Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
46
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51db804a59cb17b43d000006/3-buah-khsas-bulan-puasa
Sebelumnya maaf kalo repost :iloveindonesia Ane cuman mau share ajah. Kolang-kaling (buah atap) adalah nama cemilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang kaling yang dalam bahasa Belanda biasa disebut glibbertjes ini, dibuat dari biji pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah. Untuk membuat kolang-kaling, para pengusa
Lapor Hansip
09-07-2013 10:15

3 Buah khsas bulan puasa

Sebelumnya maaf kalo repost emoticon-I Love Indonesia

Code:
[FONT="Arial Black"][color=green]Ane cuman mau share ajah.[/color][/FONT]
[SPOILER=kolang kaling / buah atap][QUOTE][img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/2a/Aren_pinna_080814_2160_K_srna.jpg/475px-Aren_pinna_080814_2160_K_srna.jpg[/img][FONT="Arial Black"]
[color=green][CENTER]Kolang-kaling (buah atap) adalah nama cemilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang kaling yang dalam bahasa Belanda biasa disebut glibbertjes ini, dibuat dari biji pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah. Untuk membuat kolang-kaling, para pengusaha kolang kaling biasanya membakar buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus tersebut kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.
Kolang-kaling memiliki kadar air sangat tinggi, hingga mencapai 93,8% dalam setiap 100 gram-nya. Kolang kaling juga mengandung 0,69 gram protein, empat gram karbohidrat, serta kadar abu sekitar satu gram dan serat kasar 0,95 gram.
Selain memiliki rasa yang menyegarkan, mengonsumsi kolang kaling juga membantu memperlancar kerja saluran cerna manusia.
Kandungan karbohidrat yang dimiliki kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengonsumsinya, selain itu juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.[/CENTER][/color]
[/QUOTE][/SPOILER][/FONT][color=green][/color]

[SPOILER=Penampakan kolang kaling1][QUOTE][img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/88/Aren_pinna_080814_2082_K_srna.jpg/586px-Aren_pinna_080814_2082_K_srna.jpg[/img][SPOILER=Penampakan kolang kaling2][img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/ad/Aren_pinna_080813_1988_K_srna.jpg/800px-Aren_pinna_080813_1988_K_srna.jpg[/img][SPOILER=Penampakan kolang kaling 3][img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/3/3d/Kolangkaling_mentah.jpg/559px-Kolangkaling_mentah.jpg[/img][/SPOILER][/SPOILER][/QUOTE][/SPOILER]
[SPOILER=Kasiat buah kalang kaling][QUOTE][FONT="Arial Black"][color=green][CENTER]Buah mungil dari pohon aren ini kerap hadir dan akrab di meja makan kita saat bulan Ramadhan tiba, terutama pada saat berbuka puasa. Ia dapat disuguhkan menjadi berbagai macam jenis olahan, seperti sebagai isian kolak, setup buah, manisan, atau campuran minuman dingin. Tak afdol rasanya jika saat buka puasa tidak dilengkapi dengan kehadiran si kolang-kaling ini.
Kolang-kaling yang dalam bahasa Belanda biasa disebut glibbertkjes ini sebetulnya hanya merupakan protein albumin yang dibutuhkan oleh benih pohon aren sebagai persediaan makanan. Buah yang tinggi kadar airnya ini diambil dari biji buah aren yang berbentuk lonjong pipih, bergetah dan bikin gatal. Untuk mengubahnya menjadi kolang-kaling, buah aren tersebut harus dibakar terlebih dahulu hingga hangus atau direbus selama beberapa jam. Setelah itu, dilanjutkan dengan diredam dengan air kapur selama beberapa hari hingga akhirnya biji-bijinya dapat diolah.
Ditinjau dari sudut gizi, buah bertekstur kenyal dan berwarna putih bening ini sebetulnya tidak memiliki kandungan nutrisi yang hebat. Namun demikian, bukan berarti ia tidak bermanfaat sama sekali. Setidaknya, jika dimakan tanpa banyak menggunakan gula, kolang-kaling dapat memperlancar kerja saluran cerna, sehingga secara tidak langsung juga akan melancarkan buang air besar (BAB).
[/CENTER][/color][/FONT][/QUOTE][/SPOILER]
[SPOILER=Manisan kolang kaling][QUOTE][img]http://farm4.static.flickr.com/3117/2847653848_0c749cdd52_o.jpg[/img][SPOILER=manisan kolang kaling][img]http://farm4.static.flickr.com/3193/2847697228_dc90ff6855_o.jpg[/img][SPOILER=manisan kolang kaling][img]http://farm4.static.flickr.com/3019/2847723656_2257a3ca33_o.jpg[/img][FONT="Arial Black"][color=green][CENTER]
Manisan buah atap yang kenyal legit bisa jadi camilan saat berbuka. Untuk campuran es atau pelengkap minuman juga enak. Membuat manisan ini tidak sulit. Bisa disimpan beberapa hari.

Seringkali manisan kolang-kaling keras dan berbau asam. Yang dijual di pasaran juga dibubuhi pengawet dan gula buatan dan pewarna berlebihan. Mumpung masih awal puasa, Anda bisa membuat sendiri. Manisan kolang-kaling yang lembut tetapi kering bisa dibuat sendiri. Caranya juga tidak sulit. Ikuti tips berikut ini.

Kolang-kaling:
Yang dijual di pasar biasanya ada jenis yang kecil kenyal dan pipih lebar. Pilihlah jenis yang pipih lebar dan tidak keras karena kolang-kaling ini masih muda. Pilihlah yang berukuran agak sama agar saat memasak bisa matang bersamaan.

Resep:
Siapkan 2 kg buah atap/kolang-kaling ,2 liter air cucian beras, 1, 5 liter air 4 lembar daun jeruk purut 2 lembar daun pandan, 600 g gula pasir dan pewarna merah

Langkah:
• Air cucian beras merupakan air yang dipakai untuk mencuci beras. Warnanya putih keruh. Sisihkan air ini dari 2 kali bilasan cucian beras.
• Cuci bersih kolang-kaling.
• Rendam kolang-kaling dalam air cucian beras selama 4 jam atau lebih agar lendir dan aroma asamnya hilang. Tiriskan.
• Bilas dengan air bersih, tiriskan kembali.
• Rebus kolang-kaling bersama air, daun jeruk, dan daun pandan hingga mendidih selama 30 menit.
• Masukkan gula dan beri beberapa tetes pewarna merah.
• Masak terus hingga air berkurang dan kolang-kaling menjadi merah.
• Tiriskan kolang-kaling.
• Jerangkan air siropnya hingga agak kental.
• Masukkan kembali kolang-kaling dan masak dengan api kecil hingga air siropnya habis atau hampir kering lalu angkat.
• Dinginkan. Taruh dalam wadah tertutup. Simpan dalam lemari es.
[/CENTER][/color][/FONT][/SPOILER][/SPOILER][/QUOTE][/SPOILER]
[SPOILER=es kopyor kolang kaling][QUOTE][img]http://photos-h.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc1/hs188.snc1/6320_1214136080182_1432208270_30595279_4038304_n.jpg[/img][FONT="Arial Black"][color=green]
Bahan dan cara membuatnya :
1 bh kelapa muda kopyor, kerok (klu tidak ada bisa kelapa muda)
100 gr kolang kaling, cuci bersih, iris tipis
100 ml susu kental manis
es batu secukupnya
SIRUP:
100 gr gula pasir
200 ml air (bisa ditambahkan air kelapa)
2 lbr daun pandan
1/4 sdt vanili bubuk
CARA MEMBUAT:
* rebus kolang-kaling dengan 250 ml air dan 100 gr gula pasir.
Beri pewarna merah tua beberapa tetes. Biarkan kolang-kaling tetap terendam beberapa saat
agar gula meresap dan kolang-kaling berubah warna. Tiriskan.
* Sirup: campur semua bahan, masak hingga mendidih dan kental, angkat dan dinginkan.
* Penyajian: siapkan gelas saji. Masukkan kolang-kaling, kelapa kopyor dan es batu.
Tuang sirup gula dan susu kental manis. Sajikan saat dingin.
[URL="http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013381577/yuukk-mengenal-buah-kolang-kaling-si-putih-mungil-menyegarkan/"]diambil dari trit ygdulu /:D/[/URL]
[/color][/FONT][/QUOTE][/SPOILER]


Mentimun Suri


Quote:3 Buah khsas bulan puasa
3 Buah khsas bulan puasa

Mentimun suri (nama lain adalah timun suri, timun betik atau barteh) adalah tumbuhan semusim penghasil buah anggota suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Buahnya yang setengah masak biasa dijual secara musiman pada bulan puasa (Ramadan) karena daging buahnya menjadi komponen minuman penyegar untuk berbuka puasa. Meskipun demikian, timun suri bukanlah tanaman musiman karena dapat ditanam kapan saja. Timun suri mengandung kalium yang cukup tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesegaran tubuh.

Mentimun suri bukanlah mentimun walaupun bentuk buahnya memanjang dan menyerupai mentimun. Secara morfologi dan sitologi ia tidak sama dengan mentimun. Bentuk daun dan ukuran bijinya lebih mendekati blewah atau melon. Selain itu, banyak kromosom inti selnya 2x= 2n = 24 yang sama dengan semua anggota Cucumis lainnya, kecuali mentimun (2x = 2n = 14).[1].


Manfaat mentimun suri diantaranya:


1. Perawatan kulit


Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

2. Fungsi pencernaan

Masalah pencernaan, seperti mag, gastritis keasaman, dan bahkan tukak, dapat disembuhkan dengan mengonsumsi jus mentimun segar setiap hari. Kandungan serat makanan dalam mentimun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga memingkatkan proses pencernaan. Bahkan, mengonsumsi mentimun setiap hari dinilai sangat ampuh sebagai obat sembelit.

3. Kesehatan sendi

Dalam mentimun terkandung silika yang dapat mempromosikan kesehatan sendi Anda dengan memperkuat jaringan ikat.

4. Pencernaan protein

Mentimun mengandung enzim erepsin yang membantu dalam pencernaan protein.

5. Tekanan darah

Potasium, magnesium, dan serat yang hadir pada mentimun dapat membantu Anda menjaga tekanan darah tetap normal.

6. Membunuh cacing pita

Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengusir cacing pita di saluran usus. Bahkan, biji mentimun juga dikenal bermanfaat sebagai antiinflamasi serta efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir (hidung) dan tenggorokan.

7. Perawatan kuku


Mentimun kaya akan kandungan silika, dapat mencegah pecah dan rusaknya kuku-kuku di jari kaki dan tangan.

8. Atasi encok dan rematik


Jus mentimun diperkaya kandungan vitamin A, B1, B6, C, dan D serta folat, magnesium, dan kalsium ketika dicampur dengan jus wortel dapat membantu pasien yang mengalami nyeri sendi dengan cara menurunkan asam urat.

9. Mengobati sakit gigi dan gusi

Penyakit mulut pada gigi dan gusi, khususnya pyorrhea, dapat diobati secara efektif dengan jus mentimun. Konsumsi mentimun mentah juga dapat meningkatkan air liur serta berfungsi menetralisasi asam dan basa di dalam rongga mulut.

10. Diabetes

Jus mentimun dikenal dapat membantu kesehatan pasien diabetes. Kandungan mineral mangan bermanfaat dalam sintesis insulin alami di dalam tubuh.

11. Perawatan ginjal

Mentimun menunjukkan manfaat dalam membantu meringankan masalah kandung kemih dan ginjal. Air yang terkandung dalam mentimun membantu fungsi ginjal dengan melancarkan proses urinasi. Faktanya, mentimun merupakan diuretik alami terbaik.

12. Suburkan rambut

Mentimun mengandung silika. Jus mentium yang dicampur dengan wortel, bayam, dan selada akan membantu penyuburan rambut. Silika terdapat dalam jaringan ikat di dalam tubuh. Senyawa ini membantu pertumbuhan rambut sehingga jika rajin mengonsumsi makanan mengandung silika, Anda akan memiliki rambut yang bagus dan tulang yang sehat.

cara membuat olahan dari mentimun suri:
3 Buah khsas bulan puasa

*Es Pokat Timun Suri*

Bahan-bahan:

300 gram timun suri, ambil daginnya

200 gram Alpokat, potong dadu

100 gram kolang kaling, potong kecil-kecil

1 sdm biji selasih rendam dengan air

Susu kental manis secukupnya

Sirup frambozen secukupnya

Es batu secukupnya

Cara Membuat Es Pokat Timun Suri :


1. Siapkan semua bahan. Taruh di dalam gelas.

2. Tambahkan susu kental manis, sirup frambozen.

3. Tambahkan es batu. Hidangkan dingin.


Blewah


Code:
[img]http://s.kaskus.id/images/2013/07/09/3368348_20130709095644.jpg[/img]

Blewah (Cucumis melo L. Kelompok Cantalupensis) adalah tumbuhan penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara, selain timun suri dan kolang-kaling. Blewah sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya. Ia berbentuk liana, seperti juga labu dan mentimun.

Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.[B]

Kandungan izi:[/B]
Blewah kaya kandungan mineral kalium dan provitamin A serta serat makanan. Kandungan gizi dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa, dan menurunkan tekanan darah.

[B]Manfaat buah blewah bagi kesehatan:[/B]

[B]1. Rendah gula dan kalori[/B]

Blewah termasuk jenis buah rendah gula dan kalori. Oleh karena itu, blewah baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh.

[B]2. Kalium[/B]

Kandungan kalium dalam blewah membantu dalam menurunkan tekanan darah.

[B][B]3. Batu ginjal[/B][/B]

Sebuah penelitian menunjukkan blewah dapat mengurangi risiko batu ginjal dan tulang keropos.

[B]4. Kaya vitamin C[/B]

Buah kaya vitamin C, berperan sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Blewah dipercaya bisa mencegah penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya.

[B]5. Penangkal insomnia[/B]

Blewah memiliki sifat sedatif, yang bermanfaat bagi penderita insomnia. Ingin tidur pulas? Makan blewah!

[B]6. Non-kolesterol[/B]

Buah ini tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali. Jadi, ini sangat aman bagi penderita masalah kolesterol dan tekanan darah tinggi.

[B]7. Maag[/B]

Konsumsi jus blewah secara teratur dapat mengobati kurang nafsu makan, maag, dan infeksi saluran kemih.

[B]8. Sumber vitamin A[/B]

Kandungan vitamin A dalam blewah menjaga kesehatan mata dan kulit.

[B]9. Janin sehat[/B]

Blewah juga mengandung asam folat, yang dibutuhkan janin sehat.

[B]10. Kanker rahim[/B]

Blewah juga dapat mencegah kanker leher rahim dan osteoporosis. Ini nih buah yang penting bagi wanita.

Murah, lezat, dan bermanfaat bagi kesehatan. Itulah sifat dari blewah. Tak heran, jika banyak orang memburunya di bulan puasa.

[B]Cara Membuat Es Blewah Segar Dingin:[/B]
[img]http://s.kaskus.id/images/2013/07/09/3368348_20130709095325.jpg[/img]

[B]Bahan-bahan yang dibutuhkan:[/B]
200 gram buah blewah
100 gram cincau hitam
150 gram melon
200 ml sirup cocopandan
1000ml air matang
Es batu secukupnya

[B]Cara Membuat:[/B]
1. Keroklah buah blewah dan buah melon secara memanjang, kemudian cincau hitam dipotong dadu
2. Campurkan air dengan sirup kemudian aduk hingga merata dan siruonya larut
3. Campurkanlah semuanya dalam satu wadah dengan es batu secukupnya.


Sebelumnye maaf ya klo tritnya acak-acakan, soalnye udah lama ga bikin trit, seringnya nyari-nyari trit berbau BB emoticon-Big Grin

emoticon-I Love Indonesia
0
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 10:16
+1 diamankan emoticon-Big Grin
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 10:24
seger banget gan emoticon-Matabelo
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 10:27
Quote:Original Posted By mellberg
seger banget gan emoticon-Matabelo


udah mulai puasa lum gan emoticon-Big Grin
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 10:32
selamat berpuasa bagi yg sudah mulai menjalankannya hari ini emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 10:35
kolang kaling gan paling enak emoticon-Big Grin
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 10:40
Kulang kaling manteb gan...
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 10:43
Quote:Original Posted By raja***forbidden***cendol
kolang kaling gan paling enak emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By sugih100x
Kulang kaling manteb gan...

emang gan ane juga paling suka kolang kaling tp klo digabungin juga ke-3 nya mantab emoticon-Big Grin
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 10:48
Buah yang harus dihindari disiang hari bulan puasa :

BUAH

3 Buah khsas bulan puasa


DADA

3 Buah khsas bulan puasa
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 10:50
kalo bka ada es kolang kaling ane ngambil banyak gan emoticon-Ngakak
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 10:53
seger banget gan liat pictnya emoticon-Ngakak
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 10:53
Quote:Original Posted By joenabuatkaskus
kalo bka ada es kolang kaling ane ngambil banyak gan emoticon-Ngakak


sama gan, ane juga emoticon-Big Grin
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 10:55
Quote:Original Posted By wonglolo765
seger banget gan liat pictnya emoticon-Ngakak


apa lg klo di pajang pick Ts ya emoticon-Ngakak
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 10:55
ane gak doyan timun suri gan emoticon-Ngakak enakan blewah emoticon-Malu (S) btw untung ane liatnya sekarang jadi boleh ngebayangin segernya emoticon-Ngakak
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 10:59
manisan kolang kaling enak banget tuh gannn
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 11:00
ane baru ngliat tuh gan pohon kolang-kaling emoticon-Matabelo
tenyata banyak manfaatnya juga yaa..
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 11:02
paling enak ya blewah juragan
0 0
0
Post ini telah dihapus
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 11:06
Quote:Original Posted By vanhusen
timun suri sama blewah bukan nya sama emoticon-Bingung



Posted with kaskusQR


yah beda donk gan, klo dak percaya cek ajah di pasar emoticon-Big Grin
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 11:07
cendol gan yg pasti emoticon-Ngakak
0 0
0
3 Buah khsas bulan puasa
09-07-2013 11:07
sekalian nutup pejwan emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia