News
Batal
KATEGORI
link has been copied
33
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5188f765542acf126b000006/soal-larangan-fotokopi-e-ktp-ini-kata-kemendagri
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri membantah kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) akan rusak jika difotokopi berkali-kali. "Tidak ada masalah e-KTP difotokopi berkali-kali," ujar Juru Bicara Kemendagri Reydonnyzar Moenek saat dihubungi pada Selasa 7 Mei 2013. Adapun maksud surat edaran menteri soal perlakuan e-KTP, dia menjel
Lapor Hansip
07-05-2013 19:45

Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri

Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri membantah kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) akan rusak jika difotokopi berkali-kali. "Tidak ada masalah e-KTP difotokopi berkali-kali," ujar Juru Bicara Kemendagri Reydonnyzar Moenek saat dihubungi pada Selasa 7 Mei 2013.
Adapun maksud surat edaran menteri soal perlakuan e-KTP, dia menjelaskan, adalah kartu tersebut dilarang untuk distapler, dilubangi, dan difotokopi dalam kondisi sudah dilubangi atau distapler. "Perlakuan itu yang bisa merusak data di dalam kartunya," ujar dia menjelaskan.
Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi pada 11 April lalu mengeluarkan surat edaran yang berisi cara memperlakukan e-KTP. Dalam surat itu disebutkan, e-KTP tidak boleh difotokopi, distapler, dan diperlakukan hingga merusak fisik kartu. Bahkan di surat itu dituliskan unit kerja atau badan usaha yang memperlakukan e-KTP secara salah akan diberi sanksi.
Reydonnyzar menegaskan, surat edaran itu tujuannya bukan untuk menakut-nakuti masyarakat atau dunia usaha. Justru, katanya, kementerian mendorong perubahan perilaku pada masyarakat. "e-KTP kan sudah canggih, nanti masyarakat tidak perlu lagi memperbanyak kartu identitasnya dengan cara memfotokopi," ujarnya.
Selain itu, dia menambahkan, dunia usaha atau instansi pelayanan masyarakat akan bekerja secara lebih efisien. Instansi seperti bank, perkantoran pemerintah, atau badan apapun yang dalam operasionalnya memerlukan pencatatan data identitas masyarakat, cukup menggunakan alat pemindai untuk pencatatan. "Lebih efisien," kata dia.
Pada 1 Januari 2014 mendatang pemerintah telah menetapkan KTP manual tidak akan berlaku lagi, digantikan oleh e-KTP. Kementerian Dalam Negeri, ujar Reydonnyzar, sudah melakukan sosialisasi kepada dunia usaha untuk mengadakan alat pemindai e-KTP. Pengadaan alat pemindai itu menurut dia tidak dilakukan secara tender dan disebarkan oleh pemerintah. "Instansi yang butuh alat pemindai silakan beli sendiri, harganya paling Rp. 500 ribu," ujarnya.

Pemerintah menargetkan sepanjang 2013 hingga akhir tahun, banyak badan usaha dan unit kerja sudah bisa memiliki alat pemindai e-KTP. Alat ini berfungsi untuk membaca data identitas pemegang kartu dari chip yang terdapat di dalam e-KTP. Sejumlah kegiatan yang membutuhkan pencatatan identitas seperti perbankan dan pemerintahan, kata Reydonnizar, dipastikan wajib memiliki alat itu.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com/soal-lara...112920625.html

Yang ane Blod berbau2 Proyek nih emoticon-Malu (S)
Setiap Bank sudah memiliki identitas dan data2 nasabahnya jd buat apa lagi alat pemindah data E-KTP?
emoticon-Bingung (S)
profile-picture
zharki memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 19:51
pemindai gan, mungkin nanti setiap nasabah bank gk perlu lg fc ktp kan udah ada alatnya jd gk usah repot lg habisin kertas
0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 19:53
Quote:Original Posted By leesunkyu
pemindai gan, mungkin nanti setiap nasabah bank gk perlu lg fc ktp kan udah ada alatnya jd gk usah repot lg habisin kertas


Foto pakai kamera Hp lebih hemat gan, tdk perlu habisin kertas dan beli alat emoticon-Malu (S)
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 19:57
weleh..ini mentri tolol yang dulu bilang ga perlu sensus penduduk itu ya..
Pret..E-Ktp cuma proyek Mendagri doang,Registrasi penduduk tetap saja amburadul..
Ke laut aje lu mentri,mancing aja malah lebih halal rezekinya
0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 20:02
sumpa pernytaan yg sangat ga masuk akal
0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 20:03
alat pemindai tai?






banyak scanner murah cari aja di fjb
0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 20:09
Quote:Original Posted By boesoengkenyang
weleh..ini mentri tolol yang dulu bilang ga perlu sensus penduduk itu ya..
Pret..E-Ktp cuma proyek Mendagri doang,Registrasi penduduk tetap saja amburadul..
Ke laut aje lu mentri,mancing aja malah lebih halal rezekinya


mantaf Gan emoticon-Cendol (S)

Quote:Original Posted By LOMOMODGWNUBIIN
sumpa pernytaan yg sangat ga masuk akal


Duit proyeknya masuk akal kok gan emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By circ
alat pemindai tai?






banyak scanner murah cari aja di fjb


Scanner itu tak bisa pakai gan, harus pakai alat yg sesuai proyek. emoticon-I Love Indonesia (S)
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 20:11
lha wong proyek e-ktp berharga milyaran kok difotokopi saja rusak, ... piye to mas, .... ????

0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 20:18
ada data apaan di e-ktp?? mentri tuwolol...
0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 21:23
selalu ada ide kreatif untuk membuat proyek2 untuk menuhin kantong..
pertanyaannya, udh lunas belom..bayar ke pihak developernya?
0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 21:34
Yang ada malah nyusahin gini mah
0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 21:37
.....

ini ibaratnya kita di kasih Bakso Kuah tp nga di berikan Mangkoknya, nah kita disuruh beli sendiri Mangkoknya baru bisa makan tuh Bakso... emoticon-Cape d... (S)

.....

Nga beda jauh dengan e-ktp sudah suruh2 buat jauh2 ke kelurahan, nunggu lama, antri, 6bulan kemudian baru jadi eeh.... malah suruh beli alatnya juga bagi yang mau melihat data-nya, laaaah kok serasa cerita di bakso itu yah.... kgk tanggung jawab!!! emoticon-Najis (S)

.....

Kalaupun memang dibutuhkan Verifikasi mengenai data dari pemegang KTP, kenapa nga dibuat Aplikasi Web aja? bagi yang berkepentingan seperti Bank atau Polisi tinggal buka itu Aplikasi sesuai trus masukin Username and Password! trus masukan No KTP, taraaaaa....... Nongol dah tuh data. Lagipula banyak kok Instansi di desa apalagi Kota sudah ada Komputer dan Koneksi Internet.. Daripada beli tuh mesin.. Mending manfaatin yang ada. Emang jaminan nga Rusak tuh mesin? lah wong e-KTP-nya di potokopi aja bisa Rusak chipnya!!! Jaminan Bagus? ada Garansinya nga? ada service centernya nga? After Sales Servicenya ada nga? Pengadaan alatnya bersih dari Suap atau Korup nga?Jaminan Kepake? MODAAARR LOE!!! lagipula 500 rebu?? Buseeeett dah.... emoticon-Bingung (S) emoticon-Cape d... (S)

.....

LAKUKAN SEGALA SESUATU ITU SUNGUH2 WOI!!!
INGAT EFESIENSI DAN EFEKTIVITAS WAHAI KEMENDAGRI!!!!! emoticon-Mad (S)
Diubah oleh the.buyung
0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 21:39
berita terbaru bagaimana ya? ga boleh di fotocopy kan ya ?
0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 21:41
maaf agan2 di atas,kok bawaannya negatif thinking dluan ya?emoticon-Peace
klo mnurut ane sih e-ktp kan sdh skala nasional dalam artian data kita sdh online. ini bagus supaya setiap orang hanya punya 1 ktp. klo ktp biasa rawan pemalsuan yg akhirnya merugikan orang lain. klo pakai scanner ato kamera henpong kan datanya bisa di sotosop gan malah makin rawan pmalsuannya.
maaf kalo salah gan,ane bkan pegawai kcamatan cuma info yang ane dnger sih gituemoticon-Shakehand2
0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 21:54
Quote:Original Posted By yoscom
maaf agan2 di atas,kok bawaannya negatif thinking dluan ya?emoticon-Peace
klo mnurut ane sih e-ktp kan sdh skala nasional dalam artian data kita sdh online. ini bagus supaya setiap orang hanya punya 1 ktp. klo ktp biasa rawan pemalsuan yg akhirnya merugikan orang lain. klo pakai scanner ato kamera henpong kan datanya bisa di sotosop gan malah makin rawan pmalsuannya.
maaf kalo salah gan,ane bkan pegawai kcamatan cuma info yang ane dnger sih gituemoticon-Shakehand2


coba deh baca reply ane diatas.. emoticon-Smilie

0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 22:17
Quote:"Instansi yang butuh alat pemindai silakan beli sendiri, harganya
paling Rp. 500 ribu," ujarnya.,


paling paling pala lu........rakyat butuh harga pastinya berapa.... emoticon-Mad (S)
0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 22:49
eeeeeeeeeeeeeeee................... ktp
emang kabinet ini banyak atraksinya emoticon-Ngakak
0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 23:00
Kenapa ya pemerintah kalo bikin kebijakan selalu morat-marit. bukannya pengadaan PNS dipilih yg kualitas OK, nyatanya ga bisa kerja. ga pake feasibility study, pilot project kayaknya nih, asal tender. proyek lolos dpt fee dri rekanan trus masa bodoh. identifikasi tunggal ga bakal rampung2. imbasnya rakyat juga yang kena.
0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 23:11
lagi banyak yang mosting ginian... menurut ane di foto aja ato dis can save di pdf... beres dah emoticon-Ngakak
0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 23:26
Dan ga ada tanda tangan camat nya. Katanya bank lebih yakin dengan KTP lama yg ada ttd camat.

dan nanti mengurus perpanjangan di Dinas Kependudukan bukan di kelurahan/kecamatan lg? ck ck
Diubah oleh kundrik
0 0
0
Soal Larangan Fotokopi e-KTP, Ini Kata Kemendagri
07-05-2013 23:54
Hmm,, Jd E-ktp ntu udah ada chip nya..?
Trus udah bs discan..?
Jan 14 uda resmi utk dipakai dimana2..?
Lha itu masih banyak yg e-ktp nya blm jadi, piye pak..?
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia