Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
28
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51c1dcf11acb17e419000000/sekilas-tentang-mapres-dan-4-jurus-menjadi-mapres
Sekilas tentang sebuah fenomena di dalam kampus yang bernama Mapres,, Apa itu Mapres?? dan bagaimana menjadi Mapres?? sekedar sharing dan berbagi ilmu,, Buat ade-ade calon mahasiswa yang sedang mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi (semangat ya de...!!) Buat teman-teman mahasiswa yang sedang berjuang dengan kuliahnya (Tetap semangat..!!) Let's begin: Setiap mahasiswa pasti mempunyai cita-cita dan
Lapor Hansip
19-06-2013 23:31

Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES

Sekilas tentang sebuah fenomena di dalam kampus yang bernama Mapres,, Apa itu Mapres?? dan bagaimana menjadi Mapres?? sekedar sharing dan berbagi ilmu,,

Buat ade-ade calon mahasiswa yang sedang mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi (semangat ya de...!!)

Buat teman-teman mahasiswa yang sedang berjuang dengan kuliahnya (Tetap semangat..!!)

Let's begin:

Setiap mahasiswa pasti mempunyai cita-cita dan impian untuk meraih prestasi. Semangat inilah yang sudah tertanam sejak pertama kali menjadi mahasiswa baru. Tentunya bukan hanya sekedar prestasi akademik semata, akan tetapi juga prestasi dalam bidang yang lainnya (softskill dan hardskill).

Kenapa harus berprestasi?
Setiap mahasiswa punya jawabannya masing-masing. Pastinya setiap orangtua kita menginginkan anaknya berprestasi. Semua civitas akademika pun akan merasa bangga jika ada salah satu mahasiswanya yang berprestasi. Selain itu, prestasi juga mampu mengangkat citra positif intistusi (kampus) menjadi daya tawar bagi masyarakat.
Lantas apakah kita sudah mempersiapkan diri untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi?
Karena setiap mahasiswa mempunyai hak yang sama untuk menjadi mahasiswa berprestasi (baca: “mapres”). Karena dalam persyaratannya adalah terdaftar dan aktif sebagai mahasiswa maksimal semester VIII (untuk program Sarjana) dan maksimal semester VI (untuk program Diploma).

Mahasiswa Berprestasi adalah mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik kurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler sesuai dengan kriteria yang ditentukan (pengertian menurut pedoman pemilihan mahasiswa berprestasi-DIKTI).

Wooww.. Pemilihan….!!!, owh ternyata ada pemilihannya juga toh?!
Kayak pemilu aja apa lomba Indonesian Idol neh...emoticon-Ngakak

Berarti ada syarat-syaratnya juga donk untuk bisa menjadi kandidat dalam pemilihan mahasiswa berprestasi? “Iya, ada”. Terus cara pemilihannya seperti apa? Terus apa yang harus disiapkan agar bisa menjadi mahasiswa berprestasi? Saya kan masih maba (mahasiswa baru), apakah bisa ikut? Tapi saya tidak punya prestasi apa-apa semenjak SMA dan belum pernah meraih prestasi apa pun, “Apakah saya masih bisa untuk menjadi mahasiswa berprestasi?” Jawabannya “BISA”. Asalkan ada kemauan yang kuat, niat mau berusaha, berani mencoba dan menghadapi setiap tantangan, pasti ada kemudahan untuk meraihnya.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mapres) adalah ajang rutin yang diselenggarakan setiap tahun (umumnya dimulai bulan Januari sampai Agustus) oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pemilihan Mapres ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Jurusan/ Departemen/ Bagian; tingkat Fakultas; baru kemudian tingkat Perguruan Tinggi (Universitas/ Institut/ Sekolah Tinggi). Kemudian satu orang mapres terbaik tiap Universitas akan masuk ke seleksi selanjutnya menuju seleksi mapres tingkat Nasional.

Terus bagaimana caranya untuk bisa menjadi mapres? Sepertinya berat sekali beban untuk menjadi mapres. Rasanya sudah pesimis duluan. Minder dan merasa tidak mampu. Eits, tunggu dulu, berat dan pesimis itu jika tidak mau mencobanya. Persiapkan dan pantaskan diri dulu agar bisa menjadi mapres. Banyak cara yang bisa kita lakukan. Persiapkan sejak semester pertama. Inga..!! Inga..!! Ting..!!

Coba simak 4 jurus ini jika ingin menjadi mapres. Secara umum kriteria pemilihan mapres ini, berdasarkan pada 4 penilaian berikut, yaitu: Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) (20%), Karya Tulis Ilmiah (30%), Prestasi/Kemampuan yang diunggulkan (Kegiatan ko- dan ekstra kurikuler) (25%), dan Kemampuan berbahasa Inggris / Asing (25%). Cermati setiap bobot penilaian ini dan siapkan strategi untuk meraih keempat point tersebut.

Jurus 1 (Indeks Prestasi Kumulatif / IPK)


Jurus 2 (Karya Tulis Ilmiah)


Jurus 3 (Prestasi/Kemampuan yang diunggulkan berupa Kegiatan ko-ekstra kurikuler)


Jurus 4 (Kemampuan berbahasa Asing (minimal bahasa Inggris)


Demikian 4 jurus yang harus dikuasai jika ingin menjadi mapres. Selain itu, masih ada penilaian lain yang dinilai dalam pemilihan mahasiswa berprestasi yaitu kepribadian. Dalam pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional kepribadian dinilai dengan Uji Psikotes. Jadi kalau mau ingin menjadi kandidat mapres harus bisa seimbang semuanya, yaitu Akademik OK, Aktivis OK, Prestasi OK, Kegiatan ko-ekstrakurikuler OK, dan kemampuan berbahasa inggris yang OK pula. Persiapkan sejak sekarang juga, sejak kamu menjadi mahasiswa semester pertama. jangan lupa selalu berdoa dalam setiap usaha.. Amin.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Sekian
0
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
56.4K Anggota • 914K Threads
Halaman 1 dari 2
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
19-06-2013 23:32
Kalo ane gak cocok jadi mapres emoticon-Ngacir
0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
19-06-2013 23:37
0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
19-06-2013 23:37
Quote:Original Posted By Mr.gelenks
Kalo ane gak cocok jadi mapres emoticon-Ngacir


ga ada yg ga cocok gan,, siapa tau agan punya potensi terpendam yang luar biasa.. semangat!!
0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
19-06-2013 23:38
[QUOTE=piteruzz;51c1de361e0bc38f2c000004]waktunya ane udah kelewat gan.. emoticon-Sorryemoticon-Sorry sekarang mah tinggal bagaimana bisa menjalani kehidupan perkuliahan kedepan dan bertahan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

luar biasa,, semangat ya gan... emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)
0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
20-06-2013 00:08
Tips yg menarik gan buat adik2 mahasiswa daripada kerjaanya demo ga jelas emoticon-I Love Kaskus (S)
0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
20-06-2013 00:13
Quote:Original Posted By loncat.pocong
Tips yg menarik gan buat adik2 mahasiswa daripada kerjaanya demo ga jelas emoticon-I Love Kaskus (S)


sesekali demo ga apa gan,, yg penting kuliah sama belajar no.1
0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
20-06-2013 00:15
ini tips and trick jadi mapres ya gan ? emoticon-Bingung (S):
0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
20-06-2013 00:19
kayanya susah nih jadi mapres emoticon-Mewek
0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
20-06-2013 00:25
setau ane...... dari kakak tingkat ane yang urutan ke 2 mapres se jogja....
intinya harus ada prestasi atau keterlibatan dalam berbagai bidang... semakin banyak dan kompliy, maka kemungkinan besar makin menang....
biasanya yg menang tu bener2 paket komplit orangnya.....
maksudnya ya IPK diatas 3,5, aktif ikut organisasi dan panitia di dalam kampus maupun di luar kampus, ikut lomba2 dari dikti, ikut lomba dari universitas lain, ikut event2 lokal/nasional/internasional, ikut lomba akademis (olimpiade), ikut lomba non akademik (musik, olahraga), dan aktif dalam kegiatan rohani.... dan semua itu harus ada buktinya (bisa surat keteranga/surat keputusan/piagam/sertifikat)

soalnya kakak angkatan ane cuma peringkat 2 gara2 kalah poin di bukti aktif dalam kegiatan rohani (harus ada buktinya gan)...yang peringkat 1 itu ada gitu...
just share
pekiwan kalo berkenan
0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
20-06-2013 00:28
ane kemarin ikut mapres gan
walaupun cuma menang juara 2 tingkat kampus
tp mayan dapet beasiswa
klo yang juara 1 kan maju tingkat nasional,

nah sharing pgalaman ya
1. untuk buat makalah/karya tulis pastikan karyanya itu yang unik, artinya jangan yg mainstream, n kalo bisa jg berhubungan dg jurusan kuliah agan
2. bahasa asingnya dikuasai bener, cz ane kalah di bahasa asingnya, emoticon-Mewek secara ane ga terlalu lancar b inggris
3. buat yang smster awal / maba aktif lah jangan jadi mahasiswa yang kuliah pulang kuliah pulang (kupu-kupu) agar dapet banyak pengalaman, sering ikut lomba-lomba, cz semakin tinggi tingkat prestasinya (prov, nasional) semakin dipertimbangkan juri untuk maju ke tingkat berikutnya

bukan sombong ya TS cuma ikut memotivasi adek2 baru aja
0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
20-06-2013 00:35
nice info gan emoticon-Rate 5 Star
0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
20-06-2013 07:24
Quote:Original Posted By bobby.boy
ane kemarin ikut mapres gan
walaupun cuma menang juara 2 tingkat kampus
tp mayan dapet beasiswa
klo yang juara 1 kan maju tingkat nasional,

nah sharing pgalaman ya
1. untuk buat makalah/karya tulis pastikan karyanya itu yang unik, artinya jangan yg mainstream, n kalo bisa jg berhubungan dg jurusan kuliah agan
2. bahasa asingnya dikuasai bener, cz ane kalah di bahasa asingnya, emoticon-Mewek secara ane ga terlalu lancar b inggris
3. buat yang smster awal / maba aktif lah jangan jadi mahasiswa yang kuliah pulang kuliah pulang (kupu-kupu) agar dapet banyak pengalaman, sering ikut lomba-lomba, cz semakin tinggi tingkat prestasinya (prov, nasional) semakin dipertimbangkan juri untuk maju ke tingkat berikutnya

bukan sombong ya TS cuma ikut memotivasi adek2 baru aja


tanya gan.....bukannya habis juara di kampus, terus ke tingkat regional dulu, baru nasional ya??? emoticon-Bingung (S) CMIIW
0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
20-06-2013 07:43
ane pernah jadi wakil untuk KOPERTIS WILAYAH 3 gan.. untuk kampus swasta, seleksinya tingkat intern kampus dulu, abis itu baru masuk ke KOPERTIS, jadi nanti ditandingin tuh kampus2 se jakarta. dulu ane dapet peringkat 2 di kopertis, maju ke tingkat nasional bareng sama temen ane anak BINUS yang juara 1.

seleksi tingkat nasional sama dengan tingkat kopertis.. seleksi makalah dan presentasi..

nanti ane update foto2 nya.. dulu sempet foto sama bapak M. Nuh

0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
20-06-2013 12:35
eh iya kayaknya maap salah
emoticon-Malu
Quote:Original Posted By loloeloe


tanya gan.....bukannya habis juara di kampus, terus ke tingkat regional dulu, baru nasional ya??? emoticon-Bingung (S) CMIIW


0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
20-06-2013 15:20
Quote:Original Posted By bobby.boy
eh iya kayaknya maap salah
emoticon-Malu



siph gan..... emoticon-Big Grin emoticon-Shakehand2
0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
20-06-2013 15:29
Quote:Original Posted By ekoytyas
ane pernah jadi wakil untuk KOPERTIS WILAYAH 3 gan.. untuk kampus swasta, seleksinya tingkat intern kampus dulu, abis itu baru masuk ke KOPERTIS, jadi nanti ditandingin tuh kampus2 se jakarta. dulu ane dapet peringkat 2 di kopertis, maju ke tingkat nasional bareng sama temen ane anak BINUS yang juara 1.

seleksi tingkat nasional sama dengan tingkat kopertis.. seleksi makalah dan presentasi..

nanti ane update foto2 nya.. dulu sempet foto sama bapak M. Nuh
0 0
0
Post ini telah dihapus
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
20-06-2013 22:56
Quote:Original Posted By amagii
ini tips and trick jadi mapres ya gan ? emoticon-Bingung (S):


Iya gan,, mdh2an Agan bisa jadi capres gan.. Eh salah mapres maksudnya.. He
0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
21-06-2013 10:17
Quote:Original Posted By amagii
ini tips and trick jadi mapres ya gan ? emoticon-Bingung (S):


iya gan,, semoga berhasil jadi mapres y emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Sekilas Tentang MAPRES,, dan 4 Jurus Menjadi MAPRES
21-06-2013 10:18
boleh tuh gan,, share di sini gan.. tks
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia