Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
275
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51cbd319e474b4557c00000b/prilaku-debt-collector-jaman-sekarang
Berikut ini kejadian yang dialamin sama sodara ane Gan saat berurusan dengan oknum debt collector. Ane sih niatnya cuma sekedar Share. Cekitdot gan.:ilovekaskuss Profesi yang satu ini singkatnya bertindak sebagai orang yang berusaha mengumpulkan dana dari kredit-kredit bermasalah dibank. Tau dong usaha profesi ini dalam bentuk apa??:malus Sangar yah Gan:capedes Jadi gini kronologisnya : Asal mulan
Lapor Hansip
27-06-2013 12:52

Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang

Berikut ini kejadian yang dialamin sama sodara ane Gan saat berurusan dengan oknum debt collector. Ane sih niatnya cuma sekedar Share. Cekitdot gan.emoticon-I Love Kaskus (S)

Debt Collector


Tersangka


Jadi gini kronologisnya :

Asal mulanya itu gimana sodara ane bisa ampe terbelit masalah ini adalah, sekitar awal tahun lalu, sodara ane itu ada masuk rumah sakit. Nah waktu itu untuk biayanya ada pake kartu kredit Bank M*g*. Nah saat itu, sodara ane di kasih penawaran program yaitu biayanya dapat dicicil selama setahun dengan bunga rendah. Selain itu, tiga bulan pertama katanya belom kena bunga dan kalo sewaktu-waktu kita mau lunasin, kita tinggal bayar pokok pinjaman sisanya aja tanpa bunga. Singkat nya sodara ane itu deal dong sama program menggiurkan tersebut.

Tapi kemudian, belom sampe lewat jatuh tempo dibulan yang sama, sodara ane berubah pikiran. Dia pengen lunasi aja. Jadi dia mau batalin program tersebut, karena takut kedepannya tambah berat kalo di cicil. Disinilah masalahnya. Pas mau dilunasin, ehh tiba-tiba dari pihak bank bilang kalo mau dilunasi harus bayar beserta bunga nya selama setahun yang nyaris mencapati 60% dari total pinjamannya. Otomatis sodara ane protes dong, tapi ternyata pihak bank malah terus ngotot harus bayar segitu. Dari sini kita tau bahwa ternyata mang suka ada permainan kotor didalam pihak bank memberikan promosi-promosi ke nasabahnya.

Dan kemudian mulailah dikirim-kirim preman-preman berseragam yang mengaku sebagai debt collector. Sekali dateng kadang sendiri, kadang berdua. Trus tiap bulan ganti-ganti orangnya. Sampe puncaknya pas tanggal 26 Juni 2013 kemarin ada yang dateng dengan ancaman dan kekerasan verbal.

Pas orang itu dateng, sodara ane baru selesai makan siang keknya di dalam bengkel bubutnya. Kemudian dateng tiba-tiba dan gebrak meja dan teriak. dia bilang

"Ibu mau bayar ga hutangnya??!! Kalo ga saya habisin kalian sekeluarga!!"

Kemudian dia mau pukul orang disitu tapi terhalau sama sodara aneemoticon-Mad (S). Dia juga mengancam mau kirim pasukan buat tutup usaha sodara ane. Padahal sodara ane bilang mau bayar, tapi dengan perhitungan yang benar gt. Tapi dia tetap ngamuk-ngamuk sambil terus mengancamemoticon-Takut (S). Nah beruntung nya orang di tempat sodara ane, ada yang secara diam-diam merekam kejadian tersebut. Kalo mau liad jelasnya bisa liad di video berikut.

video kejadian


Dan setelah ane tanya-tanya, ternyata orang yang sama pernah datang juga beberapa minggu sebelumnya dengan mengancam membawa 90 orang untuk merusak usaha sodara aneemoticon-Takut (S).

yang itu lah kejadian yang di alamin sama sodara ane. Mang kita harus hati-hati dalam menerima yah promosi-promosi dari pihak Bank. Sudah banyak orang yang terjebak juga keknya seperti sodara ane. Ane aja sampe esmosi ngedenger cerita nyaemoticon-Mad (S).

Harapan ane


Beriku ini juga ada beberapa agan yang ternyata senasib sama sodara aneemoticon-Berduka (S)
senasib


Tapi ini juga ada beberapa saran dari agan-agan yang baik hati berbagi ilmunyaemoticon-thumbsup :
Quote:Original Posted By baloters
tempuh jalur hukum aja gan...kl utang piutang itu PERDATA, tp kl tukang tagihnya ada ancaman bisa dikenain pasal pidana gan,
kl balik lagi rekam nya didepan muka nya, trus tanya namanya siapa alamat kantornya dimana, surat tugasnya mana, whatever fiducia (kl d leasing) ato apapun yg agan musti kejar keterangan nama ato alamat ktrnya, abis itu BAP-kan k polsek setempat, jgn lupa sertakan video rekaman nya, kl bisa media utk rekam nya jgn satu gan biar kl ada apa apa ada backupnya...
tp jalur yg diatas ada resiko nya gan...cuma kl ane akan ambil apapun resiko nya...


Quote:Original Posted By Letnan
Bagus nih ada buktinya Gan. Bikin surat pembaca aja ke Kompas.

Setau ane, pihak bank yg mengeluarkan kartu kredit, sudah diasuransikan. Sehingga kalau ada gagal bayar, asuransi akan cover biayanya. Ini memang tanpa sepengetahuan nasabah. Nah, debcoll itu adalah outsource yg bekerjasama dengan Bank. Bisnis mereka, revenue nya dapat dari tagihan. Bisa bagi persentase ke Bank, ada juga hasil tagihan itu sepenuhnya milik debtcoll.

Pesannya, mikir-mikir lagi deh kalau mau punya kartu kredit.


Quote:Original Posted By dennys80
sebenernya harusnya berhat-hati setiap ingin menerima penawaran ini bank harus melakukan confirmasi contohnya bahwa tanggal sekian dengan BP/SDR siap telah setuju melakukan transaksi bla bla bla bla dengan saya nama CS bla bla bla..... atau kalu tidak disebut minta nama orangnya siapa dan tanya apakah pembicaraan di rekam.

jika bank mengelak, laporkan saja ke BI....bilang aja ok deh saya akan minta medasi ke BANK INDONESIA.....untuk meluruskan semua perkara ini....

ane juga pernah ngalamin hal yang sama cuman bedanya ane mau lunasin cicilan ane yang kurang dengan lunas....hal yang sama 5x telepon 5x CS memberikan Jumlah nilai yang berbeda akirnya ane lari ke BI....dikiranya saya cuma gertak sambal....sampai akirnya pengawas BI yang membawahi BANK M#G$ telp ke Kepala CAbang dimana ane melakukan telp ke Credit card center bank tersebut.

polemik cukup panjang hingga akirnya makan waktu 1 bln dan akirnya ane menang sesuai hitungan yang ane punya berdasarkan penjelasan di awal waktu ane ambil cicilan itulah yang benar. akirnya tidak sampe terjadi mediasi oleh BI dan BANK M#G$.

Harap di ketahui jika kita sebagai NASABAH dan BANK tidak bisa memberikan penjelasan maka BANK ITU SALAH karena tidak semua orang AWAM ITU TAU bank pny aturan maen gimana.....

INGAT CREDIT CARD apapun bentuknya adalah Perjanjian SEPIHAK tidak ada tanda tangan atas materai. itu hanya perjanjian kita dengan PIHAK BANK SAJA. JIKA DEBT COLLECTOR mau maen kasar silahkan lapor pihak berwajib.


Quote:Original Posted By ron912211
klo masalah bank inget gan..
lapor ke BANK INDONESIA, itu paling simple cepat dan benar.
Inget kondisinya harus agan yang bener yah, dengan segala perhitungan yang tepat juga karena namanya BANK itu itung2annya harus manteb.

Walau kesannya ribet cuma namanya lawan bank yah mau gk mau harus hubungan ma BI langsung.

REMEMBER HARUS ADA KEJELASAN AKAN MASALAH YANG DILAPORKAN DAN PERHITUNGAN YANG BENAR JUGA

*klo udh urusan sama BI kemungkinan besar pasti beres, secara klo kena peringatan pamor banknya bs jato ampe ke dasar

Taro page one klo berkenan


Ternyata ada Agan yang berbagi pengalaman positif emoticon-thumbsup dalam berprofesi sebagai debt collector di thread ini:
Quote:Original Posted By alpy
ane mantan debt collector gan , ya mungkin disini sama2 ga enak.
pertama misal sebagai debt collector juga kerja cari makan, kerjanya kan nagih utang , udah gitu harus ada target tagihan kalau ga bakal di SP sampai diberhentikan, lantas debt collector makan apa kalau ga kerja?

dilain pihak konsumen yg ditagih pun juga pasti punya kekurangan karena tidak mampu bayar, niat hati ingin bayar tapi uangnya ga ada, mau jual barang berharga ga ada. Boro2 bayar pokoknya, dendanya aja dah jalan terus kapan lunasnya hutang? pengen ada keringanan tapi dah terlanjur ngutang pakai bunga.

Ane pengalaman pernah jadi debt collector gan, coba agan rasakan ilustrasi misalnya agan jadi debt collector, punya istri,anak,cicilan rumah dll. Dimana dapat uang kalau ga ada yang bayar?justru kalau Konsumen lancar ga mungkin debt collector itu ada, ceritanya bahwa cdebt collector itu ada karena konsumen itu sendiri yang menunggak ga bisa bayar.

Terus debt collector juga manusia, pasti dong punya kesabaran, ane yakin seandainya agan jadi debt collector terus menagih konsumen yang letak rumahnya jauh sekali, cuaca panas,hujan, begitu sampai dirumahnya eh tidak ada, pun kalau ada ga bisa bayar udah gitu pakai janji2 lagi besok lusa, minggu depan bahkan bulan depan pasti dibayar, pas hari yang ditentukan ga bayar2. coba bayangkan gerah ga kalau dipermainkan seperti itu sementara sudah sabar dan sebagainya

Tapi kembali ke diri masing2 saja, buat konsumen jangan coba2 mau ngutang kalau memang ga ada kemampuan dikemudian hari melunasi, ya hitung buta saja gajih bersih dikurangi cicilan kalau lebih dari 50% gajih mending ga usah ngutang ujung2nya ga bisa bayar
Lalu buat debt collector pengalaman ane kalau masalah begini, ane cuma bisa kasih solusi kepala dingin aja. Kasih surat perjanjian, kalau tetap melanggar ga menepati janji, tuh surat ane sampai kan ke atasan kemudian nanti biar atasan aja yg turun ke lapangan. Kalau pun akhirnya ane harus berhenti kerja, ya berarti ada pekerjaan lain yg lebh layak, itu aja sih

sorry panjang... emoticon-Big Grin


Jangan dibuka
Diubah oleh ocetta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apollion dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 14
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 12:55
dari dulu, sejak jaman dinosaurus ane kaga pernah tertarik sama yg namanya CREDIT CARD alias KARTU UTANG..

Pas pertama DISURUH BIKIN credit Cardnya aja bujuk rayu manis
eh pas gininya nih.. emoticon-Mad (S)

kalo si Debtcollector udah maen kasar, laporin aja ke PULISI gan..
aduan TINDAKAN TIDAK MENYENANGKAN disertai ANCAMAN..



Diubah oleh combroabis
0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 12:56
keroyok aja gan emoticon-Cape d...
0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:03
wah ati2 makanya gan lain kali emoticon-Big Grin
0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:06
tempuh jalur hukum aja gan...kl utang piutang itu PERDATA, tp kl tukang tagihnya ada ancaman bisa dikenain pasal pidana gan,
kl balik lagi rekam nya didepan muka nya, trus tanya namanya siapa alamat kantornya dimana, surat tugasnya mana, whatever fiducia (kl d leasing) ato apapun yg agan musti kejar keterangan nama ato alamat ktrnya, abis itu BAP-kan k polsek setempat, jgn lupa sertakan video rekaman nya, kl bisa media utk rekam nya jgn satu gan biar kl ada apa apa ada backupnya...
tp jalur yg diatas ada resiko nya gan...cuma kl ane akan ambil apapun resiko nya...
0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:10
Quote:Original Posted By combroabis
dari dulu, sejak jaman dinosaurus ane kaga pernah tertarik sama yg namanya CREDIT CARD alias KARTU UTANG..

Pas pertama DISURUH BIKIN credit Cardnya aja bujuk rayu manis
eh pas gininya nih.. emoticon-Mad (S)

kalo si Debtcollector udah maen kasar, laporin aja ke PULISI gan..
aduan TINDAKAN TIDAK MENYENANGKAN disertai ANCAMAN..




Ane uda usaha gan, uda coba laporin juga ke pihak berwajib, tapi yang di tanya malah :

"Orang nya masih di sana ga?"emoticon-Cape d... (S)
Dijawab sodara ane,
"Kalo masih ada orangnya mah saya kaga bikin laporan kesini pak"emoticon-Cape d... (S)

Quote:Original Posted By MatamuSemplak
keroyok aja gan emoticon-Cape d...

Maunya gt Gan, tapi sebagai orang terpelajar harus bisa mengalah untuk menang Gan. emoticon-Cool

Quote:Original Posted By Tachibanax
wah ati2 makanya gan lain kali emoticon-Big Grin

Iyah Gan. Makasih yah.emoticon-I Love Kaskus (S)

0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:11
wew parah bener, dulu juga pernah orang tua ane, mau lunasin kredit ke bank sekaligus, bank ya malah berbelit2 ngasih alasan banyak bener.
0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:12
Harus berhati2 nih dalam meminjam uang emoticon-Takut

Ane emoticon-Sundul Gan (S)
0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:13
yang tegar ya gan dan saudaranya
0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:13
Quote:Original Posted By baloters
tempuh jalur hukum aja gan...kl utang piutang itu PERDATA, tp kl tukang tagihnya ada ancaman bisa dikenain pasal pidana gan,
kl balik lagi rekam nya didepan muka nya, trus tanya namanya siapa alamat kantornya dimana, surat tugasnya mana, whatever fiducia (kl d leasing) ato apapun yg agan musti kejar keterangan nama ato alamat ktrnya, abis itu BAP-kan k polsek setempat, jgn lupa sertakan video rekaman nya, kl bisa media utk rekam nya jgn satu gan biar kl ada apa apa ada backupnya...
tp jalur yg diatas ada resiko nya gan...cuma kl ane akan ambil apapun resiko nya...

Ane juga mikirnya gt, tapi setelah di laporin ke polres setempat, malah keknya orang disananya gak kasih respons positif Gan emoticon-Cape d... (S). Btw, kayanya si Agan familiar sama dunia hukum Nie?
0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:14
Bagus nih ada buktinya Gan. Bikin surat pembaca aja ke Kompas.

Setau ane, pihak bank yg mengeluarkan kartu kredit, sudah diasuransikan. Sehingga kalau ada gagal bayar, asuransi akan cover biayanya. Ini memang tanpa sepengetahuan nasabah. Nah, debcoll itu adalah outsource yg bekerjasama dengan Bank. Bisnis mereka, revenue nya dapat dari tagihan. Bisa bagi persentase ke Bank, ada juga hasil tagihan itu sepenuhnya milik debtcoll.

Pesannya, mikir-mikir lagi deh kalau mau punya kartu kredit.
profile-picture
patrio80 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:15
bantu up biar pada liad
mang asem jg tu org,bukan duit dia pula kan
ini merupakan bukti kuat gan,silahkan di laporkan pada pihak berwajib
0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:16
Quote:Original Posted By wish.luck
wew parah bener, dulu juga pernah orang tua ane, mau lunasin kredit ke bank sekaligus, bank ya malah berbelit2 ngasih alasan banyak bener.

Senasib yah orang tau agan ma sodara aneemoticon-Berduka (S).

Quote:Original Posted By irhamman
Harus berhati2 nih dalam meminjam uang emoticon-Takut

Ane emoticon-Sundul Gan (S)

Makasih yah Gan.emoticon-thumbsup

Quote:Original Posted By KrsRico
yang tegar ya gan dan saudaranya

Iye Gan. Semoga badai cepat berlalu. emoticon-Big Grin

0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:17
sebenernya harusnya berhat-hati setiap ingin menerima penawaran ini bank harus melakukan confirmasi contohnya bahwa tanggal sekian dengan BP/SDR siap telah setuju melakukan transaksi bla bla bla bla dengan saya nama CS bla bla bla..... atau kalu tidak disebut minta nama orangnya siapa dan tanya apakah pembicaraan di rekam.

jika bank mengelak, laporkan saja ke BI....bilang aja ok deh saya akan minta medasi ke BANK INDONESIA.....untuk meluruskan semua perkara ini....

ane juga pernah ngalamin hal yang sama cuman bedanya ane mau lunasin cicilan ane yang kurang dengan lunas....hal yang sama 5x telepon 5x CS memberikan Jumlah nilai yang berbeda akirnya ane lari ke BI....dikiranya saya cuma gertak sambal....sampai akirnya pengawas BI yang membawahi BANK M#G$ telp ke Kepala CAbang dimana ane melakukan telp ke Credit card center bank tersebut.

polemik cukup panjang hingga akirnya makan waktu 1 bln dan akirnya ane menang sesuai hitungan yang ane punya berdasarkan penjelasan di awal waktu ane ambil cicilan itulah yang benar. akirnya tidak sampe terjadi mediasi oleh BI dan BANK M#G$.

Harap di ketahui jika kita sebagai NASABAH dan BANK tidak bisa memberikan penjelasan maka BANK ITU SALAH karena tidak semua orang AWAM ITU TAU bank pny aturan maen gimana.....

INGAT CREDIT CARD apapun bentuknya adalah Perjanjian SEPIHAK tidak ada tanda tangan atas materai. itu hanya perjanjian kita dengan PIHAK BANK SAJA. JIKA DEBT COLLECTOR mau maen kasar silahkan lapor pihak berwajib.

0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:21
Quote:Original Posted By Letnan
Bagus nih ada buktinya Gan. Bikin surat pembaca aja ke Kompas.

Setau ane, pihak bank yg mengeluarkan kartu kredit, sudah diasuransikan. Sehingga kalau ada gagal bayar, asuransi akan cover biayanya. Ini memang tanpa sepengetahuan nasabah. Nah, debcoll itu adalah outsource yg bekerjasama dengan Bank. Bisnis mereka, revenue nya dapat dari tagihan. Bisa bagi persentase ke Bank, ada juga hasil tagihan itu sepenuhnya milik debtcoll.

Pesannya, mikir-mikir lagi deh kalau mau punya kartu kredit.

Iya Gan. Ane juga lagi mikir buat blow up masalah ini ke permukaan lewat surat pembaca gt. Btw, thanks yah Gan. emoticon-I Love Kaskus (S)

Quote:Original Posted By hancewinny05
bantu up biar pada liad
mang asem jg tu org,bukan duit dia pula kan
ini merupakan bukti kuat gan,silahkan di laporkan pada pihak berwajib

Emang uda ada buktinya sih Gan, tapi keknya kalo mau urus ke berwajib juga harus modal duit lagiemoticon-Cape d... (S). Jadi serba salah makanya.
0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:21
Parah banget tuh orang, kaya lintah darat aja. parah. keroyok aja gan disana kan banyak orang harusnya.

Kalo ane sih selalu menghindari pinjaman apapun dari bank. semuanya pasti ujung2nya susah di nasabah. Pake kartu kreditpun cuma untuk keperluan2 kecil dan langsung ane lunasi.
0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:22
Quote:Original Posted By ocetta
dengan mengancam membawa 90 orang untuk merusak usaha sodara aneemoticon-Takut (S).


baru mengancam uda takut..... emoticon-Ngakak itu cuma kerja ambon-ambon soe ga ada karja.... cukimai deng dorang emoticon-Najis (S)
0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:24
Quote:Original Posted By dennys80
sebenernya harusnya berhat-hati setiap ingin menerima penawaran ini bank harus melakukan confirmasi contohnya bahwa tanggal sekian dengan BP/SDR siap telah setuju melakukan transaksi bla bla bla bla dengan saya nama CS bla bla bla..... atau kalu tidak disebut minta nama orangnya siapa dan tanya apakah pembicaraan di rekam.

jika bank mengelak, laporkan saja ke BI....bilang aja ok deh saya akan minta medasi ke BANK INDONESIA.....untuk meluruskan semua perkara ini....

ane juga pernah ngalamin hal yang sama cuman bedanya ane mau lunasin cicilan ane yang kurang dengan lunas....hal yang sama 5x telepon 5x CS memberikan Jumlah nilai yang berbeda akirnya ane lari ke BI....dikiranya saya cuma gertak sambal....sampai akirnya pengawas BI yang membawahi BANK M#G$ telp ke Kepala CAbang dimana ane melakukan telp ke Credit card center bank tersebut.

polemik cukup panjang hingga akirnya makan waktu 1 bln dan akirnya ane menang sesuai hitungan yang ane punya berdasarkan penjelasan di awal waktu ane ambil cicilan itulah yang benar. akirnya tidak sampe terjadi mediasi oleh BI dan BANK M#G$.

Harap di ketahui jika kita sebagai NASABAH dan BANK tidak bisa memberikan penjelasan maka BANK ITU SALAH karena tidak semua orang AWAM ITU TAU bank pny aturan maen gimana.....

INGAT CREDIT CARD apapun bentuknya adalah Perjanjian SEPIHAK tidak ada tanda tangan atas materai. itu hanya perjanjian kita dengan PIHAK BANK SAJA. JIKA DEBT COLLECTOR mau maen kasar silahkan lapor pihak berwajib.


Wah boleh juga nie buat solusi sodara ane. Agan waktu ke BI bilangnya mau ngapain Gan? Atau mang ada bagian di BI buat urusin kaya gini Gan? Mohon informasinya yah Gan. emoticon-thumbsup
0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:25
pelajaran buat kita semua...
jangan kebujuk rayu sama bank yang nawarin bunga rendah...

kenyataanya ga beda sama praktek rentenir/lintah darat...ga bisa bayar...ditagihnya sama tukang pukul....kalo sekarang sama debt collector...tapi gayanya sama...main ancam kan..

ane aja dah kapok ngutang sama bank..walau ga pernah telat bayar atau sampe didatengin debt collector..tapi....pas diitung2.....selisih utang sama pembayaran nyaris 50%.....

insyaAllah mulai sekarang anti deh minjem sama bank, KTA atau apapun...kartu kredit juga dah ga dipake lagi...dalam proses pelunasan...tinggal kreditan rumah yang mau ga mau harus ane jalanin nih...

semoga diringankan dari beban hutang bagi TS dan seluruh kaskuser...aamiiin

0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:26
wah ngatain Anton Medan segala tuh , blow up aja gan biar Anton Medan nonton ni video...

Biar terkencing kencing tuh preman kampung di satroni Anton medan...
0 0
0
Prilaku Debt Collector Jaman Sekarang
27-06-2013 13:28
serem gan emoticon-Takut ane ga mau berurusan sama mereka emoticon-Takut
0 0
0
Halaman 1 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia