others
Batal
link has been copied
53
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5121b10ddb9248ea5400000e/dtmperiode-1-freethinker-versus-vive-le-remiten---efek-jera-bagi-koruptor-2day
Efek jera bagi koruptor Korupsi sudah membudaya di indonesia. Dari jaman kemerdekaan pun, tindak korupsi sudah bermunculan. Herannya masalah ini terus berlarut2 dan berulang sampai saat ini bukannya berkurang. Malah hal menggelikan terjadi, angie yang divonis 4 tahun 6 bulan justru tertawa. Maka dari itu menurut anda2 semua, manakah dari hukuman berikut yang paling layak diberikan agar koruptor2 i
Lapor Hansip
18-02-2013 11:41

[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]

Efek jera bagi koruptor

Korupsi sudah membudaya di indonesia. Dari jaman kemerdekaan pun, tindak korupsi sudah bermunculan. Herannya masalah ini terus berlarut2 dan berulang sampai saat ini bukannya berkurang. Malah hal menggelikan terjadi, angie yang divonis 4 tahun 6 bulan justru tertawa. Maka dari itu menurut anda2 semua, manakah dari hukuman berikut yang paling layak diberikan agar koruptor2 itu jera :

1. Hukum mati
bisa ditembak mati, taro di kursi listrik, suntik mati, gantung, etc.

2.Hukum penjara seumur hidup
yang gw maksud disini, biarin si koruptor mpe mati di dalem penjara ga pake grasi dan remisi.

3. Dimiskinkan semiskin2nya
semua harta benda disita semua, mau yg didapet sebelum ato sesudah dia melakukan tindak korupsi.

4. Diasingkan
buang sekeluarga koruptor itu ke suatu pulau terpencil tempat penangkaran koruptor. gak boleh keluar dari pulau itu seumur hidup si koruptor.

Kondisinya disini adalah korupsi yang diatas 1m.

Silahkan di mulai emoticon-Angkat Beer

waktu dimulai setelah kedua team nge post disini emoticon-shakehand

RULES :
selain panitia , peserta dan moderator .
maka dilarang POSTING di thread ini .
sangsi akan di berikan Banned Per** SENSOR ** emoticon-shakehand
profile-picture
anakjahanam722 memberi reputasi
-1
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 3
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
18-02-2013 20:52
Vive Le Remiten mengambil sikap HUKUMAN MATI.

Sisanya menyusul ya laek. emoticon-Ngakak
Diubah oleh parmitu.tenggen
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
18-02-2013 20:55
hukuman mati

bisa benar-benar memberi efek jera

ntar tambahin
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
18-02-2013 21:01
pesertanya mana negh? emoticon-Thinking
yeah, i'm looking at you, rannma
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
18-02-2013 21:11
baru tau kalo udah mulai emoticon-Big Grin

partner gw mana nih emoticon-Hammer2
masa' iya gw mau sendirian.


eh cun, pilihan lu kebanyakan. gw milih 3 biji boleh kagak?

gw pilih dipenjara seumur hidup, biar mati2 disono, diasingkan dari keluarga dg keadaan semiskin-miskinnya.
jangan sampe deh kejadian lagi koruptor dipenjara masih hidup enak aja.

gw yg kagak dipenjara aja susah hidupnya emoticon-Nohope
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
18-02-2013 21:18
Quote:Original Posted By rannma
baru tau kalo udah mulai emoticon-Big Grin

partner gw mana nih emoticon-Hammer2
masa' iya gw mau sendirian.


eh cun, pilihan lu kebanyakan. gw milih 3 biji boleh kagak?

gw pilih dipenjara seumur hidup, biar mati2 disono, diasingkan dari keluarga dg keadaan semiskin-miskinnya.
jangan sampe deh kejadian lagi koruptor dipenjara masih hidup enak aja.

gw yg kagak dipenjara aja susah hidupnya emoticon-Nohope


serakah banget sh milih 3 emoticon-Malu

kenapa memilih alasan itu ? emoticon-Cool
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
18-02-2013 21:26
Quote:Original Posted By revived


serakah banget sh milih 3 emoticon-Malu

kenapa memilih alasan itu ? emoticon-Cool


alasan yg mana?? tu ada 3 pilihan di statement gw emoticon-Big Grin

ok FreeThinker pake opsi ke 4, diasingkan ke pulau terpencil.

kenapa gw ga milih hukuman mati kyk tim lu, simple reason, krn ga bakal memberikan efek jera. enak banget habis korup langsung mati, kudu ngerasain penderitaan dulu dong.
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
18-02-2013 21:46
Gw ngikut opsi yang dipilih rannma.

Statement dukungan nyusul.

emoticon-Cool
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
18-02-2013 22:25
Quote:Original Posted By rannma


alasan yg mana?? tu ada 3 pilihan di statement gw emoticon-Big Grin

ok FreeThinker pake opsi ke 4, diasingkan ke pulau terpencil.

kenapa gw ga milih hukuman mati kyk tim lu, simple reason, krn ga bakal memberikan efek jera. enak banget habis korup langsung mati, kudu ngerasain penderitaan dulu dong.


@bold
hukuman mati tidak memberikan efek jera?
teori darimana itu emoticon-Bingung (S)



jadi ngerasain penderitaan seperti diasingkan dipulau terpencil menjamin tersangka korupsi jera?
tidak
apabila tersangka mendapatkan jalan keluar dari pulau itu, tersangka masih ada kemungkinan untuk melakukan korupsi lagi

sedangkan apabila tersangka korupsi dihukum mati?
sudah pasti jera
tersangka sudah dapat dipastikan bahwa tidak akan melakukan korupsi lagi


jera dalam hal ini di artikan tidak akan mengulanginya lagi
jika cuma berarti "tidak mau" , "tidak berani" ada saat nya tersangka akan berani/mau melakukan korupsi lagi




ngantuk banget emoticon-Hammer
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
18-02-2013 22:56
Quote:Original Posted By revived

@bold
hukuman mati tidak memberikan efek jera?
teori darimana itu emoticon-Bingung (S)

jadi ngerasain penderitaan seperti diasingkan dipulau terpencil menjamin tersangka korupsi jera?
tidak
apabila tersangka mendapatkan jalan keluar dari pulau itu, tersangka masih ada kemungkinan untuk melakukan korupsi lagi

sedangkan apabila tersangka korupsi dihukum mati?
sudah pasti jera
tersangka sudah dapat dipastikan bahwa tidak akan melakukan korupsi lagi
Tolong bedakan antara 'memberikan efek jera' dengan 'memastikan si pelaku tidak akan mengulangi perbuatannya lagi'. Keduanya memiliki perbedaan yang sampe kapanpun nggak akan bisa lu paksain terlihat sama.

Quote:Original Posted By revived
jera dalam hal ini di artikan tidak akan mengulanginya lagi
Definisi lucu darimana lagi ini?
emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By revived
jika cuma berarti "tidak mau" , "tidak berani" ada saat nya tersangka akan berani/mau melakukan korupsi lagi

ngantuk banget emoticon-Hammer
Dengan lu ngebunuh orang, lu tetap nggak bisa memastikan apakah seseorang telah jera. Lu nggak tw apakah sepersekian detik sebelum kepalanya didor dia malah ngomong. “Indahnya hidup ini, aku bisa melakukan yang ku mau dan aku hanya perlu terima hukuman semudah ini.”

..dan..

DOR!!

* tengkorak kepala hancur berantakan *
* otak berceceran di mana-mana *
* darah menggenangi area sekitar tubuh terpidana eksekusi *

Tetap aja lu nggak tw apakah dia sebenarnya jera atau justru seneng banget bisa nerima hukuman sesimpel itu.
emoticon-shakehand
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
18-02-2013 23:11
itok pikir ngehadapin detik detik menjelang kematian gak kesiksa ? pernah ngerasain sensasi dekat dengan kematian macam hampir dilibas mobil fuso, overdosis, kena serangan jantung ? tanyakan pada mereka yang selamat dari kejadian kejadian seperti itu, macam mana yang dia rasa. itu yang contoh kasus kejadiannya tiba tiba. cem mananya kalo kita sudah ngerti tanggal mati kita kapan. gimana resahnya ngelewatin hari hari itu.

dengan menghukum mati juga bisa menjadi contoh nyata bagi pejabat lain yang punya niat mau korupsi supaya berpikir 1000x. contoh klasiknya, ya china itu yang mampu menekan angka korupsi dengan menghukum mati koruptor. dan lihatlah sekarang hasilnya begitu maju perekonomian mereka.

kalo diasingkan ke pulau, itu namanya memberikan dia kesempatan untuk tetap hidup. mana yang bikin koruptor jadi jera kalo pelakunya tetap dibiarkan hidup. sukur sukur malah dia bisa kabur nanti. karena korupsi ini sudah termasuk kejahatan luar biasa, no excuse. tunjang ribak pamate jangan kasih ampun mampus kaw keong. emoticon-Mad (S)
Diubah oleh parmitu.tenggen
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
19-02-2013 00:10
Quote:Original Posted By parmitu.tenggen
Itok pikir ngehadapin detik detik menjelang kematian gak kesiksa ? pernah ngerasain sensasi dekat dengan kematian macam hampir dilibas mobil fuso, overdosis, kena serangan jantung ? tanyakan pada mereka yang selamat dari kejadian kejadian seperti itu, macam mana yang dia rasa. itu yang contoh kasus kejadiannya tiba tiba. cem mananya kalo kita sudah ngerti tanggal mati kita kapan. gimana resahnya ngelewatin hari hari itu.
Dari contoh-contoh yang lu berikan (hampir dilibas mobil fuso, overdosis, kena serangan jantung) tersebut, kondisi yang mereka alami lebih tepatnya dikatakan sebagai kondisi traumatik, di mana pada beberapa waktu (bisa sekian hari, minggu, bulan, ataupun tahun) tetap ada peluang bagi mereka untuk mengulangi perbuatannya itu.

Quote:Original Posted By parmitu.tenggen
dengan menghukum mati juga bisa menjadi contoh nyata bagi pejabat lain yang punya niat mau korupsi supaya berpikir 1000x. contoh klasiknya, ya china itu yang mampu menekan angka korupsi dengan menghukum mati koruptor. dan lihatlah sekarang hasilnya begitu maju perekonomian mereka.
Kurang tepat kalau lu mengharapkan hukuman mati bakal memberikan efek jera bagi pejabat lain.

Hukuman mati hanya akan membuat pejabat lain MIKIR SERIBU KALI buat melakukan korupsi, jadi bukan untuk memberikan efek jera.

Efek jera didapat SETELAH pejabat tersebut mendapatkan sanksi, bukan pada saat pejabat tersebut melihat pejabat lain yang mendapatkan sanksi. Ketika seorang pejabat melihat rekannya dijatuhi vonis, dia belum mengalami kondisi jera, melainkan hanya baru memasuki tahap pembelajaran tentang resiko yang akan dihadapinya kalau dia melakukan tindakan korupsi.

Quote:Original Posted By parmitu.tenggen
kalo diasingkan ke pulau, itu namanya memberikan dia kesempatan untuk tetap hidup. mana yang bikin koruptor jadi jera kalo pelakunya tetap dibiarkan hidup.
Diasingkan ke pulau akan membuatnya mengalami guncangan psikologis yang cukup hebat, apalagi kalau masa hukuman pengasingan tersebut dilakukan dalam kurun waktu yang cukup lama. Dia akan belajar bagaimana hidup yang sebenarnya hidup untuk dapat survive. Belum lagi dengan kemungkinan dia mesti berhadapan dengan binatang buas di pulau tersebut, kondisi cuaca ekstrim, kelangkaan bahan dasar pangan, apalagi kalau dia tidak tau cara membuat api secara primitif.

Dari kondisi yang gw jelasin di atas, maka diasingkan ke pulau terpencil adalah keputusan terbaik untuk memberikan efek jera bagi koruptor.
emoticon-shakehand

Quote:Original Posted By parmitu.tenggen
sukur sukur malah dia bisa kabur nanti.
Statement konyol.
Kalau masih ada kemungkinan untuk kabur dari pulau tersebut, ngapain TS meletakkannya sebagai salah satu opsi.

Kalau memang demikian, kami bisa jawab juga donk:
Kemungkinan lolos dari kursi listrik, kemungkinan lolos dari suntik mati, kemungkinan tali gantungan yang bermasalah sehingga terpidana dapat kabur.

Opsi2 yang dibuat oleh TS adalah fix dan tidak dapat diganggu gugat.
emoticon-shakehand

Quote:Original Posted By parmitu.tenggen
karena korupsi ini sudah termasuk kejahatan luar biasa, no excuse. tunjang ribak pamate jangan kasih ampun mampus kaw keong. emoticon-Mad (S)
Dengan lu berkata demikian, hukuman yang ditimpakan kepada terpidana jadi tidak terlihat untuk memberikan efek jera lagi, tapi lebih terlihat sebagai pelampiasan emosional terhadap si pelaku.

Biasanya keputusan2 seperti itu banyak diambil oleh orang2 berpikir pendek, terlihat dari kalimat2 khas:
“Bunuh aja, ngapain dibiarin hidup!”
“Jangan kasih ampun mampus kaw keong!”
dsb,

sehingga tujuan untuk memberikan efek jera menjadi tidak tercapai.
emoticon-Cool
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
19-02-2013 03:13
Quote:Original Posted By BlackWard
Dari contoh-contoh yang lu berikan (hampir dilibas mobil fuso, overdosis, kena serangan jantung) tersebut, kondisi yang mereka alami lebih tepatnya dikatakan sebagai kondisi traumatik, di mana pada beberapa waktu (bisa sekian hari, minggu, bulan, ataupun tahun) tetap ada peluang bagi mereka untuk mengulangi perbuatannya itu.


itu analogi yang awak buat untuk menyikapi komen itok ranma yang menyebutkan

Quote:kudu ngerasain penderitaan dulu dong


taro lah kita pakai istilah laek yang bilang itu 'kondisi traumatik'.
bukankah pengalaman traumatik itu juga membuat si korban menderita ?
yang awak tekankan disini adalah keadaan psikis dan mental ketika si koruptor yang dijatuhi vonis mati. bukankah dia menderita menjalani sisa sisa harinya menjelang waktu dia dieksekusi ?

Quote:Original Posted By BlackWard
Kurang tepat kalau lu mengharapkan hukuman mati bakal memberikan efek jera bagi pejabat lain.

Hukuman mati hanya akan membuat pejabat lain MIKIR SERIBU KALI buat melakukan korupsi, jadi bukan untuk memberikan efek jera.

Efek jera didapat SETELAH pejabat tersebut mendapatkan sanksi, bukan pada saat pejabat tersebut melihat pejabat lain yang mendapatkan sanksi. Ketika seorang pejabat melihat rekannya dijatuhi vonis, dia belum mengalami kondisi jera, melainkan hanya baru memasuki tahap pembelajaran tentang resiko yang akan dihadapinya kalau dia melakukan tindakan korupsi.


lah, kan awak memang bilangnya 'pejabat lain jadi mikir seribu kali'. dari petikan post awak yang laek quote itu, gak ada tuh awak menjelaskan soal efek jera Sebelum ato Setelah mendapatkan sanksi ato vonis. disini laek sudah offside.

tapi okelah, coba awak ikutin alur laek ya. dari yang awak tangkap kira kira yang laek bilang begini.
a. pejabat ---> belum korupsi ---> mikir seribu kali (kita sepakat disini)
b. pejabat ---> belum kena sanksi ---> belum jera ( ? )
c. pejabat ---> sudah kena sanksi ---> jera (keterangannya liat penjelasan awak diatas)

Ketika seorang pejabat melihat rekannya dijatuhi vonis, dia belum mengalami kondisi jera, melainkan hanya baru memasuki tahap pembelajaran tentang resiko yang akan dihadapinya

petikan itu yang menjadi rujukan dari point b.
kondisi jera disini laek artikan keadaan dimana ada perasaan bersalah dan penyesalan si pelaku atas apa yang telah dilakukannya. apakah dia akan melakukannya lagi dimasa mendatang ? siapa yang bisa mengetahui secara tepat perilaku sesorang di masa mendatang ? apakah laek bisa mengetahui secara tepat apa yang akan awak lakukan besok lusa jam 12 siang misalnya ? tujuan hukuman mati dilaksanakan, agar mereduksi segala kemungkinan tindak korupsi di masa mendatang dengan memberi contoh nyata pejabat dieksekusi mati.

ini ada contoh kasus point b itu yang menunjukkan bahwa si pejabat Sudah mengalami kondisi jera ketika pejabat itu melihat rekannya dijatuhi vonis.

contoh kasus


ada tiga pelaku disitu, Dadong - I Nyoman Suisnaya - Dharnawati.
Dadong belum dijatuhi sanksi / vonis dan sudah menyatakan menyesal, sedangkan Dharnawati sudah lebih dahulu divonis.

Quote:Original Posted By BlackWard
Diasingkan ke pulau akan membuatnya mengalami guncangan psikologis yang cukup hebat, apalagi kalau masa hukuman pengasingan tersebut dilakukan dalam kurun waktu yang cukup lama. Dia akan belajar bagaimana hidup yang sebenarnya hidup untuk dapat survive. Belum lagi dengan kemungkinan dia mesti berhadapan dengan binatang buas di pulau tersebut, kondisi cuaca ekstrim, kelangkaan bahan dasar pangan, apalagi kalau dia tidak tau cara membuat api secara primitif.

Dari kondisi yang gw jelasin di atas, maka diasingkan ke pulau terpencil adalah keputusan terbaik untuk memberikan efek jera bagi koruptor.
emoticon-shakehand


lalu efek jeranya bagi yang lain apa ? memangnya yang korupsi cuma dia aja ? toh dia tetap diberi kesempatan hidup kan ?
sekali lagi, hukuman mati dibuat untuk membuat jera bagi semua pejabat yang belum - sedang - telah melakukan korupsi.

Quote:Original Posted By BlackWard
Statement konyol.
Kalau masih ada kemungkinan untuk kabur dari pulau tersebut, ngapain TS meletakkannya sebagai salah satu opsi.

Kalau memang demikian, kami bisa jawab juga donk:
Kemungkinan lolos dari kursi listrik, kemungkinan lolos dari suntik mati, kemungkinan tali gantungan yang bermasalah sehingga terpidana dapat kabur.

Opsi2 yang dibuat oleh TS adalah fix dan tidak dapat diganggu gugat.
emoticon-shakehand


kok konyol ?
yang gak adanya kok dibuat TS parameter bahwa pulau itu tidak mempunyai celah untuk kabur. kenapa langsung laek kunci dengan bilang Opsi2 yang dibuat oleh TS adalah fix dan tidak dapat diganggu gugat ? asumsi pribadi ? sah aja kan kalo awak punya pikiran si koruptor bisa kabur ?

Quote:Original Posted By BlackWard
Dengan lu berkata demikian, hukuman yang ditimpakan kepada terpidana jadi tidak terlihat untuk memberikan efek jera lagi, tapi lebih terlihat sebagai pelampiasan emosional terhadap si pelaku.

Biasanya keputusan2 seperti itu banyak diambil oleh orang2 berpikir pendek, terlihat dari kalimat2 khas:
“Bunuh aja, ngapain dibiarin hidup!”
“Jangan kasih ampun mampus kaw keong!”
dsb,

sehingga tujuan untuk memberikan efek jera menjadi tidak tercapai.
emoticon-Cool


adalah manusiawi kan kalo manusia itu emosional ?
tapi apakah tindak korupsi itu manusiawi ?
yang seharusnya uang rakyat untuk pemulihan dampak bencana, mereka korupsi.
jikalau uang yang dikorupsi itu sesuai peruntukkannya, berapa keluarga yang akan menikmati tempat tinggal yang layak.
yang seharusnya uang rakyat untuk kesehatan, mereka korupsi.
jikalau uang yang dikorupsi itu sesuai peruntukkannya, berapa nyawa warga kurang mampu yang tertolong.
yang seharusnya uang rakyat untuk pendidikan, mereka korupsi.
jikalau uang yang dikorupsi itu sesuai peruntukkannya, berapa anak di daerah terpencil yang bisa mengenyam bangku sekolah.

kalo sudah begitu, apa koruptor masih laek kasih kesempatan hidup atas nama 'manusiawi' tadi ?

soal tujuan untuk memberikan efek jera apakah menjadi tercapai, sudah awak jelaskan panjang lebar diatas. emoticon-shakehand
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
19-02-2013 05:15
Quote:Original Posted By BlackWard

Definisi lucu darimana lagi ini?
emoticon-Big Grin

ya udah sekarang definisi menurut elo apaan dah?
apa definisi dari jera?
Quote:
Dengan lu ngebunuh orang, lu tetap nggak bisa memastikan apakah seseorang telah jera. Lu nggak tw apakah sepersekian detik sebelum kepalanya didor dia malah ngomong. “Indahnya hidup ini, aku bisa melakukan yang ku mau dan aku hanya perlu terima hukuman semudah ini.”

ketika akan di dor bukan?
tetapi selama dia menunggu untuk dieksekusi akan ada tekanan mental yang membebaninya karena kesalahan-kesalahan yang sudah dilakukannya

Quote:
Tetap aja lu nggak tw apakah dia sebenarnya jera atau justru seneng banget bisa nerima hukuman sesimpel itu.
emoticon-shakehand

sekarang lu tau nggak perasaan orang diasingkan dipulau?
bisa saja dia justru senang dia masih bisa bertobat beribadah dan sebagainya

Quote:Original Posted By BlackWard

Kurang tepat kalau lu mengharapkan hukuman mati bakal memberikan efek jera bagi pejabat lain.

Hukuman mati hanya akan membuat pejabat lain MIKIR SERIBU KALI buat melakukan korupsi, jadi bukan untuk memberikan efek jera.

apalagi diasingkan bray
itu cuma membuat pejabat lain mikir ga nyampe seribu kali buat melakukan korupsi
dan memikirkan bagaimana cara kabur dari pulau terpencil itu

Quote:
Statement konyol.
Kalau masih ada kemungkinan untuk kabur dari pulau tersebut, ngapain TS meletakkannya sebagai salah satu opsi.

jadi karena diletakkan sebagai salah satu opsi sama TS lalu menghapus kemungkinan tersangka korupsi kabur dari pulau tersebut?
nggak emoticon-Big Grin
Quote:
Kalau memang demikian, kami bisa jawab juga donk:
Kemungkinan lolos dari kursi listrik, kemungkinan lolos dari suntik mati, kemungkinan tali gantungan yang bermasalah sehingga terpidana dapat kabur.

kalau menurut yang lu tulis sebelumnya
Quote:
DOR!! * tengkorak kepala hancur berantakan * * otak berceceran di mana-mana * * darah menggenangi area sekitar tubuh terpidana eksekusi *

sangsi gw kalau yang dihukum mati tersebut masih bisa hidup emoticon-Big Grin


0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
19-02-2013 06:49
Cupu emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
19-02-2013 07:05
kalo diasingkan ke wilayah pondok indah mah masih bisa kabur, kalo diasingkan ke nusa kambangan dan bener2 tanpa akses gimana bisa kabur

ah elah emoticon-Cape deeehh



ya sebenernya sih semua tergantung oknum hukum di negara tertinja ini sih, kalo niat mengasingkan sih kudunya ya bener2 diasingkan, tanpa akses, dijaga ketat, ga dikasih fasilitas enak. itu yg seharusnya terjadi.


kalo sampe tobat ya alhamdulillah dong, tapi ya tetep ga mengubah keadaan kalo diasingkan seumur hidup.
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
19-02-2013 07:46
Quote:Original Posted By rannma
kalo diasingkan ke wilayah pondok indah mah masih bisa kabur, kalo diasingkan ke nusa kambangan dan bener2 tanpa akses gimana bisa kabur

ah elah emoticon-Cape deeehh


nusa kambangan bukannya penjara ya ?
bukan pulau terpencil emoticon-Hammer


gayus tambunan dipenjara aja bisa kabur buat nonton tenis kok emoticon-Matabelo
Quote:
ya sebenernya sih semua tergantung oknum hukum di negara tertinja ini sih, kalo niat mengasingkan sih kudunya ya bener2 diasingkan, tanpa akses, dijaga ketat, ga dikasih fasilitas enak. itu yg seharusnya terjadi.

tergantung oknum ya
kalau dilihat dari oknum yang ada di negara ini
apa pengasingan pasti dapat memberikan efek jera?

melihat oknum yang ada tersangka korupsi malah senang
bisa melakukan suap-menyuap kembali emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Quote:
kalo sampe tobat ya alhamdulillah dong, tapi ya tetep ga mengubah keadaan kalo diasingkan seumur hidup.


bisa tobat
bisa menyuap oknum yang ada
gimana bisa jera emoticon-Big Grin
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
19-02-2013 09:30
Quote:Original Posted By revived

ya udah sekarang definisi menurut elo apaan dah?
apa definisi dari jera?

ketika akan di dor bukan?
tetapi selama dia menunggu untuk dieksekusi akan ada tekanan mental yang membebaninya karena kesalahan-kesalahan yang sudah dilakukannya

sekarang lu tau nggak perasaan orang diasingkan dipulau?
bisa saja dia justru senang dia masih bisa bertobat beribadah dan sebagainya

apalagi diasingkan bray
itu cuma membuat pejabat lain mikir ga nyampe seribu kali buat melakukan korupsi
dan memikirkan bagaimana cara kabur dari pulau terpencil itu

jadi karena diletakkan sebagai salah satu opsi sama TS lalu menghapus kemungkinan tersangka korupsi kabur dari pulau tersebut?
nggak emoticon-Big Grin

kalau menurut yang lu tulis sebelumnya

sangsi gw kalau yang dihukum mati tersebut masih bisa hidup emoticon-Big Grin


Lu melakukan kesalahan yang juga dilakukan oleh rekan setim lu, yaitu membuka opsi konyol yang membuat diskusi ini terlihat menggelikan. Lebih jelas akan maksud gw ini, silahkan baca respon gw terhadap rekan setim lu.

Quote:Original Posted By parmitu.tenggen

itu analogi yang awak buat untuk menyikapi komen itok ranma yang menyebutkan

taro lah kita pakai istilah laek yang bilang itu 'kondisi traumatik'.
bukankah pengalaman traumatik itu juga membuat si korban menderita ?
yang awak tekankan disini adalah keadaan psikis dan mental ketika si koruptor yang dijatuhi vonis mati. bukankah dia menderita menjalani sisa sisa harinya menjelang waktu dia dieksekusi ?
Kurang tepat kalau lu menggunakan contoh-contoh tadi untuk memberikan efek jera, mengingat dampak yang disebabkannya barulah sebatas shock sesaat, bukan jera. Efek jera membutuhkan keterguncangan psikologis yang didapat dengan perlakuan tertentu selama kurun waktu yang lama.

Quote:Original Posted By parmitu.tenggen
lah, kan awak memang bilangnya 'pejabat lain jadi mikir seribu kali'. dari petikan post awak yang laek quote itu, gak ada tuh awak menjelaskan soal efek jera Sebelum ato Setelah mendapatkan sanksi ato vonis. disini laek sudah offside.

tapi okelah, coba awak ikutin alur laek ya. dari yang awak tangkap kira kira yang laek bilang begini.
a. pejabat ---> belum korupsi ---> mikir seribu kali (kita sepakat disini)
b. pejabat ---> belum kena sanksi ---> belum jera ( ? )
c. pejabat ---> sudah kena sanksi ---> jera (keterangannya liat penjelasan awak diatas)

Ketika seorang pejabat melihat rekannya dijatuhi vonis, dia belum mengalami kondisi jera, melainkan hanya baru memasuki tahap pembelajaran tentang resiko yang akan dihadapinya

petikan itu yang menjadi rujukan dari point b.
kondisi jera disini laek artikan keadaan dimana ada perasaan bersalah dan penyesalan si pelaku atas apa yang telah dilakukannya. apakah dia akan melakukannya lagi dimasa mendatang ? siapa yang bisa mengetahui secara tepat perilaku sesorang di masa mendatang ? apakah laek bisa mengetahui secara tepat apa yang akan awak lakukan besok lusa jam 12 siang misalnya ? tujuan hukuman mati dilaksanakan, agar mereduksi segala kemungkinan tindak korupsi di masa mendatang dengan memberi contoh nyata pejabat dieksekusi mati.
Nah, lu justru ngejawab sendiri apa yang mw gw jadiin bantahan buat lu.

Perhatiin kalimat terakhir lu (tujuan hukuman mati dilaksanakan, agar mereduksi segala kemungkinan tindak korupsi di masa mendatang dengan memberi contoh nyata pejabat dieksekusi mati).

Tolong lu perhatikan baik2 lae..
emoticon-Big Grin

mereduksi segala kemungkinan tindak korupsi di masa mendatang dengan memberi contoh nyata pejabat dieksekusi mati

TIDAK SAMA DENGAN

memberikan efek jera

Yang terjadi di sini adalah, lae berusaha untuk membuatnya terlihat sama, tapi kita semua tau, keduanya sungguh berbeda.

Kalo laek memang pengen mereduksi, lae tidak serta merta mesti membuatnya jera terlebih dahulu, lae bisa melakukan 1001 cara untuk mereduksi, misalnya dipenjarakan di Alcatraz, yang mana penjara itu memiliki kemungkinan yang mendekati 0 untuk kabur.

Itu baru satu contoh ya, belum lagi kalo awak sampaikan contoh2 lain yang memang tujuannya untuk mereduksi segala kemungkinan.

Quote:Original Posted By parmitu.tenggen
ini ada contoh kasus point b itu yang menunjukkan bahwa si pejabat Sudah mengalami kondisi jera ketika pejabat itu melihat rekannya dijatuhi vonis.

contoh kasus


ada tiga pelaku disitu, Dadong - I Nyoman Suisnaya - Dharnawati.
Dadong belum dijatuhi sanksi / vonis dan sudah menyatakan menyesal, sedangkan Dharnawati sudah lebih dahulu divonis.
Sekali lagi lae melakukan pemaksaan kesamaan suatu kondisi.

Dari contoh yang lae kutip itu, lae udah melakukan kesalahan dengan berusaha menyamakan menyesal=jera. Padahal keduanya jelas berbeda.

Lae nggak bisa pukul rata gitu. Menyesal belum tentu jera. Jera sudah pasti menyesal. Jera memiliki porsi kekuatan yang lebih untuk membuat psikologis seseorang mengurungkan niat untuk mengulangi perbuatannya di masa yang akan datang.

Btw kalo lae lihat baik2, justru tidak satu kata 'jera' pun terdapat dalam artikel yang lae kutip itu.
emoticon-Stick Out Tongue

Kalo memang ingin memberikan efek jera, kenapa tidak dipaparkan secara gamblang oleh media ybs? Dari situ terlihat jelas, bahwa efek jera tidak terdapat dalam contoh kasus yang lae sodorkan itu.

Quote:Original Posted By parmitu.tenggen
lalu efek jeranya bagi yang lain apa ? memangnya yang korupsi cuma dia aja ? toh dia tetap diberi kesempatan hidup kan ?
Keliatan banget lu maksanya. Yang lu perhatikan hanyalah 'mereka yang belum menjadi terpidana' sehingga, dalam rangka memberikan efek jera ini, lu justru kehilangan fokus terhadap orang yang sudah terpidana.

Quote:Original Posted By parmitu.tenggen
sekali lagi, hukuman mati dibuat untuk membuat jera bagi semua pejabat yang belum - sedang - telah melakukan korupsi.
Masa gw mesti ngulang2 lagi, bahwa dampak pemberlakuan hukuman mati hanya akan membuat orang lain mikir seribu kali sebelum melakukan korupsi, dan itu tidak bisa disamaratakan dengan jera.
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
19-02-2013 09:30
Quote:Original Posted By parmitu.tenggen
kok konyol ?
yang gak adanya kok dibuat TS parameter bahwa pulau itu tidak mempunyai celah untuk kabur. kenapa langsung laek kunci dengan bilang Opsi2 yang dibuat oleh TS adalah fix dan tidak dapat diganggu gugat ? asumsi pribadi ? sah aja kan kalo awak punya pikiran si koruptor bisa kabur ?
Sangat lucu nantinya jalannya diskusi ini kalau lu membuka peluang adanya kemungkinan kabur dari pulau sedangkan TS udah menetapkannya sebagai salah satu opsi hukuman.

Hal lucu yang akan terjadi nanti seandainya lu membuka opsi demikian, adalah kami pun bisa bilang segala kemungkinan yang akan terjadi selama proses pemberlakuan hukuman mati sehingga hukuman mati tersebut menjadi gagal terlaksana.

Kebodohan yang tercipta dengan tetap berputar-putar dalam konteks seperti itu nggak akan membuat diskusi ini berjalan di 'root'-nya. Yang ada hanyalah keluarnya segala imajinasi konyol yang membuat segala bentuk hukuman dalam trit ini memiliki kemungkinan gagal.

Makanya sebelum diskusi ini terlihat memalukan gara-gara lu mencoba membuka peluang itu, gw langsung berinisiatif untuk menguncinya.

Quote:Original Posted By parmitu.tenggen
adalah manusiawi kan kalo manusia itu emosional ?
tapi apakah tindak korupsi itu manusiawi ?
yang seharusnya uang rakyat untuk pemulihan dampak bencana, mereka korupsi.
jikalau uang yang dikorupsi itu sesuai peruntukkannya, berapa keluarga yang akan menikmati tempat tinggal yang layak.
yang seharusnya uang rakyat untuk kesehatan, mereka korupsi.
jikalau uang yang dikorupsi itu sesuai peruntukkannya, berapa nyawa warga kurang mampu yang tertolong.
yang seharusnya uang rakyat untuk pendidikan, mereka korupsi.
jikalau uang yang dikorupsi itu sesuai peruntukkannya, berapa anak di daerah terpencil yang bisa mengenyam bangku sekolah.

kalo sudah begitu, apa koruptor masih laek kasih kesempatan hidup atas nama 'manusiawi' tadi ?

soal tujuan untuk memberikan efek jera apakah menjadi tercapai, sudah awak jelaskan panjang lebar diatas. emoticon-shakehand
Lu melakukan kesalahan berlogika (fallacy) dalam jenis Appeal to Pity.
(googling aja dulu sekalian nambah pengetahuan)

Kesalahan-kesalahan lu itu terlihat jelas dari sejumlah pertimbangan yang lu angkat:

“adalah manusiawi kan kalo manusia itu emosional?”
“apakah tindak korupsi itu manusiawi?”
“yang seharusnya uang rakyat untuk pemulihan dampak bencana, mereka korupsi.”
“jikalau uang yang dikorupsi itu sesuai peruntukkannya, berapa keluarga yang akan menikmati tempat tinggal yang layak.”
“yang seharusnya uang rakyat untuk kesehatan, mereka korupsi.”

Lu berusaha membuat pelampiasan emosional terhadap si terpidana menjadi terlihat wajar, sementara kita semua tau, mengedepankan sisi emosional bukanlah tindakan yang dapat dikatakan sebagai tindakan dewasa. Apalagi kalau tujuannya untuk memberikan efek jera.
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
19-02-2013 10:22
Quote:Original Posted By BlackWard


Lu melakukan kesalahan yang juga dilakukan oleh rekan setim lu, yaitu membuka opsi konyol yang membuat diskusi ini terlihat menggelikan. Lebih jelas akan maksud gw ini, silahkan baca respon gw terhadap rekan setim lu.
.


okey
kita anggap kenyataan kabur dari pulau itu hanya imajinasi belaka -> padahal ini masuk akal melihat yang korupsi(suap-menyuap) sudah terjadi banyak tempat emoticon-Big Grin

tau kenapa kami memberikan beberapa opsi yang menurut elu konyol tersebut?
karena tidak disebutkan secara spesifik perlakuan apa saja yang diterima tersangka koruptor tersebut ketika diasingkan

hanya ditulis
Diasingkan
buang sekeluarga koruptor itu ke suatu pulau terpencil tempat penangkaran koruptor. gak boleh keluar dari pulau itu seumur hidup si koruptor.


jadi kami bisa saja memberikan opsi pilihan yang masih mungkin terjadi emoticon-Big Grin
seperti mendapat perlakuan khusus dengan menyuap pengawas yang ada
kabur dari pulau emoticon-Big Grin

sedangkan hukuman mati sudah jelas mati emoticon-Big Grin
ketika dia ditembak seperti yang elu tulis itu
jelas mati kan emoticon-Big Grin
0 0
0
[DTM][PERIODE-1] FreeThinker VERSUS vive le remiten - efek jera bagi koruptor [2day]
19-02-2013 10:55
Quote:Original Posted By revived

okey
kita anggap kenyataan kabur dari pulau itu hanya imajinasi belaka -> padahal ini masuk akal melihat yang korupsi(suap-menyuap) sudah terjadi banyak tempat emoticon-Big Grin
Statement lu menunjukkan kurang solidnya lu dan rekan setim lu. Lu udah menarik kembali opsi kabur dari pulau, sementara rekan lu kayaknya ngotot dengan opsi itu. Mungkin setelah baca diskusi kita berdua ini, temen lu juga bakal nyerah bahwa dalam debat ini opsi kabur dari pulau sesungguhnya tidak ada, yang mana hal tersebut menunjukkan bahwa lu berdua ama rekan setim lu berjalan di konsep masing2. Bahkan kalian berdua bisa saling memperdebatkan opsi kabur dari pulau tersebut.
emoticon-Big Grin

Lucunya, lu tetap berusaha membuatnya masuk akal dengan kalimat “padahal ini masuk akal melihat yang korupsi(suap-menyuap) sudah terjadi banyak tempat”

Udah konyol,
nggak kompak ama rekan setim,
ngotot pula.
emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By revived
tau kenapa kami memberikan beberapa opsi yang menurut elu konyol tersebut?
karena tidak disebutkan secara spesifik perlakuan apa saja yang diterima tersangka koruptor tersebut ketika diasingkan

hanya ditulis
Diasingkan
buang sekeluarga koruptor itu ke suatu pulau terpencil tempat penangkaran koruptor. gak boleh keluar dari pulau itu seumur hidup si koruptor.

jadi kami bisa saja memberikan opsi pilihan yang masih mungkin terjadi emoticon-Big Grin
seperti mendapat perlakuan khusus dengan menyuap pengawas yang ada
kabur dari pulau emoticon-Big Grin
Tadi udah oke bahwa “kabur dari pulau itu
hanya imajinasi belaka”.

Sekarang lu kembali berusaha membuatnya masuk akal. Beneran lu nggak jelas arahnya.

Mending lu diskusi dulu baik2 ama rekan lu, supaya jangan ada kontradiksi antara lu dan rekan setim lu, bahkan antara omongan lu dengan omongan lu sendiri.

Quote:Original Posted By revived
sedangkan hukuman mati sudah jelas mati emoticon-Big Grin
ketika dia ditembak seperti yang elu tulis itu
jelas mati kan emoticon-Big Grin
..dan tidak serta merta memberikan efek jera, baik bagi terpidana maupun bagi pejabat lain.

Ah elah jadi ngulang2 kalimat aja gw gara2 lu juga ngulang2.
emoticon-EEK!
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia