others
Batal
link has been copied
136
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5147c35e611243983f000003/fr-donasi-kewirausahaan-kue-rangin-aka-gandos
DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS Adalah pak Abdul rohim ( 63 tahun ) tinggal di kampung mbarakan magelang, Sepertinya hanya dia yang masih setia dengan pekerjaan satu ini, hampir 35 tahun dia tekuni, Gandos, orang magelang biasa menyebutnya. setiap hari ayah empat anak ini menjajakan kue gandos dari pagi sampai malam hari, keliling kota magelang dengan berjalan kaki hampir 15 kilo setiap
Lapor Hansip
19-03-2013 08:46

►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄

Past Hot Thread
DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS


►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄




Quote:Adalah pak Abdul rohim ( 63 tahun ) tinggal di kampung mbarakan magelang, Sepertinya hanya dia yang masih setia dengan pekerjaan satu ini, hampir 35 tahun dia tekuni, Gandos, orang magelang biasa menyebutnya. setiap hari ayah empat anak ini menjajakan kue gandos dari pagi sampai malam hari, keliling kota magelang dengan berjalan kaki hampir 15 kilo setiap harinya.

Gandos adalah makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung beras dicampur santan kelapa ditambah garam secukupnya. Gandos dibuat di dalam cetakan loyang dengan api superpanas di bawahnya. Pengaruh garam membuat dominasi rasa gurih jajanan tradisional ini. Bagi penyuka rasa manis, biasanya cukup meminta sedikit taburan gula tebu di permukaanya. Serabi miring, Jot Ndot, Bandros, Rangin, Kue pancong, Tratak jaran, atau daluman, beberapa daerah menyebut makanan ini berbeda-beda.

Pagi itu minggu 17 Maret 2013 sesuai dengan rencana kami untuk melakukan kegiatan sosial yang bertajuk "Donasi Kewirausahaan" rekan-rekan berkumpul di rumah bapak Regional Leader kami, happy_honda, mengundang bapak Abdul rohim untuk mencoba berbagi sedikit rejeki dan dukungan kepada penjual kue tradisional yang sudah mulai langka ini.

Pukul 10.30 pak Abdul rohim datang, masih dengan keringat di wajahnya yang sudah mulai keriput, beliau berjalan dari rumahnya yang berjarak kurang lebih 3 kilometer, sambil memikul kotak kayu tempat dagangannya dan sesekali melayani pelanggan setianya yang dia temui sepanjang perjalanan ke tempat kami.

Mengeluarkan lap kecil dan kursi lipat yang terselip di sela kotak dagangannya, beliau memulai menyajikan kue Gandos, adonan kue yang sudah disiapkan mulai dia tuangkan di cetakan yang sudah panas terpanggang diatas tungku arang,

tidak ada kata istirahat dalam membuat kue ini, sekali bara arang dinyalakan, cetakan yang terbuat dari besi akan selalu terisi adonan kue gandos, bahkan sambil berjalan memikul dagangannya, pak Abdul rohim selalu menjaga agar terus menyala.

Guyonan dan obrolan ringan terjadi, beberapa dari kami mulai mendekat, menanyakan suka duka dan pengalaman pak Abdul rohim berjualan, berawal sekitar tahun 1978 datang dari kota Pekalongan dengan 7 rekannya beliau mulai menjual Gandos di Magelang, tahun demi tahun berlalu, Gandos yang dulu menjadi alternatif makanan murah dan nikmat mulai kehilangan penggemarnya, pelanggan pak Abdul rohim mulai berkurang, sementara ke 7 rekannya sudah mulai beralih profesi sebagai tukang jahit, tukang parkir, atau tukang bangunan, pak Abdul rohim tetap bertahan menjual Gandos, beliau yakin bahwa dagangannya akan selalu ada yang membeli.

Musim hujan tidak sedikitpun menyurutkan niatnya berjualan keliling, justru saat musim hujan seperti ini dagangannya selalu laris, walaupun kadang beliau harus rela basah kehujanan, berangkat pukul 8 pagi, mengelilingi jalanan kota magelang sampai pukul 4 sore. dilanjutkan malam hari pukul 9 malam sampai 1 dini hari.

Dalam sehari beliau mampu mengumpulkan 100 - 150 ribu, beliau harus bisa menyisihkan untuk membeli bahan adonan untuk dia jual besok paginya, tidak banyak sisa yang bisa dia kumpulkan memang, tapi pak Abdul rohim tidak pernah berhenti bersyukur. hasil berjualan gandos ini digunakan untuk menghidupi anak istrinya yang tinggal di pekalongan.

Banyak hal yang bisa kita ambil dari cerita suka duka pak Abdul rohim, dengan semangatnya beliau mampu membiayai sekolah anak-anaknya.

Kita lanjut ke pict saja langsung, bagaimana acara "Donasi kewirausahaan" ini berlangsung.


sosok pak Abdul rohim


proses pembuatan gandos


this is it... GANDOS


menikmati GANDOS


lagi doyan /:D/


maknyus, minta tambah..


lapeerrrrrr...


pedagang sukses.


profesi baru RL /:D/


masih pak RL kita :


poto bareng



PICT lengkapnya ada di Disini


Quote:List Peserta :
1. [URL="http://www.kaskus.co.id/profile/171916 "][color=orange]happy_honda[/color][/URL]
2. [URL="http://www.kaskus.co.id/profile/700385 "]ucenkembung[/URL]
3. [URL="http://www.kaskus.co.id/profile/405558 "]cach_ink[/URL]
4. [URL="http://www.kaskus.co.id/profile/2838191 "]cinnoe [/URL]
5. [URL="http://www.kaskus.co.id/profile/1795645 "]maspho[/URL]
6. panyumethe
7. [URL="http://www.kaskus.co.id/profile/1463849 "]yudha961[/URL]
8. [URL="http://www.kaskus.co.id/profile/1998767 "]MemetThirteen[/URL]
9. [URL="http://www.kaskus.co.id/profile/1574529 "]memphist[/URL]
10. [URL="http://www.kaskus.co.id/profile/2946093 "]arief...[/URL]
11. [URL="http://www.kaskus.co.id/profile/1555870 "]Lance117[/URL]
12. [URL="http://www.kaskus.co.id/profile/1188062 "]munyukalazz[/URL]


Quote:Banyak hal yang bisa kita ambil dari cerita suka duka pak Abdul Rohim, sedikit kisah beliau yg dapat kami rangkum :
1. Manfaat : Hidup hendak nya memberi manfaat bagi org lain di sekitar kita, semakin besar manfaat yg bisa kita berikan tentu akan lebih baik
2. Sederhana : Selalu bersikap dan perilaku sederhana, karena dibalik semua kesederhanaan itu, kita mempunyai kaya jiwa.
3. Tekun : Tanpa ketekunan semua hal yg kita inginkan sulit tercapai
4. Tabah : Hidup ini keras, jangan mudah putus asa, sakit hati maupun mudah sedih manakala mendapat musibah


Demikian Field report "Donasi Kewirausahaan" semoga mampu menjadi inspirasi, menumbuhkan jiwa sosial, dan jiwa kewirausahaan bagi kita semua.
kalau ada kurangnya mohon maap ye.... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wargabiasa dan 6 lainnya memberi reputasi
7
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 8
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
19-03-2013 08:47
Link Terkait :

Donasi Kewirausahaan
Diubah oleh happy_honda
0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
19-03-2013 08:50
mantep ki acara ne emoticon-2 Jempol

semoga bermanfaat bagi kita semua dan jg ikut melestarikan kuliner tradisional yg sudah jarang di temui

nganti wareg lek mam gandoz e
Diubah oleh cinnoe
0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
19-03-2013 09:06

Gandos enak, sehat dan bikin kenyang emoticon-Big Grin
bapak abdul rohim saya nobatkan jadi Recomended Gandos Seller emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller
bayak nilai nilai yang bisa diambil dari pak abdul rohim emoticon-2 Jempol
0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
19-03-2013 09:20
nampang peki wan deh emoticon-Stick Out Tongue
gak ikutan nih ane emoticon-Embarrassment
gk ada yg kasih tau kacian ya ane emoticon-Frown
0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
19-03-2013 09:41
nyumbang foto keren
emoticon-Cool
"cakep"
Diubah oleh arief...
0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
19-03-2013 09:41
salut sama bapaknya yg sudah jualan gandos selama puluhan tahun emoticon-2 Jempol
0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
19-03-2013 09:48

Quote:Original Posted By arief...
nyumbang foto keren
emoticon-Cool
"cakep"



opo kui rip foto bbcode e busuk emoticon-Busa:
dibener ke sik emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh ceperz
0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
19-03-2013 10:43
ra kebagian ki jos gandose, padahal wes suwe ga mangan gandosss...
0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
19-03-2013 12:42
Quote:Original Posted By ceperz




opo kui rip foto bbcode e busuk emoticon-Busa:
dibener ke sik emoticon-Ngakak (S)

uwes tak edit ki mas
emoticon-Ngakak

vvv
vv
v

Quote:Original Posted By arief...
nyumbang foto keren
emoticon-Cool
"cakep"

0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
19-03-2013 12:58
Ikut nyumbang foto ea kk emoticon-Big Grin

supported by Kaskus Reg. Kedu


ga tau lg bayangin megang apaan


TS minta nambah


rame


rame


rame


kreasi gandoz coklat oleh kaskuser




0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
19-03-2013 13:26
Quote:Original Posted By happy_honda
Ikut nyumbang foto ea kk emoticon-Big Grin

supported by Kaskus Reg. Kedu


ga tau lg bayangin megang apaan


TS minta nambah


rame


rame


rame


kreasi gandoz coklat oleh kaskuser /:D/






emoticon-Ngakak
kuwi poto ke 2 arip lagi mbayangke opo kuwi.emoticon-Ngakak

bt gandoznya mantab nih...
wareg je maem gandoz ki jebul.emoticon-2 Jempol
sukses selalu buat pak abdul rohim gandoz maker.emoticon-Recommended Seller
0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
19-03-2013 16:00
Dari obrolan ngalor ngidul dgn Pak Aldul Rochim, banyak sekali pelajaran yg sy dapet....baik itu pelajaran ttg memaknai hidup, bagaimana kita bersikap dlm kehidupan beragama, dll.
Hebatnya......siapa yg menyangka klo dr mulut beliau dg lancar keluar hikayat Islam, ayat2 baik dr AL Quran maupun dr kitab2 yg biasa dipelajari di Pesantren bahkan penerapannya dlm kehidupan skrg.
Saya merasa bangga dapat bertemu dan berkenalan dg Pak Abdul Rokhim.
Sekali lagi Pak Abdul Rokhim.....njenengan memang hebat.
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
19-03-2013 19:41
Quote:Original Posted By ucenkembung
Dari obrolan ngalor ngidul dgn Pak Aldul Rochim, banyak sekali pelajaran yg sy dapet....baik itu pelajaran ttg memaknai hidup, bagaimana kita bersikap dlm kehidupan beragama, dll.
Hebatnya......siapa yg menyangka klo dr mulut beliau dg lancar keluar hikayat Islam, ayat2 baik dr AL Quran maupun dr kitab2 yg biasa dipelajari di Pesantren bahkan penerapannya dlm kehidupan skrg.
Saya merasa bangga dapat bertemu dan berkenalan dg Pak Abdul Rokhim.
Sekali lagi Pak Abdul Rokhim.....njenengan memang hebat.
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄


iya pak,banyak pelajaran yang bisa diambil untuk lebih baik...
menginspirasi juga..emoticon-2 Jempol
0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
19-03-2013 21:43
Quote:Original Posted By ucenkembung
Dari obrolan ngalor ngidul dgn Pak Aldul Rochim, banyak sekali pelajaran yg sy dapet....baik itu pelajaran ttg memaknai hidup, bagaimana kita bersikap dlm kehidupan beragama, dll.
Hebatnya......siapa yg menyangka klo dr mulut beliau dg lancar keluar hikayat Islam, ayat2 baik dr AL Quran maupun dr kitab2 yg biasa dipelajari di Pesantren bahkan penerapannya dlm kehidupan skrg.
Saya merasa bangga dapat bertemu dan berkenalan dg Pak Abdul Rokhim.
Sekali lagi Pak Abdul Rokhim.....njenengan memang hebat.
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄


Semoga acara donasi sederhana ini bisa berkelanjutan dan teman" kaskuser bisa bertemu dengan "Pejuang-pejuang" lain nya emoticon-Angkat Beer
0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
20-03-2013 01:14
arip lg arp ngetokke jurus opo kie emoticon-Ngakak

0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
20-03-2013 08:59
mantab emoticon-Blue Guy Cendol (L)

bagi gandos nya dong dos.. eh gan emoticon-Big Grin
0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
20-03-2013 09:41
Quote:Original Posted By ucenkembung
Dari obrolan ngalor ngidul dgn Pak Aldul Rochim, banyak sekali pelajaran yg sy dapet....baik itu pelajaran ttg memaknai hidup, bagaimana kita bersikap dlm kehidupan beragama, dll.
Hebatnya......siapa yg menyangka klo dr mulut beliau dg lancar keluar hikayat Islam, ayat2 baik dr AL Quran maupun dr kitab2 yg biasa dipelajari di Pesantren bahkan penerapannya dlm kehidupan skrg.
Saya merasa bangga dapat bertemu dan berkenalan dg Pak Abdul Rokhim.
Sekali lagi Pak Abdul Rokhim.....njenengan memang hebat.
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄


pas cerita itu, malah kurang memperhatikan je gan.. maklum hardisk dan Ram nya kecil, nggak mudengan. emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By galih.dian
mantab emoticon-Blue Guy Cendol (L)

bagi gandos nya dong dos.. eh gan emoticon-Big Grin


hayuk gan.. kapan kulakan gandos bareng2. emoticon-Smilie

-

#internet habis down 24 jam. emoticon-Hammer (S)
0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
20-03-2013 18:15
jos gandos tenan FR'e mas mas sekalian emoticon-Belo
0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
20-03-2013 20:19
yang kayak gini punya selera beda
-
manfaatnya luar dalam emoticon-thumbsup
0 0
0
►►█ FR DONASI KEWIRAUSAHAAN KUE RANGIN AKA GANDOS █ ◄◄
20-03-2013 20:22
mantap2 gan...
maju terus KEDU...
emoticon-Ngakak
ngapurane pak aku ora teyeng teka koh...
belalang tempurku ambrol...
emoticon-Ngakak
emoticon-Selamatemoticon-Selamat
0 0
0
Halaman 1 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia