bersifat non spesifik terhadap setiap tuntutan beban atasnya dengan tujuan agar ia beradaptasi atau menyesuaikan diri.

Sumber stres anak adalah :
  • Faktor biologis yang meliputi : perubahan karena pertumbuhan, sakit, atau orang tua yang sakit, kerentanan biologis, jenis kelamin, dan usia.
  • Faktor psikologis yang meliputi : common fears (ketakutan secara umum), harapan orang tua yang berlebihan, kecemasan akademik, frustasi, pikiran-pikiran yang buruk tentang diri mereka sendiri, proses dan adaptasi pada tugas perkembangan, perbedaan temperamen, sifat dan konteks dari stres, dan faktor kognitif.
  • Faktor lingkungan sosial yang meliputi : masalah dengan teman atau orang tua, lingkungan yang tidak aman, sakitnya orang tua atau seseorang yang dianggap penting, dukungan dan bantuan interaksi emosional, status perkimpoian dan psikopatologi orang tua, interaksi dengan orang tua, pola asuh, dan status sosial yang rendah.
  • Faktor lingkungan fisik yang meliputi : perubahan yang terjadi di lingkungan sekolah, rumah dan tempat tinggal, lingkungan yang tidak aman, dan konflik di lingkungan.


Gejala dan bentuk stres anak dapat dilihat pada :
  • Gejala dan bentuk emosional yaitu : ketakutan, rasa malu, kesepian, agitasi, iritabilitas, kecemasan, hipersensitivitas, depresi, dan kesadaran diri.
  • Gejala dan bentuk perilaku yaitu : membantah guru, menyakiti orang lain, defisit atau kurang perhatian dan konsentrasi, perilaku impulsif, regresi terhadap perilaku tidak dewasa, penarikan sosial atau menyendiri atau isolasi, keterampilan sosial yang tidak memadai, dan bermasalah dalam akademik.
  • Gejala dan bentuk fisik yaitu : rentan terhadap flu dan pilek, sakit kepala, asma, masalah pencernaan dan nyeri perut, kondisi jantung, dan bahkan arthritis.


Sumber :
  • Kenneth B. Matheny, David W. Aycock, dan Christopher J. McCarthy : Stress in School-Aged Children and Youth (Educational Psychology Review, Vol. 5, No. 2, 1993)
  • Helping Children Cope With Stress, North Carolina State University and North Carolina A&T State University
  • American Psychologist Association (APA) Online: Identifying Signs of Stress in Your Children and Teens
  • Gunarso, Singgih D. dan Y. Singgih D. Gunarso, Psikologi Praktis : Anak, Remaja, dan Keluarga, Yogyakarta: BPK Gunung Mulia, 2001
  • Diane E. Papalia and Sally Wendkos Olds, A Child’s World-Infancy Through Adolescence (New York: McGraw-Hill, 1990)
  • Department of Health and Ageing, Australian Government, et.al, Helpful Coping Skills for Common Fears and Worries
  • Johana E. Prawitasari, Psikologi Terapan – Melintas Batasan Disiplin Ilmu (Erlanga, Jakarta, 2012)
  • Nick Kowalenko, Department of Psychological Medicine, University of Sydney and Clinical Director, Department of Child and Adolescent Mental Health, Royal North Shore Hospital, Government of South Australia
  • Children Stress : Source, Reactions, and Interventions (Early Childhood Education Journal, Vol.11, September 1983 – June 1984
  • Reinhold G. Laessle dan Birgit Lindel, Stress Symptoms and Stress-Related Coping in Depressed Children (The German Journal of Psychiatry, ISSN 1433-1055, 2010)
  • Patsy Allen : Working With Parents : Get a Handle on Stres (Early Childhood Education Journal, Vol.20, September 1992 – June 1993)
  • Melvin Lewis, Child and Adolescent Psychiatry: A Comprehensive Textbook 3rd edition, (Lippincott Williams & Wilkins Publishers, Philadelphia, 2002)


Itu dulu...hehehehe...berbagi ilmu memang nggak boleh setengah-setengah..emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup

terima kasih utk penambahannya om emoticon-shakehand
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
14-07-2013 23:35
emoticon-coffee emoticon-linux2
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
15-07-2013 00:05
Quote:Original Posted By wiraspy
emoticon-coffee emoticon-linux2

gak sekalian bawa tipi om dimari
emoticon-Hot News
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
15-07-2013 02:30
Quote:Original Posted By kapuk10

terima kasih utk penambahannya om emoticon-shakehand


Sekalian mau nanya bro.. Kalo assessment anak versi dokter spesialis anak modelnya atau aspek yang dilihat apa aja?? Generally wae.. Makasih.. emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
15-07-2013 03:07
Quote:Original Posted By Ramley


Sekalian mau nanya bro.. Kalo assessment anak versi dokter spesialis anak modelnya atau aspek yang dilihat apa aja?? Generally wae.. Makasih.. emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup

secara general biasanya dalam menentukan sebuah assessment, yang pertama di lihat adalah cara dia bersosialisasi terhadap lingkungan sekitarnya, cara dia berinteraksi dengan pendampingnya, outo focus dia terhadap suatu benda
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
17-07-2013 06:56
kalo ada tanya jawab, silahkan emoticon-shakehand
Diubah oleh AnakBengkulu
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
17-07-2013 11:38
ijinkan ane duduk manis aja emoticon-linux2

sapa tau ada yang mau sedekah emoticon-Bata (S) ke ane...
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
17-07-2013 12:40
Quote:Original Posted By prince_charming
ijinkan ane duduk manis aja emoticon-linux2

sapa tau ada yang mau sedekah emoticon-Bata (S) ke ane...

sopo iki emoticon-Thinking
kalo ane emoticon-Cendol (S) aja mau gak emoticon-Malu
Diubah oleh AnakBengkulu
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
17-07-2013 12:46
Quote:Original Posted By AnakBengkulu

sopo iki emoticon-Thinking
kalo ane emoticon-Cendol (S) aja mau gak emoticon-Malu

emoticon-Cendol (S) nya buat yang satunya kan udaahh.. emoticon-Embarrassment
kalo yang ini.... emoticon-Bata (S) aja emoticon-Malu (S)


dah balik ke seberang Puh?
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
19-07-2013 16:57
Quote:Original Posted By prince_charming

emoticon-Cendol (S) nya buat yang satunya kan udaahh.. emoticon-Embarrassment
kalo yang ini.... emoticon-Bata (S) aja emoticon-Malu (S)


dah balik ke seberang Puh?

udah om...
ini alhamdulillah lagi nemenin cinta maen emoticon-Big Grin
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
18-08-2013 06:08
kok tritnya lebih banyak bahas otak?
0 0
0
Perkembangan Motorik dan Sosial Anak
18-08-2013 13:06
Quote:Original Posted By aktiviskask.us
kok tritnya lebih banyak bahas otak?

fokus utama pada usia balita memang sangat menitik beratkan tentang otak emoticon-shakehand
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia