News
Batal
KATEGORI
link has been copied
208
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/519ae23e3f42b2b44f000004/mengenang-pak-harto-dan-akhir-orde-baru-21-mei-1998
Tanggal 21 Mei kiranya merupakan salah satu tanggal yang paling berpengaruh bagi perpolitikan Indonesia saat ini. 15 tahun lampau, di tahun yang masa, Presiden Soeharto mundur dari jabatannya dan menyerahkan kepemimpinan Republik Indonesia ke tangan wakilnya, BJ Habibie. Kala itu, Pak Harto ditinggalkan menteri-menterinya, kehilangan dukungan militer dan digasak lawan politik hingga rakyat sendiri
Lapor Hansip
21-05-2013 09:55

Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998

Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998


Tanggal 21 Mei kiranya merupakan salah satu tanggal yang paling berpengaruh bagi perpolitikan Indonesia saat ini. 15 tahun lampau, di tahun yang masa, Presiden Soeharto mundur dari jabatannya dan menyerahkan kepemimpinan Republik Indonesia ke tangan wakilnya, BJ Habibie. Kala itu, Pak Harto ditinggalkan menteri-menterinya, kehilangan dukungan militer dan digasak lawan politik hingga rakyat sendiri.

15 tahun lampau Indonesia bersikukuh melengserkan pucuk pimpinan Tanah Air yang telah memerintah selama 32 tahun tersebut. Namun kini suara-suara memperjuangkan gelar pahlawan bagi sosok presiden dan juga militer yang berperan membebaskan Irian Barat tersebut mulai bermunculan. Seperti halnya sejumlah politisi Golkar yang secara konsisten menyuarakan gelar ini.

Direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Alvon K Palma, Selasa (21/5/2013) menyebutkan, menyuarakan gelar pahlawan bagi Soeharto mungkin sama saja dengan mengakui tidak adanya kasus korupsi yang terjadi dalam rezim Orde Baru. Padahal saat ini negara masih berupaya menyelidiki kasus tersebut.

“Dulu di era Soeharto, korupsi terpolar dalam satu oligarki sultanik di lingkarannya. Dari kasus yang ditangani pada Soeharto hanya di pinggiran saja. Dari 11 yayasan, hanya 7 yang diidentifikasi dan hanya 1 yang masuk kasasi,” imbuhnya.

Hanya saja suara lantang pada tahun 1998 kiranya sudah pudar begitu saja. Reformasi tak berjalan sebagaimana yang dijanjikan. Kasus dugaan korupsi Soeharto juga tak kunjung usai diproses. Indonesia makin gerah dengan gairah reformasi yang ternyata menciptakan korupsi di berbagai sektor dan seakan marak, jauh dari dampak korupsi terpolar yang dituduhkan.

Di Yogya, sebuah monumen dibangun untuk mengenang jasa-jasa Soeharto. Banyak masyarakat mendambakan keamanan Orde Baru, swasembada pangan, stabilitas ekonomi, power militer hingga Indonesia yang kharismatik di dunia internasional. Pantas kah Soeharto dijadikan pahlawan ?

Sumber :http://www.pekanbaru.co/8783/mengenang-pak-harto-dan-akhir-orde-baru-21-mei-1998/

Kalau Ane Layak Pak Harto Di Jadikan Pahlawan Karena

1.Indonesia menjadi macan asia dan tentunya berpengaruh pada kewibawaan dan kemakmuran negara.
2 Mewujudkan Swasembada Pangan . Petani Makmur
3. Pada masa pemerintahan beliau, gak ada namanya kaum separatis dan ormas yang merugikan bangsa. Contoh :FPI emoticon-Ngakak
4. Program Pelita

0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 11
Post ini telah dihapus oleh blue_danube
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 10:12
Quote:Original Posted By mr.righthand
Ya akhi/ukthi yang dicintai Don Hilmy.

Pak Harto memang punya jasa besar bagi negeri ini, namun kesalahan dan kekhilafannya ketika memimpin negeri ini juga tidak bisa dikatakan kecil. Ana pikir, daripada ini jadi polemik, biarlah status quo aja.... Gimana akhi, setuju nggak antum? emoticon-Malu


kalau ane setuju walaupun eyang punya dosa di masa lampau, tuhan saja maha pemaaf bagi umatnya..emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 10:24
jika kita tidak mengakui jasa suharto berarti tidak punya hati.
Namun jika menginginkan gelar pahlawan untuknya berarti tidak punya otak.
Diubah oleh oLL
0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 10:28
Ngomong2 Eyang Harto jadi kangen acara Kelompencapir asuhan Kangmas Harmoko
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 10:30
Eyang punya prestasi juga punya salah.

Dia jadi pahlawan bagi yang merasa hidup tenang n bahagia di jaman eyang
Dia juga jadi penjahat bagi yang lainnya, jadi seperti kata agan di atas:
Status quo aja
0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 10:33
Quote:Original Posted By cahtijayan

Kalau Ane Layak Pak Harto Di Jadikan Pahlawan Karena

1.Indonesia menjadi macan asia dan tentunya berpengaruh pada kewibawaan dan kemakmuran negara.
2 Mewujudkan Swasembada Pangan . Petani Makmur
3. Pada masa pemerintahan beliau, gak ada namanya kaum separatis dan ormas yang merugikan bangsa. Contoh :FPI emoticon-Ngakak
4. Program Pelita



klo kata gus dur...

Quote:
ya jasa nya banyak...

tapi dosanya juga lebih banyakkk...


jadi ya...

...ga pantes emoticon-Stick Out Tongue

0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 10:35
Quote:Original Posted By oLL
jika kita tidak mengakui jasa suharto berarti tidak punya hati.
Namun jika menginginkan gelar pahlawan untuknya berarti tidak punya otak.


setujuuuu....emoticon-Ngakak
0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 10:44
reformasi, yg dulu teriak anti korupsi apakah sekarang masih anti korupsi? jujur menurut ane setelah reformasi korupsi malah makin gila
0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 10:57
Jaman sekarang serba nggak jelas. Banyak separatis dan ormas koflak. Jaman dulu model habib brizik udah dikarungin. Sekarang malah dibina. Jaman dulu baru teriak2 khilafah udah dikarungin. Sekarang liat aja tu orang niat makar ganti Pancasila dengan hukum islam, bebas bikin acara,distadion lagi. Buatku, gimana kalo sosok soeharto yang tegas dihadirkan lagi ditambah kearifan ala Gusdur. Daripada si Mr Prihatin yang cuman bisa tepok jidat doang.
0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 10:59
Quote:Original Posted By jokohadiningrat
Ngomong2 Eyang Harto jadi kangen acara Kelompencapir asuhan Kangmas Harmoko
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Kelompencapir : kelompok pembaca dan pemikir..

sekarang kelompok malas baca apalagi mikir...



0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 11:00
dulu di caci maki pak soeharto sekarang di butuhkan ternyata omongan pak harto itu mas depan yah..emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 11:00
pak harto banyak jasa nya... kata nya juga banyak salah nya
0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 11:05
15 tahun yang lalu, indonesia terlepas dari mulut singa, setelah bertahan sebentar diterkam lagi oleh buaya, dan sekarang masih dalam gigitan buaya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Diubah oleh dyclan
0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 11:08
Quote:Original Posted By hunterman2007
reformasi, yg dulu teriak anti korupsi apakah sekarang masih anti korupsi? jujur menurut ane setelah reformasi korupsi malah makin gila


ya gitu deh, generasi produk mahasiswa 98 emoticon-Malu (S)

dipikirnya Bapak mengundurkan diri itu karena "perjuangan" konyol mahasiswa emoticon-Malu (S)

padahal Bapak mengalah untuk menjaga kestabilan Bangsa emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 11:11
Pak Harto ..Bapak Pembangunan Indonesia..

banyak jasa nya buat negara ini..
mungkin banyak juga dosa nya tapi harus di buktikan dulu..
Klo orang nya dah ga ada biar tuhan yang menentukan.. emoticon-Smilie
0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 11:23
Quote:Original Posted By kawungman


Kelompencapir : kelompok pembaca dan pemikir..

sekarang kelompok malas baca apalagi mikir...




edit--- kelompencapir = kelompok pendengar pembaca dan pemirsa

MEMPERTIMBANGKAN

Dalam sistem demokrasi pancasila yang dibangun Beliau, memang disengaja untuk tidak boleh ada protes, tidak boleh ada keputusan dan kebijakan selain daripada pemerintah sebagai PENGELOLA dan PENGAWAS sistem... dan sitem tersebut diakui sebagai kekuatan pada zamannya... dalam hal ini demokrasi pancasila lebih mirip pada demokrasi terpimpin.

MENGINGAT

Pada saat ini, demokrasi yang diterapkan lebih cenderung liberal..dengan segala sesuatunya yang dibebaskan, bebas protes, bebas demo, bebas mau bikin keputusan dan kebijakan sendiri... bahkan bebas mau ngapain aja, tak peduli menabrak hak orang lain dan hak negara.

MERUMUSKAN

Bahwa perlu adanya perubahan sistem, dengan tetap mempertahankan sifat-sifat positif sehingga ke depannya ada kontrol terhadap sistem untuk tidak terlalu berat ke liberalisme maupun sosialisme. Adapun budaya warisan bernama Pancasila jangan sekedar dilestarikan, tapi perlu diimplementasikan dalam sistem dan dilaksanakan dengan penuh rasa nasionalisme secara menyeluruh, terbuka, dan bertanggungjawab.

emoticon-I Love Indonesia (S)
dari
anantakupa = api yang nan tak kunjung padam.

0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 11:30
" Banyak masyarakat mendambakan keamanan Orde Baru, swasembada pangan, stabilitas ekonomi "

termasuk ane juga .emoticon-Smilie
0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 11:33
Jaman pak harto gak ada kasus rusuh pilkada, semua gubernur dan bupati di tetapkan dari pusat..
0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 11:38
Quote:Original Posted By SognBeg


ya gitu deh, generasi produk mahasiswa 98 emoticon-Malu (S)

dipikirnya Bapak mengundurkan diri itu karena "perjuangan" konyol mahasiswa emoticon-Malu (S)

padahal Bapak mengalah untuk menjaga kestabilan Bangsa emoticon-I Love Indonesia (S)


betul sekali, beliau mengalah dengan mengundurkan diri jadi presiden demi ke-stabilan bangsa ini.klo beliau gila kekuasaan maka gak mungkin beliau akan menggunakan kekuatan menghadang protes dan menjadi presiden diktator seperti korea utara.
0 0
0
Mengenang Pak Harto dan Akhir Orde Baru 21 Mei 1998
21-05-2013 11:51
Ane kemarin liat Kompas kalau urutan korupsi kita malah lebih tinggi sekarang dibandingkan tahun 1997 emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Halaman 1 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia