News
Batal
KATEGORI
link has been copied
333
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/515ba7390975b4f42b00000b/1-liter-premium-disubsidi-rp-5000-kenapa-pemerintah-tidak-mensubsidi-pertamax-saja
TUNTUTAN ANE KEPADA PEMERINTAH AKAN DATANG YANG MENANG PEMILU : 1. Nasionalisasi semua industri migas indonesia. 2. Transparansi pengolahan migas. 3. Hapus subsidi BBM. 4. Ciptakan kemandirian energi nasional. 5. Memasyarakatkan energi alternatif ramah lingkungan. 6. Yang paling utama adalah hukuman mati para KORUPTOR. Hatta: 1 Liter Bensin Premium Disubsidi Rp 5.000 Yangon - Pemerintah menyatakan
Lapor Hansip
03-04-2013 10:51

1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?

TUNTUTAN ANE KEPADA PEMERINTAH AKAN DATANG YANG MENANG PEMILU :
1. Nasionalisasi semua industri migas indonesia.
2. Transparansi pengolahan migas.
3. Hapus subsidi BBM.
4. Ciptakan kemandirian energi nasional.
5. Memasyarakatkan energi alternatif ramah lingkungan.
6. Yang paling utama adalah hukuman mati para KORUPTOR.



Hatta: 1 Liter Bensin Premium Disubsidi Rp 5.000


Yangon - Pemerintah menyatakan, saat ini memberikan subsidi Rp 5.000 untuk setiap liter bensin premium yang dijual di SPBU. Saat ini, harga keekonomian bensin premium Ron 88 adalah Rp 9.500 per liter.

Hal itu diungkapkan Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di Yangon, Myanmar, Rabu (3/4/2013).

"Premium itu dijual Rp 4.500 per liter, namun harga pokoknya Rp 9.500 per liter. Jadi besar subsidinya Rp 5.000 per liter," tutur Hatta.

Melihat tingginya subsidi yang harus ditanggung, Hatta menyatakan, pemerintah sedang menggodok berbagai opsi mengerem laju subsidi energi tidak tembus Rp 300 triliun. Apalagi saat ini mayoritas penikmat BBM subsidi adalah masyarakat dari kelas menengah ke atas yang mempunyai mobil.

"Intinya kita nggak boleh membiarkan subsidi, karena akan membengkak. Ini nggak adil, sebab pengguna subsidi 70% itu dari middle class (kelas menengah)," tambahnya.

Seperti diketahui, besaran subsidi BBM yang diberikan pemerintah tahun ini adalah Rp 193,8 triliun. Volume BBM subsidi yang dialokasikan pemerintah tahun ini adalah sebesar 46 juta kiloliter (KL). Jika tidak ada kebijakan yang dilakukan, maka volume konsumsi BBM akan membengkak di atas alokasi yang disediakan.

SUMBER : [url]http://finance.detik..com/read/2013/04/03/094821/2210050/1034/hatta-1-liter-bensin-premium-disubsidi-rp-5000?f9911023[/url]

Pertamina: Pakai Pertamax Lebih Irit Sampai 30%

Jakarta - PT Pertamina (Persero) terus gencar mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi bensin pertamax non subsidi, sehingga subsidi BBM bisa ditekan. Menurut Pertamina jika pakai Pertamax, konsumsi BBM lebih irit.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengungkapkan, dengan menggunakan pertamax, konsumsi bahan bakar bisa irit 20-30 persen.

"Pakai pertamax itu jauh lebih hemat BBM 20-30% dibandingkan pakai bensin premium," kata Ali kepada detikFinance ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (2/4/2013).

Pasalnya, kata Ali, dengan menggunakan pertamax tarikan mesin jauh lebih cepat karena pembakaran lebih sempurna. "Karena pembakarannya lebih sempurna tarikan mesin jadi lebih cepat," ucap Ali.

Namun sayangnya, dikarenakan disparitas harga yang terlampau jauh dengan BBM subsidi, kata Ali, orang jadi malas menggunakan pertamax.

"Ya karena disparitas harga antara premium dengan pertamax terlampau jauh orang ya masih pilih pakai premium, karena lebih hemat uang bukan hemat bahan bakar," tandas Ali.

SUMBER : [url]http://finance.detik..com/read/2013/04/02/172914/2209692/1034/pertamina-pakai-pertamax-lebih-irit-sampai-30?[/url]


Jika ternyata Premium disubsidi pemerintah 1 liter RP 5000, dan juga Pemakaian Pertamax bisa menghemat 20-30% konsumsi bahan bakar, apakah bukan sebaiknya pemerintah mensubsidi pertamax saja dan menghapus premium, dengan mensubsidi Pertamax Rp 5000 / liter maka harga Pertamax subsidi menjadi Rp4800, (Harga Pertamax sekarang Rp9700-9800),
harga tersebut masih normal karena tidak berbeda jauh dari harga Premium yang Rp4500/ltr, selain itu pemakaian Pertamax yg lebih irit 20%-30% bukankah akan menjadikan pemakaian BBM secara nasional juga akan lebih irit sehingga beban subsidi juga akan berkurang?
emoticon-Bingung (S)




Quote:Original Posted By easydollar
Nilai tambah yang menurut TS bisa di dapat jika pemerintah mensubsidi Pertamax :

1. Beban subsidi akan berkurang, karena pertamax dalam pemakaiannya lebih hemat 20-30% dari pada Premium (Katanya Pertamina), sisa anggaran bisa dialokasikan untuk pendidikan dan kesehatan, ini jelas jalan keluar buat pemerintah yang selama ini selalu mengeluh beban subsidi yang terus bertambah?

2. Pertamax membuat mesin menjadi lebih awet, hal ini akan menurunkan biaya perawatan kendaraan terutama angkutan umum dan barang, jika biaya perawatan turun otomatis beban operasional kendaraan akan turun, secara nasional akan mengurangi efek Ekonomi Biaya Tinggi yg merupakan momok bagi ekonomi indonesia,
dan jika suatu saat pemerintah menaikan harga Pertamax subsidi tersebut dari Rp4800 menjadi RP6000 maka efek kemasyarakat terutama industri transportasi akan sedikit, bakalan ngk ada demo2 supir angkot seperti sekarang..

3. Pembakaran Pertamax lebih sempurna dibandingkan Premium, sehingga akan mengurangi Polusi udara, sesuai standart dunia EURO III, bukankah pemerintah sekarang katanya mendukung usaha penyelamatan bumi dari Global Warming?
selain itu dengan berkurangnya polusi udara otomatis kesehatan masyarakat akan lebih baik, hal ini akan menghemat anggaran kesehatan pemerintah.

4. Dengan mensubsidi Pertamax berarti pemerintah melakukan KEADILAN bagi seluruh rakyat indonesia, karena selama ini cuma orang KAYA saja yang bisa menikmati Pertamax, dgn disubsidi maka seluruh lapisan masyarakat indonesia bisa menikmati BBM BERKWALITAS.
Indonesia bukan negara Kapitalis yang hanya orang kaya yang bisa menikmati hidup lebih baik.

5. Jika Pertamax sdh terjangkau semua lapisan masyarakat maka semua Kaskuser tidak mau lagi mengejar PERTAMAX di setiap thread karena sudah tidak eksklusif lagi emoticon-Ngakak

jika ada kaskuser yang lain ingin menambahkan silakan, yang berbobot ntr ane tambah di PageOne. emoticon-Cendol (S)






Yang ini menarik juga untuk dibaca, Link dari agan Satrianegara emoticon-I Love Indonesia (S),

Quote:Original Posted By satrianegara77
Sebetulnya subsidi itu ada nggak sih gan? emoticon-Bingung
http://kwikkiangie.com/v1/2011/03/is...agi-artikel-1/


QUOTE Kaskuser :

Quote:Original Posted By hendunante


itungan TS nya tepat...emoticon-2 Jempol
Dengan cara berpikir TS..artinya pemerintah bisa mengurangi subsidi ampe 20%-30%..(karena lebih iritnya..)..

Buruan kasih tau tuh menteri...doi lagi kebingungan mikir supaya subsidi gak tembus 300 T...
ternyata gampang bener jalan keluarnya...(itupun kalo bener subsidi premiumnya ampe 5000 / liter....emoticon-Malu (S))





moga-moga pak menteri membaca thread ane ini gan emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:Original Posted By akugantengasu
klo menurut ane, agak diratain lah, premium 9500 dibanding pertamax 10800, awalnya subsidi premium 5000, jadi 4500 banding 10800.
kondisi sedemikian rupa, orang waras pasti milih bensin, meskipun pake mobil mewah.
mengapa tidak dibikin misalnya bensin disubsidi 3500, jadi 6000, dan pertamax disubsidi 800 rupiah jadi 10000, pasti orang2 bermobil mewah tambah sayang mobilnya sehingga berangsur2 beralih ke pertamax.

kalo tidak mampu mengendalikan mending mengakali aturan agar sama2 hemat.
kalo disubsidi ke pertamax semua, cukup subsidi 4.800, jadi 6.000 rupiah.
dengan 6000 rupiah pertamax saya kira sebanding dengan nilai guna premium 1,3 liter=4500x1,3=5850.


cuman memang kendaraaan umum kita belum siap, jadi masih tetep harus pake premium.
percuma mobil tua pake pertamax, tidak signifikan perubahannya karena pertamax tu bukan sekedar irit saja, tp ketepatan waktu bakar. tidak cocok untuk kendaraan jadul


setuju dengan yang ane Bold emoticon-I Love Indonesia (S)
Dengan mensubsidi petamax Rp4800 saja orang pasti sudah berbondong2 beralih ke pertamax, karena dengan Rp5000/ltr akan mendapatkan BBM kwalitas bagus dan lebih hemat dibandingkan premium (pertamax non subsidi Rp9800).
pemerintah selain menghemat Rp200/liter juga konsumsi BBM nasional bisa berkurang karena pertamax lebih hemat 20-30%.

Quote:Original Posted By ujangbandith
lah ntar pada ngisi pertamax dong gan orang2 yang mobilnya keren2 ..
emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)


ini kata pak menteri gan mayoritas penikmat BBM subsidi adalah masyarakat dari kelas menengah ke atas yang mempunyai mobil.
berarti jenis BBM apapun yg disubsidi tetap saja tu duit Rp5000/ltr msh dinikmati kelas menengah keatas, dan atas dasar keadilan sekalian aja pertamax yg disubsidi, nilai plusnya lebih bnyk emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:Original Posted By bangkhalifah
trhead ini trhead cerdas,

sedikit dari banyak thread yang memberikan andil untuk memberi informasi yang berbeda terkait kebijakan pemerintah.

bukan thread kampanye, atau character assasination,
bukan thread berita stensil atau berita kriminalitas,

meski tidak kalah pentingnya namun thread ini mengkritisi kebijakan pemerintah yang menguasai hajat hidup orang banyak,

semoga lebih ramai komentar bagus.



Quote:Original Posted By kundrik
Lho, harga keekonomiannya sama dengan pertamax y? betul kata TS, knp tidak pertamax saja yg disubsidi?

Solar non subsidi utk industri jg harga keekonomiannya sama/ tdk jauh berbeda dgn pertamax.


Quote:Original Posted By afzhan24
di negeri upin ipin bensin sekelas pertamax di subsidi loh
tp emang krn disana gak jual jenis premium sih
jd menurut ane premium dihilangkan aja, subsidi bwt pertamax ron 92


Quote:Original Posted By luwakkopi


Betul sekali pendapat TS. Pemerintah gak bisa ngitung secara baik dan benar.
Coba aja pertamax disubsidi, kan bisa hemat BBM 20-30%. emoticon-Big Grin


Dengan catatan HR dan Pertamina tidak bohong gan emoticon-Wink

Quote:Original Posted By firewallshop
masa sih ron88 harganya 9500??
negara mana yg masih pake bensin oktan rendah kaya indo dan jual di 9500??
kalo emang subsidi 5rb ya bener TS,mending pemerintah subsidi PERTAMAX,toh lebih ramah lingkungan dan hemat

tp bukan itu poin-nya
intinya,Indo diteken pihak luar supaya mereka bisa saingan jualan pertamax di indo


Quote:Original Posted By fananie
good point gan, lebih baik subsidi pertamax yg jelas irit 30%.... tapi bensin pertamax kan dikuasai kartel minyakemoticon-No Sara Please




Update 2 post dibawah
V
V
V
Diubah oleh easydollar
profile-picture
zharki memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 17
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 10:53
Keenakan orang kaya donk gan, Ntr mobilnya Lamborghini minum Pertamax bersubsidi.
0 0
0
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 10:55
QUOTE KASKUSER
Quote:Original Posted By Zetsuboushita
bentar. berarti harga pertamax dan premium hampir sama donk. harga premium sekarang 4500 dapat subsidi 5000 berarti harga normalnya 9500 sedangkan pertamax harganya 9700. selisih 200 perak disubsidikan ke pertamax memang jauh lebih bermanfaat kalau hemat 30%
lha ini pemerintah kok malah subsidinya ke premium


Quote:Original Posted By tottorotooot
Nih ane kasih link harga2 bensin di dunia, kalo mo dibikin thread monggo.

http://www.driverabroad.com/driving-...petrol-prices/

http://www.mytravelcost.com/petrol-prices/

Buat link kedua biar enak dikonversi aja ke rupiah, trus kayaknya pas ngitung di indonesia yg diitung pertamax.
Unleaded buat bensin biasa, leaded buat solar.

Yang butuh boleh lihat-lihat emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:Original Posted By juman
setuju sama ts,kenapa gk pertamax aja disubsidi?andai pertamax disubsidi 3000 kan harganya jadi 6500,lebih terjangkau dan pemerintah bisa menghemat 2000.


Quote:Original Posted By edc21
bolee juga sii knapa gak pertamax yg disubsidi..
tp yaa tanaya kenapa..emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By penjahat^kelamin
aah bener jg ente gan...ketimbang subsidi premium yang cepet nguapnya, mending subsidi pertamax walau harga subsidi naek 300 perak dari premium lebih mending pertamax kemana2...lebih irit, mesin awet...emoticon-Add Friend (S)


Quote:Original Posted By simeoneinter
Pembodohan lagi...

Gw gak percaya harga premium itu realnya rp. 9500. Dgn kualitas sampah kayak gitu pembodohan masyarakat pake bilang harga realnya segitu. Masak disparitas pertamax dgn premium non subsidi hampir sama. Padahal dr kualitas jauuh...

Gw kerja di perusahaan taksi, beberapa tahun lalu sempat kejadian kecurangan pertamina terhadap premium yang trlalu byk sulfurnya. Di dunia ini gk ada lagi bensin berstandar premiu m yg menghancurkan mesin kecuali bikinan pertamina. Jadi gk masuk akak klo harga aseli premiu itu rp. 9500.

Klo ada orang kaya beli mobil mewah pake premium, itu orang kaya yg bego, jelas mobil mewah minum premium dijamin 5 tahun juga itu mesin udah overhaul. Dan biaya overhaul itu gk murah gan. Kecuali orang kayanya beli avanza ya masih bisalah minum premium.

Itu alasan pertamina aja gan biar dapet untungnya lebih gede. Bener ada pendapat klo pertamina pengen kasih subsidi, mending subsidi itu pertamax dan hapuskan premium. Tapi gw yakim gak akan dihapus itu premium, paling pengennya pertamina itu premium dinaikin seharag rp.6500 yang bisa aja itu bukan lg harga subsidi loh. Hehe...


Quote:Original Posted By R.y
Ane setuju banget klo pertamax disubsidi, ane pake pertamax bukan sok kaya atau sok ikutan go green, tapi karena motor ane butuh bahan bakar yang bagus emang cuma motor bebek tapi kompresinya 9,3:1

benar gan, uang negara 300Triliun cuma dipakai buat subsidi bahan bakar yang kwalitasnya jelek. emoticon-Najis

Quote:Original Posted By myself20nov
Wah ide bagus jg tuh gan mengingat 300 T itu ga sedikit (300 T= 300.000.000.000.000)

Anggapan aja pertamax yg disubsidi 3000 dri biaya subsidi 5000 (pertamax 9000an jdi 6000an)

Udh menghemat 40% (120.000.000.000) , 120T

Dana sgitu gede buat riset aja gan , datengin profesor2 dri seantero bumi buat riset di sini

mana tw nemu sumber energi baru dri apa gtu yg bs di mass production


Benar gan, bukan saja menghemat 40% (120T) tp jg tambah hemat lagi 20% akibat dr pemakaian pertamax yg lebih hemat 20% drpd premium, bayangin saja brp penghematan yg bisa pemerintah dapatkan, tp kenapa pemerintah tdk mau menjalankan opsi ini? Saya rasa ini ada udang diballik bakwan gan.

Quote:Original Posted By fahmirieza
Thread bermutu gan emoticon-Shakehand2. Ane setuju kalo pertamax yang disubsidikan dan ane ngangguk2 sama itungan ente gan emoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By skymovie
lho subsidi ditaruh ditempat yg efektif ntar y tikusnya pd kelaparan...
emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By j_brown


Ane setuju sama pendapat agan.

Intinya moga2 Indonesia segera punya pemimpin yang JUJUR dan BERANI MEMIHAK KEPENTINGAN RAKYAT.

Mau apapun itu nanti wujud hasilnya, kalau dari awal niat nya udah baik pasti hasilnya juga baik.

Ane jg setuju sama usulan TS supaya Pertamax aja yang disubsidi.
Efisiensi antara kualitas dan harga yang tinggi.
Moga2 pemerintahnya pinter deh.
Kalo gak pinter juga ane usulin TS jadi Menteri gantiin si uban gimana?

hehehe...

Ane masih sekolah gan belum sepintar pak menteri emoticon-Matabelo

Quote:Bos Pertamina Bersiap Jual Bensin Premium Rp 4.500 & Rp 6.500

Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan mengungkapkan pihaknya siap melaksanakan rencana pemerintah memberlakukan ada dua harga bensin premium.

"Bagi kami secara operasional kami siap," kata Karen ketika ditemui usai mengikuti rapat koordinasi di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (16/4/2013).

Dikatakan Karen, nantinya SPBU akan diberi tanda untuk membedakan mana yang menjual premium Rp 4.500/liter, dan mana SPBU menjual premium Rp 6.500/liter.

"Ya nantinya ada pembeda, nanti ada SPBU yang menjual Rp 4.500 mana dan yang Rp 6.500 mana," katanya.

Pemerintah rencananya menetapkan 2 harga bensin premium mulai Mei 2013. Untuk motor dan angkutan umum tetap Rp 4.500/liter, untuk mobil pribadi direncanakan Rp 6.500/liter. Pengusaha SPBU mendukung kebijakan itu.

Di tempat yang sama, Gubernur Kalimantan Selatan Rudi Arifin mengatakan, dirinya mendukung kebijakan BBM subsidi yang diambil pemerintah, yang penting stok BBM subsidi tetap lancar.

"Apapun kebijakannya, kami di daerah hanya ingin pasokan BBM subsidi itu tetap ada," ujar Rudi.

Selain itu kata Rudi, masyarakat di daerah juga menginginkan adanya penambahan SPBU, karena jumlahnya saat ini kurang dan tidak sesuai dengan luas wilayah.

"Jumlah SPBU di Kalsel tidak sesuai dengan luas wilayah, kami minta penambahan dan disesuaikan dengan konsumsi BBM di daerah," tandasnya.


Sumber : [url]http://finance.detik..com/read/2013/04/16/152521/2221734/1034/bos-pertamina-bersiap-jual-bensin-premium-rp-4500-rp-6500?f9911013[/url]

Jika premium bisa Dua harga tentu pertamax jg bisa Dua harga, pemerintah harusnya memberlakukan kebijakan tersebut pada Pertamax saja dan menghapus Premium, kelebihannya lebih banyak emoticon-I Love Indonesia (S)

Kunjungi Thread baru ane yg lebih seru gan....
http://www.kaskus.co.id/post/517a493...27cfa33f00000f
Diubah oleh easydollar
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 10:57
premium dihilangin

pertamax disubsidi jadi harga 6500-7000

gw langsung beralih ke pertamax emoticon-Cool
0 0
0
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:00
Quote:Original Posted By easydollar


sekarang mobil mewah juga banyak yang makai premium subsidi gan.


Nah, premium subsidi aj disruput orang kaya. Aplagi pertamax ntar kalo disubsidi.
0 0
0
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:03
Gak semua kendaraan cocok pke pertamax apalagi yg tua malah bisa overheat
0 0
0
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:03
Quote:Original Posted By akainusan1
premium dihilangin

pertamax disubsidi jadi harga 6500-7000

gw langsung beralih ke pertamax emoticon-Cool


Benar gan, jika pertamax disubsidi jadi rp7000, dan masyarakat semua beralih ke pertamax krn lebih irit 20-30%, berarti pemerintah cm mensubsidi sebesar Rp2800 saja.
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:03
Quote:Original Posted By easydollar
Hatta: 1 Liter Bensin Premium Disubsidi Rp 5.000


Yangon - Pemerintah menyatakan, saat ini memberikan subsidi Rp 5.000 untuk setiap liter bensin premium yang dijual di SPBU. Saat ini, harga keekonomian bensin premium Ron 88 adalah Rp 9.500 per liter.

Hal itu diungkapkan Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di Yangon, Myanmar, Rabu (3/4/2013).

"Premium itu dijual Rp 4.500 per liter, namun harga pokoknya Rp 9.500 per liter. Jadi besar subsidinya Rp 5.000 per liter," tutur Hatta.

Melihat tingginya subsidi yang harus ditanggung, Hatta menyatakan, pemerintah sedang menggodok berbagai opsi mengerem laju subsidi energi tidak tembus Rp 300 triliun. Apalagi saat ini mayoritas penikmat BBM subsidi adalah masyarakat dari kelas menengah ke atas yang mempunyai mobil.

"Intinya kita nggak boleh membiarkan subsidi, karena akan membengkak. Ini nggak adil, sebab pengguna subsidi 70% itu dari middle class (kelas menengah)," tambahnya.

Seperti diketahui, besaran subsidi BBM yang diberikan pemerintah tahun ini adalah Rp 193,8 triliun. Volume BBM subsidi yang dialokasikan pemerintah tahun ini adalah sebesar 46 juta kiloliter (KL). Jika tidak ada kebijakan yang dilakukan, maka volume konsumsi BBM akan membengkak di atas alokasi yang disediakan.

SUMBER : [url]http://finance.detik..com/read/2013/04/03/094821/2210050/1034/hatta-1-liter-bensin-premium-disubsidi-rp-5000?f9911023[/url]

Pertamina: Pakai Pertamax Lebih Irit Sampai 30%

Jakarta - PT Pertamina (Persero) terus gencar mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi bensin pertamax non subsidi, sehingga subsidi BBM bisa ditekan. Menurut Pertamina jika pakai Pertamax, konsumsi BBM lebih irit.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengungkapkan, dengan menggunakan pertamax, konsumsi bahan bakar bisa irit 20-30 persen.

"Pakai pertamax itu jauh lebih hemat BBM 20-30% dibandingkan pakai bensin premium," kata Ali kepada detikFinance ketika ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (2/4/2013).

Pasalnya, kata Ali, dengan menggunakan pertamax tarikan mesin jauh lebih cepat karena pembakaran lebih sempurna. "Karena pembakarannya lebih sempurna tarikan mesin jadi lebih cepat," ucap Ali.

Namun sayangnya, dikarenakan disparitas harga yang terlampau jauh dengan BBM subsidi, kata Ali, orang jadi malas menggunakan pertamax.

"Ya karena disparitas harga antara premium dengan pertamax terlampau jauh orang ya masih pilih pakai premium, karena lebih hemat uang bukan hemat bahan bakar," tandas Ali.

SUMBER : [url]http://finance.detik..com/read/2013/04/02/172914/2209692/1034/pertamina-pakai-pertamax-lebih-irit-sampai-30?[/url]


Jika ternyata Premium disubsidi pemerintah 1 liter RP 5000, dan juga Pemakaian Pertamax bisa menghemat 20-30% konsumsi bahan bakar, apakah bukan sebaiknya pemerintah mensubsidi pertamax saja dan menghapus premium, dengan mensubsidi Pertamax Rp 5000 / liter maka harga Pertamax subsidi menjadi Rp4800, (Harga Pertamax sekarang Rp9700-9800),
harga tersebut masih normal karena tidak berbeda jauh dari harga Premium yang Rp4500/ltr, selain itu pemakaian Pertamax yg lebih irit 20%-30% bukankah akan menjadikan pemakaian BBM secara nasional juga akan lebih irit sehingga beban subsidi juga akan berkurang?
emoticon-Bingung (S)


Bener gan...pemerintah selama ini nganggep rakyatnya bloon semua, jadi mereka bisa ngapain aja seenak udelnya...emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:05
Quote:Original Posted By Ed0u6avA


Nah, premium subsidi aj disruput orang kaya. Aplagi pertamax ntar kalo disubsidi.


berarti dua2 nya memang beresiko di selewengkan, jd dua2 nya sama2 harus diatur dgn aturan hukum yang jelas dan kuat.
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:05
naikin aja harga premium jd 6000 biar disparitas ga terlalu jauh dg pertamax,tp ya itu konsekuensinya gede
0 0
0
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:07
masa sih ron88 harganya 9500??
negara mana yg masih pake bensin oktan rendah kaya indo dan jual di 9500??
kalo emang subsidi 5rb ya bener TS,mending pemerintah subsidi PERTAMAX,toh lebih ramah lingkungan dan hemat

tp bukan itu poin-nya
intinya,Indo diteken pihak luar supaya mereka bisa saingan jualan pertamax di indo
0 0
0
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:07
good point gan, lebih baik subsidi pertamax yg jelas irit 30%.... tapi bensin pertamax kan dikuasai kartel minyakemoticon-No Sara Please
0 0
0
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:10
stop subsidi bbm!
0 0
0
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:14
setuju gans

premium itu mengandung timbal

lebih baik pertamak disubsidi biar orang berbondong bondong pake pertamaxxxx
0 0
0
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:14
Quote:Original Posted By firewallshop
masa sih ron88 harganya 9500??
negara mana yg masih pake bensin oktan rendah kaya indo dan jual di 9500??
kalo emang subsidi 5rb ya bener TS,mending pemerintah subsidi PERTAMAX,toh lebih ramah lingkungan dan hemat

tp bukan itu poin-nya
intinya,Indo diteken pihak luar supaya mereka bisa saingan jualan pertamax di indo


benar gan, isu pemaksaan penghapusan subsidi salah satunya agar pihak luar bisa berbisnis BBM di indo.


Quote:Original Posted By fananie
good point gan, lebih baik subsidi pertamax yg jelas irit 30%.... tapi bensin pertamax kan dikuasai kartel minyakemoticon-No Sara Please


itu sebab nya rakyat indonesia harus memilih pemimpin yang berani menghilangkan kartel minyak tersebut.
Diubah oleh easydollar
profile-picture
zharki memberi reputasi
1 0
1
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:17
Quote:Melihat tingginya subsidi yang harus ditanggung, Hatta menyatakan, pemerintah sedang menggodok berbagai opsi mengerem laju subsidi energi tidak tembus Rp 300 triliun. Apalagi saat ini mayoritas penikmat BBM subsidi adalah masyarakat dari kelas menengah ke atas yang mempunyai mobil.


selain menggodok begituan,
kenapa ga sekalian menggodok bagaimana caranya agar GAJI PNS jangan sampai tembus 220 Trilyun emoticon-Stick Out Tongue

subsidi 300T digunakan untuk 250 juta rakyat Indonesia, termasuk PNS
sedangkan 220 T hanya digunakan oleh segelintir PNS yg berjumlah 4jutaan orang saja emoticon-Busa


adil ga?



gw udah hapal ,
kalo pertamina lagi ada "hajat" mau eksplorasi atau yg sejenis,
mesti isu2 bbm subsidi lah, gas rugi lah , bakalan naik ke permukaan emoticon-Stick Out Tongue
suruh tuh pertaminanjing ngencengin ikat pinggang kalau mau ekspansi usaha,
potong gaji karyawan, kurangi subsidi internal kayak outbond karyawan dll yg ga berguna emoticon-fuck3
jangan rakyat melulu yg jadi sapi perahan emoticon-Tai:
0 0
0
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:19
Quote:Original Posted By easydollar


berarti dua2 nya memang beresiko di selewengkan, jd dua2 nya sama2 harus diatur dgn aturan hukum yang jelas dan kuat.


Pertamax kan "harusnya" emang diminum sm mobil2 bagus, kalo pertamax disubsidi siapa ntr yg beli Premium? Gx mungkin mobil mahal nyedot Premium kalo gax disubsidi.
0 0
0
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:22
Quote:Original Posted By firewallshop


tp bukan itu poin-nya
intinya,Indo diteken pihak luar supaya mereka bisa saingan jualan pertamax di indo


tergantung juga sih....kalau pemerintah pintar dan tegas, lakukan langkah berikut :
Pertamax subsidi hanya dijual oleh pertamina.
Sedangkan lapak asing tidak menerima subsidi pertamax.
Dengan kondisi sama-sama jual pertamak yang mana harga pertamina Rp. 4800 dan non pertamina Rp. 9500, masa sih lapak asing nggak bakal gulung tikar....emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

0 0
0
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:22
iya ya knp ga pertamax aja d subsidi premium di ilangin
0 0
0
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:23
paling bagus subsidi premium dihapus
dana dialihkan ke subsidi lain yang lebih bisa ditargetkan
contoh: subsidi pendidikan, subsidi kesehatan, subsidi pangan, dsb

premium hilang = makin dikit yang pake kendaraan pribadi = macet berkurang

kalau yg ribut2 bisnis di transportasi/dsb maka bisa minta langsung subsidi tersendiri yang dapat berupa subsidi pajak, tol, parkir, perijinan, dsb
0 0
0
1 Liter Premium Disubsidi RP 5000, kenapa Pemerintah Tidak Mensubsidi Pertamax Saja?
03-04-2013 11:23
di negeri upin ipin bensin sekelas pertamax di subsidi loh
tp emang krn disana gak jual jenis premium sih
jd menurut ane premium dihilangkan aja, subsidi bwt pertamax ron 92
0 0
0
Halaman 1 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia