Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
20
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5190ce5e2575b4615c000006/defragmentasi-otak
Mudah2an ane ga repost,,:toast Sekedar share dan buat mengingatkan ane juga... jadi ane "copi paste in" deh... :shakehand2 Mas, saya mahasiswa jurusan ...... semester 4, saya kok merasa otak saya bebal banget, nggak bisa nangkep mata kuliah dengan sempurna. Gimana caranya supaya saya bisa cerdas dan pinter??? Hmm,,, supaya pinter ya belajar mas hehehe. Kalau dosen jawab seperti itu pasti
Lapor Hansip
13-05-2013 18:28

Defragmentasi Otak

Mudah2an ane ga repost,,emoticon-Toast

Sekedar share dan buat mengingatkan ane juga... jadi ane "copi paste in" deh... emoticon-Shakehand2

Mas, saya mahasiswa jurusan ...... semester 4, saya kok merasa otak saya bebal banget, nggak bisa nangkep mata kuliah dengan sempurna. Gimana caranya supaya saya bisa cerdas dan pinter???

Hmm,,, supaya pinter ya belajar mas hehehe. Kalau dosen jawab seperti itu pasti disebut basbang alias "basi banget". Diskusi masalah kecerdasan manusia, tentu tidak bisa tanpa menyinggung masalah otak manusia, karena di sini awal segala kisruhnya. Kapasitas otak manusia sangat besar, bahkan ada yang menyebut tidak terbatas. Hanya sayangnya orang biasanya hanya menggunakan 1% dari otaknya, sedangkan orang jenius berhasil menggunakan 4-5% otaknya. Lha kok bisa? Dan bagaimana supaya kita juga bisa jadi cerdas? Ikuti terus tulisan ini.

Otak manusia tersusun dari neuron-neuron yang jumlah totalnya mencapai 1 trilyun. Walaupun kecil, konon kabarnya satu neuron itu memiliki kecepatan pemrosesan yang setara dengan satu unit komputer. Adam Kho lewat bukunya “I am Gifted, So Are You” mengatakan bahwa otak itu apabila dituliskan dalam bentuk digital akan menjadi tulisan sepanjang 10.5 juta kilometer. Ketika jarak terjauh bumi dan bulan itu sekitar 406.720 km, maka kapasitas otak kita setara dengan 25 kali perjalanan dari bumi ke bulan. Tambahan informasi lagi, dari buku Super Great Memori dikatakan bahwa, jika setiap detik dimasukkan 10 informasi kedalam otak kita sampai 100 tahun, maka otak manusia masih belum terisi separuhnya. Ada beberapa peneliti yang mencoba mengkuantifikasi kapasitas otak, ada yang menyebut 3 terabyte, dan ada juga yang menyebut mencapai 1000 terabyte.

Sedemikian dahsyatnya kapasitas otak kita, tapi sayangnya kita hanya menggunakan kurang dari 1%nya. Dan orang jenius seperti Albert Einstein, konon kabarnya juga hanya menggunakan 5% dari seluruh kapasitas otaknya.

Artinya apa? Manusia memiliki kapasitas otak yang sama, yang implikasinya adalah sebenarnya kita semua memiliki daya tangkap terhadap suatu materi pembelajaran sama. Dan tidak ada manusia bodoh di muka bumi ini!

Lha kok, tapi di kelas ada yang cerdas dan ada yang tidak? Itu karena sistem retrieval (pencarian kembali) manusia berbeda-beda. Orang yang cerdas itu adalah orang yang memiliki sistem retrieval yang baik. Seperti sebelumnya saya sebutkan diatas, kapasitas otak manusia mungkin mencapai 1000 terabyte, bayangkan seandainya laptop kita berkapasitas 1000 terabyte, pasti lambat melakukan pencarian file, apalagi kalau letak fisik filenya tidak tertata dengan baik alias terpecah-pecah di berbagai tempat dalam harddisk kita.

Trus gimana caranya supaya sistem retrievalnya bagus? Ada banyak cara komputasi yang bisa dilakukan, paling tidak untuk mengatasi informasi yang tidak tertata dengan baik, kita menggunakan tool defragmenter. Defragmentasi? ya, lakukan defragmentasi pada otakmu!

Sebagai catatan, kata wikipedia, defragmentasi adalah sebuah proses untuk menangani berkas-berkas yang mengalami fragmentasi internal. Sebuah berkas dikatakan terfragmentasi mana kala berkas tersebut tidak menempati ruangan yang saling berdekatan dalam penyimpanan fisik. Fragmentasi dapat menyebabkan subsistem media penyimpanan melakukan operasi pencarian data yang lebih banyak, sehingga dengan kata lain berkas terfragmentasi dapat memperlambat kerja sistem, khususnya pada saat melakukan operasi yang berkaitan dengan media penyimpanan.

Jadi ketika kita menerima materi pelajaran, sebenarnya kita semua berhasil menangkap semua yang diajarkan oleh guru atau dosen kita. Namun ada yang kita simpan di bumi dan ada yang terlempar di bulan, inilah yang disebut dengan fragmentasi itu.

Trus gimana caranya supaya kita bisa mendefragmentasi otak kita? Caranya adalah dengan mengulang-ulangi pelajaran. Mengulang-ulang pelajaran, itu sama saja dengan menarik materi yang terlempar di bulan tadi supaya mendekat ke bumi, sehingga lebih cepat ketika kita mencari kembali. Dan ini sesuai dengan yang dikatakan Adam Kho, bahwa orang yang cerdas adalah orang yang neuron-neuronnya saling tersambung (neuron-connection). Semakin banyak hubungan antarneuron, maka semakin cerdas kita dalam suatu bidang. Kecerdasan itu bisa kita latih.. emoticon-Smilie emoticon-shakehand

Sumber
0
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
56.4K Anggota • 914K Threads
Defragmentasi Otak
13-05-2013 18:29
sesuai gan dengan pepatah orang2 tua jaman dlu "alah bisa karena biasa" emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh musang perak
0 0
0
Defragmentasi Otak
13-05-2013 18:29
acakadulll
0 0
0
Defragmentasi Otak
13-05-2013 18:34
Quote:Original Posted By Banyu.Meneng
acakadulll


emoticon-Kiss newbie
0 0
0
Defragmentasi Otak
13-05-2013 18:35
sed sepet nih mata baca semuanya. intinya cuma harus mengulangi pelajaran agar pelajaran yang engga masuk ke dalam pikiran kita bisa jadi masuk kan gan ?
0 0
0
Defragmentasi Otak
13-05-2013 18:39
Quote:Original Posted By freezeornot
sed sepet nih mata baca semuanya. intinya cuma harus mengulangi pelajaran agar pelajaran yang engga masuk ke dalam pikiran kita bisa jadi masuk kan gan ?


gini lho gan,, kalo semakin kita mengetahui secara detail akan semakin percaya kita akan sesuatu,, dan semakin sering kita membaca atau melihat sesuatu secara berulang-ulang maka akan semakin tersugesti kita..emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)
paling engga kaya gitu kalo kita emang males membaca...emoticon-Ngakak
0 0
0
Defragmentasi Otak
13-05-2013 18:51
Iya gan itu dia..

Sebenernya pelajaran yg kita terima ngak akan nyangkut kalau kita tidak terapkan di kehidupan nyata...

Jadi jgn takut mencoba...

Coba terus salah biasa... Jgn takut salah.. Otomatis kalau hal tersebut di lakukan berulang2 pasti jadi habit yg baik dan ngak mudah lupa...

ː̗=Dː̖..
0 0
0
Defragmentasi Otak
13-05-2013 19:19
berlatih n mengulang kuncinya
0 0
0
Defragmentasi Otak
18-12-2015 21:25
nice share gan emoticon-Angkat Beer

intinya bisa karena biasa

ga heran practice makes perfect
0 0
0
Defragmentasi Otak
22-12-2015 13:35
Pratice make perfect :vool


Yg gapunya otak gausah dibaca

cie ngerasa gapunya otak emoticon-Ngakak
Defragmentasi Otak
Dasar bocah maen lempar2 bata
Diubah oleh vaderth
0 0
0
Defragmentasi Otak
22-12-2015 13:54
Terus latian.. emoticon-Kaskus Radio

Ane sih gak.. emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh angindueh
0 0
0
Defragmentasi Otak
22-12-2015 14:02
sering2 aja dilatih gan emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Defragmentasi Otak
22-12-2015 16:13
ngantuk baca ya gan
0 0
0
Defragmentasi Otak
22-12-2015 16:14
sama kaya harddisk ya gan emoticon-Cool
0 0
0
Defragmentasi Otak
22-12-2015 16:15
Bacain dong gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Defragmentasi Otak
22-12-2015 16:16
Boleh ane print gan ??
0 0
0
Defragmentasi Otak
22-12-2015 16:20
izin nyimak dolo...sambil minum kufi emoticon-Cendol (S)
0 0
0
Defragmentasi Otak
22-12-2015 16:31
Bacanya harus pelan2 nih
0 0
0
Defragmentasi Otak
22-12-2015 16:56
harus baca pelan2 dulu biar paham
0 0
0
Defragmentasi Otak
22-12-2015 17:07
Ijin baca y Gan,

udah rate 5, Nice Info Gan..
0 0
0
Defragmentasi Otak
05-12-2016 11:09
Waduh kayak komputer nih gan.
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia